• 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)

Jenis kulit berminyak erat kaitannya dengan timbulnya jerawat membandel. Masalah ini sering dialami oleh para pria yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya. Salah satu solusi untuk mengatasi kulit berminyak sekaligus berjerawat adalah menggunakan sabun muka yang tepat.


Kali ini, kami akan membahas tentang sabun muka pria yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Temukanlah produk terbaik di antara sepuluh rekomendasi yang kami pilihkan dari berbagai merek terkenal, seperti Nivea, Garnier, dan L'Oreal. Tak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips cara memilih produk yang tepat. Simak, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Arnold Yesontha
  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2021
Daftar isi

Apa itu kondisi kulit berminyak dan berjerawat?

Apa itu kondisi kulit berminyak dan berjerawat?

Kulit berminyak biasanya ditandai dengan wajah yang mengilap karena minyak alami dari dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kelenjar kulit menghasilkan minyak yang berlebih. Wajah yang mengilap sering kali mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri, misalnya saat bertemu orang atau berfoto. Kulit berminyak juga lebih rentan mengalami masalah jerawat.


Selain karena pola makan dan stres, tak bisa dipungkiri bahwa munculnya jerawat juga dipicu oleh faktor kotoran yang menempel di wajah akibat paparan polusi. Polutan udara cenderung lebih mudah menempel pada kulit yang berminyak. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran akan mengendap di pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat.


Masalah kulit berminyak dan berjerawat ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun muka khusus secara rutin. Sabun muka atau facial wash yang digunakan sebaiknya memiliki kandungan oil control ataupun anti-acne. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan sabun muka berbentuk scrub pada bagian yang sedang berjerawat karena bakterinya bisa menyebar.

Cara memilih sabun muka pria untuk kulit berminyak dan berjerawat

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Salah satu poin terpentingnya adalah bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.

Untuk mengontrol minyak berlebih, pilih yang mengandung senyawa oil control

Untuk mengontrol minyak berlebih, pilih yang mengandung senyawa oil control

Minyak di wajah sebenarnya tidak selalu berdampak buruk bagi kulit karena juga berfungsi untuk melembapkan. Namun, jika jumlahnya berlebihan, minyak tersebut bisa menimbulkan masalah kulit. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih sabun muka yang memiliki kandungan oil control. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk oil control adalah kaolin dan niacinamide.


Kaolin adalah mineral vulkanis yang berfungsi mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Bahan ini dapat membersihkan pori-pori dan mengatasi masalah minyak berlebih tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Sementara itu, niacinamide bekerja dengan cara menyerap minyak di wajah sehingga jerawat jadi cepat kering. Dengan begitu, masalah kulit berjerawat pun bisa teratasi.


Selain bahan-bahan di atas, ada juga beberapa bahan alami yang juga bisa digunakan untuk mengendalikan minyak di wajah. Di antaranya adalah ekstrak daun teh atau arang aktif.

Untuk mengatasi jerawat, pilih yang mengandung bahan anti-acne

Untuk mengatasi jerawat, pilih yang mengandung bahan anti-acne

Jika Anda sedang mengalami masalah jerawat, pilihlah sabun muka yang mengandung bahan anti-acne. Cara kerja anti-acne bermacam-macam, misalnya mengeringkan jerawat dengan cepat atau menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa bahan yang sudah terkenal dalam mengatasi masalah jerawat adalah asam salisilat dan benzoyl peroxide.


Asam salisilat sudah terkenal efektif mengatasi jerawat, blackheads, atau whiteheads di wajah. Bahan ini bekerja dengan mengeksfoliasi kulit dan membersihkan bakteri penyebab jerawat hingga ke dalam pori-pori. Sementara itu, benzoyl peroxide memiliki sifat antibakteri terhadap Propionibacterium acnes yang merupakan penyebab utama munculnya jerawat di wajah.

Untuk menjaga kelembapan kulit dan meredakan inflamasi, pilih yang mengandung pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit dan meredakan inflamasi, pilih yang mengandung pelembap

Ketika Anda menggunakan sabun muka untuk menyerap minyak di wajah secara signifikan, kulit akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini akan memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum dan minyak lebih banyak sehingga kulit akan makin berminyak. Kandungan pelembap hadir untuk memastikan kelembapan kulit Anda terjaga. Bahan-bahan yang dipercaya untuk melaksanakan tugas ini di antaranya adalah hyaluronic acid, glycerin, dan Aloe vera.


Kulit yang berminyak dan berjerawat terkadang cenderung sensitif, apalagi ketika jerawat baru akan bermunculan. Saat jerawat muncul, sering kali wajah Anda jadi meradang, berwarna merah, dan sensitif karena jerawat. Kulit wajah akan terasa sakit saat bersentuhan dengan benda lain, bahkan terkena angin pun bisa sakit. Jika hal itu terjadi, kandungan Aloe vera dapat berperan sebagai antiinflamasi.


Peran bahan pelembap dalam sabun cuci muka sangat krusial. Jadi, pastikan bahan ini terkandung di dalam produk yang akan Anda pilih.

Hindari sabun muka yang mengandung butiran scrub

Hindari sabun muka yang mengandung butiran scrub

Beberapa sabun muka mengandung butiran scrub yang bertugas mengangkat sel-sel kulit mati. Jika Anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari sabun muka yang mengandung butiran scrub semacam ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit cenderung lebih sensitif saat berjerawat. Butiran scrub bisa mengakibatkan luka di kulit makin parah dan jerawat makin menyebar.


Untuk mengatasi masalah jerawat, sebaiknya pilihlah sabun muka yang bahannya lembut di kulit. Anda juga bisa menggunakan produk-produk yang direkomendasikan untuk kulit sensitif. Jika Anda sedang tidak berjerawat, Anda boleh saja mencoba menggunakan sabun muka yang mengandung scrub. Namun, sebaiknya gosok wajah dengan lebih lembut dan berhati-hati.

Hindari produk yang mengandung bahan pengawet seperti paraben

Hindari produk yang mengandung bahan pengawet seperti paraben

Sebisa mungkin, belilah produk yang tidak mengandung bahan pengawet karena akan lebih aman untuk kulit. Jika terpaksa memilih produk dengan bahan pengawet, periksa jenis kandungan pengawetnya dan pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.


Produk kecantikan biasanya menggunakan paraben untuk mengawetkan produknya dari jamur dan bakteri. Setiap produk tentunya sudah melewati proses quality control yang ketat dan mendapatkan sertifikasi dari instansi terkait. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang bebas pengawet.


Selain itu, bahan ini juga dapat memicu reaksi alergi yang tentunya tidak baik bagi kulit berminyak atau berjerawat. Jadi, usahakan untuk memilih produk yang memiliki label paraben-free. Paraben sendiri tertera di kemasan kosmetik dengan menggunakan nama pasar, seperti methylparaben, propylparaben, butylparaben, dan ethylparaben.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sabun muka pria terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sekarang saatnya kami merekomendasikan sabun muka terbaik untuk pria yang dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat. Selamat memilih, ya!

10
Pilihan isi40 gr
Anti-acneActivated charcoal
Oil controlActivated charcoal
PelembapTidak diketahui
9
Pilihan isi150 ml
Anti-acneMontaline C40
Oil controlPanthenol
PelembapPanthenol
8

The Body ShopTea Tree Skin Clearing Facial Wash

Mulai dari Rp 149.000,00

Pilihan isi60 ml, 250 ml
Anti-acneTea tree oil, citric acid
Oil controlCastor oil
PelembapGlycerin
7

GarnierMen Turbolight Oil Control 3 in 1 Charcoal Foam

Mulai dari Rp 25.000,00

Pilihan isi50 ml, 100 ml
Anti-acneCharcoal powder, citric acid, menthol
Oil controlKaolin
PelembapGlycerin
6

UnileverVaseline® Men Active Bright Oil Expert Gel Wash

Mulai dari Rp 30.250,00

Pilihan isi50 gr, 100 gr
Anti-acneNiacinamide
Oil controlKaolin
PelembapGlycerin
5

L'Oreal ParisMen Expert White Activ Anti-Acne Volcano Brightening Foam

Mulai dari Rp 29.000,00

Pilihan isi100 ml
Anti-acneSalicylic acid, Mentha piperita extract/peppermint leaf extract
Oil controlKaolin
PelembapGlycerin
4

GarnierAnti-Shine Brightening Cooling Foam

Mulai dari Rp 17.600,00

Pilihan isi50 ml, 100 ml
Anti-acneLemon fruit extract
Oil controlKaolin
PelembapGlycerin
3
Pilihan isi50 gr, 100 gr
Anti-acneSalicylic acid, menthol, formula Thymol-T Lock & Clear Technology
Oil controlNiacinamide
PelembapGlycerin
2
Pilihan isi200 ml
Anti-acneCharcoal powder
Oil controlCharcoal powder
PelembapGlycerin
1

BeiersdorfNIVEA MEN Acne Oil Clear Acne Defense Foam

Mulai dari Rp 20.600,00

Pilihan isi100 ml
Anti-acneMagnolia bark extract, mentol
Oil controlL-carnitine
PelembapGlycerin

Tabel perbandingan produk sabun muka pria terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat

Gambar produk
1
Beiersdorf NIVEA MEN Acne Oil Clear Acne Defense Foam 1

Beiersdorf

2
Clinique For Men™ Charcoal Face Wash 1

Clinique

3
Unilever Pond's Men Acne Solution 1

Unilever

4
Garnier Anti-Shine Brightening Cooling Foam  1

Garnier

5
L'Oreal Paris Men Expert White Activ Anti-Acne Volcano Brightening Foam 1

L'Oreal Paris

6
Unilever Vaseline® Men Active Bright Oil Expert Gel Wash  1

Unilever

7
Garnier Men Turbolight Oil Control 3 in 1 Charcoal Foam 1

Garnier

8
The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash 1

The Body Shop

9
Sebamed Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

10
Clorismen Soap 1

Clorismen

Nama produk

NIVEA MEN Acne Oil Clear Acne Defense Foam

For Men™ Charcoal Face Wash

Pond's Men Acne Solution

Anti-Shine Brightening Cooling Foam

Men Expert White Activ Anti-Acne Volcano Brightening Foam

Vaseline® Men Active Bright Oil Expert Gel Wash

Men Turbolight Oil Control 3 in 1 Charcoal Foam

Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Antibacterial Cleansing Foam

Soap

Keunggulan

Ampuh membunuh bakteri dan mencegah jerawat muncul kembali

Membersihkan debu dan kotoran hingga pori-pori kulit terdalam

Tuntaskan masalah jerawat dalam 3 hari saja!

Minyak berlebih hilang, sensasi dingin yang tersisa di kulit

Jerawat, minyak berlebih, dan bintik hitam bisa teratasi!

Memberikan kelembapan 10 kali lebih banyak!

Kulit wajah bebas dari kelebihan minyak hingga 12 jam

Hilangkan jerawat membandel dengan tea tree oil

Atasi pimple di wajah dengan formula antibakteri yang bekerja cepat

Sabun batang pembasmi jerawat yang aman di kulit

Harga mulai dariRp 20.600,00Rp 475.000,00Rp 22.300,00Rp 17.600,00Rp 29.000,00Rp 30.250,00Rp 25.000,00Rp 149.000,00Rp 164.900,00Rp 55.000,00
Pilihan isi100 ml200 ml50 gr, 100 gr50 ml, 100 ml100 ml50 gr, 100 gr50 ml, 100 ml60 ml, 250 ml150 ml40 gr
Anti-acneMagnolia bark extract, mentolCharcoal powderSalicylic acid, menthol, formula Thymol-T Lock & Clear TechnologyLemon fruit extractSalicylic acid, Mentha piperita extract/peppermint leaf extractNiacinamideCharcoal powder, citric acid, mentholTea tree oil, citric acidMontaline C40Activated charcoal
Oil controlL-carnitineCharcoal powderNiacinamideKaolinKaolinKaolinKaolinCastor oilPanthenolActivated charcoal
PelembapGlycerinGlycerinGlycerinGlycerinGlycerinGlycerinGlycerinGlycerinPanthenolTidak diketahui
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk sabun muka lainnya di sini

Selain sabun muka pria untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat, masih banyak sabun muka lainnya yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu. Jenisnya sabunnya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk sabun batang, gel, hingga cair. Jika Anda tertarik mengetahui informasinya lebih lanjut, silakan klik beberapa tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat? Pria cenderung memiliki aktivitas yang lebih berat dan rentan terpapar polusi udara. Tak heran kulit berminyaknya sering diserang masalah jerawat.


Untuk itu, pilihlah sabun muka yang mengandung bahan-bahan penting, seperti anti-acne, pelembap, dan oil control. Jangan lupa juga untuk menghindari kandungan pengawet seperti paraben, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2021)
    Pada usia 50-an, lapisan kulit tentu sudah tidak sekencang seperti saat remaja. Anda mungkin akan mendapati kulit mengendur, adanya kerutan di sekitar mata, kelopak mata yang mengendur, dan lainnya. Untuk memperbaiki kerutan dan mencegah kulit mengendur di daerah ujung mata, Anda dapat menggunakan eye cream. Ada berbagai macam merek eye cream yang dapat mengatasi masalah Anda, seperti SK II, Sulwhasoo, hingga Shiseido. Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih eye cream beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori