• 10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anda pasti pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata. 


Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas seperti William Palmer, HSF Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya! 

  • Pembaharuan terakhir: 25 Juli 2020
  • 1.277 Views
Daftar isi

Cara memilih frame kacamata

Untuk mendapatkan kacamata yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain menyesuaikan bentuk wajah, perhatikan juga bahan bingkai agar kacamata elok dipandang dan tetap nyaman digunakan. 

Pilih sesuai dengan bentuk wajah

Salah satu faktor yang menentukan cocok atau tidaknya kacamata saat digunakan adalah bentuk wajah. Jika Anda memahami bentuk wajah sendiri, menemukan kacamata yang cocok pasti tidak sulit. 

Wajah bulat, bingkai bersudut akan menegaskan kontur wajah

Wajah bulat, bingkai bersudut akan menegaskan kontur wajah

Wajah bulat umumnya ditandai dengan lebar dan tinggi wajah memiliki ukuran yang hampir sama. Lalu, garis rahang dan dagu membentuk setengah lingkaran sehingga pipi terkesan tembam. Wajah bulat memiliki ciri tidak adanya sudut pada wajah. Untuk menyeimbangkan proporsi wajah bulat, Anda membutuhkan kacamata dengan bingkai bersudut. 


Bingkai kacamata yang tergolong bersudut adalah bingkai persegi dan poligon. Salah satu jenis frame yang tergolong bingkai persegi adalah model wayfarer. Dengan adanya sudut pada bingkai, wajah akan memiliki dimensi yang lebih tegas sehingga tidak terlihat terlalu bulat. Ukuran bingkai juga harus lebih lebar daripada lebar wajah untuk membuat kesan wajah lebih panjang. 

Wajah persegi, bingkai bulat akan memperlembut sudut wajah

Wajah persegi, bingkai bulat akan memperlembut sudut wajah

Wajah persegi memiliki ciri lebar dari sampai rahang membentuk garis lurus. Orang dengan wajah persegi memiliki garis rahang yang tergolong kaku. Maka itu, Anda perlu menghindari bingkai kacamata dengan sudut yang terlalu lancip dan kaku. 


Untuk mengurangi image wajah yang terlalu tegas dan kaku, ada baiknya Anda memilih kacamata dengan bingkai bulat atau oval. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bingkai melengkung dengan sedikit sudut seperti D-frame


Jika Anda memang ingin tampil dengan image yang tegas, Anda boleh memilih bingkai persegi. Akan tetapi, sebaiknya hindari bingkai persegi panjang agar mata Anda tidak terlihat terlalu sipit. 

Wajah oval, Anda bisa pakai beragam bentuk bingkai kacamata

Wajah oval, Anda bisa pakai beragam bentuk bingkai kacamata

Wajah oval memiliki proporsi yang paling mudah mendapatkan bentuk bingkai kacamata. Hampir semua bentuk bingkai cocok untuk digunakan pemilik wajah oval yang merupakan bentuk paling ideal. Ciri utama wajah oval adalah lebar tulang pipi yang lebih panjang daripada dahi dan dagu. Tinggi wajah juga lebih panjang dibanding lebar wajah. 


Untuk Anda yang berwajah oval, Anda dapat bereksperimen dengan beragam bentuk bingkai kacamata. Jika ingin tampil lebih keren, Anda bisa bermain dengan warna atau ketebalan bingkai. Misalnya, Anda bisa menggunakan kacamata berbentuk cat-eye atau persegi untuk menambahkan karisma pada gaya berpakaian. 

Wajah segitiga, pilih bingkai bersudut tinggi untuk proporsi seimbang

Wajah segitiga, pilih bingkai bersudut tinggi untuk proporsi seimbang

Ciri wajah segitiga adalah garis rahang yang lebih lebar daripada dahi. Bentuk wajah seperti ini memiliki kontur yang tegas dan pipi yang tergolong lebar. Jika salah memilih bentuk bingkai kacamata, wajah dapat terlihat terlalu besar.


Untuk bentuk wajah ini, Anda perlu menggunakan kacamata yang bingkainya sedikit lebih lebar daripada tulang pipi. Gunanya agar proporsi wajah jadi lebih seimbang. Anda bisa memilih bingkai dengan pointy detail seperti model cat-eye.  

Wajah hati, lebar bingkai jadi pertimbangan yang penting

Wajah hati, lebar bingkai jadi pertimbangan yang penting

Wajah berbentuk hati juga sering disebut wajah diamond. Ciri utamanya berkebalikan dari wajah bentuk segitiga, yaitu kening lebih lebar daripada tulang rahang dan melancip pada bagian dagu. Orang dengan wajah bentuk hati memiliki lebar wajah yang berbeda-beda, tetapi karakteristiknya tetap sama. 


Wajah berbentuk hati akan cocok dengan bingkai yang cenderung bulat seperti D-frame atau cat-eye. Untuk menyeimbangkan proporsi wajah, Anda perlu memilih bingkai kacamata yang sedikit lebih lebar daripada dahi. Anda juga bisa menggunakan kacamata yang bingkainya tebal, lho!

Perhatikan bahan bingkai kacamata

Anda pasti pernah mendengar orang mengeluh merasa pegal saat memakai kacamata. Umumnya, keluhan tersebut muncul karena orang tidak memahami karakteristik dari bahan bingkai kacamata yang dipilih. Ayo, kenali bahan kacamata dan masing-masing karakternya!

Bahan titanium : Ringan dan tahan banting

Bahan titanium : Ringan dan tahan banting

Bahan titanium adalah bahan kacamata yang paling unggul soal ketahanan. Meskipun bobotnya ringan, titanium terkenal memiliki karakter yang tahan banting. Tentunya ini menjadi pilihan yang sangat sempurna jika Anda cenderung kurang apik menjaga barang. Sayangnya, karena kekuatannya bahan ini cukup sulit untuk dibentuk. Oleh karena itu, kacamata dengan bahan ini hanya memiliki sedikit variasi bentuk. 

Bahan plastik : Ringan, tetapi rapuh

Bahan plastik : Ringan, tetapi rapuh

Plastik (acetate) adalah bahan yang paling mudah untuk dibentuk sebagai bingkai kacamata. Hal itulah yang membuat kacamata berbingkai plastik memiliki banyak variasi warna dan bentuk. Bahan ini memang sangat ringan, tetapi bahan ini paling rapuh dan tidak tahan banting. Jika Anda cenderung kurang apik menjaga barang, sebaiknya pilih kacamata dengan bahan lain, ya!

Bahan logam : Pemilik kulit sensitif mungkin dapat alergi

Bahan logam : Pemilik kulit sensitif mungkin dapat alergi

Bahan logam memang memiliki bobot yang hampir sama dengan bahan plastik. Namun, daya tahannya lebih baik. Hal ini membuat bingkai logam nyaman digunakan sepanjang hari. Sayangnya, bahan ini mudah menyebabkan alergi sehingga Anda yang berkulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dengan bahan logam.


Bahan logam sendiri terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Pertama adalah bahan monel yang mudah ditempa, tetapi dapat memberikan reaksi kimia pada kulit. Bahan ini sebaiknya dihindari Anda yang memiliki kulit sensitif. 


Bahan yang cenderung aman untuk kulit adalah beryllium atau besi abu-abu yang tahan karat atau noda (stainless). Bingkai ini bisa Anda pilih jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama di sekitar air asin. Selanjutnya, ada bahan stainless steel yang kuat serta bahan flexon yang sangat hypoallergenic dan tahan karat. Terakhir, ada bahan aluminium yang paling tahan karat. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Sebelum membeli, perhatikan ukuran bingkai dengan baik

Sebelum membeli, perhatikan ukuran bingkai dengan baik

Selain bentuk wajah dan bahan bingkai, ukuran juga menentukan cocok tidaknya kacamata saat digunakan. Beberapa bentuk wajah harus menggunakan kacamata berukuran pas atau lebih besar agar proporsi wajah tetap seimbang. Ukuran yang umum tertera adalah lebar kacamata dan panjang tangkai. 


Lebar kacamata bisa Anda dapatkan dengan menjumlah angka pada keterangan lebar dua lensa dan bridge kacamata. Jika terlalu sempit, kacamata akan menekan bagian atas telinga. Tekanan ini dapat menyebabkan rasa nyeri mulai dari belakang mata sampai atas telinga. Saat kacamata dipakai dalam waktu yang lama, rasa nyeri tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. 


Lalu, umumnya pada bagian ukuran tertulis keterangan panjang yang berarti panjang tangkai kacamata. Keterangan ini juga penting diperhatikan karena jika terlalu pendek dapat menyebabkan rasa sakit dibagian belakang telinga. Rasa sakit ini juga dapat memicu sakit kepala sehingga kacamata tidak nyaman digunakan. 

10 Rekomendasi frame kacamata terbaik

Setelah memahami cara memilih bingkai kacamata terbaik, ayo kita cari tahu produk bingkai kacamata yang ada! Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan bentuk wajah Anda, ya! 

10
BentukSquare
Bahan Premium cellulose acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)49-20-145
9
BentukD-frame
Bahan Premium acetate dan polished metal
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)53-18-143
8
BentukSquare
Bahan Premium cellulose acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)52-20-135
7
BentukSquare
Bahan Besi stainless
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)51-19-145
6
BentukCat-eye
Bahan Premium cellulose wood acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)50-19-140
5
BentukCat-eye
Bahan Acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)Tidak disebutkan
4
BentukSquare
Bahan Premium solid metal
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)50-18-145
3
BentukPolygonal
Bahan Polished metal (titanium) dan premium acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)59-19-139
2

Bolon EyewearOscar

Rp 1.946.500,00

BentukSquare
Bahan Titanium
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)54-19-150
1
BentukRound
Bahan Polished metal (titanium) dan premium acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)52-19-141

Tabel perbandingan produk frame kacamata terbaik

Gambar produk
1
William Palmer Carter 1

William Palmer

2
Bolon Eyewear Oscar 1

Bolon Eyewear

3
William Palmer Graham 1

William Palmer

4
Bridges Eyewear Valdivia 1

Bridges Eyewear

5
HSF Eyewear HSF Junko Transparant 1

HSF Eyewear

6
Mollucas Purple Eyeglasses 1

Mollucas

7
HSF Eyewear Fudo Navy  1

HSF Eyewear

8
Bridges Eyewear Lemar 1

Bridges Eyewear

9
William Palmer Patrick 1

William Palmer

10
Bridges Eyewear Monsin  1

Bridges Eyewear

Nama produk

Carter

Oscar

Graham

Valdivia

HSF Junko Transparant

Purple Eyeglasses

Fudo Navy

Lemar

Patrick

Monsin

Keunggulan

Makin gaya dengan kacamata bulat yang kekinian

Tegaskan dimensi wajah untuk penampilan yang lebih berkarisma

Tampil stand out dengan bingkai berbentuk polygonal

Hadirkan nuansa berbeda dengan bingkai square berbahan logam

Uniknya bingkai transparan dengan bentuk yang menggoda

Kacamata elegan yang stylish di segala kondisi

Tetap fashionable meski bekerja di luar ruangan

Model retro yang tidak pernah kehilangan popularitas

Ukuran bingkainya yang besar akan samarkan pipi tembam

Bosan dengan bingkai persegi itu-itu saja? Coba saja produk ini!

HargaRp 385.000,00Rp 1.946.500,00Rp 385.000,00Rp 900.000,00Rp 475.000,00Rp 850.000,00Rp 399.000,00Rp 900.000,00Rp 385.000,00Rp 540.000,00
BentukRoundSquarePolygonal SquareCat-eyeCat-eye Square Square D-frameSquare
Bahan Polished metal (titanium) dan premium acetate TitaniumPolished metal (titanium) dan premium acetate Premium solid metal Acetate Premium cellulose wood acetate Besi stainlessPremium cellulose acetate Premium acetate dan polished metal Premium cellulose acetate
Lebar lensa - bridge - panjang tangkai (mm)52-19-141 54-19-150 59-19-139 50-18-145 Tidak disebutkan 50-19-140 51-19-145 52-20-135 53-18-143 49-20-145
Tautan produk

Baca rekomendasi kacamata lainnya di sini

Jika Anda sudah menemukan bentuk bingkai yang tepat untuk wajah Anda, pasti akan lebih mudah untuk memilih kacamata. Namun, Anda mungkin belum bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, mari baca artikel di bawah ini untuk referensi kacamata lainnya!

Kesimpulan

Memilih bingkai secara sembarangan bisa mengakibatkan ketidakcocokan model kacamata saat digunakan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan bentuk wajah dan ukuran kacamata dengan baik. Jika pemilihannya tepat, menggunakan kacamata bisa menambah kepercayaan diri.


Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat memahami cara menentukan bingkai kacamata yang sesuai dengan Anda. Dari sepuluh produk yang sudah kami rekomendasikan, apakah Anda dapat menemukan produk yang disukai? Jangan sampai salah pilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata terbaik untuk Anda yang memiliki wajah bulat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari merek seperti Giordano, William Palmer, dan Bridges Eyewear. Selamat membaca dan temukan kacamata favorit Anda!
    Jam tangan & aksesori
    14.524 Views
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Smartwatch merupakan gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan dan dioperasikan bersama smartphone. Fungsi smartwatch sangat beragam, seperti mengukur tekanan darah, detak jantung, jam tidur, dan lainnya. Bahkan, smartwatch terbaru juga dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik maupun kartu kredit. Supaya tidak bingung dalam memilih, simaklah cara memilih smartwatch sesuai kebutuhan Anda berikut ini. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk smartwatch terbaik dari berbagai merek, seperti Garmin, Samsung, Apple, dan lainnya. Cek artikel ini sampai akhir dan temukan smartwatch yang Anda butuhkan!
    Jam tangan & aksesori
    75.480 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Selain sebagai penunjuk waktu, bagi wanita jam tangan juga merupakan aksesori yang wajib dimiliki. Namun, memilih jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya ideal saat dikenakan.Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membahas cara memilih jam tangan yang tepat dan sesuai untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, seperti Daniel Wellington, Casio, atau Fossil. Untuk Anda yang sedang mencari jam tangan wanita, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Jam tangan & aksesori
    13.022 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!
    Jam tangan & aksesori
    41.047 Views
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perhiasan yang pertama dipakai oleh bayi perempuan adalah anting. Kebanyakan orang tua mulai menindik telinga anak perempuannya dan memberinya anting semenjak masih bayi. Meskipun ada beragam bentuk yang lucu, mencari anting untuk bayi membutuhkan perhatian khusus.Saat mencari anting untuk buah hati, Anda akan menemukan anting model bulat, toge, ataupun kenip. Apabila bingung memilih anting yang sebaiknya dipakai bayi Anda, di artikel ini kami akan bagikan beberapa rekomendasinya. Namun, sebelum membeli, bacalah dahulu tips memilih anting bayi yang tepat.
    Jam tangan & aksesori
    1.607 Views
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat menonton festival musik atau berlibur ke pantai, tentu Anda ingin berpenampilan modis. Sentuhan tato temporer dengan motif menarik di tubuh Anda dapat membuat penampilan Anda berbeda dari biasanya. Namun, banyaknya tato temporer yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tato temporer yang mudah ditemukan di online shop favorit Anda. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Jam tangan & aksesori
    27.953 Views
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Smartwatch merupakan produk wearable yang banyak digemari karena fungsinya. Bukan hanya menjadi perangkat fitness tracker yang dapat disambungkan ke smartphone, smartwatch juga merupakan pelengkap fesyen bagi para wanita. Berbagai model dan rentang harga smartwatch dapat Anda temui di pasaran.Sebelum menentukan pilihan smartwatch Anda, simak dahulu tips dari kami tentang cara memilih smartwatch khusus untuk wanita. Temukan juga berbagai produk, mulai dari keluaran Samsung, Apple, Fitbit, sampai Fossil dalam rekomendasi kami. Tidak perlu berlama-lama lagi, segera cek segmen berikutnya!
    Jam tangan & aksesori
    7.894 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori