1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Setting Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Riasan yang tampak flawless dan tahan lama tentu merupakan harapan hampir setiap beauty enthusiast. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan setting powder. Setting powder merupakan bedak yang digunakan setelah pemakaian foundation guna menahannya agar tetap di tempat, tidak bergeser, dan lebih tahan lama.


Merek seperti Goban Cosmetics, Hourglass, dan Make Over turut menawarkan setting powder yang bagus. Karena itu, kami akan memberikan tips memilih setting powder beserta rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Dapatkan riasan lebih mulus dengan setting powder!

Diperbaharui 08-26-2022
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan setting powder dan finishing powder

Perbedaan setting powder dan finishing powder

Meskipun terlihat serupa, setting powder berbeda dengan finishing powder. Setting powder biasanya digunakan untuk mengunci makeup agar foundation dan concealer tidak bergeser. Setting powder juga dapat membantu mengurangi rasa lengket dari foundation. Ada pula yang menggunakan setting powder untuk menyerap minyak berlebih.


Sementara itu, finishing powder dirancang untuk diaplikasikan di atas setting powder dan semua lapisan makeup lainnya. Finishing powder biasanya tidak digunakan sehari-hari, tetapi hanya dipakai di acara-acara khusus seperti pemotretan. Penggunaan finishing powder akan mencegah terjadinya flashback atau kondisi wajah yang terlihat sangat putih akibat pantulan flash kamera.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih setting powder

Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak memilih setting powder. Selamat membaca!

① Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Kebutuhan tiap jenis kulit tentu berbeda satu sama lain sehingga Anda perlu memilih setting powder sesuai jenis kulit Anda.


  • Kulit kering, gunakan produk dengan kandungan pelembap, misalnya hyaluronic acid atau jojoba oil.
  • Kulit berminyak dan kombinasi, pilihlah produk yang mengandung talc atau dengan klaim menyerap minyak dan mengurangi kilap di wajah.
  • Kulit normal, cobalah setting powder yang dilengkapi bubuk silica agar riasan tampak mulus.

② Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Hasil akhir setting powder ditentukan berdasarkan preferensi dan jenis kulit Anda.


  • Matte finish adalah jenis yang umum dicari karena dapat menghilangkan kilap, menyerap minyak, dan membuat riasan lebih tahan lama. Hasil akhir ini biasanya digemari oleh kulit berminyak, kombinasi, hingga normal.
  • Satin atau natural finish adalah hasil dari mengeset alas bedak tanpa menyerap kelembapan secara berlebihan. Jenis ini kurang mengeringkan dibandingkan jenis matte, tetapi menghasilkan tampilan yang alami seperti tanpa memakai bedak.
  • Glowy finish menghasilkan tampilan wajah yang berkilau. Hasil ini biasanya digemari oleh kulit kering. Akan tetapi, tidak semua bedak yang glowy bersifat melembapkan. Hasil berkilau ini bisa berasal dari bahan pelembap, partikel glitter atau shimmer, atau keduanya.

③ Tentukan warna setting powder

Setting powder yang ditawarkan biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini!

Berwarna senada dengan foundation, membantu menutup ketidaksempurnaan di wajah

Berwarna senada dengan foundation, membantu menutup ketidaksempurnaan di wajah

Setting powder yang berwarna adalah setting powder yang kaya pigmen dan memiliki daya tutup atau coverage. Maka dari itu, setting powder yang berwarna biasanya digunakan pada kulit yang polos atau hanya memakai base makeup yang tipis. Setting powder ini juga kerap dipakai di atas foundation untuk menutup sisa ketidaksempurnaan yang belum tertutupi.


Karena coverage yang diberikan, sebaiknya Anda menyeragamkan warna setting powder dengan warna foundation yang Anda gunakan. Agar lebih mudah memilih warna, Anda dapat mencocokkan warna foundation sekaligus setting powder dalam satu merek yang sama.

Translucent atau transparan, cocok untuk semua jenis kulit

Translucent atau transparan, cocok untuk semua jenis kulit

Jika Anda kesulitan mencari setting powder yang sewarna dengan kulit, jenis translucent dapat menjadi pilihan. Jenis ini tidak memiliki warna atau transparan sehingga cocok untuk semua warna kulit. Setting powder transparan dapat menghaluskan tekstur kulit yang tidak rata tanpa menambah atau mengubah warna riasan.


Pemilihan setting powder transparan juga bisa digunakan untuk menyerap minyak berlebih saat retouch. Anda juga tidak perlu khawatir warna kulit tidak merata saat menyapukan setting powder tanpa warna di area yang berminyak.

Berwarna lainnya, atasi masalah kulit tertentu

Berwarna lainnya, atasi masalah kulit tertentu

Selain kedua jenis di atas, ada pula setting powder berwarna lain seperti kuning atau pink. Jenis ini biasanya digunakan bila Anda memiliki kondisi kulit tertentu. Setting powder berwarna kuning (banana powder)diyakini dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus menetralkan lingkaran hitam di bawah mata.


Sementara itu, setting powder berwarna pink sering digunakan untuk menambah efek sehat dan merona di wajah. Nah, jika Anda ingin menyamarkan kemerahan di kulit, terutama saat berjerawat, setting powder berwarna hijau bisa membantu menutupinya.

④ Perhatikan kemasan dan aplikatornya

Perhatikan kemasan dan aplikatornya

Kemasan dan aplikator produk juga dapat menjadi faktor penentu dalam memilih setting powder. Umumnya, setting powder hadir dalam kemasan berupa tabung pipih. Sebagian besar produk biasanya telah menyertakan aplikator di dalam kemasan. Namun, Anda perlu menggunakan alat lain untuk produk yang tidak menyediakan aplikator bawaan.


Aplikator setting powder dapat berupa puff ataupun brush. Aplikator puff memudahkan Anda saat mengambil setting powder dalam jumlah banyak, sedangkan brush dapat membantu membersihkan sisa powder di wajah. Pilihlah yang menurut Anda paling nyaman digunakan.

10 Rekomendasi setting powder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk setting powder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

BLP Beauty

Face Powder

BLP Beauty Face Powder 1枚目

Untuk semua jenis kulit dan semua keperluan

2

Y.O.U Beauty

Crystal Loose Setting Powder

Y.O.U Beauty Crystal Loose Setting Powder 1枚目

Waterproof dan dapat membantu mencegah hiperpigmentasi

3

ESQA Cosmetics

Flawless Micro Setting Powder

ESQA Cosmetics Flawless Micro Setting Powder 1枚目

Dilengkapi blur effect yang membuat pori-pori tersamarkan

4

Pinkflash Cosmetics

OhMySelf Oil Controller Loose Setting Powder

Pinkflash Cosmetics OhMySelf Oil Controller Loose Setting Powder 1枚目

Kemasan mini, pilihan yang tepat untuk touch up

5

Unilever

Pond's Magic Face Powder

Unilever Pond's Magic Face Powder 1枚目

Disukai semua kalangan, kualitas flawless dengan harga effortless

6

N'PURE

Cica Beat The Sun Powder

N'PURE Cica Beat The Sun Powder 1枚目

Praktis, retouch makeup sekaligus reapply sunscreen!

7

Chanel

Poudre Universelle Libre

Chanel Poudre Universelle Libre 1枚目

Bedak mewah untuk tampil flawless di momen spesial Anda

8

Wardah

Colorfit Mattifying Powder

Wardah Colorfit Mattifying Powder 1枚目

Tidak perlu takut kulit belang dengan SkinMatch Technology

9

Goban Cosmetics

Translucent Setting Powder

Goban Cosmetics Translucent Setting Powder 1枚目

Mau hasil matte atau glow, tinggal pilih sesuai keinginan

10

Hourglass

Veil Translucent Setting Powder

Hourglass Veil Translucent Setting Powder 1枚目

Cantik natural seperti kulit kedua tanpa khawatir flashback

Perincian produk
Close
No.1

Untuk semua jenis kulit dan semua keperluan

Mencari bedak dengan hasil yang cocok untuk semua kulit? Bedak dari BLP Beauty ini jawabannya. Hasilnya matte, tetapi tidak membuat kering sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Keunggulan lainnya adalah bedak ini hadir dalam dua kemasan dengan tujuan yang berbeda.


Kemasan isi 10 gram ditujukan untuk dibawa saat traveling. Karena tersedia tutup yang memisahkan jaring bedak dengan puff, bedak tidak akan berantakan meski dibawa-bawa. Di sisi lain, ukuran besar yang berisi 30 gram tidak mempunyai sekat penutup sehingga lebih cocok ditaruh di meja makeup di rumah.

No.2

Y.O.U BeautyCrystal Loose Setting Powder

Mulai dari Rp69.000,00

Waterproof dan dapat membantu mencegah hiperpigmentasi

Apakah Anda sedang mencari setting powder dengan formula waterproof? Crystal Loose Setting Powder dari Y.O.U Beauty akan memberikan hasil yang tidak hanya matte, tetapi juga tahan air! 


Bedak ini juga mengandung licorice extract untuk mencegah hiperpigmentasi, menutrisi, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Produk ini cocok untuk kulit berminyak yang mempunyai masalah kulit kusam dan noda kehitaman atau dark spots.

No.3

ESQA CosmeticsFlawless Micro Setting Powder

Mulai dari Rp165.000,00

Dilengkapi blur effect yang membuat pori-pori tersamarkan

Bermasalah dengan pori-pori yang tampak jelas? Samarkan pori-pori wajah dan garis halus di wajah tanpa membuat riasan tampak cakey dengan produk ini! Setting powder ini memiliki butiran mikro yang halus sehingga wajah Anda terlihat lebih flawless.


Selain itu, produk ini terdiri dari empat warna yang cocok untuk kulit terang, medium, maupun gelap. Tak perlu takut tampak dempul karena warna dan pigmentasinya tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa menggunakannya untuk baking bagian bawah mata.

No.4

Pinkflash CosmeticsOhMySelf Oil Controller Loose Setting Powder

Mulai dari Rp100.000,00

Kemasan mini, pilihan yang tepat untuk touch up

Bedak dari Pinkflash Cosmetics ini bisa dijadikan pilihan terjangkau bagi pemilik kulit yang sangat berminyak. Setting powder ini diklaim dapat menyerap minyak seketika sehingga kulit akan menjadi extreme matte. Wajah pun bebas minyak selama 8 jam! Kemasannya terbilang mini sehingga cocok digunakan untuk touch up riasan Anda. Aplikatornya juga cukup nyaman dengan double layer flocking puff.

No.5

UnileverPond's Magic Face Powder

Mulai dari Rp26.000,00

Disukai semua kalangan, kualitas flawless dengan harga effortless

Banyak yang menjadikan setting powder ini sebagai bedak favorit. Hampir semua pengguna makeup, mulai dari pemula, daily user, hingga makeup artist mengakui kualitasnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, bedak ini dapat mengontrol minyak di wajah dengan sangat baik.


Walaupun hasilnya matte, produk ini mengandung sedikit butiran shimmer sehingga riasan Anda tampak sedikit berkilau. Selain harga yang bersahabat, produk ini tersedia di mana-mana. Anda dapat menemukannya di marketplace maupun convenience store.

No.6

N'PURECica Beat The Sun Powder

Mulai dari Rp119.000,00

Praktis, retouch makeup sekaligus reapply sunscreen!

Bedak tabur ini cocok bagi Anda yang ingin praktis. Hadir dengan brush bawaan, Anda bisa menyapukannya langsung untuk mengurangi kilap saat tengah beraktivitas. Anda tinggal membalikkan produk agar kuas terlapisi oleh bedak, lalu aplikasikan di wajah dengan gerakan memutar.


Sebagai sunscreen powder, produk ini memiliki SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kombinasi bahan physical sunscreen dan chemical sunscreen di dalamnya memberikan perlindungan maksimal. Selain itu, adanya kandungan Centella asiatica  juga dapat menenangkan kulit sehingga cocok bagi kulit berjerawat.

No.7

ChanelPoudre Universelle Libre

Mulai dari Rp899.500,00

Bedak mewah untuk tampil flawless di momen spesial Anda

Bedak high-end ini banyak dijadikan sebagai holy grail para makeup artist berkat kemampuannya menahan minyak yang sangat tinggi. Dibandingkan produk lain, butirannya paling halus dan paling mudah menyatu dengan foundation apa pun.


Dengan photo-reflective pigments, setting powder ini memantulkan cahaya sehingga wajah terlihat bersinar tanpa memperlihatkan tekstur atau kilap berlebih. Karena flawless dan tahan lama, bedak ini biasanya digunakan untuk acara-acara spesial seperti acara pernikahan.

No.8

WardahColorfit Mattifying Powder

Mulai dari Rp85.500,00

Tidak perlu takut kulit belang dengan SkinMatch Technology

Apakah Anda takut kulit terlihat belang saat memakai bedak tabur? Jangan khawatir, produk ini diformulasikan khusus dengan SkinMatch Technology yang bisa menyesuaikan dengan warna alami kulit Anda. Selain itu, bedak ini memiliki oil control sehingga wajah tampak bebas kilap. Ada juga perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, yaitu dengan tingkat SPF 30 dan PA+++.

No.9

Goban CosmeticsTranslucent Setting Powder

Mulai dari Rp129.000,00

Mau hasil matte atau glow, tinggal pilih sesuai keinginan

Produk lokal satu ini memberikan Anda opsi sesuai finish yang diberikan. Jika Anda memiliki kulit berminyak dan ingin tampil bebas kilap, silakan pilih varian Blur. Jika Anda berkulit kering atau ingin hasil akhir glowy yang natural, Anda bisa memilih Natural Glow.


Bagi yang berkulit kering, tidak perlu khawatir kulit akan kekeringan. Kedua variannya mengandung squalane sebagai pelembap dan vitamin E sebagai antioksidan. Selebihnya, kedua varian memberikan formula yang mirip, yaitu ringan, dapat menahan minyak, dan membantu menyamarkan pori-pori.

No.10

HourglassVeil Translucent Setting Powder

Mulai dari Rp340.000,00

Cantik natural seperti kulit kedua tanpa khawatir flashback

Produk ini terkenal karena mampu menghasilkan tampilan natural yang flawless tanpa flashback. Rahasianya terletak pada kandungan synthetic sapphire dan diamond powder. Dua bubuk permata ini mampu memantulkan cahaya tanpa berlebihan. Jika Anda ingin tampil prima di acara-acara khusus atau pemotretan, bedak ini layak dijadikan pilihan.


Walaupun isinya sedikit dibandingkan bedak lain, tutupnya didesain untuk menampung produk dengan takaran yang pas. Jadi, tidak akan ada bedak yang keluar berlebihan dan menjadi mubazir. Lagipula, Anda cukup membaurkan bedak ini sedikit untuk mencapai riasan yang flawless.

Pertanyaan umum seputar setting powder

Pertanyaan umum seputar setting powder

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar setting powder. Jika Anda masih penasaran dengan setting powder, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah setting powder menyebabkan jerawat?

Setting powder tidak menyebabkan jerawat. Setting powder memiliki butiran yang sangat halus sehingga tidak menyumbat pori-pori. Namun, Anda tetap harus membersihkan wajah dengan benar setelah menggunakannya.

Tips menggunakan setting powder agar tidak cakey dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Tips menggunakan setting powder agar tidak cakey dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Pastikan foundation yang digunakan sudah set di wajah. Ciri-cirinya yaitu foundation sudah tidak terlihat dan terasa terlalu basah. Rapikan kerutan atau garis-garis foundation dengan sponge lalu aplikasikan setting powder sedikit demi sedikit. Setelah itu, ratakan dengan puff.


Pastikan seluruh foundation telah ter-set oleh setting powder hingga terasa tidak lengket lagi di wajah dan terasa halus. Lalu, gunakan setting spray untuk mengunci setting powder. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi produk bedak terbaik lainnya di sini!

Selain setting powder, produsen kosmetik juga menawarkan berbagai variasi bedak agar riasan lebih optimal. Kami telah menyiapkan sejumlah artikel terkait bedak sebagai referensi untuk Anda. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan setting powder yang menarik hati? Sebelum membeli setting powder, pastikan produk tersebut sesuai dengan poin-poin di atas, ya! Selain mampu menahan makeup lebih lama, setting powder akan membuat wajah terlihat lebih flawless.


Anda juga bisa menggunakannya langsung di wajah untuk hasil natural serta memakainya sebagai penyerap minyak dan sebum. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi untuk memilih produk terbaik. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer