• 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)

Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Selain bekas luka bakar dan luka yang menghitam, proses operasi biasanya juga meninggalkan bekas luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.


Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep yang bagus lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti merek Dermatix, Hiruscar, dan Mederma ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Kenali berbagai jenis bekas luka pada kulit

Kenali berbagai jenis bekas luka pada kulit

Ada berbagai jenis luka pada kulit, dari yang ringan sampai yang sulit untuk diatasi. Penampakan bekas luka sering kali membuat Anda tidak percaya diri, apalagi jika terletak di area yang mudah terlihat. Sebelum membeli salep untuk menghilangkan bekas luka, kenali terlebih dahulu jenis bekas luka pada kulit. 


  • Koreng

Bekas luka paling ringan adalah koreng. Koreng wajar terjadi dan menandakan bahwa proses penyembuhan luka berjalan lancar. Sebenarnya, Anda tidak perlu menggunakan obat apa pun karena koreng dapat hilang dengan sendirinya. Namun, koreng sering terasa gatal. Hindari mengelupas koreng karena dapat kembali menimbulkan luka.


  • Bintik hitam

Anda juga dapat menemukan bekas luka berupa bintik hitam. Model bekas luka yang satu ini biasanya terjadi akibat jerawat. Bekas jerawat yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan flek hitam. Selain flek hitam, jerawat juga bisa menyebabkan bolong pada kulit atau biasa disebut atrofi.


  • Keloid

Bekas luka selanjutnya adalah yang paling banyak dikenal yaitu keloid. Keloid merupakan jaringan yang terus tumbuh hingga melebihi area bekas luka. Ada juga bekas luka yang menyerupai keloid yaitu hipertrofik. Bedanya, pada hipertrofik, jaringan hanya tumbuh pada area bekas luka saja.


  • Kontraktur

Bekas luka lainnya yang cukup membandel adalah kontraktur. Bekas luka ini memiliki bentuk yang tidak rata. Kulit pada area luka tampak seperti tertarik. Biasanya kontraktur terjadi akibat luka bakar.


Beberapa jenis bekas luka memang dapat disamarkan dengan penggunaan salep. Namun, jenis luka seperti atrofi membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Cara memilih salep penghilang bekas luka

Anda dapat menemukan berbagai produk salep yang bisa menghilangkan bekas luka. Hal ini terkadang membuat Anda kebingungan dalam memilih produknya. Agar Anda dapat menemukan produk paling pas, simaklah tips dari kami berikut ini.

Ketahui berbagai bahan aktif yang dapat menghilangkan bekas luka

Setiap salep penghilang bekas luka memiliki bahan aktif tertentu. Berikutnya, kami akan memperkenalkan beberapa bahan aktif yang terdapat dalam produk penghilang bekas luka beserta manfaatnya. Tentu penjelasan kami ini tidak menutup kemungkinan adanya bahan-bahan aktif lain yang dapat membantu menghilangkan bekas luka.

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone: Mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Vitamin C, arbutin, dan hydroquinone: Mencerahkan warna kulit yang memiliki bekas luka

Vitamin C dan arbutin adalah kandungan bahan yang sering ditemukan pada produk kecantikan. Kandungan vitamin C dan arbutin dapat membantu mencerahkan warna kulit, terutama pada flek hitam. Keduanya bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin pada kulit.


Bahan lainnya yang dapat mencerahkan bekas luka adalah hydroquinone. Namun, kami tidak akan merekomendasikan produk yang mengandung hydroquinone sebab penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Salep tersebut termasuk obat keras sehingga pemakaian yang keliru dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Glycolic acid dan salicylic acid: Mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid: Mengangkat sel-sel kulit mati

Glycolic acid dan salicylic acid merupakan bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya bahan-bahan ini akan Anda temui pada produk untuk mengatasi jerawat. Pengangkatan sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih cepat mengalami regenerasi. Regenerasi kulit dapat membantu penyembuhan bekas luka, terutama jika Anda memiliki bekas jerawat.

Cyclopentasiloxane: Menjaga kelembapan kulit dan mencegah terbentuknya keloid

Munculnya keloid, hipertrofik, dan kontraktur disebabkan oleh produksi kolagen yang terjadi secara terus-menerus. Alhasil, terbentuk jaringan baru pada area luka. Kolagen terus diproduksi akibat hilangnya kandungan air pada bekas luka.


Cyclopentasiloxane merupakan gel silikon yang menjaga kelembapan di area bekas luka. Adanya kelembapan yang cukup akan membuat kulit tidak memproduksi kolagen secara berlebihan. Jadi, munculnya jaringan baru dapat dihindari. Jaringan tersebut pun dapat dipudarkan atau dihilangkan.

Allantoin: Dipercaya dapat merawat luka ringan

Allantoin: Dipercaya dapat merawat luka ringan

Berdasarkan hasil uji coba di laboratorium, allantoin dipercaya dapat merawat luka ringan. Hal ini karena fungsinya yang dapat mengelupas kulit mati dan merangsang produksi kolagen.


Berkat fungsi tersebut, kandungan ini juga sering ditemukan dalam produk salep penghilang bekas luka. Pakar dermatologi dari Amerika Serikat, Claire Chang, menyebut allantoin juga cocok untuk pemilik kulit yang mengalami iritasi.

Cari yang bebas bahan penyebab iritasi bila kulit Anda sensitif

Cari yang bebas bahan penyebab iritasi bila kulit Anda sensitif

Tidak semua salep penghilang bekas luka aman untuk pemilik kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif bisa mengalami reaksi buruk jika menggunakan produk yang tidak tepat. Reaksi buruk tersebut di antaranya adalah kulit gatal, kering, ruam, pecah-pecah, mengelupas, hingga timbulnya sensasi kulit terbakar. 


Untuk itu, pastikan Anda memilih produk yang sesuai. Pasalnya, alih-alih menyembuhkan bekas luka, produk yang Anda gunakan justru bisa menimbulkan masalah kulit baru. Berikut ini beberapa kandungan pada produk yang harus dihindari jika Anda memiliki kulit sensitif.


  • Alkohol 

Kandungan alkohol dapat menghilangkan kelembapan pada kulit. Hal ini akan membuat kulit sensitif Anda menjadi superkering. Pilihlah produk dengan label alcohol free atau jenis alkohol denat (alkohol yang aman untuk wajah).


  • Parfum

Parfum memang memberi efek harum atau wangi pada produk. Namun, parfum ternyata merupakan salah satu bahan yang memicu iritasi, terutama pada kulit sensitif. Anda bisa memilih produk berlabel allergen-free fragrance.


  • Propylene glycol 

Bahan kimia yang satu ini juga harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif karena memicu iritasi dan alergi. Pada kulit sensitif, propylene glycol berisiko merusak membran sel dan menghambat regenerasi sel kulit sehat. Kandungan ini juga dapat memicu ruam dan menimbulkan gejala dermatitis kontak lainnya.


  • Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide adalah kandungan yang biasa ditemukan dalam salep penghilang bekas jerawat. Kandungan ini harus dihindari jika Anda memiliki kulit sensitif. Hal ini karena konsentrasinya yang cukup keras sehingga bisa merusak skin barrier.

Pastikan memakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Pastikan memakai secara berkala untuk mendapat hasil maksimal

Efek salep terhadap bekas luka memang berbeda untuk setiap orang. Tentu saja tidak ada efek yang instan dari penggunaan salep untuk menghilangkan bekas luka. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakanlah salep secara berkala sesuai dengan anjuran yang diberikan.


Jika bekas luka Anda tidak kunjung hilang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Mungkin saja ada cara lain yang lebih ampuh dan aman untuk mendapatkan kulit mulus selain menggunakan salep.

10 Rekomendasi salep penghilang bekas luka

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk salep penghilang bekas luka yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.

Gambar produk
Menarini Asia Pacific Dermatix Ultra 1

Menarini Asia Pacific

Lucas' Papaw Ointment 1

Lucas' Papaw

BREYLEE Acne Scar Removal Cream 1

BREYLEE

Landson Lanakeloid-E Cream 1

Landson

HRA Pharma Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream 1

HRA Pharma

OXY Anti-Pimple Mark 1

OXY

Hauline Pertama Sukses Meilibahenling Nutritive Cream 1

Hauline Pertama Sukses

Meprofram Sodermix Cream 1

Meprofram

COSRX Centella Blemish Cream 1

COSRX

Hiruscar  Kids 1

Hiruscar

Nama produk

Dermatix Ultra

Ointment

Acne Scar Removal Cream

Lanakeloid-E Cream

Mederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Anti-Pimple Mark

Meilibahenling Nutritive Cream

Sodermix Cream

Centella Blemish Cream

Kids

Keunggulan

Bekas luka ringan sampai membandel dapat diatasi

Redakan iritasi dan gatal pada bekas luka

Memberantas tuntas bekas luka yang lama dan yang baru

Produk yang membantu mencegah pembentukan keloid pascaoperasi

Lihat perbedaannya dalam empat belas hari penggunaan

Kandungan allantoin atasi bekas jerawat dan mencegahnya datang kembali

Bahan khas negara Tirai Bambu untuk kulit halus

Ekstrak bahan alaminya merawat kulit dengan maksimal

Formulanya yang ramah mampu merawat kulit setelah breakouts

Salep penghilang bekas luka untuk anak

Harga mulai dariRp 121.000,00Rp 63.000,00Rp 59.000,00Rp 155.000,00Rp 430.000,00Rp 59.000,00Rp 13.000,00Rp 64.000,00Rp 290.000,00Rp 125.000,00
Bahan aktifCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C esterCarica papaya, petroleum jellyHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extractCentella asiatica, vitamin ETripeptolAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acidSnake oil, snake guts, glycerine, aloe picked oilTomato extract 2%, avocado oilCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCAAllantoin, mucopolysaccharide polysulphate, oat extract, Allium cepa, Aloe vera
Isi5 gram, 9 gram, 15 gram15 gram, 25 gram, 75 gram, 200 gram30 gram10 gram28 gram, 48 gram18 gram40 ml15 gram, 30 gram30 gram10 gram
Tautan produk

HRA PharmaMederma® PM Intensive Overnight Scar Cream

Mulai dari Rp 430.000,00

Bahan aktifTripeptol
Isi28 gram, 48 gram
Bahan aktifCentella asiatica, vitamin E
Isi10 gram
Bahan aktifAllantoin, mucopolysaccharide polysulphate, oat extract, Allium cepa, Aloe vera
Isi10 gram
Bahan aktifHyaluronic acid, nicotiname/niacinamide, arbutin, epidermal growth factor, Portulaca oleracea extract, allantoin, Centella asiatica extract
Isi30 gram
Bahan aktifTomato extract 2%, avocado oil
Isi15 gram, 30 gram

COSRXCentella Blemish Cream

CXPRM0801

Mulai dari Rp 290.000,00

Bahan aktifCentella asiatica leaf water, Centella asiatica extract (medical grade), zinc oxide, zinc PCA
Isi30 gram
Bahan aktifAscorbyl glucoside, arbutin, allantoin, isopropyl methylpehnol, salicylic acid
Isi18 gram

Hauline Pertama SuksesMeilibahenling Nutritive Cream

Mulai dari Rp 13.000,00

Bahan aktifSnake oil, snake guts, glycerine, aloe picked oil
Isi40 ml
Bahan aktifCarica papaya, petroleum jelly
Isi15 gram, 25 gram, 75 gram, 200 gram
Bahan aktifCyclopentasiloxane (CPX), vitamin C ester
Isi5 gram, 9 gram, 15 gram

Baca juga rekomendasi salep lainnya di sini

Jika Anda membutuhkan rekomendasi produk salep lainnya, kami memiliki artikel yang tidak kalah menarik untuk dibaca. Klik saja tautan di bawah ini untuk mengetahui tips memilih serta rekomendasi produk salep terbaik pilihan kami.

Kesimpulan

Tampilan bekas luka yang mengalami hiperpigmentasi dan penebalan jaringan tentu sangat mengganggu. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan menggunakan salep. Bahan aktif dari salep dapat mengatasi bekas luka yang Anda miliki. Namun, ingatlah untuk tetap memilih bahan kandungan yang sesuai permasalahan Anda.


Sekian dulu pembahasan kami mengenai salep penghilang bekas luka. Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda dalam memilih produk. Selamat mendapatkan kulit mulus tanpa bekas luka yang mengganggu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai Panadol, Bodrex, Procold, dan produk dari merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek yang bagus, seperti Hufagripp dan Bodrexin. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu pasti membuat Anda kurang percaya diri. Ditambah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah atau leher. Stigma orang yang tidak memedulikan kebersihan bisa melekat pada Anda. Anda perlu obat panu yang bagus agar cepat sembuh dari panu.Kami akan membahas cara memilih dan review obat panu paling ampuh untuk menghilangkan panu. Merek obat panu terbaik yang dijamin membuat panu cepat hilang, yakni Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Hal ini ditandai buang air besar (BAB) tidak lancar atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali seminggu. Sembelit tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Anda bisa menemukan beberapa merek obat sembelit, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, Anda harus memilih obat yang bagus dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, kami akan mengulas rekomendasi obat sembelit beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Simak ulasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori