• 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari merk elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.


Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang bagus. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2021
  • 1.894 Views
Daftar isi

Alasan memilih kamera mirrorless Samsung

Kamera NX merupakan seri interchangeable lens camera atau kamera mirrorless dari Samsung. Sekalipun tidak seterkenal produk smartphone-nya, produk kamera mirrorless dari Samsung memiliki beberapa kelebihan yang dapat dipertimbangkan.


Keunggulan yang pertama adalah kamera mirrorless Samsung sudah didukung dengan koneksi Wi-Fi. Hal ini membuat seluruh aktivitas kamera mirrorless dapat Anda kontrol melalui smartphone. Anda juga dapat menampilkan hasil foto atau video Anda ke media sosial langsung tanpa perlu memindahkan ke perangkat lain.


Hal lainnya adalah beberapa kamera mirrorless Samsung memiliki kualitas setara dengan kamera digital single-lens reflex atau DSLR. Dilengkapi dengan teknologi canggih dan kualitas sebaik DSLR, membuat kamera mirrorless Samsung memiliki penggemarnya sendiri. 

Cara memilih kamera mirrorless Samsung

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menjadi pertimbangkan ketika mencari kamera mirrorless Samsung. Beberapa hal merupakan spesifikasi kualitas kamera, sedangkan yang lainnya adalah hal-hal yang perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tentukan objek yang ingin Anda foto

Tentukan objek yang ingin Anda foto

Baik benda kecil maupun objek bergerak, kamera mirrorless dapat menangkap dengan baik apa pun objeknya. Anda juga dapat mengambil foto pada malam hari. Anda dapat menggunakan setting yang sesuai ataupun menggunakan flash yang terdapat pada kebanyakan kamera mirrorless Samsung. Apabila Anda tidak ingin menggunakan flash, Anda dapat memilih kamera dengan sensor BSI CMOS. 


BSI CMOS merupakan kepanjangan dari sensor backside illumination complementary metal oxide semiconductor. CMOS merupakan jenis sensor kamera yang memiliki sirkuit terintegrasi sehingga membuat komponen tidak mudah panas. Sementara itu, BSI dapat menambah jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor sehingga bekerja dengan baik pada kuantitas cahaya sedikit. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan flash lagi ketika memotret di tempat yang sedikit gelap.

Pahami tingkat kemahiran memotret yang Anda miliki

Pahami tingkat kemahiran memotret yang Anda miliki

Menggunakan kamera mirrorless sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan kamera DSLR. Akan tetapi, kamera mirrorless merupakan kamera yang lensanya dapat diganti. Anda yang masih pemula mungkin akan kebingungan untuk mencari lensa yang cocok dengan hasil foto yang Anda inginkan.

 

Anda bisa bertanya pada ahlinya untuk menentukan lensa terbaik yang dapat Anda gunakan pada kamera mirrorless. Hal ini juga berlaku terutama apabila Anda ingin membeli kamera mirrorless yang hanya berupa bodi saja.

Perhatikan jenis sensor kamera

Perhatikan jenis sensor kamera

Tak seperti kamera mirrorless lain yang menggunakan sensor charge-couple device atau CCD, Samsung lebih memilih menggunakan sensor CMOS. Hal ini dikarenakan sensor jenis CMOS cukup hemat baterai dan tidak mudah panas. Selain hemat baterai, sensor jenis CMOS memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan sensor CCD.


Kamera mirrorless Samsung memiliki sensor BSI CMOS dan CMOS. Sekalipun sama-sama jenis sensor CMOS, sensor BSI lebih baik dibandingkan dengan sensor CMOS biasa. BSI CMOS lebih dapat diandalkan untuk mengambil foto pada malam hari dibandingkan oleh sensor CMOS.

Pastikan kualitas pengambilan gambar dan video

Pastikan kualitas pengambilan gambar dan video

Kualitas gambar atau video sangat penting untuk menjadi pertimbangan Anda selanjutnya. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang selalu membutuhkan bahan untuk di-posting di media sosial Anda. Anda harus memastikan kamera Anda memiliki kontras, tingkat kecerahan, dan resolusi yang memadai untuk mengambil foto yang baik. 


Untuk mengecek kontras yang baik, Anda dapat melihat white-balancing ketika menggunakan setting cloudy atau daylight. Apabila Anda dapat melihat objek dengan baik ketika menggunakan kedua setting ini, kamera Anda sudah memiliki kontras yang baik. 


Tingkat kecerahan ditentukan oleh tiga hal, yaitu shutter speed, aperture setting, dan ISO speed. Shutter speed adalah kecepatan lensa untuk memasukkan cahaya ke dalam sensor. Aperture setting adalah setting kamera untuk memasukkan cahaya ke dalam sensor. Sementara itu, ISO speed adalah tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya. 


Resolusi kamera merupakan seberapa banyak detail yang dapat tertangkap kamera. Satuan resolusi kamera adalah piksel. Jadi, makin besar jumlah piksel yang tertera, makin detail pula hasil foto. Untuk posting pada media sosial, kamera dengan resolusi 1080 piksel sudah lebih dari cukup. 


Sementara itu, kualitas video yang baik dapat Anda perhatikan dari jumlah frame per second atau fps. Minimal fps yang sudah dapat dianggap baik adalah 24 fps. Akan tetapi makin besar jumlah fps, makin baik juga kualitas video. Hal lainnya adalah kualitas suara pada video Anda. Jangan sampai kualitas gambar video sudah baik tetapi kualitas suara mirip dengan suara robot.

Cek koneksi kamera mirrorless

Cek koneksi kamera mirrorless

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kamera mirrorless Samsung sudah terhubung dengan Android. Jadi, Anda dapat menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan kamera mirrorless Anda lewat Wi-Fi. 


Selain koneksi Wi-Fi, kamera mirrorless Samsung juga memiliki koneksi Bluetooth, USB, dan juga HDMI. Bahkan, beberapa jenis juga sudah dilengkapi dengan near-field communication (NFC) dan global positioning system (GPS). Teknologi NFC akan memudahkan Anda memindahkan foto dan video dengan cepat. Sementara itu, GPS akan membuat kamera Anda merekam lokasi pasti Anda memotret.

Perhatikan spesifikasi lainnya

Selain hal di atas, ada pula beberapa spesifikasi lainnya yang dapat Anda pertimbangkan kala membeli kamera mirrorless Samsung. Spesifikasi ini juga penting apabila Anda mencari kamera mirroless yang berkualitas. 

Shutter speed, untuk memotret objek bergerak

Shutter speed, untuk memotret objek bergerak

Shutter speed adalah panjang waktu yang dibutuhkan kamera untuk membuka dan memasukkan cahaya pada sensor. Shutter speed diukur dalam ukuran detik atau per detik. Misalnya, kamera dengan shutter speed 1/1000 jauh lebih cepat dibandingkan kamera dengan shutter speed 1/400.


Shutter speed bekerja selayaknya pupil mata. Selain itu, shutter speed juga berguna untuk memberikan efek blur atau freeze pada hasil foto. Memiliki kamera dengan shutter speed yang cepat akan membuat Anda dapat mengambil foto dari objek bergerak dengan apik.

Image stabilization, agar hasil foto Anda tetap fokus

Image stabilization, agar hasil foto Anda tetap fokus

Image stabilization berguna untuk mempertahankan fokus saat mengambil foto. Dengan adanya image stabilization, Anda dapat mengambil foto tanpa blur sekalipun tidak menggunakan tripod atau alat lainnya. Hal ini akan membuat Anda yang lebih suka mengambil foto tanpa alat bantu tetap mendapatkan foto yang fokus pada objek. 


Kamera mirrorless Samsung sejatinya tidak memiliki image stabilization pada bodi kameranya. Akan tetapi, image stabilization terdapat pada lensa yang akan Anda gunakan. Jadi, pastikan lensa yang Anda gunakan sudah memiliki image stabilization


Akan tetapi, tetap saja ada kemungkinan lensa yang Anda inginkan tidak memiliki image stabilization. Jadi, apabila tidak tersedia, Anda dapat membeli image stabilizer sendiri yang biasanya berupa tripod dengan gimbal.

Ukuran kamera, menentukan kemudahan penggunaan dan penyimpanan

Ukuran kamera, menentukan kemudahan penggunaan dan penyimpanan

Beberapa kamera mirrorless Samsung memiliki ukuran yang cenderung kecil. Ukuran yang cenderung mini ini akan menyusahkan Anda yang memiliki tangan besar. Akan tetapi, ukuran yang kecil malah akan memudahkan Anda dalam hal penyimpanan kamera.


Selain ukuran bodi kamera, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran lensa yang ingin Anda gunakan. Karena kamera mirrorless dapat berganti lensa, Anda harus memastikan lensa yang Anda inginkan sesuai dengan kamera. Dimensi lensa juga harus Anda pertimbangkan. Bayangkan apakah Anda menginginkan lensa yang dapat diselipkan di tas atau membutuhkan tas tersendiri.

10 Rekomendasi kamera mirrorless Samsung terbaik

Anda sudah melihat beberapa tips untuk mendapatkan kamera mirrorless Samsung terbaik. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda pilih dan bandingkan.

10
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/4000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 30 fps
KoneksiWi-Fi, HDMI, USB 2.0
Dimensi117,35 mm x 65,79 mm x 39,12 mm
Berat tanpa baterai231 gram
9
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/4000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 30 fps
KoneksiWi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0
Dimensi117,35 mm x 65,79 mm x 38,86 mm
Berat tanpa baterai231 gram
8
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/4000 detik
ISO100 - 12800
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, HDMI, USB 2.0
Dimensi116,59 mm x 62,48 mm x 36,58 mm
Berat tanpa baterai218 gram
7
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/6000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, GPS, NFC, HDMI, USB 2.0
Dimensi121,92 mm x 63,75 mm x 40,64 mm
Berat tanpa baterai281 gram
6
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/6000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, GPS, NFC, HDMI, USB 2.0
Dimensi121,92 mm x 63,75 mm x 40.64 mm
Berat tanpa baterai281 gram
5
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/6000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, GPS, 4G, Bluetooth, HDMI, USB 2.0
Dimensi136,4 mm x 101 mm x 55,88 mm
Berat tanpa baterai494 gram
4
SensorCMOS
Ukuran sensor 21,6 MP
Shutter speed1/8000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0
Dimensi127 mm x 95,5 mm x 57,15 mm
Berat tanpa baterai377 gram
3
SensorBSI CMOS
Ukuran sensor 30,7 MP
Shutter speed1/8000 detik
ISO100 - 25600
Pengambilan video4096 x 2160 ・ 60 fps
KoneksiWi-Fi, NFC, Bluetooth, HDMI, USB 3.0
Dimensi138,43 mm x 102,36 mm x 65,79 mm
Berat tanpa baterai549 gram
2
SensorBSI CMOS
Ukuran sensor 30,7 MP
Shutter speed1/6000
ISO160 - 25600
Pengambilan video4096 x 2160 ・ 30 fps
KoneksiWi-Fi, Bluetooth, HDMI, USB 2.0
Dimensi119,38 mm x 63,5 mm x 43,18
Berat tanpa baterai286 gram
1
SensorBSI CMOS
Ukuran sensor 20,9 MP
Shutter speed1/16000 detik
ISO100 - 12800
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 30 fps
KoneksiWi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0
Dimensi110,49 mm x 61,98 mm x 22,61 mm
Berat tanpa baterai154 gram

Tabel perbandingan produk kamera mirrorless Samsung terbaik

Gambar produk
1
Samsung  Galaxy NXF1 1

Samsung

2
Samsung Galaxy NX500 1

Samsung

3
Samsung Galaxy NX1 1

Samsung

4
Samsung Galaxy NX30 1

Samsung

5
Samsung Galaxy NX 1

Samsung

6
Samsung Galaxy NX300M 1

Samsung

7
Samsung Galaxy NX300 1

Samsung

8
Samsung Galaxy NX1000 1

Samsung

9
Samsung Galaxy NX3000 1

Samsung

10
Samsung Galaxy NX3300 1

Samsung

Nama produk

Galaxy NXF1

Galaxy NX500

Galaxy NX1

Galaxy NX30

Galaxy NX

Galaxy NX300M

Galaxy NX300

Galaxy NX1000

Galaxy NX3000

Galaxy NX3300

Keunggulan

Kamera mirrorless paling mini dari Samsung

Beresolusi tinggi, bisa menghasilkan video Ultra HD

Kualitas kameranya tak kalah dari DSLR!

Memiliki shortcut untuk kembali pada setting yang lalu

Kamera mirrorless dan smartphone dalam satu genggaman

Dilengkapi berbagai teknologi canggih, memotret jalanan ramai juga bisa!

Ada sistem AutoShare, selamat tinggal late post!

Hasil foto seperti fotografer profesional dengan Smart Auto 2.0

Dengan aplikasi Home Monitor+, bisa menggantikan kamera pengawas kamar buah hati

Mengambil foto secara otomatis dengan senyum dan kedipan mata

Harga mulai dariRp 4.950.000,00Rp 10.000.000,00Rp 18.300.000,00Rp 12.500.000,00Rp 7.500.000,00Rp 6.000.000,00Rp 6.300.000,00Rp 5.000.000,00Rp 5.500.000,00Rp 5.650.000,00
SensorBSI CMOSBSI CMOSBSI CMOSCMOSCMOSCMOSCMOSCMOSCMOSCMOS
Ukuran sensor 20,9 MP30,7 MP30,7 MP21,6 MP21,6 MP21,6 MP21,6 MP21,6 MP21,6 MP21,6 MP
Shutter speed1/16000 detik1/60001/8000 detik1/8000 detik1/6000 detik1/6000 detik1/6000 detik1/4000 detik1/4000 detik1/4000 detik
ISO100 - 12800160 - 25600100 - 25600 100 - 25600100 - 25600100 - 25600100 - 25600100 - 12800100 - 25600100 - 25600
Pengambilan video1920 x 1080 ・ 30 fps4096 x 2160 ・ 30 fps4096 x 2160 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 60 fps1920 x 1080 ・ 30 fps1920 x 1080 ・ 30 fps
KoneksiWi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, Bluetooth, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, NFC, Bluetooth, HDMI, USB 3.0Wi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, GPS, 4G, Bluetooth, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, GPS, NFC, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, GPS, NFC, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, NFC, HDMI, USB 2.0Wi-Fi, HDMI, USB 2.0
Dimensi110,49 mm x 61,98 mm x 22,61 mm119,38 mm x 63,5 mm x 43,18138,43 mm x 102,36 mm x 65,79 mm127 mm x 95,5 mm x 57,15 mm136,4 mm x 101 mm x 55,88 mm121,92 mm x 63,75 mm x 40.64 mm121,92 mm x 63,75 mm x 40,64 mm116,59 mm x 62,48 mm x 36,58 mm117,35 mm x 65,79 mm x 38,86 mm117,35 mm x 65,79 mm x 39,12 mm
Berat tanpa baterai154 gram 286 gram549 gram377 gram494 gram281 gram 281 gram 218 gram 231 gram231 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi lensa dan aksesori kamera mirrorless di sini

Kamera mirrorless merupakan salah satu jenis kamera yang paling dicari saat ini. Kamera ini akan berguna bagi Anda yang suka membuat vlog atau mengisi feed media sosial dengan hasil jepretan. Karena kamera mirrorless dapat diganti lensanya, Anda dapat mencoba berbagai jenis lensa untuk mendapatkan hasil foto yang berbeda.


Agar kegiatan berkamera Anda menjadi lebih menyenangkan, lengkapi kamera Anda dengan lensa dan beberapa aksesori berikut ini. Beberapa aksesori dibuat untuk membantu kegiatan memotret Anda. Ada pula produk yang dibuat agar kamera Anda lebih aman. 

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui apa saja yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli kamera mirrorless Samsung. Anda dapat memperhatikan tingkat kemahiran Anda, hasil foto dan video, ataupun spesifikasi lainnya. 


Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Jika belum, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan Anda untuk mendapatkan kamera mirrorless Samsung terbaik! Anda juga dapat membandingkan beberapa produk rekomendasi terbaik dari kami. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    65.869 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    13.405 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    13.284 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.630 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    31.166 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
    3.730 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    10.412 Views
  • 10 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik  - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Menurut beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fujifilm memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipe mirrorless Fujifilm yang terkenal, seperti X-A3, X-A5, dan X-T100.Pada artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera Fujifilm terbaik, silakan baca artikel ini hingga habis. Tidak ketinggalan, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentar dan rekomendasi kamera Fujifilm di artikel ini. 
    Kamera mirrorless
    20.003 Views
  • 10 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    Di tengah perkembangan era digital, berbagai jenis media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun menjadi skill yang menarik untuk dipelajari, salah satunya dengan menggunakan kamera mirrorless. Bodi yang minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi.Bagi Anda pemula yang berencana membeli kamera mirrorless, artikel ini bisa dijadikan referensi. Kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless yang bagus dan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Sony, FUJIFILM, dan Canon. Cek juga komentar fotografer Indonesia, Beawiharta, di artikel ini.
    Kamera mirrorless
    17.924 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    Anda yang menyukai fotografi pasti sudah tidak asing dengan merk Olympus. Produsen kamera yang populer ini memiliki dua seri kamera mirrorless. Seri tersebut adalah PEN yang cocok bagi pemula dan OM-D yang banyak dipakai fotografer profesional. Namun, Anda mungkin bingung saat membeli kamera mirrorless Olympus karena banyaknya pilihan.Jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara memilih kamera mirrorless Olympus. Kami juga akan mengulas sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada kamera OM-D E-M5 Mark II dan OM-D E-M10 Mark II, lho! Disimak sampai selesai, ya.
    Kamera mirrorless
    937 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    65.869 Views
  • 10 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik  - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Menurut beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fujifilm memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipe mirrorless Fujifilm yang terkenal, seperti X-A3, X-A5, dan X-T100.Pada artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera Fujifilm terbaik, silakan baca artikel ini hingga habis. Tidak ketinggalan, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentar dan rekomendasi kamera Fujifilm di artikel ini. 
    Kamera mirrorless
    20.003 Views
  • 10 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    Di tengah perkembangan era digital, berbagai jenis media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun menjadi skill yang menarik untuk dipelajari, salah satunya dengan menggunakan kamera mirrorless. Bodi yang minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi.Bagi Anda pemula yang berencana membeli kamera mirrorless, artikel ini bisa dijadikan referensi. Kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless yang bagus dan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Sony, FUJIFILM, dan Canon. Cek juga komentar fotografer Indonesia, Beawiharta, di artikel ini.
    Kamera mirrorless
    17.924 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    10.412 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    Anda yang menyukai fotografi pasti sudah tidak asing dengan merk Olympus. Produsen kamera yang populer ini memiliki dua seri kamera mirrorless. Seri tersebut adalah PEN yang cocok bagi pemula dan OM-D yang banyak dipakai fotografer profesional. Namun, Anda mungkin bingung saat membeli kamera mirrorless Olympus karena banyaknya pilihan.Jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara memilih kamera mirrorless Olympus. Kami juga akan mengulas sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada kamera OM-D E-M5 Mark II dan OM-D E-M10 Mark II, lho! Disimak sampai selesai, ya.
    Kamera mirrorless
    937 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    13.405 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori