1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda mungkin pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata.


Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas, seperti HSF Eyewear, Sunset Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya!

Diperbaharui 12-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih frame kacamata

Untuk mendapatkan kacamata yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain menyesuaikan bentuk wajah, perhatikan juga bahan bingkainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

① Pilih sesuai dengan bentuk wajah

Salah satu faktor yang menentukan cocok atau tidaknya kacamata saat digunakan adalah bentuk wajah. Jika Anda memahami bentuk wajah sendiri, menemukan kacamata yang cocok pasti tidak sulit. 

Wajah bulat, bingkai bersudut akan menegaskan kontur wajah

Wajah bulat, bingkai bersudut akan menegaskan kontur wajah

Wajah bulat umumnya ditandai dengan lebar dan tinggi wajah memiliki ukuran yang hampir sama. Lalu, garis rahang dan dagu membentuk setengah lingkaran sehingga pipi terkesan tembam. Wajah bulat memiliki ciri tidak adanya sudut pada wajah. Untuk menyeimbangkan proporsi wajah bulat, Anda membutuhkan kacamata dengan bingkai bersudut


Bingkai kacamata yang tergolong bersudut adalah bingkai persegi dan poligon. Salah satu jenis frame yang tergolong bingkai persegi dan bisa Anda coba adalah model wayfarer.


  • Dengan adanya sudut pada bingkai, wajah akan memiliki dimensi yang lebih tegas sehingga tidak terlihat terlalu bulat.

  • Ukuran bingkai juga harus lebih lebar daripada lebar wajah untuk membuat kesan wajah lebih panjang.

Wajah persegi, bingkai bulat akan memperlembut sudut wajah

Wajah persegi, bingkai bulat akan memperlembut sudut wajah

Wajah persegi memiliki ciri lebar dari pipi sampai rahang membentuk garis lurus. Orang dengan wajah persegi memiliki garis rahang yang tergolong kaku. Maka itu, Anda perlu menghindari bingkai kacamata dengan sudut yang terlalu lancip dan kaku.


  • Untuk mengurangi image wajah yang terlalu tegas dan kaku, pilih kacamata dengan bingkai bulat atau oval. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bingkai melengkung dengan sedikit sudut seperti D-frame

  • Jika Anda memang ingin tampil dengan image yang tegas, Anda  boleh memilih bingkai persegi. Namun, sebaiknya hindari bingkai persegi panjang agar mata Anda tidak terlihat terlalu sipit. 

Wajah oval, bisa memakai beragam bentuk bingkai kacamata

Wajah oval, bisa memakai beragam bentuk bingkai kacamata

Hampir semua bentuk bingkai cocok digunakan pemilik wajah oval yang merupakan bentuk paling ideal. Ciri utama wajah oval adalah lebar tulang pipi yang lebih panjang daripada dahi dan dagu. Tinggi wajah juga lebih panjang daripada lebar wajah. 


  • Untuk Anda yang berwajah oval, Anda dapat bereksperimen dengan beragam bentuk bingkai kacamata. 

  • Jika ingin tampil lebih keren, Anda bisa bermain dengan warna atau ketebalan bingkai. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kacamata berbentuk cat-eye atau persegi untuk menambahkan karisma pada gaya berpakaian. 

Wajah segitiga, bingkai bersudut tinggi memberikan proporsi seimbang

Wajah segitiga, bingkai bersudut tinggi memberikan proporsi seimbang

Ciri wajah segitiga adalah garis rahang yang lebih lebar daripada dahi. Bentuk wajah seperti ini memiliki kontur yang tegas dan pipi yang tergolong lebar. Jika salah memilih bentuk bingkai kacamata, wajah dapat terlihat terlalu besar.


Untuk bentuk wajah ini, gunakan kacamata yang bingkainya sedikit lebih lebar daripada tulang pipi agar proporsi wajah lebih seimbang. Anda bisa memilih bingkai dengan pointy detail seperti model cat-eye.

Wajah hati, lebar bingkai jadi pertimbangan yang penting

Wajah hati, lebar bingkai jadi pertimbangan yang penting

Wajah berbentuk hati juga sering disebut wajah diamond. Ciri utamanya berkebalikan dari wajah bentuk segitiga, yaitu kening lebih lebar daripada tulang rahang dan melancip pada bagian dagu. Orang dengan wajah bentuk hati memiliki lebar wajah yang berbeda-beda, tetapi karakteristiknya tetap sama. 


  • Wajah berbentuk hati akan cocok dengan bingkai yang cenderung bulat seperti D-frame atau cat-eye

  • Untuk menyeimbangkan proporsi wajah, Anda perlu memilih bingkai kacamata yang sedikit lebih lebar daripada dahi.

  • Anda juga bisa menggunakan kacamata yang bingkainya tebal.

② Perhatikan bahan bingkai kacamata

Anda pasti pernah mendengar orang mengeluh merasa pegal saat memakai kacamata. Umumnya keluhan tersebut muncul karena orang tidak memahami karakteristik dari bahan frame kacamata yang dipilih. Ayo, kenali bahan kacamata dan karakternya masing-masing!

Bahan titanium: Ringan dan tahan banting

Bahan titanium: Ringan dan tahan banting

Bahan titanium adalah bahan kacamata yang paling unggul soal ketahanan. Meski bobotnya ringan, titanium terkenal memiliki karakter yang tahan banting. Tentunya ini menjadi pilihan yang sempurna jika Anda cenderung kurang apik menjaga barang. Namun, karena kekuatannya, bahan ini cukup sulit untuk dibentuk. Jadi, kacamata dari bahan ini hanya memiliki sedikit variasi bentuk. 

Bahan plastik: Ringan, tetapi rapuh

Bahan plastik: Ringan, tetapi rapuh

Plastik adalah bahan yang paling mudah untuk dibentuk. Hal ini membuat kacamata berbingkai plastik memiliki banyak variasi warna dan bentuk. Bahan plastik memang sangat ringan, tetapi bahan ini paling rapuh dan tidak tahan banting. Jika Anda cenderung kurang apik menjaga barang, sebaiknya pilih kacamata dari bahan lain.


  • Bahan lain yang serupa dengan plastik adalah acetate. Bahan ini memiliki keunggulan aman untuk kulit sensitif. Selain itu, acetate memiliki model dan warna yang beragam. Meskipun terlihat sama dengan material plastik, bahan ini dikenal lebih kuat dibandingkan plastik.

  • Bahan plastik lainnya yang biasa digunakan sebagai material kacamata adalah TR90. Material ini terbukti tahan lama, ringan, dan fleksibel. Karena itu, bahan ini membuat kacamata menjadi lentur sehingga nyaman digunakan. Kacamata dengan material ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan.

Bahan logam: Nyaman digunakan sepanjang hari, tetapi pemilik kulit sensitif harus berhati-hati

Bahan logam: Nyaman digunakan sepanjang hari, tetapi pemilik kulit sensitif harus berhati-hati

Bahan logam memiliki bobot yang hampir sama dengan bahan plastik, tetapi daya tahannya lebih baik. Hal ini membuat bingkai logam nyaman digunakan sepanjang hari. Sayangnya, bahan ini mudah menyebabkan alergi sehingga Anda yang berkulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dengan bahan logam. Berikut beberapa bahan yang umum digunakan.


  • Monel yang mudah ditempa, tetapi dapat memberikan reaksi kimia pada kulit. Bahan ini sebaiknya dihindari oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.

  • Beryllium atau besi abu-abu yang tahan karat ataupun noda. Bahan ini lebih aman untuk kulit dan bisa dipilih untuk beraktivitas outdoor, terutama di sekitar air asin.

  • Stainless steel yang terkenal akan kekuatan dan keawetannya.


  • Flexon yang fleksibel, hypoallergenic, dan tahan karat.

  • Aluminium yang ringan dan paling tahan karat.

③ Cek ukuran bingkai dengan baik

Cek ukuran bingkai dengan baik

Selain bentuk wajah dan bahan bingkai, ukuran juga menentukan kecocokan kacamata saat digunakan. Beberapa bentuk wajah harus menggunakan kacamata berukuran pas atau lebih besar agar proporsi wajah tetap seimbang. Ukuran yang umum tertera adalah lebar kacamata dan panjang tangkai. 


  • Lebar kacamata bisa Anda dapatkan dengan menjumlahkan angka pada keterangan lebar dua lensa dan bridge kacamata. Jika terlalu sempit, kacamata akan menekan bagian atas telinga. Tekanan ini dapat menimbulkan rasa nyeri mulai dari belakang mata sampai atas telinga yang dapat mengakibatkan sakit kepala. 

  • Umumnya pada bagian ukuran tertulis keterangan panjang yang berarti panjang tangkai kacamata. Keterangan ini juga penting diperhatikan karena jika terlalu pendek dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang telinga. Rasa sakit ini pun dapat memicu sakit kepala sehingga kacamata tidak nyaman digunakan. 

④ Ketahui warna frame yang cocok untuk Anda

Ketahui warna frame yang cocok untuk Anda

Warna bingkai atau frame kacamata juga dapat menjadi pertimbangan lain saat Anda sedang mencari frame. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan warna kesukaan atau tone kulit. Beberapa pilihan warna frame dikategorikan berdasarkan tone warna kulit yang dibagi menjadi tiga bagian:


  • Cool skin tone: Warna kulit ini bisa ditentukan dengan melihat nadi atau pembuluh darah pada lengan. Jika berwarna biru atau ungu, Anda memiliki cool skin tone. Warna frame yang cocok untuk tone kulit seperti ini adalah abu-abu, ungu, silver, hijau, dan clear.


  • Neutral skin tone: Untuk pemilik tone warna kulit neutral, Anda dapat menggunakan frame warna apa saja. Dari mulai full rim berwarna hitam, motif tortoise shell, atau warna-warna lainnya. Skin tone ini dapat dilihat dari warna pembuluh darah yang berwarna biru kehijauan.

  • Warm skin tone: Apabila warna pembuluh darah pada lengan berwarna hijau, Anda memiliki warm skin tone. Jika demikian, warna frame kacamata yang cocok adalah gold, coral, merah, atau amber.


Jika Anda sering menggunakan kacamata hitam sebagai perlindungan dari sinar matahari, kami telah menyiapkan rekomendasi terbaiknya. Baca tautan di bawah ini, ya!

10 Rekomendasi frame kacamata terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk frame kacamata terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Djava Optic

Frame Moza

Djava Optic Frame Moza 1枚目

Untuk penyuka gaya simpel yang ingin tetap terlihat stylish

2

Grey Jack

Half Frame FA 1809

Grey Jack Half Frame FA 1809 1枚目

Kacamata half-frame persegi yang memberi kesan tegas dan serius

3

Sunset Eyewear

Frame Kacamata Optical

Sunset Eyewear Frame Kacamata Optical 1枚目

Bingkai cat-eye dengan sudut tajam, bantu seimbangkan proporsi wajah

4

HSF Eyewear

Matsu Caramel

HSF Eyewear  Matsu Caramel 1枚目

Kacamata fashionable yang eye-catching dengan kesan lugas

5

Mollucas

Pahar

Mollucas Pahar 1枚目

Model retro dengan timeless design yang tidak pernah kehilangan popularitas

6

La Chapella

Geometry Classy Eyeglass

La Chapella Geometry Classy Eyeglass 1枚目

Frame geometris untuk bentuk wajah bulat agar terkesan lebih tirus

7

Berrybarton

Kacamata Bulat

Berrybarton Kacamata Bulat 1枚目

Round frame unik memberikan kesan edgy bagi penggunanya

8

Bridges Eyewear

Hudson Spotted Tortoise

Bridges Eyewear Hudson Spotted Tortoise 1枚目

Motif tortoise untuk penampilan old-school atau modern

9

HSF Eyewear

Kyo Black

HSF Eyewear Kyo Black 1枚目

Cat-eye frame dengan sudut lebih dinamis untuk tampilan manis

10

Bridges Eyewear

Jhene

Bridges Eyewear Jhene 1枚目

Model aviator frame menghadirkan kesan simpel dan berkelas

Perincian produk
Close
No.1

Djava OpticFrame Moza

Mulai dari Rp100.000,00

Untuk penyuka gaya simpel yang ingin tetap terlihat stylish

Kelebihan:

  • Desain simpel dan minimalis, tidak memberi kesan berlebihan
  • Kacamata ringan, tetapi kuat dan kokoh karena berbahan titanium

Kekurangan:

  • Tidak disebutkan keterangan mengenai lebar lensa, bridge, dan panjang tangkainya

Kacamata ini memiliki bingkai berbentuk round dengan kesan simpel dan minimalis. Untuk Anda yang sering tampil kasual dan stylish, produk ini bisa dijadikan pilihan. Perpaduan material titanium dan plastik menjadikan frame kacamata ini lebih kokoh dan juga lentur. Selain itu, kacamata ini juga cocok digunakan untuk Anda yang berwajah persegi. 

No.2

Grey JackHalf Frame FA 1809

Mulai dari Rp499.000,00

Kacamata half-frame persegi yang memberi kesan tegas dan serius

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan TR90 yang lentur dan ringan
  • Memberikan kesan tegas bagi pemakainya, bisa digunakan untuk kacamata kerja di office

Kekurangan:

  • Untuk penyuka tampilan santai atau kasual, frame ini mungkin kurang cocok karena memberi kesan kaku

Kacamata berbentuk clubmaster atau half-frame cocok untuk Anda yang suka dengan penampilan minimalis, tetapi tetap menonjol. Selain itu, kacamata ini memberikan tampilan yang tegas dan serius. Bingkai kacamata ini juga cocok untuk bentuk wajah diamond sebab bisa mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Material TR90 dan metal yang digunakannya pun membuat frame ini lentur dan nyaman digunakan.

No.3

Sunset EyewearFrame Kacamata OpticalTRM 8136

Mulai dari Rp70.000,00

Bingkai cat-eye dengan sudut tajam, bantu seimbangkan proporsi wajah

Kelebihan:

  • Bahan frame ringan dan fleksibel
  • Frame tersedia dalam tiga pilihan warna

Kekurangan:

  • Dapat memberi kesan galak pada beberapa bentuk wajah
  • Kurang cocok digunakan untuk wajah persegi

Kombinasi material logam dan TR90 membuat produk ini fleksibel dan tahan lama ketika digunakan. Jika Anda aktif di luar ruangan, pilihlah produk ini. Selain itu, kacamata berbingkai cat-eye seperti ini dapat membantu menyeimbangkan proporsi wajah berbentuk hati atau oval. Akan tetapi, Anda yang tidak ingin terlihat galak sebaiknya menghindari bentuk ini karena sudutnya cukup tajam.

No.4

HSF Eyewear Matsu Caramel

Mulai dari Rp548.900,00

Kacamata fashionable yang eye-catching dengan kesan lugas

Kelebihan:

  • Rectangle frame, mampu menyamarkan wajah yang bulat
  • Memiliki warna menarik, sangat eye-catching

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna saja
  • Tidak disarankan untuk pemilik wajah persegi

Anda mencari kacamata dengan frame yang eye-catching? Produk dari HSF Eyewear ini bisa dicoba! Frame ini memiliki aksen gradasi warna yang menarik. Bagian atas frame memiliki memiliki warna caramel, sedangkan bagian bawahnya berwarna bening. Warna bagian atas frame yang lebih pekat membuat tampilan Anda terlihat tegas dan lugas. Tampilan Anda pasti lebih fashionable!

No.5

Model retro dengan timeless design yang tidak pernah kehilangan popularitas

Kelebihan:

  • Hadir dalam tiga pilihan warna menarik
  • Desain timeless yang tidak termakan zaman

Kekurangan:

  • Frame ini tidak disarankan untuk pemilik wajah dengan garis rahang tegas

Bingkai kacamata ini tergolong sebagai bentuk persegi panjang atau rectangle. Bentuk ini populer sejak tahun 1960-an dan hingga saat ini masih banyak diminati karena sarat kesan klasik. Model retro dengan timeless design memang tidak pernah membosankan, bukan? Jika Anda menyukai gaya klasik modern, cobalah pakai model satu ini untuk melengkapi outfit harian!

No.6

La ChapellaGeometry Classy EyeglassG95-52

Mulai dari Rp172.500,00

Frame geometris untuk bentuk wajah bulat agar terkesan lebih tirus

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan metal, diklaim lebih tahan terhadap oksidasi
  • Tersedia beberapa pilihan warna, bisa disesuaikan dengan preferensi

Kekurangan:

  • Karena menggunakan bahan metal, bobot kacamata sedikit lebih berat

Anda bosan dengan bingkai kacamata berbentuk persegi atau bulat? Saatnya Anda bereksperimen dengan bentuk bingkai yang unik! Kacamata dengan segi banyak seperti ini akan membuat Anda tampil stylish dan jauh dari kesan biasa. Selain itu, bentuk frame geometris ini juga dapat menyeimbangkan wajah yang bulat jadi terlihat lebih tirus.

No.7

BerrybartonKacamata Bulat31856

Mulai dari Rp350.000,00

Round frame unik memberikan kesan edgy bagi penggunanya

Kelebihan:

  • Diklaim menggunakan bahan yang anti-iritasi dan ramah di kulit
  • Desain simpel, tetapi memberi kesan edgy


Kekurangan:

  • Tidak disarankan untuk pemilik wajah bulat karena akan membuat wajah makin tampak bulat


Tahun 70-an kacamata bulat atau round frame pernah dipopulerkan oleh John Lennon dan makin populer berkat tokoh Harry Potter. Jika Anda salah satu penggemarnya, produk ini layak untuk dibeli.


Frame ini tergolong unik karena desainnya tidak seperti kacamata bulat pada umumnya. Bingkai kacamata ini terbuat dari bahan metal dengan balutan polycarbonate transparan pada bagian luarnya. Anda yang ingin tampil edgy juga wajib memilikinya!

No.8

Bridges EyewearHudson Spotted TortoiseF BI DH V C2

Mulai dari Rp699.000,00

Motif tortoise untuk penampilan old-school atau modern

Kelebihan:

  • Frame dengan dua style, bisa untuk gaya modern dan klasik
  • Bentuk D-frame dapat menutupi pipi yang chubby

Kekurangan:

  • Frame ini mungkin kurang menarik untuk Anda yang tidak suka frame kacamata bermotif

Kacamata sering kali menjadi faktor pembeda gaya bagi pemakainya. Anda dapat terlihat modern atau klasik tergantung dari bentuk bingkai kacamata yang dipakai. Namun, produk ini menawarkan kedua tampilan sekaligus. 


Dengan kacamata motif tortoise ini, Anda tinggal memadukannya dengan outfit yang digunakan. Kacamata dengan dengan D-frame seperti ini juga dapat mengurangi image wajah yang terlalu kaku pada bentuk wajah persegi.

No.9

Cat-eye frame dengan sudut lebih dinamis untuk tampilan manis

Kelebihan:

  • Memiliki sudut yang lebih dinamis, tidak membuat kesan kaku atau galak
  • Material menggunakan acetate sehingga aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Hanya tersedia warna hitam saja

Frame kacamata dengan bentuk cat-eye atau angular look dapat menunjang penampilan Anda, lho! Produk ini memiliki bentuk yang dapat membuat wajah terlihat seimbang. Pemilik wajah hati, oval, persegi, segitiga, atau bulat dapat menggunakan frame kacamata ini.


Meskipun memiliki bentuk cat-eye, bentuk kacamata ini juga menyerupai sedikit bentuk D-Frame. Sudutnya terlihat dinamis sehingga cocok juga digunakan untuk bentuk wajah apa pun!

No.10

Bridges EyewearJheneF BI AT X

Mulai dari Rp1.000.000,00

Model aviator frame menghadirkan kesan simpel dan berkelas

Kelebihan:

  • Model dan warnanya unik karena two tone
  • Kombinasi bahan cellulose acetate premium dan solid metal, menjadikannya tahan lama

Kekurangan:

  • Harga produk kurang ramah di kantong pelajar atau mahasiswa

Kacamata dengan frame aviator selalu berhasil membuat Anda tampil stylish. Kini, bingkai aviator memiliki berbagai warna dan motif sehingga memberikan tampilan menarik. Salah satunya produk ini! Frame ini terkesan simpel, tetapi berkelas berkat kombinasi warna elegan yang ditawarkan.


Selain itu, produk ini memiliki lebar diameter yang mencapai 55 mm sehingga membuat pandangan Anda jadi lebih nyaman. Anda yang juga memiliki masalah pada penglihatan tentu akan terbantu dengan produk ini.

Tren frame kacamata

Tren frame kacamata

Frame kacamata menjadi salah satu atribut fashion yang cukup penting. Tren atau gaya kacamata seperti apa yang akan booming tahun 2023 mendatang? Beberapa bentuk frame kacamata diprediksi akan menjadi tren kekinian, misalnya frame boldNamun, cat-eye masih menjadi frame yang akan tetap hits dan timeless dari tahun ke tahun. Frame ini tampak menarik dan eye-catching untuk digunakan siapa pun.


Selain itu, frame standar, seperti semi cat-eye atau square, akan tetap menjadi pilihan banyak orang. Frame tersebut sangat fleksibel karena bisa dipakai daily, tapi tetap fashionable dan everlasting. Tidak hanya itu, jenis frame tersebut juga akan match dengan outfit apa saja.

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Jika Anda sudah menemukan bentuk bingkai yang tepat untuk wajah Anda, pasti akan lebih mudah untuk memilih kacamata. Namun, Anda mungkin belum bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, mari baca artikel di bawah ini untuk referensi kacamata lainnya!

Kesimpulan

Memilih bingkai secara sembarangan bisa mengakibatkan ketidaksesuaian model kacamata saat digunakan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan bentuk wajah dan ukuran kacamata dengan baik. Jika pemilihannya tepat, menggunakan kacamata bisa menambah kepercayaan diri.


Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat memahami cara menentukan bingkai kacamata yang sesuai. Dari sepuluh produk yang sudah kami rekomendasikan, apakah Anda dapat menemukan produk yang disukai? Jangan sampai salah pilih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer