• 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)

Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.


Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Kenali berbagai jenis bekas luka pada kulit

Ada berbagai jenis luka pada kulit, dari yang ringan sampai yang sulit untuk diatasi. Penampakan bekas luka sering kali membuat Anda tidak percaya diri, apalagi jika terletak di area yang mudah terlihat.


Sebelum Anda membeli salep untuk menghilangkan bekas luka, kenali terlebih dahulu jenis bekas luka pada kulit. Bekas luka paling ringan adalah koreng. Koreng memang wajar terjadi dan menandakan bahwa proses penyembuhan luka berjalan lancar.


Sebenarnya, Anda tidak perlu menggunakan obat apa pun karena koreng dapat hilang dengan sendirinya. Namun, koreng sering kali terasa gatal. Hindari mengelupas koreng karena dapat kembali menimbulkan luka.


Anda juga dapat menemukan bekas luka berupa bintik hitam. Model bekas luka yang satu ini biasanya terjadi akibat jerawat. Bekas jerawat yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan flek hitam. Selain flek hitam, jerawat juga bisa menyebabkan bolong pada kulit atau biasa disebut atrofi.


Bekas luka selanjutnya adalah yang paling banyak dikenal yaitu keloid. Keloid merupakan jaringan yang terus tumbuh hingga melebihi area bekas luka. Ada juga bekas luka yang menyerupai keloid yaitu hipertrofik. Bedanya, pada hipertrofik, jaringan hanya tumbuh pada area bekas luka saja.


Bekas luka lainnya yang cukup membandel adalah kontraktur. Bekas luka ini memiliki bentuk yang tidak rata. Kulit pada area luka tampak seperti tertarik. Biasanya kontraktur terjadi akibat luka bakar.


Beberapa jenis bekas luka memang dapat disamarkan dengan penggunaan salep. Namun, jenis luka seperti atrofi membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Cara memilih salep penghilang bekas luka

Anda dapat menemukan berbagai produk salep yang bisa menghilangkan bekas luka. Hal ini terkadang membuat Anda kebingungan dalam memilih produknya. Agar Anda dapat menemukan produk paling pas, simaklah tips dari kami berikut ini.

Berbagai bahan aktif yang dapat menghilangkan bekas luka

Setiap salep penghilang bekas luka memiliki bahan aktif tertentu. Berikutnya, kami akan memperkenalkan beberapa bahan aktif yang terdapat dalam produk penghilang bekas luka, serta manfaatnya. Tentu penjelasan kami ini tidak menutup kemungkinan adanya bahan-bahan aktif lain yang dapat membantu menghilangkan bekas luka.

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone : mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone : mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Viramin C dan arbutin adalah kandungan bahan yang sering kali Anda temukan pada produk kecantikan. Kandungan vitamin C dan arbutin dapat membantu mencerahkan warna kulit, terutama pada flek hitam. Keduanya bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin pada kulit.


Bahan lainnya yang dapat mencerahkan bekas luka adalah hydroquinone. Namun, penggunaannya sebaiknya berdasarkan resep dokter. Pemakaian yang salah dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Glycolic acid dan salicylic acid : mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid : mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid merupakan bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya bahan-bahan ini akan Anda temui pada produk untuk mengatasi jerawat. Pengangkatan sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih cepat mengalami regenerasi. Regenerasi kulit dapat membantu penyembuhan bekas luka, terutama jika Anda memiliki bekas jerawat.

Cyclopentasiloxane : menjaga kelembapan kulit dan mencegah terbentuknya keloid

Munculnya keloid, hipertrofik, dan kontraktur disebabkan oleh produksi collagen yang terjadi secara terus-menerus. Alhasil, terbentuk jaringan baru pada area luka. Collagen terus diproduksi akibat hilangnya kandungan air pada bekas luka.


Cyclopentasiloxane merupakan gel silikon yang menjaga kelembapan di area bekas luka. Adanya kelembapan yang cukup akan membuat kulit tidak memproduksi collagen secara berlebihan. Jadi, munculnya jaringan baru dapat dihindari. Jaringan tersebut pun dapat dipudarkan atau dihilangkan.

Bagi kulit sensitif, pilih produk untuk bayi atau anak-anak

Bagi kulit sensitif, pilih produk untuk bayi atau anak-anak

Tidak semua salep penghilang bekas luka aman untuk pemilik kulit sensitif. Bahan tambahan, seperti parfum atau pengawet, dapat membuat kulit sensitif mengalami iritasi.


Agar lebih aman, Anda dapat memilih produk yang dirancang untuk bayi atau anak-anak. Salep penghilang luka untuk anak-anak biasanya lebih ramah di kulit karena kulit anak-anak masih sensitif terhadap beberapa bahan kimia.


Jika Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih produknya. Hal ini bisa mencegah terjadinya iritasi pada area bekas luka.

Pakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Pakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Efek salep terhadap bekas luka memang berbeda untuk setiap orang. Tentu saja tidak ada efek yang instan dari penggunaan salep untuk menghilangkan bekas luka. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakanlah salep secara berkala sesuai dengan anjuran yang diberikan.


Jika bekas luka Anda tidak kunjung hilang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Mungkin saja ada cara lain yang lebih ampuh dan aman untuk mendapatkan kulit mulus selain menggunakan salep.

10 Rekomendasi salep penghilang bekas luka

Setelah Anda mengetahui tips memilh salep penghilang bekas luka, kami akan lanjutkan dengan memberikan produk rekomendasinya. Bacalah penjelasan kami untuk mengetahui kelebihan setiap produk.

Hauline Pertama SuksesMeilibahenling Nutritive Cream

Mulai dari Rp 15.000,00

Bahan aktifSnake oil, glycerine, aloe picked oil
Isi40 ml
Bahan aktifHydroquinone 2%
Isi15 gram
Bahan aktifCentella asiatica, vitamin E
Isi10 gram

COSRXCentella Blemish Cream

CXPRM0801

Mulai dari Rp 213.750,00

Bahan aktifCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCA
Isi30 gram
Bahan aktifAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acid
Isi12 gram
Bahan aktifHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extract
Isi30 gram
Bahan aktifAloe vera, vitamin E, vitamin C, jojoba oil
Isi8 ml
Bahan aktifTomato extract 2%, avocado oil
Isi15 gram, 30 gram
Bahan aktifCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C ester
Isi5 gram, 9 gram, 15 gram

HRA PharmaMederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Mulai dari Rp 345.400,00

Bahan aktifTripeptol
Isi28 gram, 48 gram

Tabel perbandingan produk salep penghilang bekas luka

Gambar produk
HRA Pharma Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream 1

HRA Pharma

Menarini Asia Pacific Dermatix Ultra 1

Menarini Asia Pacific

Meprofram Sodermix Cream 1

Meprofram

Interbat Laderma Scar Repair Cream 1

Interbat

BREYLEE Acne Scar Removal Cream 1

BREYLEE

Rohto Mentholatum  Anti-Pimple Mark 1

Rohto Mentholatum

COSRX Centella Blemish Cream 1

COSRX

Landson Lanakeloid-E Cream 1

Landson

Surya Dermato Medica Melanox Cream 1

Surya Dermato Medica

Hauline Pertama Sukses Meilibahenling Nutritive Cream 1

Hauline Pertama Sukses

Nama produk

Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Dermatix Ultra

Sodermix Cream

Laderma Scar Repair Cream

Acne Scar Removal Cream

Anti-Pimple Mark

Centella Blemish Cream

Lanakeloid-E Cream

Melanox Cream

Meilibahenling Nutritive Cream

Keunggulan

Lihat perbedaannya dalam empat belas hari penggunaan

Bekas luka ringan sampai membandel dapat diatasi

Ekstrak bahan alaminya merawat kulit dengan maksimal

Redakan iritasi dan gatal pada bekas luka

Memberantas tuntas bekas luka yang lama dan yang baru

Atasi bekas jerawat dan mencegahnya datang kembali

Formulanya yang ramah mampu merawat kulit setelah breakouts

Cegah pembentukan keloid dari sekarang

Rahasia wajah mulus bebas bintik hitam

Bahan khas negeri tirai bambu untuk kulit halus

Harga mulai dariRp 345.400,00Rp 114.950,00Rp 72.000,00Rp 71.779,00Rp 75.000,00Rp 97.000,00Rp 213.750,00Rp 110.000,00Rp 39.900,00Rp 15.000,00
Bahan aktifTripeptolCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C esterTomato extract 2%, avocado oilAloe vera, vitamin E, vitamin C, jojoba oilHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extractAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acidCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCACentella asiatica, vitamin EHydroquinone 2%Snake oil, glycerine, aloe picked oil
Isi28 gram, 48 gram5 gram, 9 gram, 15 gram15 gram, 30 gram8 ml30 gram12 gram30 gram10 gram15 gram40 ml
Tautan produk

Baca juga produk penghilang bekas jerawat di sini

Salah satu bekas luka yang sangat mengganggu adalah bekas jerawat. Jika Anda membutuhkan produk untuk menghilangkan bekas jerawat, kami juga memiliki artikelnya. Klik saja tautan di bawah ini untuk mengetahui tips cara memilihnya, serta rekomendasi produk terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kesimpulan

Tampilan bekas luka yang mengalami hiperpigmentasi dan penebalan jaringan tentu sangat mengganggu. Salah satu cara untuk mengurangi adalah dengan menggunakan salep. Bahan aktif dari salep dapat mengatasi bekas luka yang Anda miliki. Namun, ingatlah untuk tetap memilih bahan kandungan yang sesuai permasalahan Anda.


Sekian dulu pembahasan kami mengenai salep penghilang bekas luka. Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda dalam memilih produknya. Selamat mendapatkan kulit mulus tanpa bekas luka yang mengganggu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merk, seperti Insto, Rohto, dan Cendo Lyteers akan kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merk obat maag, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi seperti obat maag cair dan obat maag tablet.Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori