• 10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Wajah Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Belakangan ini produk skincare lokal sedang naik daun di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang memilih masker wajah buatan lokal. Banyak masker wajah lokal yang dapat menyelesaikan berbagai masalah kulit seperti mengecilkan pori-pori besar atau untuk mencerahkan wajah. 


Untuk Anda yang penasaran, pada artikel ini kami akan membahas masker wajah lokal yang bagus beserta cara memilihnya. Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S., juga akan memberikan informasi tambahan. Yuk, temukan produk dari merk ternama, seperti Vienna, Wardah, Emina, dan Sariayu. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Mengapa memilih masker wajah lokal?

Mengapa memilih masker wajah  lokal?

Untuk Anda pelanggan masker wajah impor, mungkin ini saatnya mencoba masker wajah pabrikan lokal. Kini sudah banyak masker wajah lokal yang memiliki kualitas baik dan menawarkan segudang manfaat untuk kulit wajah. Banyak juga yang telah terbukti efektif melawan masalah di kulit seperti jerawat dan tanda-tanda penuaan dini. Berkat prestasinya tersebut, beberapa masker lokal dapat menembus pasar internasional, lho!


Dari segi harga, masker wajah lokal tergolong lebih terjangkau sehingga lebih ekonomis untuk perawatan rutin. Selain itu, kandungan yang digunakan pada masker wajah lokal diawasi oleh BPOM. Jadi, aman digunakan dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Tren skincare lokal mulai merambah di Indonesia sejak 2019. Fenomena ini juga terjadi berkat dukungan program pemerintah serta viralnya influencer yang memperkenalkan kualitas skincare lokal. Karena itu, belakangan ini posisi skincare dari luar negeri mulai bergeser. 


Selain harga yang terjangkau, skincare lokal juga memiliki keunikan tersendiri. Karena dibuat di Indonesia, formulasinya otomatis juga dicocokan dengan kondisi kulit orang Indonesia. 


Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi mengunakan jasa titip karena skincare lokal mudah didapatkan. Ditambah lagi, dengan membeli produk lokal, Anda telah berkontribusi dalam memajukan perekonomian bangsa dan memberikan lapangan kerja pada orang lain.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker wajah lokal

Agar Anda dapat menemukan masker wajah lokal terbaik, berikut ini akan kami sampaikan tips cara memilihnya. Jadikanlah poin-poin ini sebagai pedoman Anda ketika membeli, ya!

Pilih berdasarkan masalah kulit yang sedang Anda hadapi

Saat memilih masker wajah, penting untuk meneliti masalah apa yang sedang muncul di kulit wajah Anda. Dengan demikian, khasiat yang dapat Anda peroleh menjadi lebih maksimal.

Untuk masalah warna kulit, pilih yang mengandung whitening agent

Untuk masalah warna kulit, pilih yang mengandung whitening agent

Masalah warna kulit biasanya diakibatkan oleh terbentuknya melanin akibat proses pigmentasi. Alhasil, kulit menjadi gelap, terlihat kusam, dan warnanya tidak merata. Untuk Anda yang mengalami masalah seperti ini, sebaiknya memilih produk dengan kandungan whitening agent.


Kandungan whitening agent dapat memulihkan kulit dari pigmentasi dan melawan pembentukan melanin di kulit. Kulit Anda akan tampak lebih cerah, segar, dan merata warnanya berkat kandungan ini. Kandungan whitening agent ini juga dapat menghilangkan noda di kulit. Anda dapat memilih produk dengan kandungan whitening agent, seperti licorice extract, yam bean, dan titanium dioxide. 

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Beberapa orang memiliki masalah kulit seperti warna kulit yang tidak merata. Hal ini ditandai dengan adanya noda kehitaman bekas jerawat, flek di wajah, serta masalah pigmen lainnya. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan skincare yang memiliki klaim untuk mencerahkan kulit. 


Pertama-tama, cobalah menyesuaikan produk skincare yang digunakan, mulai dari sabun, toner, serum, dan moisturizer. Anda harus mengecek apakah ingredients-nya mengandung whitening agent, seperti arbutin, kojic acid, vitamin C, niacinamide, dan lainnya.

Untuk masalah penuaan dini, pilih yang mengandung bahan anti-aging

Untuk masalah penuaan dini, pilih yang mengandung bahan anti-aging

Penuaan dini dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti keriput, flek, dan hilangnya elastisitas kulit. Untuk mengatasinya, Anda perlu produk yang dapat meningkatkan regenerasi sel kulit. Manfaat tersebut bisa Anda peroleh melalui produk yang mengandung bahan anti-aging. 


Produk dengan kandungan ekstrak rumput laut, albumin, collagen, atau ekstrak teh hijau dapat menjadi pilihan tepat. Kandungan tersebut terbukti efektif melawan tanda-tanda penuaan dini. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang senantiasa awet muda, pastikan untuk memilih produk yang kaya akan kandungan anti-aging.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Menggunakan skincare anti-aging direkomendasikan bagi Anda yang mulai menginjak usia dua puluh lima tahun. Dengan menggunakan skincare yang tepat dan efektif, Anda bisa menunda timbulnya tanda-tanda penuaan dini. 


Kandungan yang bisa memberikan efek anti-aging atau anti penuaan antara lain adalah retinol, AHA, peptide, DNA salmon, hyaluronic acid, dan lainnya. Karena itu, pastikan skincare yang Anda miliki di rumah mengandung salah satu ingredients di atas.

Untuk masalah jerawat, pilih yang mengandung bahan anti-acne

Untuk masalah jerawat, pilih yang mengandung bahan anti-acne

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering muncul. Bisanya jenis kulit berminyak adalah yang paling rentan terserang jerawat. Meskipun tidak berbahaya, jerawat dapat merusak penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri. Saat meradang, jerawat juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.


Apabila Anda memiliki masalah jerawat, sebaiknya pilih produk yang mengandung bahan anti-acne. Adapun kandungan anti-acne yang baik untuk melawan jerawat antara lain niacinamide, sunflower seed oil, dan castor oil. Untuk Anda yang juga memiliki masalah minyak berlebih dapat memilih produk dengan kandungan kaolin atau charcoal.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Masalah jerawat biasanya muncul pada pemilik tipe kulit berminyak. Untuk mengatasi hal itu, Anda harus mengontrol aktivitas kelenjar minyak di wajah. Kandungan yang dapat meredakan jerawat antara lain adalah tea tree, peppermint, dan Centella asiatica. Ketiga kandungan ini memiliki zat antibakteri alami.


Pertimbangkanlah juga untuk menggunakan bahan-bahan yang bersifat purifying seperti masker wajah yang mengandung volcanic ash ataupun lumpur. Dengan menggunakan produk seperti ini, sumbatan pada pori-pori bisa terbuka dan jerawat bisa dihindari.

Untuk masalah kulit kering, pilih yang mengandung moisturizer

Untuk masalah kulit kering, pilih yang mengandung moisturizer

Jenis kulit kering cenderung lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Akibat dari iritasi tersebut kulit bisa terkelupas, kemerahan, dan terasa perih. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti ini, kami sarankan untuk memilih produk yang mengandung moisturizer agar kelembapan alami kulit dapat terjaga.


Bahan moisturizer seperti glycerin dan hyaluronic acid mampu mempertahankan kadar air di kulit. Alhasil, kulit akan senantiasa lembap dan terhindar dari dehidrasi. Anda juga dapat memilih produk dengan kandungan Aloe vera. Selain dapat melembapkan, Aloe vera memiliki efek menenangkan kulit sehingga berguna saat kulit sedang mengalami inflamasi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, Anda mungkin mengalami masalah kulit kering sampai terkelupas. Selain itu, pemilik kulit kering biasanya juga memiliki masalah flek di wajah serta sensasi gatal. Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga bisa menggunakan pelembap untuk membantu mengatasi masalah tersebut. 


Pilihlah salah satu jenis pelembap yang sesuai dengan masalah kulit, dari tipe pelembap humektan, emollient, sampai oklusif. Hindarilah mandi dengan menggunakan air panas dan gunakanlah moisturizer dengan rutin agar kelembapan kulit terjaga dan masalah kulit kering terhindari.

Pilih jenis masker berdasarkan waktu penggunaan

Masker wajah tersedia dalam beberapa jenis, misalnya sheet mask dan cream mask. Keduanya memiliki waktu pemakaian yang berbeda. Pilihlah yang paling nyaman untuk Anda dari segi waktu pemakaian atau bentuknya.

Sheet mask, hanya membutuhkan waktu pemakaian 10–20 menit

Sheet mask, hanya membutuhkan waktu pemakaian 10–20 menit

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memakai masker, sheet mask bisa menjadi pilihan yang paling praktis. Bentuk sheet mask berupa lembaran yang dapat menyesuaikan dengan kontur wajah Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengoles dan meratakannya ke wajah. 


Waktu penggunaan masker jenis ini juga relatif singkat, yakni hanya 1020 menit saja. Setelah selesai digunakan, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan wajah karena cairan dalam masker akan terserap total oleh kulit. Anda tinggal membuang lembaran masker tersebut. Kepraktisannya membuat masker wajah ini dapat Anda gunakan kapan saja.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika Anda ingin mendapatkan kulit lembap secara instan, penggunaan sheet mask adalah salah satu cara paling efektif. Lembaran sheet pada sheet mask dapat membantu penyerapan ingredients ke dalam kulit menjadi lebih maksimal. 


Sheet atau lembaran pada sheet mask akan menahan kandungan pada sheet mask untuk tidak menguap. Sebaliknya, dengan adanya sheet ini, kandungan dapat meresap sempurna ke dalam kulit. Anda cukup menggunakannya selama 10–20 menit. Hal ini karena menggunakannya lebih dari 20 menit malah akan berisiko membuat kulit Anda dehidrasi.

Cream mask, untuk perawatan intenstif di area wajah tertentu

Cream mask, untuk perawatan intenstif di area wajah tertentu

Untuk Anda yang memiliki banyak waktu dan menginginkan perawatan wajah yang lebih intensif, pilihlah jenis cream mask. Teksturnya yang berupa krim membuat produk ini mudah diratakan ke area yang menjadi fokus perawatan. Setelah diaplikasikan ke wajah, Anda harus menunggu hingga masker mengering dan semua kandungannya terserap oleh kulit.


Berdasarkan cara membersihkannya, masker jenis ini dapat digolongkan menjadi dua, yaitu masker peel-off dan wash-offMaker jenis peel-off memiliki daya rekat yang kuat di kulit dan harus dibersihkan dengan cara dikupas atau ditarik. Masker ini dapat mengangkat kotoran dan komedo dari pori-pori dengan bersih.


Sementara untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilihlah cream mask berjenis wash-off. Masker ini dibersihkan dengan cara dibilas dengan air sehingga tidak akan melukai kulit sensitif. Selain untuk kulit sensitif, masker ini juga aman digunakan untuk jenis kulit kering.


Ada juga cream mask jenis sleeping mask yang khusus diciptakan untuk perawatan intensif saat Anda sedang tidur. Teksturnya yang ringan tidak akan mengganggu waktu tidur Anda. Sleeping mask ini juga meresap di kulit sehingga tidak perlu dikelupas atau dibilas dengan air.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Cream mask adalah sebutan untuk segala jenis masker yang berbentuk cream. Anda bisa memilih peel-off mask untuk membantu menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit bersih dari komedo. Anda pun bisa memilih sleeping mask jika memiliki masalah kulit kering. Untuk Anda yang ingin menangani jerawat di wajah, Anda bisa memilih jenis masker ini. 


Semua tipe masker yang disebutkan di atas berbentuk cream sehingga masker mudah diaplikasikan dan dibersihkan. Sesuaikanlah jenis serta ingredients masker dengan masalah kulit yang dialami agar perawatan lebih efektif.

10 Rekomendasi masker wajah lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker wajah lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10

Viva CosmeticClean & Mask Refreshner for Oily Acne Skin

Mulai dari Rp 16.300,00

Isi 50 gr
Jenis Cream mask (wash-off)
Whitening agentLicorice extract
Anti-agingTea tree oil
Anti-acneTea tree oil, citrus aurantifolia
MoisturizerGlycerin, Aloe vera
9
Isi 75 gr
Jenis Cream mask (wash-off)
Whitening agentYam bean, titanium dioxide, citric acid
Anti-agingUlva lactuca extract, Palmaria palmata extract, corn starch
Anti-acne Yam bean
Moisturizer Glycerin
8

Emina CosmeticsMasquerade Face Mask Aloe Vera

Mulai dari Rp 14.500,00

Isi 1 lembar (23 gr)
Jenis Sheet mask
Whitening agentAllantoin
Anti-agingCastor oil
Anti-acne Castor oil
Moisturizer Aloe vera
7

Eka Jaya Internasional Hanasui Egg White Mask

Mulai dari Rp 22.600,00

Isi 85 gr
Jenis Cream mask (peel-off)
Whitening agentAllantoin, citric acid
Anti-agingAlbumin, castor oil
Anti-acne Niacinamide, castor oil
Moisturizer Glycerin
6

Cakra Daya MakmurVienna Face Mask Peel Off Black

Mulai dari Rp 10.000,00

Isi 15 ml, 50 ml
Jenis Cream mask (peel-off)
Whitening agentPeppermint leaf extract, allantoin
Anti-agingHydrolyzed corn starch
Anti-acne Niacinamide, witch hazel leaf extract, green tea
Moisturizer Glycerin, Aloe vera
5

Martha Tilaar Sariayu Econature Peel Off Mask

Mulai dari Rp 94.500,00

Isi 50 gr
Jenis Cream mask (peel-off)
Whitening agentCollagen, allantoin, citric acid
Anti-agingPomegranate extract
Anti-acne Sunflower seed oil
Moisturizer Jojoba oil, hyaluronic acid
4
Isi 30 gr
Jenis Cream mask (sleeping mask)
Whitening agentAllantoin
Anti-agingApple PhytoCell extract, lecithin
Anti-acne Niacinamide
Moisturizer Glycerin, hyaluronic acid
3

Emina CosmeticsMasquerade Face Mask Tea Tree Oil

Mulai dari Rp 14.500,00

Isi 1 lembar (23 gr)
Jenis Sheet mask
Whitening agentAllantoin
Anti-agingCastor oil
Anti-acne Tea tree oil, castor oil
Moisturizer Glycerin
2
Isi 75 ml
Jenis Cream mask (sleeping mask)
Whitening agentWatermelon extract
Anti-agingFucus vesiculosus extract
Anti-acne Banana extract
Moisturizer Glycerin, Aloe vera
1

WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Mulai dari Rp 19.000,00

Isi 60 ml
Jenis Clay mask
Whitening agentTitanium dioxide
Anti-agingCaprae lac, witch hazel
Anti-acne Kaolin, charcoal powder
Moisturizer Aloe vera

Tabel perbandingan produk masker wajah lokal terbaik

Gambar produk
1
Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1

Wardah

2
Lacoco En Nature  Watermelon Glow Mask 1

Lacoco En Nature

3
Emina Cosmetics Masquerade Face Mask Tea Tree Oil 1

Emina Cosmetics

4
Wardah  Renew You Hydrafirm Sleeping Mask 1

Wardah

5
Martha Tilaar  Sariayu Econature Peel Off Mask 1

Martha Tilaar

6
Cakra Daya Makmur Vienna Face Mask Peel Off Black 1

Cakra Daya Makmur

7
Eka Jaya Internasional  Hanasui Egg White Mask 1

Eka Jaya Internasional

8
Emina Cosmetics Masquerade Face Mask Aloe Vera 1

Emina Cosmetics

9
Kino  Ovale Facial Mask Yam Bean  1

Kino

10
Viva Cosmetic Clean & Mask Refreshner for Oily Acne Skin  1

Viva Cosmetic

Nama produk

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Watermelon Glow Mask

Masquerade Face Mask Tea Tree Oil

Renew You Hydrafirm Sleeping Mask

Sariayu Econature Peel Off Mask

Vienna Face Mask Peel Off Black

Hanasui Egg White Mask

Masquerade Face Mask Aloe Vera

Ovale Facial Mask Yam Bean

Clean & Mask Refreshner for Oily Acne Skin

Keunggulan

Formula aktifnya efektif perbaiki kerusakan kulit

Tingkatkan kualitas dan kecantikan kulit di tiap pemakaian

Bahan aktifnya memurnikan dan mengecilkan pori-pori

Aktif melawan tanda-tanda penuaan dini

Efek relaksasinya meredakan stres di kulit

Tuntas mengangkat komedo dan kotoran dari pori-pori wajah

Kandungan putih telurnya bantu perbaiki elastisitas kulit

Efektif meredakan iritasi dan menjaga kelembapan alami kulit

Senjata ampuh untuk mencerahkan kulit!

Membantu mengontrol minyak berlebih di wajah

Harga mulai dariRp 19.000,00Rp 225.000,00Rp 14.500,00Rp 109.500,00Rp 94.500,00Rp 10.000,00Rp 22.600,00Rp 14.500,00Rp 23.200,00Rp 16.300,00
Isi 60 ml 75 ml 1 lembar (23 gr)30 gr 50 gr 15 ml, 50 ml 85 gr 1 lembar (23 gr)75 gr 50 gr
Jenis Clay maskCream mask (sleeping mask)Sheet mask Cream mask (sleeping mask)Cream mask (peel-off)Cream mask (peel-off)Cream mask (peel-off)Sheet mask Cream mask (wash-off)Cream mask (wash-off)
Whitening agentTitanium dioxide Watermelon extractAllantoin Allantoin Collagen, allantoin, citric acid Peppermint leaf extract, allantoin Allantoin, citric acidAllantoinYam bean, titanium dioxide, citric acid Licorice extract
Anti-agingCaprae lac, witch hazelFucus vesiculosus extractCastor oil Apple PhytoCell extract, lecithin Pomegranate extractHydrolyzed corn starchAlbumin, castor oil Castor oilUlva lactuca extract, Palmaria palmata extract, corn starch Tea tree oil
Anti-acne Kaolin, charcoal powder Banana extractTea tree oil, castor oil NiacinamideSunflower seed oil Niacinamide, witch hazel leaf extract, green tea Niacinamide, castor oil Castor oil Yam bean Tea tree oil, citrus aurantifolia
Moisturizer Aloe vera Glycerin, Aloe vera Glycerin Glycerin, hyaluronic acidJojoba oil, hyaluronic acid Glycerin, Aloe vera Glycerin Aloe vera Glycerin Glycerin, Aloe vera
Tautan produk

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari masker wajah. Populernya masker wajah ini membuat produsen skincare berlomba menciptakan produk dengan inovasi dan kualitas baik. Apabila Anda tertarik dengan jenis masker wajah lainnya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah membahas masker wajah lokal dengan cukup mendalam. Semoga cara memilih yang kami sampaikan memudahkan Anda untuk menemukan produk terbaik. Dari sepuluh produk rekomendasi kami, pastinya Anda juga telah menentukan pilihan, bukan? 


Agar kulit wajah terjaga kesehatannya, jangan lupa menggunakan tabir surya sebelum bepergian dan juga pelembap. Selain itu, rajinlah mencuci wajah dengan sabun khusus wajah. Usahakan juga tidur cukup dan konsumsi makanan sehat.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2022)
    Menginjak usia awal 20-an, masalah kulit yang dialami tentunya berbeda dengan saat remaja. Essence yang selama ini Anda gunakan mungkin sudah tidak mencukupi untuk perawatan kulit. Namun, dari sekian banyak essence yang tersedia dengan berbagai manfaat untuk kulit, tahukah Anda fungsi mana yang paling Anda butuhkan?Jadi, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih essence yang tepat untuk usia awal 20-an, memperkenalkan produk terbaik, sekaligus menjelaskan efek yang diberikan masing-masing produk tersebut. Temukanlah produk yang tepat untuk mempertahankan keremajaan kulit sejak dini!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 50-an, lapisan kulit tentu sudah tidak sekencang seperti saat remaja. Anda mungkin akan mendapati kulit mengendur, adanya kerutan di sekitar mata, kelopak mata yang mengendur, dan lainnya. Untuk memperbaiki kerutan dan mencegah kulit mengendur di daerah ujung mata, Anda dapat menggunakan eye cream. Ada berbagai macam merek eye cream yang dapat mengatasi masalah Anda, seperti SK II, Sulwhasoo, hingga Shiseido. Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih eye cream beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami masalah penuaan. Untuk mengatasinya, gantilah essence yang Anda gunakan dengan produk khusus anti-aging. Berbagai merk ternama, seperti SK-II, Laneige, dan Missha telah mengeluarkan produk yang bagus untuk melawan dampak penuaan. Namun, mana yang paling tepat bagi kulit Anda?Kami akan menjelaskan cara memilih essence perawatan anti-aging untuk berbagai masalah kulit. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk pilihan yang bisa Anda beli secara online. Ada komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga, lho. Ayo, temukan essence yang cocok bagi Anda!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tomat termasuk bahan alami yang dipercaya mampu mencerahkan kulit sehingga sering diolah menjadi masker. Selain mencerahkan, tomat juga mengandung sejumlah senyawa yang berfungsi mencegah tanda-tanda penuaan dini. Namun, beragamnya masker tomat yang ditawarkan di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih masker tomat beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Anda akan menemukan masker tomat dari sejumlah merek, antara lain Citra, Kocostar, dan Mustika Ratu. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Instaperfect Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Instaperfect Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wardah merupakan merk kosmetik lokal yang menjadi top of mind para wanita Indonesia. Pada tahun 2018, Wardah mengeluarkan koleksi barunya yaitu Instaperfect. Instaperfect terdiri dari sebelas produk kosmetik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Semua produk tersebut amat praktis dan dapat bertahan seharian.Kenali lebih dalam tentang seri Instaperfect dari Wardah dalam artikel ini. Kami akan membagikan tips memilih kosmetik Wardah Instaperfect yang bagus, serta memberi rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari lipstik, BB cushion, blusher, sampai palette yang cantik ada dalam rekomendasi kami. Jangan sampai ada informasi yang Anda lewatkan, ya.
    Perawatan wajah
  • 6 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    6 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    The Body Shop merupakan salah satu brand kecantikan ternama yang turut mengeluarkan beragam produk toner. Fungsi utama toner adalah untuk membersihkan wajah. Selain itu, toner juga memiliki manfaat lain untuk kulit. The Body Shop sendiri memiliki beberapa varian toner dengan manfaat berbeda yang mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih toner The Body Shop kepada Anda. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti varian Tea Tree, Aloe Calming, dan serta Seaweed Oil Balancing. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Bioaqua Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Bioaqua Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa waktu belakangan ini industri kecantikan terasa makin meriah. Bioaqua termasuk merk perawatan kulit yang meramaikan industri kecantikan sejak 2009. Produknya meliputi skincare dan kosmetik yang keduanya akan kami bahas dalam artikel ini. Meski pilihan produk Bioaqua yang bagus sangat beragam, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan saat memilihnya. Kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya di bawah ini. Bioaqua Pure Pearl, Black Mask, hingga foundation ada dalam rekomendasi kami, lho. Baca sampai tuntas, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kusam, kasar, bersisik, terdapat garis-garis halus, dan kerap terasa gatal adalah tanda dari kulit kering. Jika dibiarkan, kulit akan mengalami iritasi. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan pelembap yang diproduksi khusus bagi kulit kering. Kali ini kami akan membagikan tips memilih pelembap yang bagus untuk kulit kering. Beberapa merek ternama, seperti Cethaphil, Sebamed, hingga Bioderma ada dalam rekomendasi. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, akan menambahkan informasi penting. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan tips merawat kulit kering!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Hanasui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Hanasui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masker Hanasui merupakan produk perawatan wajah yang sedang digemari oleh masyarakat karena aman serta kaya akan manfaat. Salah satu varian maskernya yang populer adalah Naturgo Black atau dikenal sebagai Naturgo Lightening Peel Off Mask. Selain itu, ada pula varian lainnya, seperti Mineral Mud Mask Asian Heritage, Anti-Aging Gold, atau Egg White.Nah, kali ini kami akan membahas beberapa tips memilih masker merek Hanasui. Sepuluh rekomendasi produk yang bagus juga telah kami siapkan. Ada produk yang efektif mengatasi acne, memiliki manfaat anti-aging, hingga yang bermotif unik seperti animal. Penasaran? Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sabun muka adalah salah satu produk yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah. Ada berbagai macam produk sabun muka, misalnya untuk kulit jerawat, kulit sensitif, atau kulit kering. Untuk itu, kami akan merekomendasikan sabun muka terbaik, seperti Senka, Cetaphil, maupun Sebamed. Ada juga sabun muka merek lokal, seperti Wardah, Acnes, dan Pond's yang turut kami review untuk Anda. Kami juga akan mengulas cara memilih sabun muka yang tepat berdasarkan kandungan bahan-bahannya. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria, lho. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori