• 10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 BB Cream Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)

Saat mengaplikasikan makeup, produk yang tidak boleh dilewatkan adalah BB cream. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai alas bedak, BB cream berbeda dengan foundation karena memiliki tekstur yang lebih ringan. Itulah yang membuat BB cream cocok diaplikasikan untuk kulit berjerawat.


Pemilihan BB cream untuk kulit berjerawat mungkin agak tricky. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda mencari BB cream yang bagus untuk kulit berjerawat. Anda dapat menemukan beberapa merek terbaik, seperti Maybelline, Pixy, dan Purbasari. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Cut Auzola Azalia
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty blogger, Cut Auzola

Profil pakar: Beauty blogger, Cut Auzola
Cut Auzola Azalia
Beauty blogger & doll enthusiast
Cut Auzola Azalia

Auzola merupakan seorang blogger yang berfokus pada niche beauty trend sejak 2014. Selain menulis blog pribadi, Auzola juga sempat menjadi freelance beauty writer di Kawaii Beauty Japan (C Channel). Auzola pernah menjadi guest speaker di beberapa acara. Acara seperti MNC Living Ideas dan Binus TV yang bertema beauty pernah ia jumpai.


Pada 2016, Auzola juga diliput sebagai Top 10 Beauty Influencer oleh artikel The Jakarta Post. Selain menyukai makeup dan skincare, Auzola juga memiliki hobi mengoleksi boneka. Koleksi boneka utamanya yaitu Barbie dan Disney yang sering di-share olehnya di Instagram.

Manfaat BB cream untuk kulit berjerawat

Manfaat BB cream untuk kulit berjerawat

Beauty balm cream atau BB cream adalah produk dasar makeup asal Korea yang memiliki formula yang lebih ringan dibandingkan foundation. Selain itu, sebagian besar BB cream memberikan coverage yang lebih tipis dibandingkan foundation. BB cream juga kerap dilengkapi bahan-bahan yang bisa melembapkan, melembutkan, serta melindungi kulit dari sinar matahari.


Manfaat lainnya adalah BB cream bisa menyamarkan noda bekas jerawat dan membuat warna kulit tampak rata. Itulah sebabnya BB cream sangat cocok digunakan sehari-hari. 


Di pasaran Anda mungkin menemukan BB cream banyak memberikan hasil akhir matte pada riasan wajah. Meskipun begitu, kebanyakan BB cream memiliki tekstur yang creamy dan oily. Ada juga BB cream dengan satin dan matte finish yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit. Karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih produknya agar pori-pori tidak tertutup sehingga menimbulkan jerawat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih BB cream untuk kulit berjerawat

Jika ingin memiliki tampilan natural tanpa makeup yang berlebihan, sudah tepat jika Anda memilih BB cream. Supaya tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memilih BB cream untuk kulit berjerawat.

Hindari produk oil-based atau tinggi kandungan minyak

Hindari produk oil-based atau tinggi kandungan minyak

Untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, hindarilah memilih BB cream dengan kandungan tinggi minyak atau berbahan oil-based. Alih-alih bisa memberi efek glowing, kandungan ini justru membuat sebum muncul lebih banyak. Akibatnya, pori-pori jadi tersumbat, kemudian muncul jerawat dan komedo.


Sebaliknya, pilihlah BB cream yang tinggi kandungan air atau water-based sehingga tidak membuat wajah Anda tampak terlalu mengilap. Selain itu, jenis water-based baik untuk menghidrasi kulit berjerawat Anda. Untuk mempermudah saat memilih, Anda dapat memeriksa kemasannya apakah BB cream tersebut ditujukan untuk wajah berminyak atau bukan.

Perhatikan kandungan dalam BB cream

Agar tidak salah memilih BB cream, selalu perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Carilah beberapa jenis kandungan yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat. BB cream pilihan Anda sebaiknya tidak hanya mampu menyamarkan noda, tetapi juga membantu meredakan jerawat.

Soothing agent, menenangkan iritasi pada kulit

Soothing agent, menenangkan iritasi pada kulit

Bagi Anda pemilik kulit berjerawat, perhatikan keberadaan soothing agent atau bahan kandungan yang dapat menenangkan kulit dalam BB cream. Pasalnya, kulit yang berjerawat rentan mengalami iritasi dan kemerahan. Nah, bahan yang dapat menenangkan kulit akan membantu mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa bahan yang dapat Anda cari, antara lain:

  • Aloe vera
  • Allantoin
  • Witch hazel extract

Anti-inflamasi dan antiseptik, membantu mengempiskan dan tidak memperparah jerawat

Anti-inflamasi dan antiseptik, membantu mengempiskan dan tidak memperparah jerawat

Berikutnya, kandungan yang tidak kalah penting untuk Anda cari pada BB cream untuk kulit berjerawat adalah anti-inflamasi dan antiseptik. Sebagai contoh, Anda dapat memilih BB cream yang mengandung tea tree oil dengan khasiat sebagai antiseptik.


Seperti yang sudah diketahui, peradangan pada jerawat sering kali dipengaruhi oleh aktivitas bakteri. Karena itu, penggunaan produk skincare atau makeup yang mengandung antiseptik akan membantu mengempiskan jerawat.


Selain itu, Anda juga dapat menjatuhkan pilihan pada BB cream yang mengandung anti-inflamasi seperti salicylic acid. Fungsi utama bahan ini meredakan radang serta iritasi akibat jerawat. Tidak hanya itu, salicylic acid dapat mencegah penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori sekaligus mengontrol produksi sebum berlebih.

Formula cooling agent, membuat pori-pori tampak kecil

Formula cooling agent, membuat pori-pori tampak kecil

Kulit mengeluarkan keringat dan minyak melalui lubang kecil yang disebut pori-pori. Umumnya, pori-pori besar dimiliki oleh jenis kulit berminyak. Produksi minyak berlebih yang mengisi pori-pori membuatnya tampak lebih besar. Jika sebum atau minyak tersebut bercampur dengan kotoran atau sisa makeup, risiko timbulnya jerawat pun meningkat.


Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan BB cream dengan formula cooling agent yang bisa membuat pori-pori seolah-olah mengecil. Sensasi dinginnya membuat pembuluh darah menyempit sehingga kulit tampak halus. Bahan-bahan yang biasanya dijadikan cooling agent di antaranya mentol, timun, yoghurt, dan Aloe vera.

Pilih ekstra coverage untuk menutupi noda bekas jerawat

Pilih ekstra coverage untuk menutupi noda bekas jerawat

Seperti halnya pada foundation, penggunaan BB cream dapat memberikan coverage merata di seluruh kulit. Anda yang memiliki kulit berjerawat perlu mencari BB cream dengan ekstra coverage untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Akan tetapi, produksi sebum yang berlebih bisa jadi membuat coverage BB cream tidak bisa bertahan lama. Karena itu, carilah produk dengan tingkat coverage tinggi sehingga bisa menutupi noda bekas jerawat dan bertahan seharian.

Pertimbangkan yang dilengkapi UV protection

Pertimbangkan yang dilengkapi UV protection

Salah satu kelebihan BB cream adalah fungsi all-in-one product yang bisa berguna sebagai foundation, pelembap, sekaligus sunscreen atau tabir surya. Jadi, perhatikanlah kandungan UV protection di dalam BB cream supaya kulit Anda terlindungi dari radiasi sinar matahari.


Pada umumnya, BB cream memiliki kadar SPF (sun protection factor) mulai dari 20 hingga 30. Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah SPF yang tinggi untuk melindungi kulit dengan lebih baik. Meskipun dalam BB cream sudah terdapat SPF, sebaiknya tetap gunakan sunscreen secara terpisah sebelum ber-makeup agar perlindungan lebih maksimal.

Temukan shade yang sesuai dengan kulit Anda

Temukan shade yang sesuai dengan kulit Anda

Terakhir, memilih shade BB cream juga termasuk hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Warna BB cream yang terlalu terang akan membuat hasil makeup terlihat tidak alami. Tidak hanya itu, warna yang terlalu terang juga dapat membuat wajah Anda tampak abu-abu atau pucat. Sementara itu, bila warna BB cream lebih gelap dari tone kulit wajah Anda, makeup akan tampak kusam.


Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk mencobanya terlebih dulu sebelum membeli. Anda dapat mengoleskan sample BB cream di area leher dekat rahang untuk menemukan shade yang sesuai. Cobalah aplikasikan beberapa warna dan pilih yang paling menyerupai warna kulit leher dan rahang Anda.

Produk rekomendasi pakar

Isi20 ml
KandunganVitamin E, double whitening extract (mulberry & lemon)
Varian shadeLight ivory, natural beige
UV protectionSPF 30 PA+++
CoverageLight

10 Rekomendasi BB cream terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk BB cream terbaik untuk kulit berjerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cut Auzola.

10

MaybellineDream BB Pure

Mulai dari Rp 172.000,00

Isi30 ml
KandunganSalicylic acid, oil-free formula, vitamin E, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, EU allergen-free
Varian shadeLight, light/medium, medium, medium/deep, deep
UV protectionSPF 30
CoverageLight
9

Nature RepublicBee Venom BB Cream

Mulai dari Rp 225.000,00

Isi40 ml
KandunganBee venom complex
Varian shadeNatural beige, light beige
UV protectionSPF 30 PA++
CoverageMedium
8

Martha TilaarCaring by BIOKOS No More Shine BB Cream

Mulai dari Rp 138.100,00

Isi35 gr
KandunganMineral tourmaline, omega complex, vitamin E
Varian shadeLight, medium
UV protectionSPF 35 PA+++
CoverageLight to medium
7
Isi20 gr
KandunganHyaluronic acid, collagen, arbutin, vitamin E
Varian shadeTidak ada varian
UV protectionSPF 27 PA++
CoverageLight
6
Isi30 ml
KandunganTea tree oil
Varian shadeClearing
UV protectionSPF 30 PA++
CoverageLight to medium
5

Alliance CosmeticSilkygirl Magic BB Cream

Mulai dari Rp 72.000,00

Isi18 ml, 20 ml
KandunganAHA from 5 botanicals extracts, vitamin E, niaciamide, fragrance-free formula
Varian shadeNatural, radiant, tan
UV protectionSPF 30/PA+++
CoverageMedium to high
4
Isi25 ml
KandunganSnow mushroom, vitamin C, niacinamide
Varian shadeVanilla, almond, mocha
UV protectionSPF40 PA+++
CoverageLight
3

PurbasariBB Cream Brightening Cool Hydra Series

Mulai dari Rp 60.500,00

Isi35 ml
KandunganPollution protection formula, cooling agent
Varian shadeNatural, honey beige
UV protectionSPF 15
CoverageMedium
2
Isi20 ml
KandunganVitamin C, vitamin E, hyaluronic acid, allantoin
Varian shadeLight, natural, caramel
UV protectionSPF 32
CoverageLight
1
Isi15 ml, 30 ml
KandunganAloe vera extract, bio-hyaluronic acid, witch hazel extract, zinc gluconate
Varian shadeLight, natural
UV protectionSPF 30
CoverageMedium

Tabel perbandingan produk BB cream terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
Wardah BB Cream Every Day 1

Wardah

2
Emina Cosmetics Beauty Bliss BB Cream 1

Emina Cosmetics

3
Purbasari BB Cream Brightening Cool Hydra Series 1

Purbasari

4
Y.O.U Radiance White BB Cream 1

Y.O.U

5
Alliance Cosmetic Silkygirl Magic BB Cream 1

Alliance Cosmetic

6
Holika Holika Petit BB (AD) 1

Holika Holika

7
Rohto Skin Aqua BB Perfect Matte 1

Rohto

8
Martha Tilaar Caring by BIOKOS No More Shine BB Cream 1

Martha Tilaar

9
Nature Republic Bee Venom BB Cream  1

Nature Republic

10
Maybelline Dream BB Pure 1

Maybelline

Nama produk

BB Cream Every Day

Beauty Bliss BB Cream

BB Cream Brightening Cool Hydra Series

Radiance White BB Cream

Silkygirl Magic BB Cream

Petit BB (AD)

Skin Aqua BB Perfect Matte

Caring by BIOKOS No More Shine BB Cream

Bee Venom BB Cream

Dream BB Pure

Keunggulan

Formulanya memberi efek segar dan sejuk di kulit

Dengan antioksidan, cegah penuaan dini pada kulit

Bantu mengecilkan pori-pori sekaligus melindungi kulit Anda dari polusi

Kulit cerah natural tanpa noda jerawat bukan lagi sekadar impian

Kandungan fragrance-free, cegah munculnya jerawat

Peradangan jerawat reda, complexion pun tampak mulus!

Menyamarkan noda bekas jerawat dan tampil no makeup look sampai delapan jam

Wajah halus dan bebas minyak untuk waktu yang lama

Bee venom, kandungan alami yang aman untuk kulit sensitif dan berjerawat

Dapatkan 8 manfaat dalam 1 produk!

Harga mulai dariRp 28.500,00Rp 36.500,00Rp 60.500,00Rp 58.000,00Rp 72.000,00Rp 138.000,00Rp 46.600,00Rp 138.100,00Rp 225.000,00Rp 172.000,00
Isi15 ml, 30 ml20 ml35 ml25 ml18 ml, 20 ml30 ml20 gr35 gr40 ml30 ml
KandunganAloe vera extract, bio-hyaluronic acid, witch hazel extract, zinc gluconateVitamin C, vitamin E, hyaluronic acid, allantoin Pollution protection formula, cooling agentSnow mushroom, vitamin C, niacinamideAHA from 5 botanicals extracts, vitamin E, niaciamide, fragrance-free formulaTea tree oilHyaluronic acid, collagen, arbutin, vitamin EMineral tourmaline, omega complex, vitamin EBee venom complexSalicylic acid, oil-free formula, vitamin E, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, EU allergen-free
Varian shadeLight, naturalLight, natural, caramelNatural, honey beigeVanilla, almond, mochaNatural, radiant, tanClearingTidak ada varianLight, mediumNatural beige, light beigeLight, light/medium, medium, medium/deep, deep
UV protectionSPF 30SPF 32SPF 15SPF40 PA+++SPF 30/PA+++SPF 30 PA++SPF 27 PA++SPF 35 PA+++SPF 30 PA++SPF 30
CoverageMediumLightMediumLightMedium to highLight to mediumLightLight to mediumMediumLight
Tautan produk

Baca juga rekomendasi BB cream lainnya di sini

Selain untuk kulit berjerawat, Anda yang memiliki kulit kering, sensitif, atau berminyak juga perlu menggunakan BB cream. Anda juga bisa memilih BB cream yang sesuai dengan usia. Jika Anda sedang mencari BB cream lainnya, beberapa artikel di bawah ini bisa membantu.

Kesimpulan

BB cream adalah produk yang praktis untuk mendukung penampilan, termasuk bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Noda bekas jerawat dan produksi minyak berlebih dapat dikontrol dengan penggunakan BB cream yang tepat. 


Kami tadi telah memberikan rekomendasi produk BB cream terbaik untuk kulit berjerawat. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Selamat memilih dan tampil lebih percaya diri dengan BB cream

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai merek kosmetik lokal yang sangat populer di Indonesia, Wardah telah mengeluarkan berbagai produk berkualitas. Salah satu produk yang digandrungi adalah bedak. Bedak Wardah memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Dengan kualitas yang bagus, bedak Wardah dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya satu jenis, Wardah sudah mengeluarkan beberapa jenis bedak yang memiliki kegunaan masing-masing. Namun, tidak sedikit orang yang salah pilih bedak sehingga hasilnya tidak maksimal. Untuk itu, kali ini kami akan membagi cara memilih dan memberi rekomendasi bedak Wardah yang cocok untuk Anda. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak sedikit orang dengan tipe kulit kombinasi yang kesulitan memilih foundation yang bagus. Jika memilih foundation berdaya coverage tinggi, wajah cenderung menjadi kering. Sementara itu, sebagian foundation juga dapat membuat daerah T-zone makin berminyak. Rasanya jadi serbasalah, ya!Agar Anda tidak kesulitan mencari foundation, kali ini kami akan membagikan tips memilih foundation untuk kulit kombinasi. Baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek yang bagus, seperti Mineral Botanica, Make over, Maybelline, dan lainnya. Ayo simak artikelnya sampai selesai!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori