• 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen merupakan rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, terutama untuk Anda yang akan beraktivitas di luar ruangan. Meski ada sunscreen yang memiliki tekstur sedikit kental, kini sudah banyak water-based sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak. Bahkan, merk sunscreen-nya juga bermacam-macam, seperti Biore, Nivea, dan Wardah. 


Memilih sunscreen terbaik untuk kulit berminyak memang tidak begitu mudah. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga membagikan rekomendasi produk sunscreen sebagai referensi untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak

Ada empat poin penting yang harus Anda ketahui saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak agar tidak salah pilih. Berikut kami sudah merangkumnya untuk Anda. Silakan disimak, ya! 

Pilihlah sunscreen berbahan dasar air

Pilihlah sunscreen berbahan dasar air

Sunscreen berbahan dasar air atau water-based sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak. Karena berbahan dasar air, sunscreen ini memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah menyerap di kulit sehingga menciptakan efek matte pada kulit. Efek ini akan membuat kulit Anda terlihat tidak berminyak.


Saat ini, sunscreen berbahan dasar air sangat mudah ditemukan, baik di toko online maupun offline. Untuk mengetahui kandungan utama sunscreen tersebut, Anda bisa memeriksa daftar kandungan yang terdapat di belakang produk. Makin awal letak suatu kandungan, makin banyak jumlah kandungannya. Kebanyakan produk sunscreen yang ada di pasaran merupakan produk berbahan dasar air. 

Gunakan sunscreen bertekstur ringan

Gunakan sunscreen bertekstur ringan

Penggunaan sunscreen dengan tekstur yang tidak tepat dapat mengakibatkan wajah berminyak dan berjerawat. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya Anda menghindari penggunaan sunscreen dengan tekstur krim atau lotion yang pekat.


Sunscreen dengan tekstur tersebut akan terasa berat di wajah dan menimbulkan minyak berlebih pada wajah. Sunscreen bertekstur ringan tidak akan menutup pori-pori sehingga tidak menimbulkan komedo dan jerawat.


Sebagai rekomendasi, sebaiknya Anda memilih sunscreen berbentuk gel, cair, atau spray. Sunscreen ini jauh lebih ringan dan baik untuk digunakan pada kulit berminyak dibandingkan sunscreen bertekstur pekat.

Sesuaikan kadar spf sunscreen dengan kebutuhan

Sesuaikan kadar spf sunscreen dengan kebutuhan

SPF atau sun protection factor dapat dikatakan sebagai penentu keefektifan suatu produk dalam melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Makin tinggi SPF suatu produk, makin tinggi pula kemampuan produk tersebut menghalangi UVB.


Untuk Anda yang beraktivitas di dalam ruangan, Anda cukup menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30. Sedangkan untuk Anda yang beraktivitas lama diluar ruangan, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen dengan SPF 50. Produk dengan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih lama sehingga Anda tidak perlu sering mengaplikasikan secara berulang.

Carilah produk yang tidak menimbulkan jerawat

Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat. Penggunaan sunscreen yang tidak tepat dapat mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat sehingga muncul jerawat. Untuk itu, penting untuk Anda memilih produk sunscreen yang tidak akan menimbulkan jerawat.

Oil-free, bebas kandungan minyak

Oil-free, bebas kandungan minyak

Produk dengan label oil-free sangat diminati oleh banyak kalangan, terutama pemilik kulit berminyak. Oil-free berarti produk tersebut tidak menggunakan kandungan minyak yang mampu membuat kulit Anda lebih berminyak. Produk oil-free biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan produk non oil-free.


Sebagian produk oil-free sangat mudah dikenali karena memiliki label oil-free pada kemasan. Jika Anda ragu, Anda bisa memeriksa kandungan yang tertulis pada kemasan. Produk yang tidak terdapat istilah oil atau minyak apapun tergolong aman untuk kulit berminyak Anda.

Formula non-comedogenic, mencegah jerawat muncul

Formula non-comedogenic, mencegah jerawat muncul

Produk dengan formula non-comedogenic mampu mencegah terbentuknya komedo yang memicu munculnya jerawat. Sebab, kandungannya tidak menutupi pori-pori. Meskipun begitu, tidak semua produk dengan label non-comedogenic benar-benar ampuh untuk mencegah munculnya komedo, lho


Beberapa merek melabeli produknya sebagai non-comedogenic produk, tetapi sebenarnya hanya memiliki formula ringan. Anda bisa memeriksa konsistensi produk untuk mengetahui apakah suatu produk benar-benar non-comedogenic. Produk dengan konsistensi yang kental cenderung comedogenic karena menutup pori-pori.

Gunakan sunscreen bebas parfum untuk kulit sensitif

Gunakan sunscreen bebas parfum untuk kulit sensitif

Skincare dengan wangi yang yang menarik memang mampu memikat hati siapa pun untuk membelinya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda menghindari skincare dengan kandungan parfum. Meskipun kebanyakan parfum yang digunakan terbuat dari essential oil alami, tetapi kandungan tersebut tetap bisa menimbulkan iritasi pada kulit. 


Skincare dengan parfum berdampak negatif pada kulit sensitif. memaksimalkan perlindungan kulit berminyak Anda, Anda bisa memulai dengan menggunakan sunscreen tanpa kandungan parfum.


Untuk kulit kombinasi berminyak dan sensitif, pilihlah sunscreen dengan UV filter mineral terutama zinc oxide. Selain itu, pilih yang bebas parfum serta berbentuk light lotion atau spray supaya tidak lengket dan nyaman digunakan. Tambahan bahan aktif seperti niacinamide akan mengurangi produksi sebum sekaligus mencegah jerawat. Selain itu, tambahan bahan ini juga efektif memperkuat skin barrier pada kulit sensitif.

Pilih produk yang mudah dibersihkan

Pilih produk yang mudah dibersihkan

Meskipun dibutuhkan kulit, Anda harus tetap membersihkan kulit dari sunscreen saat tidak dibutuhkan. Bagaimanapun, sunscreen tetaplah mengandung bahan kimia. Bahan kimia tidak bisa dibiarkan terlalu lama melekat pada kulit agar kulit Anda tetap sehat. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih produk sunscreen yang mudah dibersihkan.


Menggunakan sunscreen yang sulit dibersihkan membuat Anda harus membersihkan kulit secara ekstra. Perlu diingat, membersihkan kulit dengan cara yang kasar akan membuat kulit Anda iritasi. Selain itu, sisa sunscreen yang masih melekat pada kulit dapat menyebabkan jerawat dan beruntusan.


Jika tidak begitu dibutuhkan, sebaiknya Anda tidak menggunakan sunscreen waterproof karena akan sulit untuk dibersihkan. Kami sangat merekomendasikan agar Anda menggunakan produk yang mudah dibersihkan dengan air dan sabun.

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

WardahUV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Mulai dari Rp 35.000,00

TeksturGel
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak
Jumlah kandungan SPF30
Kandungan PAPA+++
9
TeksturCair dalam bentuk spray
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF30
Kandungan PATidak disebutkan
8
TeksturGel
Mengandung pewarnaTidak
Mengandung parfumTidak
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF30
Kandungan PAPA++
7

ERHAAcneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++

Mulai dari Rp 99.000,00

TeksturKrim
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF30
Kandungan PAPA+++
6

L’Oréal Paris UV Defender Matte & Fresh

Mulai dari Rp 80.000,00

TeksturCair
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumYa
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF50
Kandungan PAPA++++
5

Beiersdorf Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+

Mulai dari Rp 179.000,00

TeksturSerum yang ringan
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF50+
Kandungan PAPA+++
4

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp 115.800,00

TeksturEsens
Mengandung pewarnaTidak
Mengandung parfumTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF50+
Kandungan PAPA++++
3
TeksturMilky, tidak lengket
Mengandung pewarnaTidak
Mengandung parfumTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF30
Kandungan PATidak disebutkan
2

CliniqueCity Block Sheer Oil-Free Daily Face Protector Broad Spectrum SPF 25

Mulai dari Rp 500.000,00

TeksturKrim ringan
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF25
Kandungan PATidak disebutkan
1

La Roche-PosayAnthelios Clear Skin Oil Free Sunscreen SPF 60

Mulai dari Rp 400.000,00

TeksturLotion ringan
Mengandung pewarnaTidak disebutkan
Mengandung parfumTidak
Mengandung alkoholTidak disebutkan
Jumlah kandungan SPF60
Kandungan PATidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sunscreen terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
La Roche-Posay Anthelios Clear Skin Oil Free Sunscreen SPF 60 1

La Roche-Posay

2
Clinique City Block Sheer Oil-Free Daily Face Protector Broad Spectrum SPF 25 1

Clinique

3
Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 1

Bioderma

4
Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++ 1

Kao

5
Beiersdorf  Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+ 1

Beiersdorf

6
 L’Oréal Paris  UV Defender Matte & Fresh 1

L’Oréal Paris

7
ERHA Acneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++ 1

ERHA

8
Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel 1

Rohto

9
Pixi Sun Mist 1

Pixi

10
Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 1

Wardah

Nama produk

Anthelios Clear Skin Oil Free Sunscreen SPF 60

City Block Sheer Oil-Free Daily Face Protector Broad Spectrum SPF 25

Photoderm AKN Mat SPF 30

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+

UV Defender Matte & Fresh

Acneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++

Skin Aqua UV Moisture Gel

Sun Mist

UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Keunggulan

Cocok digunakan untuk ke pantai, bebas kilap dan minyak

Sunscreen mineral, cocok untuk digunakan sebagai base makeup!

Kulit sehat tanpa kandungan paraben

Tahan air dan keringat serta mudah dibersihkan

Mengandung L-Carnitine untuk membuat make up tahan lama dan tidak mudah luntur

Hasilnya matte bahkan pada cuaca panas dan lembap

Terlindungi dari jerawat berkat kandungan yang non-comedogenic dan non-acnegenic

Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen

Sunscreen spray yang mudah digunakan di mana pun

Produk lokal yang nyaman digunakan berkat formulanya yang tidak lengket

Harga mulai dariRp 400.000,00Rp 500.000,00Rp 271.000,00Rp 115.800,00Rp 179.000,00Rp 80.000,00Rp 99.000,00Rp 47.700,00Rp 350.000,00Rp 35.000,00
TeksturLotion ringanKrim ringanMilky, tidak lengketEsensSerum yang ringanCairKrimGelCair dalam bentuk sprayGel
Mengandung pewarnaTidak disebutkanTidak disebutkanTidakTidakTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak Tidak disebutkanTidak disebutkan
Mengandung parfumTidakTidakTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaTidakTidakTidak disebutkanTidak disebutkan
Mengandung alkoholTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak
Jumlah kandungan SPF60253050+50+5030303030
Kandungan PATidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPA++++PA+++ PA++++PA+++PA++Tidak disebutkanPA+++
Tautan produk

Tips memakai sunscreen untuk hasil yang maksimal

Tips memakai sunscreen untuk hasil yang maksimal

Memakai sunscreen sudah menjadi keharusan terutama jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berguna untuk melindungi kulit Anda dari UVA dan UVB yang dapat merusak kulit.


Pastikan Anda memakai sunscreen secara baik dan benar. Jika tidak, Anda tidak akan merasakan manfaat yang maksimal. Lalu bagaimana cara memakai sunscreen yang baik? Berikut kami akan membagikan tips memakai sunscreen yang baik agar memberikan hasil yang maksimal.


  1. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan. Tidak seperti sunblock yang bekerja secara langsung saat dioleskan, sunscreen membutuhkan waktu hingga benar-benar terserap kulit.
  2. Oleskan sunscreen pada bagian tubuh yang terkena matahari secara langsung, terutama wajah, belakang leher, dan telinga.
  3. Selalu ingat untuk re-apply sunscreen. Tingkat SPF menentukan seberapa sering Anda harus mengoleskan kembali sunscreen tersebut. 1 SPF mampu memberi pertahanan sebanyak 10 menit. Jika Anda memakai sunscreen dengan SPF 15, berarti sunscreen tersebut dapat memberi pertahanan selama 150 menit. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan sebaiknya Anda harus re-apply sunscreen.
  4. Oleskan sunscreen secukupnya. Normalnya, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen sebanyak setengah sendok teh untuk satu bagian tubuh. Untuk mempermudah, Anda bisa menakar sunscreen sepanjang dua jari Anda. Khusus bagian wajah. gunakan takaran 1/4 sendok teh atau 1,25 ml.

Di sisi lain, Jumlah SPF juga bisa diartikan sebagai tingkat proteksi sunscreen terhadap sunburn. Contohnya, SPF 30 akan melindungi kulit dari sunburn 30 kali lebih lama dibandingkan jika Anda tidak menggunakan sunscreen.


Secara umum, sunscreen perlu diaplikasikan ulang tiap dua jam sekali. Sunscreen waterproof yang digunakan saat beraktivitas outdoor di air perlu diaplikasi ulang tiap 40–80 menit. Saat senggang, pastikan Anda mengaplikasi ulang sunscreen 20 menit setelah aplikasi pertama. Studi membuktikan teknik ini bisa memberikan perlindungan hampir sama dengan teknik aplikasi ulang tiap dua jam.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berminyak di sini

Selain menggunakan sunscreen, kulit berminyak juga perlu dirawat dengan rangkaian skincare lainnya. Anda harus menggunakan produk yang tepat agar kadar minyak pada kulit tidak bertambah sehingga kulit Anda berjerawat. Untuk itu, kami sudah menyiapkan rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berminyak. Semoga Anda bisa menemukan produk yang tepat. 

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah Anda sudah bisa menemukan produk sunscreen yang tepat? Memilih produk sunscreen untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Kesalahan dalam memilih produk dapat membuat wajah berjerawat dan beruntusan.


Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Gunakan sunscreen dengan baik dan jangan lupa untuk membersihkannya. Kami berharap artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan sunscreen yang tepat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masker antiaging berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek. Artikel ini akan membahas dan membagikan tips memilih masker antiaging yang bagus. Ada juga pembahasan masker antiaging untuk kulit berminyak dan masker antiaging untuk kulit kering. Selanjutnya, kami akan membagikan rekomendasi masker antiaging terbaik. Terdapat masker antiaging alami, seperti N'PURE Clay Mask dan Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask telah kami rekomendasikan. Masker antiaging Wardah, Hanasui Gold Mask, dan masker antiaging lokal lainnya juga ada. Pastikan Anda membaca sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori