1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Sepatu anak
  6. >
  7. 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)

Untuk dipakai saat bersantai, sandal memang pilihan yang paling pas dan nyaman. Tidak hanya orang tua saja yang membutuhkan sandal, tetapi juga anak-anak. Namun, memilih sandal untuk anak tidak boleh sembarangan. Pemilihan sandal yang salah dapat menghambat pertumbuhan kaki si kecil, lho!


Jika Anda sedang mencari sandal yang bagus, nyaman, dan tentunya aman dipakai anak, bacalah artikel ini. Anda bisa menemukan tips memilih sandal anak yang tepat sekaligus rekomendasi merek terbaik. Ada sandal dari Nike, PUMA, Crocs, dan Bata yang dapat dijadikan pilihan. Baca hingga akhir, ya! 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sandal untuk anak

Ada banyak sekali model dan jenis sandal untuk anak yang dijual di online shop. Namun, sebelum tergiur dengan motif atau modelnya yang lucu, bacalah terlebih dahulu tips dari kami berikut ini!

① Pilih berdasarkan tipenya

Ada beberapa tipe sandal yang bisa Anda pilih untuk si kecil. Di sini, kami akan membahas tiga tipe yang populer, yaitu flip-flops, slip-ons, dan clogs. Pilihlah yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan anak Anda, ya!

Flip-flops, ideal untuk dipakai berjalan santai

Flip-flops, ideal untuk dipakai berjalan santai
Sumber: bata.id

Flip-flops atau sandal jepit adalah sandal yang memiliki tali berbentuk huruf V terbalik. Sandal ini umumnya terbuat dari karet. Akan tetapi, sekarang sudah banyak produsen yang membuatnya dari bahan lain, seperti kulit atau plastik. 


Desain dari sandal ini sangat simpel, nyaman, dan mudah dikenakan, apalagi untuk berjalan santai. Modelnya juga cukup beragam, ada produk dengan detail back strap dan model flatbed.

Slip-ons, simpel dan mudah dikenakan

Slip-on sandals adalah sandal yang memiliki penutup di bagian punggung kaki dengan bagian jari dan tumit yang terbuka. Sandal tipe ini bentuknya sangat simpel dan mudah dikenakan. 


Menariknya, beberapa seller menawarkan sandal slip-ons dengan adjustable strap yang mudah disesuaikan kekencangannya. Namun, modelnya yang terbuka tanpa ada pengait apa pun membuatnya mudah terlepas dari kaki anak. Alhasil, si kecil cenderung mudah tersandung ketika mengenakannya.

Clogs, melindungi jari kaki anak saat terantuk

Clogs, melindungi jari kaki anak saat terantuk
Sumber: bata.id

Clogs memiliki bagian punggung kaki hingga jari yang tertutup, sedangkan bagian tumitnya terbuka. Dengan demikian, jika anak Anda terbilang aktif, sandal tipe ini pun akan melindungi jari mereka dari luka-luka saat tersandung. 


Selain itu, salah satu karakteristiknya yang khas, yaitu adanya tali tambahan di bagian belakang layaknya sepatu sandal. Di pasaran, cukup banyak produk dengan back strap yang bisa digeser ke atas atau ke depan sehingga bisa dijadikan slip-ons.


Anda juga dapat menyimak rekomendasi sepatu sandal bayi dan sandal anak laki-laki melalui link di bawah ini.

② Pilih bahan yang nyaman dan antiselip

Pilih bahan yang nyaman dan antiselip
Sumber: nike.com

Selain keamanan, Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan dari bahan sandal yang anak Anda kenakan. Bahan sandal ada bermacam-macam, mulai dari karet, kulit, kain, nilon, hingga plastik. Simak pemaparan selengkapnya di bawah ini.


  • Bahan kain, adem dan dinilai sangat nyaman karena memberi sentuhan lembut di kaki. Sayangnya, sandal anak berbahan kain tidak sebanyak produk berbahan kulit dan karet di pasaran.

  • Bahan kulit, memiliki karakteristik kuat dan tahan lama sehingga lebih awet digunakan. Sandal berbahan kulit asli memiliki tampilan yang menawan, sedangkan kulit sintetis lebih terjangkau dan mudah perawatannya.

  • Bahan karet, nilon, dan plastik, tahan terhadap air dan lebih mudah dikeringkan. Beberapa bahan plastik dikenal dengan sebutan ethyl vinyl acetate (EVA) atau phylon.

Di samping kenyamanan bahan, Anda juga perlu memperhatikan sol bawah dari sandal yang akan Anda beli. Pastikan Anda memilih sandal dengan sol yang bertekstur untuk menghindarkan si kecil dari risiko tergelincir. 

③ Cek ukuran kaki dan desain sesuai usia

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa ukuran kaki dan desain yang sesuai dengan usia si kecil. Ukuran alas kaki yang sering digunakan di Indonesia, yaitu EU, US, dan UK. Anda tidak perlu bingung karena sekarang sudah banyak seller yang menyertakan detail ukuran dalam satuan sentimeter.

1–5 tahun: Memiliki panjang 12,7 cm hingga 18,1 cm

Untuk anak yang masih balita atau berusia 1–5 tahun, pilihlah sandal dengan panjang sekitar 12,7 cm hingga 18,1 cm. Demi keamanan, siapkan sandal dengan ukuran yang pas, khususnya untuk anak berusia 1–2 tahun yang sudah mulai latihan berjalan. 


Anda bisa memilih desain sandal yang dilengkapi pengait atau perekat sehingga lebih kukuh dan tidak mudah lepas. Sandal dengan penutup di bagian depan juga sangat direkomendasikan untuk melindungi kaki si kecil. Sementara itu, untuk anak umur 3–5 tahun yang sudah mulai aktif, diperbolehkan memilih produk dengan bagian depan yang terbuka.

6–10 tahun: Mempunyai panjang 18,4 cm hingga 24,8 cm

6–10 tahun: Mempunyai panjang 18,4 cm hingga 24,8 cm
Sumber: crocs.co.id

Sandal dengan panjang sekitar 18,4 cm hingga 24,8 cm umumnya cocok dipakai oleh anak dengan usia 6–10 tahun. Pada usia ini si kecil sedang gemar-gemarnya mengeksplorasi lingkungan sekitar, mulai dari berlari hingga memanjat. 


Oleh karena itu, pastikan jari-jari kaki mendapat ruang yang cukup lebar agar pergerakan kaki anak lebih leluasa. Desain sandal yang cocok untuk anak usia 6–10 tahun, yaitu sandal jepit atau slip-ons yang ringan dan tahan air.

11 tahun ke atas atau preeteen: Pilih ukuran dengan panjang 25 cm ke atas

11 tahun ke atas atau preeteen: Pilih ukuran dengan panjang 25 cm ke atas
Sumber: sg.puma.com

Si kecil yang berumur 11 tahun ke atas bisa memilih ukuran sandal dengan panjang sekitar 25 cm atau lebih. Anak yang akan memasuki usia remaja kebanyakan sudah memiliki selera sendiri mengenai desain dari sandal yang diinginkannya. Anda hanya perlu mengarahkan dan memastikan bahwa sandal yang akan dipilih si kecil aman dan nyaman.


Rata-rata, ukuran kaki anak perlahan akan mulai stabil pada usia 12 tahun hingga 14 tahun. Dengan kata lain, sebelum mencapai usia tersebut, anak-anak akan mengalami perubahan ukuran kaki berkali-kali. Agar bisa dipakai sedikit lebih lama, Anda bisa memilihkan ukuran sandal lebih besar satu nomor dari ukuran biasanya.

④ Sesuaikan dengan kegiatan anak

Sesuaikan dengan kegiatan anak

Last but not least, jangan lupa untuk menyesuaikan sandal incaran dengan kegiatan si kecil, ya! Saat liburan, sandal dengan tampilan warna-warni atau eye-catching cocok untuk dipakai oleh sang buah hati. Sementara itu, pilihlah sandal dengan desain yang simpel jika akan digunakan untuk daily activity. Pastikan juga bobot sandal tidak terlalu berat agar si kecil betah memakainya.


Nah, sandal dengan hiasan pita dan taburan glitter cocok dipakai oleh anak perempuan Anda saat merayakan ulang tahunnya. Mau memakainya untuk pergi ke pesta juga bagus, kok. Namun, pastikan model atau aksesori sandal tidak mengganggu pergerakan si kecil, ya!

10 Rekomendasi sandal terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sandal terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Porto

Kanan Kiri – Sandal Anak Laki Laki/Perempuan Karet

Porto Kanan Kiri – Sandal Anak Laki Laki/Perempuan Karet 1枚目

Sandal empuk dengan harga terjangkau!

2

Red Apple

Sandal Anak Unisex

Red Apple Sandal Anak Unisex 1枚目

Bobotnya ringan, si kecil pun dapat lebih aktif bermain

3

Havaianas

Baby Heros Sandal Jepit

Havaianas Baby Heros Sandal Jepit 1枚目

Unik! Satu pasang hadirkan dua motif yang berbeda

4

Ando

Little Pony

Ando Little Pony 1枚目

Sandal colorful dengan warna yang eye-catching!

5

Bata

Sandal Anak Laki-Laki Energizer Jr Black

Bata Sandal Anak Laki-Laki Energizer Jr Black 1枚目

Desainnya mengikuti kontur kaki, nyaman dipakai seharian penuh!

6

Crocs

Kid's Fun Lab Shark Lights Clog - Navy

Crocs  Kid's Fun Lab Shark Lights Clog - Navy 1枚目

Meski tertutup, bahannya dijamin antibau!

7

Balmoral

Kids Sandal Selop Anak Girls

Balmoral Kids Sandal Selop Anak Girls  1枚目

Terdapat detail telinga kucing yang cuteness overload

8

PUMA

Popcat 20 Kids' Sandals

PUMA Popcat 20 Kids' Sandals 1枚目

Sandal minimalis yang cocok dibawa ke pantai

9

Umbrella

Sandal Pesta Anak Perempuan Princess Pink

Umbrella Sandal Pesta Anak Perempuan Princess Pink 1枚目

Makin cantik dan girly dengan taburan glitter

10

Nike

Sunray Protect 2

Nike Sunray Protect 2 1枚目

Lentur, fleksibel, serta tahan air!

Perincian produk
Close
No.1

PortoKanan Kiri – Sandal Anak Laki Laki/Perempuan KaretK38

Mulai dari Rp45.000,00

Sandal empuk dengan harga terjangkau!

Harga sandal yang nyaman tidak selalu harus tinggi. Buktinya, sandal satu ini mempunyai bahan karet yang tangguh, antibakteri, dan antibau. Ditambah lagi, outsole-nya juga empuk dan berkualitas sehingga si kecil pun bisa makin nyaman melangkah ketika mengenakannya. 


Anda juga tidak perlu khawatir anak tergelincir di lantai yang licin atau basah karena sol sandalnya bertekstur antiselip. Jika Anda sedang mencari sandal bagus dengan harga terjangkau, produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

No.2

Red AppleSandal Anak UnisexBG2565

Mulai dari Rp90.000,00

Bobotnya ringan, si kecil pun dapat lebih aktif bermain

Untuk menunjang gerak anak yang aktif, Anda memerlukan sandal yang ringan, seperti Red Apple ini. Bukan hanya ringan, sandal ini juga lentur dan mampu menyesuaikan gerak kaki si kecil dengan baik. Menariknya lagi, produk ini menawarkan delapan pilihan warna, mulai dari cerah hingga gelap. Jadi, si kecil pun bisa lebih leluasa memilih warnanya!

No.3

HavaianasBaby Heros Sandal Jepit

Mulai dari Rp249.000,00

Unik! Satu pasang hadirkan dua motif yang berbeda

Havaianas merupakan pionir sandal jepit yang setiap produknya memiliki motif lucu, seperti produk ini. Baby Heros Sandal Jepit memiliki corak dengan karakter superhero. Selain itu, sisi kanan dan kiri sandal ini juga didesain dengan gambar yang berbeda.


Jika Anda mengutamakan tampilan antimainstream, produk ini layak dipertimbangkan. Di samping itu, sandal ini terbuat dari karet berkualitas yang tidak akan berubah bentuk meski sering dipakai. Bagian talinya juga tidak akan membuat kaki anak sakit walau dipakai berlari-lari sekalipun. 

No.4

Sandal colorful dengan warna yang eye-catching!

Anak perempuan biasanya menyukai segala sesuatu yang berwarna cerah dan colorful. Jika anak Anda salah satunya, mereka pasti akan menyukai sandal Ando dengan warna-warni yang eye-catching ini


Ditambah lagi, motifnya bergambar My Little Pony yang banyak disukai anak perempuan! Ada tiga pilihan warna, yaitu pink, turquoise, dan ungu yang sesuai dengan warna favorit si kecil.

No.5

BataSandal Anak Laki-Laki Energizer Jr Black4736076

Mulai dari Rp149.900,00

Desainnya mengikuti kontur kaki, nyaman dipakai seharian penuh!

Jika Anda mencari sandal yang tidak akan membuat kaki si jagoan cepat lelah, produk ini wajib dijadikan pilihan. Sandal dari Bata ini didesain mengikuti kontur kaki anak sehingga membuat si kecil betah memakainya.


Anak Anda bisa menggunakannya seharian penuh atau untuk berjalan jauh tanpa membuat kakinya pegal. Kombinasi warna hitam dan cokelatnya yang netral membuat sandal ini cocok dipadukan dengan berbagai warna busana. 

No.6

Crocs Kid's Fun Lab Shark Lights Clog - Navy0888-CCR207070410

Mulai dari Rp699.000,00

Meski tertutup, bahannya dijamin antibau!

Sering kali sandal dengan model tertutup bisa membuat kaki si kecil menjadi bau dan berjamur, apalagi jika basah. Hal ini disebabkan bahan yang tidak tepat sehingga membuat sandal menjadi lembap dan pengap. Jika Anda concern dengan masalah ini, produk dari dari Crocs ini bisa dipilih! 


Sandal ini terbuat dari busa Croslite yang tidak akan membuat kaki bau dan berjamur meski sering dipakai becek-becekan. Memiliki ruang luas di bagian depan, produk ini juga membuat jari kaki si kecil tetap dapat bergerak bebas. Ada tambahan lampu LED internal yang membuat look-nya makin menarik juga, lho!

No.7

BalmoralKids Sandal Selop Anak Girls BMR-BKS11

Mulai dari Rp199.900,00

Terdapat detail telinga kucing yang cuteness overload

Mantapkan pilihan Anda pada sandal ini jika ingin membuat tampilan putri tercinta makin menggemaskan. Produk yang dirilis oleh Balmoral ini memiliki strap bertema wajah kucing. 


Uniknya, di bagian strap tersebut juga diberi detail telinga kucing. Alhasil, slip-ons ini pun memiliki tampilan yang begitu imut. Si kecil yang menyukai produk-produk cute pasti akan menjadikannya sebagai alas kaki favorit!

No.8

PUMAPopcat 20 Kids' Sandals372313

Mulai dari Rp259.000,00

Sandal minimalis yang cocok dibawa ke pantai

Untuk anak laki-laki yang ingin tampil sporty, sandal Puma ini akan sangat cocok dengan gaya mereka. Popcat 20 Kids' Sandals menghadirkan desain yang simpel dengan sentuhan logo khas dari Puma. 


Terdapat empat pilihan warna yang ditawarkan, mulai dari warna biru hingga kombinasi warna hitam dan putih. Produk ini cocok dipakai saat jalan-jalan ke pantai karena antiair dan juga antiselip. Bahannya juga sangat empuk sehingga nyaman digunakan. 

No.9

UmbrellaSandal Pesta Anak Perempuan Princess PinkHE9002-371

Mulai dari Rp169.800,00

Makin cantik dan girly dengan taburan glitter

Agar gaun pesta anak jadi makin menawan, Anda bisa coba memasangkannya dengan sandal yang cantik ini. Dengan taburan glitter berwarna pink, sandal ini terlihat mewah dan sangat girly. Di samping itu, haknya juga dibuat sedikit tinggi untuk menambah kesan dewasa. Jika Anda menginginkan kesan glamor untuk penampilan si kecil, pilihlah sandal ini! 

No.10

NikeSunray Protect 2943826

Mulai dari Rp469.000,00

Lentur, fleksibel, serta tahan air!

Sedang mencari sandal antiair yang lentur untuk si buah hati? Kalau begitu, pilih saja produk ini! Tidak hanya fleksibel, sandal keluaran merek branded Nike ini dibuat dari bahan yang tahan air. 


Dengan demikian, anak pun jadi bebas bereksplorasi meski di tanah becek sekalipun. Sunray Protect 2 juga memiliki tali dengan desain dual hook and loop sehingga membuatnya mudah dikenakan oleh anak-anak.

Baca juga rekomendasi sandal dan sepatu anak lainnya di sini

Selain sandal, kami juga memiliki beberapa rekomendasi lainnya terkait sandal dan sepatu anak. Anda bisa membaca secara lengkap lewat beberapa tautan yang kami sertakan di bawah ini. Ada berbagai model sandal dan sepatu, baik untuk bayi, balita, maupun anak-anak. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan si kecil, ya!

Kesimpulan

Sandal memang menjadi pilihan alas kaki yang simpel dan mudah digunakan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih sandal anak. Sandal yang tidak nyaman malah akan mengganggu pertumbuhan kaki anak dan membuatnya tidak leluasa bermain. 


Jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan dan sol sandal. Pastikan sandal yang Anda beli nyaman digunakan, aman, dan tentunya menarik untuk anak-anak!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer