• 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gendongan Kaos Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Menggendong anak adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menciptakan bonding antara ibu dan anak. Agar terasa nyaman, menggendong dengan gendongan adalah cara yang terbaik. Jika Anda butuh gendongan yang praktis, gendongan kaos bayi atau gendongan geos adalah solusinya. 


Kami akan membantu Anda memilih gendongan kaos yang bagus dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa merek gendongan geos terbaik, seperti Dialogue Baby, Baby Leon, dan Baby K'Tan. Babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Indah Siauw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 April 2022
Daftar isi

Profil pakar : Babywearing consultant, Indah Siauw

Profil pakar : Babywearing consultant, Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.


Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familier dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor. Mama Yaya bisa mudah dijumpai melalui akun Instagram-nya atau grup Facebook Belajar Menggendong Community.

Apa itu gendongan kaos?

Apa itu gendongan kaos?

Gendongan kaus (geos) adalah gendongan yang terbuat dari bahan sejenis kaus, elastis dan mudah pemakaiannya. Gendongan ini merupakan jenis gendongan yang praktis digunakan sehari-hari. Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakannya dalam jangka waktu lama karena bisa membuat bahu dan tulang punggung menjadi sakit.


Karena bahannya yang sedikit melar, gendongan ini biasanya hanya bisa digunakan oleh anak dengan berat maksimal 15 kg. Selain itu, setiap gendongan juga memiliki aturan menggendongnya sendiri. Hal ini termasuk ketentuan usia agar si kecil tidak berisiko mengalami gangguan pertumbuhan tulang. Untuk lebih detailnya, kami akan membahas di poin berikutnya. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan kaus lebih dikenal sebagai geos. Gendongan ini merupakan salah satu gendongan yang masuk dalam kategori pouch sling. Karena cara pemakaiannya sangat mudah, gendongan ini cukup digandrungi oleh banyak orang. Namun, kekurangan dari gendongan geos adalah sulitnya menemukan ukuran yang benar-benar pas dengan tubuh Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan kaos

Ada banyak sekali produsen yang menjual gendongan kaus. Bagi Anda yang masih newbie dalam hal menggendong, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli. 

Pilih berdasarkan jenis gendongan dan umur anak

Memilih gendongan tidak bisa sesuka hati. Anda harus mengetahui apakah gendongan yang Anda beli sudah sesuai dengan umur anak atau belum. Setiap gendongan biasanya menyertakan informasi umur yang direkomendasikan. Jika gendongan yang hendak Anda beli tidak mencantumkan informasi tersebut, silakan melihat penjelasan umum di bawah ini. 

Pouch sling, praktis dipakai sehari-hari

Pouch sling adalah gendongan berbahan kain panjang yang dijahit menyerupai pipa atau tabung. Cara menggendong yang disarankan dalam menggunakan pouch sling adalah gendong samping. Karena itu, gendongan ini cocok digunakan untuk anak berusia tiga bulan ke atas dengan berat maksimal 15 kg.


Pada umur tiga bulan, tulang leher bayi biasanya sudah mulai kuat sehingga mampu digendong dengan cara menyamping. Karena terbuat dari bahan kaus, gendongan jenis ini terkadang membuat anak menjadi kurang merasa didekap atau kurang tight. Itulah sebabnya tipe ini tidak disarankan untuk bayi baru lahir.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Pouch sling sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu pouch yang berbahan tidak mulur dan pouch berbahan kaus yang mulur. Pouch sling yang umumnya dijual di Indonesia berbahan kaus dan sifatnya mulur. Namun, menggendong dengan pouch sling tidak disarankan untuk newborn baby


Untuk menggunakan gendongan ini, Anda perlu menunggu hingga anak mampu menegakkan dan menolehkan kepala. Dengan demikian, Anda bisa menggendong anak dengan cara menyamping. Pouch sling cukup ideal dan praktis digunakan untuk menggendong anak di rumah dalam durasi yang pendek. 

Stretchy hybrid, ideal untuk menggendong model M-shape

Stretchy hybrid, ideal untuk menggendong model M-shape

Stretchy hybrid juga dikenal dengan sebutan gendongan 2-in-1. Gendongan ini memadukan dua buah pouch sehingga berat anak Anda bertumpu di kedua bahu. Gendongan ini biasanya dilengkapi dengan kain horizontal di depan sebagai support tambahan. Hal ini berguna agar anak Anda tetap aman meski membuang badannya ke belakang. 


Tanpa support ini, anak lebih rentan terjatuh karena silangan kain bisa terbelah dengan mudah. Gendongan ini bisa digunakan untuk beberapa jenis gaya menggendong, seperti gendong kanguru atau M-shape, gendong samping, dan gendong tiduran. 


Gendongan jenis ini pun bisa digunakan oleh newborn dengan ketentuan menggendong yang disarankan. Sama seperti pouch sling, berat maksimal bayi yang digendong biasanya hanya sampai 15 kg saja. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Semua jenis gendongan harus ideal untuk menggendong anak dengan posisi tegak dan kaki membuka membentuk M-Shape. Hal itu berlaku, baik untuk gendongan pouch maupun stretchy hybrid.


Perbedaan paling mendasar antara stretchy hybrid dengan gendongan pouch adalah adanya tumpuan berat di kedua bahu. Hal ini tentunya berguna karena bisa meringankan beban sehingga penggendong bisa tahan lama saat menggendong. 


Selain itu, adanya lapisan tambahan atau sash belt pada gendongan stretchy hybrid juga sangat penting. Selain untuk menambah support, sash belt juga bermanfaat untuk menambah keamanan gendongan.

Cari bahan yang nyaman dan breathable

Cari bahan yang nyaman dan breathable

Bahan gendongan kaus ada bermacam-macam, mulai dari yang tebal hingga yang tipis. Tingkat kemelarannya pun berbeda-beda. Ada banyak gendongan kaus yang terbuat dari bahan campuran spandeks atau bahan sintetis lainnya. Bahan gendongan ini biasanya akan terlalu melar. 


Hal ini dikhawatirkan akan membuat posisi tubuh bayi Anda tidak sesuai dengan TICKS. TICKS adalah singkatan tight, in view all the times, close enough for kiss, keep chin on the chest, supported back


Selain itu ada juga bahan gendongan kaus yang terbuat dari katun fleece. Selain berbulu, bahan ini juga sangat gerah sehingga bisa membuat si kecil tidak nyaman saat digendong. Maka dari itu, pilihlah gendongan kaus yang berbahan 100% katun. Anda bisa memilih katun jenis combed yang biasa dipakai untuk bahan kaus orang dewasa

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Apa pun jenis gendongannya, penting sekali bagi Anda untuk memilih bahan gendongan yang nyaman, baik untuk Anda maupun bayi. Cari bahan yang 100% katun agar lebih mudah menyerap keringat dan hindari geos dari bahan sintetis. Hal ini karena bahan sintetis biasanya cenderung lebih gerah atau panas. Selain itu, demi kenyamanan bayi di dalam gendongan, carilah bahan yang tidak tebal dan tidak berbulu.

Pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda

Pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan saat membeli gendongan kaus adalah ukurannya. Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan tubuh Anda supaya tidak melorot saat dipakai menggendong anak


Tergantung pada jenis bahan yang digunakan, setiap gendongan kaus biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, umumnya ukuran gendongan kaus yang ada di pasaran bisa Anda lihat sebagai berikut:


  • S = 40–50 kg
  • M = 50–60 kg
  • L = 60–70 kg 
  • XL = 70 kg ke atas
Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Salah satu kelemahan dari geos adalah sulitnya mendapatkan ukuran yang benar-benar pas dengan tubuh kita. Kebanyakan penjual geos menentukan ukuran berdasarkan berat badan. Namun, hal ini sebenarnya kurang tepat.

Menentukan ukuran geos sebaiknya dilakukan dengan mengukur lingkar diagonal, yaitu dari ujung bahu hingga ke pinggang. Dengan begitu, ukuran yang didapat akan lebih pas sehingga gendongan tetap terasa erat.

Pertimbangkan motif yang menarik dan lucu

Pertimbangkan motif yang menarik dan lucu

Yang paling ibu-ibu sukai dari gendongan kaus adalah tersedianya berbagai motif yang lucu-lucu dan menarik. Anda bisa memilih motif favorit Anda ataupun si kecil. Ada juga gendongan dengan desain reversible yang artinya terdapat dua motif berbeda di tiap sisi


Kebanyakan desain reversible terdiri dari kain dengan satu sisi bermotif dan satu sisinya lagi berwarna polos. Membeli gendongan kaus jenis ini tentunya jauh lebih hemat. Anda dapat menggunakan dua gaya hanya dengan membeli satu gendongan. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Motif sebenarnya menjadi opsi paling akhir saat memilih gendongan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah keamanan, kenyamanan, dan kualitas gendongannya. Namun, tidak bisa dipungkiri, memilih motif yang disukai sering kali bisa meningkatkan mood saat menggendong anak. Memilih motif atau warna yang netral juga membuat gendongan dapat dipakai bergantian.

10 Rekomendasi gendongan kaos terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan kaos terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.

10

CribcotBaby Sling (gendongan bayi)

Mulai dari Rp 407.000,00

JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaCreme golden dot, Blues Butterfly, Heart Pink Ashes, BnW Dottie, Rainbow Heart Navy, dll
Umur anakTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keterangan
9

ElephasGeos Premium - Motif Series 3

Mulai dari Rp 130.000,00

JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL, XXL
Varian motif/warnaCutie Butterfly, Little Butterfly, Silver Butterfly, Baby Giraffe, Black Star, Dino World, Trucky, Ninja Bear
Umur anakTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keterangan
8

TimangGendongan Bayi Kaos

Mulai dari Rp 126.000,00

JenisPouch sling
BahanFine cotton
UkuranXS, S, M, L, XL, XXL
Varian motif/warnaSky, Grey, Jade, Latte, dan yang lainnya
Umur anak0 bulan ke atas
Berat badan anakSampai 9 kg
7
JenisStretchy hybrid
BahanKatun
UkuranXXS, XS, S, M, L, XL
Varian motif/warnaBlack, eggplant, denim, heater grey
Umur anak0–2,5 tahun
Berat badan anak3,6–15,88 kg
6

Petite MimiGendongan Kaos Motif

Mulai dari Rp 125.000,00

JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL, XXL
Varian motif/warnaSkating Dino, Firetruck, Wacky Seal, Friendly Fox, dan yang lainnya
Umur anakTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keterangan
5

Dialogue BabyWrap M-shape

DGG4013

Mulai dari Rp 441.000,00

JenisStretchy hybrid
BahanSerat kayu bambu alami dan serat kapas
UkuranAdjustable
Varian motif/warnaNavy, grey
Umur anak0 bulan ke atas
Berat badan anakSampai 12 kg
4

Mere et MoiGendongan Kaos - Geos Gen Two

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisPouch sling
Bahan100% Katun combed
UkuranXS, S, M, L, XL
Varian motif/warnaAlmond, sage, red plum, light grey, lilac, dusty blue, la vien en rose, eucalyptus lilac grey
Umur anak3 bulan ke atas
Berat badan anakSampai 15 kg
3

Mere et MoiFast Baby Wrap Light Series

Mulai dari Rp 215.000,00

JenisStretchy hybrid
Bahan100% Katun combed
UkuranXS, S, M, L, XL
Varian motif/warnaAlmond, dusty blue, lilac, olive, rose, dan yang lainnya
Umur anak0 bulan ke atas
Berat badan anakSampai 12 kg
2

MooiGendongan Kaos Geos Bayi Motif

Mulai dari Rp 199.000,00

JenisPouch sling
Bahan100% Katun combed
UkuranM, L, XL
Varian motif/warnaTrain Car, Sky Fox, Woodlands, Little Prince, Country Animals
Umur anakTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keterangan
1

Baby LeonGendongan Bayi Kaos Geos Motif

BY-44-01

Mulai dari Rp 54.900,00

JenisPouch sling
BahanKatun
UkuranS, M, L, XL
Varian motif/warnaLove White, Navy Jangkar, Star Black
Umur anakTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk gendongan kaos terbaik

Gambar produk
1
Baby Leon Gendongan Bayi Kaos Geos Motif 1

Baby Leon

2
Mooi Gendongan Kaos Geos Bayi Motif 1

Mooi

3
Mere et Moi Fast Baby Wrap Light Series 1

Mere et Moi

4
Mere et Moi Gendongan Kaos - Geos Gen Two 1

Mere et Moi

5
Dialogue Baby Wrap M-shape  1

Dialogue Baby

6
Petite Mimi Gendongan Kaos Motif 1

Petite Mimi

7
Baby K'tan Original 1

Baby K'tan

8
Timang Gendongan Bayi Kaos 1

Timang

9
Elephas Geos Premium - Motif Series 3 1

Elephas

10
Cribcot Baby Sling (gendongan bayi) 1

Cribcot

Nama produk

Gendongan Bayi Kaos Geos Motif

Gendongan Kaos Geos Bayi Motif

Fast Baby Wrap Light Series

Gendongan Kaos - Geos Gen Two

Wrap M-shape

Gendongan Kaos Motif

Original

Gendongan Bayi Kaos

Geos Premium - Motif Series 3

Baby Sling (gendongan bayi)

Keunggulan

Dilengkapi kantong untuk menyimpan handphone atau botol susu!

Punya motif yang menarik dan lucu-lucu!

Cara pakainya simpel, dikenakan juga nyaman

Model geos terbaru dengan bantalan busa di bagian bahu, antipegal!

Aman untuk anak dengan kulit supersensitif

Dapatkan posisi TICKS dengan geos yang kokoh dan antimelorot

Gendongan ergonomis yang men-support M-shape

Tidak mudah berubah bentuk meski sering dipakai

Bahannya tidak mudah melar dan berbulu!

Motifnya eksklusif, bahannya pun sangat halus di kulit bayi

Harga mulai dariRp 54.900,00Rp 199.000,00Rp 215.000,00Rp 150.000,00Rp 441.000,00Rp 125.000,00Rp 725.000,00Rp 126.000,00Rp 130.000,00Rp 407.000,00
JenisPouch slingPouch slingStretchy hybridPouch slingStretchy hybridPouch slingStretchy hybridPouch slingPouch slingPouch sling
BahanKatun100% Katun combed100% Katun combed100% Katun combedSerat kayu bambu alami dan serat kapasKatunKatunFine cottonKatunKatun
UkuranS, M, L, XLM, L, XLXS, S, M, L, XLXS, S, M, L, XLAdjustableS, M, L, XL, XXLXXS, XS, S, M, L, XLXS, S, M, L, XL, XXLS, M, L, XL, XXLS, M, L, XL
Varian motif/warnaLove White, Navy Jangkar, Star BlackTrain Car, Sky Fox, Woodlands, Little Prince, Country AnimalsAlmond, dusty blue, lilac, olive, rose, dan yang lainnyaAlmond, sage, red plum, light grey, lilac, dusty blue, la vien en rose, eucalyptus lilac greyNavy, greySkating Dino, Firetruck, Wacky Seal, Friendly Fox, dan yang lainnyaBlack, eggplant, denim, heater greySky, Grey, Jade, Latte, dan yang lainnyaCutie Butterfly, Little Butterfly, Silver Butterfly, Baby Giraffe, Black Star, Dino World, Trucky, Ninja BearCreme golden dot, Blues Butterfly, Heart Pink Ashes, BnW Dottie, Rainbow Heart Navy, dll
Umur anakTidak ada keteranganTidak ada keterangan0 bulan ke atas3 bulan ke atas0 bulan ke atasTidak ada keterangan0–2,5 tahun0 bulan ke atasTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Berat badan anakTidak ada keteranganTidak ada keteranganSampai 12 kgSampai 15 kgSampai 12 kgTidak ada keterangan3,6–15,88 kgSampai 9 kgTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Cara menggendong yang direkomendasikan dengan gendongan kaos

Ada beberapa cara menggendong yang direkomendasikan dalam menggunakan gendongan kaus. Pastinya, Anda perlu memperhatikan posisi yang lebih nyaman untuk si kecil sesuai umurnya. Agar si kecil merasa nyaman serta aman, perhatikan beberapa tips menggendong berikut ini.

Gendong posisi kanguru atau M-shape

Menggendong anak dengan posisi M-shape dapat dilakukan dengan mengalungkan kain ke leher penggendong. Lalu, kedua tangan dikeluarkan dari sisi kanan dan kiri. Setelah itu, masukkan kaki anak ke sisi kanan dan kiri kain hingga membentuk M.


Setelah itu, posisikan kain dengan benar di bagian pantat anak. Posisi yang benar adalah pantat selalu lebih rendah dibandingkan lutut anak. Terakhir, baru Anda pasangkan sash atau sabuk tambahan untuk menyangga punggung anak.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Menggendong dengan posisi tegak dan kaki membuka atau M-Shape tidak hanya bisa diterapkan dengan stretchy hybrid. Anda juga bisa menerapkannya dengan gendongan jenis pouch sling. Posisi ini adalah posisi terbaik yang dianjurkan untuk kenyamanan dan keselamatan buah hati.

Gendong samping

Gendong samping bisa dilakukan baik dengan stretchy hybrid atau pouch sling. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengalungkan kain dan mengeluarkan salah satu tangan Anda. Kemudian, barulah masukkan anak lewat atas dan posisikan kakinya di samping pinggul Anda. 


Untuk gendongan stretchy hybrid, Anda bisa mengalungkan kedua kain menjadi satu jika ingin menggendong posisi samping. Jangan lupa, lebarkan kain di bagian bahu supaya Anda tidak cepat pegal. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendong samping adalah posisi alternatif untuk menggendong anak ketika ia sudah mulai tertarik melihat dunia luar. Posisi ini memungkinkan anak untuk melihat apa saja yang ada di sekitarnya dengan lebih mudah. Dengan posisi ini, si kecil juga dapat beristirahat sewaktu-waktu jika ia mulai lelah atau mengantuk.

Gendong posisi tidur atau craddle position

Gendong posisi tidur atau craddle position

Cara menggendong seperti ini bisa dilakukan menggunakan kedua jenis gendongan yang telah kami sebutkan sebelumnya. Namun, Anda disarankan untuk tidak memasukkan anak sepenuhnya ke dalam gendongan. Selalu usahakan kepala dan kaki anak tetap terlihat. 


Kemudian, Anda juga perlu menyangga kepala anak dengan tangan agar dagunya tidak menekuk ke dada dan jalur pernapasan aman. Meski tangan anak terasa tidak bebas, ini adalah cara yang paling aman untuk menggendong anak dalam posisi seperti ini.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Posisi craddle hanya direkomendasikan ketika Anda sedang menyusui buah hati. Ketika sudah selesai menyusui, kembalikan posisi anak ke posisi tegak. Menggendong dengan posisi craddle memang diperbolehkan untuk kondisi tertentu. 


Namun, posisi ini tetap memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibanding posisi tegak. Jika orang tua tidak memperhatikan jalan nafasnya, bayi bisa terkena SIDS (sudden infant death syndrome) ketika digendong dengan posisi craddle.

Baca juga rekomendasi gendongan bayi lainnya di sini

Selain jenis gendongan kaus, Anda mungkin tertarik dengan jenis gendongan lainnya. Di sini, kami memiliki beberapa rekomendasi terkait gendongan yang bisa Anda baca. Anda bisa membandingkan mana yang paling pas dan cocok untuk Anda kenakan. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya!

Kesimpulan

Gendongan kaus memang sangat cocok untuk menggendong anak sehari-hari. Tanpa perlu repot-repot mengikat, Anda tinggal kalungkan gendongan, masukan anak ke dalamnya, dan beres! 


Gendongan ini juga cocok untuk menggendong dalam waktu singkat, seperti saat anak sedang rewel atau saat menyuapinya makan. Semoga penjelasan dan rekomendasi produk dari kami dapat membantu Anda yang sedang bingung mencari gendongan kaus! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit bayi tergolong masih sensitif dan membutuhkan pembersih yang ringan. Jadi, segala sesuatu yang menyentuh kulit bayi harus benar-benar diperhatikan kandungannya, salah satunya sabun mandi. Anda tentu ingin mencari sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya. Hal ini terutama jika Anda memiliki bayi yang baru lahir. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi sabun bayi dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, JOHNSON'S. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Bantal Guling Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Guling Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal guling tak hanya sekadar penghias boks bayi saja. Selain bisa membuat tidur bayi jadi lebih nyenyak dan nyaman, ada beberapa manfaat lain yang juga bisa didapatkan. Hal itu bisa dicapai asalkan Anda memilih bantal guling bayi yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan bantal guling yang bagus untuk dibeli. Salah satu merk bantal guling bayi terbaik yang bisa Anda lirik adalah Elegance, Dialogue, atau Omiland. Anda juga akan menemukan bantal guling bayi karakter di sini. Jadi, baca hingga akhir, ya! 
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori