• 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati, membeli perlengkapan bayi adalah hal yang utama. Salah satu perlengkapan yang sangat penting adalah kasur bayi. Namun, memilih kasur bayi tentu harus berhati-hati dan penuh pertimbangan.


Melalui artikel ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih kasur bayi yang bagus. Beberapa merek kasur bayi terbaik. seperti OmilandBumbee Collection, dan Dialogue Baby, juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Sudah siap menyambut kehadiran sang buah hati? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Oktober 2022
Daftar isi

Pentingkah membeli kasur bayi?

Pentingkah membeli kasur bayi?

Sebagian orang tua beranggapan bahwa membeli kasur bayi bukanlah hal yang wajib. Namun, bila Anda mengasuh bayi sendirian tanpa bantuan orang lain, kasur bayi sangat dibutuhkan. Hal ini karena kasur bayi mudah dipindahkan sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sambil mengawasi si kecil.


Saat ini kasur bayi tersedia dalam berbagai desain dan bentuk. Anda bisa memanfaatkannya untuk tummy time atau belajar tengkurap, menjadikannya playmat, bahkan mengubahnya menjadi sofa. Selain itu, biasanya kasur bayi dilengkapi dengan kelambu untuk melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk.

Cara memilih kasur bayi

Tidak semua kasur bayi yang dijual di pasaran memberikan kenyamanan saat digunakan. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda tentu harus berhati-hati dalam memilih kasur bayi yang akan digunakan. Apa saja hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli kasur bayi? Simak poin-poin berikut ini, ya!

Sesuaikan jenis kasur dengan kebutuhan

Saat Anda ingin membeli kasur bayi, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhannya. Di sini, kami akan menjelaskan beberapa jenis kasur bayi yang dapat Anda temukan di pasaran.

Kasur bayi yang bisa dilipat, cocok untuk dibawa bepergian

Kasur bayi yang bisa dilipat, cocok untuk dibawa bepergian

Apakah keluarga Anda memiliki mobilitas yang padat dan sering bepergian? Atau sudah memiliki rencana traveling bersama si kecil? Membawa kasur bayi yang dapat dilipat tentu adalah pilihan yang tepat. Selain lebih praktis, kasur bayi jenis ini mudah dibawa, baik saat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.


Dengan membawa kasur favoritnya, si kecil akan tidur lebih nyenyak. Namun, perhatikan juga usia buah hati Anda, ya! Sebaiknya, hindari mengajak si kecil bepergian sebelum usianya menginjak tiga bulan.

Kasur yang dilengkapi kelambu, bebas dari nyamuk dan serangga

Kasur yang dilengkapi kelambu, bebas dari nyamuk dan serangga

Serangga seperti nyamuk kerap mengganggu aktivitas banyak orang, terutama pada waktu tidur. Gigitan nyamuk juga dapat meninggalkan bekas gatal bahkan penyakit yang berbahaya. Sementara itu, bayi yang baru lahir tidak disarankan untuk dekat dengan obat atau zat pengusir serangga. Cara alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan menutup kasur tidur buah hati Anda menggunakan kelambu.


Namun, membeli dan memasang kelambu secara terpisah tentu sangat merepotkan, bukan? Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan kasur bayi yang sudah dilengkapi kelambu. Saat si kecil sudah tertidur pulas, Anda dapat menarik kelambu hingga menutupi kasur tidurnya. Dengan begitu, si kecil dapat tidur dengan nyenyak dan jauh dari gigitan serangga.

Kasur multifungsi, pas untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan

Apakah Anda sedang mencari kasur bayi yang dapat digunakan jangka panjang? Menggunakan kasur bayi yang multifungsi dapat menjadi pilihan tepat. Biasanya produk ini dapat dibentuk menjadi beberapa macam. Selain sebagai tempat tidur si kecil, kasur bayi multifungsi dapat dibentuk menjadi sofa anak maupun alas bermain.


Tubuh si kecil yang makin berkembang pastinya juga diikuti dengan gerakan yang makin aktif pula. Karena itu, kasur bayi multifungsi tentu akan lebih efektif untuk dipilih. Dengan menggunakan kasur bayi ini, Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli beberapa produk terpisah.

Kasur bayi berbentuk baby nest, membuat tidur si kecil lebih aman

Kasur bayi berbentuk baby nest, membuat tidur si kecil lebih aman

Kasur bayi ada juga yang berbentuk baby nest atau kasur serut. Jenis kasur ini dapat disesuaikan ukurannya mengikuti besar tubuh si kecil. Bentuknya yang menyerupai sarang dapat membuat anak Anda tidur dengan aman karena tercegah dari risiko terjatuh. Saat tidur bersama orang tua, si kecil juga dapat terhindar dari kemungkinan untuk tertindih.


Ketika bayi berada dalam masa tummy time atau belajar tengkurap, baby nest juga dapat mencegah tubuhnya terguling dari kasur. Berkat tekstur baby nest yang empuk, tubuh si kecil dapat terhindar dari rasa sakit saat lebih aktif bergerak. Baby nest biasanya juga dilengkapi dengan tali jinjing sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.

Pilih berdasarkan bahan

Pilih berdasarkan bahan

Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tua. Dalam usianya yang belum menginjak usia balita, pertumbuhan organ dan fisik si kecil belum sempurna. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus lebih hati-hati dalam mengasuhnya, terlebih lagi saat menidurkannya.


Bahan kasur bayi yang digunakan untuk tidur si kecil harus bisa menjamin kenyamanannya. Karena itu, pilihlah kasur bayi dengan bahan yang aman, seperti katun, dakron, atau microfiber.


  • Kasur bayi berbahan katun memiliki permukaan yang lembut. Dengan begitu, kasur katun akan memberikan suasana tidur yang sejuk sehingga si kecil tidak mudah gerah.
  • Kasur bayi dengan bahan microfiber atau dakron memiliki keunggulan dalam mencegah alergi pada kulit bayi yang disebabkan oleh debu.

Perhatikan desain dan warnanya

Perhatikan desain dan warnanya

Selera orang tua dalam memilih warna tentu berbeda-beda. Ada yang senang dengan warna cerah, bermotif, maupun warna gelap. Untuk anak laki-laki, pemilihan kasur bayi biasanya tidak akan jauh dari warna biru, hijau, abu-abu, putih, atau hitam.


Sementara untuk anak perempuan, orang tua cenderung memilihkan warna merah muda, ungu, dan warna-warna pastel. Anda dapat memilih kasur bayi sesuai desain kesukaan Anda. Pilih produk dengan corak dan desain yang lucu agar si kecil terlihat makin menggemaskan.

10 Rekomendasi kasur bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kasur bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Dialogue Baby Kasur Bayi 3 Posisi Cute Series menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Happy Baby Kelambu Bayi Musik Series 3in1 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Happy Baby Kelambu Bayi Musik Series 3in1 1

Happy Baby

2
Omiland Kasur Serut Series Panda 1

Omiland

3
Dialogue Baby Kasur Bayi Emerald Series 1

Dialogue Baby

4
Bumbee Collection Foam Mattress Box 1

Bumbee Collection

5
Jade Flower Baby Kasur Bayi dengan Bordir Nama dan Bordir Inisial 1

Jade Flower Baby

6
Kyoot Baby's Collection Kasur Traveling Baby 1

Kyoot Baby's Collection

7
Baby Scots  Kasur Caracter Bayi 1

Baby Scots

8
Miabebo Kasur Lipat Bayi (Foldable Baby Mosquito Net) 1

Miabebo

9
Kikido Bambina Baby Nest 1

Kikido

10
Red Castle Cocoonababy 1

Red Castle

Nama produk

Kelambu Bayi Musik Series 3in1

Kasur Serut Series Panda

Kasur Bayi Emerald Series

Foam Mattress Box

Kasur Bayi dengan Bordir Nama dan Bordir Inisial

Kasur Traveling Baby

Kasur Caracter Bayi

Kasur Lipat Bayi (Foldable Baby Mosquito Net)

Bambina Baby Nest

Cocoonababy

Keunggulan

Bisa dipakai lama, harganya pun ramah di kantong

Temani ibu dalam segala aktivitas dengan kasur yang bisa dijinjing ini

Kasur dan sofa single panjang dalam satu produk!

Dilengkapi bantal peang untuk menjaga bentuk kepala bayi

Wujudkan kasur unik dan spesial untuk bayi Anda

Traveling bersama bayi jadi lebih praktis!

Pilihan warnanya pas untuk sang jagoan kecil

Motifnya lucu, bikin si kecil makin menggemaskan

Kado terbaik untuk sahabat yang akan melahirkan

Kasur bayi yang cocok untuk newborn

Harga mulai dariRp 78.000,00Rp 839.700,00Rp 1.026.691,00Rp 816.000,00Rp 725.000,00Rp 485.000,00Rp 804.500,00Rp 1.043.800,00Rp 380.000,00Rp 3.899.000,00
BahanTidak disebutkanKatun, dakronKain TR, satin, busa HDPKatun Jepang, katun ima, sutra, katun ima+sutraKatun, microfiberKatunKatunMicrotex, HDP polyester, dakron silikonKatun catraBusa: 100% PU・Seprai berkaret: 93% cotton/7% polyester・Cover penutup: 100% tencel・Isi: 100% PU・Pelindung perut: 93% cotton/7% polyester
Ukuran110 cm x 60 cm x 65 cm68 cm x 51 cm90 cm x 70 cm x 16 cm70 cm x 90 cm90 cm x 60 cmLipatan terbuka: 45 cm x 95 cm・Lipatan tertutup: 40 cm x 45 cm x 12 cm75 cm x 12 cm x 50 cm 58 cm x 98 cm80 cm x 65 cm x 15 cm96 cm x 40 cm x 19 cm
BeratTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan3 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1 kg
AksesoriBantal, kelambu, musikBantal peang, kelambuBantal, guling, kelambuBantal, bantal peang, guling, selimut, kelambuBantal, bantal peang, guling, kelambuBantal, guling, mainan, kantong botol susu, kelambuBantal, kelambuBantal, guling, perlak, kelambuBantal peangTidak disebutkan
Usia bayi0–36 bulanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan0–9 bulanTidak disebutkan0–3 bulan
Tautan produk
10
BahanBusa: 100% PU・Seprai berkaret: 93% cotton/7% polyester・Cover penutup: 100% tencel・Isi: 100% PU・Pelindung perut: 93% cotton/7% polyester
Ukuran96 cm x 40 cm x 19 cm
Berat1 kg
AksesoriTidak disebutkan
Usia bayi0–3 bulan
9

KikidoBambina Baby Nest

OBIGIF1005

Mulai dari Rp 380.000,00

BahanKatun catra
Ukuran80 cm x 65 cm x 15 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal peang
Usia bayiTidak disebutkan
8

MiabeboKasur Lipat Bayi (Foldable Baby Mosquito Net)

Mulai dari Rp 1.043.800,00

BahanMicrotex, HDP polyester, dakron silikon
Ukuran58 cm x 98 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, guling, perlak, kelambu
Usia bayi0–9 bulan
7

Baby Scots Kasur Caracter Bayi

BSK1201

Mulai dari Rp 804.500,00

BahanKatun
Ukuran75 cm x 12 cm x 50 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
6

Kyoot Baby's CollectionKasur Traveling Baby

Mulai dari Rp 485.000,00

BahanKatun
UkuranLipatan terbuka: 45 cm x 95 cm・Lipatan tertutup: 40 cm x 45 cm x 12 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, guling, mainan, kantong botol susu, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
5

Jade Flower BabyKasur Bayi dengan Bordir Nama dan Bordir Inisial

Mulai dari Rp 725.000,00

BahanKatun, microfiber
Ukuran90 cm x 60 cm
Berat3 kg
AksesoriBantal, bantal peang, guling, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
4

Bumbee CollectionFoam Mattress Box

Mulai dari Rp 816.000,00

BahanKatun Jepang, katun ima, sutra, katun ima+sutra
Ukuran70 cm x 90 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, bantal peang, guling, selimut, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
3

Dialogue BabyKasur Bayi Emerald Series

DGK9401

Mulai dari Rp 1.026.691,00

BahanKain TR, satin, busa HDP
Ukuran90 cm x 70 cm x 16 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, guling, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
2

OmilandKasur Serut Series Panda

OYK1141

Mulai dari Rp 839.700,00

BahanKatun, dakron
Ukuran68 cm x 51 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal peang, kelambu
Usia bayiTidak disebutkan
1

Happy BabyKelambu Bayi Musik Series 3in1

Mulai dari Rp 78.000,00

BahanTidak disebutkan
Ukuran110 cm x 60 cm x 65 cm
BeratTidak disebutkan
AksesoriBantal, kelambu, musik
Usia bayi0–36 bulan

Pertanyaan umum seputar kasur bayi

Pertanyaan umum seputar kasur bayi

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami juga sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer seputar kasur bayi. Jika Anda masih penasaran dengan kasur bayi, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa lama kasur bayi dipakai?

Umumnya kasur bayi bisa digunakan hingga bayi berusia 1–3 tahun. Namun, Anda perlu waspada saat meninggalkan bayi di kasur apabila ia sudah mulai belajar berguling. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap kasur bayi memiliki batas waktu penggunaan yang berbeda. Pastikan Anda mengecek deskripsi produk atau bertanya langsung kepada seller agar tidak salah pilih.

Bayi baru lahir sebaiknya tidur di mana?

Bayi baru lahir sebaiknya tidur di kasur yang terpisah dengan orang tua. Orang tua dan bayi disarankan untuk tidur satu kamar, tetapi di kasur yang berbeda. Hal ini untuk menghindari risiko sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak. Umumnya kasur orang tua memiliki bantal dan selimut yang bisa saja menutupi wajah bayi secara tidak sengaja.

Baca juga produk perlengkapan tidur bayi lainnya di sini

Selain kasur, masih ada beberapa perlengkapan tidur lain yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati. Silakan baca artikel pada tautan di bawah ini untuk melengkapi kebutuhan tidur si kecil.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Semoga artikel yang kami tulis dapat membantu Anda dalam mendapatkan kasur bayi terbaik untuk sang buah hati. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dan desain yang Anda sukai, ya!


Bayi yang baru lahir lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur sehingga Anda perlu memilih produk yang benar-benar tepat. Untuk itu, utamakan juga kenyamanan bahannya saat bersentuhan dengan kulit si kecil.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Minyak Rambut Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Rambut Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap orang tua pasti menginginkan rambut bayinya tumbuh sehat dan tebal. Akan tetapi, sampo saja tidak cukup untuk menjaga dan merawat rambut bayi. Selain sampo, Anda membutuhkan produk perawatan rambut bayi lain, salah satunya adalah minyak rambut.Minyak rambut mengandung berbagai bahan yang bisa memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala bayi. Agar Anda menemukan hair oil yang bagus, kami akan memberikan tips-tips memilihnya. Rekomendasi produk terbaik seperti merek Cussons Baby, Cahaya Naturals, dan Tropee Bebe juga akan kami ulas. Jadi, simak artikel ini dan temukan produk terbaik untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori