1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Sunscreen merupakan rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, terutama untuk Anda yang akan beraktivitas di luar ruangan. Meski ada sunscreen yang bertekstur sedikit kental, kini sudah banyak water-based sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak. Bahkan, merek sunscreen-nya juga bermacam-macam, seperti Biore, L’Oreal, La-Roche Posay, dan Wardah.


Memilih sunscreen terbaik untuk kulit berminyak memang cukup tricky. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan membagikan rekomendasi produk sunscreen sebagai referensi. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Diperbaharui 09-26-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Reni Suhapsari

Reni Suhapsari adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan ilmu komunikasi. Semasa kuliah, Reni pernah bekerja paruh waktu sebagai research assistant di fakultasnya. Ia juga magang sebagai reporter di radio dan televisi. Setelah lulus, penyuka fotografi ini bekerja sebagai video journalist dan news anchor di sebuah televisi lokal. Setelah memutuskan resign karena harus pindah ke Jepang bersama suaminya, kini Reni fokus dengan hal-hal baru. Reni yang memang hobi menulis saat ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Fashion and skincare enthusiast ini suka menulis tentang produk perawatan tubuh dan kecantikan. Baru-baru ini, ia juga terlibat dalam pembuatan konten Youtube mybest Indonesia.

Profil Reni Suhapsari
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak

Ada empat poin penting yang harus Anda ketahui saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak agar tidak salah pilih. Berikut kami sudah merangkumnya untuk Anda. Silakan disimak, ya!

① Utamakan sunscreen berbahan dasar air

Utamakan sunscreen berbahan dasar air

Sunscreen berbahan dasar air atau water-based sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak. Karena berbahan dasar air, sunscreen ini memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah menyerap di kulit. Biasanya water-based sunscreen juga mampu menciptakan efek matte pada kulit. Efek ini akan membuat kulit terlihat tidak berminyak.


Saat ini, sunscreen berbahan dasar air sangat mudah ditemukan di pasaran. Untuk mengetahui kandungan utama sunscreen tersebut, Anda bisa memeriksa daftar kandungan yang terdapat di belakang produk. Makin awal letak suatu kandungan, makin banyak jumlah kandungannya. Kebanyakan produk sunscreen yang ada di pasaran merupakan produk berbahan dasar air.

② Gunakan sunscreen bertekstur ringan

Gunakan sunscreen bertekstur ringan

Penggunaan sunscreen dengan tekstur yang tidak tepat dapat membuat wajah berminyak dan berjerawat. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari penggunaan sunscreen bertekstur krim atau lotion yang pekat. Sunscreen dengan tekstur tersebut akan terasa berat di wajah dan menimbulkan minyak berlebih.


Sunscreen bertekstur ringan tidak akan menutup pori-pori sehingga tidak menimbulkan komedo dan jerawatSebagai rekomendasi, sebaiknya Anda memilih sunscreen berbentuk gel, cair, atau spray. Sunscreen ini jauh lebih ringan dan baik untuk digunakan pada kulit berminyak dibandingkan sunscreen bertekstur pekat.

③ Sesuaikan kadar SPF sunscreen dengan kebutuhan

Sesuaikan kadar SPF sunscreen dengan kebutuhan

SPF atau sun protection factor dapat dikatakan sebagai penentu keefektifan produk dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Makin tinggi SPF, maka makin tinggi pula kemampuan produk tersebut menghalangi UVB.


  • Untuk Anda yang beraktivitas di dalam ruangan, cukup menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30.
  • Untuk Anda yang beraktivitas lama di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF 50.

Produk dengan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering mengaplikasikan secara berulang.

④ Carilah produk yang tidak menimbulkan jerawat

Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat. Penggunaan sunscreen yang tidak tepat dapat mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat sehingga muncul jerawat. Maka dari itu, penting untuk Anda memilih produk sunscreen yang tidak akan menimbulkan jerawat.

Oil-free, bebas kandungan minyak

Oil-free, bebas kandungan minyak

Produk dengan label oil-free sangat diminati oleh banyak kalangan, terutama pemilik kulit berminyak. Oil-free berarti produk tersebut tidak menggunakan kandungan minyak yang akan membuat kulit makin berminyak. Produk oil-free biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan produk yang tidak oil-free.


Sebagian produk oil-free sangat mudah dikenali karena memiliki label oil-free pada kemasan. Jika Anda ragu, Anda bisa memeriksa kandungan yang tertulis pada kemasan. Produk yang tidak terdapat istilah oil atau minyak apa pun tergolong aman untuk kulit berminyak Anda.

Formula noncomedogenic, mencegah jerawat muncul

Formula noncomedogenic, mencegah jerawat muncul

Produk dengan formula noncomedogenic mampu mencegah terbentuknya komedo yang memicu munculnya jerawat. Sebab, kandungannya tidak menutupi pori-pori. Meskipun begitu, tidak semua produk dengan label noncomedogenic benar-benar ampuh untuk mencegah munculnya komedo, lho.


Beberapa merek melabeli produknya sebagai noncomedogenic produk, tetapi sebenarnya hanya memiliki formula ringan. Anda bisa memeriksa konsistensi produk untuk mengetahui apakah suatu produk benar-benar noncomedogenic. Produk dengan konsistensi kental cenderung comedogenic karena menutup pori-pori.

⑤ Pilih sunscreen bebas parfum untuk kulit sensitif

Pilih sunscreen bebas parfum untuk kulit sensitif

Skincare dengan wangi yang menarik mampu memikat hati siapa pun untuk membelinya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari skincare dengan kandungan parfum. Skincare dengan parfum berdampak negatif pada kulit sensitif. Meskipun parfum yang digunakan terbuat dari essential oil alami, kandungan tersebut tetap bisa menimbulkan iritasi kulit.


Untuk memaksimalkan perlindungan kulit berminyak, Anda bisa memulai dengan menggunakan sunscreen tanpa kandungan parfum. Untuk kulit kombinasi berminyak dan sensitif, pilihlah sunscreen dengan UV filter mineral, terutama zinc oxide. Selain itu, pilih yang bebas parfum serta berbentuk light lotion atau spray supaya tidak lengket dan nyaman digunakan.


Tambahan bahan aktif seperti niacinamide akan mengurangi produksi sebum sekaligus mencegah jerawat. Selain itu, tambahan bahan ini juga efektif memperkuat skin barrier pada kulit sensitif.

⑥ Pastikan produk mudah dibersihkan

Pastikan produk mudah dibersihkan

Meskipun dibutuhkan kulit, Anda harus tetap membersihkan kulit dari sunscreen saat tidak dibutuhkan. Bagaimanapun, sunscreen mengandung bahan kimia. Bahan kimia tidak bisa dibiarkan terlalu lama melekat pada kulit agar kulit Anda tetap sehat. Karena itu, penting untuk memilih produk sunscreen yang mudah dibersihkan.


Menggunakan sunscreen yang sulit dibersihkan membuat Anda harus membersihkan kulit secara ekstra. Perlu diingat, membersihkan kulit dengan cara yang kasar akan membuat kulit iritasi. Selain itu, sisa sunscreen yang masih melekat pada kulit dapat menyebabkan jerawat dan beruntusan.


Jika tidak begitu dibutuhkan, sebaiknya Anda tidak menggunakan sunscreen waterproof karena akan sulit dibersihkan. Kami sangat merekomendasikan agar Anda menggunakan produk yang mudah dibersihkan dengan air dan sabun.

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 1枚目

Produk lokal yang nyaman digunakan berkat formulanya yang tidak lengket

2

Kao

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++ 1枚目

Tahan air dan keringat, cocok untuk olahraga outdoor

3

Beiersdorf

Nivea Sun Face Serum Oil Control SPF 50+ PA+++

Beiersdorf  Nivea Sun Face Serum Oil Control SPF 50+ PA+++ 1枚目

Mengandung L-carnitine, make up tahan lama dan tidak mudah luntur

4

Somethinc

Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ 1枚目

Memberikan sensasi dingin dan segar di wajah saat cuaca panas

5

Rohto

Skin Aqua UV Moisture Gel

Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel 1枚目

Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen

6

ERHA

Acneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++

ERHA Acneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++ 1枚目

Terlindungi dari jerawat berkat formula sebum regulator

7

Azarine

Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 1枚目

Kandungannya cocok untuk pemilik kulit berminyak hingga fungal acne

8

L’Oréal Paris

UV Defender Matte & Fresh

 L’Oréal Paris  UV Defender Matte & Fresh 1枚目

Hasilnya matte dengan efek tone up natural

9

La Roche-Posay

Anthelios XL Dry Touch

La Roche-Posay Anthelios XL Dry Touch 1枚目

Thermal water-nya mampu menenangkan kulit yang sensitif akibat sinar matahari

10

Bioderma

Photoderm AKN Mat SPF 30

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 1枚目

Tak hanya melindungi kulit, sunscreen ini bisa mengontrol minyak berlebih

Perincian produk
Close
No.1

WardahUV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Mulai dari Rp35.500,00

Produk lokal yang nyaman digunakan berkat formulanya yang tidak lengket

Kelebihan:

  • Ringan dan mudah menyerap
  • Nonalkohol, noncomedogenic, tidak menimbulkan white cast
  • Harga terjangkau oleh semua kalangan

Kekurangan:

  • Produk mengandung fragrance, Anda yang berkulit sensitif harus berhati-hati


Sunscreen lokal yang satu ini sangat nyaman digunakan terutama untuk kulit berminyak. Tekstur gelnya yang ringan mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak lengket. Selain sebagai pelindung dari sinar matahari, produk ini juga menutrisi kulit dengan kandungan vitamin E dan provitamin B5.


Produk ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan produk sunscreen lokal berkualitas. Harga produk ini juga sangat terjangkau. Jadi, produk ini bisa digunakan oleh semua kalangan tanpa harus khawatir isi dompet menipis.

No.2

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp115.800,00

Tahan air dan keringat, cocok untuk olahraga outdoor

Kelebihan:

  • Ringan dan mudah meresap di kulit
  • Waterproof, tahan air dan keringat
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol dan parfum, kurang cocok untuk kulit sensitif

Jika mencari produk yang pas untuk kegiatan outdoor, Anda bisa memilih waterproof sunscreen ini. Kandungan SPF yang tinggi dan sifatnya yang waterproof adalah perpaduan sempurna. Sunscreen ini tidak mudah luntur hingga 80 menit saat berada di air atau terkena keringat.


Sunscreen ini juga sangat ringan di kulit. Tidak seperti kebanyakan produk waterproof lain yang sulit dibersihkan, produk ini justru kebalikannya. Hanya dengan menggunakan facial foam, sunscreen akan bersih tanpa sisa.

No.3

Beiersdorf Nivea Sun Face Serum Oil Control SPF 50+ PA+++

Mulai dari Rp63.900,00

Mengandung L-carnitine, make up tahan lama dan tidak mudah luntur

Kelebihan:

  • Ringan, mudah di-blend, tidak lengket, dan tanpa white cast
  • Noncomedogenic dan oil-free


Kekurangan:

  • Terdapat kandungan alkohol

Sunscreen keluaran Nivea ini memiliki tekstur serum yang ringan sehingga tidak terasa lengket di kulit. Anda yang sering menggunakan makeup juga akan menyukainya karena produk ini mengandung L-carnitine.


Kandungan tersebut membantu mengurangi minyak berlebih, membuat makeup tahan lama, dan tidak mudah luntur. Ditambah lagi, produk ini tidak menimbulkan white cast sehingga tidak mengganggu tampilan makeup Anda.

No.4

SomethincHolyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp49.000,00

Memberikan sensasi dingin dan segar di wajah saat cuaca panas

Kelebihan:

  • Memberikan cooling sensation
  • Noncomedogenic, tanpa alkohol, tanpa benzene, hypoallergenic, fungal acne friendly


Kekurangan:

  • Mengandung fragrance, kulit sensitif perlu berhati-hati

Kesan lengket saat menggunakan sunscreen ini tidak akan terasa karena formulanya yang ringan. Tak hanya itu, sunscreen ini juga diklaim noncomedogenic dan fungal acne friendly. Uniknya lagi, Somethinc memberikan cooling sensation saat Anda aplikasikan ke wajah. Produk ini bisa menjadi teman yang baik saat cuaca panas. Selain melindungi kulit, sensasinya membuat kulit terasa lebih segar.

No.5

RohtoSkin Aqua UV Moisture Gel

Mulai dari Rp55.000,00

Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen

Kelebihan:

  • Tidak menggunakan zat pewarna dan parfum
  • Bisa digunakan sebagai base makeup


Kekurangan:

  • SPF 30, tidak bisa digunakan untuk kegiatan outdoor terlalu lama

Kandungan kolagen pada produk ini melembapkan dan mempertahankan elastisitas kulit. Produk ini juga mengandung hyaluronic acid yang membuat kulit kenyal. Kedua kandungan tersebut banyak dijumpai pada skincare.


Dengan begitu, sunscreen ini tidak hanya berfungsi sebagai UV protection, tetapi juga all-in-one skincare. Produk ini cocok untuk Anda yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk memakai banyak skincare. Sunscreen ini adalah solusi cepat di pagi hari sebelum beraktivitas.

No.6

ERHAAcneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++

Mulai dari Rp99.000,00

Terlindungi dari jerawat berkat formula sebum regulator

Kelebihan:

  • Noncomedogenic dan nonacnegenic

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol
  • Membuat pengelupasan kulit di beberapa pengguna

Jika Anda memiliki masalah kulit berminyak yang mudah berjerawat, produk ini bisa dicoba. Sunscreen ini memiliki formula sebum regulator yang mampu mengurangi minyak berlebih. Formula tersebut juga berperan sebagai antibakteri yang mampu mencegah timbulnya jerawat.


Sunscreen ini sangat nyaman digunakan pada kulit berjerawat karena tidak lengket dan sangat ringan. Hanya saja, pemilik kulit sensitif perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Beberapa pengguna yang tidak cocok dengan kandungan sunscreen ini mengaku mengalami pengelupasan kulit.

No.7

AzarineHydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Mulai dari Rp59.999,00

Kandungannya cocok untuk pemilik kulit berminyak hingga fungal acne

Kelebihan:

  • 0% alcohol, oil-free, no silicone, no white cast, fungal acne friendly

  • Ringan dan cepat meresap

  • Mampu menahan produksi minyak berlebih


Kekurangan:

  • Ukuran lubang tube terlalu besar, agak sulit mengontrol gel yang keluar

Water-based sunscreen dari Azarine ini memiliki formula yang ringan dan cepat meresap. Produk ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak karena kemampuannya dalam menahan produksi sebum berlebih. Diklaim tanpa kandungan alkohol, minyak, dan silikon, produk ini aman untuk kulit sensitif serta fungal acne.


Untuk Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, berjerawat, bahkan fungal acne, produk ini pilihannya. Sunscreen ini juga diperkaya dengan bahan-bahan alami, seperti Aloe vera, green tea, dan royal jelly yang menutrisi kulit.

No.8

L’Oréal Paris UV Defender Matte & Fresh

Mulai dari Rp80.000,00

Hasilnya matte dengan efek tone up natural

Kelebihan:

  • Tekstur watery, mudah di-blend
  • Hasil akhir semi-matte
  • Bebas minyak bahkan saat cuaca panas dan lembap

Kekurangan:

  • Mengandung parfum dan alkohol, tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif

Sunscreen ini sangat ringan di kulit dan memberikan kesan matte and fresh natural. Kandungan airlicium yang menyerap minyak berlebih membuat sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak.


Sementara itu, ginger root extract dan Cinnamomum cassia bark extract-nya berfungsi sebagai antioksidan dan menenangkan kulit. Jika menginginkan sunscreen berkualitas dengan hasil akhir matte yang natural, produk ini bisa dipilih.

No.9

La Roche-PosayAnthelios XL Dry Touch

Mulai dari Rp180.000,00

Thermal water-nya mampu menenangkan kulit yang sensitif akibat sinar matahari

Kelebihan:

  • Hasil akhir matte, bebas kilap dan minyak
  • Mengandung thermal water yang menenangkan kulit sensitif

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal untuk sunscreen berukuran 15 ml

Oil-free sunscreen ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sunscreen ini memiliki SPF 50+ sehingga cocok untuk kegiatan di luar ruangan. Selain itu, kandungan thermal water-nya mampu melindungi dan menenangkan kulit yang mudah iritasi dan kemerahan. Jika mencari sunscreen dengan SPF tinggi yang aman untuk kulit sensitif, cobalah produk ini!

No.10

BiodermaPhotoderm AKN Mat SPF 30

Mulai dari Rp335.000,00

Tak hanya melindungi kulit, sunscreen ini bisa mengontrol minyak berlebih

Kelebihan:

  • Water resistant, noncomedogenic
  • Mengurangi produksi minyak berlebih dan memberi efek matte

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal, kurang cocok untuk orang yang baru ingin mencoba
  • Kandungan SPF30, harus lebih sering reapply sunscreen

Anda mencari sunscreen yang tak hanya melindungi kulit dari matahari, tetapi juga mengontrol kelebihan minyak? Produk dari Bioderma ini jawabannya! Sunscreen ini dilengkapi Fluidactiv™ yang dapat mengontrol sebum berlebih pada wajah. Bahkan, produk ini diklaim dapat menurunkan jumlah sebum hingga 18,2% dalam 8 jam.


Lebih dari itu, produk ini juga tahan air dan keringat. Selain itu, efek matte-nya yang tahan lama menambah keunggulan sunscreen ini. Dengan sunscreen ini, wajah akan bebas kilap.

Tips memakai sunscreen untuk hasil yang maksimal

Tips memakai sunscreen untuk hasil yang maksimal

Memakai sunscreen sudah menjadi keharusan terutama jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB yang dapat merusak kulit.


Pastikan Anda memakai sunscreen secara baik dan benar. Jika tidak, Anda tidak akan merasakan manfaat yang maksimal. Lalu bagaimana cara memakai sunscreen yang baik? Berikut tips memakai sunscreen agar memberi hasil yang maksimal.


  1. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan. Tidak seperti sunblock yang bekerja secara langsung saat dioleskan, sunscreen membutuhkan waktu hingga benar-benar terserap kulit.
  2. Oleskan sunscreen pada bagian tubuh yang terkena matahari secara langsung. Anda bisa mengoleskannya pada wajah, belakang leher, dan telinga.
  3. Selalu ingat untuk re-apply sunscreen. Tingkat SPF menentukan seberapa sering Anda harus mengoleskan sunscreen kembali. 1 SPF mampu memberi pertahanan sebanyak 10 menit. Jika Anda memakai sunscreen dengan SPF 15, berarti sunscreen tersebut dapat memberi pertahanan selama 150 menit. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan sebaiknya harus re-apply sunscreen.
  4. Oleskan sunscreen secukupnya. Normalnya, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen sebanyak setengah sendok teh untuk satu bagian tubuh. Untuk mempermudah, Anda bisa menakar sunscreen sepanjang dua jari penuh. Khusus bagian wajah, gunakan takaran 1/4 sendok teh atau 1,25 ml.

Di sisi lain, Jumlah SPF juga bisa diartikan sebagai tingkat proteksi sunscreen terhadap sunburn. Contohnya, SPF 30 akan melindungi kulit dari sunburn tiga puluh kali lebih lama dibandingkan jika Anda tidak menggunakan sunscreen.


Secara umum, sunscreen perlu diaplikasikan ulang tiap dua jam sekaliSunscreen waterproof yang digunakan saat beraktivitas outdoor di air perlu diaplikasi ulang tiap 40–80 menit. Saat senggang, pastikan Anda mengaplikasi ulang sunscreen 20 menit setelah aplikasi pertama. Studi membuktikan teknik ini bisa memberikan perlindungan hampir sama dengan teknik aplikasi ulang tiap dua jam.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berminyak di sini

Selain menggunakan sunscreen, kulit berminyak juga perlu dirawat dengan rangkaian skincare lainnya. Anda harus menggunakan produk yang tepat agar kadar minyak pada kulit tidak bertambah. Untuk itu, kami sudah menyiapkan rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berminyak. Yuk, disimak!

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah Anda sudah bisa menemukan produk sunscreen yang tepat? Memilih produk sunscreen untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Kesalahan dalam memilih produk dapat membuat wajah berjerawat dan beruntusan.


Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Gunakan sunscreen dengan baik dan jangan lupa untuk membersihkannya. Kami berharap artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan sunscreen yang tepat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer