• 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Riasan mata yang bagus akan mempercantik image yang Anda tampilkan. Dari sekian banyak produk eyeshadow di pasaran, cobalah melirik produk-produk lokal yang tak kalah dari produk luar. Sebut saja eyeshadow merek Wardah, ESQA, dan Inez yang dapat digunakan untuk daily ataupun glamour makeup.


Simak artikel ini untuk mendapatkan tips memilih eyeshadow lokal terbaik. Baca juga rekomendasi produk eyeshadow lokal yang bagus untuk mendapatkan berbagai hasil riasan. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica, lho! Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Fithrah Al Insani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup Artist, Fithrah Al Insani Javanica

Profil pakar: Makeup Artist, Fithrah Al Insani Javanica
Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin.


Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eyeshadow lokal

Untuk mendapatkan produk eyeshadow lokal yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ikuti tips dari kami berikut ini. Anda bisa memilih eyeshadow berdasarkan karakteristik brand, jenis, warna, dan hasil akhirnya.

Ketahui karakteristik beberapa merek lokal

Banyak sekali merek lokal yang mengeluarkan produk eyeshadow. Nah, supaya tidak bingung, Anda bisa memulainya dengan memilih karakteristik produsennya. Sesuaikanlah dengan idealisme atau kepribadian Anda.

Wardah, Make Over, dan Emina: Menyasar target konsumen tertentu

PT. Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Sejumlah merek populer seperti Wardah, Make Over, dan Emina berada di bawah naungan perusahaan ini. Berikut karakteristik dari tiap merek keluaran raksasa kosmetik ini.

  • Wardah merupakan pionir kosmetik yang mengusung tema halal dan muslimah friendly. 
  • Make Over lebih menyasar konsumen kaum urban, baik pemula maupun profesional dalam makeup.
  • Emina memiliki ciri khas desain yang fresh dan berwarna cerah karena menargetkan konsumen remaja. 

Inez dan Viva: Merek legendaris dengan harga terjangkau

Inez pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1998. Di sisi lain, Viva Cosmetics sudah diproduksi sejak tahun 1962. Kekayaan alam Indonesia menjadi inspirasi bagi Inez dan Viva untuk menciptakan rangkaian produknya. Hingga saat ini keduanya terus berinovasi menghadirkan produk kecantikan dengan harga yang tergolong terjangkau.

Sejumlah merek indie yang tengah populer di kalangan beauty enthusiast

Beberapa tahun terakhir, banyak merek lokal yang turut meramaikan industri kosmetik tanah air. Merek lokal ini biasanya berawal dari skala kecil atau melalui jalur independen. Konsep yang dihadirkan pun beragam dan cenderung dikemas secara modern. 

  • Rollover Reaction yang muncul tahun 2016 mengusung konsep kosmetik multifungsi. Produk pertamanya berupa lip cream yang dapat digunakan di bibir, mata, dan pipi.
  • BLP Beauty juga hadir pada tahun 2016 yang mengutamakan keunikan di tiap individu. Karena itu, model yang ditampilkan BLP menampilkan keberagaman dari sisi warna kulit dan gender. 
  • ESQA diluncurkan pada 2016 dan menjadi salah satu pelopor kosmetik lokal vegan. Produk ESQA diformulasikan tanpa bahan-bahan berbahaya dan dikemas secara glamour chic. 

Pilih berdasarkan jenis eyeshadow

Ada beragam jenis eyeshadow yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Di bagian ini, kami akan mengulas tiga jenis eyeshadow yang banyak ditemui di pasaran. Bacalah sampai habis untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Pressed powder: Teksturnya kering, mudah diratakan

Pressed powder: Teksturnya kering, mudah diratakan

Pressed powder eyeshadow merupakan jenis eyeshadow bubuk yang dipadatkan. Tipe eyeshadow yang paling mudah ditemui dan banyak tersedia di pasaran ini biasanya dijual dalam bentuk palet. Pressed powder eyeshadow bisa menghemat budget Anda karena biasanya dalam satu palet sudah terdapat banyak warna. 


Formula yang cenderung kering membuatnya mudah dibaurkan dan di-blend. Umumnya, eyeshadow ini diaplikasikan dengan kuas, tetapi banyak juga yang lebih memilih untuk menggunakan jari. Eyeshadow jenis ini cocok digunakan pada kelopak mata yang berminyak

Liquid dan cream: Lebih pigmented dan anti-fallout

Liquid eyeshadow umumnya dikemas dalam botol dan dilengkapi dengan aplikator. Sementara itu, cream eyeshadow biasanya hadir dalam kemasan menyerupai pot. Keduanya memiliki tekstur creamy dan warna pigmented yang dapat dibaurkan dengan aplikator atau jari. 


Kedua jenis eyeshadow ini cocok digunakan pada kelopak mata yang kering. Sayangnya, liquid eyeshadow kurang disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kelopak mata berminyak. Karena teksturnya yang cair, eyeshadow jadi mudah menghilang jika terkena keringat. 


Nah, Anda dapat mempertimbangkan liquid eyeshadow atau cream eyeshadow dengan klaim waterproof dan smudgeproof. Dengan begitu, riasan mata Anda dapat bertahan meskipun terkena keringat, hujan, atau tidak sengaja tergosok. Cek artikel yang khusus membahas liquid dan cream eyeshadow di bawah ini, ya!

Stick: Praktis, tidak perlu menggunakan brush untuk mengaplikasikannya

Stick eyeshadow merupakan bentuk yang paling praktis jika dibandingkan dengan jenis eyeshadow lainnya. Bentuknya yang menyerupai krayon atau bolpoin sangat compact sehingga tidak memakan banyak tempat. Cara mengaplikasikannya pun simple tanpa perlu menggunakan kuas atau aplikator lain. 


Meskipun berbentuk stick, formula eyeshadow ini rata-rata creamy dan cukup pigmented. Anda dapat mengaplikasikannya, lalu meratakannya dengan jari. Tidak perlu repot touch up eyeshadow karena formulanya tahan untuk digunakan seharian. Bahkan, produk ini aman untuk kelopak mata berminyak.

Sesuaikan warna eyeshadow dengan image yang ingin ditampilkan

Sesuaikan warna eyeshadow dengan image yang ingin ditampilkan

Warna eyeshadow yang Anda gunakan dapat menjadi cerminan kepribadian Anda. Untuk itu, pilihlah warna eyeshadow sesuai dengan image yang ingin ditampilkan. 


  • Warna-warna cerah seperti kuning dan hijau menonjolkan karakter Anda yang playful dan energik. 
  • Warna pink dan orange untuk menampilkan image segar dan feminin.
  • Warna navy atau abu-abu untuk mempertegas karakter Anda yang cool.
  • Warna ungu untuk Anda yang sedang ingin tampil sexy
  • Warna earth tone untuk daily makeup supaya tampilan tetap natural dan tidak berlebihan.

Anda dapat mempertimbangkan eyeshadow berdasarkan jumlah warna yang tersedia dalam satu produk. Eyeshadow palette lokal dapat menjadi pilihan bila Anda ingin mendapatkan banyak warna sekaligus. Namun, terkadang ada warna yang jarang dipakai. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan single eyeshadow lokal atau produk berbentuk satuan. 

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Hasil akhir dari eyeshadow yang Anda pilih bisa menentukan karakter tampilan Anda. Setidaknya, ada lima jenis finish yang sering ditemui di pasaran, yaitu matte, shimmer, satin, glittery, dan metallic. Berikut ini adalah karakter masing-masing finish.


  • Matte: tanpa kilap, formulanya pekat dan pigmented. Eyeshadow jenis ini cocok untuk riasan natural.
  • Shimmer: warnanya cenderung samar, formulanya lembut dengan kilap halus. Finish ini biasa digunakan sebagai highlighter kelopak mata untuk memberi kesan dramatis.
  • Satin: merupakan gabungan dari matte dan shimmer. Jenis ini aman digunakan oleh pemula yang belum cukup percaya diri dalam menggunakan shimmer eyeshadow.
  • Glittery: mengandung glitter. Eyeshadow ini memberi efek kelap-kelip di mata sehingga cocok untuk tampilan glamor.
  • Metallic: memberi kesan berkilau dengan warna-warna logam. Anda bisa memakainya untuk mendapat tampilan glamor.

Pastikan eyeshadow sesuai dengan bentuk kelopak mata

Pastikan eyeshadow sesuai dengan bentuk kelopak mata

Dari berbagai jenis kelopak mata, yang umum ditemui adalah mata monolid (tanpa lipatan), hooded (lipatan mata seperti tenggelam), dan double lids (lipatan sempurna). Agar eyeshadow dapat membuat mata tampak lebih cantik, pemilihan warna yang digunakan haruslah tepat.


  • Untuk jenis kelopak mata monolid dan hooded, sebaiknya memilih warna seperti orange dan beige yang mudah menyatu dengan warna kulit. Hindari menggunakan warna merah sebagai warna utama karena akan menimbulkan kesan mata bengkak. Warna-warna bold cukup aman digunakan apabila hanya diaplikasikan di sudut luar mata.

  • Mata double lids akan tampil cantik dengan warna-warna pastel. Agar tampilannya lebih berani, gunakan highlight di tengah kelopak mata. Warna-warna bold masih aman digunakan selama tidak diaplikasikan secara merata. Bila diaplikasikan merata, mata akan tampak terlalu penuh. Namun, jika kelopak mata besar dan bulat, jangan dibuat smokey eyes dan cut crease karena akan membuat mata lebih besar.

10 Rekomendasi eyeshadow lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeshadow lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani.

10

Rollover ReactionGlazed! Liquid Eye Tint

Mulai dari Rp 129.000,00

Jenis eyeshadowLiquid
Hasil akhirShimmer
Varian warna5 warna
BPOM
9
Jenis eyeshadowStick
Hasil akhirSatin
Varian warna8 warna
BPOM
8

Dear Me BeautyPerfect Glitz Liquid Eyeshadow

Mulai dari Rp 89.000,00

Jenis eyeshadowLiquid
Hasil akhirGlittery
Varian warna3 warna
BPOM
7
Jenis eyeshadowLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna5 warna
BPOM
6
Jenis eyeshadowStick
Hasil akhirShimmer, matte
Varian warna4 warna
BPOM
5

WardahInstaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette

Mulai dari Rp 157.000,00

Jenis eyeshadowPressed powder
Hasil akhirShimmer, matte
Varian warna10 warna (1 palet)
BPOM
4
Jenis eyeshadowPressed powder
Hasil akhirMatte, shimmery, glittery
Varian warna12 warna (2 palet)
BPOM
3
Jenis eyeshadowCream
Hasil akhirSatin
Varian warna8 warna
BPOM
2
Jenis eyeshadowPressed powder
Hasil akhirShimmery, matte
Varian warna4 warna (8 palet)
BPOM
1
Jenis eyeshadowPressed powder
Hasil akhirMatte, satin, shimmer
Varian warna9 warna (3 palet)
BPOM

Tabel perbandingan produk eyeshadow lokal terbaik

Gambar produk
1
ESQA Goddess Eyeshadow Palette 1

ESQA

2
Inez Eyeshadow Collection 1

Inez

3
Viva Cosmetics Eye Shadow Cream 1

Viva Cosmetics

4
Madame Gie Playful Eyeshadow 1

Madame Gie

5
Wardah Instaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette 1

Wardah

6
BLP Beauty Eyeshadow Pen 1

BLP Beauty

7
allglows Lid Pigment  1

allglows

8
Dear Me Beauty Perfect Glitz Liquid Eyeshadow 1

Dear Me Beauty

9
PIXY Line & Shadow 1

PIXY

10
Rollover Reaction Glazed! Liquid Eye Tint 1

Rollover Reaction

Nama produk

Goddess Eyeshadow Palette

Eyeshadow Collection

Eye Shadow Cream

Playful Eyeshadow

Instaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette

Eyeshadow Pen

Lid Pigment

Perfect Glitz Liquid Eyeshadow

Line & Shadow

Glazed! Liquid Eye Tint

Keunggulan

Menghasilkan warna yang stand out meski tanpa memakai primer

Compact dengan cermin dan aplikator untuk dibawa bepergian

Teksturnya creamy, mudah menempel di kelopak mata kering

Eyeshadow lokal untuk Korean look dengan harga terjangkau

Kreasikan berbagai looks hanya dengan satu palette

Praktis dan aman! Belajar berdandan jadi lebih mudah

Mengandung mineral powder, tahan hingga 12 jam!

Menjadikan mata Anda tampak lebih bersinar

2-in-1, dapat juga digunakan sebagai eyeliner

Tampil bold dalam waktu yang singkat dengan sekali polesan!

Harga mulai dariRp 245.000,00Rp 54.000,00Rp 9.650,00Rp 50.000,00Rp 157.000,00Rp 139.000,00Rp 110.000,00Rp 89.000,00Rp 43.500,00Rp 129.000,00
Jenis eyeshadowPressed powderPressed powderCreamPressed powderPressed powderStickLiquidLiquidStickLiquid
Hasil akhirMatte, satin, shimmerShimmery, matteSatinMatte, shimmery, glitteryShimmer, matteShimmer, matteMatteGlitterySatinShimmer
Varian warna9 warna (3 palet)4 warna (8 palet)8 warna12 warna (2 palet)10 warna (1 palet)4 warna5 warna3 warna8 warna5 warna
BPOM
Tautan produk

Tips menggunakan eyeshadow

Tips menggunakan eyeshadow

Setelah memilih eyeshadow yang tepat, mungkin beberapa dari Anda masih merasa kesulitan untuk mengaplikasikannya. Simak tips menggunakan eyeshadow di bawah ini untuk riasan mata yang tampak stunning, yuk!


  1. Pertama, pastikan kelopak mata Anda dalam keadaan kering. 
  2. Untuk mengurangi risiko fallout dan supaya warna yang keluar lebih stand out, gunakan eye primer sebelum mengaplikasikan eyeshadow. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan concealer atau foundation sebagai primer
  3. Sebagai warna dasar, pilih eyeshadow dengan warna natural seperti cokelat atau peach yang memiliki hasil matte. Usahakan untuk mengaplikasikannya tipis-tipis dahulu dengan brush atau jari. 
  4. Tambahkan eyeshadow yang lebih gelap dari warna dasar di kelopak mata bagian luar. Lalu, baurkan hingga gradasi warnanya terlihat harmonis. Jika ingin tampak lebih berdimensi, aplikasikan eyeshadow shimmer atau glittery di tengah kelopak mata dan bagian inner corner.

Baca juga rekomendasi produk eyeshadow lainnya di sini

Untuk mendapatkan hasil riasan yang bagus, diperlukan makeup dengan kualitas yang baik. Makeup mata yang bagus akan membuat keseluruhan riasan tampak bagus juga. Kami memiliki berbagai rekomendasi produk eyeshadow terbaik lainnya yang dapat Anda jadikan referensi. Apabila Anda tertarik untuk membacanya, Anda dapat membuka link di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan eyeshadow lokal yang sesuai keinginan? Untuk mendapatkan eyeshadow lokal terbaik, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan image yang ingin Anda tampilkan. Pastikan juga untuk memilih warna dan finish yang sesuai dengan kepribadian Anda. 


Agar makeup tidak monoton, sesekali berkreasilah dengan menggunakan warna-warna yang unik. Semoga Anda menemukan eyeshadow lokal idaman untuk mengekspresikan diri Anda. Selamat mempercantik diri dengan hasil produksi dalam negeri.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeliner merupakan salah satu makeup yang dapat memperkuat riasan wajah. Eyeliner waterproof yang tahan lama tentunya baik untuk dipilih. Namun, apakah Anda tahu cara memilih waterproof eyeliner yang pas untuk Anda? Kali ini, kami akan membagikan cara memilih waterproof eyeliner yang bagus.Kami juga merangkum rekomendasi waterproof eyeliner terbaik yang dapat dibeli secara online. Waterproof eyeliner, baik merek lokal maupun Korean brand, seperti Wardah, Maybelline, HOLIKA HOLIKA, hingga Y.O.U juga ada. Baca juga informasi tambahan dari makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica dan temukan eyeliner recommended untuk Anda!
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara waterproof adalah maskara antiair yang tidak akan luntur meskipun Anda berkeringat atau menangis. Maskara ini dapat menjaga riasan bulu mata Anda tetap cantik dan ideal untuk pemakaian harian. Merek-merek makeup ternama, seperti Maybelline, Wardah, dan Too Faced mengeluarkan maskara waterproof yang bagus dan tahan lama.Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi produk-produk terbaiknya. Ada maskara waterproof murah yang harganya di bawah 20 ribu juga, lho! Bookmark artikel ini dan temukan maskara waterproof terbaik untuk riasan bulu mata yang sempurna.
    Makeup mata
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan maskara dinilai dapat membuat riasan mata menjadi lebih hidup. Namun, saat menggunakan maskara mungkin Anda khawatir maskara tersebut akan luntur terkena air atau keringat. Untuk itu, kami akan membahas produk maskara bagus dan tahan lama beserta tips memilihnya.Rekomendasi merek maskara terbaik, seperti L’Oreal, Make Over, dan Maybelline dapat Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, langsung saja kita bahas cara memilih maskara yang bagus. 
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara bening adalah pilihan tepat bagi anak sekolah dan para penyuka makeup natural. Produk ini populer karena bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menjaga kelentikan bulu mata serta sebagai base maskara biasa. Beberapa di antaranya juga mengandung bahan kecantikan yang bermanfaat bagi bulu mata.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih maskara bening serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Berbagai maskara bagus dari merek terkenal, seperti Innisfree, Maybelline, dan sebagainya turut kami ulas. Ada juga maskara bening murah dan maskara bening untuk sekolah yang bisa Anda pertimbangkan. Mari disimak! 
    Makeup mata
  • 10 Eyeshadow Palette Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeshadow Palette Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeshadow palette bila digunakan bersama pensil alis dan maskara akan menjadi paduan luar biasa untuk memperindah mata Anda. Berbagai eyeshadow palette dari merek lokal hingga internasional seperti Urban Decay, Implora, Make Over, dan lainnya banyak dijual di pasaran. Warna yang ditawarkan pun tidak kalah ragamnya.Kami akan memberikan rekomendasi eyeshadow palette terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan tips penggunaan eyeshadow yang bagus di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Ikuti terus dan dapatkan warna yang cantik untuk mata Anda!
    Makeup mata
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeliner adalah unsur penting dalam makeup untuk mengoreksi bentuk mata agar terlihat lebih tajam, tegas, bahkan besar. Berbagai tipe eyeliner tersedia di pasaran, seperti tipe cair, gel, atau pensil. Berbagai merk terbaik, seperti Wardah, Maybelline, Make Over, dan lainnya juga menghadirkan produk dengan kelebihannya masing-masing. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi produk eyeliner yang bagus untuk Anda. Baca juga tips tambahan serta cara menggunakan eyeliner untuk pemula dari makeup artist kami, Renata Aprianti. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih eyeliner terbaik!
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Tint Eyebrow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tint Eyebrow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tint eyebrow adalah produk kosmetik yang dapat membentuk dan mewarnai alis hingga tahan berhari-hari meski tanpa touch-up. Saat ini, tint eyebrow disukai berkat kelebihannya tersebut. Berbagai merek, seperti Focallure, Mizzu Cosmetics, juga Maybelline telah mengeluarkan produk terbaiknya. Jenisnya pun beragam, mulai dari gel, spidol alis, hingga henna alis.Dengan banyaknya tint eyebrow di pasaran, apakah Anda tahu cara menemukan produk yang bagus? Tidak perlu bingung, kami akan membantu Anda memilih tint eyebrow yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk terbaik akan kami jabarkan. Yuk, disimak!
    Makeup mata
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori