• 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.


Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Apa bedanya sunblock dengan sunscreen?

Apa bedanya sunblock dengan sunscreen?

Tabir surya merupakan produk perlindungan kulit yang tidak boleh lupa diaplikasikan. Item ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang memicu kulit terbakar dan penuaan. Tabir surya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sunblock dan sunscreen. Apa perbedaan sunscreen dan sunblock?


  • Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV agar tidak menembus lapisan terdalam kulit. Di dalam sunscreen, terkandung bahan kimia avobenzone, oxybenzone, octylcrylene, dan para-aminobenzoic acid (PABA). Bahan tersebut bermanfaat untuk mencegah masuknya sinar UV ke lapisan kulit.

    • Sunblock mengandung bahan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Kandungan mineral tersebut akan memantulkan kembali sinar UV agar tidak terserap ke dalam kulit.

    Sunscreen dan sunblock sama-sama bermanfaat untuk melindungi kulit. Namun, sunblock rentan meninggalkan efek warna putih atau white cast. Hal ini berbeda dengan suncreen yang lebih sheer dan tidak memunculkan white cast pada kulit.


    Saat ini, sunscreen merupakan istilah yang lebih sering dipakai. Sebaliknya, istilah sunblock sudah mulai jarang digunakan.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Istilah sunscreen dan sunblock diambil dari jenis cara kerja filter UV yang digunakan pada sebuah produk. 


    • Sunscreen memfilter sinar UV dan mencegahnya masuk ke kulit. 
    • Sunblock bekerja dengan memblokade dan memantulkan kembali sinar UV. 

    Namun, saat ini istilah yang lebih sering digunakan adalah sunscreen. Berdasarkan jenis kandungan filter UV-nya, sunscreen dibedakan menjadi: 


    • Chemical sunscreen (avobenzone, oxybenzone, octocrylene, dan lainnya).
    • Physical sunscreen atau mineral sunscreen (zinc oxide dan titanium dioxide).

    Arti SPF 50 pada sunscreen/sunblock

    Arti SPF 50 pada sunscreen/sunblock

    Sunscreen/sunblock tersedia dalam berbagai nilai SPF (sun protection factor). Nilai SPF menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen/sunblock terhadap kulit. Sunscreen/sunblock dengan SPF 50 sanggup menghalangi 98% sinar UVB. Penggunaan SPF 50 biasanya disarankan saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan.


    Dengan memakai tabir surya ber-SPF 50, bukan berarti Anda terus-menerus terlindungi dari sinar UV. Nilai SPF juga menunjukkan lamanya perlindungan yang diberikan. Untuk mengetahuinya, Anda cukup mengalikan nilai SPF dengan sepuluh. Nilai SPF 50 menunjukkan bahwa tabir surya tersebut mampu melindungi kulit Anda dari sinar UVB selama 500 menit.


    Jadi, agar terus terlindungi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen/sunblock secara berulang, ya. Setelah ini, kami akan memberikan tips memilih sunscreen/sunblock SPF 50 yang pas untuk Anda gunakan.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    SPF atau sun protection factor menunjukkan proteksi terhadap sinar UVB dan tidak menunjukkan proteksi terhadap sinar UVA. Sunscreen dengan SPF 50 artinya sunscreen tersebut bisa melindungi kulit 50 kali lipat dibandingkan kulit tanpa sunscreen. Sunscreen dengan SPF 50 akan memfilter atau memblokade 98% sinar UVB yang mengenai kulit kita. 

    Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50

    Produk sunscreen/sunblock SPF 50 memang dapat melindungi kulit lebih lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih produknya. Mari simak selengkapnya.

    Pastikan produk mencantumkan nilai PA atau label “broad spectrum”

    Pastikan produk mencantumkan nilai PA atau label “broad spectrum”

    SPF bukan satu-satunya indikator perlindungan yang dibutuhkan kulit. Kulit juga memerlukan perlindungan dari sinar UVA yang bisa memicu tanda penuaan, termasuk kerutan.


    Perlindungan dari UVA disebut sebagai PA atau protection grade of UVA. Pada beberapa produk, nilai PA ditandai dengan tanda "+". Makin banyak tanda "+" yang tercantum di kemasan, makin tinggi pula perlindungan yang diberikan


    Jika produk hanya menuliskan nilai SPF, carilah label "broad spectrum" di kemasannya. Broad spectrum menunjukkan bahwa suatu produk dapat menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus. Jadi, jangan lupa cek label ini pada produk idaman Anda, ya.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    PA atau protection grade of UVA menunjukkan proteksi terhadap sinar UVA. Tidak semua sunscreen mencantumkan PA, misalnya produk dari Eropa atau Amerika. Umumnya, PA ditemukan pada produk sunscreen dari Asia. Karena itu, apabila produk tidak mencantumkan PA, pastikan produknya mencantumkan broad spectrum. Artinya, sunscreen melindungi kulit dari UVB dan UVA.  

    Pilih berdasarkan jenis sunscreen/sunblock

    Mungkin Anda lebih sering menemukan sunscreen/sunblock dengan tekstur krim. Namun, ternyata tabir surya juga tersedia dalam jenis lainnya, seperti gel dan spray. Apa saja keunggulan dari tiap-tiap jenis dan tekstur tabir surya ini?

    Krim, membantu melembapkan kulit kering

    Krim, membantu melembapkan kulit kering

    Pada umumnya, sunscreen/sunblock yang dijual di pasaran memiliki bentuk krim. Sunscreen/sunblock dalam bentuk krim memiliki bahan dasar minyak. Teksturnya terasa cukup berat di kulit. Jenis tabir surya ini mampu melembapkan dan cocok digunakan oleh pemiliki kulit kering.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Sunscreen berbentuk krim nyaman digunakan untuk kulit normal to dry karena berfungsi juga sebagai pelembap kulit. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit sangat kering, pilih sunscreen berbentuk salep atau balm yang lebih melembapkan.

    Gel, cepat meresap ke dalam kulit

    Gel, cepat meresap ke dalam kulit

    Jika tabir surya krim cocok digunakan pemilik kulit kering, tabir surya gel direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak. Sunscreen/sunblock gel berbahan dasar air dengan tekstur yang lebih ringan. Dengan demikian, produk berbahan gel ini juga lebih cepat meresap ke dalam kulit.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Sunscreen berbentuk gel yang kaya kandungan air cocok digunakan untuk kulit normal to oily dan acne-prone skin. Tekstur gelnya yang ringan dan cepat meresap ke kulit akan mencegah pori tersumbat dan break out pada acne-prone skin

    Spray, praktis digunakan tanpa perlu dioleskan

    Spray, praktis digunakan tanpa perlu dioleskan

    Selain bentuk krim dan gel, Anda juga dapat menemukan sunscreen/sunblock dengan jenis spray. Tabir surya spray memiliki bahan dasar air, tetapi sanggup menghasilkan partikel yang lebih kecil. Alhasil, jenis ini sangat cepat terserap ke dalam kulit. Penggunaannya pun sangat praktis dan cocok untuk bagian tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Sunscreen berbentuk spray pas digunakan saat traveling karena praktis. Selain itu, sunscreen ini juga nyaman digunakan untuk melindungi area yang sulit dijangkau seperti punggung. Hindari menggunakan sunscreen berbentuk spray pada anak dan area dekat mata untuk mencegah risiko masuknya sunscreen ke mata.


    Karena itu, Anda jangan langsung menyemprotkannya ke wajah. Semprotkan dahulu sunscreen ke telapak tangan, lalu oleskan ke wajah. Untuk area tubuh, semprotkan dahulu sunscreen ke telapak tangan. Dengan begitu, jumlah sunscreen yang digunakan lebih terukur dan sesuai dengan anjuran pemakaian.

    Bila Anda hendak mencoba tabir surya spray, kami sudah mengulas cara memilihnya pada artikel di bawah ini.

    Untuk aktivitas outdoor, pilih sunscreen/sunblock water resistant

    Untuk aktivitas outdoor, pilih sunscreen/sunblock water resistant

    Jika Anda lebih banyak melakukan aktivitas outdoor dan bersentuhan dengan air, pilihlah produk yang water resistantSunscreen/sunblock yang water resistant lebih tahan air dibandingkan yang tidak water resistant. 


    Namun, ingat, label water resistant bukan berarti Anda tidak perlu menggunakannya kembali. Ketahanannya terhadap air hanya bertahan 40–80 menit saja. Jadi, Anda perlu menggunakannya lagi sesudah mengelap tubuh dari air atau setelah beberapa saat berenang.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Sunscreen yang water resistant diformulasi untuk tahan lebih lama saat terkena air atau di dalam air. Ia juga berperan sebagai pelindung dari sinar UV yang lebih kuat dibandingkan dengan produk yang tidak water resistant. Umumnya, produk sunscreen akan mencantumkan lama ketahanannya, yaitu antara 40 atau 80 menit. Gunakan ulang sunscreen setelah waktu tersebut terlampaui.

    Sesuaikan produk dengan masalah kulit

    Seperti produk skincare lain, pemilihan sunblock atau sunscreen juga perlu disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit. Berikut ulasannya.

    Kulit sensitif, gunakan sunscreen/sunblock yang hypoallergenic dan bebas PABA

    Kulit sensitif, gunakan sunscreen/sunblock yang hypoallergenic dan bebas PABA

    Jika memiliki jenis kulit sensitif, Anda perlu lebih berhati-hati memilih produk sunscreen atau sunblock. Anda bisa memilih produk dengan label "hypoallergenic". Label ini menunjukkan bahwa bahan-bahan di dalam produk tersebut tidak menyebabkan alergi pada kulit.


    Hindarilah produk tabir surya yang mengandung PABA dan parfum. Kandungan tersebut dapat menjadi pencetus alergi pada kulit. Produk dengan kandungan mineral oil juga kurang baik untuk kulit sensitif. Mineral oil dapat membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan masalah lainnya.

    dr. Dian Pratiwi
    Dokter spesialis kulit dan kelamin
    dr. Dian Pratiwi

    Untuk Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya pilihlah physical atau mineral sunscreen. Hindari chemical sunscreen terutama PABA. Untuk mengurangi risiko alergi, pilih mineral sunscreen yang tidak mengandung pewangi. Sunscreen dengan bahan aktif tambahan, seperti niacinamide, ceramides, dan hyaluronic acid juga sesuai untuk kulit sensitif.

    Kulit kering, bersahabat dengan produk yang kaya pelembap

    Kulit kering, bersahabat dengan produk yang kaya pelembap

    Apakah Anda memiliki kulit yang kering? Carilah produk yang menawarkan zat-zat pelembap. Ada banyak jenis pelembap dalam produk suncreen atau sunblock. Beberapa zat pelembap yang terkenal yaitu Aloe verahyaluronic acid, kolagen, dan glycerin. Provitamin B5 atau panthenol juga populer untuk memberikan kelembapan pada kulit.

    Kulit berminyak dan berjerawat, temukan produk noncomedogenic dan oil-free

    Kulit berminyak dan berjerawat, temukan produk noncomedogenic dan oil-free

    Kulit dapat berminyak karena kelenjar sebaceous yang berlebihan dalam memproduksi sebum. Agar tak makin parah, Anda perlu memilih sunscreen atau sunblock yang tidak mengandung minyak (oil-free). Kandungan minyak biasanya terkandung dalam sunscreen atau sunblock yang bertekstur krim.


    Kulit berminyak umumnya juga rentan berjerawat. Jika Anda bergelut dengan masalah ini, gunakanlah tabir surya yang noncomedogenic. Klaim noncomedogenic memiliki arti bahwa suatu produk tidak akan memicu penyumbatan pori-pori di kulit dan memancing pertumbuhan jerawat.

    Ada cukup banyak sunscreen atau sunblock yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat. Mari simak artikel di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

    Cek area tubuh yang bisa dioleskan produk

    Cek area tubuh yang bisa dioleskan produk

    Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah arahan pemakaian sunscreen atau sunblock. Beberapa produk bisa dioleskan ke kulit wajah dan badan. Sementara itu, sebagian produk lain hanya cocok untuk badan saja.


    Kulit wajah cenderung lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh lain. Menggunakan sunscreen yang tidak dirancang khusus untuk wajah berisiko menimbulkan reaksi negatif, seperti iritasi dan breakout.

    10 Rekomendasi produk sunscreen/sunblock SPF 50 terbaik

    Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen/sunblock SPF 50 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


    Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

    10

    La Roche Posay Anthelios Invisible Fresh Mist SPF50

    Mulai dari Rp 250.000,00

    Isi75 ml
    JenisSpray
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitBerminyak dan sensitif
    Kandungan lainnyaThermal Water dan vitamin E
    Area pemakaianWajah
    9

    Eau Thermale AvèneVery High Protection Mineral Cream SPF 50+

    Mulai dari Rp 340.000,00

    Isi50 ml
    JenisKrim
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitKulit sensitif
    Kandungan lainnyaProvitamin E, Avène Thermal Spring Water
    Area pemakaianWajah
    8

    InnisfreeIntensive Long-lasting Sunscreen EX SPF 50+ PA++++

    Mulai dari Rp 240.000,00

    Isi50 ml
    JenisKrim
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitKombinasi ke berminyak
    Kandungan lainnyaVitamin E, Oryza sativa bran oil, dan beta-glucan
    Area pemakaianWajah dan badan
    7

    EdgewellBanana Boat Sunblock Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50+

    Mulai dari Rp 265.100,00

    Isi170 g
    JenisSpray
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitTidak disebutkan
    Kandungan lainnyaAloe vera extract
    Area pemakaianWajah dan badan
    6

    SebamedMulti Protect Sun Cream SPF 50

    Mulai dari Rp 380.000,00

    Isi75 ml
    JenisKrim
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitKulit sensitif, berminyak, dan berjerawat
    Kandungan lainnyaHydro-fructol, vitamin E, dan panthenol
    Area pemakaianWajah dan badan
    5

    AmorepacificLANEIGE Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++

    Mulai dari Rp 360.000,00

    Isi50 ml
    JenisKrim
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitKering dan normal
    Kandungan lainnyaBirch sap, Litchi chinensis pericarp extract, Prunus mume fruit extract, Chenopodium quinoa seed extract, Horse chesnut seed extract, mannitol, kafein, dan beta-glucan
    Area pemakaianWajah
    4

    KaoBiore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

    Mulai dari Rp 175.000,00

    Isi90 ml
    JenisGel
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistant
    Peruntukan kulitKering dan normal
    Kandungan lainnyaWater capsule, hyaluronic acid, dan royal jelly extract
    Area pemakaianWajah dan badan
    3
    Isi40 g
    JenisWatery cream
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistantTidak disebutkan
    Peruntukan kulitSemua jenis kulit
    Kandungan lainnyaImproved hyaluronic acid, kolagen, vitamin E, dan panthenol
    Area pemakaianWajah dan badan
    2

    BeiersdorfNivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+

    Mulai dari Rp 51.000,00

    Isi30 ml
    JenisTidak disebutkan
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistantTidak disebutkan
    Peruntukan kulitBerminyak dan kombinasi
    Kandungan lainnyaL-Carnitine, licorice extract, dan vitamin E
    Area pemakaianWajah
    1

    WardahUV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

    Mulai dari Rp 55.000,00

    Isi30 ml
    JenisWatery cream
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistantTidak disebutkan
    Peruntukan kulitSemua jenis kulit
    Kandungan lainnyaArtemisia capillaris flower extract, Pongamia glabra seed oil, dan bisabolol
    Area pemakaianWajah dan leher

    Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock SPF 50 terbaik

    Gambar produk
    1
    Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ 1

    Wardah

    2
    Beiersdorf Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+ 1

    Beiersdorf

    3
    Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk 1

    Rohto

    4
    Kao Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++ 1

    Kao

    5
    Amorepacific LANEIGE Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++ 1

    Amorepacific

    6
    Sebamed Multi Protect Sun Cream SPF 50 1

    Sebamed

    7
    Edgewell Banana Boat Sunblock Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50+ 1

    Edgewell

    8
    Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen EX SPF 50+ PA++++ 1

    Innisfree

    9
    Eau Thermale Avène Very High Protection Mineral Cream SPF 50+ 1

    Eau Thermale Avène

    10
    La Roche Posay  Anthelios Invisible Fresh Mist SPF50 1

    La Roche Posay

    Nama produk

    UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

    Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+

    Skin Aqua UV Moisture Milk

    Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

    LANEIGE Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++

    Multi Protect Sun Cream SPF 50

    Banana Boat Sunblock Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50+

    Intensive Long-lasting Sunscreen EX SPF 50+ PA++++

    Very High Protection Mineral Cream SPF 50+

    Anthelios Invisible Fresh Mist SPF50

    Keunggulan

    Bebas alkohol dan cocok untuk semua jenis kulit

    Saatnya ucapkan sayonara pada minyak berlebih

    Kulit lembap maksimal berkat improved hyaluronic acid

    Royal jelly-nya turut memberikan proteksi dari sinar UV

    Kaya kandungan alami untuk membuat kulit lebih berbinar

    Menawarkan panthenol untuk mencegah kerusakan kulit

    Berikan sensasi fresh pada kulit di tengah terik matahari

    Kulit menjadi lembap berkat kandungan beta-glucan

    Pilihan sempurna untuk kulit sensitif, bisa untuk anak-anak juga!

    Teksturnya ringan dan tidak meninggalkan kilap

    Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 51.000,00Rp 54.500,00Rp 175.000,00Rp 360.000,00Rp 380.000,00Rp 265.100,00Rp 240.000,00Rp 340.000,00Rp 250.000,00
    Isi30 ml30 ml40 g90 ml50 ml75 ml170 g50 ml50 ml75 ml
    JenisWatery creamTidak disebutkanWatery creamGelKrimKrimSprayKrimKrimSpray
    Perlindungan dari UVA/broad spectrum
    Water resistantTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
    Peruntukan kulitSemua jenis kulitBerminyak dan kombinasiSemua jenis kulitKering dan normalKering dan normalKulit sensitif, berminyak, dan berjerawatTidak disebutkanKombinasi ke berminyakKulit sensitifBerminyak dan sensitif
    Kandungan lainnyaArtemisia capillaris flower extract, Pongamia glabra seed oil, dan bisabololL-Carnitine, licorice extract, dan vitamin EImproved hyaluronic acid, kolagen, vitamin E, dan panthenolWater capsule, hyaluronic acid, dan royal jelly extractBirch sap, Litchi chinensis pericarp extract, Prunus mume fruit extract, Chenopodium quinoa seed extract, Horse chesnut seed extract, mannitol, kafein, dan beta-glucanHydro-fructol, vitamin E, dan panthenolAloe vera extractVitamin E, Oryza sativa bran oil, dan beta-glucanProvitamin E, Avène Thermal Spring WaterThermal Water dan vitamin E
    Area pemakaianWajah dan leherWajahWajah dan badanWajah dan badanWajahWajah dan badanWajah dan badanWajah dan badanWajahWajah
    Tautan produk

    Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

    Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

    Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih dan menggunakan sunscreen


    • SPF minimal 30.
    • Efek akan lebih optimal apabila produknya broad spectrum (melindungi dari sinar UVB dan UVA).
    • Produknya water resistant.
    • Pastikan menggunakannya dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan manfaat optimal.
    • Untuk area wajah, leher depan, dan leher belakang oleskan sebanyak 2,5 FTU (finger tip unit) untuk proteksi yang lebih optimal. 

    Baca juga rekomendasi produk sunscreen/ sunblock lainnya di sini

    Selain artikel ini, kami memiliki banyak artikel lain mengenai tabir surya dari berbagai merek. Anda bisa memilih sunscreen atau sunblock dari Nivea, Banana Boat, hingga L'Oreal. Yuk, simak artikel pilihan Anda dengan mengeklik tautan di bawah ini!

    Kesimpulan

    Sunscreen/sunblock tidak boleh lupa untuk diaplikasikan. Jika Anda membutuhkan perlindungan lebih optimal, sunscreen/sunblock dengan SPF 50 dapat dipilih. Saat memilih produk tabir surya, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit Anda, ya.


    Sekian pembahasan kami tentang sunscreen/sunblock SPF 50. Kami harap Anda terbantu dengan ulasan ini. Jadikanlah pembahasan kami sebagai referensi Anda ketika mencari produknya. Selamat memilih!

    Artikel terkait

    Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.Saat memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Lulur Rempah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lulur Rempah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit cantik dan terawat tentu jadi impian banyak wanita. Untuk itu, Anda harus rutin mengaplikasikan lulur. Salah satu jenis lulur yang paling banyak diminati adalah lulur rempah. Manfaat lulur rempah adalah memutihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit cantik seperti kulit putri keraton.Nah, di artikel kali ini kami akan mengulas lulur rempah yang bagus dari berbagai merek, seperti Roro Mendut, Mama Rezky, dan Mustika Ratu. Anda juga akan menemukan ulasan tentang lulur rempah kayu bangkal dan bedda lotong dengan ramuan khas tradisional. Yuk, disimak! 
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori