1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.


Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!

Diperbaharui 10-31-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Sebagian dari Anda barangkali sudah mengetahui tentang bahaya paparan sinar matahari. Adanya sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) di dalamnya bisa berdampak buruk pada kulit. Paparan secara langsung dan terus-menerus dapat mengakibatkan kulit terbakar, penuaan dini, hingga kanker kulit. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan sunblock atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. 


Lalu, apa perbedaan sunblock dan sunscreen? Hal yang paling membedakan sunblock dengan sunscreen adalah cara kerjanya. Meski sama-sama melindungi kulit, keduanya memiliki kinerja yang berbeda.


  • Sunblock/physical sunscreen

Sunblock atau biasa disebut physical sunscreen bekerja dengan menghalangi dan memantulkan paparan sinar matahari. Sunblock biasanya memiliki kandungan mineral, seperti titanium dioxide dan zinc oxide.


  • Sunscreen/chemical sunscreen

Sunscreen (chemical sunscreen) bekerja dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas untuk dilepaskan kembali melalui permukaan kulit. Dari segi kandungan, sunscreen mengandung bahan kimia aktif untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Biasanya kandungan tersebut adalah octocrylene dan mexoryl XL.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk kulit kering

Setelah mengetahui perbedaan antara sunblock dengan sunscreen, apakah Anda tertarik untuk menggunakan sunscreen untuk kegiatan sehari-hari? Khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, kami memiliki beberapa tips memilih produk sunscreen yang tepat. Silakan simak tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit kering berikut ini!

① Perhatikan kadar SPF dan PA-nya

Perhatikan kadar SPF dan PA-nya

Saat memilih sunscreen, penting untuk memperhatikan kadar SPF dan PA-nya. Anda akan menemukan keterangan SPF dan PA pada kemasan.


  • SPF (sun protection factor)
Kadar SPF ditulis dengan angka, seperti 15, 30, dan 50. Jumlah SPF menunjukkan tingkat perlindungan sunscreen pada kulit dari sinar UVB. Makin tinggi angkanya, makin tinggi pula tingkat perlindungannya.

SPF 15 artinya sunscreen dapat menghalangi paparan sinar UVB hingga 93%. Sementara itu, SPF 30 mampu menghalau paparan UVB sebesar 97%, sedangkan SPF 50 mampu menghalau UVB sebanyak 98%. Untuk kegiatan sehari-hari, Anda bisa memakai sunscreen minimal SPF 30. Jika dirasa kurang karena aktivitas di luar ruangan lebih lama, Anda dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 50.


  • PA (protection grade of UVA)

PA ditandai dengan simbol + yang berurutan. Sama seperti SPF, PA dengan + yang jumlahnya makin banyak menunjukkan kinerja yang makin baik pula. Dengan PA tinggi, paparan sinar UVA dapat dikurangi dan risiko munculnya tanda penuaan dini makin berkurang.


Pemilihan SPF dan PA juga bisa diperhatikan berdasarkan warna kult Anda. Apabila kulit Anda cenderung lebih terang dan mudah sunburn, perhatikan angka SPF pada produk. Untuk Anda yang berkulit gelap dan rentan pigmentasi, penting untuk memperhatikan kadar PA.

② Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Untuk tipe kulit kering, sebaiknya Anda memilih sunscreen yang mengandung pelembap. Hal ini untuk membantu kulit kering Anda terhidrasi dengan baik. Hyaluronic acid, lanolin, kolagen, dan Aloe vera adalah beberapa contoh kandungan yang dapat melembapkan.


Anda juga dapat mengenali sunscreen yang mengandung pelembap dari teksturnya. Biasanya, sunscreen jenis ini memiliki tekstur berupa lotion, cream, atau salep.

③ Utamakan sunscreen yang tidak mengandung alkohol

Utamakan sunscreen yang tidak mengandung alkohol

Beberapa jenis alkohol dapat membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, memilih sunscreen nonalkohol adalah pilihan yang tepat untuk kulit kering. Kandungan alkohol sendiri biasanya terdapat pada sunscreen jenis spray. Selain alkohol, hindari juga kandungan pewangi dan pengawet yang berlebihan.

④ Sesuaikan dengan tipe kulit kering

Selain memperhatikan poin-poin di atas, memilih sunscreen untuk kulit kering juga harus disesuaikan dengan kondisi tipe kulit kering. Ada kulit kering dan sensitif, kulit kering beruntusan atau berjerawat, serta ada kondisi kulit kering dan kusam. Dengan menyesuaikan tipe kulit kering yang Anda alami, Anda bisa memilih sunscreen dengan tepat.

Kulit kering dan sensitif: Sunscreen yang mengandung Aloe vera bisa dipilih

Kulit kering dan sensitif: Sunscreen yang mengandung Aloe vera bisa dipilih

Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, hindari bahan aktif tertentu yang bisa menyebabkan iritasi dan alergi. Pilihlah mineral sunscreen yang mengandung pelembap dan diformulasikan tanpa bahan iritan, seperti parfum, pengawet, dan pewarna. Selain itu, kandungan lain, seperti para-aminobenzoic acid (PABA) dan benzophenones juga harus Anda hindari.


Sunscreen yang mengandung Aloe vera bagus untuk tipe kulit kering. Kandungan Aloe vera dapat menjaga kadar air dalam kulit sekaligus melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam. Selain itu, Aloe vera juga dapat membantu menenangkan kulit yang sensitif.

Kulit kering dan beruntusan/berjerawat: Formula noncomedogenic baik untuk Anda

Kulit kering dan beruntusan/berjerawat: Formula noncomedogenic baik untuk Anda

Untuk Anda yang memiliki kulit kering dan acne-prone, pilihlah sunscreen dengan filter UV zinc oxide. Kandungan zinc oxide dapat mengurangi dan menghambat produksi bakteri penyebab jerawat P. acnes. Perhatikan juga adanya bahan antiacne lainnya seperti Centella asiatica dan niacinamide.


Selain itu, Anda juga bisa memilih sunscreen untuk kulit kering dan beruntusan dengan formula noncomedogenic. Formula ini lebih ramah untuk kulit yang mudah berjerawat. Sunscreen noncomedogenic dapat mencegah terbentuknya komedo dan jerawat karena formulanya tidak menyumbat pori-pori.

Kulit kering dan kusam: Sunscreen yang kaya antioksidan bisa dipilih

Kulit kering dan kusam: Sunscreen yang kaya antioksidan bisa dipilih

Polusi udara dan paparan radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah makin kusam. Oleh karena itu, pilihlah sunscreen yang mampu mengunci kelembapan dan membantu regenerasi kulit yang lebih sehat. Untuk jenis sunscreen, pilihlah yang berbentuk krim, balm, atau stick dengan tambahan pelembap.


Dari kandungannya, carilah sunscreen yang tinggi antioksidan atau memiliki fungsi brightening. Beberapa bahan yang bisa menjadi pilihan adalah vitamin C, niacinamide, hyaluronic acid, serta bahan antioksidan lainnya. Kandungan hyaluronic acid dapat menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan di permukaan kulit.

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Azarine

Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ 1枚目

Jaga dan lindungi kelembapan kulit dengan bahan alami

2

Kao

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense 1枚目

Sunscreen tahan air dengan perlindungan maksimal

3

Rohto

Skin Aqua UV Moisture Milk

Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk  1枚目

Kombinasi hyaluronic acid dan kolagen, makin mantap untuk melembapkan kulit!

4

Y.O.U

Triple UV Elixir Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Y.O.U  Triple UV Elixir Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ 1枚目

Melindungi sekaligus melembapkan dan mencerahkan kulit kusam

5

Skintific

5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++ 1枚目

Melembapkan sekaligus menguatkan skin barrier

6

COSRX

Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ 1枚目

Tekstur krim yang ringan dan mudah diratakan

7

Rosé All Day

Don't Forget Sunscreen

Rosé All Day  Don't Forget Sunscreen 1枚目

Sunscreen dengan kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas

8

LACOCO

Daily UV Counter SPF 50 PA++

LACOCO Daily UV Counter SPF 50 PA++ 1枚目

Samarkan noda dan flek hitam bekas jerawat

9

Cetaphil

UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Cetaphil  UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 1枚目

Pemilik kulit sensitif kini tidak perlu khawatir memakai sunscreen

10

Moriganic

Sunscreen UV Watery Sun Cream SPF 50 PA++++

Moriganic Sunscreen UV Watery Sun Cream SPF 50 PA++++ 1枚目

Sunscreen yang aman dipakai remaja, busui, dan bumil

Perincian produk
Close
No.1

AzarineHydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Mulai dari Rp65.000,00

Jaga dan lindungi kelembapan kulit dengan bahan alami

Kelebihan:

  • Tekstur ringan dan mudah meresap
  • Bebas fragrance, oil, alcohol, dan silicone
  • Mengandung pelembap Aloe vera

Kekurangan:

  • Matte finish, kurang cocok untuk Anda yang menginginkan finishing dewy atau glowing

Sunscreen Azarine ini cocok untuk Anda yang menyukai tekstur tabir surya ringan. Karena bentuk gel, produk ini mudah meresap ke dalam kulit dan memberi sensasi menyegarkan. Kandungan Aloe vera dan propolisnya akan membantu menjaga kelembapan dan melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV.


Anda juga tidak perlu khawatir dengan kandungan lainnya di produk ini. Sunscreen ini diklaim noncomedogenic, serta bebas fragrance, mineral oil, alcohol, dan silicone. Terlebih lagi, teksturnya tidak meninggalkan white cast. Jadi, produk ini sangat aman untuk dijadikan sunscreen harian Anda.

No.2

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Mulai dari Rp121.600,00

Sunscreen tahan air dengan perlindungan maksimal

Kelebihan:

  • Formula tahan air
  • Mengandung hyaluronic acid dan royal jelly yang baik untuk kulit kering

Kekurangan:

  • Mengandung bahan iritan, seperti alkohol dan fragrance, hati-hati pemakaian pada kulit sensitif

Produk satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari sunscreen tahan air. Kemampuannya sudah terbukti dengan uji water-resistant selama 80 menit. Kulit Anda akan lebih terlindungi dari sinar UVA dan UVB karena SPF dan PA yang tinggi. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan dengan segala kondisi.


Sunscreen ini memiliki tekstur ringan dan cair sehingga mudah menyerap dan merata di kulit. Selain itu, sunscreen ini juga melembapkan karena mengandung hyaluronic acid. Dibekali juga dengan royal jelly, formulanya baik untuk menyamarkan garis halus.

No.3

RohtoSkin Aqua UV Moisture Milk

Mulai dari Rp58.000,00

Kombinasi hyaluronic acid dan kolagen, makin mantap untuk melembapkan kulit!

Kelebihan:

  • Mengandung hyaluronic acid dan kolagen untuk melembapkan kulit

Kekurangan:

  • Bagi sebagian orang, teksturnya terlalu cair/watery

Anda bisa beralih ke sunscreen Skin Aqua ini jika Anda sering berada di luar ruangan. Sunscreen ini memiliki SPF dan PA yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan perlindungan lebih lama terhadap sinar matahari.


Produk ini juga kaya bahan aktif yang dapat melembapkan, melembutkan, dan menjaga elastisitas kulit, seperti hyaluronic acid dan kolagen. Ditambah adanya vitamin B5, produk ini makin cocok untuk melembapkan dan menutrisi kulit kering Anda!

No.4

Y.O.U Triple UV Elixir Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp65.000,00

Melindungi sekaligus melembapkan dan mencerahkan kulit kusam

Kelebihan:

  • Mengandung Centella asiatica yang dapat menenangkan kulit iritasi/berjerawat
  • Mengandung niacinamide, cocok untuk mencerahkan kulit kusam

Kekurangan:

  • Menimbulkan white cast pada kulit menurut beberapa pengguna

Untuk Anda yang mencari sunscreen yang bagus untuk kulit kering dan kusam, cek Triple UV Elixir ini. Sunscreen dengan tekstur gel ini mengandung niacinamide yang dikenal sebagai agen pencerah. Dengan hero ingredient ini, warna kulit yang kusam dan kurang merata akan lebih tercerahkan.


Berkat adanya Centella asiatica, produk ini juga bagus untuk kulit yang berjerawat. Untuk kulit kering, kusam, dan berjerawat, pertimbangkan hybrid sunscreen yang satu ini.

No.5

Skintific5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Mulai dari Rp169.000,00

Melembapkan sekaligus menguatkan skin barrier

Kelebihan:

  • Bebas SLS, alkohol, paraben, mineral oil, dan artificial colorant
  • Mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk menghidrasi sekaligus mengunci kelembapan kulit

Kekurangan:

  • Mengandung dimethicone, bagi orang yang sensitif dengan kandungan ini mungkin dapat menyebabkan sensasi pedih/peeling

Anda mungkin sudah tak asing dengan merek Skintific yang viral karena moisturizer-nya. Nah, tak ada salahnya Anda juga mencoba varian sunscreen-nya. Dengan SPF 50 PA++++, kulit Anda akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB. Efek buruk blue light dari layar gadget pun akan lebih terminimalkan.


Sunscreen ini juga mengandung ceramidehyaluronic acid, dan hero ingredients lainnya untuk menguatkan skin barrier. Produk ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan sensitif.

No.6

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Mulai dari Rp199.000,00

Tekstur krim yang ringan dan mudah diratakan

Kelebihan:

  • Lightweight
  • Tidak menimbulkan white cast


    Kekurangan:

    • Mengandung bahan yang berpotensi mengiritasi kulit supersensitif, seperti alkohol dan fragrance

    Untuk tipe kulit kering, menemukan sunscreen yang formulanya melembapkan sekaligus mudah di-blend tentu sebuah poin plus. Jika demikian, pertimbangkan sunscreen merek Korea ini. COSRX mengombinaskan sunscreen dengan Aloe vera sehingga memiliki efek soothing dan calming. Tekstur krimnya juga ringan sehingga terasa seperti sedang memakai moisturizer saja.

    No.7

    Rosé All Day Don't Forget Sunscreen

    Mulai dari Rp190.000,00

    Sunscreen dengan kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas

    Kelebihan:

    • Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

    Kekurangan:

    • Mengandung alkohol, hati-hati pemakaian pada kulit supersensitif

    Rosé All Day merupakan merek sunscreen lokal yang layak dipertimbangkan jika mencari produk yang kaya antioksidan. Di dalamnya terdapat apple extract dan vitamin C yang mampu melawan radikal bebas. Ditambah dengan chamomile extract dan allontoin sebagai soothing agent, kulit Anda akan tampak lembap dan minim iritasi.

    No.8

    LACOCODaily UV Counter SPF 50 PA++

    Mulai dari Rp170.000,00

    Samarkan noda dan flek hitam bekas jerawat

    Kelebihan:

    • Diperkaya niacinamide dan licorice untuk memudarkan noda bekas jerawat

    Kekurangan:

    • Mengandung ethylhexyl methoxycinnamate, dikatakan sebagai bahan yang bisa mengiritasi kulit sensitif

    Jika Anda mencari sunscreen untuk kulit kering dan memiliki manfaat meratakan warna kulit, jangan lupakan produk ini. Sunscreen ini mengandung niacinamide dan licorice sebagai brightening agent.


    Setelah diaplikasikan pada kulit wajah, warna sunscreen akan mengikuti warna kulit sehingga dapat menyamarkan noda pada kulit. Sunscreen yang melembapkan ini juga memiliki tekstur yang nyaman dioleskan ke kulit.

    No.9

    Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

    Mulai dari Rp409.000,00

    Pemilik kulit sensitif kini tidak perlu khawatir memakai sunscreen

    Kelebihan:

    • Bisa digunakan pada wajah sekaligus badan

    Kekurangan:

    • Ada white cast menurut beberapa reviewer

    Sunscreen yang satu ini memang tidak hanya dikhususkan bagi kulit kering. Cetaphil juga sudah teruji klinis dapat melembapkan dan menutrisi semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan sensitif. Teksturnya pun tidak lengket sehingga nyaman dikenakan. Selain untuk penggunaan di wajah, Anda pun dapat menggunakannya untuk tubuh, lho!

    No.10

    MoriganicSunscreen UV Watery Sun Cream SPF 50 PA++++

    Mulai dari Rp99.000,00

    Sunscreen yang aman dipakai remaja, busui, dan bumil

    Kelebihan:

    • Aman dipakai remaja, busui, maupun bumil
    • Kaya moisturizing agent, seperti hyaluronic acid, kolagen, dan DNA salmon

    Kekurangan:

    • Tidak water-resistant

    Moriganic memiliki formulasi SPF dan PA tinggi yang mampu menghalau sinar ultraviolet hingga 98%. Meski dengan SPF yang tinggi, teksturnya tetap nyaman dikenakan.


    Ditambah lagi, sunscreen ini memiliki agen pelembap yang mumpuni, seperti hyaluronic acid, kolagen, DNA salmon, acetyl Hexapeptide-8, dan cica. Produk ini juga bersahabat untuk remaja, bumil, dan busui karena bebas mineral oil, paraben, dan silikon.

    Manfaat menggunakan sunscreen setiap hari

    Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya penggunaan sunscreen. Alasannya karena penggunaan sunscreen dirasa merepotkan, terlebih harus diaplikasikan ulang tiap beberapa jam sekali. Jika Anda rutin menggunakan sunscreen dalam aktivitas sehari-hari, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Nah, apa saja manfaatnya? Silakan simak poin-poin berikut!

    Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

    Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

    Manfaat sunscreen paling utama pastinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen dapat berfungsi sebagai perisai kulit dan mengurangi risiko paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA sendiri bisa memicu munculnya tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam, dan garis halus. Sementara itu, sinar UVB mengakibatkan efek terbakar sehingga kulit terlihat gosong dan gelap.

    Menjaga warna kulit tetap merata

    Menjaga warna kulit tetap merata

    Sunscreen juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna pada kulit. Anda mungkin pernah mendengar hiperpigmentasi, yakni adanya bercak gelap yang muncul pada bagian kulit tertentu.


    Tahukah Anda jika salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari? Penggunaan sunscreen dapat meminimalisasi hal itu terjadi. Selain meratakan warna kulit, sunscreen juga dapat mencegah terjadinya jerawat dan kulit kusam.

    Mencegah munculnya tanda penuaan dini

    Mencegah munculnya tanda penuaan dini

    Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar UVA dapat mengakibatkan munculnya tanda penuaan dini. Tahukah Anda, 90% tanda penuaan kulit eksternal disebabkan oleh sinar matahari? Penggunaan sunscreen secara rutin merupakan cara termudah untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda.


    Sebuah studi mengungkapkan, pengguna rutin sunscreen mampu mengurangi risiko penuaan dini hingga 24% dibanding orang yang tidak menggunakannya. Mari cegah tanda penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan garis halus dengan menggunakan sunscreen!

    Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

    Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

    Paparan sinar UVB secara terus-menerus dapat mengakibatkan radiasi dan sunburn. Hal itu dapat merusak DNA pada sel kulit dan memicu permasalahan kulit yang lebih serius. Melanoma yang merupakan jenis kanker kulit adalah salah satunya. Menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 secara teratur diklaim bisa menurunkan risiko kanker kulit sebesar 40–50%.

    Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

    Sunscreen adalah salah satu bagian dari rangkaian perawatan kulit yang sangat penting. Namun, Anda juga harus pandai dalam memilih produk yang tepat dengan concern Anda. Nah, untuk rekomendasi produk sunscreen lainnya, Anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini ya!

    Kesimpulan

    Memiliki jenis kulit kering memang rentan terhadap kerusakan kulit lain, seperti iritasi dan munculnya tanda penuaan. Dengan memilih sunscreen yang tepat, Anda dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mengurangi risiko kerusakan kulit.


    Semoga tips memilih dan rekomendasi produk di atas dapat membantu Anda mendapatkan produk sunscreen terbaik. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan kulit serta beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir dengan efek sinar matahari.

    Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
    Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

    Artikel terkait

    Artikel populer

    Favlist populer