• 10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Krim Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang ingin wajahnya selalu tampak awet muda. Berbagai usaha dilakukan, termasuk dengan cara menggunakan krim anti-aging. Sejumlah kandungan di dalam krim anti-aging akan melindungi kulit wajah dari penuaan dini. Ikuti tips memilih krim anti-aging terbaik yang kami siapkan untuk Anda. 


Simak juga rekomendasi produk merek krim anti-aging yang bagus seperti Olay. Temukan juga merek krim anti-aging terkenal dari Jepang, SK-II, dan Innisfree dari Korea. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina, dalam penulisan artikel ini. Simaklah untuk mendapatkan kulit awet muda impian Anda! 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Fitria Agustina
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkiprah di bidangnya dan aktif dalam dunia keprofesian serta organisasi.


dr. Fitria adalah owner dan founder FitSkinClinic dan Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 dalam bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan di media sosial Instagram-nya.

Apa itu penuaan kulit?

Penuaan kulit terjadi ketika kemampuan kulit untuk memproduksi kolagen alami menurun. Dengan begitu, jaringan penyokong (jaringan subkutan) di bawahnya juga mulai hilang. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitas sehingga tampak mengendur.

Tanda-tanda penuaan kulit

Tanda-tanda penuaan kulit

Apa saja yang akan Anda alami saat kulit mengalami penuaan? Gejala yang paling awal disadari biasanya adalah muncul kerutan dan flek hitam di area wajah. Kerutan disebabkan oleh berkurangnya kolagen dan kelembapan alami kulit. Sementara itu, noda hitam timbul karena hiperpigmentasi yang diperparah radiasi sinar matahari. Di samping itu, kulit juga terasa lebih kering, kasar, dan kusam.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Penuaan kulit adalah fenomena biologis yang tak terhindarkan dari kehidupan manusia. Penuaan disebabkan oleh penurunan fungsi sel yang bergantung pada usia (penuaan intrinsik) dan paparan kumulatif terhadap pengaruh eksternal (penuaan ekstrinsik).


Faktor intrinsik dan ekstrinsik bekerja secara sinergis memengaruhi perubahan yang terjadi pada kulit. Kulit yang menua secara intrinsik terlihat menjadi tipis dan atrofi, serta keriput halus dan kering. Sementara itu, kulit yang mengalami penuaan karena sinar UV (photoaging) biasanya menunjukkan hal-hal berikut ini:

  • Epidermis yang menebal
  • Perubahan warna berbintik-bintik
  • Kerutan yang dalam
  • Kusam dan kasar 

Hilangnya elastisitas kulit secara bertahap menyebabkan kulit menjadi kendur. Perlambatan laju pergantian sel-sel di epidermis kulit dan pemanjangan siklus sel berhubungan dengan penyembuhan luka yang lebih lambat.

Penyebab terjadinya penuaan kulit

Penyebab terjadinya penuaan kulit
Secara umum, penyebab penuaan kulit dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

  • Faktor internal tidak bisa dihindari karena terjadi secara alami seiring pertambahan usia
Memasuki usia 30-an, kemampuan kulit memproduksi kolagen dan minyak alami makin menurun sehingga membuatnya menjadi lebih kering dan kendur.

  • Faktor eksternal lebih bisa dihindari dan dicegah

Penyebab penuaan kulit dari faktor eksternal antara lain radiasi sinar UV, polusi udara, dan pola hidup yang kurang sehat. Radiasi sinar UV dapat merusak kulit dan memicu hiperpigmentasi. 


Polusi menyebabkan kulit lelah dan stress sehingga membuatnya menjadi kusam. Sementara itu, pola hidup yang kurang sehat menurunkan kemampuan regenerasi sel dan daya tahan kulit dalam melawan radikal bebas.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Secara umum, faktor penyebab penuaan kulit terdiri dari faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik terdiri dari genetik, metabolisme sel, hormon, dan metabolisme. Hormon dalam tubuh sudah mulai mengalami penurunan pada usia 25 tahun.


Faktor ekstrinsik atau lingkungan seperti merokok, kontaminan asap kendaraan, konsumsi alkohol, kebiasaan makan buruk, limbah industri, dan pilihan gaya hidup. Radiasi UV dari matahari atau sumber buatan memiliki efek merusak pada fungsi kulit dan kelangsungan hidup keratinosit. Radiasi tersebut dikenal dengan proses photoaging


Kondisi kulit yang baik dapat dipertahankan sampai batas tertentu dengan perubahan gaya hidup yang dapat dimodifikasi, seperti merokok dan penggunaan tabir surya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim anti aging

Menggunakan krim anti-aging menjadi salah satu pilihan agar kulit tampak lebih awet muda. Nah, untuk menemukan produk krim anti-aging yang sesuai, ikuti tips berikut ini.

Ketahui kandungan di dalam krim anti aging

Ketahui kandungan di dalam krim anti aging

Bahan-bahan utama dalam krim anti-aging dapat membantu Anda melawan gejala penuaan. Berikut beberapa bahan yang umum dijumpai beserta khasiatnya.


  • Retinol: Dalam bentuk yang lebih kompleks sering disebut retinoid. Turunan vitamin A ini berfungsi untuk mencegah kerutan, mengecilkan pori-pori, merangsang pembentukan kolagen, serta memberi rona pada kulit.

  • Peptida: Merupakan asam amino yang mampu meningkakan protein keratin pada kulit. Fungsinya untuk mengencangkan kulit, mencegah kerutan, dan meratakan warna kulit.

  • Vitamin C: Bekerja sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas dan mampu mencerahkan kulit. Ada salah satu turunan vitamin C yang sangat baik dalam merangsang pembentukan kolagen, yaitu asam askorbat.

  • Glycolic acid: Dikenal juga sebagai Alpha Hydroxy Acid (AHA). Bahan ini berfungsi sebagai exfoliator yang mampu membersihkan permukaan kulit dari sel kulit mati yang menumpuk. Hasilnya, kulit lebih halus dan tampak lebih muda.

Hampir setiap produk anti-aging menggunakan retinol atau retinoid di dalam formulanya. Namun, beberapa orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami efek samping seperti iritasi, kemerahan, atau bengkak. Berkonsultasilah dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memakai produk kecantikan berbahan retinol.

Anda juga bisa membaca artikel berikut untuk mendapatkan informasi mengenai kandungan retinol di dalam skincare. Klik tautan di bawah ini!

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Retinoid

Asam retinoat masih dianggap sebagai standar emas untuk pengobatan topikal kerutan pada wajah. Retinoid topikal adalah istilah gabungan untuk asam retinoat dan senyawa vitamin A lainnya termasuk retinaldehid, retinol, dan berbagai ester retinol. Retinoid telah terbukti efektif secara klinis digunakan secara topikal.


Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas baik dari lingkungan maupun sinar UV. Berikut ini adalah bahan-bahan yang termasuk antioksidan.

  • Asam askorbat (vitamin C)
  • Alpha lipoic acid
  • Tokoferol dan tokotrienol (vitamin E)
  • Asam kojic
  • Asam ferulic
  • Resveratrol
  • Glutathione
  • Ergothioneine
  • Kompleks natrium tembaga klorofilin
  • Quercetin
  • Glycyrrhizin
  • Garam glycyrrhizinate

Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga memiliki manfaat tambahan sebagai pencerah kulit.


Alpha hydroxy acid (AHA) dan Polyhydroxyalkanoates (PHA)

PHA, misalnya glukonolakton dan asam laktobionat, dapat ditoleransi lebih baik pada kulit dan dapat berperan sebagai humektan yang kuat.


Peptida

Peptida merupakan kolagen yang mengalami proses hidrosilasi (hydrolyzed collagen) agar menjadi ukuran yang lebih kecil dan mudah terserap kulit. Peptida terbukti meningkatkan produksi kolagen dan menunjukkan perbaikan klinis bila dioleskan pada kulit yang mengalami photoaging. Manfaat lain peptida adalah efek antioksidan, anti-inflamasi, antimicrobial, dan membantu mencerahkan kulit.


Ekstrak tumbuhan dan laut

Ada berbagai macam ekstrak botani dari berbagai bagian tanaman (biji, batang, kulit kayu, buah) dan ekstrak laut (ekstrak ganggang merah atau coklat) yang memiliki fungsi anti-aging.

Pilih produk sesuai jenis kulit Anda

 Pilih produk sesuai jenis kulit Anda

Agar khasiatnya optimal, sesuaikan kandungan krim anti-aging dengan jenis kulit Anda.


  • Kulit berminyak dan berjerawat, pilih produk dengan formula ringan dan tidak lengket
Anda juga disarankan memilih produk yang memiliki kemampuan oil control. Selain itu, pastikan produk pilihan Anda tidak mengandung mineral oil. Utamakan memilih produk berlabel non-comedogenic.

  • Kulit kering, pilih krim anti-aging dengan kandungan pelembap

Hyaluronic acid adalah salah satu bahan yang baik untuk mengikat kelembapan di dalam kulit. Anda juga dapat memilih produk yang mengandung Aloe vera dan mineral oil sebagai pelembap.


  • Kulit sensitif, hindari krim anti-aging dengan kandungan retinol karena memicu iritasi

Pilih juga produk yang tidak mengandung pewangi dan pewarna sintetis. Untuk lebih amannya, utamakan memilih produk dengan label "untuk kulit sensitif".

Sesuaikan produk dengan usia Anda

Sesuaikan produk dengan usia Anda

Sebenarnya, Anda bisa mencegah penuaan dini sejak usia 20-an. Pada pertengahan usia ini, Anda sebaiknya fokus menghidrasi dan melindungi kulit dengan pelembap dan tabir surya. Pada akhir usia 20-an, Anda sudah bisa mulai menggunakan krim anti-aging dengan kandungan yang ringan.


Memasuki usia 30-an, Anda dapat memilih produk dengan kandungan retinol rendah. Di usia ini, kerutan yang lebih dalam biasanya mulai muncul, antara lain smiling lines dan kerutan di ujung mata. Pigmentasi kulit yang tidak merata juga biasanya mulai terjadi di usia 30-an. Untuk mengatasinya, pilihlah krim anti-aging dengan kandungan pencerah yang aman seperti vitamin C.


Jika telah menginjak usia 40 tahun ke atas, kemampuan kulit untuk memproduksi minyak alami dan kolagen makin menurun. Sel kulit mati juga makin banyak dan menumpuk. Untuk itu, pilih produk krim anti-aging dengan kandungan retinol, exfoliator, dan kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit.

Fokus untuk mengatasi satu masalah terlebih dahulu

Fokus untuk mengatasi satu masalah terlebih dahulu

Untuk mengatasi gejala penuaan, Anda sebaiknya fokus untuk mengatasi satu per satu masalah kulit Anda. Jika masalah utama adalah kerutan, pilih krim yang kaya akan retinol atau peptida. Hindari menggunakan lebih dari satu produk dalam waktu yang sama. Jika menggunakan terlalu banyak produk, kulit akan stres dan malah tampak lebih tua.

Berharaplah secara realistis terhadap hasil kerja produk

Berharaplah secara realistis terhadap hasil kerja produk

Hasil menggunakan krim anti-aging tentu berbeda dengan melakukan treatment di salon. Butuh konsistensi dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. 


Krim anti-aging umumnya memberikan hasil secara bertahap sehingga Anda harus bersabar untuk melihat hasilnya. Jika suatu produk memang cocok untuk kulit, Anda akan merasakan kulit menjadi lebih lembap. 


Hilangnya kerutan, noda hitam, serta meratanya warna dan tekstur kulit membutuhkan waktu yang lebih lama. Jadi, jangan terlalu mudah termakan iklan karena hasil pemakaian pasti berbeda-beda pada setiap orang.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Untuk mendapatkan efek anti-aging yang optimal, tidak bisa hanya dari penggunaan krim wajah. Pada beberapa kondisi diperlukan prosedur tambahan, misalnya dengan hormone replacement therapy. Prosedur tersebut dilakukan jika kadar hormon sudah sangat rendah. Selain itu, pola makan dan hidup sehat yang tetap harus dijaga.

10 Rekomendasi krim anti aging terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim anti-aging terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Disclaimer: Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Fitria Agustina.

10
Kandungan utamaCoenzyme Q10, botanical phytosterol, squalene, shea butter, vitamin E, sweet almond oil
Isi50 ml
Fungsi utamaMemberikan perlindungan dan regenerasi sel kulit
Jenis kulit yang disarankanKulit sensitif
9

AmorepacificLaneige Perfect Renew Youth Regenerating Cream

Mulai dari Rp 1.467.000,00

Kandungan utamaEnergy-glyco,tri-peptida, berry complex
Isi50 ml
Fungsi utamaMembantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit terlihat lebih kencang dan halus
Jenis kulit yang disarankanKulit kering
8
Kandungan utamaJeju orchid extract, squalane, niacinamide
Isi50 ml
Fungsi utamaMelembapkan dan merawat elastisitas kulit
Jenis kulit yang disarankanKulit kering
7

ERHA Age Corrector Petides & Hyaluronate Day Cream

Mulai dari Rp 185.900,00

Kandungan utamaMatrixyl synthe-6, bioflavonoid
Isi30 g
Fungsi utamaMenjaga elastisitas kulit, membantu menyamarkan kerutan
Jenis kulit yang disarankanSemua jenis kulit
6

P&GSK-II R.N.A. Power Radical New Age

Mulai dari Rp 300.000,00

Kandungan utamaPitera, protein kedelai, ragi terhidrolisis, esktrak chlorella, shea butter
Isi15 g
Fungsi utamaMembantu proses peremajaan kulit
Jenis kulit yang disarankanKulit kering
5

WardahCrystallure Supreme Activating Overnight Cream

Mulai dari Rp 245.000,00

Kandungan utamaGold-peptide crystals, youth glow active, grand active retinoid
Isi50 g
Fungsi utamaMembantu proses peremajaan kulit
Jenis kulit yang disarankanSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
4

YOU Golden Age Illuminating Day Cream

Mulai dari Rp 55.000,00

Kandungan utamaEkstrak buah delima, Ekstrak akar anggrek, UV protector, hyaluronic acid, dan niacinamide
Isi18 g, 30 g
Fungsi utamaMerawat dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Jenis kulit yang disarankanTidak disebutkan
3

SafiSafi Age Defy Renewal Night Cream

Mulai dari Rp 102.000,00

Kandungan utama Gold extract, protein sutera dan phyto-SLC
Isi25 g, 40 g
Fungsi utamaMembantu memelihara kelembapan, mencerahkan kulit
Jenis kulit yang disarankanNormal hingga berminyak
2

P&GOlay Total Effects 7 in One Day Cream Normal SPF 15

Mulai dari Rp 151.500,00

Kandungan utamaVitaNiacin complex
Isi50 g
Fungsi utamaMelawan 7 tanda penuaan, melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari
Jenis kulit yang disarankanSemua jenis kulit
1

UnileverPond's Age Miracle Night Cream

Mulai dari Rp 39.300,00

Kandungan utamaRetinol C dan vitamin B3 complex
Isi10 g
Fungsi utamaBekerja merawat kulit di malam hari
Jenis kulit yang disarankanKulit kering

Tabel perbandingan produk krim anti aging terbaik

Gambar produk
1
Unilever Pond's Age Miracle Night Cream  1

Unilever

2
P&G Olay Total Effects 7 in One Day Cream Normal SPF 15 1

P&G

3
Safi Safi Age Defy Renewal Night Cream 1

Safi

4
YOU  Golden Age Illuminating Day Cream 1

YOU

5
Wardah Crystallure Supreme Activating Overnight Cream 1

Wardah

6
P&G SK-II R.N.A. Power Radical New Age 1

P&G

7
ERHA  Age Corrector Petides & Hyaluronate Day Cream  1

ERHA

8
Innisfree Jeju Orchid Enriched Cream 1

Innisfree

9
Amorepacific Laneige Perfect Renew Youth Regenerating Cream 1

Amorepacific

10
Sebamed Anti-Ageing Protection Cream 1

Sebamed

Nama produk

Pond's Age Miracle Night Cream

Olay Total Effects 7 in One Day Cream Normal SPF 15

Safi Age Defy Renewal Night Cream

Golden Age Illuminating Day Cream

Crystallure Supreme Activating Overnight Cream

SK-II R.N.A. Power Radical New Age

Age Corrector Petides & Hyaluronate Day Cream

Jeju Orchid Enriched Cream

Laneige Perfect Renew Youth Regenerating Cream

Anti-Ageing Protection Cream

Keunggulan

Asupan nutrisi untuk kulit di malam hari

Melawan tujuh tanda penuaan hanya dengan satu produk

Krim gel yang tidak lengket di kulit, cocok untuk kulit berminyak

Anti-aging day cream dengan SPF 30 PA+++

Bantu samarkan noda hitam, kulit tampak mulus dan cerah

Mengandung Pitera™, rahasia kulit awet muda, sehat, bercahaya

Efek wrinkle filler menyamarkan garis halus dan kerutan

Rawat elastisitas kulit dengan bunga anggrek Jeju

Mencegah tanda-tanda penuaan di usia 20-an

Formulanya tak akan mengiritasi kulit sensitif

Harga mulai dariRp 39.300,00Rp 151.500,00Rp 102.000,00Rp 55.000,00Rp 245.000,00Rp 300.000,00Rp 185.900,00Rp 384.000,00Rp 1.467.000,00Rp 350.000,00
Kandungan utamaRetinol C dan vitamin B3 complexVitaNiacin complex Gold extract, protein sutera dan phyto-SLC Ekstrak buah delima, Ekstrak akar anggrek, UV protector, hyaluronic acid, dan niacinamideGold-peptide crystals, youth glow active, grand active retinoidPitera, protein kedelai, ragi terhidrolisis, esktrak chlorella, shea butterMatrixyl synthe-6, bioflavonoidJeju orchid extract, squalane, niacinamideEnergy-glyco,tri-peptida, berry complexCoenzyme Q10, botanical phytosterol, squalene, shea butter, vitamin E, sweet almond oil
Isi10 g50 g25 g, 40 g18 g, 30 g50 g15 g30 g50 ml50 ml50 ml
Fungsi utamaBekerja merawat kulit di malam hari Melawan 7 tanda penuaan, melindungi wajah dari efek buruk sinar matahariMembantu memelihara kelembapan, mencerahkan kulitMerawat dan melindungi kulit dari paparan sinar matahariMembantu proses peremajaan kulitMembantu proses peremajaan kulitMenjaga elastisitas kulit, membantu menyamarkan kerutanMelembapkan dan merawat elastisitas kulitMembantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit terlihat lebih kencang dan halusMemberikan perlindungan dan regenerasi sel kulit
Jenis kulit yang disarankanKulit keringSemua jenis kulitNormal hingga berminyakTidak disebutkanSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitifKulit keringSemua jenis kulitKulit keringKulit keringKulit sensitif
Tautan produk

Tips menghindari penuaan dini

Penuaan yang disebabkan oleh faktor eksternal dapat terjadi sebelum Anda memasuki usia 30-an. Nah, supaya terhindar dari penuaan dini, ikuti tips berikut ini!

Gunakan pelembap dan sunscreen secara rutin

Gunakan pelembap dan sunscreen secara rutin

Menjaga kelembapan kulit sangatlah penting untuk menghindari kekeringan dan ekskresi minyak berlebih. Untuk itu, selalu gunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi, pada pagi hari dan malam hari.


Selain hidrasi, kulit juga membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Radiasi sinar UV akan merusak jaringan kulit dan menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi. Gunakanlah sunscreen setiap hari, termasuk saat cuaca sedang mendung atau Anda berada di dalam ruangan.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Selalu cuci wajah dengan pembersih wajah sesuai dengan pH kulit (pH balanced) serta menggunakan pelembap dan sunscreen sesuai dengan jenis kulit.

Jalani pola hidup sehat

Jalani pola hidup sehat

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, pola hidup sehat juga dapat membuat awet muda. Kurangi konsumsi makanan berminyak karena bisa menyebabkan jerawat. Kurangi pula konsumsi makanan manis. Kandungan gula yang tinggi bisa merusak kolagen dan jaringan elastin sehingga membuat kulit cepat kendur.


Makanlah makanan sehat yang bergizi seimbang dan kaya antioksidan. Selanjutnya, agar kulit tidak lelah dan stres, pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas setiap hari.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Makanan olahan susu (dairy food) dengan indeks glikemik tinggi sebaiknya dikurangi karena akan meningkatkan risiko terjadinya jerawat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan karbohidrat olahan juga dapat merusak kolagen.

Hindari kebiasaan-kebiasaan pemicu penuaan dini

Hindari kebiasaan-kebiasaan pemicu penuaan dini

Penuaan dini yang Anda alami bisa jadi disebabkan karena kebiasaan buruk yang tidak disadari. Ada beberapa hal yang kelihatan remeh, tetapi mampu memicu penuaan dini. 


  • Perbaiki pola tidur

Begadang memiliki dampak buruk tak hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk kulit. Kurang tidur dapat menghambat regenerasi sel kulit dan membuat produksi kolagen menurun drastis. 


  • Hindari posisi tidur tengkurap

Saat tengkurap, cairan akan terkumpul di area wajah sehingga membuatnya terlihat puffy dan cepat keriput.


  • Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menghambat suplai darah ke kulit sehingga kulit mengalami dehidrasi. Sementara itu, merokok bisa menyebabkan keriput, terutama di area bibir. Merokok juga bisa meningkatkan jumlah radikal bebas di tubuh, serta menurunkan produksi sel darah merah sehingga kulit terlihat kusam.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Mengonsumsi terlalu banyak minuman yang berfungsi diuretik berlebihan akan membuat kulit menjadi kering jika tidak diimbangi dengan asupan air yang cukup. Contoh minuman yang berfungsi diuretik adalah kopi dan teh.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Untuk hasil yang optimal, selalu pilih krim anti-aging dengan kandungan dan bentuk sediaan yang sesuai dengan kulit Anda. Selain itu, jalani pola hidup sehat dan selalu memakai sunscreen setiap harinya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan anti-aging lainnya di sini

Agar perawatan anti-aging Anda maksimal, Anda dapat menggunakan produk lain untuk melengkapi krim anti-aging. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya!

Kesimpulan

Krim anti-aging dapat membantu memudarkan tanda-tanda penuaan pada kulit sehingga membuat Anda tampil lebih muda. Untuk hasil yang optimal, pilihlah krim yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Setelah itu, ingatlah untuk menggunakannya secara konsisten sesuai petunjuk yang diberikan.


Semoga tips dan ulasan kami ini dapat membantu Anda menemukan krim anti-aging terbaik yang cocok untuk Anda. Selamat berbelanja dan jangan lupa bahagia supaya awet muda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang sehat terawat tidak terlepas dari skincare yang tepat dan sesuai kebutuhan. Bioderma merupakan merk skincare yang patut Anda pertimbangkan. Bioderma memiliki berbagai teknologi terbaik untuk setiap kebutuhan kulit, mulai dari kulit berminyak sampai kulit sensitif. Produknya sudah banyak digunakan dan dipercaya.Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang brand ini? Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan tips cara memilih, serta rekomendasi produk yang bagus. Mulai dari Sébium Mat Control, Sensibio H2O, Hydrabio Brume, dan Sensibio Eye ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini sampai habis, ya.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori