mybest
Eyeshadow

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup mata
  4. 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

Riasan mata yang bagus akan mempercantik image yang Anda tampilkan. Dari sekian banyak produk eyeshadow di pasaran, cobalah melirik produk-produk lokal yang tak kalah dari produk luar. Sebut saja eyeshadow merek Wardah, ESQA, dan Inez yang dapat digunakan untuk daily ataupun glamour makeup.


Simak artikel ini untuk mendapatkan tips memilih eyeshadow lokal terbaik. Baca juga rekomendasi produk eyeshadow lokal yang bagus untuk mendapatkan berbagai hasil riasan. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica, lho! Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

Diperbaharui 14/07/2023
Fithrah Al Insani
Pakar
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin. Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Profil Fithrah Al Insani
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eyeshadow lokal

Untuk mendapatkan produk eyeshadow lokal yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ikuti tips dari kami berikut ini. Anda bisa memilih eyeshadow berdasarkan karakteristik brand, jenis, warna, dan hasil akhirnya.

1

Ketahui karakteristik beberapa merek lokal

Banyak sekali merek lokal yang mengeluarkan produk eyeshadow. Nah, supaya tidak bingung, Anda bisa memulainya dengan memilih karakteristik produsennya. Sesuaikanlah dengan idealisme atau kepribadian Anda.

Wardah, Make Over, dan Emina: Menyasar target konsumen tertentu

Wardah, Make Over, dan Emina: Menyasar target konsumen tertentu
Sumber: shop.wardahbeauty.com

PT. Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Sejumlah merek populer seperti Wardah, Make Over, dan Emina berada di bawah naungan perusahaan ini. Berikut karakteristik dari tiap merek keluaran raksasa kosmetik ini.

  • Wardah merupakan pionir kosmetik yang mengusung tema halal dan muslimah friendly. 
  • Make Over lebih menyasar konsumen kaum urban, baik pemula maupun profesional dalam makeup.
  • Emina memiliki ciri khas desain yang fresh dan berwarna cerah karena menargetkan konsumen remaja. 

Inez dan Viva: Merek legendaris dengan harga terjangkau

Inez pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1998. Di sisi lain, Viva Cosmetics sudah diproduksi sejak tahun 1962. Kekayaan alam Indonesia menjadi inspirasi bagi Inez dan Viva untuk menciptakan rangkaian produknya. Hingga saat ini keduanya terus berinovasi menghadirkan produk kecantikan dengan harga yang tergolong terjangkau.

Sejumlah merek indie yang tengah populer di kalangan beauty enthusiast

Beberapa tahun terakhir, banyak merek lokal yang turut meramaikan industri kosmetik tanah air. Merek lokal ini biasanya berawal dari skala kecil atau melalui jalur independen. Konsep yang dihadirkan pun beragam dan cenderung dikemas secara modern. 

  • Rollover Reaction yang muncul tahun 2016 mengusung konsep kosmetik multifungsi. Produk pertamanya berupa lip cream yang dapat digunakan di bibir, mata, dan pipi.
  • BLP Beauty juga hadir pada tahun 2016 yang mengutamakan keunikan di tiap individu. Karena itu, model yang ditampilkan BLP menampilkan keberagaman dari sisi warna kulit dan gender. 
  • ESQA diluncurkan pada 2016 dan menjadi salah satu pelopor kosmetik lokal vegan. Produk ESQA diformulasikan tanpa bahan-bahan berbahaya dan dikemas secara glamour chic. 
2

Pilih berdasarkan jenis eyeshadow

Ada beragam jenis eyeshadow yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Di bagian ini, kami akan mengulas tiga jenis eyeshadow yang banyak ditemui di pasaran. Bacalah sampai habis untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Pressed powder: Teksturnya kering, mudah diratakan

Pressed powder: Teksturnya kering, mudah diratakan

Pressed powder eyeshadow merupakan jenis eyeshadow bubuk yang dipadatkan. Tipe eyeshadow yang paling mudah ditemui dan banyak tersedia di pasaran ini biasanya dijual dalam bentuk palet. Pressed powder eyeshadow bisa menghemat budget Anda karena biasanya dalam satu palet sudah terdapat banyak warna. 


Formula yang cenderung kering membuatnya mudah dibaurkan dan di-blend. Umumnya, eyeshadow ini diaplikasikan dengan kuas, tetapi banyak juga yang lebih memilih untuk menggunakan jari. Eyeshadow jenis ini cocok digunakan pada kelopak mata yang berminyak

Liquid dan cream: Lebih pigmented dan anti-fallout

Liquid eyeshadow umumnya dikemas dalam botol dan dilengkapi dengan aplikator. Sementara itu, cream eyeshadow biasanya hadir dalam kemasan menyerupai pot. Keduanya memiliki tekstur creamy dan warna pigmented yang dapat dibaurkan dengan aplikator atau jari. 


Kedua jenis eyeshadow ini cocok digunakan pada kelopak mata yang kering. Sayangnya, liquid eyeshadow kurang disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kelopak mata berminyak. Karena teksturnya yang cair, eyeshadow jadi mudah menghilang jika terkena keringat. 


Nah, Anda dapat mempertimbangkan liquid eyeshadow atau cream eyeshadow dengan klaim waterproof dan smudgeproof. Dengan begitu, riasan mata Anda dapat bertahan meskipun terkena keringat, hujan, atau tidak sengaja tergosok. Cek artikel yang khusus membahas liquid dan cream eyeshadow di bawah ini, ya!

Stick: Praktis, tidak perlu menggunakan brush untuk mengaplikasikannya

Stick eyeshadow merupakan bentuk yang paling praktis jika dibandingkan dengan jenis eyeshadow lainnya. Bentuknya yang menyerupai krayon atau bolpoin sangat compact sehingga tidak memakan banyak tempat. Cara mengaplikasikannya pun simple tanpa perlu menggunakan kuas atau aplikator lain. 


Meskipun berbentuk stick, formula eyeshadow ini rata-rata creamy dan cukup pigmented. Anda dapat mengaplikasikannya, lalu meratakannya dengan jari. Tidak perlu repot touch up eyeshadow karena formulanya tahan untuk digunakan seharian. Bahkan, produk ini aman untuk kelopak mata berminyak.

3

Sesuaikan warna eyeshadow dengan image yang ingin ditampilkan

Sesuaikan warna eyeshadow dengan image yang ingin ditampilkan

Warna eyeshadow yang Anda gunakan dapat menjadi cerminan kepribadian Anda. Untuk itu, pilihlah warna eyeshadow sesuai dengan image yang ingin ditampilkan. 


  • Warna-warna cerah seperti kuning dan hijau menonjolkan karakter Anda yang playful dan energik. 
  • Warna pink dan orange untuk menampilkan image segar dan feminin.
  • Warna navy atau abu-abu untuk mempertegas karakter Anda yang cool.
  • Warna ungu untuk Anda yang sedang ingin tampil sexy
  • Warna earth tone untuk daily makeup supaya tampilan tetap natural dan tidak berlebihan.

Anda dapat mempertimbangkan eyeshadow berdasarkan jumlah warna yang tersedia dalam satu produk. Eyeshadow palette lokal dapat menjadi pilihan bila Anda ingin mendapatkan banyak warna sekaligus. Namun, terkadang ada warna yang jarang dipakai. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan single eyeshadow lokal atau produk berbentuk satuan. 

4

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Hasil akhir dari eyeshadow yang Anda pilih bisa menentukan karakter tampilan Anda. Setidaknya, ada lima jenis finish yang sering ditemui di pasaran, yaitu matte, shimmer, satin, glittery, dan metallic. Berikut ini adalah karakter masing-masing finish.


  • Matte: tanpa kilap, formulanya pekat dan pigmented. Eyeshadow jenis ini cocok untuk riasan natural.
  • Shimmer: warnanya cenderung samar, formulanya lembut dengan kilap halus. Finish ini biasa digunakan sebagai highlighter kelopak mata untuk memberi kesan dramatis.
  • Satin: merupakan gabungan dari matte dan shimmer. Jenis ini aman digunakan oleh pemula yang belum cukup percaya diri dalam menggunakan shimmer eyeshadow.
  • Glittery: mengandung glitter. Eyeshadow ini memberi efek kelap-kelip di mata sehingga cocok untuk tampilan glamor.
  • Metallic: memberi kesan berkilau dengan warna-warna logam. Anda bisa memakainya untuk mendapat tampilan glamor.
5

Pastikan eyeshadow sesuai dengan bentuk kelopak mata

Pastikan eyeshadow sesuai dengan bentuk kelopak mata

Dari berbagai jenis kelopak mata, yang umum ditemui adalah mata monolid (tanpa lipatan), hooded (lipatan mata seperti tenggelam), dan double lids (lipatan sempurna). Agar eyeshadow dapat membuat mata tampak lebih cantik, pemilihan warna yang digunakan haruslah tepat.


  • Untuk jenis kelopak mata monolid dan hooded, sebaiknya memilih warna seperti orange dan beige yang mudah menyatu dengan warna kulit. Hindari menggunakan warna merah sebagai warna utama karena akan menimbulkan kesan mata bengkak. Warna-warna bold cukup aman digunakan apabila hanya diaplikasikan di sudut luar mata.

  • Mata double lids akan tampil cantik dengan warna-warna pastel. Agar tampilannya lebih berani, gunakan highlight di tengah kelopak mata. Warna-warna bold masih aman digunakan selama tidak diaplikasikan secara merata. Bila diaplikasikan merata, mata akan tampak terlalu penuh. Namun, jika kelopak mata besar dan bulat, jangan dibuat smokey eyes dan cut crease karena akan membuat mata lebih besar.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi eyeshadow lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeshadow lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

ESQA

Goddess Eyeshadow Palette

ESQA Goddess Eyeshadow Palette 1

Rp245.000

Lebih Mahal

Menghasilkan warna yang stand out meski tanpa memakai primer

2

Inez

Eyeshadow Collection

Inez Eyeshadow Collection 1

Rp54.000

Agak Murah

Compact dengan cermin dan aplikator untuk dibawa bepergian

3

Viva Cosmetics

Eye Shadow Cream

Viva Cosmetics Eye Shadow Cream 1

Rp9.650

Lebih Murah

Teksturnya creamy, mudah menempel di kelopak mata kering

4

Madame Gie

Playful Eyeshadow

Madame Gie Playful Eyeshadow 1

Rp50.000

Agak Murah

Eyeshadow lokal untuk Korean look dengan harga terjangkau

5

Wardah

Instaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette

Wardah Instaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette 1

Rp157.000

Agak Mahal

Kreasikan berbagai looks hanya dengan satu palette

6

BLP Beauty

Eyeshadow Pen

BLP Beauty Eyeshadow Pen 1

Rp139.000

Agak Mahal

Praktis dan aman! Belajar berdandan jadi lebih mudah

7

allglows

Lid Pigment

allglows Lid Pigment  1

Rp110.000

Menengah

Mengandung mineral powder, tahan hingga 12 jam!

8

Dear Me Beauty

Perfect Glitz Liquid Eyeshadow

Dear Me Beauty Perfect Glitz Liquid Eyeshadow 1

Rp89.000

Menengah

Menjadikan mata Anda tampak lebih bersinar

9

PIXY

Line & Shadow

PIXY Line & Shadow 1

Rp43.500

Agak Murah

2-in-1, dapat juga digunakan sebagai eyeliner

10

Rollover Reaction

Glazed! Liquid Eye Tint

Rollover Reaction Glazed! Liquid Eye Tint 1

Rp129.000

Agak Mahal

Tampil bold dalam waktu yang singkat dengan sekali polesan!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ESQAGoddess Eyeshadow Palette

Goddess Eyeshadow Palette 1
Harga referensi
Rp245.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp245.000
Lebih Mahal

Menghasilkan warna yang stand out meski tanpa memakai primer

Anda yang sering malas memakai eye primer akan menyukai eyeshadow ini karena warnanya sangat pigmented. Cukup dengan sekali poles, warnanya langsung keluar dan riasan mata Anda akan tampak stand out. Produk ini juga diformulasi secara vegan tanpa kandungan bahan kimia berbahaya seperti paraben dan phthalates.


Goddess Eyeshadow Palette hadir dalam tiga pilihan palet dengan nuansa warna berbeda. Tiap paletnya memiliki sembilan kombinasi eyeshadow dengan hasil akhir matte, satin, shimmery, dan glittery. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

InezEyeshadow Collection

Harga referensi
Rp54.000
Agak Murah

Compact dengan cermin dan aplikator untuk dibawa bepergian

Lupakan makeup pouch yang bulky karena membawa terlalu banyak makeup. Inez menghadirkan rangkaian palet eyeshadow yang cocok digunakan untuk penggemar travelling. Tiap palet terdiri dari empat warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 


Salah satu koleksinya, Amsterdam, memiliki warna yang bisa dipakai untuk blush dan contour. Produk ini diperkaya dengan kandungan anti-UV yang akan melindungi kelopak mata dari keriput dan penuaan dini. Meskipun teksturnya powdery, eyeshadow ini tetap terasa ringan dan melembapkan. 

No.3

Viva CosmeticsEye Shadow Cream

Harga referensi
Rp9.650
Lebih Murah

Teksturnya creamy, mudah menempel di kelopak mata kering

Kelopak mata Anda cenderung kering sehingga eyeshadow sulit menempel? Kalau begitu, eyeshadow cream lokal ini dapat Anda pertimbangkan. Teksturnya diformulasikan untuk mudah diaplikasikan terutama di kelopak mata yang kering.


Karena hadir dalam bentuk single eyeshadow, Anda bisa leluasa memilih warna eyeshadow yang benar-benar dibutuhkan. Harganya pun dijamin tidak akan membuat kantong Anda bolong.

No.4

Madame GiePlayful Eyeshadow

Harga referensi
Rp50.000
Agak Murah

Eyeshadow lokal untuk Korean look dengan harga terjangkau

Eyeshadow keluaran brand Madame Gie ini akan memuaskan para penggemar makeup ala Korea. Eye makeup ala Korea banyak menggunakan warna-warna cerah untuk menghasilkan tampilan mata yang terlihat segar dan natural. Dengan dua palet yang berisi pilihan warna cerah, produk ini bisa membuat mata Anda tampil segar bak wanita Korea.


Tidak hanya eyeshadow, Anda juga bisa memanfaatkan palet ini untuk memoles contour, highlighter, dan blush. Harga yang ditawarkan tergolong terjangkau sehingga Anda tidak perlu repot membeli banyak kosmetik. Kombinasikan riasan mata Anda dengan lipstik ombre untuk tampilan Korea yang sempurna.

No.5

WardahInstaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette

Harga referensi
Rp157.000
Agak Mahal

Kreasikan berbagai looks hanya dengan satu palette

Palet dari Wardah ini memiliki enam warna dengan shimmer finish dan empat warna bold dengan matte finish. Kombinasi warnanya cocok bagi penyuka warna-warna kecokelatan yang bernuansa earth tone. Dengan satu palet, Anda bisa menciptakan hingga dua puluh macam riasan mata, mulai dari natural hingga bold


Di antara kesepuluh warna di dalamnya, varian Space bisa Anda gunakan sebagai eye primer dan highlighter. Untuk mempermudah pemakaiannya, produk ini dilengkapi aplikator dengan dua kuas serta cermin lebar di kemasannya.

No.6

BLP BeautyEyeshadow Pen

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Praktis dan aman! Belajar berdandan jadi lebih mudah

Untuk pemula yang baru mulai belajar memakai makeup, BLP Eyeshadow Pen bisa menjadi pilihan yang tepat. Keempat varian warnanya cukup aman untuk digunakan sehari-hari karena tampak natural. Varian Copper Brown, Harvest Gold, dan Creme Gold memberikan shimmery finish. Sementara itu, Charcoal Black menghasilkan matte finish dan dapat berfungsi juga sebagai eyeliner.


Walaupun berbentuk stick, teksturnya creamy dan pigmented sehingga mudah diaplikasikan. Saat Anda tak sengaja menggosok mata, riasan mata Anda tak akan berantakan karena produk ini smudgeproof. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan micelllar water atau eye makeup remover.

No.7

allglowsLid Pigment

Harga referensi
Rp110.000
Menengah

Mengandung mineral powder, tahan hingga 12 jam!

Pemilik kelopak mata berminyak sering kesulitan menemukan eyeshadow yang tepat dan awet. Nah, produk ini merupakan pilihan tepat bila kelopak mata Anda cenderung oily. Liquid eyeshadow ini mengandung mineral powder yang dapat menyerap kelebihan minyak di kulit. 


Lid Pigment merupakan eyeshadow lokal matte dengan warna intens yang mudah dibaurkan dengan jari. Selain itu, formulanya diklaim waterproof, transferproof, dan tahan hingga dua belas jam. Jadi, riasan mata Anda bisa tetap on point walau tanpa touch up seharian. 

No.8

Dear Me BeautyPerfect Glitz Liquid Eyeshadow

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Menjadikan mata Anda tampak lebih bersinar

Apabila Anda sering menghadiri acara-acara pesta yang menuntut untuk tampil glamor, produk ini sangat pas untuk Anda pilih. Setelah dipakai, riasan mata Anda akan tampak lebih menonjol dengan glitter cantik yang tidak berlebihan. Produk ini memiliki tiga varian warna yang seluruhnya memberikan glittery finish.


Meskipun mengandung glitter, produk ini sangat minim fallout karena formulanya cepat kering. Formulanya pun diklaim ringan, tahan lama, dan memiliki warna intens dengan tekstur buildable. Anda juga bisa menggunakannya sebagai highlighter, lho!

No.9

PIXYLine & Shadow

Harga referensi
Rp43.500
Agak Murah

2-in-1, dapat juga digunakan sebagai eyeliner

PIXY memproduksi eyeshadow berbentuk pensil yang terdiri dari delapan varian menarik dengan warna vivid. Anda dapat memilih warna yang natural untuk riasan harian seperti hitam dan cokelat. Di acara tertentu, cobalah untuk tampil beda dengan warna biru, perak, atau hijau.


Produk ini bersifat multifungsi, yakni dapat juga digunakan sebagai eyeliner. Selain itu, Line & Shadow memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dioles dan diratakan. Formulanya juga waterproof sehingga lebih tahan lama.

No.10

Rollover ReactionGlazed! Liquid Eye Tint

Harga referensi
Rp129.000
Agak Mahal

Tampil bold dalam waktu yang singkat dengan sekali polesan!

Liquid eyeshadow yang satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan bold dalam waktu singkat. Formulanya creamy, sangat mudah dibaurkan, dan sangat pigmented. Anda dapat menggunakan aplikator untuk mengoleskan produk, kemudian baurkan dengan jari untuk mendapatkan tampilan bold yang tidak patchy dan anti-fallout.


Terdapat lima pilihan warna, yaitu Aria, Amber, Gemma, Olive, dan Corrine. Warna putih champagne Aria cukup multifungsi karena bisa juga digunakan sebagai highlighter. Sementara itu, Olive yang menghasilkan warna hijau kecokelatan akan menonjolkan kepribadian Anda yang unik. Diambil dari nama-nama gemstone, semua warna eyeshadow ini layak untuk dikoleksi!

Tips menggunakan eyeshadow

Tips menggunakan eyeshadow

Setelah memilih eyeshadow yang tepat, mungkin beberapa dari Anda masih merasa kesulitan untuk mengaplikasikannya. Simak tips menggunakan eyeshadow di bawah ini untuk riasan mata yang tampak stunning, yuk!


  1. Pertama, pastikan kelopak mata Anda dalam keadaan kering. 
  2. Untuk mengurangi risiko fallout dan supaya warna yang keluar lebih stand out, gunakan eye primer sebelum mengaplikasikan eyeshadow. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan concealer atau foundation sebagai primer
  3. Sebagai warna dasar, pilih eyeshadow dengan warna natural seperti cokelat atau peach yang memiliki hasil matte. Usahakan untuk mengaplikasikannya tipis-tipis dahulu dengan brush atau jari. 
  4. Tambahkan eyeshadow yang lebih gelap dari warna dasar di kelopak mata bagian luar. Lalu, baurkan hingga gradasi warnanya terlihat harmonis. Jika ingin tampak lebih berdimensi, aplikasikan eyeshadow shimmer atau glittery di tengah kelopak mata dan bagian inner corner.

Baca juga rekomendasi produk eyeshadow lainnya di sini

Untuk mendapatkan hasil riasan yang bagus, diperlukan makeup dengan kualitas yang baik. Makeup mata yang bagus akan membuat keseluruhan riasan tampak bagus juga. Kami memiliki berbagai rekomendasi produk eyeshadow terbaik lainnya yang dapat Anda jadikan referensi. Apabila Anda tertarik untuk membacanya, Anda dapat membuka link di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan eyeshadow lokal yang sesuai keinginan? Untuk mendapatkan eyeshadow lokal terbaik, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan image yang ingin Anda tampilkan. Pastikan juga untuk memilih warna dan finish yang sesuai dengan kepribadian Anda. 


Agar makeup tidak monoton, sesekali berkreasilah dengan menggunakan warna-warna yang unik. Semoga Anda menemukan eyeshadow lokal idaman untuk mengekspresikan diri Anda. Selamat mempercantik diri dengan hasil produksi dalam negeri.

5 Rekomendasi Eyeshadow Lokal terbaik

No. 1: ESQAGoddess Eyeshadow Palette

No. 2: InezEyeshadow Collection

No. 3: Viva CosmeticsEye Shadow Cream

No. 4: Madame GiePlayful Eyeshadow

No. 5: WardahInstaperfect SPOTLIGHT Chromatic Eye Palette

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup mata
  4. 10 Eyeshadow Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.