mybest
Keripik & kerupuk

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kecil & snack
  4. 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

Keripik singkong merupakan makanan ringan yang terbuat dari olahan singkong yang diiris tipis kemudian digoreng. Camilan ini disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun, banyaknya varian rasa dan merek mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan keripik singkong yang enak.


Di artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih keripik singkong. Tak lupa kami pun telah menyiapkan rekomendasi keripik singkong dari berbagai merek yang bagus, seperti KusukaMaicih, dan Qtela. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, simak sampai akhir!

Diperbaharui 14/07/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Keripik singkong, camilan lezat yang kaya manfaat

Keripik singkong, camilan lezat yang kaya manfaat

Singkong merupakan umbi-umbian yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Berkat tingginya kreativitas masyarakat dalam mengolah bahan makanan, singkong pun kerap dijadikan sebagai camilan berupa keripik. Siapa sangka, selain enak, keripik singkong juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Di dalam makanan ringan ini terkandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, bahkan vitamin K. Vitamin B kompleks dalam keripik singkong dapat membantu menghasilkan sel darah merah agar terhindar dari anemia. Kemudian, vitamin K pada keripik singkong bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.


  • Keripik singkong merupakan makanan kaya serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengontrol gula darah.

  • Keripik singkong juga memiliki kandungan riboflavin yang berguna untuk pertumbuhan badan.

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah mengetahui manfaat di atas? Tidak hanya sebagai camilan lezat di kala santai, berbagai manfaat keripik singkong pun menjadikannya sehat dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keripik singkong

Ada berbagai rasa dan ukuran keripik singkong yang dijual di pasaran. Agar Anda tidak bingung, pertama-tama kami akan menjelaskan cara memilih keripik singkong kepada Anda. Pilihlah rasa serta ukuran yang paling pas untuk menemani waktu bersantai Anda!

1

Pilih berdasarkan rasa yang disukai

Keripik singkong memiliki berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, pedas, manis, dan sebagainya. Mari cari tahu beberapa varian rasa yang paling banyak digemari!

Rasa original, gurih dan kaya cita rasa alami singkong

Rasa original, gurih dan kaya cita rasa alami singkong

Rasa original, atau identik dengan gurih dan asin, merupakan varian rasa yang paling umum ditemui pada keripik singkong. Varian rasa ini mengedepankan cita rasa alami singkong dengan tambahan rasa asin yang membuatnya bertambah gurih dan lezat.


Kebanyakan merek-merek snack keripik singkong memiliki varian rasa original. Dengan mempertahankan rasa singkong yang khas, tidak heran jika banyak orang menyukai varian yang satu ini. Selain itu, rasa original ini cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. 

Rasa pedas, lebih menantang dan membuat ketagihan

Rasa pedas, lebih menantang dan membuat ketagihan

Bagi lidah orang Indonesia, rasanya kurang afdal jika tidak memakan makanan pedas. Karena itu, varian rasa pedas merupakan salah satu rasa yang banyak dicari. Rasa pedas dari keripik singkong yang renyah akan membuat Anda merasa tertantang serta ketagihan untuk memakannya terus-menerus.


Bahkan, beberapa merek keripik singkong memiliki beberapa tingkatan level pedas yang berbeda. Makin tinggi levelnya, makin pedas pula rasa keripik singkong tersebut. Tidak hanya rasa pedas saja, ada juga keripik singkong dengan rasa balado yang merupakan perpaduan antara rasa pedas dan manis. Pastikan Anda memilih rasa pedas yang paling sesuai dengan lidah Anda. 

Varian rasa lainnya, menarik untuk dicoba

Varian rasa lainnya, menarik untuk dicoba

Selain kedua rasa di atas, berbagai merek keripik singkong juga mengeluarkan inovasi rasa lainnya yang patut Anda cicipi. Misalnya, ada keripik singkong rasa keju, barbeque, hingga rasa kekinian seperti cokelat dan green tea.


Aneka rasa baru ini cukup unik dan menarik untuk dicoba. Dengan variasi rasa yang beragam, Anda pun bisa memilih keripik singkong dengan varian rasa favorit.

2

Pilihlah ukuran kemasan sesuai selera

Pilihlah ukuran kemasan sesuai selera

Terdapat berbagai ukuran kemasan keripik singkong yang dijual, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Keripik singkong dengan ukuran kemasan kecil cocok dijadikan camilan untuk dimakan sendirian. Di sisi lain, keripik singkong dengan ukuran kemasan besar cocok untuk dimakan bersama-sama saat sedang kumpul keluarga atau teman.


Berhubung ukuran kemasan memengaruhi harga, pastikan Anda mengetahui tujuan Anda membeli jika sedang tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang. Kemudian, pilihlah keripik singkong dengan ukuran yang paling sesuai kebutuhan Anda! 

3

Perhatikan tanggal kedaluwarsa atau umur simpan

Perhatikan tanggal kedaluwarsa atau umur simpan

Poin selanjutnya yang penting untuk diperhatikan saat membeli keripik singkong adalah tanggal kedaluwarsanya. Kebanyakan merek-merek terkenal, seperti Kusuka, Maicih, dan sebagainya sudah mencantumkan tanggal kedaluwarsa di kemasan produknya. Nah, untuk produk yang dibeli secara online, Anda bisa memperhatikan umur simpan yang dicantumkan oleh penjual.


Jika hendak membeli banyak untuk perbekalan camilan, sebaiknya cari produk yang tanggal kedaluwarsa atau umur simpannya lama. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keripik singkong sebagai camilan sehari-hari tanpa khawatir rasanya berubah akibat sudah melewati tanggal kedaluwarsa

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keripik singkong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keripik singkong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Maicih

Keripik Singkong

Maicih Keripik Singkong 1

Rp15.000

Menengah

Dengan tiga level pedas, makin asyik!

2

Sentral Multirasa Utama

Chuba Keripik Singkong

Sentral Multirasa Utama Chuba Keripik Singkong  1

Rp16.490

Menengah

Kemasannya imut, cocok untuk menemani perjalanan Anda

3

SIKAYA

Keripik Singkong Pedas

SIKAYA Keripik Singkong Pedas 1

Rp14.000

Menengah

Keripik singkong superpedas untuk pencinta pedas ekstrem

4

Keripik Singkong Cap Bunga Cempaka

 Keripik Singkong Cap Bunga Cempaka 1

Rp27.900

Lebih Mahal

Harga ekonomis dengan ukuran jumbo

5

Matoh

Keripik Singkong Keju

Matoh Keripik Singkong Keju 1

Rp13.000

Menengah

Manjakan lidah dengan rasa keju yang nikmat

6

Arira Prangindo

Kusuka Keripik Singkong Original

Arira Prangindo Kusuka Keripik Singkong Original 1

Rp13.300

Menengah

Asinnya pas, teksturnya pun renyah

7

Saung Karuhun Berkah

Karuhun Kripik Singkong Cabe Ijo

Saung Karuhun Berkah Karuhun Kripik Singkong Cabe Ijo 1

Rp15.000

Menengah

Camilan wajib untuk penyuka sambal hijau

8

Indofood

Qtela Singkong Barbeque

Indofood Qtela Singkong Barbeque 1

Rp5.600

Lebih Murah

Rasa yang populer dan digemari banyak orang

9

Leni Snacks

Keripik Singkong Pedas Merah

Leni Snacks Keripik Singkong Pedas Merah 1

Rp17.000

Menengah

100% cabai asli untuk rasa pedas yang alami

10

Aditya Snack

Si Engkong Jali Keripik Singkong

Aditya Snack Si Engkong Jali Keripik Singkong 1

Rp12.250

Menengah

Keripik singkong dengan rasa manis dan gurih!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MaicihKeripik Singkong

Keripik Singkong 1
Sumber: shopee.co.id
Keripik Singkong 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp15.000
Menengah
Harga referensi
Rp15.000
Menengah

Dengan tiga level pedas, makin asyik!

Keripik singkong yang satu ini datang dari brand lokal asal Bandung. Produk ini merupakan salah satu keripik singkong yang banyak disukai oleh pencinta keripik. Hal itu berkat bumbu-bumbu spesial Maicih yang rasanya membuat ketagihan.


Selain itu, camilan ini juga tersedia dalam tiga varian pedas, yaitu level 3, level 5, dan level 10. Jika Anda penasaran dengan perbedaan tingkat kepedasan yang dimiliki keripik ini, langsung coba saja ketiganya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sentral Multirasa UtamaChuba Keripik Singkong

Harga referensi
Rp16.490
Menengah

Kemasannya imut, cocok untuk menemani perjalanan Anda

Siapa yang belum mengetahui makanan ringan yang satu ini? Keripik singkong dari Chuba ini sudah terkenal dengan kemasannya yang berukuran mini. Berkat ukurannya yang mini tersebut, keripik singkong ini mudah dibawa bepergian untuk menemani perjalanan Anda.


Namun, karena kemasannya mini, produk ini lebih cocok untuk dimakan sendiri. Anda yang sering lapar saat bepergian sendirian bisa memilih keripik singkong ini sebagai camilan. 

No.3

SIKAYAKeripik Singkong Pedas

Harga referensi
Rp14.000
Menengah

Keripik singkong superpedas untuk pencinta pedas ekstrem

Orang Indonesia kebanyakan suka dengan rasa pedas karena tumbuh besar dengan makanan kaya rempah-rempah, seperti cabai dan merica. Namun, tingkat ketahanan tiap orang terhadap rasa pedas tentu berbeda-beda.


Jika Anda termasuk orang yang sangat tahan pedas, produk ini mungkin cocok dipilih. Disebut-sebut sebagai "keripik setan", keripik singkong ini memiliki level kepedasan yang maksimal. Penyuka pedas ekstrem sepertinya perlu mengetes keripik ini untuk membuktikan kepedasannya. 

No.4

Keripik Singkong Cap Bunga Cempaka

Harga referensi
Rp27.900
Lebih Mahal

Harga ekonomis dengan ukuran jumbo

Bagi Anda yang mencari camilan untuk acara kumpul keluarga atau ngobrol bareng teman, keripik ini bisa dijadikan pilihan. Dengan bujet kurang dari tiga puluh ribu, Anda sudah bisa mendapatkan keripik singkong berukuran jumbo. Jadi, Anda akan mendapatkan camilan dalam jumlah banyak sekaligus tetap hemat. Soal rasa, keripik singkong ini dijamin membuat Anda tak berhenti mengunyah.

No.5

MatohKeripik Singkong Keju

Harga referensi
Rp13.000
Menengah

Manjakan lidah dengan rasa keju yang nikmat

Berasal dari singkong yang ditanam secara organik, produk dari Matoh ini menghadirkan varian rasa keju yang nagih. Aroma dan rasa keju pada keripik ini dijamin memanjakan lidah Anda kala bersantai.


Terbuat dari bahan-bahan alami, Anda pun bisa merasa tenang mengonsumsinya kapan saja. Bagi Anda yang mencari snack sehat tanpa micin dan bebas gluten, keripik singkong yang satu ini layak dicoba!

No.6

Arira PrangindoKusuka Keripik Singkong Original

Harga referensi
Rp13.300
Menengah

Asinnya pas, teksturnya pun renyah

Apabila Anda ingin menikmati keripik singkong dengan rasa asli singkong tanpa tambahan bumbu macam-macam, pilihlah keripik ini. Kusuka menghadirkan varian rasa Original dengan taburan garam yang terasa pas, gurih, dan nikmat.


Meski minim bumbu, cita rasanya tidak kalah dengan varian Kusuka yang lain. Tambahan lagi, tekstur keripik ini terasa renyah dan tidak membuat mulut pegal saat dikunyah karena irisannya tipis.

No.7

Saung Karuhun BerkahKaruhun Kripik Singkong Cabe Ijo

Harga referensi
Rp15.000
Menengah

Camilan wajib untuk penyuka sambal hijau

Jika Anda menyukai rasa pedas, tetapi bosan dengan rasa pedas dari cabai merah, pertimbangkan saja produk ini. Mengusung tagline "Resep Jadul Rasa Gaul", produk UMKM binaan bank BJB ini terus berinovasi mengikuti tren pasar. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan varian Cabe Ijo.


Perpaduan cabai hijau dengan rempah-rempah pilihan dalam produk ini dijamin mampu memuaskan selera ngemil Anda. Bukan hanya sebagai camilan, dijadikan teman makan nasi pun oke!

No.8

IndofoodQtela Singkong Barbeque

Harga referensi
Rp5.600
Lebih Murah

Rasa yang populer dan digemari banyak orang

Bingung memilih varian keripik singkong yang ingin dicoba? Anda bisa memulainya dari varian yang populer dan digemari banyak orang, seperti rasa barbeque yang ditawarkan oleh brand Qtela.


Barbeque memiliki cita rasa yang unik karena memadukan manis, asam, asin, gurih, dan sedikit pedas. Sekali mencoba, lidah Anda akan terpuaskan oleh perpaduan rasa yang dihadirkan. Lalu, karena rasa pedasnya terbilang mild, Anda yang kurang suka pedas tetap bisa menikmati dengan lahap.

No.9

Leni SnacksKeripik Singkong Pedas Merah

Harga referensi
Rp17.000
Menengah

100% cabai asli untuk rasa pedas yang alami

Apakah Anda gemar menikmati keripik singkong dengan rasa pedas alami yang nikmat? Kalau begitu, cobalah keripik dari Leni Snacks ini. Terbuat dari 100% cabai asli yang segar dan berkualitas, Anda pun akan merasakan sensasi pedas seolah memakan cabai segar. 


Selain rasanya nikmat, kemasan produk ini juga menggunakan zipperlock sehingga mudah untuk disimpan. Kemasan seperti ini pas sekali untuk Anda yang kerap menyisakan makanan untuk dimakan lain waktu. Dengan adanya zipperlock, Anda tak perlu khawatir keripik melempem atau didatangi semut. 

No.10

Aditya SnackSi Engkong Jali Keripik Singkong

Harga referensi
Rp12.250
Menengah

Keripik singkong dengan rasa manis dan gurih!

Saat ini ada banyak keripik yang memiliki varian rasa bernuansa manis, termasuk keripik singkong Si Engkong Jali. Keripik ini memadukan rasa teh hijau dan cokelat yang membuatnya memiliki cita rasa unik dibandingkan keripik singkong biasanya.


Karena itu, keripik singkong ini layak dicoba bagi Anda penggemar snack dengan rasa green tea atau snack dengan rasa unik. Selain Choco Green Tea, pencinta cokelat juga akan dimanjakan oleh varian Melting Choco-nya. Nah, varian apa yang ingin Anda coba terlebih dahulu?

Baca juga rekomendasi keripik lainnya di sini

Selain keripik singkong, mungkin Anda juga sedang mencari keripik berbahan dasar lain. Itu sebabnya kami telah menyiapkan beberapa artikel yang bisa Anda jadikan referensi. Ada keripik tempe, keripik kentang, dan keripik pisang. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja produk rekomendasinya? Langsung saja klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan rekomendasi keripik singkong terbaik pilihan kami kepada Anda. Sudahkah Anda menemukan keripik singkong dengan varian rasa dan ukuran yang menarik hati? 


Tekstur renyah serta rasanya yang gurih menjadikan keripik singkong disukai oleh banyak orang. Ditambah lagi, adanya beragam inovasi rasa keripik singkong menjadikan produk ini tampil sebagai camilan favorit masyarakat Indonesia. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan keripik singkong kesukaan Anda!

5 Rekomendasi Keripik Singkong terbaik

No. 1: MaicihKeripik Singkong

No. 2: Sentral Multirasa UtamaChuba Keripik Singkong

No. 3: SIKAYAKeripik Singkong Pedas

No. 4: Keripik Singkong Cap Bunga Cempaka

No. 5: MatohKeripik Singkong Keju

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kecil & snack
  4. 10 Keripik Singkong Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.