1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Futsal merupakan olahraga yang cukup menantang karena memerlukan kecepatan dan kelincahan di lapangan. Anda pasti memerlukan sepatu futsal yang dapat menunjang performa di lapangan. Kualitas sepatu futsal erat kaitannya dengan jenis bahan, fitur, dan detail yang dimiliki sepatu tersebut. 


Nike adalah salah satu merk yang menjadi market leader di dunia perlengkapan futsal, khususnya sepatu. Kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai cara memilih sepatu futsal Nike terbaik. Berbagai seri yang bagus dan terkenal, seperti Mercurial, Tiempo, dan Phantom ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepatu futsal Nike

Ada beberapa poin yang harus Anda pahami sebelum memutuskan membeli sepatu futsal Nike. Anda harus memperhatikan jenis outsole-nya, fitur upper, serta bagian penting lainnya. Simak penjelasannya berikut ini!

① Pilih outsole sepatu berdasarkan jenis lapangannya

Bagian utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih sepatu futsal Nike adalah outsole-nya, atau bagian bawah sepatu. Outsole pada setiap sepatu futsal Nike berbeda-beda tergantung pada jenis lapangannya. Ada dua jenis lapangan yang umumnya dipakai untuk pertandingan futsal, yakni indoor court dan turf.

Indoor court, sepatu lebih rata di lapangan yang datar

Indoor court, sepatu lebih rata di lapangan yang datar

Indoor court atau inner court merupakan lapangan yang bertekstur datar dan halus. Lapangan ini biasanya terbuat dari kayu (parquette), plastik (taraflex), karet (vinyl), atau semen. Sepatu futsal untuk lapangan indoor pada umumnya menggunakan outsole berbahan karet yang mudah menempel di lapangan halus.

Bagian bawah sepatu ini rata dan tidak bergerigi atau tidak memiliki pull pendek. Anda harus teliti dalam memilih sepatu untuk lapangan jenis ini karena akan memengaruhi performa Anda di lapangan. Sepatu futsal Nike untuk lapangan jenis ini memiliki kode IC (Indoor Court).

Turf, dilengkapi pull pendek untuk cengkeraman kuat di rumput

Turf, dilengkapi pull pendek untuk cengkeraman kuat di rumput

Sepatu futsal untuk lapangan turf terbuat dari bahan karet yang disertai pull atau stud. Pull pada sepatu futsal jenis ini tidak sepanjang sepatu bola biasa. Pull pada sepatu tipe ini lebih tepat disebut gerigi. Desain gerigi pada sepatu futsal ini berfungsi untuk meningkatkan daya cengkeram sepatu Anda di lapangan rumput sintetis.


Perlu diingat bahwa Anda tidak disarankan untuk menggunakan sepatu bola dengan pull tinggi dan tajam di lapangan rumput sintetis. Pull sepatu bola biasa yang tajam dapat merusak rumput sintetis. Risiko cedera juga jadi lebih besar karena pijakan Anda tidak akan stabil. Untuk itu, pastikan Anda memilih sepatu futsal Nike yang memiliki kode TF (Turf).

② Untuk kenyamanan kontrol dan tendangan, perhatikan fitur upper sepatu

Poin penting selanjutnya dalam memilih sepatu futsal adalah memperhatikan bagian atas sepatu atau upper-nya. Bagian ini akan bersentuhan langsung dengan kaki bagian luar, dalam, serta punggung kaki. Fitur upper berupa pola tekstur juga perlu Anda perhatikan untuk kenyamanan Anda dalam membawa bola.

Exceptional Touch, untuk cengkeraman lebih baik saat menggiring bola

Exceptional Touch, untuk cengkeraman lebih baik saat menggiring bola

Exceptional Touch merupakan fitur upper sepatu futsal dari Nike yang tidak boleh Anda lewatkan. Sepatu futsal Nike dengan fitur Exceptional Touch tersebut memiliki tekstur kulit sintetis berpola yang dirancang untuk dapat mencengkeram bola. Bola akan mudah dikendalikan melalui gesekan saat upper sepatu Anda menyentuh bola. Dengan upper ini, bola seakan menempel di sepatu sehingga lebih mudah digiring.

Exceptional Touch at Higher Speeds, untuk kontrol bola lebih baik pada kecepatan tinggi

Exceptional Touch at Higher Speeds, untuk kontrol bola lebih baik pada kecepatan tinggi

Sama seperti Exceptional Touch, fitur Exceptional Touch at Higher Speed juga berfungsi untuk mencengkeram bola. Bedanya, fitur ini dirancang untuk mengontrol bola pada kecepatan tinggi. Anda bisa meraba tekstur bagian upper sepatu futsal Nike yang lebih kasar dan menonjol. Tekstur tersebut dirancang untuk mencengkeram bola saat melaju dengan cepat. Dengan sepatu berfitur ini, Anda juga bisa dengan mudah mengerem bola saat menggelincir dengan deras.

③ Untuk performa maksimal di lapangan, perhatikan juga detail sepatu

Setelah outsole dan upper, Anda bisa memfokuskan perhatian pada detail sepatu. Anda perlu memperhatikan ukuran atau nomor sepatu, bobot sepatu, jenis collar, toe protector, dan talinya. Makin  sesuai fitur sepatu dengan kaki Anda, makin meningkat pula performa Anda di lapangan. 

Ukuran sepatu, tentukan yang pas dan nyaman di kaki

Ukuran sepatu, tentukan yang pas dan nyaman di kaki

Dalam memilih ukuran sepatu, pastikan sepatu tersebut pas dan nyaman di kaki Anda. Sepatu yang terlalu longgar dapat menyebabkan cedera, sedangkan sepatu yang terlalu sempit tidak akan nyaman dipakai. Gerakan Anda juga akan terbatas jika memakai sepatu yang kekecilan.

Saat menentukan ukuran sepatu, sebaiknya Anda mengukurnya pada sore hari karena kaki sudah memuai dengan maksimal. Idealnya, sepatu yang nyaman memiliki ruang 1 hingga 1,5 cm antara ujung sepatu dengan jari kaki. Jika masih terasa agak longgar, Anda bisa memanfaatkan kaus kaki agar sepatu makin nyaman di kaki.

Bobot sepatu, pilih yang tidak terlalu ringan untuk mengurangi risiko cedera

Bobot sepatu, pilih yang tidak terlalu ringan untuk mengurangi risiko cedera

Setelah memilih ukuran sepatu, pertimbangkan pula bobot sepatu futsal Anda. Sepatu dengan bobot ringan biasanya disukai oleh pemain yang berkarakter lincah dan eksplosif di lapangan.


Akan tetapi, makin ringan sepatunya, perlindungan pada kaki Anda bisa juga makin berkurang. Jika Anda ingin mengurangi risiko cedera, sebaiknya pilihlah sepatu yang tidak terlalu ringan.

Jenis collar, low collar atau high collar? Pilih sesuai kebutuhan

Jenis collar, low collar atau high collar? Pilih sesuai kebutuhan

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan jenis collar atau kerah sepatu. Dari segi perkembangan desainnya, kini sudah ada sepatu dengan high collar dan low collar. Kedua model tersebut menentukan kenyamanan dan keamanan Anda saat bermain futsal.


Model high collar lebih aman untuk ankle, tetapi cukup menyulitkan saat dipakai. Sementara itu, model low collar lebih mudah dipakai tetapi perlindungannya mungkin tidak semaksimal sepatu dengan high collar. Untuk itu, pilihlah jenis collar sepatu futsal Nike sesuai dengan kebutuhan Anda.

Toe protector, pastikan cukup tebal untuk senjata menjebol gawang

Toe protector, pastikan cukup tebal untuk senjata menjebol gawang

Untuk proteksi, Anda juga perlu memperhatikan bagian toe protector-nya. Toe protector berada di ujung sepatu yang berguna melindungi jari-jari kaki Anda. Dalam futsal, tendangan menggunakan ujung kaki bisa menjadi senjata rahasia untuk membobol gawang lawan.


Toe protector yang cukup tebal berperan penting untuk mendukung performa tersebut. Namun, toe protector yang terlalu tebal biasanya akan membuat sepatu Anda jadi lebih kaku. Sepatu dengan toe protector tebal lebih disarankan untuk posisi penyerang.

Tali sepatu, pastikan tidak mudah lepas saat digunakan berlarian

Tali sepatu, pastikan tidak mudah lepas saat digunakan berlarian

Selanjutnya, bagian yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sepatu futsal Nike adalah tali sepatunya. Untuk mengencangkan sepatu Anda agar nyaman di kaki Anda, pastikan Anda menali sepatu dengan menyilang. Posisi menyilang ini dinilai merupakan ikatan paling kuat dalam menali sepatu.


Ikatan menyilang juga mampu menjaga kestabilan Anda dalam bermain futsal. Gerakan Anda akan menjadi lebih progresif saat berlari, menerima bola, atau menendang bola. Posisi ikatan menyilang ini juga dapat memberikan kontrol bola yang lebih fleksibel. Pastikan Anda mengikat tali sepatu dengan erat agar sepatu tidak mudah lepas saat digunakan berlarian.


Anda sedang kebingungan memilih tali sepatu? Artikel di bawah ini sangat cocok untuk Anda. Silakan baca artikel di bawah ini, ya!

10 Rekomendasi sepatu futsal Nike terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu futsal Nike terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nike

Tiempo Legend 8 Academy IC

Nike Tiempo Legend 8 Academy IC 1枚目

Makin nyaman di kaki berkat bahan kulit alaminya

2

Nike

Mercurial Vapor 13 Academy TF

Nike Mercurial Vapor 13 Academy TF 1枚目

Membantu Anda bergerak lebih cepat di lapangan

3

Nike

Mercurial Superfly 7 Academy IC

Nike Mercurial Superfly 7 Academy IC 1枚目

Menghadirkan perpaduan kreativitas dan kecepatan di lapangan

4

Nike

Phantom GT2 Club IC

Nike Phantom GT2 Club IC 1枚目

Upper dominan putih dengan tekstur grippy membuat Anda makin gaya

5

Nike

Mercurial Vapor 14 Club IC

Nike Mercurial Vapor 14 Club IC 1枚目

Memberikan kontrol yang baik saat menggiring bola pada kecepatan tinggi

6

Nike

Bravata II IC - Black White

Nike Bravata II IC - Black White 1枚目

Desain simpel untuk Anda yang tidak neko-neko

7

Nike

Lunar Gato II IC

Nike Lunar Gato II IC 1枚目

Upper terbuat dari bahan kulit premium untuk hasil tendangan lebih kencang

8

Nike

Phantom Venom Academy TF

Nike Phantom Venom Academy TF 1枚目

Menghasilkan tendangan yang kuat dan presisi bagi para pencetak gol!

9

Nike

Mercurial Vapor 13 Academy Neymar Jr. IC

Nike Mercurial Vapor 13 Academy Neymar Jr. IC 1枚目

Edisi khusus megabintang Neymar membuat Anda lebih bergaya

10

Nike

Phantom GT2 Academy TF

Nike Phantom GT2 Academy TF 1枚目

Sweet spot lebih besar untuk tendangan yang kuat

Perincian produk
Close
No.1

NikeTiempo Legend 8 Academy IC

Mulai dari Rp999.000,00

Makin nyaman di kaki berkat bahan kulit alaminya

Jika Anda mengutamakan kenyamanan saat bermain futsal, sepatu ini sangat layak dipertimbangkan. Menggunakan bahan calfskin leather pada bagian upper-nya, sepatu ini sangat fleksibel dan lembut saat bersentuhan dengan kaki.


Selain itu, sepatu bergaya old school ini juga menggunakan insole yang empuk dan tebal. Dengan begitu, benturan dengan lapangan tidak begitu berdampak langsung ke kaki Anda.

No.2

NikeMercurial Vapor 13 Academy TF

Mulai dari Rp1.199.000,00

Membantu Anda bergerak lebih cepat di lapangan

Sepatu yang satu ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki karakteristik permainan cepat dan eksplosif. Selain bobotnya ringan, sepatu ini didukung outsole berbahan karet dengan desain yang memungkinkan Anda bergerak lebih lincah.


Sepatu ini dilengkapi teknologi second-skin di bagian upper-nya yang memberikan first touch dan kontrol bola yang baik. Anda bisa menggiring bola dengan lebih gesit karenanya!

No.3

NikeMercurial Superfly 7 Academy IC

Mulai dari Rp1.379.000,00

Menghadirkan perpaduan kreativitas dan kecepatan di lapangan

Bagi Anda pemain dengan skill di atas rata-rata dan memiliki kecepatan tinggi, sepatu ini layak untuk dipilih. Nike Mercurial Superfly 7 untuk lapangan indoor ini memiliki desain outsole yang memungkinkan traksi ke segala arah. Anda akan makin leluasa berakselerasi dengan gesit menggunakan sepatu ini.


Pemain dengan kreativitas tinggi tentunya membutuhkan sepatu yang fleksibel dan bisa mengikuti pergerakan kakinya. Sepatu ini menyediakannya melalui dynamic collar fit serta upper yang lembut. Dynamic collar fit ini juga akan membuat Anda merasa nyaman saat bermain. Sepatu Mercurial edisi terbaru ini tercipta untuk sang Maestro!

No.4

NikePhantom GT2 Club IC

Mulai dari Rp799.000,00

Upper dominan putih dengan tekstur grippy membuat Anda makin gaya

Sepatu Nike Phantom GT2 Club IC didesain dari model Phantom GT. Sepatu ini menampilkan desain dan pola yang diperbarui untuk membantu Anda menempatkan bidikan dengan akurasi tinggi. Tali di bagian tengahnya membantu Anda dalam melakukan serangan, seperti menggiring, mengoper, dan mencetak gol dengan presisi.


Upper sepatu ini terbuat dari kulit sintetis yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Tekstur grippy ditempatkan di bagian yang strategis untuk sentuhan presisi saat mengoper, menggiring, dan menembak bola. Dengan warna cerah yang dominan, sepatu ini cocok bagi Anda yang suka warna terang.

No.5

NikeMercurial Vapor 14 Club IC

Mulai dari Rp799.000,00

Memberikan kontrol yang baik saat menggiring bola pada kecepatan tinggi

Produk ini bisa Anda pakai di jalanan, lapangan rata, dan lapangan indoor. Outsole-nya terbuat dari bahan karet yang dirancang untuk gerakan banyak arah saat di lapangan.


Upper berbahan kulit sintetis dibentuk dengan tekstur Exceptional Touch at Higher Speeds. Tekstur tersebut dapat membantu Anda melakukan kontrol yang baik saat menggiring bola pada kecepatan tinggi. Sepatu ini bisa Anda gunakan di jalanan, lapangan rata, dan lapangan indoor.

No.6

NikeBravata II IC - Black White

Mulai dari Rp551.650,00

Desain simpel untuk Anda yang tidak neko-neko

Bagi Anda yang suka tampil dengan gaya simpel dan cool saat bermain futsal, sepatu ini layak dipertimbangkan. Meskipun desainnya sederhana, sepatu ini memiliki kemampuan kontrol bola yang baik berkat pattern unik pada bagian upper-nya. Harganya yang sangat terjangkau untuk sepatu Nike juga membuatnya banyak diburu orang.

No.7

Upper terbuat dari bahan kulit premium untuk hasil tendangan lebih kencang

Desain sepatu ini memberikan kesan yang elegan, artistik, sekaligus keren. Bagian upper berwarna hitam mendominasi sepatu dengan toe protector yang memiliki corak unik ini. Perpaduan warna hitam dan kuning oranye akan membuat penampilan Anda lebih keren saat di lapangan!


Soal performa juga tidak perlu diragukan lagi. Sepatu ini menggunakan bahan kulit premium yang akan membuat tendangan Anda lebih kencang. Kontrol bola pun akan lebih maksimal. Untuk Anda yang mementingkan keseimbangan kualitas serta penampilan, produk ini ditujukan untuk Anda!

No.8

NikePhantom Venom Academy TF

Mulai dari Rp958.000,00

Menghasilkan tendangan yang kuat dan presisi bagi para pencetak gol!

Sepatu ini dibuat untuk para striker yang tugasnya mencetak gol. Bagian upper-nya yang terbuat dari kulit sintetis memiliki desain yang unik. Sementara itu, lining di bagian bawah tali berguna untuk memberikan efek melintir pada bola yang ditendang.


Outsole-nya juga mendukung gerakan pemakainya jadi lebih fleksibel di lapangan rumput sintetis. Kombinasi keduanya membuat performa striker jadi lebih mematikan!

No.9

NikeMercurial Vapor 13 Academy Neymar Jr. IC

Mulai dari Rp1.279.000,00

Edisi khusus megabintang Neymar membuat Anda lebih bergaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa Neymar Jr. memiliki daya tarik tersendiri, baik di dalam maupun di luar lapangan. Teknik mumpuni dan gaya nyentriknya mudah sekali diingat oleh para penikmat sepak bola atau futsal. Untuk Anda yang mengidolakan Neymar dan ingin tampil sekeren dia, sepatu ini bisa dijadikan pilihan tepat!


Dari segi kualitas, sepatu ini tidak banyak berbeda dengan Nike Vapor 13 biasa. Kontrol bola dan akselerasi tinggi tetap dimiliki sepatu ini. Namun, desainnya tampil beda dengan nama Neymar yang tertulis di bagian insole dan tongue sepatu. Perpaduan warnanya yang unik juga akan membuat Anda terlihat mencolok di lapangan!

No.10

NikePhantom GT2 Academy TF

Mulai dari Rp1.279.000,00

Sweet spot lebih besar untuk tendangan yang kuat

Ingin bermain di lapangan turf atau rumput sintetis? Sepatu ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Sepatu ini memiliki tekstur grippy pada upper-nya yang dapat membantu Anda dalam menggiring, mengoper, dan menembak bola.


Tali di bagian tengahnya menciptakan sweet spot yang lebih besar untuk pukulan yang kuat. Upper terbuat dari bahan kulit sintetis yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Baca juga rekomendasi sepatu futsal lainnya di sini!

Selain sepatu futsal Nike, kami juga sudah pernah membahas sepatu futsal merek lainnya. Makin banyak jenis sepatu yang Anda ketahui, makin matang pertimbangan Anda saat memilih. Jika Anda ingin membacanya sebagai perbandingan referensi, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk terbaik dari rekomendasi kami di atas? Dalam memilih sepatu, kenyamanan adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan karena Anda akan menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Bagian outsole dan upper perlu mendapatkan perhatian lebih saat memilih sepatu futsal. Kemudian, Anda bisa mempertimbangkan faktor lainnya untuk menunjang performa di lapangan. Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi dalam memilih sepatu futsal yang cocok dengan gaya bermain Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer