• 10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Gendongan Kaos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menggendong anak adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menciptakan bonding antara ibu dan anak. Agar terasa nyaman, menggendong dengan gendongan adalah cara yang terbaik. Jika Anda butuh gendongan yang praktis, gendongan kaos bayi atau gendongan geos adalah solusinya. 


Kami akan membantu Anda memilih gendongan kaos yang bagus dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa merk gendongan geos terbaik, seperti Dialogue Baby, Cuddle Me, dan Petite Mimi. Babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus sampai selesai, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Indah Siauw
Rhily Zoro
Calysta Vanny
  • Pembaharuan terakhir: 19 Februari 2021
  • 11.091 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan certified babywearing consultant Indah Siauw

Berkolaborasi dengan certified babywearing consultant Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.


Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familier dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor. Mama Yaya bisa mudah dijumpai melalui akun Instagram-nya atau grup Facebook Belajar Menggendong Community.

Apa itu gendongan kaos?

Gendongan kaus (geos) adalah gendongan yang terbuat dari bahan sejenis kaus, elastis dan mudah pemakaiannya. Gendongan ini merupakan jenis gendongan yang praktis digunakan sehari-hari. Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakannya dalam jangka waktu lama karena bisa membuat bahu dan tulang punggung menjadi sakit.


Karena bahannya yang sedikit mulur, gendongan ini biasanya hanya bisa digunakan oleh anak dengan berat maksimal 15 kg. Selain itu, setiap gendongan juga memiliki aturan menggendongnya sendiri. Hal ini termasuk ketentuan usia agar si kecil tidak berisiko mengalami gangguan pertumbuhan tulang. Untuk lebih detailnya, kami akan membahas di poin berikutnya. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan kaus lebih dikenal sebagai geos. Gendongan ini merupakan salah satu gendongan yang masuk dalam kategori pouch sling. Karena cara pemakaiannya sangat mudah, gendongan ini cukup digandrungi oleh banyak orang. Namun, kekurangan dari gendongan geos adalah sulitnya menemukan ukuran yang benar-benar pas dengan tubuh Anda.

Cara memilih gendongan kaos

Ada banyak sekali produsen yang menjual gendongan kaus. Bagi Anda yang masih newbie dalam hal menggendong, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli. 

Pilih berdasarkan jenis gendongan dan umur anak

Memilih gendongan tidak bisa sesuka hati. Anda harus mengetahui apakah gendongan yang Anda beli sudah sesuai dengan umur anak atau belum. Setiap gendongan biasanya menyertakan informasi umur yang direkomendasikan. Jika gendongan yang hendak Anda beli tidak mencantumkan informasi tersebut, silakan melihat penjelasan umum di bawah ini. 

Pouch sling, praktis dipakai sehari-hari

Pouch sling adalah gendongan berbahan kain panjang yang dijahit menyerupai pipa atau tabung. Cara menggendong yang disarankan dalam menggunakan pouch sling adalah gendong samping. Maka dari itu, gendongan ini lebih cocok digunakan untuk anak berusia tiga bulan ke atas dengan berat maksimal bayi adalah 15 kg.


Pada umur tiga bulan, tulang leher bayi biasanya sudah mulai kuat sehingga mampu digendong dengan cara menyamping. Selain itu, karena terbuat dari bahan kaus, gendongan jenis ini terkadang membuat anak menjadi kurang merasa didekap atau kurang tight. Itulah sebabnya tipe ini tidak disarankan untuk bayi baru lahir.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Pouch sling sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu pouch yang berbahan tidak mulur dan pouch berbahan kaus yang mulur. Pouch sling yang umumnya dijual di Indonesia berbahan kaus dan sifatnya mulur. Namun, menggendong dengan pouch sling tidak disarankan untuk newborn baby


Untuk menggunakan gendongan ini, Anda perlu menunggu hingga anak mampu menegakkan dan menolehkan kepala. Dengan demikian, Anda bisa menggendong anak dengan cara menyamping. Pouch sling cukup ideal dan praktis digunakan untuk menggendong anak di rumah dalam durasi yang pendek. 

Stretchy hybrid, ideal untuk menggendong model M-shape

Stretchy hybrid, ideal untuk menggendong model M-shape

Stretchy hybrid juga dikenal dengan sebutan gendongan 2-in-1. Gendongan ini memadukan dua buah pouch sehingga berat anak Anda bertumpu di kedua bahu. Gendongan ini biasanya dilengkapi dengan kain horizontal di depan sebagai support tambahan. Hal ini berguna agar anak Anda tetap aman meski membuang badannya ke belakang. 


Tanpa support ini, anak lebih rentan terjatuh karena silangan kain bisa terbelah dengan mudah. Gendongan ini bisa dipergunakan untuk beberapa jenis gaya menggendong, seperti gendong kanguru atau M-shape, gendong samping, dan gendong tiduran. 


Gendongan jenis ini pun bisa digunakan oleh newborn dengan ketentuan menggendong yang disarankan. Sama seperti pouch sling, berat maksimal bayi yang digendong biasanya hanya sampai 15 kg saja. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Semua jenis gendongan harus ideal untuk menggendong anak dengan posisi tegak dan kaki membuka membentuk M-Shape. Hal itu berlaku, baik untuk gendongan pouch maupun stretchy hybrid.


Perbedaan paling mendasar antara stretchy hybrid dengan gendongan pouch adalah adanya tumpuan berat di kedua bahu. Hal ini tentunya berguna karena bisa meringankan beban sehingga penggendong bisa tahan lama saat menggendong. 


Selain itu, adanya lapisan tambahan atau sash belt pada gendongan stretchy hybrid juga sangat penting. Selain untuk menambah support, sash belt juga bermanfaat untuk menambah keamanan gendongan.

Cari bahan yang nyaman dan breathable

Cari bahan yang nyaman dan breathable

Bahan gendongan kaus ada bermacam-macam mulai dari yang tebal hingga yang tipis. Tingkat kemelarannya pun berbeda-beda. Namun, Anda perlu selektif saat membeli gendongan kaus yang dicampur dengan bahan spandeks. 


Jika terdapat campuran spandeks, bahan gendongan biasanya akan terlalu mulur. Hal ini dikhawatirkan akan membuat posisi tubuh bayi Anda tidak sesuai dengan TICKS (Tight, In view all the times, Close enough for kiss, Keep chin on the chest, Supported back). Selain itu, ada juga gendongan kaus yang bahannya sedikit berbulu. Jika si kecil memiliki riwayat alergi kulit, Anda harus berhati-hati saat memilih bahan. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Apa pun jenis gendongannya, penting sekali bagi Anda untuk memilih bahan gendongan yang nyaman, baik untuk Anda maupun bayi. Cari bahan yang 100% katun agar lebih mudah menyerap keringat dan hindari geos dari bahan sintetis. Hal ini karena bahan sintetis biasanya cenderung lebih gerah atau panas. Selain itu, demi kenyamanan bayi di dalam gendongan, carilah bahan yang tidak tebal dan tidak berbulu.

Pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda

Pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan saat membeli gendongan kaus adalah ukurannya. Gendongan kaus berbeda dari gendongan lain karena tidak bersifat adjustable. Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan tubuh Anda supaya saat dipakai menggendong anak tidak akan melorot. 


Karena Anda tidak dapat mengubah panjang kainnya, gendongan ini hanya bisa dipakai oleh satu penggendong saja. Jadi, Anda tidak dapat meminjamkan gendongan ini kepada orang lain, kecuali memiliki berat badan yang sama dengan Anda. 


Tergantung pada jenis bahan yang digunakan, setiap gendongan kaus biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, umumnya ukuran gendongan kaus yang ada di pasaran bisa Anda lihat sebagai berikut:


S = 40 - 50 kg

M = 50 - 60 kg

L = 60 - 70 kg 

XL = 70 kg ke atas

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Salah satu kelemahan dari geos adalah sulitnya mendapatkan ukuran yang benar-benar pas dengan tubuh kita. Kebanyakan penjual geos menentukan ukuran berdasarkan berat badan. Namun, hal ini sebenarnya kurang tepat.

Menentukan ukuran geos sebaiknya dilakukan dengan mengukur lingkar diagonal, yaitu dari ujung bahu hingga ke pinggang. Dengan begitu, ukuran yang didapat akan lebih pas sehingga gendongan tetap terasa erat.

Pilih motif yang menarik dan lucu-lucu!

Yang paling ibu-ibu sukai dari gendongan kaus adalah tersedianya berbagai motif yang lucu-lucu dan menarik. Anda bisa memilih motif favorit Anda ataupun si kecil. Ada juga gendongan dengan desain reversible yang artinya terdapat dua motif berbeda di tiap sisi. 


Kebanyakan desain reversible terdiri dari kain dengan satu sisi bermotif dan satu sisinya lagi berwarna polos. Membeli gendongan kaus jenis ini tentunya jauh lebih hemat. Anda dapat menggunakan dua gaya hanya dengan membeli satu gendongan. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Motif sebenarnya menjadi opsi paling akhir saat memilih gendongan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah keamanan, kenyamanan, dan kualitas gendongannya. Namun, tidak bisa dipungkiri, memilih motif yang disukai sering kali bisa meningkatkan mood saat menggendong anak. Memilih motif atau warna yang netral juga membuat gendongan dapat dipakai bergantian.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi gendongan kaos terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik mulai dari merek lokal hingga luar. Semua item dapat Anda temukan di situs online yang tertera. Jika tertarik, langsung klik saja, ya! 

10
JenisPouch sling
BahanKaus dobel street
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaPink salem, hitam tosca
9
JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL, XXL
Varian motif/warnaOctopus, red heart, red hood, sloth, whale, lion king, rainbow cat, porcupine, dll
8

Dialogue BabyWrap M-shape

DGG4013

Mulai dari Rp 234.000,00

JenisStretchy hybrid
BahanSerat kayu bambu alami dan serat kapas
UkuranAdjustable
Varian motif/warnaNavy, grey
7
JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaClouds, moonstars, hearts
6
JenisStretchy hybrid
BahanKatun jersey
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaBanana, purple poka, starwars, truck, fox, grey star, dll
5
JenisPouch sling
BahanKatun fleece
UkuranXS, S, M, L, XL, XXL
MotifGoldie, polka, navy dot, navy polka, grey polka, dll
4
JenisStretchy hybrid
BahanKatun spandeks
UkuranXS, S, M, L, XL, XXL, XXXL
Varian motif/warnaNavy, grey, dark grey, black
3
JenisStretchy hybrid
BahanKatun combed terry spandeks
UkuranAdjustable
Varian motif/warnaHot pink, lite blue, white, orange, soft pink, red
2

Mere et MoiGendongan Kaos Bolak Balik

Mulai dari Rp 140.000,00

JenisPouch sling
BahanKatun jersey
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaNavy egg, grey dots, black heart, navy abstract, red train, dll
1
JenisStretchy hybrid
BahanKatun
UkuranXXS, XS, S, M, L, XL
Varian motif/warnaBlack, eggplant, denim, heater grey

Tabel perbandingan produk gendongan kaos terbaik

Gambar produk
1
Baby K'tan Original 1

Baby K'tan

2
Mere et Moi Gendongan Kaos Bolak Balik 1

Mere et Moi

3
Cuddle Me Easy Wrap  1

Cuddle Me

4
Maison Elmesa Quick Wrap 1

Maison Elmesa

5
Mybaby Pouch Baby Pouches 1

Mybaby Pouch

6
Mere et Moi Geos Pro  1

Mere et Moi

7
Mobymoby Gendongan Instan 1

Mobymoby

8
Dialogue Baby Wrap M-shape  1

Dialogue Baby

9
Petite Mimi Gendongan Kaos 1

Petite Mimi

10
BianS Pouch Baby Carrier 1

BianS

Nama produk

Original

Gendongan Kaos Bolak Balik

Easy Wrap

Quick Wrap

Baby Pouches

Geos Pro

Gendongan Instan

Wrap M-shape

Gendongan Kaos

Pouch Baby Carrier

Keunggulan

Gendongan ergonomis yang menyupport M-shape

Gendongan kaos pertama yang bersertifikat SNI

Strapnya adjustable, bisa dipakai ayah juga!

Lebih simpel, lebih nyaman

Punya banyak motif menarik yang lucu-lucu!

Tidak mudah berubah bentuk meski sering dipakai

Bahannya tidak mudah melar dan berbulu!

Aman untuk anak dengan kulit supersensitif

Dapatkan posisi TICKS dengan geos yang kukuh dan antimelorot

Punya kantong untuk menyimpan handphone atau botol susu!

Harga mulai dariRp 725.000,00Rp 140.000,00Rp 215.000,00Rp 389.000,00Rp 99.000,00Rp 300.000,00Rp 154.000,00Rp 234.000,00Rp 125.000,00Rp 89.000,00
JenisStretchy hybridPouch slingStretchy hybridStretchy hybridPouch slingStretchy hybridPouch slingStretchy hybridPouch slingPouch sling
BahanKatunKatun jerseyKatun combed terry spandeksKatun spandeksKatun fleeceKatun jerseyKatunSerat kayu bambu alami dan serat kapasKatunKaus dobel street
UkuranXXS, XS, S, M, L, XLS, M, L, XLAdjustableXS, S, M, L, XL, XXL, XXXLXS, S, M, L, XL, XXLS, M, L, XL S, M, L, XLAdjustableS, M, L, XL, XXLS, M, L, XL
Varian motif/warnaBlack, eggplant, denim, heater greyNavy egg, grey dots, black heart, navy abstract, red train, dllHot pink, lite blue, white, orange, soft pink, redNavy, grey, dark grey, blackGoldie, polka, navy dot, navy polka, grey polka, dllBanana, purple poka, starwars, truck, fox, grey star, dllClouds, moonstars, heartsNavy, greyOctopus, red heart, red hood, sloth, whale, lion king, rainbow cat, porcupine, dllPink salem, hitam tosca
Tautan produk

Cara menggendong yang direkomendasikan dengan gendongan kaos

Ada beberapa cara menggendong yang direkomendasikan dalam menggunakan gendongan kaus. Pastinya, Anda perlu memperhatikan posisi yang lebih nyaman untuk si kecil sesuai umurnya. Agar si kecil merasa nyaman serta aman, perhatikan beberapa tips menggendong berikut ini.

Gendong posisi kanguru atau M-shape

Menggendong anak dengan posisi M-shape dapat dilakukan dengan mengalungkan kain ke leher penggendong. Lalu, kedua tangan dikeluarkan dari sisi kanan dan kiri. Setelah itu, masukkan kaki anak ke sisi kanan dan kiri kain hingga membentuk M.


Setelah itu, posisikan kain dengan benar di bagian pantat anak. Posisi yang benar adalah pantat selalu lebih rendah dibandingkan lutut anak. Terakhir, baru Anda pasangkan sash atau sabuk tambahan untuk menyangga punggung anak.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Menggendong dengan posisi tegak dan kaki membuka atau M-Shape tidak hanya bisa diterapkan dengan stretchy hybrid. Anda juga bisa menerapkannya dengan gendongan jenis pouch sling. Posisi ini adalah posisi terbaik yang dianjurkan untuk kenyamanan dan keselamatan buah hati.

Gendong samping

Gendong samping bisa dilakukan baik dengan stretchy hybrid atau pouch sling. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengalungkan kain dan mengeluarkan salah satu tangan Anda. Kemudian, barulah masukkan anak lewat atas dan posisikan kakinya di samping pinggul Anda. 


Untuk gendongan stretchy hybrid, Anda bisa mengalungkan kedua kain menjadi satu jika ingin menggendong posisi samping. Jangan lupa, lebarkan kain di bagian bahu supaya Anda tidak cepat pegal. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendong samping adalah posisi alternatif untuk menggendong anak ketika ia sudah mulai tertarik melihat dunia luar. Posisi ini memungkinkan anak untuk melihat apa saja yang ada di sekitarnya dengan lebih mudah. Dengan posisi ini, si kecil juga dapat beristirahat sewaktu-waktu jika ia mulai lelah atau mengantuk.

Gendong posisi tidur atau craddle position

Menggendong jenis ini juga bisa dilakukan menggunakan kedua jenis gendongan tersebut. Bagi Anda yang ingin menggendong anak dalam posisi tiduran, disarankan untuk tidak memasukkan anak sepenuhnya ke dalam gendongan. Selalu usahakan kepala dan kaki anak tetap terlihat. 


Kemudian, Anda juga perlu menyangga kepala anak dengan tangan yang satu lagi agar dagu anak tidak menekuk ke dadanya dan jalur pernapasan anak tetap aman. Meski tangan tidak terlihat bebas, ini adalah cara yang paling aman dalam menggendong anak posisi tiduran. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Posisi craddle hanya direkomendasikan ketika Anda sedang menyusui buah hati. Ketika sudah selesai menyusui, kembalikan posisi anak ke posisi tegak. Menggendong dengan posisi craddle memang diperbolehkan untuk kondisi tertentu. 


Namun, posisi ini tetap memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibanding posisi tegak. Jika orang tua tidak memperhatikan jalan nafasnya, bayi bisa terkena SIDS (sudden infant death syndrome) ketika digendong dengan posisi craddle.

Baca juga rekomendasi produk gendongan bayi lainnya di sini

Selain jenis gendongan kaus, Anda mungkin tertarik dengan jenis gendongan lainnya. Di sini, kami memiliki beberapa rekomendasi terkait gendongan yang bisa Anda baca. Anda bisa membandingkan mana yang paling pas dan cocok untuk Anda kenakan. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya!

Kesimpulan

Gendongan kaus memang sangat cocok untuk menggendong anak sehari-hari. Tanpa perlu repot-repot mengikat, Anda tinggal kalungkan gendongan, masukan anak ke dalamnya, dan beres! 


Gendongan ini juga cocok untuk menggendong dalam waktu singkat, seperti saat anak sedang rewel atau saat menyuapinya makan. Semoga penjelasan dan rekomendasi produk dari kami dapat membantu Anda yang sedang bingung mencari gendongan kaus! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    288.778 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    213.345 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    135.052 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    276.748 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    61.985 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang aman dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Mari simak terus artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    163.150 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit bayi sangatlah halus dan sensitif. Oleh karena itu, handuk yang didesain khusus untuk bayi sangat penting. Handuk bayi bisa terbuat dari berbagai macam bahan dan model. Hal itu mungkin dapat membuat Anda bingung saat memilih produk terbaik untuk buah hati Anda.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih handuk terbaik untuk bayi. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek seperti dari Cotton Tree, Dr bebe, dan Little Palmerhaus. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih produk. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    16.091 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori