• 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)

Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.


Agar Anda tidak salah pilih, sekarang kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merk terbaik yang ada di pasaran. Wardah, Kiehl's, dan Laneige adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Icha Amalia
  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2021
  • 90.384 Views
Daftar isi

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Perbedaan antara sunblock dengan sunscreen

Sebagian dari Anda barangkali sudah mengetahui tentang bahaya paparan sinar matahari. Adanya sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) di dalamnya bisa berdampak buruk pada kulit. Paparan secara langsung dan terus-menerus dapat mengakibatkan kulit terbakar, penuaan dini, hingga kanker kulit. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda disarankan untuk menggunakan sunblock atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. Lalu, apa perbedaan antara keduanya? 


Hal yang paling membedakan sunblock dengan sunscreen adalah cara kerjanya. Meski sama-sama melindungi kulit, keduanya memiliki kinerja yang berbeda. Sunblock atau biasa disebut physical sunscreen bekerja dengan menghalangi dan memantulkan paparan sinar matahari. Sementara itu, sunscreen atau chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Setelah itu, barulah dilepaskan kembali melalui permukaan kulit.


Jika dilihat dari warna dan tekstur, sunblock memiliki warna lebih pekat dan tekstur yang lebih kental. Saat diaplikasikan, sunblock akan meninggalkan warna putih pada kulit. Beberapa orang sering merasa tidak nyaman saat menggunakannya sebab terasa lengket dan kurang enak dilihat. Di sisi lain, sunscreen memiliki warna yang lebih netral serta tekstur lebih ringan. Oleh karena itu, sunscreen biasanya cenderung tidak meninggalkan warna saat diaplikasikan pada kulit.


Dari segi kandungan, sunscreen mengandung bahan kimia aktif untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Biasanya kandungan tersebut adalah octocrylene, mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock terdapat kandungan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Titanium dioxide termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari. Sementara itu, zinc oxide dapat memecah panas matahari dan menghalangi radiasi sinar UV.


Untuk penggunaannya, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan. Sunblock lebih cocok digunakan saat Anda sedang berada di ruang terbuka dan terpapar sinar matahari yang menyengat. Misalnya saat berada di pantai, kolam renang, atau tempat terbuka lainnya. Sementara itu, sunscreen lebih efektif digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Meski demikian, baik sunblock maupun sunscreen keduanya tetap butuh aplikasi ulang secara berkala setiap 2-3 jam sekali.

Manfaat menggunakan sunscreen setiap hari

Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya penggunaan sunscreen. Salah satu alasannya karena penggunaan sunscreen dirasa merepotkan, terlebih harus diaplikasikan ulang tiap beberapa jam sekali. Padahal jika Anda rutin menggunakan sunscreen dalam aktivitas sehari-hari, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Nah, apa saja manfaatnya? Silakan simak poin-poin berikut!

Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya

Manfaat sunscreen paling utama pastinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tanpa sunscreen, sinar matahari mungkin bisa membakar kulit Anda hingga kemerahan, kering, dan terasa perih. Sunscreen dapat berfungsi sebagai perisai kulit dan mengurangi risiko paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA sendiri bisa memicu munculnya tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam, dan garis halus. Sementara itu, sinar UVB mengakibatkan efek terbakar sehingga kulit terlihat gosong dan gelap.

Menjaga warna kulit tetap merata

Menjaga warna kulit tetap merata

Sunscreen juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna pada kulit. Anda mungkin pernah mendengar hiperpigmentasi, yakni adanya bercak gelap yang muncul pada bagian kulit tertentu. Tahukah Anda jika salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari? Penggunaan sunscreen dapat meminimalisir hal itu terjadi. Selain meratakan warna kulit, sunscreen juga dapat mencegah terjadinya jerawat dan kusam.

Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar UVA dapat mengakibatkan munculnya tanda penuaan dini pada kulit. Jadi, dengan rutin menggunakan sunscreen, tanda penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan garis halus dapat dicegah. Sebuah studi mengungkapkan pengguna rutin sunscreen dapat mengurangi risiko penuaan dini hingga 24% dibanding orang yang tidak menggunakannya.

Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

Mengurangi risiko terjadinya kanker kulit

Paparan sinar UVB secara terus-menerus dapat mengakibatkan radiasi dan sunburn. Hal itu dapat merusak DNA pada sel kulit dan memicu permasalahan kulit yang lebih serius. Melanoma yang merupakan jenis kanker kulit adalah salah satunya. Dengan rutin menggunakan sunscreen, Anda dapat mengurangi risiko munculnya kanker tersebut. 

Cara memilih sunscreen untuk kulit kering

Setelah mengetahui manfaat sunscreen, apakah Anda makin yakin untuk menggunakannya? Nah, khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, kami memiliki beberapa tips memilih produk sunscreen yang tepat. Jadi, silakan disimak baik-baik!

Perhatikan kadar SPF dan PA

Perhatikan kadar SPF dan PA

Saat memilih sunscreen Anda pasti akan menemukan keterangan kadar Sun Protection Factor  (SPF) dan Protection Grade of UVA (PA) pada kemasan. Kadar SPF ini ditulis dengan angka seperti 15, 30, dan 50. Sementara itu, PA ditandai dengan simbol + yang berurutan. 


Jumlah SPF akan menunjukkan seberapa besar tingkat perlindungannya terhadap UVB pada kulit. Makin tinggi angkanya, tentu makin tinggi pula tingkat perlindungannya. SPF 15 artinya dapat menghalangi paparan sinar UVB hingga 93%. Di sisi lain, kemampuan SPF 30 sebesar 97% dan SPF 50 mencapai 98%. Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya gunakan sunscreen minimal SPF 30. Jika dirasa kurang karena aktivitas di luar ruangan lebih lama, Anda dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 50. Perlu diketahui bahwa sunscreen di atas SPF 50 dianggap tidak efektif. Hal itu karena tidak ada SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar UVB hingga 100%.


Sama seperti SPF, PA dengan + yang jumlahnya makin banyak menunjukkan kinerja yang makin baik pula. Dengan PA tinggi, maka paparan sinar UVA dapat dikurangi dan risiko munculnya tanda penuaan dini makin berkurang. Sebaiknya Anda memilih sunscreen dengan tingkat PA antara PA ++ hingga PA ++++ untuk kinerja yang maksimal.

Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Pilih sunscreen yang mengandung pelembap

Sebelum membeli, sebaiknya Anda pastikan sunscreen yang Anda pilih mengandung pelembap. Hal ini untuk membantu kulit kering Anda tetap terhidrasi dengan baik. Hyaluronic acid, lanolin, collagen, dan Aloe vera adalah beberapa contoh kandungan yang dapat melembapkan. Anda juga dapat mengenali sunscreen yang mengandung pelembap dari teksturnya. Biasanya sunscreen jenis ini memiliki tekstur berupa lotion, cream, atau salep.

Hindari sunscreen yang mengandung alkohol

Hindari sunscreen yang mengandung alkohol

Seperti yang sudah umum diketahui, alkohol dapat membuat kulit menjadi kering. Anda pasti tidak ingin jika kulit kering Anda menjadi makin kering karenanya. Jadi, saat memilih sunscreen sebaiknya hindari yang mengandung bahan tersebut. Kandungan alkohol sendiri biasanya ada pada sunscreen jenis spray. Selain alkohol, hindari juga kandungan pewangi dan pengawet yang berlebihan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

A'pieu Everyday Sun Gel SPF 50+/PA ++++

Mulai dari Rp 80.000,00

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit kering

Setelah mengetahui cara memilih sunscreen untuk kulit kering, selanjutnya kami berikan beberapa rekomendasi produk terbaik di pasaran. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda!

10
SPF/PA30/+++
Netto60 ml
Kandungan pelembapTidak disebutkan
9
SPF/PA30/+++
Netto40 ml
Kandungan pelembapAloe vera dan provitamin B5
8

Erha21Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG

Mulai dari Rp 77.500,00

SPF/PA30/++
Netto30 g
Kandungan pelembapVitamin E, D-Panthenol, Aloe vera extract
7

Rohto Laboratories IndonesiaSkin Aqua UV Moisture Milk

Mulai dari Rp 53.976,00

SPF/PA50+/+++
Netto40 g
Kandungan pelembapHyaluronic acid, kolagen, vitamin B5
6

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Mulai dari Rp 124.000,00

SPF/PA50+/+++
Netto50 ml
Kandungan pelembapAloe arborescens leaf extract
5

InnisfreeDaily UV Protection Cream Mild SPF 35/PA++ 50 ml

Mulai dari Rp 125.000,00

SPF/PA35/++
Netto50 ml
Kandungan pelembapSunflower oil
4

Kao IndonesiaBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Mulai dari Rp 95.500,00

SPF/PA50+/++++
Netto50 g
Kandungan pelembapHyaluronic acid, royal jelly extract
3
SPF/PA50+/28
Netto50 ml
Kandungan pelembapGlycerin, vitamin E
2

LANEIGE Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 288.000,00

SPF/PA50+/++++
Netto50 ml
Kandungan pelembapBirch sap & skin moisturizing factor
1

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense

Mulai dari Rp 510.000,00

SPF/PA50/++++
Netto30 ml
Kandungan pelembapVitamin E

Tabel perbandingan produk sunscreen terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Kiehl’s  Ultra Light Daily UV Defense 1

Kiehl’s

2
LANEIGE  Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++ 1

LANEIGE

3
Cetaphil  UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 1

Cetaphil

4
Kao Indonesia Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense 1

Kao Indonesia

5
Innisfree Daily UV Protection Cream Mild SPF 35/PA++ 50 ml 1

Innisfree

6
COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ 1

COSRX

7
Rohto Laboratories Indonesia Skin Aqua UV Moisture Milk  1

Rohto Laboratories Indonesia

8
Erha21 Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG 1

Erha21

9
Wardah Sunscreen Gel SPF 30 1

Wardah

10
Emina Sun Protection SPF 30 1

Emina

Nama produk

Ultra Light Daily UV Defense

Watery Sun Cream SPF 50+ PA++++

UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Daily UV Protection Cream Mild SPF 35/PA++ 50 ml

Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Skin Aqua UV Moisture Milk

Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA++ 30 GG

Sunscreen Gel SPF 30

Sun Protection SPF 30

Keunggulan

Lawan tanda penuaan dan polusi dengan antioksidan supernya!

Birch sap-nya sangat kaya manfaat! Yakin ingin melewatkannya?

Pemilik kulit sensitif kini tidak perlu khawatir memakai sunscreen

Sunscreen tahan air dengan perlindungan maksimal

Jaga dan lindungi kelembapan kulit dengan sunflower oil

Tekstur seringan moisturizer, bikin betah dipakai setiap hari

Kombinasi hyaluronic acid dan kolagen makin mantap untuk melembapkan kulit!

Nyaman digunakan sehari-hari untuk kulit normal dan kering

Ekonomis dan mudah ditemukan di mana saja

Perlindungan kulit yang cukup dengan harga sangat terjangkau

Harga mulai dariRp 510.000,00Rp 288.000,00Rp 299.000,00Rp 95.500,00Rp 125.000,00Rp 124.000,00Rp 53.976,00Rp 77.500,00Rp 26.800,00Rp 23.200,00
SPF/PA50/++++50+/++++50+/2850+/++++35/++50+/+++50+/+++30/++30/+++30/+++
Netto30 ml50 ml50 ml50 g50 ml50 ml40 g30 g40 ml60 ml
Kandungan pelembapVitamin EBirch sap & skin moisturizing factor Glycerin, vitamin EHyaluronic acid, royal jelly extract Sunflower oilAloe arborescens leaf extractHyaluronic acid, kolagen, vitamin B5Vitamin E, D-Panthenol, Aloe vera extractAloe vera dan provitamin B5Tidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Sunscreen adalah salah satu bagian dari rangkaian perawatan kulit yang sangat penting. Namun, Anda juga harus pandai dalam memilih produk yang tepat dan cocok dengan jenis kulit. Nah, untuk rekomendasi produk sunscreen lainnya, Anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini ya!

Kesimpulan

Memiliki jenis kulit kering memang rentan terhadap kerusakan kulit lain seperti munculnya tanda penuaan. Dengan memilih sunscreen yang tepat, selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV juga dapat mengurangi risiko tersebut.


Semoga tips memilih dan rekomendasi produk di atas dapat membantu Anda mendapatkan produk sunscreen terbaik. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan kulit serta beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir dengan efek sinar matahari. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    891.820 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    685.330 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    611.023 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    493.518 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    613.318 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    141.749 Views
  • 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasa ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus pada wajah. Bila Anda merasa familier dengan kondisi ini, sebaiknya perhatikan facial foam yang Anda gunakan agar tidak semakin memperparah kondisi kulit Anda.Di pasaran sendiri ada beragam merek facial foam, seperti Klairs, Hada Labo, hingga Dove. Namun, alangkah baiknya bila Anda mengetahui faktor penyebab masalah kulit kering Anda terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini kami sajikan ulasannya secara lengkap.
    Perawatan wajah
    208.489 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori