• 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021)

Untuk mengatasi kedinginan saat tidur atau bersantai di rumah, selimut adalah partner yang pas. Anda bisa menggunakannya saat berada di atas sofa, kursi, atau di tempat tidur untuk menghangatkan badan. Selimut yang bagus dengan berbagai bahan akan Anda temukan di pasaran dan terlihat menarik untuk dibeli.


Kami akan menjelaskan cara memilih bahan selimut yang bagus dan nyaman untuk digunakan. Kami juga akan merekomendasikan merek selimut terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda, contohnya selimut IKEA. Selain itu, selimut wol, selimut katun jepang, semuanya bisa Anda temukan di sini. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Hasyakyla Utami
  • Pembaharuan terakhir: 02 Agustus 2021
  • 17.108 Views
Daftar isi

Cara memilih selimut yang nyaman digunakan di rumah

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih selimut yang nyaman untuk digunakan di rumah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Perhatikan bahan selimut

Pada umumnya, selimut terbuat dari beberapa bahan yang lazim dipilih untuk membuat selimut. Masing-masing bahan tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Wol, ramah di kulit dan berdaya serap tinggi

Wol, ramah di kulit dan berdaya serap tinggi

Daya serap air bahan wol sangatlah baik sehingga tetap nyaman digunakan di saat cuaca panas sekalipun. Menariknya lagi, bahan wol juga ampuh melindungi kulit dari sinar UV. Bukan hanya itu, selimut wol ternyata cocok digunakan untuk segala jenis kulit, lho. Itu sebabnya selimut wol bisa dikatakan sebagai selimut tebal yang bagus dan menjadi favorit banyak orang.


Namun, selimut wol cenderung susah dicuci dan lama kering karena kemampuan menyerap airnya tersebut. Selain itu, harganya juga bisa dibilang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya. Terlepas dari hal tersebut, produk ini pantas dipilih bila Anda butuh selimut ramah kulit dengan kemampuan menyerap cairan mumpuni.

Katun, halus dan adem

Katun, halus dan adem

Selimut bahan katun bisa saja menyusut bila sering Anda cuci. Karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat akan mencuci selimut. Bila hendak mencucinya menggunakan mesin cuci, sebaiknya atur mesin pada putaran terendah. Setelah itu, jemurlah selimut katun Anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.


Terlepas dari hal di atas, selimut katun unggul dalam hal kelembutan dan kemampuan sirkulasi udara yang baik. Bahan katun juga dapat menyerap keringat dengan baik, lho. Keringat akan terserap sempurna sehingga tubuh pun bebas dari rasa lengket dan bisa tidur dengan nyaman. Layak diperhitungkan bila Anda mencari selimut yang halus dan adem saat digunakan.

Poliester, antibakteri sekaligus mudah dicuci

Poliester, antibakteri sekaligus mudah dicuci

Bobotnya yang ringan dan cepat kering membuat selimut poliester mudah dicuci dan bisa segera digunakan usai dibersihkan. Selain itu, selimut poliester juga tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan lebih terjaga meski digunakan terus-menerus. Dengan karakteristik antibakterinya, selimut poliester akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai higienitas.


Meski begitu, bahan poliester terasa licin dan mudah membuat Anda merasa gerah. Sirkulasi udaranya juga kurang baik sehingga keringat Anda tetap menempel di tubuh. Hal tersebut bisa membuat Anda jadi kurang nyaman dan bahkan terbangun dari tidur karena merasa gerah.

Bulu, kelembutannya memanjakan kulit

Bulu, kelembutannya memanjakan kulit

Jika Anda menyukai selimut superlembut, sebaiknya memilih produk berbahan bulu. Tekstur bulu-bulu halus membuat selimut ini sangat nyaman disentuh dan cepat membuat Anda relaks. Perlu diketahui, selimut berbahan bulu asli biasanya tidak menimbulkan alergi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi bulu sintetis.


Bagi sebagian orang, bulu sintetis bisa menimbulkan rasa gatal atau alergi di kulit. Karena itu, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bulu sintetis sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu, pilihlah produk yang bulunya tidak mudah rontok untuk meminimalkan risiko gangguan pernapasan.

Pastikan ukuran selimut sesuai dengan lokasi penggunaan

Pastikan ukuran selimut sesuai dengan lokasi penggunaan

Apakah Anda berencana menggunakan selimut ketika berada di atas sofa atau kasur? Ukuran selimut yang Anda butuhkan bisa berbeda-beda, tergantung lokasi penggunaan. Sebagai contoh, selimut berukuran kecil adalah pilihan pas bila Anda hendak memakainya saat bersantai di atas sofa.


Sementara itu, untuk digunakan di atas kasur, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran kasur. Ada kasur single dengan ukuran 120–140 cm x 200 cm. Ada juga kasur queen size yang berukuran 160 cm x 200 cm dan king size yang ukurannya 180 cm x 200 cm. Anda bisa memilih selimut yang ukurannya mendekati ukuran kasur Anda.


Penting untuk diingat, bila ukuran selimutnya terlalu kecil, akan ada area tubuh Anda yang terekspos. Hasilnya, Anda bisa merasa kedinginan, terlebih saat berada dalam ruangan ber-AC. Sebaliknya, selimut yang terlalu besar akan sulit dilipat dan memakan banyak tempat. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih produk yang ukurannya sesuai dengan lokasi penggunaannya.

Cek ada tidaknya isian selimut

Cek ada tidaknya isian selimut

Kebanyakan selimut yang beredar di pasar adalah selimut tanpa isian. Ini bukanlah hal aneh karena selimut-selimut tersebut memiliki harga yang terjangkau tanpa menghilangkan kemampuannya menghangatkan badan. Tidak adanya isian juga membuat selimut seperti ini makin mudah dicuci. Sangat pas untuk Anda yang memprioritaskan soal harga dan kemudahan perawatan, bukan?


Meski begitu, selimut dengan isian adalah pilihan terbaik bila Anda ingin merasakan kenyamanan dan keempukan yang mumpuni. Adanya isian membuat selimut makin hangat dan terasa nyaman ketika disentuh. Terlebih bila isiannya berbahan bulu angsa, keempukan dan kesejukannya bisa langsung membuat Anda tertidur pulas. 


Namun, penting untuk diingat, selimut dengan isian memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk mencucinya. Selain itu, selimut yang diisi dengan bulu angsa bisa memiliki harga yang tinggi. Terlepas dari itu, Anda tidak perlu ragu memilih selimut dengan isian bila ingin merasakan kenyamanan yang maksimal.

Pilih produk berdasarkan desain dan motifnya

Pilih produk berdasarkan desain dan motifnya

Ada orang yang terbiasa membentangkan selimut di atas kasur layaknya di hotel. Ada juga orang yang memiliki kebiasaan melipat selimut saat tidak digunakan. Kebiasaan mana pun yang Anda miliki, memilih produk dengan mempertimbangkan desain adalah langkah yang baik.


Adanya selimut dapat mempercantik ruangan terutama kamar tidur. Anda bisa memilih produk dengan hiasan yang sesuai dengan interior kamar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih produk yang warnanya senada dengan warna dominan ruangan agar terlihat sesuai. 


Membeli produk yang motifnya sesuai dengan selera Anda, misalnya bunga-bunga, juga bisa dilakukan. Nah, pilihlah produk dengan desain dan motif yang menjadi favorit Anda atau yang dirasa pas dengan ruangan, ya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Bed Cover Set Queen Size Katun Microtex Motif Klasik

Mulai dari Rp 504.400,00

10 Rekomendasi selimut terbaik yang nyaman digunakan di rumah

Tidur atau menghangatkan badan akan terasa makin nyaman bila Anda menggunakan selimut di bawah ini. Pilihlah yang Anda rasa paling sesuai.

10

Leven Home KreasiLeven Cotton Coverlet Double

Mulai dari Rp 1.100.000,00

Bahan100% katun
Ukuran230 cm x 230 cm
9
BahanKatun, 100% down feather
Ukuran140 cm x 210 cm, 210 cm x 210 cm, 240 cm x 210 cm, dan 270 cm x 213 cm
8

Nina MGTomomi Blanket Fleece

7265

Mulai dari Rp 179.000,00

BahanFleece (wol imitasi)
Ukuran150 cm x 200 cm
7

Dekoruma Inovasi LestariLinori Selimut Fleece Motif Haha

Mulai dari Rp 149.000,00

BahanFleece poliester
Ukuran150 cm x 200 cm
6

INTERNAL TEKSTIL GRUPLady Rose Balmut

Mulai dari Rp 414.400,00

BahanPolyester
Ukuran160 cm x 200 cm
5

SUBUR ANUGERAH SENTOSAKintakun Selimut Flannel

Mulai dari Rp 270.000,00

Bahan100% polyester
Ukuran160 cm x 200 cm
4

MINISOMARVEL Selimut homeliving

6941501571849

Mulai dari Rp 139.900,00

BahanMicrofiber (poliester)
Ukuran90 cm x 100 cm
3

INFORMAFiore Selimut Katun Organik

10152122

Mulai dari Rp 599.000,00

BahanKatun organik
Ukuran180 cm x 220 cm
2

Cozylila Quilt Classic 40% Down

Mulai dari Rp 6.000.000,00

BahanBulu angsa (40% down feather, 60% small feather)
Ukuran140 cm x 210 cm
1
BahanFleece
Ukuran120 cm x 160 cm

Tabel perbandingan produk selimut terbaik yang nyaman digunakan di rumah

Gambar produk
1
IKEA VITMOSSA 1

IKEA

2
Cozylila  Quilt Classic 40% Down 1

Cozylila

3
INFORMA Fiore Selimut Katun Organik 1

INFORMA

4
MINISO MARVEL Selimut homeliving 1

MINISO

5
SUBUR ANUGERAH SENTOSA Kintakun Selimut Flannel 1

SUBUR ANUGERAH SENTOSA

6
INTERNAL TEKSTIL GRUP Lady Rose Balmut 1

INTERNAL TEKSTIL GRUP

7
Dekoruma Inovasi Lestari Linori Selimut Fleece Motif Haha 1

Dekoruma Inovasi Lestari

8
Nina MG Tomomi Blanket Fleece 1

Nina MG

9
Feather World Selimut Regent 1

Feather World

10
Leven Home Kreasi Leven Cotton Coverlet Double 1

Leven Home Kreasi

Nama produk

VITMOSSA

Quilt Classic 40% Down

Fiore Selimut Katun Organik

MARVEL Selimut homeliving

Kintakun Selimut Flannel

Lady Rose Balmut

Linori Selimut Fleece Motif Haha

Tomomi Blanket Fleece

Selimut Regent

Leven Cotton Coverlet Double

Keunggulan

Si kecil terjaga tetap hangat, harga pun sangat terjangkau

Rasakan suasana hotel bintang lima di kamar Anda!

Persembahan terbaik untuk Anda yang go green

Ada tudungnya, jadi unik sekaligus dapat hangatkan kepala

Bahannya dari benang sintesis Acrylic dan Carbon High Quality, bye-bye alergi

Fungsional, selain selimut juga bisa dijadikan bantal

Motif bunganya mempercantik ruangan Anda

Tekstur halus dengan motif bergaya modern, terkesan kian eksklusif

Berisi bulu angsa, berikan kenyamanan high-class

Dwifungsi selimut dan bedcover, desainnya pun bervariasi

Harga mulai dariRp 49.900,00Rp 6.000.000,00Rp 599.000,00Rp 139.900,00Rp 270.000,00Rp 414.400,00Rp 149.000,00Rp 179.000,00Rp 6.400.000,00Rp 1.100.000,00
BahanFleeceBulu angsa (40% down feather, 60% small feather)Katun organikMicrofiber (poliester)100% polyesterPolyesterFleece poliester Fleece (wol imitasi)Katun, 100% down feather100% katun
Ukuran120 cm x 160 cm140 cm x 210 cm180 cm x 220 cm90 cm x 100 cm160 cm x 200 cm160 cm x 200 cm150 cm x 200 cm150 cm x 200 cm140 cm x 210 cm, 210 cm x 210 cm, 240 cm x 210 cm, dan 270 cm x 213 cm230 cm x 230 cm
Tautan produk

Tips merawat selimut

Tips merawat selimut

Walau tidak terlihat kotor, bukan berarti selimut yang Anda pakai tidak perlu dibersihkan. Namun, sebelum melakukannya, Anda perlu mengetahui cara mencuci dan membersihkan selimut dengan benar. Dengan begitu, selimut yang Anda beli akan awet lebih lama, tampilannya tetap cantik, dan tidak mudah menyusut. Berikut ini kami bagikan tipsnya untuk Anda.


  • Untuk selimut berbahan sintetis, seperti poliester, cucilah selimut dengan air hangat setelah sebelumnya direndam sedikit detergen.

  • Untuk selimut berbahan alami, seperti katun dan wol, gunakan air dingin dan detergen yang aman untuk bahan wol ketika mencuci.

  • Jangan gunakan pemutih karena dapat merusak warna serat kain.

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung ketika mengeringkan selimut dan jangan menyetrikanya dengan temperatur tinggi.

  • Setelah kering, lipat selimut dengan rapi kemudian simpan di tempat yang bersih dan bebas lembap.

Baca juga rekomendasi beragam perlengkapan untuk tidur nyenyak di sini

Tidak hanya selimut, kasur dan seprai juga memengaruhi kenyamanan Anda saat tidur. Untuk tidur makin nyenyak, tidak ada salahnya untuk Anda membeli masker penutup mata dan bantal. Anda bisa membaca lebih jauh tentang seluruh produk tersebut melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Tidur berkualitas dan menghangatkan badan dengan nyaman bisa Anda dapatkan bila memiliki selimut yang tepat. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda mengecek dahulu material yang digunakan untuk membuat selimut incaran Anda.


Selain itu, pastikan juga ukurannya sesuai dengan lokasi penggunaannya. Tidak perlu memilih produk berukuran besar bila Anda hendak menggunakannya saat bersantai di sofa. Pilihlah produk yang desainnya Anda suka dan nikmati setiap momen beristirahat dalam dekapan selimut yang nyaman.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi air hangat memang menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika dilakukan setelah pulang kerja atau ketika mengalami hari yang melelahkan. Dengan mandi air hangat, Anda bisa merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Zaman sekarang, Anda tak perlu repot memasak air panas untuk mandi menggunakan kompor karena sudah ada water heater.Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih water heater yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Produk dari merk terkenal, seperti Electrolux, Midea, dan Sanken akan kami tampilkan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya agar Anda tidak salah pilih!
    Kebutuhan rumah
    28.042 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kursi kantor tak hanya digunakan saat bekerja di kantor, tetapi juga saat bekerja di rumah. Ada beragam kursi kantor yang dijual di pasaran dengan harga, bahan, dan fitur tambahan yang berbeda. Begitu banyaknya pilihan yang tersedia pasti membuat Anda bingung, bukan?Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat membeli kursi kantor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai produsen terkenal, seperti IKEA, Ergotech, dan juga JYSK. Simak artikel ini baik-baik agar bisa menemukan produk yang cocok menemani Anda bekerja.
    Kebutuhan rumah
    39.639 Views
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk mengatasi stres dan bad mood adalah dengan menghirup aroma dari reed diffuser. Reed diffuser merupakan aromaterapi yang menggunakan fragrance oil dan stik rotan. Penggunaannya sangat praktis tanpa perlu dibakar atau disambungkan ke listrik. Namun, belakangan ini makin banyak reed diffuser yang dijual sehingga mungkin membingungkan Anda.Melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih reed diffuser yang paling tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari sejumlah merek, seperti Kemayu and Co, Camani, dan Kaminari. Siap untuk memanjakan indra penciuman Anda?
    Kebutuhan rumah
    13.512 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur secara manual sehingga lebih hemat tenaga dan waktu. Jenis mesinnya pun beragam, mulai dari pompa air untuk sumur dangkal, sumur bor, bahkan untuk irigasi.Anda bisa menemukan banyak merk mesin pompa air yang bagus di pasaran. Mesin pompa air Shimizu, Sanyo, dan Honda adalah beberapa merk yang jadi favorit banyak orang. Simak artikel kami kali ini sebab ada tips dan rekomendasi produk mesin pompa air terbaik khusus untuk Anda!
    Kebutuhan rumah
    2.164 Views
  • 10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengharum ruangan sangat dibutuhkan untuk membuat ruangan yang apak dan berbau tidak sedap menjadi lebih segar. Salah satu merek pengharum ruangan yang sangat terkenal adalah Stella. Stella bahkan memiliki produk pengharum mobil, pengharum lemari, dan pengharum kamar mandi. Jadi, tidak ada alasan untuk Anda tidak mencoba Stella pengharum ruangan. Terlebih lagi, Stella memiliki banyak varian, mulai dari pengharum ruangan otomatis, gantung, spray, hingga pengharum ruangan kopi. Di artikel ini kami akan membahas berbagai varian produk Stella. Bacalah sampai akhir dan temukan Stella pengharum ruangan favorit Anda!
    Kebutuhan rumah
    3.841 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Penutup Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Penutup Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang sering memakai masker penutup mata saat tidur tentunya ingin merasakan tidur yang lebih nyenyak. Saat ini sudah banyak tipe masker penutup mata yang dijual di pasaran. Ada yang memiliki penutup mata dengan gel pendingin dan ada juga yang mampu membantu meredam cahaya. Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi produk masker penutup mata untuk tidur dari berbagai merk, seperti Kao, Kalibre, hingga Xiaomi. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi Anda untuk menemukan masker penutup mata yang bagus. Yuk, simak langsung cara memilihnya di bawah ini!
    Kebutuhan rumah
    17.684 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori