mybest
Sunscreen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Sunscreen memiliki peran yang sangat penting untuk merawat kulit wajah. Produk ini bekerja dengan cara membentuk lapisan di permukaan kulit yang berfungsi untuk menyerap dan memantulkan cahaya UV. Bagi beberapa orang, penggunaan sunscreen pada kulit berminyak akan menimbulkan efek greasy. 


Ada beberapa merek sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak seperti SKINTIFIC, Azarine, COSRX, dan lainnya. Supaya produk yang dipilih tepat, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak. Cara memilih sunscreen dalam artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani.

Diperbaharui 02/09/2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Ucha Candra
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah konten kreator yang sering membuat konten review produk-produk skincare di akun Instagram miliknya. Lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang ini bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kecintaannya pada dunia tulis-menulis mengantarkannya menjadi editor konten-konten skincare mybest Indonesia. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion.

Profil Ucha Candra
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Sunscreen yang tidak cocok dengan kulit berminyak dapat menimbulkan permasalahan seperti jerawat, komedo, dan beruntusan. Anda dapat mengikuti tips memilih sunscreen di bawah ini untuk mencari produk yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, simak poin pembahasannya berikut ini!

1

Pastikan untuk memilih sunscreen minimal SPF 30 PA++++

Pastikan untuk memilih sunscreen minimal SPF 30 PA++++

Sunscreen berfungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV terhadap kulit. Saat memilih, pastikan tingkat perlindungan pada sunscreen disesuaikan dengan tempat, tingkat UV index, dan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. 


Anda bisa memilih minimal SPF 30 PA++++ yang cocok untuk iklim di Indonesia. Namun, jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, pilihlah sunscreen di atas SPF 30 PA++++. Jangan lupa re-apply setiap 2 jam sekali karena sunscreen bisa terhapus oleh keringat, air, gesekan atau faktor eksternal lainnya. 

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Sunscreen berfungsi untuk memperpanjang waktu saat berada di bawah paparan sinar matahari sebelum terkena efek buruk sinar UV. Makin tinggi SPF-nya, makin panjang pula waktu yang didapatkan kulit untuk bertahan dari efek sinar UV.

Namun, hal ini bukan berarti Anda dapat menunda waktu re-apply sunscreen karena sunscreen bisa terhapus akibat keringat atau faktor eksternal lainnya. Masa aktif perlindungan sunscreen juga biasanya terbatas sekitar 2-3 jam saja. 
2

Prioritaskan sunscreen dengan tekstur gel dan lotion

Prioritaskan sunscreen dengan tekstur gel dan lotion
Pemilik kulit berminyak sebaiknya memprioritaskan sunscreen bertekstur ringan seperti gel dan lotion. Pori-pori kulit berminyak cenderung mudah tersumbat karena pelepasan keratin yang terhambat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari sunscreen yang oily agar wajah tidak makin berminyak. Tekstur sunscreen gel dan lotion juga aman untuk digunakan pada kulit sensitif karena sifatnya yang mudah menyerap
3

Utamakan chemical sunscreen untuk mengurangi potensi jerawat

Utamakan chemical sunscreen untuk mengurangi potensi jerawat

Kulit berminyak rentan mengalami jerawat karena pori-pori yang tersumbat. Anda dapat menggunakan sunscreen jenis chemical yang mudah diserap oleh kulit sehingga lebih cocok untuk wajah berjerawat. Jika kulit Anda berjerawat dan berkomedo, chemical sunscreen juga bisa dijadikan pilihan karena produknya mampu diserap kulit dengan mudah. Jadi, risiko clogging penyebab jerawat dan komedo dapat diminimalkan.  


Anda dapat memakai chemical sunscreen dengan tambahan bahan antiinflamasi untuk mengurangi peradangan akibat jerawat. Berikut ini beberapa tambahan bahan antiinflamasi pada sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat:


  • Aloe vera

Aloe vera terbukti ampuh untuk menenangkan kulit berjerawat karena memiliki sifat antiinflamasi dan mampu melembapkan kulit secara maksimal. Senyawa antioksidan pada Aloe vera juga dapat berfungsi untuk menangkal efek radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Anda disarankan memakai sunscreen dengan kandungan Aloe vera untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. 


  • Niacinamide

Selain menenangkan, niacinamide juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan merangsang produksi kolagen pada wajah. Sunscreen dengan kandungan niacinamide efektif untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Flek hitam dan noda bekas jerawat juga bisa teratasi dengan mudah karena efek mencerahkan yang dihasilkan oleh niacinamide. 


  • Allantoin

Allantoin menjadi salah satu bahan yang sering terdapat pada produk skincare untuk kulit berminyak. Bahan ini dapat secara efektif mengurangi peradangan akibat jerawat dan mempercepat proses penyembuhan luka. Jika Anda sedang mengalami beruntusan, pakai sunscreen dengan bahan allantoin untuk membantu menghaluskan kulit wajah. 

4

Bila bermasalah dengan kulit sensitif, gunakan physical sunscreen atau hybrid sunscreen

Bila bermasalah dengan kulit sensitif, gunakan physical sunscreen atau hybrid sunscreen

Physical sunscreen mengandung bahan aktif yang pekat dan memiliki nilai SPF tinggi. Bahan ini bekerja dengan membentuk lapisan di kulit yang mampu memantulkan sinar UV tanpa diserap kulit. Jika tidak dibersihkan dengan baik, physical sunscreen bisa memicu terjadinya clogging. 


Namun, physical sunscreen bisa Anda gunakan saat jerawat meradang. Biasanya, jerawat meradang berhubungan dengan kulit yang sensitif terhadap bahan tertentu. Karena itu, physical sunscreen yang tidak diserap kulit lebih cocok untuk kondisi kulit seperti ini. 


Jika Anda khawatir dengan bahan aktif pada sunscreen, cobalah untuk memakai hybrid sunscreen. Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif perlu memeriksa efek penggunaan hybrid sunscreen pada kulit terlebih dahulu. Anda juga dapat memilih sunscreen hypoallergenic dengan bahan-bahan yang lebih lembut di kulit. Dengan demikian, risiko alergi atau iritasi dapat diminimalkan. Berikut ini beberapa kandungan hypoallergenic yang bisa Anda coba:


  • Niacinamide

Kandungan niacinamide memiliki formula yang lembut sehingga tidak membuat kulit iritasi. Selain itu, niacinamide membantu meningkatkan fungsi skin barrier agar kulit terlindungi dari efek radikal bebas. Jika kulit sensitif Anda sedang mengelupas, niacinamide dapat membantu melembapkan wajah secara efektif. 


  • Ekstrak green tea

Tak ketinggalan, ekstrak green tea juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, ekstrak teh hijau atau green tea memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada kulit sensitif. Selain itu, ekstrak green tea juga dapat menangkal efek radikal bebas dan menjaga kulit tetap terhidrasi.


  • Ekstrak licorice

Licorice adalah salah satu jenis tanaman herbal yang ekstraknya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Biasanya, kulit sensitif cenderung lebih rentan mengalami iritasi seperti kemerahan dan gatal-gatal. Anda dapat memilih physical sunscreen dengan kandungan ekstrak licorice untuk meredakan kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. 


Bagi beberapa pemilik kulit sensitif, kandungan seperti essential oil dapat menimbulkan iritasi dan risiko alergi. Supaya lebih aman, Anda dapat mencoba membeli sunscreen travel size terlebih dahulu untuk memeriksa risiko alergi yang mungkin muncul

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit berminyak

Berikut ini adalah rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 15 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kadar SPF
Kadar PA
Jenis sunscreen
Bentuk sunscreen
Pilihan isi
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan lainnya
Area pemakaian
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulit
Keamanan
BPOM
1

Wahana Kosmetika Indonesia

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 1

Rp70.000

Agak Murah

Memberi sensasi dingin untuk menenangkan kulit berminyak dan acne prone

45

++++

Chemical

Gel

50 ml

Ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane

Glycerin, Aloe vera, cucumber extract, sodium hyaluronate

Green tea, niacinamide, allantoin, panthenol

Wajah

Semua jenis kulit

Fragrance-free, alcohol-free, paraben-free, oil-free, silicon-free, noncomedogenic, fungal acne safe

NA18221701516

2

Skintific

5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++ 1

Rp169.000

Agak Mahal

Melembapkan sekaligus menguatkan skin barrier

50

++++

Hybrid

Lotion

30 ml, 80 ml

Glycerin, sodium hyaluronate, ceramide

Centella Asiatica, niacinamide, vitamin E

Wajah

Semua jenis kulit

Paraben-free, noncomedogenic, fungal acne safe

NA11221700023

3

Skintific

Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Skintific Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++ 1

Rp139.900

Agak Mahal

Perlindungan maksimal untuk kegiatan outdoor

50

++++

Chemical

Lotion

25 ml

Tinosorb S/M

Ceramide, hayluronic acid, tocopherol

Centella asiatica, vitamin C, ferulic acid

Wajah

Semua jenis kulit

Noncomedogenic, fungal acne safe

NA11221700022

4

Rohto

Skin Aqua UV Moisture Gel

Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel 1

Rp63.000

Agak Murah

Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen

30

++

Hybrid

Gel

40 g

Ethylhexyl methoxycinnamate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol

Glycerin, sodium hyaluronate, collagen

Betaine, arginine, panthenol

Wajah dan tubuh

Normal, berminyak

Fragrance-free, alcohol-free, paraben-free, noncomedogenic, fungal acne safe

NA18130103390

5

Y.O.U

Triple UV Elixir Sunscreen SPF50+ PA++++

Y.O.U  Triple UV Elixir Sunscreen SPF50+ PA++++ 1

Rp65.000

Agak Murah

Melindungi dan menutrisi kulit dengan teksturnya yang seringan air

50+

++++

Hybrid

Lotion

30 ml

Titanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate

Allantoin

Vitamin E, niacinamide, Centella asiatica

Wajah

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

NA11211700009

6

Avoskin

The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

Rp55.000

Agak Murah

Kandungan Centella asiatica-nya bagus untuk kulit berminyak berjerawat

50

++++

Chemical

Lotion

5 ml, 30 ml

Diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl triazone

Allantoin, sodium hyaluronate

Chamomile flower extract, vitamin C, dan silica

Wajah

Semua jenis kulit

Alcohol-free, paraben-free, colorant-free, DMDM hydantoin-free, noncomedogenic, fungal acne safe

NA18201700944

7

COSRX

Aloe Soothing Sun Cream SPF50+/PA+++

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+/PA+++  1

Rp199.900

Agak Mahal

Kulit tetap aman meski harus berkegiatan di bawah terik matahari

50+

+++

Hybrid

Krim

50 ml

Glycerin

Aloe vera

Wajah

Semua jenis kulit

Noncomedogenic, fungal acne safe

NA26201700026

8

Erha

Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF30/PA++

Erha  Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF30/PA++ 1

Rp91.840

Menengah

Hybrid sunscreen yang ringan dan bebas minyak, cocok untuk oily skin

30

++

Chemical

Lotion

30 ml

Tidak diketahui

Aloe vera

Vitamin E, d-panthenol

Wajah

Berminyak

Noncomedogenic, fungal acne safe

NA18191706051

9

Beiersdorf

NIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++

Beiersdorf NIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++ 1

Rp90.900

Menengah

Sunscreen serum dengan kemampuan oil control yang baik

50+

+++

Chemical

Krim

40 ml

Glycerin

Glycyrrhiza inflata, himalayan salt

Wajah

Berminyak

Noncomedogenic, fungal acne safe

Tidak diketahui

10

La Roche Posay

Anthelios UVMune 400 SPF50+ PA++++

La Roche Posay Anthelios UVMune 400 SPF50+ PA++++ 1

Rp220.000

Agak Mahal

Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, termasuk menangkal radikal bebas

50+

++++

Hybrid

Krim

15 ml

Glycerin

Airlicium

Wajah

Berminyak

Noncomedogenic, fungal acne safe

NC14231700003

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 1
Sumber: azarinecosmetic.com
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 2
Sumber: shopee.co.id
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 3
Sumber: shopee.co.id
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp70.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp70.000
Agak Murah

Memberi sensasi dingin untuk menenangkan kulit berminyak dan acne prone

Apabila jerawat Anda sedang meradang, pertimbangkanlah sunscreen Azarine ini. Jerawat yang meradang dapat terasa perih, gatal, bahkan panas. Nah, sunscreen untuk kulit acne prone ini bertekstur gel dan diperkaya Aloe vera yang dapat memberi sensasi dingin.


Kulit Anda pun akan jadi lebih tenang sekaligus terlindungi dari sinar matahari, bluelight, dan polusi. Efek dinginnya juga akan sangat membantu menyejukkan kulit yang terasa panas karena terlalu lama terpapar sinar matahari. 

Kadar SPF45
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenGel
Pilihan isi50 ml
Kandungan utamaEthylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe vera, cucumber extract, sodium hyaluronate
Kandungan lainnyaGreen tea, niacinamide, allantoin, panthenol
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananFragrance-free, alcohol-free, paraben-free, oil-free, silicon-free, noncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA18221701516
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Skintific5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Melembapkan sekaligus menguatkan skin barrier

Kelebihan:

  • Bebas SLS, alkohol, paraben, mineral oil, dan artificial colorant
  • Mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk menghidrasi sekaligus mengunci kelembapan kulit
  • Tidak meninggalkan whitecast, menurut ulasan

Kekurangan:

  • Mengandung dimethicone, orang yang sensitif dengan kandungan ini mungkin dapat merasakan sensasi pedih/peeling 

Anda mungkin sudah tak asing dengan merek Skintific yang viral karena moisturizer-nya. Nah, tak ada salahnya Anda juga mencoba varian sunscreen-nya. Dengan SPF 50 PA++++, kulit Anda akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB. Efek buruk blue light dari layar gadget pun akan lebih diminimalkan.


Sunscreen Skintific ini juga mengandung ceramidehyaluronic acid, dan hero ingredients lainnya untuk menguatkan skin barrier. Produk ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenLotion
Pilihan isi30 ml, 80 ml
Kandungan utama
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, ceramide
Kandungan lainnyaCentella Asiatica, niacinamide, vitamin E
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananParaben-free, noncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA11221700023
View all
No.3

SkintificLight Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Harga referensi
Rp139.900
Agak Mahal

Perlindungan maksimal untuk kegiatan outdoor

Kelebihan:

  • Memberikan perlindungan tinggi dari sinar UV dan bluelight
  • Tekstur ringan
  • Menghidrasi sepanjang hari

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menganggap produk ini memiliki harga yang agak tinggi dibandingkan dengan produk serupa di pasaran
  • Sisa produk sulit dikeluarkan

Skintific Sunscreen Light Serum SPF 50 PA++++ bisa dipilih jika Anda menginginkan tabir surya berformula ringan dan tidak meninggalkan residu. Produk ini memberikan perlindungan SPF 50 dan PA++++ sehingga cocok untuk Anda yang sering berada di luar ruangan. Desain kemasan terbarunya ini juga terlihat lebih luxurious dan cantik sehingga cocok untuk Anda yang mengutamakan estetika.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenLotion
Pilihan isi25 ml
Kandungan utamaTinosorb S/M
Kandungan pelembapCeramide, hayluronic acid, tocopherol
Kandungan lainnyaCentella asiatica, vitamin C, ferulic acid
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananNoncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA11221700022
View all
No.4

RohtoSkin Aqua UV Moisture Gel

Harga referensi
Rp63.000
Agak Murah

Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen

Kelebihan:

  • Tidak menggunakan zat pewarna dan parfum
  • Menjaga elastisitas kulit dengan kandungan collagen
  • Bisa digunakan sebagai base makeup


Kekurangan:

  • SPF 30, tidak bisa digunakan untuk kegiatan outdoor terlalu lama 

Jika mendambakan tabir surya yang dapat melindungi wajah dari sinar UV sekaligus melembapkan kulit, cek produk ini. Skin Aqua UV Moisture Gel mengandung kolagen yang diklaim dapat melembapkan dan mempertahankan elastisitas kulit. Sunscreen ini juga mengandung hyaluronic acid yang membuat kulit kenyal. Sebagai all-in-one skincare, sunscreen ini adalah solusi cepat di pagi hari sebelum beraktivitas.

Kadar SPF30
Kadar PA++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenGel
Pilihan isi40 g
Kandungan utama Ethylhexyl methoxycinnamate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, collagen
Kandungan lainnyaBetaine, arginine, panthenol
Area pemakaianWajah dan tubuh
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitNormal, berminyak
KeamananFragrance-free, alcohol-free, paraben-free, noncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA18130103390
View all
No.5

Y.O.U Triple UV Elixir Sunscreen SPF50+ PA++++

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Melindungi dan menutrisi kulit dengan teksturnya yang seringan air

Kelebihan:

  • Mengandung Centella asiatica yang dapat menenangkan kulit iritasi/berjerawat
  • Dilengkapi dengan kandungan skincare, seperti allantoin, niacinamide, dan vitamin E
  • Teksturnya ringan dan cepat meresap

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasakan sensasi perih di area sekitar mata saat penggunaan
  • Menimbulkan white cast pada kulit, menurut beberapa pengguna

Anda mencari sunscreen dengan kandungan skincare? Produk Y.O.U berikut ini bisa masuk dalam wishlist Anda. Sunscreen gel ini menutrisi dengan kandungan allantoin, niacinamide, Centella asiatica, dan vitamin E. Perpaduan kandungan ini diklaim mampu mengembalikan kelembapan kulit setelah mencuci muka.


Perlindungannya tak cuma mencakup sinar UV saja, tetapi juga blue light. Teksturnya yang ringan dengan bahan dasar air membuat sunscreen ini cepat meresap, terasa segar, dan tidak menimbulkan white cast.

Kadar SPF50+
Kadar PA++++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenLotion
Pilihan isi30 ml
Kandungan utamaTitanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate
Kandungan pelembapAllantoin
Kandungan lainnyaVitamin E, niacinamide, Centella asiatica
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
WaterproofTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananTidak diketahui
BPOMNA11211700009
View all
No.6

AvoskinThe Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Harga referensi
Rp55.000
Agak Murah

Kandungan Centella asiatica-nya bagus untuk kulit berminyak berjerawat

Kelebihan:

  • Dapat menahan minyak di wajah tanpa membuat kulit terasa kering
  • Lebih mudah di-blend pada kulit yang sudah diberi moisturizer terlebih dahulu

Kekurangan:

  • Ada beberapa review yang menyebutkan produk ini menimbulkan sedikit whitecast

Apakah Anda pemilik kulit berminyak yang sensitif dan cenderung mudah berjerawat? Sunscreen dari Avoskin ini bisa diandalkan! Tekstur krimnya ringan sehingga cepat menyerap di kulit tanpa memberi kesan berminyak. Diperkaya kandungan Centella asiatica, sunscreen ini mampu merawat kulit berjerawat dan membantu meredakan iritasi serta peradangan. 


Selain itu, kandungan vitamin C-nya mampu mencegah kerusakan sel kulit dan menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV. Uniknya lagi, produk ini memberikan hasil akhir matte pada kulit dan membantu menyamarkan pori-pori. Alhasil, kulit Anda akan tampak lebih sehat dan elastis.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenLotion
Pilihan isi5 ml, 30 ml
Kandungan utamaDiethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl triazone
Kandungan pelembapAllantoin, sodium hyaluronate
Kandungan lainnyaChamomile flower extract, vitamin C, dan silica
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananAlcohol-free, paraben-free, colorant-free, DMDM hydantoin-free, noncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA18201700944
View all
No.7

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF50+/PA+++

Harga referensi
Rp199.900
Agak Mahal

Kulit tetap aman meski harus berkegiatan di bawah terik matahari

Apakah Anda sering beraktivitas di luar ruangan? Jika iya, sebaiknya gunakan sunscreen ini. Sunscreen ini memiliki SPF 50+ dan PA+++ yang mampu melindungi kulit Anda dari paparan buruk sinar UVA dan UVB. Produk ini juga mengandung Aloe vera leaf extract yang akan memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit. Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan kulit lagi saat harus beraktivitas di bawah terik matahari sekalipun.

Kadar SPF50+
Kadar PA+++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenKrim
Pilihan isi50 ml
Kandungan utama
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan lainnyaAloe vera
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananNoncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA26201700026
View all
No.8

Erha Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF30/PA++

Harga referensi
Rp91.840
Menengah

Hybrid sunscreen yang ringan dan bebas minyak, cocok untuk oily skin

Kelebihan:

  • Melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan faktor perlindungan SPF 30/PA++
  • Formula ringan dan bebas minyak, tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit
  • Mampu mengontrol minyak berlebih dan mengurangi tampilan kilap pada wajah

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menganggap kemasan produk kurang praktis dan sulit untuk diambil secara akurat
  • Terdapat beberapa laporan sensitivitas pada kulit tertentu setelah penggunaan
  • Beberapa pengguna merasa perlu mengaplikasikan produk secara lebih sering untuk menjaga efektivitas perlindungan UV

Sunscreen ini adalah solusi terbaik untuk kulit berminyak yang membutuhkan perlindungan optimal. Dengan formula khusus yang ringan dan bebas minyak, produk ini memberikan perlindungan UV yang efektif tanpa meninggalkan rasa lengket. 


Dengan faktor perlindungan SPF 30/PA++, sunscreen ini mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Dapatkan kulit yang terlindungi dan bebas minyak sepanjang hari dengan Erha Perfect Shield Sunscreen Oily Skin SPF30/PA++.

Kadar SPF30
Kadar PA++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenLotion
Pilihan isi30 ml
Kandungan utamaTidak diketahui
Kandungan pelembapAloe vera
Kandungan lainnyaVitamin E, d-panthenol
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitBerminyak
KeamananNoncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNA18191706051
View all
No.9

BeiersdorfNIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++

Harga referensi
Rp90.900
Menengah

Sunscreen serum dengan kemampuan oil control yang baik

Kelebihan:

  • Perlindungan tinggi yang melindungi kulit dari sinar UVA, UVB, bluelight, dan polusi yang dapat memperburuk jerawat
  • Mampu mengontrol minyak berlebih dan mencegah tampilan kilap pada wajah
  • Mengandung serum yang merawat jerawat dan membantu mengurangi kemunculan jerawat baru

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menganggap tekstur produk terlalu kental dan sulit menyerap sepenuhnya ke dalam kulit
  • Ada laporan bahwa produk ini dapat meninggalkan sedikit residu putih pada kulit jika tidak diaplikasikan dengan baik
  • Beberapa orang melaporkan bahwa produk ini tidak memberikan hasil yang signifikan dalam mengendalikan minyak berlebih

NIVEA SUN Face Serum Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++ adalah solusi untuk kulit berjerawat dan berminyak. Dengan perlindungan tinggi SPF 50+ dan PA+++, produk ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat memperburuk jerawat. 


Sunscreen ini juga memiliki kandungan khusus untuk mengontrol minyak berlebih dan mencegah tampilan kilap pada wajah. Anda yang memiliki kulit berjerawat, berminyak, atau kombinasi, serta membutuhkan perlindungan tinggi terhadap sinar matahari bisa melirik produk ini. 

Kadar SPF50+
Kadar PA+++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenKrim
Pilihan isi40 ml
Kandungan utama
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan lainnyaGlycyrrhiza inflata, himalayan salt
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitBerminyak
KeamananNoncomedogenic, fungal acne safe
BPOMTidak diketahui
View all
No.10

La Roche PosayAnthelios UVMune 400 SPF50+ PA++++

Harga referensi
Rp220.000
Agak Mahal

Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, termasuk menangkal radikal bebas

Kelebihan:

  • Perlindungan tingkat tinggi dengan SPF 50+ dan PA++++, melindungi kulit secara efektif dari sinar UVA dan UVB
  • Formula cream tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit
  • Teknologi UVMune membantu meningkatkan sistem pertahanan kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan lingkungan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna melaporkan bahwa produk ini dapat meninggalkan sedikit kilap pada kulit setelah penggunaan
  • Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan produk sunscreen lainnya di pasaran

Produk ini adalah pilihan terbaik untuk perlindungan matahari tingkat tinggi. Dengan formula yang ringan dan nyaman, produk ini memberikan perlindungan efektif terhadap sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. 


Berkat teknologi UVMune yang unik, sunscreen ini dapat meningkatkan sistem pertahanan kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan lingkungan. Dapatkan perlindungan optimal dan kulit yang sehat dengan La Roche Posay Anthelios UVMune 400 Gel-Cream SPF50+ PA++++.

Kadar SPF50+
Kadar PA++++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenKrim
Pilihan isi15 ml
Kandungan utama
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan lainnyaAirlicium
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitBerminyak
KeamananNoncomedogenic, fungal acne safe
BPOMNC14231700003
View all

Kenapa wajah makin berminyak saat memakai sunscreen?

Kenapa wajah makin berminyak saat memakai sunscreen?

Umumnya, produk sunscreen memiliki kandungan oil di dalamnya yang dapat menyebabkan kulit makin berminyak. Anda bisa memakai produk dengan tambahan bahan yang berfungsi sebagai oil control. Berikut ini beberapa kandungannya:


  • Titanium dioxide

Titanium dioxide sering ditemukan pada produk physical sunscreen yang berfungsi untuk memantulkan sinar UV dari permukaan kulit. Bahan ini bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan mencegah produksi minyak berlebih pada wajah. Selain itu, sunscreen dengan kandungan titanium dioxide lebih minim white cast sehingga tidak meninggalkan warna keputihan di kulit.


  • Salicylic acid

Selain terdapat pada produk eksfoliasi, salicylic acid juga bisa Anda temukan dalam produk sunscreen. Kandungan salicylic acid sangat efektif untuk mengontrol produksi sebum pada wajah. Salicylic acid juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat.


  • Silica

Beberapa orang mungkin cukup asing dengan bahan silica. Padahal, silica memiliki peran yang sangat penting dalam menyeimbangkan kadar minyak pada wajah, lho. Silica bekerja dengan cara menyerap minyak berlebih pada wajah sehingga kulit terlihat lebih halus dan pori-pori tersamarkan. 

5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak terbaik

No. 1: Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

No. 2: Skintific5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

No. 3: SkintificLight Serum Sunscreen SPF50 PA++++

No. 4: RohtoSkin Aqua UV Moisture Gel

No. 5: Y.O.U Triple UV Elixir Sunscreen SPF50+ PA++++

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.