• 10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Contour Kit Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)

Contouring merupakan teknik dalam berias agar wajah terlihat lebih berdimensi. Anda dapat membuat ilusi wajah terlihat lebih tirus atau hidung lebih mancung dengan teknik contouring. Salah satu produk yang bisa digunakan adalah contour kit karena berisi contourer sekaligus highlighter.


Sekarang kami akan menjelaskan tips memilih contour kit terbaik. Kami juga membagikan rekomendasi produk dari merek-merek makeup yang best seller, seperti Focallure, O.TWO.O, dan L.A. Girl. Brand lokal Martha Tilaar dan Mineral Botanica juga mengeluarkan contour kit yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Cut Auzola Azalia
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty blogger, Cut Auzola

Profil pakar: Beauty blogger, Cut Auzola
Cut Auzola Azalia
Beauty blogger & doll enthusiast
Cut Auzola Azalia

Auzola merupakan seorang blogger yang berfokus pada niche beauty trend sejak 2014. Selain menulis blog pribadi, Auzola juga sempat menjadi freelance beauty writer di Kawaii Beauty Japan (C Channel). Auzola pernah menjadi guest speaker di beberapa acara. Acara seperti MNC Living Ideas dan Binus TV yang bertema beauty pernah ia jumpai.


Pada 2016, Auzola juga diliput sebagai Top 10 Beauty Influencer oleh artikel The Jakarta Post. Selain menyukai makeup dan skincare, Auzola juga memiliki hobi mengoleksi boneka. Koleksi boneka utamanya yaitu Barbie dan Disney yang sering di-share olehnya di Instagram.

Apa itu contour kit?

Apa itu contour kit?

Teknik contouring merupakan istilah dalam tata rias untuk menciptakan bayangan yang mendefinisikan struktur wajah. Anda bisa membuat ilusi di area wajah dengan permainan warna gelap dan terang. Dengan teknik contouring yang tepat, Anda akan menghasilkan tampilan pipi yang lebih tirus atau hidung lebih mancung,


Produk kosmetik dalam teknik contouring yang berwarna gelap dan menyembunyikan fitur wajah tertentu disebut contour. Sebaliknya, produk kosmetik yang digunakan untuk menonjolkan fitur wajah dengan warna terang disebut highlighter. Kini produsen kosmetik memadukan contour dan highlighter dalam satu produk yang disebut contour kit


Pemakaian contour kit akan memudahkan Anda dalam mempraktikkan teknik contouring karena produk yang diperlukan tersedia dalam satu kemasan. Bahkan, ada pula contour kit yang menyertakan blusher dan eyeshadow sehingga makin praktis. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih contour kit

Produk contour kit yang tepat akan membuat wajah Anda terlihat lebih berdimensi dan tidak monoton. Agar tidak salah saat memilih contour kit, simak poin-poin berikut ini, yuk!

Sesuaikan warnanya dengan skintone Anda

Sesuaikan warnanya dengan skintone Anda

Agar wajah tidak terlihat kusam saat mempraktikkan teknik contouring, Anda perlu memilih contour dengan warna yang tepat. Pada dasarnya warna contour yang terbaik adalah yang satu tone dengan kulit Anda. 


Jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan warna foundation sebagai patokan. Pilih warna contour yang lebih gelap, tetapi masih satu tone dengan foundation Anda. Dengan begitu, hasilnya akan lebih natural.


Cara lainnya dalam menentukan warna contour yang sesuai terbagi dalam dua langkah. Pertama, ketahuilah kategori kulit Anda, apakah fair (terang), medium, atau deep (gelap). 


Setelah mengetahui kategori warna kulit, tahap selanjutnya adalah memilih warna contour. Untuk menghasilkan contouring yang natural, pilihlah satu hingga dua tingkat warna yang lebih gelap dari kulit asli.


  • Jika kulit Anda termasuk terang dan pucat, pilihlah warna-warna dengan cool tone dan sebaiknya hindari warna oranye. 
  • Bagi pemilik kulit kuning langsat, pilihlah warna contour yang mirip dengan warna bronzer Anda. Anda juga bisa memilih warna yang keemasan karena menambah kesan hangat natural pada kulit.
  • Jika kulit Anda masuk kategori medium, cobalah contour dengan warna peach, coral, dan cokelat muda. 
  • Pemilik kulit gelap dapat memilih shade cokelat tua dengan undertone merah dan biru. 

Sebaliknya, saat memilih highlighter, pilihlah shade yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit Anda. Anda juga bisa memilih highlighter dengan tambahan shimmer atau glitter untuk hasil yang lebih glamor. 

Cek apakah isi palet contour sudah sesuai dengan kebutuhan Anda

Cek apakah isi palet contour sudah sesuai dengan kebutuhan Anda

Pada umumnya contour kit terdiri dari dua atau lebih jenis kosmetik yang biasa digunakan untuk mendefinisikan wajah. Mayoritas contour kit hadir dengan contour sekaligus highlighter dalam satu kemasan. Ada produk yang hanya menyertakan satu warna contour beserta highlighter. Namun, ada juga contour kit yang menyertakan lebih dari satu warna.


Sejumlah produk bahkan menyertakan blush on atau perona pipi di dalam contour kit. Selain itu, beredar pula contour kit dengan tambahan eyeshadow. Contour kit dengan produk tambahan tersebut tentu akan memudahkan Anda bila ingin re-touch, terutama saat bepergian. Karena itu, pilihlah contour kit yang paling sesuai dengan kebutuhan riasan Anda.

Kenali berbagai tekstur produk contour

Ada berbagai macam contour kit yang beredar di pasaran. Agar lebih mudah memilih contour kit, tentukanlah tekstur produk kosmetik yang ingin Anda gunakan. Simak ulasannya berikut ini!

Tekstur powder, mudah digunakan terutama untuk pemula

Tekstur powder, mudah digunakan terutama untuk pemula

Contour kit dengan tekstur powder atau bubuk cocok digunakan oleh pemula dalam teknik contouring. Umumnya, contour bubuk memiliki tekstur yang halus sehingga mudah disamarkan jika Anda melakukan kesalahan. Anda bisa menggunakan tipis-tipis dahulu dan tambahkan lagi apabila hasilnya masih terlihat kurang memuaskan. 


Coverage produk bertekstur powder cenderung lebih tipis dibandingkan yang bertekstur cream. Untuk hasil riasan terbaik, gunakanlah brush khusus contouring saat mengaplikasikan powder contour. Biasanya hasil yang ditampilkan contour bertekstur powder adalah matte sehingga lebih sesuai untuk tipe kulit berminyak

Tekstur cream, hasilnya lebih menyatu dengan kulit

Tekstur cream, hasilnya lebih menyatu dengan kulit

Jika Anda sudah mahir dan terbiasa melakukan teknik contouring, cobalah produk bertekstur cream. Bentuk contour seperti ini bisa dibaurkan dengan jari, spons, atau beauty blender usai penggunaan foundation. Setelah dibaurkan, produk akan terlihat lebih menyatu dengan kulit, terutama untuk riasan dengan hasil dewy.


Contour bertekstur cream cocok digunakan di kulit yang kering karena dapat melembapkan dan menghasilkan visual kilau sehat. Namun, pemilik kulit berminyak sebaiknya menghindari contour jenis ini karena dapat membuat wajah terlihat makin mengilap. 


Apabila Anda memiliki kulit berminyak, tetapi ingin menggunakan contour bertekstur cream, Anda bisa mengaplikasikan loose powder. Cara tersebut bertujuan untuk mengeset contour agar terlihat lebih matte.

Pertimbangkan bentuk kemasan contour kit

Pertimbangan kemasan juga menjadi poin penting dalam memilih contour kit. Tiap kemasan memiliki karakteristik tersendiri yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan. 

Kemasan stik, compact dan mudah diaplikasikan

Kemasan stik, compact dan mudah diaplikasikan

Belakangan ini kosmetik dalam bentuk stik kian digemari karena ergonomis dan simpel penggunaannya. Sejumlah merek juga menawarkan contour kit dalam kemasan stik sehingga tidak memenuhi pouch kosmetik Anda. Umumnya, contour kit kemasan stik terdiri dari satu produk contour dan satu highlighter di tiap-tiap sisinya


Anda bisa langsung mengaplikasikan contour atau highlighter berbentuk stik di area wajah yang diinginkan untuk menghasilkan bayangan. Selain itu, contour kit dalam kemasan stik biasanya bertekstur cream sehingga bisa dibaurkan dengan jari. 

Kemasan palet, pilihan warna dan produk lebih bervariasi

Kemasan palet, pilihan warna dan produk lebih bervariasi

Contour kit dalam kemasan palet cocok untuk Anda yang suka mengeksplorasi riasan, tetapi tidak ingin memiliki terlalu banyak produk. Palet contour kit yang ditawarkan di pasaran jenisnya sangat beragam, mulai dari dua sampai belasan warna. Berbeda dengan tipe stickcontour kit berbentuk palet biasanya berisi lebih dari dua produk sehingga ada banyak pilihan.


Anda juga bisa memilih ukuran palet sesuai yang dengan kebutuhan. Palet yang besar akan memakan banyak tempat sehingga kurang cocok dibawa bepergian. Pilihlah palet yang compact dan kecil agar lebih travel friendly. Selain itu, contour kit berbentuk palet dapat memiliki tekstur powder ataupun cream.  

10 Rekomendasi contour kit terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk contour kit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cut Auzola.

10

Barry M CosmeticsChisel Cheeks Contour Kit

Mulai dari Rp 126.200,00

TipePalet
IsiContourer, highlighter, bronzer
VarianLight/Medium, Medium/Dark
TeksturPowder
9
TipePalet
IsiContourer, highlighter, blusher
VarianSatu varian
TeksturPowder dan cream
8
TipePalet
IsiContourer, highlighter
VarianHighlight/Contour, Fair, Light, Natural, Medium, Tan, Deep, Medium Deep
TeksturCream
7
TipeStik
IsiContourer, highlighter
VarianLight, Medium
TeksturCream
6

O.TWO.OGlow Lift Light Shadow Contour Stick

Mulai dari Rp 90.000,00

TipePalet
IsiContourer, highlighter
Varian4 pilihan warna
TeksturCream
5

Mizzu CosmeticsAlter Ego Contour and Highlight Kit

Mulai dari Rp 115.500,00

TipePalet
IsiContourer, higlighter, setting powder
VarianBanana Palette, Rose Palette
TeksturPowder
4
TipePalet
IsiContourer, highlighter, luminizer
VarianSatu varian
TeksturPowder
3

Mineral BotanicaHighlight and Contour Stick

Mulai dari Rp 89.900,00

TipeStik
IsiContourer, highlighter
VarianButter Milk Mocha, Latte Caramel, Cornflake Cream Cookies
TeksturCream
2

FocallureFace Highlighter Blush Powder

Mulai dari Rp 98.000,00

TipePalet
IsiContourer, highlighter, blusher
Varian3 pilihan warna palet
TeksturPowder
1

Madame Gie Getaway Make Up Kit - Makeup Face Pallete

Mulai dari Rp 30.000,00

TipePalet
IsiContourer, highlighter, eye shadow, lipstick, blusher
Varian6 pilihan warna palet
TeksturTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk contour kit terbaik

Gambar produk
1
Madame Gie  Getaway Make Up Kit - Makeup Face Pallete 1

Madame Gie

2
Focallure Face Highlighter Blush Powder 1

Focallure

3
Mineral Botanica Highlight and Contour Stick 1

Mineral Botanica

4
Purbasari 3in1 Face Contour Kit 1

Purbasari

5
Mizzu Cosmetics Alter Ego Contour and Highlight Kit 1

Mizzu Cosmetics

6
O.TWO.O Glow Lift Light Shadow Contour Stick 1

O.TWO.O

7
La Tulipe Contour Kit 1

La Tulipe

8
L.A. Girl PRO Contour Cream 1

L.A. Girl

9
Martha Tilaar PAC Contouring KIT 12/Set 1

Martha Tilaar

10
Barry M Cosmetics Chisel Cheeks Contour Kit 1

Barry M Cosmetics

Nama produk

Getaway Make Up Kit - Makeup Face Pallete

Face Highlighter Blush Powder

Highlight and Contour Stick

3in1 Face Contour Kit

Alter Ego Contour and Highlight Kit

Glow Lift Light Shadow Contour Stick

Contour Kit

PRO Contour Cream

PAC Contouring KIT 12/Set

Chisel Cheeks Contour Kit

Keunggulan

Palet praktis untuk berbagai makeup, ramah di kantong pemula hingga remaja

Tampil lebih fresh dengan produk 3-in-1 berharga ekonomis

Formulanya sangat creamy, lebih mudah diaplikasikan dan dibaurkan

Dilengkapi oil control untuk menangkal sebum, cocok untuk kulit berminyak!

Dilengkapi setting powder untuk mengunci riasan Anda

Seoles saja sudah memberikan tampilan wajah yang lebih berdimensi

Teksturnya creamy dengan kandungan melembapkan, nyaman dipakai kulit kering

Palet basic, buat makeup harian Anda flawless natural

Brand lokal yang menawarkan 2-in-1 contour powder dan cream dalam satu palet

Formula powder yang buildable, ada tips contouring untuk pemula di kemasannya!

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 98.000,00Rp 89.900,00Rp 75.000,00Rp 115.500,00Rp 90.000,00Rp 54.900,00Rp 169.000,00Rp 348.000,00Rp 126.200,00
TipePaletPaletStikPaletPaletPaletStikPaletPaletPalet
IsiContourer, highlighter, eye shadow, lipstick, blusherContourer, highlighter, blusherContourer, highlighterContourer, highlighter, luminizerContourer, higlighter, setting powderContourer, highlighterContourer, highlighterContourer, highlighterContourer, highlighter, blusherContourer, highlighter, bronzer
Varian6 pilihan warna palet3 pilihan warna paletButter Milk Mocha, Latte Caramel, Cornflake Cream CookiesSatu varianBanana Palette, Rose Palette4 pilihan warnaLight, MediumHighlight/Contour, Fair, Light, Natural, Medium, Tan, Deep, Medium DeepSatu varianLight/Medium, Medium/Dark
TeksturTidak disebutkanPowderCreamPowderPowderCreamCreamCreamPowder dan creamPowder
Tautan produk

Tips contouring yang mudah untuk pemula

Tips contouring yang mudah untuk pemula

Contouring bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tirus serta menghasilkan tulang pipi, tulang hidung, dan rahang yang lebih berdimensi. Ada beberapa teknik khusus yang perlu dilakukan. Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu produk contour kit, kuas, beauty blender, ataupun sponge Anda. Setelahnya, Anda yang pemula dapat mengikuti step by step berikut ini. 


  1. Buatlah garis-garis contour di wajah Anda terlebih dahulu. Aplikasikan garis contour dengan kuas secara diagonal di bawah tulang pipi hingga mendekati ujung bibir. Anda juga bisa menambahkan contour di bagian kedua sisi dahi, garis rahang, dan di bagian kanan dan kiri tulang hidung. Secara garis besar, cobalah untuk membentuk pola angka 3 di dahi, tulang pipi, dan garis rahang Anda.
  2. Tambahkan pula highlighter di bagian-bagian wajah yang ingin Anda tonjolkan. Umumnya highlighter dibubuhkan di bagian tertinggi dari tulang pipi, dagu, sudut alis, dahi, dan tulang hidung bagian tengah.
  3. Setelah wajah terpetakan, mulai blending produk dengan kuas ataupun sponge. Anda dapat memulai dari dahi menuju pelipis. Baurkan produk contour di bawah tulang pipi agar wajah terlihat tegas. Baurkan juga produk di sepanjang garis rahang dan tak lupa di bagian hidung Anda. Sponge lebih cocok untuk membaurkan produk berbentuk krim, sedangkan kuas lebih cocok digunakan untuk powder.


Untuk riasan sehari-hari, Anda bisa menggunakan warna contour yang lebih terang agar hasilnya natural. Agar riasan Anda terlihat lebih glamor saat menghadiri acara spesial, gunakan contourer berwarna gelap dan highlighter yang shimmery. Yang terpenting, sesuaikan contour dengan bentuk wajah Anda agar hasilnya lebih bagus dan natural.

Baca juga rekomendasi produk kosmetik lainnya untuk mendefinisikan wajah di sini

Dalam dunia makeup, mendefinisikan fitur wajah, seperti rahang, pipi, dahi, dan hidung diperlukan agar tidak terlihat monoton. Ada sejumlah produk kosmetik selain contour kit yang dapat Anda gunakan untuk membuat wajah lebih berdimensi. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang ulasan contour kit dan produk rekomendasi kami? Apakah Anda telah menemukan produk yang paling menarik hati? 


Bagi Anda yang belum pernah mencoba teknik contouring, tidak ada salahnya mencoba dari sekarang. Anda dapat memilih contour kit dengan harga terjangkau untuk mulai belajar mendefinisikan struktur wajah. Pilihlah produk berdasarkan warna kulit, tekstur produk, dan kemasan yang dibutuhkan. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup yang flawless dan tahan lama adalah dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkannya, Anda dapat menyemprotkan setting spray yang berfungsi mengunci riasan. Makeup menjadi lebih awet dan tak mudah luntur meski terkena keringat. Bahkan, ada pula produk yang mencegah makeup menempel di masker.  Tak perlu bingung memilih setting spray. Kami akan memberikan tips memilih setting spray terbaik yang sudah ditinjau oleh beauty content creator, Citta Farenty. Anda juga dapat menemukan rekomendasi setting spray dari berbagai merek yang bagus, seperti Studio Tropik, Luxcrime, dan Wardah. Yuk, temukan setting spray terbaik di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bedak tabur umumnya digunakan sebagai sentuhan akhir atau finishing riasan. Jika Anda memiliki masalah minyak berlebih, atasi dengan mengaplikasikan bedak tabur. Dengan demikian, riasan wajah akan tahan lebih lama dan tampak lebih natural.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih bedak tabur yang bagus untuk usia 30 tahun ke atas. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh bedak tabur terbaik, seperti merek ULTIMA II, Make Over, Wardah, dan lainnya. Bacalah artikel ini sebelum Anda membeli bedak tabur untuk melengkapi riasan wajah! Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori