• 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Paparan sinar UV secara berlebihan dapat memberikan efek buruk terhadap kulit. Karena itu, Anda perlu melindungi kulit dengan sunscreen/sunblock. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, sunscreen/sunblock dengan SPF 50 sangat cocok untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.


Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk dari merek ternama, seperti Nivea, Sebamed, Purito, dan Nature Republic, ada dalam rekomendasi kami. Silakan lanjutkan membaca artikel ini dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Icha Amalia
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 1.781 Views
Daftar isi

Apa sih bedanya sunblock dengan sunscreen?

Apa sih bedanya sunblock dengan sunscreen?

Tabir surya merupakan produk perlindungan kulit yang tidak boleh lupa untuk dipakai. Tabir surya akan melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV yang mengakibatkan kulit terbakar dan cepat mengalami penuaan.


Di pasaran, Anda dapat menemukan dua jenis produk tabir surya yaitu sunblock dan sunscreen. Namun, apakah perbedaan kedua produk tersebut?


Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV sebelum menembus lapisan terdalam kulit Anda. Di dalam sunscreen, terkandung bahan kimia avobenzone, oxybenzone, octylcrylene, dan para-aminobenzoic acid (PABA). Bahan tersebut bermanfaat untuk mencegah masuknya sinar UV ke lapisan kulit yang lebih dalam.


Berbeda dengan sunscreen, sunblock mengandung bahan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Kandungan mineral tersebut akan memantulkan kembali sinar UV agar tidak terserap ke dalam kulit.


Sunscreen dan sunblock sama-sama baik untuk menjaga kulit dari efek buruk sinar UV. Namun, terkadang sunblock meninggalkan efek warna putih atau white cast pada kulit Anda. Sementara itu, sunscreen bersifat sheer sehingga tidak memunculkan warna pada kulit.


Bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif atau masalah kulit lainnya, kandungan PABA sangat tidak baik untuk kulit. Jika Anda memiliki permasalahan kulit tertentu, sebaiknya Anda memilih sunblock karena kandungannya lebih aman untuk kulit.

Arti SPF 50 pada sunscreen/sunblock

Arti SPF 50 pada sunscreen/sunblock

Sunscreen/sunblock dijual dalam berbagai nilai SPF, mulai dari 15 sampai 100. Kategori sunscreen/sunblock dengan SPF tinggi adalah di atas angka 50. Namun, transmisi dari sinar UV yang mengenai tabir surya dapat mengubah efektivitas produk tersebut. Jadi sebenarnya, menggunakan nilai SPF yang terlalu tinggi juga tidak terlalu berguna untuk kulit. Di samping itu, tingginya nilai SPF juga membuat kandungan bahan kimianya lebih banyak sehingga tidak baik untuk kulit.


Nilai SPF menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen/sunblock terhadap kulit. Sunscreen/sunblock dengan SPF 50 sanggup menghalangi 98% sinar UVB. Penggunaan SPF 50 lebih pas digunakan oleh Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.


Dengan memakai tabir surya ber-SPF 50, bukan berarti Anda terus-menerus terlindungi dari sinar UV. Nilai SPF juga menunjukkan lamanya perlindungan yang diberikan. Untuk mengetahuinya, Anda cukup mengalikan nilai SPF dengan sepuluh. Nilai SPF 50 menunjukkan bahwa tabir surya tersebut mampu melindungi kulit Anda dari sinar UVB selama 500 menit.


Jadi, agar terus terlindungi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen/sunblock secara berkala, ya. Setelah ini, kami akan memberikan tips memilih produk sunscreen/sunblock SPF 50 yang pas untuk Anda gunakan.

Cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50

Produk sunscreen/sunblock SPF 50 memang dapat melindungi kulit lebih lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih sunscreen/sunblock dengan SPF 50.

Pastikan produknya juga memiliki kandungan PA

Pastikan produknya juga memiliki kandungan PA

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Jika kulit Anda terpapar sinar UVB dalam waktu lama, kulit Anda bisa terbakar. Karena itu, amat penting untuk menggunakan tabir surya. 


Namun, tidak cukup SPF saja yang dibutuhkan kulit. Kulit Anda juga membutuhkan perlindungan dari sinar UVA yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Perlindungan dari UVA disebut sebagai PA atau protection grade of UVA. Nilai PA ditandai dengan tanda "+". Makin banyak tanda "+" yang ada pada suatu produk, makin tinggi pula perlindungan yang diberikan. 


Jika produk tersebut hanya menuliskan nilai SPF saja, pastikan bahwa tabir surya tersebut memiliki label broad spectrum. Sunscreen/sunblock dengan label broad spectrum dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UVA dan UVB. Namun, tidak semua produk tabir surya mempunyai label broad spectrum. Produk yang memiliki label broad spectrum pastinya telah lolos tahap pengujian.

Pilih berdasarkan jenis sunscreen/sunblock

Mungkin Anda lebih sering menemukan sunscreen/sunblock dengan tekstur krim. Namun, ternyata tabir surya juga dijual dalam jenis lainnya, antara lain gel dan spray. Kami akan mengulas masing-masing jenis tabir surya agar Anda bisa memilih yang paling pas untuk digunakan.

Krim : dapat melembapkan kulit kering

Krim : dapat melembapkan kulit kering

Pada umumnya, sunscreen/sunblock yang dijual di pasaran memiliki bentuk krim. Sunscreen/sunblock dalam bentuk krim memiliki bahan dasar minyak. Teksturnya terasa cukup berat di kulit. Jenis tabir surya ini mampu melembapkan dan cocok digunakan oleh pemiliki kulit kering.

Gel : cepat meresap ke dalam kulit

Gel : cepat meresap ke dalam kulit

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya hindari tabir surya dengan bahan dasar minyak. Teksturnya yang berat dapat menyumbat pori-pori Anda. Sekarang, sudah mulai banyak sunscreen/sunblock berbahan dasar air dengan tekstur yang lebih ringan. Biasanya, sunscreen/sunblock tersebut berbentuk gel dan lebih cepat meresap ke dalam kulit.

Spray : praktis digunakan tanpa perlu dioleskan

Spray : praktis digunakan tanpa perlu dioleskan

Selain bentuk krim dan gel, Anda juga dapat menemukan sunscreen/sunblock dengan jenis spray. Sunscreen/sunblcok spray memiliki bahan dasar air, tetapi sanggup menghasilkan partikel yang lebih kecil. Alhasil, jenis ini sangat cepat terserap ke dalam kulit. Penggunaannya pun sangat praktis dan cocok untuk bagian tubuh yang sulit terjangkau tangan, misalnya punggung.

Untuk kulit sensitif, gunakan sunscreen/sunblock yang hypoallergenic dan bebas PABA

Untuk kulit sensitif, gunakan sunscreen/sunblock yang hypoallergenic dan bebas PABA

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk sunscreen/sunblock. Anda dapat memilih produk dengan label hypoallergenic. Label ini menunjukkan bahwa bahan-bahan di dalam produk tersebut tidak menyebabkan alergi pada kulit.


Hindarilah produk tabir surya yang mengandung PABA dan parfum. Kandungan tersebut dapat menjadi pencetus alergi pada kulit.


Produk dengan kandungan mineral oil juga kurang baik untuk kulit sensitif. Mineral oil dapat membuat pori-pori tersumbat dan menghasilkan masalah lainnya.

Untuk aktivitas outdoor, pilih sunscreen/sunblock water resistant

Untuk aktivitas outdoor, pilih sunscreen/sunblock water resistant

Jika Anda lebih banyak melakukan aktivitas outdoor dan bersentuhan dengan air, pastikan Anda memilih produk yang water resistant


Sunscreen/sunblock water resistant lebih tahan air dibandingkan yang tidak water resistant. Namun, ingatlah bahwa label water resistant bukan berarti Anda tidak perlu menggunakannya kembali. Ketahanannya terhadap air hanya bertahan 40-80 menit saja. Jadi, Anda perlu menggunakannya lagi sesudah mengelap tubuh dari air atau setelah beberapa lama berenang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Mamonde Everyday Aqua Sun Cream SPF50+/PA++++

Rp 175.000,00

Spesialis
mybest

A'pieu Everyday Sun Gel SPF 50+/PA ++++

Rp 80.000,00

10 Rekomendasi produk sunscreen/sunblock SPF 50 terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih produknya, kami akan lanjutkan dengan memberikan rekomendasi produk terbaik. Temukanlah sunscreen/sunblock SPF 50 yang pas dengan kondisi kulit Anda.

10
JenisTidak disebutkan
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)
Water resistantX
9
JenisLotion/krim
Perlindungan dari sinar UVA ✔ (PA+++)
Water resistantX
8
JenisTidak disebutkan
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA+++)
Water resistantX
7
JenisSpray
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)
Water resistantX
6
JenisKrim
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)
Water resistantX
5

NiveaSun Protect & White Oil Control Serum SPF 50+ PA +++

483320018100

Rp 40.000,00

JenisTidak disebutkan
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA+++)
Water resistantX
4
JenisTidak disebutkan
Perlindungan dari sinar UVA
Water resistantX
3
JenisGel
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)
Water resistantX
2

Nature RepublicGreen Derma Mild Sun Block SPF 50+ PA++++

Rp 285.000,00

JenisKrim
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)
Water resistantX
1
JenisKrim
Perlindungan dari sinar UVA
Water resistant

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock SPF 50 terbaik

Gambar produk
1
Sebamed Sun Cream SPF 50 1

Sebamed

2
Nature Republic Green Derma Mild Sun Block SPF 50+ PA++++ 1

Nature Republic

3
SNP UV Perfect Air Cool Sun Gel 1

SNP

4
Nacific Fresh Herb Origin Sunblock SPF50+ PA++++ 1

Nacific

5
Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF 50+ PA +++ 1

Nivea

6
Hinature PURITO Comfy Water Sun Block 1

Hinature

7
KAO Biore UV Perfect Spray SPF 50+ PA++++ 1

KAO

8
Dr. Oracle 21;STAY A-Thera Sun Block 1

Dr. Oracle

9
Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 1

Rohto

10
Innisfree Forest for Men Sunblock SPF 50 PA++++ 1

Innisfree

Nama produk

Sun Cream SPF 50

Green Derma Mild Sun Block SPF 50+ PA++++

UV Perfect Air Cool Sun Gel

Fresh Herb Origin Sunblock SPF50+ PA++++

Sun Protect & White Oil Control Serum SPF 50+ PA +++

PURITO Comfy Water Sun Block

Biore UV Perfect Spray SPF 50+ PA++++

21;STAY A-Thera Sun Block

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50

Forest for Men Sunblock SPF 50 PA++++

Keunggulan

Formulanya lembut untuk kulit, bahkan kulit sensitif

Redakan iritasi dan memberikan perlindungan ekstra

Formulanya membuat kulit tetap terasa sejuk

Tak hanya melindungi, tetapi juga menjaga keremajaan kulit

Membuat makeup tahan lama dan bebas luntur

Bebas partikel nano. Ibu hamil dan anak-anak pun akan terlindungi dengan baik

Melindungi dari ujung rambut sampai ujung kaki

Mengembalikan kelembapan alami kulit dengan bahan alami

Melembapkan dan menjaga kekenyalan kulit

Kandungan ragi hitam asal Jeju akan memberikan lapisan perlindungan

HargaRp 380.000,00Rp 285.000,00Rp 232.000,00Rp 155.000,00Rp 40.000,00Rp 350.000,00Rp 175.000,00Rp 376.500,00Rp 58.500,00Rp 332.000,00
JenisKrimKrimGelTidak disebutkanTidak disebutkanKrimSprayTidak disebutkanLotion/krimTidak disebutkan
Perlindungan dari sinar UVA✔ (PA++++)✔ (PA++++)✔ (PA+++)✔ (PA++++)✔ (PA++++)✔ (PA+++) ✔ (PA+++)✔ (PA++++)
Water resistantXXXXXXXXX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk sunscreen/sunblock lainnya di sini

Selain artikel ini, kami memiliki artikel lainnya tentang sunscreen/sunblock. Berbagai tabir surya untuk kebutuhan Anda ada dalam rekomendasi kami, seperti untuk kulit berjerawat, anak-anak, bayi, dan ibu hamil. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang sunscreen/sunblock yang paling pas untuk Anda.

Kesimpulan

Pemakaian sunscreen/sunblock tidak boleh Anda lupakan. Jika Anda membutuhkan perlindungan lebih lama, sunscreen/sunblock dengan SPF 50 dapat Anda gunakan. Dalam memilih, jangan lupa untuk disesuaikan dengan jenis kulit Anda, ya. Selain itu, ingatlah untuk reapply sunscreen/sunblock setelah beberapa waktu.


Sekian pembahasan kami tentang sunscreen/sunblock SPF 50. Kami harap Anda terbantu dengan ulasan ini. Jadikanlah pembahasan kami sebagai referensi Anda ketika memilih produknya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    630.815 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    484.347 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    174.621 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    404.261 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    245.735 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    468.305 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu tahapan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan dalam rutinitas perawatan kulit adalah menggunakan toner. Selain membersihkan kulit dengan lebih maksimal, toner juga berperan dalam melembapkan dan menyeimbangkan pH kulit. Agar lebih aman, pilihlah toner dengan bahan alami, seperti Aloe vera atau lidah buaya. Namun, produk mana yang sebaiknya dipilih?Di artikel ini kami akan mengulas poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih toner Aloe vera. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk dari sejumlah merek, antara lain Lacoco, Nature Republic, dan Thayers. Baca sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
    1.093 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori