• 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.


Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Sebagian dari Anda barangkali sudah mengetahui tentang bahaya paparan sinar matahari. Adanya sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) di dalamnya bisa berdampak buruk pada kulit. Paparan secara langsung dan terus-menerus dapat mengakibatkan kulit terbakar, penuaan dini, hingga kanker kulit.


Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda disarankan untuk menggunakan sunblock atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. Lalu, apa perbedaan antara keduanya? Hal yang paling membedakan sunblock dengan sunscreen adalah cara kerjanya. Meski sama-sama melindungi kulit, keduanya memiliki kinerja yang berbeda.


Sunblock atau biasa disebut physical sunscreen bekerja dengan menghalangi dan memantulkan paparan sinar matahari. Sementara itu, sunscreen atau chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Setelah itu, barulah dilepaskan kembali melalui permukaan kulit.


Dari segi kandungan, sunscreen mengandung bahan kimia aktif untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Biasanya kandungan tersebut adalah octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock terdapat kandungan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk kulit kering

Setelah mengetahui perbedaan antara sunblock dengan sunscreen, apakah Anda tertarik untuk menggunakan sunscreen untuk kegiatan sehari-hari? Nah, khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, kami memiliki beberapa tips memilih produk sunscreen yang tepat. Jadi, silakan disimak baik-baik!

Perhatikan kadar SPF dan PA

Perhatikan kadar SPF dan PA

Saat memilih sunscreen, penting untuk memperhatikan kadar SPF dan PA agar kulit terlindung dengan baik dari UVB dan UVA. Anda akan menemukan keterangan sun protection factor (SPF) dan protection grade of UVA (PA) pada kemasan. Kadar SPF ini ditulis dengan angka, seperti 15, 30, dan 50. Sementara itu, PA ditandai dengan simbol + yang berurutan. 


Jumlah SPF menunjukkan seberapa besar tingkat perlindungannya pada kulit dari sinar UVB. Makin tinggi angkanya, tentu makin tinggi pula tingkat perlindungannya. SPF 15 artinya dapat menghalangi paparan sinar UVB hingga 93%. Di sisi lain, kemampuan SPF 30 sebesar 97% dan SPF 50 mencapai 98%. 


Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya gunakan sunscreen minimal SPF 30. Jika dirasa kurang karena aktivitas di luar ruangan lebih lama, Anda dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 50. 


Sama seperti SPF, PA dengan + yang jumlahnya makin banyak menunjukkan kinerja yang makin baik pula. Dengan PA tinggi, paparan sinar UVA dapat dikurangi dan risiko munculnya tanda penuaan dini makin berkurang.


Pemilihan SPF dan PA juga bisa diperhatikan berdasarkan warna kult Anda. Apabila kulit Anda cenderung lebih terang dan mudah sunburn, perhatikan angka SPF pada produk. Untuk Anda yang berkulit gelap dan rentan pigmentasi, penting untuk memperhatikan kadar PA.

Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Sebelum membeli, sebaiknya Anda pastikan sunscreen yang Anda pilih mengandung pelembap. Hal ini untuk membantu kulit kering Anda tetap terhidrasi dengan baik. Hyaluronic acid, lanolin, collagen, dan Aloe vera adalah beberapa contoh kandungan yang dapat melembapkan. 


Anda juga dapat mengenali sunscreen yang mengandung pelembap dari teksturnya. Biasanya, sunscreen jenis ini memiliki tekstur berupa lotion, cream, atau salep.

Hindari sunscreen yang mengandung alkohol

Hindari sunscreen yang mengandung alkohol

Seperti yang sudah umum diketahui, alkohol dapat membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, memilih sunscreen non-alkohol adalah pilihan yang tepat untuk kulit kering. Kandungan alkohol sendiri biasanya ada pada sunscreen jenis spray. Selain alkohol, hindari juga kandungan pewangi dan pengawet yang berlebihan.


Pilihlah jenis sunscreen yang cocok dipakai pada kulit Anda. Untuk kulit kering, sunscreen tipe krim, balm, dan stick akan lebih nyaman digunakan dibandingkan bentuk losion, gel, atau spray.

Sesuaikan dengan tipe kulit kering

Selain memperhatikan poin-poin di atas, memilih sunscreen untuk kulit kering juga harus disesuaikan dengan kondisi tipe kulit kering. Ada kulit kering dan sensitif, kulit kering beruntusan atau berjerawat, serta ada kondisi kulit kering dan kusam. Dengan menyesuaikan tipe kulit kering yang Anda alami, Anda bisa memilih sunscreen dengan tepat. 

Kulit kering dan sensitif: Pilih yang mengandung Aloe vera

Kulit kering dan sensitif: Pilih yang mengandung Aloe vera

Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari bahan aktif tertentu karena bisa menyebabkan iritasi dan alergi. Pilihlah sunscreen mineral yang mengandung pelembap dan diformulasikan tanpa bahan tambahan seperti parfum, pengawet, dan pewarna. Selain itu, kandungan seperti para-aminobenzoic acid (PABA) dan benzophenones juga harus Anda hindari.


Anda bisa memilih sunscreen yang mengandung Aloe vera. Kandungan Aloe vera dapat menjaga kadar air dalam kulit sekaligus melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam. Selain itu, Aloe vera juga dapat membantu menenangkan kulit yang sensitif.

Kulit kering dan beruntusan/berjerawat: Pilih yang mengandung zinc

Kulit kering dan beruntusan/berjerawat: Pilih yang mengandung zinc

Untuk Anda yang memiliki kulit kering dan acne-prone, pilihlah sunscreen dengan filter UV zinc oxide. Kandungan zinc oxide dapat mengurangi dan menghambat produksi bakteri penyebab jerawat P. acnes. Perhatikan juga tambahan bahan antiacne seperti niacinamide dan bahan aktif lainnya.


Selain itu, Anda juga bisa memilih sunscreen untuk kulit kering dan beruntusan dengan formula non-comedogenic. Formula ini lebih ramah untuk kulit yang mudah berjerawat. Sunscreen non-comedogenic dapat mencegah terbentuknya komedo dan jerawat karena formulanya tidak menyumbat pori-pori.

Kulit kering dan kusam: Pilih yang mengandung hyaluronic acid

Kulit kering dan kusam: Pilih yang mengandung hyaluronic acid

Polusi udara dan paparan radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah makin kusam. Oleh karena itu, pilihlah sunscreen yang mampu mengunci kelembapan dan membantu regenerasi kulit yang lebih sehat. Untuk jenis sunscreen, pilihlah yang berbentuk krim, balm, atau stick dengan tambahan pelembap.


Dari kandungannya, carilah sunscreen dengan bahan yang memiliki fungsi brightening. Beberapa bahan yang bisa menjadi pilihan adalah hyaluronic acid, vitamin c, serta bahan antioksidan lainnya. Kandungan hyaluronic acid dapat menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan di permukaan kulit.

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
SPF/PA50/++++
Netto30 ml
Kandungan pelembapVitamin E
TipeChemical dan physical sunscreen
UsiaTidak disebutkan
Kandungan untuk kulit kering & sensitifNon-comedogenic
9
SPF/PA35/+++
Netto30 ml
Kandungan pelembapVitamin E dan B6
TipePhysical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering-
8
SPF/PA50+/++++
Netto50 ml
Kandungan pelembapBirch sap & skin moisturizing factor
TipePhysical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifTanpa pewarna buatan, teknologi Laneige Water Screen ™ untuk kulit kering dan lelah
7
SPF/PA50+/28
Netto50 ml
Kandungan pelembapGlycerin dan vitamin E
TipeChemical dan physical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifHypoallergenic, non-comedogenic
6

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Mulai dari Rp 65.000,00

SPF/PA45/++++
Netto50 ml
Kandungan pelembapPropolis, Aloe vera, green tea, dan delima
TipeChemical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifBebas pewangi, bebas alkohol, dan bebas silikon
5

Erha21Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG

Mulai dari Rp 87.450,00

SPF/PA30/++
Netto30 g
Kandungan pelembapVitamin E, D-Panthenol, dan Aloe vera extract
TipeChemical dan physical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitif-
4

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Mulai dari Rp 199.000,00

SPF/PA50+/+++
Netto50 ml
Kandungan pelembapAloe arborescens leaf extract
TipeChemical dan physical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitif-
3

WardahUV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Mulai dari Rp 35.000,00

SPF/PA30/+++
Netto40 ml
Kandungan pelembapVitamin E dan provitamin B5
TipeChemical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifFormula 0% alkohol
2

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Mulai dari Rp 115.800,00

SPF/PA50+/++++
Netto50 g
Kandungan pelembapHyaluronic acid dan royal jelly extract
TipeChemical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifNo added colorant, non-comedogenic, allergy tested
1
SPF/PA50+/+++
Netto40 g
Kandungan pelembapHyaluronic acid, kolagen, dan vitamin B5
TipeChemical dan physical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasa
Kandungan untuk kulit kering & sensitifTanpa zat pewarna dan parfum

Tabel perbandingan produk sunscreen terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk  1

Rohto

2
Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense 1

Kao

3
Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 1

Wardah

4
COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ 1

COSRX

5
Erha21 Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG 1

Erha21

6
Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ 1

Wahana Kosmetika Indonesia

7
Cetaphil  UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 1

Cetaphil

8
LANEIGE  Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++ 1

LANEIGE

9
Rohto Acnes UV Tint 1

Rohto

10
Kiehl’s  Ultra Light Daily UV Defense 1

Kiehl’s

Nama produk

Skin Aqua UV Moisture Milk

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++

Acnes UV Tint

Ultra Light Daily UV Defense

Keunggulan

Kombinasi hyaluronic acid dan kolagen makin mantap untuk melembapkan kulit!

Sunscreen tahan air dengan perlindungan maksimal

Ekonomis dan mudah ditemukan di mana saja

Tekstur seringan moisturizer, bikin betah dipakai setiap hari

Nyaman digunakan sehari-hari untuk kulit normal dan kering

Jaga dan lindungi kelembapan kulit dengan bahan alami

Pemilik kulit sensitif kini tidak perlu khawatir memakai sunscreen

Birch sap-nya sangat kaya manfaat! Yakin ingin melewatkannya?

Perlindungan kulit yang cukup sekaligus mengatasi jerawat

Lawan tanda penuaan dan polusi dengan antioksidan supernya!

Harga mulai dariRp 49.500,00Rp 115.800,00Rp 35.000,00Rp 199.000,00Rp 87.450,00Rp 65.000,00Rp 398.200,00Rp 360.000,00Rp 34.500,00Rp 610.000,00
SPF/PA50+/+++50+/++++30/+++50+/+++30/++45/++++50+/2850+/++++35/+++50/++++
Netto40 g50 g40 ml50 ml30 g50 ml50 ml50 ml30 ml30 ml
Kandungan pelembapHyaluronic acid, kolagen, dan vitamin B5Hyaluronic acid dan royal jelly extractVitamin E dan provitamin B5Aloe arborescens leaf extractVitamin E, D-Panthenol, dan Aloe vera extractPropolis, Aloe vera, green tea, dan delimaGlycerin dan vitamin EBirch sap & skin moisturizing factor Vitamin E dan B6Vitamin E
TipeChemical dan physical sunscreen Chemical sunscreenChemical sunscreenChemical dan physical sunscreenChemical dan physical sunscreenChemical sunscreenChemical dan physical sunscreenPhysical sunscreenPhysical sunscreenChemical dan physical sunscreen
UsiaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaRemaja dan dewasaTidak disebutkan
Kandungan untuk kulit kering & sensitifTanpa zat pewarna dan parfumNo added colorant, non-comedogenic, allergy testedFormula 0% alkohol--Bebas pewangi, bebas alkohol, dan bebas silikonHypoallergenic, non-comedogenicTanpa pewarna buatan, teknologi Laneige Water Screen ™ untuk kulit kering dan lelah-Non-comedogenic
Tautan produk

Manfaat menggunakan sunscreen setiap hari

Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya penggunaan sunscreen. Salah satu alasannya karena penggunaan sunscreen dirasa merepotkan, terlebih harus diaplikasikan ulang tiap beberapa jam sekali. Padahal jika Anda rutin menggunakan sunscreen dalam aktivitas sehari-hari, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Nah, apa saja manfaatnya? Silakan simak poin-poin berikut!

Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

Manfaat sunscreen paling utama pastinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen dapat berfungsi sebagai perisai kulit dan mengurangi risiko paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA sendiri bisa memicu munculnya tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam, dan garis halus. Sementara itu, sinar UVB mengakibatkan efek terbakar sehingga kulit terlihat gosong dan gelap.

Menjaga warna kulit tetap merata

Menjaga warna kulit tetap merata

Sunscreen juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna pada kulit. Anda mungkin pernah mendengar hiperpigmentasi, yakni adanya bercak gelap yang muncul pada bagian kulit tertentu. Tahukah Anda jika salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari? Penggunaan sunscreen dapat meminimalisir hal itu terjadi. Selain meratakan warna kulit, sunscreen juga dapat mencegah terjadinya jerawat dan kulit kusam.

Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar UVA dapat mengakibatkan munculnya tanda penuaan dini pada kulit. Tahukah Anda bahwa 90% tanda penuaan kulit eksternal disebabkan oleh sinar matahari? Jadi, penggunaan sunscreen secara rutin dan teratur merupakan carah termudah dan termurah untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda


Bahkan, sebuah studi telah mengungkapkan pengguna rutin sunscreen mampu mengurangi risiko penuaan dini hingga 24% dibanding orang yang tidak menggunakannya. Mari cegah tanda penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan garis halus dengan menggunakan sunscreen!

Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

Paparan sinar UVB secara terus-menerus dapat mengakibatkan radiasi dan sunburn. Hal itu dapat merusak DNA pada sel kulit dan memicu permasalahan kulit yang lebih serius. Melanoma yang merupakan jenis kanker kulit adalah salah satunya. 


Menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 secara teratur sudah bisa menurunkan risiko kanker kulit sebesar 40%–50%. Maka, penting untuk menggunakan sunscreen tiap hari secara rutin dan teratur seumur hidup.

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Sunscreen adalah salah satu bagian dari rangkaian perawatan kulit yang sangat penting. Namun, Anda juga harus pandai dalam memilih produk yang tepat dan cocok dengan jenis kulit. Nah, untuk rekomendasi produk sunscreen lainnya, Anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini ya!

Kesimpulan

Memiliki jenis kulit kering memang rentan terhadap kerusakan kulit lain seperti munculnya tanda penuaan. Dengan memilih sunscreen yang tepat, Anda dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mengurangi risiko kerusakan kulit.


Semoga tips memilih dan rekomendasi produk di atas dapat membantu Anda mendapatkan produk sunscreen terbaik. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan kulit serta beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir dengan efek sinar matahari. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Susu Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Susu Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sabun susu sapi telah digunakan oleh masyarakat selama bertahun-tahun karena manfaatnya dalam melembutkan kulit. Anda bahkan boleh mengaplikasikannya setiap hari. Tak hanya untuk wajah, sabun dari susu sapi juga baik digunakan pada tubuh. Kini sabun susu sapi sering dipadukan dengan bahan bermanfaat lain, contohnya madu dan minyak sereh.Kali ini kami akan membahas cara memilih sabun susu sapi yang bagus, serta memberi sepuluh rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan merek sabun susu sapi terbaik, seperti Cow Brand, Tazakka, Tnine, hingga As'shyfa. Selain bentuk sabunnya bermacam-macam, harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori