• 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Lakban merupakan alat perekat yang biasanya terbuat dari plastik. Namun, ada juga yang terbuat dari aluminium. Kelebihan lakban aluminium adalah tidak mudah rusak karena lebih tahan air dan tahan panas. Lakban aluminium sering dipakai untuk mengatasi atap bocor dan melapisi benda yang rentan rusak oleh panas. Inoplast, 3M, Pajero, dan taffGUARD adalah beberapa contoh merek lakban aluminium yang bagus di pasaran.

 
Bagaimana cara memilih lakban aluminium yang tepat? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi lakban aluminium foil terbaik untuk Anda. Disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Lakban aluminium untuk apa?

Lakban aluminium untuk apa?

Lakban aluminium adalah lakban yang dibuat dari foil aluminium yang dilapisi dengan perekat. Keberadaan unsur logam inilah yang menjadikan lakban aluminium lebih kuat dan serbaguna dibandingkan lakban plastik.


Secara umum, lakban aluminium memiliki karakteristik tahan panas, tahan air, dan tahan cuacaLakban aluminium juga mempunyai konduktivitas termal yang baik serta resistansi yang bagus terhadap bahan kimia. Itulah yang menyebabkan lakban aluminium foil banyak digunakan dalam beragam bidang.


Berikut adalah beberapa fungsi lakban aluminium dalam kehidupan sehari-hari ataupun industri:

  • Menambal panci dan peralatan masak lainnya
  • Mengatasi kebocoran ember, bak mandi, wastafel, pipa air, talang, hingga genting atau atap rumah
  • Menangkal sinar matahari dan ultraviolet
  • Melindungi isi kemasan atau paket dari kerusakan yang disebabkan oleh kelembapan dan suhu panas
  • Melapisi dan melindungi kabel listrik dari suhu panas
  • Menutup kebocoran pada saluran sistem pemanas dan pendingin sekaligus melindunginya dari kelembapan

Cara memilih lakban aluminium

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli lakban aluminium. Kami sudah merangkumnya berikut ini.

Ketahui tipe-tipe lakban aluminium

Secara garis besar, lakban aluminium bisa dikelompokkan menjadi tiga tipe. Supaya bisa digunakan dengan maksimal, cek tipenya dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Basic type, sudah bagus untuk penggunaan umum sehari-hari

Basic type, sudah bagus untuk penggunaan umum sehari-hari

Lakban aluminium basic type terbuat dari aluminium foil yang dilapisi perekat (self-adhesive tape). Tipe inilah yang lebih sering diacu saat membicarakan lakban aluminium secara umum. Bahannya tahan terhadap perubahan cuaca sehingga mampu menempel pada berbagai benda dalam jangka waktu lama.


Berikut adalah karakteristik lakban aluminium tipe ini:

  • Karena berbahan logam, lakban aluminium basic type lebih tahan panas dan dingin dibandingkan lakban biasa.
  • Kemampuannya dalam menghantarkan panas cukup tinggi sehingga bisa dipakai untuk menjaga kelembapan atau mendinginkan berbagai benda.

Tipe ini memang tidak begitu kuat, tetapi cukup berguna jika Anda hanya membutuhkan lakban yang tahan panas. Harganya pun bisa dibilang terjangkau.

Glass cloth type, tebal dan lebih tahan panas

 Glass cloth type, tebal dan lebih tahan panas

Lakban aluminium glass cloth type lebih tahan panas dibandingkan basic type karena diberi tambahan kain kaca. Karena itu, lakban aluminium tipe ini sangat cocok digunakan pada benda yang sensitif terhadap panas, misalnya kabel. Selain lebih tahan panas, lakban aluminium jenis ini juga lebih tahan dingin. Namun, kain kaca yang digunakan membuat lakban aluminium tipe ini lebih tebal.

Kraft type, lebih kuat daya rekatnya

Kraft type, lebih kuat daya rekatnya

Lakban aluminium kraft type terbuat dari kombinasi aluminium dan kertas berkualitas tinggi sehingga mudah digunakan. Lakban aluminium tipe ini juga memiliki daya rekat yang kuat sehingga bisa diaplikasikan secara bertumpuk.


Anda bisa merekatkan dua benda tahan panas dengan menggunakan lakban aluminium kraft type. Menariknya lagi, lakban ini bisa memiliki panjang hingga 50 meter dengan harga yang terjangkau. Daya rekatnya pun lebih kuat dibandingkan lakban biasa. Namun, kraft type tidak cocok diaplikasikan di tempat yang bersuhu tinggi atau di sekitar air.

Cek ketebalan lakbannya

Cek ketebalan lakbannya

Saat membeli lakban aluminium, jangan lupa untuk memperhatikan ketebalannya juga, ya. Ketebalan sangat memengaruhi kekuatan lakban aluminium. Makin tebal suatu lakban, makin tinggi pula kekuatannya.


  • Lakban aluminium basic type biasanya memiliki ketebalan 0,1 mm hingga 0,5 mm
  • Ketebalan lakban aluminium glass cloth type umumnya sekitar 0,15 mm hingga 0,2 mm
  • Sementara itu, ketebalan lakban aluminium kraft type biasanya sekitar 0,12 mm hingga 0,14 mm

Namun, perlu diingat bawa tipe yang sama belum tentu memiliki ketebalan seperti yang disebutkan di atas. Hal itu tergantung pada pabrik yang memproduksinya. Ada pula produk yang menyebutkan kekuatan tariknya dalam satuan N/10 mm.


Cari produk dengan nilai numerik yang besar jika Anda membutuhkan lakban dengan kekuatan tarik yang tinggi. Jika Anda ingin membelinya secara daring, tanyakan dahulu kepada penjual karena informasi ketebalan lakban jarang dicantumkan di deskripsi produk.

Periksa kemampuannya dalam menahan suhu dan mengatasi kebocoran

Periksa kemampuannya dalam menahan suhu dan mengatasi kebocoran

Bahan utama untuk membuat lakban aluminium memang sama. Namun, kemampuannya dalam menahan suhu bisa berbeda-beda. Sebagai informasi, beberapa jenis lakban aluminium bisa menahan suhu tinggi hingga di atas 250 ℃. Namun, beberapa jenis lainnya hanya bisa menahan suhu yang lebih rendah, sekitar 60–150 ℃.


Perekat dan bahan lain yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan lakban aluminium dalam menahan suhu. Contohnya, lakban aluminium dengan perekat berbahan akrilik umumnya lebih tahan panas dibandingkan yang perekatnya berbahan karet


Jika Anda membutuhkan lakban untuk menutup atap atau pipa air yang bocor, produk berperekat karet butyl lebih direkomendasikan. Lakban aluminium pada dasarnya tahan air. Namun, produk yang memiliki perekat jenis karet butyl memiliki ketahanan air atau antibocor yang lebih tinggi. Lakban aluminium ini dapat menutup kebocoran dengan optimal karena efektif menahan rembesan air dan kelembapan. 

Pilih berdasarkan jenis finishing-nya, glossy atau matte

Pilih berdasarkan jenis finishing-nya, glossy atau matte

Sesuai namanya, lakban aluminium terbuat dari aluminium sebagai bahan utamanya. Penggunaan material aluminium membuat lakban ini tampak mengilap (glossy), apalagi jika diaplikasikan di tempat yang terang. Penggunaan lakban aluminium yang mengilap mungkin akan terlihat mencolok, bahkan mengganggu, bagi beberapa orang.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan lakban aluminium yang tidak mengilap (matte). Lakban aluminium jenis ini memang tidak banyak diproduksi. Namun, Anda bisa menanyakannya kepada pihak produsen. Mungkin saja mereka mengeluarkan lakban aluminium dengan matte-finishing.

Pertimbangkan efisiensi penggunaannya

 Pertimbangkan efisiensi penggunaannya

Beberapa jenis lakban aluminium ada yang tebal sehingga memerlukan gunting atau cutter untuk memotongnya. Jika hal itu terasa merepotkan, carilah lakban aluminium yang bisa disobek menggunakan tangan. Lakban aluminium yang seperti ini biasanya tipis. Pastikan Anda berhati-hati saat menyobek lakban dan mengaplikasikannya, ya.

Backingless type atau backing paper type, tentukan menurut kebutuhan Anda

Backingless type atau backing paper type, tentukan menurut kebutuhan Anda

Ada lakban aluminium yang tidak menggunakan kertas rilis (backingless type). Sebaliknya, ada juga lakban aluminium yang menggunakan kertas rilis (backing paper type). Kedua lakban aluminium tersebut sebenarnya bisa diaplikasikan secara langsung. Perbedaan hanya terletak pada ada atau tidaknya kertas rilis pada bagian perekat lakban.

 

  • Jenis backingless type sangat cocok untuk digunakan sekaligus (tidak dipotong kecil-kecil) karena bisa mengurangi sampah kertas.
  • Jika Anda membutuhkan lakban aluminium yang bisa digunakan sedikit demi sedikit, pilihlah lakban dengan backing paper.

Untuk kendaraan, utamakan lakban aluminium antistatis

Untuk kendaraan, utamakan lakban aluminium antistatis

Kebanyakan lakban aluminium dibuat untuk mengatasi masalah di area rumah, misalnya kebocoran alat masak, pipa, dan genting. Namun, ada juga lakban aluminium yang dibuat untuk mengatasi masalah seperti listrik statis di badan kendaraan.


Lakban aluminium antistatis ini biasanya diterapkan di bagian bumper atau jendela kendaraan. Sayangnya, lakban aluminium jenis khusus ini masih jarang tersedia di e-commerce Indonesia.

10 Rekomendasi lakban aluminium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lakban aluminium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa taffGUARD Kyto Waterproof Tape LS549 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, 3M Aluminum Foil Tape 425 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Taffware taffGUARD Kyto Waterproof Tape - Lakban Aluminium Foil Butyl Super Adhesive Duct Tape  1

2
Solatape Aluminum Foil Tape 1

Solatape

3
Pratama Jaya Raya Pajero Aluminium Foil Tape 1

Pratama Jaya Raya

4
Berry Tape Aluminium Tape 1

Berry Tape

5
Lakole Waterproof Tape 1

Lakole

6
Horici Aluminium Tape 1

Horici

7
Nachindo Tape Industry  Nachi Aluminium Foil Tape 1

Nachindo Tape Industry

8
Inori  Inoplast Plaster Waterproofing AL Aluminium 1

Inori

9
Wrap Tape Aluminum Foil Roll Self Adhesive 1

10
3M Aluminum Foil Tape 425 1

3M

Nama produk

Taffware taffGUARD Kyto Waterproof Tape - Lakban Aluminium Foil Butyl Super Adhesive Duct Tape

Aluminum Foil Tape

Pajero Aluminium Foil Tape

Aluminium Tape

Waterproof Tape

Aluminium Tape

Nachi Aluminium Foil Tape

Inoplast Plaster Waterproofing AL Aluminium

Wrap Tape Aluminum Foil Roll Self Adhesive

Aluminum Foil Tape 425

Keunggulan

Mampu bertahan pada suhu dingin yang ekstrem

Optimal lindungi saluran heating, ventilation, dan air conditioning (HVAC) dari kebocoran

Tahan panas hingga di atas 250 ℃

Lakban aluminium untuk melapisi benda-benda logam

Satu produk untuk menambal beragam permukaan material

Aluminium tape untuk menambal panci dengan harga terjangkau

Dapat difungsikan sebagai penangkal sinar matahari, bisa juga dijadikan lakban AC

Lakban aluminium foil untuk atap dan talang bocor

Bisa pilih warna emas atau perak, efektif meredam panas pada knalpot kendaraan

Dengan perekat akrilik yang dapat diandalkan dan panjang hingga 54 meter!

Harga mulai dariRp 21.300,00Rp 15.000,00Rp 27.000,00Rp 23.500,00Rp 75.000,00Rp 2.688,00Rp 36.400,00Rp 15.000,00Rp 38.900,00Rp 350.000,00
Lebar5 cm, 10 cm, 15 cm, 20 cm, 30 cm3,8 cm, 4,5 cm±4,5 cm4,8 cm5 cm2 cm, 3 cm, 4 cm4,8 cm5 cm, 10 cm50 cm2,5 cm, 5,1 cm
Panjang3 m, 5 m, 10 m18 m, 19 m27,43 m (30 yard)36,57 m (40 yard)5 m5 m, 10 m, 15 m36,57 m (40 yard)1 m, 20 m5 m54,86 m
TipeKombinasi (basic type + kraft type)Basic typeKombinasi (basic type + kraft type)Kombinasi (basic type + kraft type)Basic type + kraft typeBasic typeBasic typeKombinasi (basic type + kraft type)Glass cloth typeBasic type
Tahan panasYa (hingga 110 ℃)Ya (hingga 127 ℃)Ya (hingga di atas 250 ℃)Ya (hingga 120 ℃)YaYaYaYa (hingga 60 ℃)YaYa (hingga 149 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -40 ℃)Ya (hingga -29 ℃)YaYa (hingga -20 ℃)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYa (hingga -30 ℃)Tidak disebutkanYa (hingga -54 ℃)
Kertas rilisYaYaYaYaYaYaYaYaYaTidak
Tautan produk
10
Lebar2,5 cm, 5,1 cm
Panjang54,86 m
TipeBasic type
Tahan panasYa (hingga 149 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -54 ℃)
Kertas rilisTidak
9

Wrap Tape Aluminum Foil Roll Self Adhesive

Mulai dari Rp 38.900,00

Lebar50 cm
Panjang5 m
TipeGlass cloth type
Tahan panasYa
Tahan dinginTidak disebutkan
Kertas rilisYa
8

Inori Inoplast Plaster Waterproofing AL Aluminium

Mulai dari Rp 15.000,00

Lebar5 cm, 10 cm
Panjang1 m, 20 m
TipeKombinasi (basic type + kraft type)
Tahan panasYa (hingga 60 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -30 ℃)
Kertas rilisYa
7

Nachindo Tape Industry Nachi Aluminium Foil Tape

Mulai dari Rp 36.400,00

Lebar4,8 cm
Panjang36,57 m (40 yard)
TipeBasic type
Tahan panasYa
Tahan dinginTidak disebutkan
Kertas rilisYa
6
Lebar2 cm, 3 cm, 4 cm
Panjang5 m, 10 m, 15 m
TipeBasic type
Tahan panasYa
Tahan dinginTidak disebutkan
Kertas rilisYa
5
Lebar5 cm
Panjang5 m
TipeBasic type + kraft type
Tahan panasYa
Tahan dinginTidak disebutkan
Kertas rilisYa
4
Lebar4,8 cm
Panjang36,57 m (40 yard)
TipeKombinasi (basic type + kraft type)
Tahan panasYa (hingga 120 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -20 ℃)
Kertas rilisYa
3

Pratama Jaya RayaPajero Aluminium Foil Tape

Mulai dari Rp 27.000,00

Lebar±4,5 cm
Panjang27,43 m (30 yard)
TipeKombinasi (basic type + kraft type)
Tahan panasYa (hingga di atas 250 ℃)
Tahan dinginYa
Kertas rilisYa
2
Lebar3,8 cm, 4,5 cm
Panjang18 m, 19 m
TipeBasic type
Tahan panasYa (hingga 127 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -29 ℃)
Kertas rilisYa
1

Taffware taffGUARD Kyto Waterproof Tape - Lakban Aluminium Foil Butyl Super Adhesive Duct Tape

LS549

Mulai dari Rp 21.300,00

Lebar5 cm, 10 cm, 15 cm, 20 cm, 30 cm
Panjang3 m, 5 m, 10 m
TipeKombinasi (basic type + kraft type)
Tahan panasYa (hingga 110 ℃)
Tahan dinginYa (hingga -40 ℃)
Kertas rilisYa

Baca juga rekomendasi lakban lainnya di sini

Selain lakban aluminium, ada juga lakban jenis lain, seperti lakban bening, lakban kain, dan double tape. Jika Anda membutuhkan rekomendasi untuk ketiga produk tersebut, langsung cek lebih lanjut melalui link berikut ini, ya.

Kesimpulan

Kami sudah menyampaikan tips memilih lakban aluminium, lengkap dengan sepuluh produk rekomendasi terbaiknya. Agar tidak salah membeli, pastikan produk yang Anda pilih sudah sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Cek kemasan atau deskripsi produk dengan jeli untuk informasi peruntukannya.

 
Lakban aluminium yang tepat tentu akan menjadikan masalah Anda lekas teratasi. Semoga artikel rekomendasi kami ini bisa membantu Anda menemukannya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, ada banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang bagus dan berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek lem kuat di pasaran, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Isi Staples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Isi Staples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Stapler merupakan barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti di sekolah, di tempat kerja, atau di rumah. Menariknya, jenis isi staples cukup beragam. Anda pun harus mengecek beberapa faktor seperti bahan dan ukuran sebelum membeli. Selain merek MAX yang terkenal, Anda juga dapat mempertimbangkan isi staples merek KENKO, Deli, Joyko, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memilih isi staples terbaik yang banyak dijual di online shop. Setelah menemukan produk yang cocok, yuk segera beli produk yang bagus tersebut sebelum kehabisan!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, dan NANKAI. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasannya!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem plastik yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, dan polyethylene. Setiap jenis lem plastik memiliki keunggulannya sendiri. Tahukah Anda merek lem plastik mana yang bagus untuk dipilih?Anda mungkin bingung saat memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih lem plastik terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merek lem plastik, seperti Deli, UHU, dan Dextone. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sebaiknya menyediakan lem besi di rumah untuk mengantisipasi peralatan berbahan besi yang lepas atau patah. Besi dapat menghantarkan panas dan kuat sehingga butuh lem yang tahan panas dan tekanan tinggi. Meski umumnya berbentuk cair, karakteristik setiap produk berbeda-beda. Anda perlu cermat untuk menemukan lem besi yang bagus.Untuk itu, di artikel ini kami akan memberikan tips memilih lem besi terbaik. Kami juga akan membagikan rekomendasi lem besi dari merek terkenal, seperti Dextone, Alteco, dan Aica Aibon. Anda bisa menemukan lem besi epoxy, cyanoacrylat, hingga polyurethane, Yuk, langsung disimak saja!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem UHU Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem UHU Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek lem UHU banyak dicari karena bisa digunakan merekatkan banyak benda, yakni kertas, plastik, perabotan rumah tangga, bahkan sepatu. Beberapa jenis yang populer adalah UHU cair, UHU stick, dan UHU contact liquid. Untuk jenis cair, umumnya lem akan mulai kering dalam 5–10 menit. Nah, selain itu masih banyak macam lem UHU yang bagus, lho! Jika Anda penasaran dengan varian lain dari lem UHU, Anda bisa membaca jenis-jenisnya di artikel ini. Kami akan menjelaskan fungsi tiap-tiap lem serta merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda masih punya sepatu rusak, tetapi masih sayang untuk dibuang? Coba perbaiki dengan lem sepatu, yuk. Di pasaran terdapat beragam jenis lem sepatu yang bagus dan dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya punya daya rekat yang kuat dan tahan lama.Selain merekomendasikan lem untuk sepatu yang bagus, kami punya tips memilih lem sepatu yang bisa Anda jadikan acuan. Lem sepatu terbaik dari merek-merek terkenal, seperti UHU, Flat Shoes Care, dan Castol, ada dalam rekomendasi kami. Ayo, jadikan sepatu Anda seperti baru kembali!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lakban Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lakban Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lakban bening banyak digunakan untuk menyegel dus atau kemasan lainnya. Alat yang satu ini memang banyak dibutuhkan dalam proses pengemasan barang, apalagi di era tren belanja online. Meskipun begitu, lakban bening bukan hanya dibutuhkan untuk kebutuhan usaha, melainkan juga urusan rumah tangga.Jadi, sebaiknya Anda memiliki stok lakban bening di rumah. Lakban Daimaru dan lakban 3M bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mencermati dahulu tips memilih lakban bening berikut ini, baru menentukan mana yang bagus. Di akhir artikel kami siapkan juga rekomendasi produk, lengkap dengan informasi harga lakban bening serta keunggulannya masing-masing. 
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, mendekorasi rumah menggunakan wallpaper dinding kian diminati. Apakah Anda juga tertarik? Memasang wallpaper dinding bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan tukang. Tentu saja, untuk memasangnya, Anda membutuhkan lem khusus wallpaper dinding sebagai perekat.Di mana lem wallpaper dinding bisa dibeli? Anda bisa membelinya di marketplace seperti Shopee. Jika Anda masih bingung memilih lem wallpaper dinding yang bagus, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami membahas cara memilih serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya, seperti dari merek GreatWall dan Wallpro. Nah, selamat membaca!
    Tape & perekat
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, dan NANKAI. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasannya!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem plastik yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, dan polyethylene. Setiap jenis lem plastik memiliki keunggulannya sendiri. Tahukah Anda merek lem plastik mana yang bagus untuk dipilih?Anda mungkin bingung saat memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih lem plastik terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merek lem plastik, seperti Deli, UHU, dan Dextone. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda masih punya sepatu rusak, tetapi masih sayang untuk dibuang? Coba perbaiki dengan lem sepatu, yuk. Di pasaran terdapat beragam jenis lem sepatu yang bagus dan dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya punya daya rekat yang kuat dan tahan lama.Selain merekomendasikan lem untuk sepatu yang bagus, kami punya tips memilih lem sepatu yang bisa Anda jadikan acuan. Lem sepatu terbaik dari merek-merek terkenal, seperti UHU, Flat Shoes Care, dan Castol, ada dalam rekomendasi kami. Ayo, jadikan sepatu Anda seperti baru kembali!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, ada banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang bagus dan berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek lem kuat di pasaran, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lakban Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lakban Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lakban bening banyak digunakan untuk menyegel dus atau kemasan lainnya. Alat yang satu ini memang banyak dibutuhkan dalam proses pengemasan barang, apalagi di era tren belanja online. Meskipun begitu, lakban bening bukan hanya dibutuhkan untuk kebutuhan usaha, melainkan juga urusan rumah tangga.Jadi, sebaiknya Anda memiliki stok lakban bening di rumah. Lakban Daimaru dan lakban 3M bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mencermati dahulu tips memilih lakban bening berikut ini, baru menentukan mana yang bagus. Di akhir artikel kami siapkan juga rekomendasi produk, lengkap dengan informasi harga lakban bening serta keunggulannya masing-masing. 
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca, tetapi sifatnya kuat dan ringan. Karena sifatnya tersebut, akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, aquarium, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lem akrilik terbaik untuk Anda. Dengan lem yang bagus, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    Tape & perekat
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori