• 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda dioperasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.


Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 28 Juli 2020
  • 379 Views
Daftar isi

Kenali berbagai jenis bekas luka pada kulit

Ada berbagai jenis luka pada kulit, dari yang ringan sampai yang sulit untuk diatasi. Penampakan bekas luka sering kali membuat Anda tidak percaya diri, apalagi jika terletak di area yang mudah terlihat.


Sebelum Anda membeli salep untuk menghilangkan bekas luka, kenali terlebih dahulu jenis bekas luka pada kulit. Bekas luka paling ringan adalah koreng. Koreng memang wajar terjadi dan menandakan bahwa proses penyembuhan luka berjalan lancar.


Sebenarnya, Anda tidak perlu menggunakan obat apa pun karena koreng dapat hilang dengan sendirinya. Namun, koreng sering kali terasa gatal. Hindari mengelupas koreng karena dapat kembali menimbulkan luka.


Anda juga dapat menemukan bekas luka berupa bintik hitam. Model bekas luka yang satu ini biasanya terjadi akibat jerawat. Bekas jerawat yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan flek hitam. Selain flek hitam, jerawat juga bisa menyebabkan bolong pada kulit atau biasa disebut atrofi.


Bekas luka selanjutnya adalah yang paling banyak dikenal yaitu keloid. Keloid merupakan jaringan yang terus tumbuh hingga melebihi area bekas luka. Ada juga bekas luka yang menyerupai keloid yaitu hipertrofik. Bedanya, pada hipertrofik, jaringan hanya tumbuh pada area bekas luka saja.


Bekas luka lainnya yang cukup membandel adalah kontraktur. Bekas luka ini memiliki bentuk yang tidak rata. Kulit pada area luka tampak seperti tertarik. Biasanya kontraktur terjadi akibat luka bakar.


Beberapa jenis bekas luka memang dapat disamarkan dengan penggunaan salep. Namun, jenis luka seperti atrofi membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Cara memilih salep penghilang bekas luka

Anda dapat menemukan berbagai produk salep yang bisa menghilangkan bekas luka. Hal ini terkadang membuat Anda kebingungan dalam memilih produknya. Agar Anda dapat menemukan produk paling pas, simaklah tips dari kami berikut ini.

Berbagai bahan aktif yang dapat menghilangkan bekas luka

Setiap salep penghilang bekas luka memiliki bahan aktif tertentu. Berikutnya, kami akan memperkenalkan beberapa bahan aktif yang terdapat dalam produk penghilang bekas luka, serta manfaatnya. Tentu penjelasan kami ini tidak menutup kemungkinan adanya bahan-bahan aktif lain yang dapat membantu menghilangkan bekas luka.

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone : mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone : mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Viramin C dan arbutin adalah kandungan bahan yang sering kali Anda temukan pada produk kecantikan. Kandungan vitamin C dan arbutin dapat membantu mencerahkan warna kulit, terutama pada flek hitam. Keduanya bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin pada kulit.


Bahan lainnya yang dapat mencerahkan bekas luka adalah hydroquinone. Namun, penggunaannya sebaiknya berdasarkan resep dokter. Pemakaian yang salah dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Glycolic acid dan salicylic acid : mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid : mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid merupakan bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya bahan-bahan ini akan Anda temui pada produk untuk mengatasi jerawat. Pengangkatan sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih cepat mengalami regenerasi. Regenerasi kulit dapat membantu penyembuhan bekas luka, terutama jika Anda memiliki bekas jerawat.

Cyclopentasiloxane : menjaga kelembapan kulit dan mencegah terbentuknya keloid

Munculnya keloid, hipertrofik, dan kontraktur disebabkan oleh produksi collagen yang terjadi secara terus-menerus. Alhasil, terbentuk jaringan baru pada area luka. Collagen terus diproduksi akibat hilangnya kandungan air pada bekas luka.


Cyclopentasiloxane merupakan gel silikon yang menjaga kelembapan di area bekas luka. Adanya kelembapan yang cukup akan membuat kulit tidak memproduksi collagen secara berlebihan. Jadi, munculnya jaringan baru dapat dihindari. Jaringan tersebut pun dapat dipudarkan atau dihilangkan.

Bagi kulit sensitif, pilih produk untuk bayi atau anak-anak

Bagi kulit sensitif, pilih produk untuk bayi atau anak-anak

Tidak semua salep penghilang bekas luka aman untuk pemilik kulit sensitif. Bahan tambahan, seperti parfum atau pengawet, dapat membuat kulit sensitif mengalami iritasi.


Agar lebih aman, Anda dapat memilih produk yang dirancang untuk bayi atau anak-anak. Salep penghilang luka untuk anak-anak biasanya lebih ramah di kulit karena kulit anak-anak masih sensitif terhadap beberapa bahan kimia.


Jika Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih produknya. Hal ini bisa mencegah terjadinya iritasi pada area bekas luka.

Pakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Pakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Efek salep terhadap bekas luka memang berbeda untuk setiap orang. Tentu saja tidak ada efek yang instan dari penggunaan salep untuk menghilangkan bekas luka. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakanlah salep secara berkala sesuai dengan anjuran yang diberikan.


Jika bekas luka Anda tidak kunjung hilang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Mungkin saja ada cara lain yang lebih ampuh dan aman untuk mendapatkan kulit mulus selain menggunakan salep.

10 Rekomendasi salep penghilang bekas luka terbaik

Setelah Anda mengetahui tips memilh salep penghilang bekas luka, kami akan lanjutkan dengan memberi rekomendasi produk terbaiknya. Berbagai produk untuk menghilangkan bekas luka ada dalam rekomendasi berikut ini. Bacalah penjelasan kami untuk mengetahui kelebihan setiap produk.

10

Hauline Pertama SuksesMeilibahenling Nutritive Cream

Rp 15.000,00

Bahan aktifSnake oil, glycerine, aloe picked oil
Isi40 ml
9
Bahan aktifHydroquinone 2%
Isi15 gram
8
Bahan aktifCentella asiatica, vitamin E
Isi10 gram
7
Bahan aktifCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCA
Isi30 gram
6
Bahan aktifAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acid
Isi12 gram
5
Bahan aktifHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extract
Isi30 gram
4
Bahan aktifAloe vera, vitamin E, vitamin C, jojoba oil
Isi8 ml
3
Bahan aktifTomato extract 2%, avocado oil
Isi15 gram, 30 gram
2
Bahan aktifCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C ester
Isi5 gram, 9 gram, 15 gram
1

HRA PharmaMederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Rp 345.400,00

Bahan aktifTripeptol
Isi28 gram, 48 gram

Tabel perbandingan produk salep penghilang bekas luka terbaik

Gambar produk
1
HRA Pharma Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream 1

HRA Pharma

2
Menarini Asia Pacific Dermatix Ultra 1

Menarini Asia Pacific

3
Meprofram Sodermix Cream 1

Meprofram

4
Interbat Laderma Scar Repair Cream 1

Interbat

5
BREYLEE Acne Scar Removal Cream 1

BREYLEE

6
Rohto Mentholatum  Anti-Pimple Mark 1

Rohto Mentholatum

7
COSRX Centella Blemish Cream 1

COSRX

8
Landson Lanakeloid-E Cream 1

Landson

9
Surya Dermato Medica Melanox Cream 1

Surya Dermato Medica

10
Hauline Pertama Sukses Meilibahenling Nutritive Cream 1

Hauline Pertama Sukses

Nama produk

Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Dermatix Ultra

Sodermix Cream

Laderma Scar Repair Cream

Acne Scar Removal Cream

Anti-Pimple Mark

Centella Blemish Cream

Lanakeloid-E Cream

Melanox Cream

Meilibahenling Nutritive Cream

KeunggulanLihat perbedaannya dalam em...Bekas luka ringan sampai me...Ekstrak bahan alaminya mera...Redakan iritasi dan gatal p...Memberantas tuntas bekas lu...Atasi bekas jerawat dan men...Formulanya yang ramah mampu...Cegah pembentukan keloid da...Rahasia wajah mulus bebas b...Bahan khas negeri tirai bam...
HargaRp 345.400,00Rp 114.950,00Rp 72.000,00Rp 71.779,00Rp 75.000,00Rp 97.000,00Rp 213.750,00Rp 110.000,00Rp 39.900,00Rp 15.000,00
Bahan aktifTripeptolCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C esterTomato extract 2%, avocado oilAloe vera, vitamin E, vitamin C, jojoba oilHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extractAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acidCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCACentella asiatica, vitamin EHydroquinone 2%Snake oil, glycerine, aloe picked oil
Isi28 gram, 48 gram5 gram, 9 gram, 15 gram15 gram, 30 gram8 ml30 gram12 gram30 gram10 gram15 gram40 ml
Tautan produk

Baca juga produk penghilang bekas jerawat di sini

Salah satu bekas luka yang sangat mengganggu adalah bekas jerawat. Jika Anda membutuhkan produk untuk menghilangkan bekas jerawat, kami juga memiliki artikelnya. Klik saja tautan di bawah ini untuk mengetahui tips cara memilihnya, serta rekomendasi produk terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kesimpulan

Tampilan bekas luka yang mengalami hiperpigmentasi dan penebalan jaringan tentu sangat mengganggu. Salah satu cara untuk mengurangi adalah dengan menggunakan salep. Bahan aktif dari salep dapat mengatasi bekas luka yang Anda miliki. Namun, ingatlah untuk tetap memilih bahan kandungan yang sesuai permasalahan Anda.


Sekian dulu pembahasan kami mengenai salep penghilang bekas luka. Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda dalam memilih produknya. Selamat mendapatkan kulit mulus tanpa bekas luka yang mengganggu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    407.939 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    254.170 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    318.004 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    325.159 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    281.760 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek-flek hitam pada kulit wajah Anda. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Oleh karenanya, Anda disarankan menggunakan suncreen setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Namun, mahalnya harga suncreen sering kali membuat orang memilih mengesampingkannya.Untuk itu, kali ini kami akan membahas suncreen terbaik dengan harga terjangkau. Beberapa produk, seperti keluaran Skin Aqua, Nivea, dan Parasol dapat Anda temukan pada poin rekomendasi produk di bawah ini. Kalau begitu, langsung saja kita simak tips cara memilih suncreen dengan harga terjangkau.
    Kosmetik & kesehatan
    110.863 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, pengecekan gula darah secara berkala menjadi sangat penting. Alat cek gula darah atau biasa disebut blood glucose meter kini sudah banyak beredar di pasaran, seperti ACCU-Chek, Abbott, OneTouch, dan berbagai merek lainnya. Bila Anda harus mengukur gula darah secara berkala, tentu alat cek yang tidak sakit saat digunakan akan sangat menolong.Karena itu, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih alat cek gula darah sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    39.371 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori