• 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.


Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya

Mengapa pria perlu menggunakan sunscreen atau sunblock?

Mengapa pria perlu menggunakan sunscreen atau sunblock?

Sel kulit manusia, baik pria maupun wanita, akan mudah rusak bila terpapar radiasi sinar UV. Saat ini, para pria pun banyak yang menyadari bahwa tubuh mereka perlu dirawat, salah satunya dengan menggunakan sunscreen. Apa manfaat sunscreen untuk kulit pria?


  • Sunblock melindungi kulit dari sinar UVA. Sinar UVA dapat menyebabkan penumpukan melanin pada kulit. Akibatnya, kulit yang terpapar sinar matahari langsung tanpa perlindungan akan menggelap.


  • Sinar UVB matahari juga menimbulkan efek jangka panjang berupa penuaan dini. Lebih jauh lagi, radiasi sinar UV yang terus-menerus berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit. Sunscreen mampu melindungi kulit Anda dari risiko tersebut.


  • Sunscreen dapat melindungi kulit Anda dari sunburn. Gejala sunburn antara lain kulit memerah, terasa panas, gatal, serta perih setelah terpapar sinar matahari. Pada tingkat yang lebih parah, sunburn dapat mengakibatkan kulit melepuh.

Anda yang bekerja di dalam ruangan pun tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen. Penyebabnya adalah sinar UV dapat menembus kaca jendela, termasuk saat cuaca mendung. Jadi, para pria tak perlu ragu lagi untuk menggunakan sunscreen.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Menjaga kesehatan kulit dan penampilan tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, tetapi juga pria. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan memakai sunblock secara rutin. Sunblock berperan melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) berlebih dan juga sinar tampak (visible lights).


Kaum pria yang banyak beraktivitas di luar ruangan tentunya perlu melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Pria yang beraktivitas banyak di dalam ruangan juga perlu melindungi kulit dari pantulan sinar gadget dan berbagai sinar tampak lainnya.


Sinar matahari mengandung UVA, UVB, serta sinar tampak. Dalam jangka panjang paparan sinar ini akan berpengaruh terhadap proses penuaan yang disebut dengan photoaging. Photoaging ditandai oleh adanya kerut halus, kerutan dalam, dan kulit yang kering


Selain itu, akibat photoaging, stratum korneum juga akan menebal sehingga kulit tampak kasar dan muncul pigmentasi. Kemudian, lapisan kulit viable akan menipis sehingga kulit tampak lebih saggy atau kendur. Sering kali, photoaging muncul di usia yang lebih dini daripada biological aging.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk pria

Agar Anda dapat memilih sunscreen/sunblock yang tepat, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Untuk penjelasan lebih detail, bacalah tips berikut ini sampai habis.

Pastikan sunscreen / sunblock memiliki perlindungan broad spectrum

Pastikan  sunscreen / sunblock memiliki perlindungan broad spectrum

Sunscreen dengan perlindungan broad spectrum dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA merupakan penyebab penuaan dini seperti kerutan dan bintik hitam atau flek. Sementara itu, sinar UVB dapat menyebabkan sunburn dan penggelapan pada kulit.


Proteksi terhadap sinar UVB pada sunscreen biasa dinyatakan dalam bentuk SPF (Sun Protection Factor). Sunscreen dengan broad spectrum tak hanya memiliki SPF saja, tetapi juga PA. PA (Protection Grade of UVA) adalah perlindungan terhadap dampak buruk sinar UVA. Untuk mendapatkan proteksi yang maksimal, pilihlah produk sunscreen yang dengan jelas mencantumkan nilai SPF dan PA.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock yang bersifat broad spectrum artinya memiliki kemampuan proteksi terhadap UVA dan UVB. Faktor proteksi terhadap UVA ditandai dengan kode PA yang diikuti tanda +, ++, +++. PA adalah singkatan dari Protection Grade of UVA. Hal ini merupakan indikator proteksi untuk mencegah kulit menjadi tanned. Makin banyak tanda +, makin besar daya proteksinya terhadap paparan sinar UVA.


Faktor proteksi terhadap UVB ditandai dengan kode SPF yang diikuti dengan angka, seperti 15, 30, 50, dan seterusnya. SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang menunjukkan proteksi terhadap sunburn yang ditandai dengan warna kemerahan pada kulit.

Pilih sunscreen/sunblock berdasarkan jenisnya

Di pasaran, terdapat beberapa jenis sunscreen. Setiap jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang menurut Anda paling pas dengan kepribadian dan kebutuhan Anda. 

Lotion dan cream: Mengandung lebih banyak pelembap

Lotion dan cream: Mengandung lebih banyak pelembap

Sebagian besar produk sunscreen diproduksi dalam bentuk lotion atau cream. Jenis ini memiliki tekstur yang mudah diaplikasikan baik untuk wajah maupun badan. Selain itu, sunscreen jenis lotion atau cream biasanya lebih mampu melembapkan karena mengandung lebih banyak pelembap. Jika kulit Anda relatif kering, Anda dapat menggunakan sunscreen ini.


Sayangnya, kandungan dalam sunscreen cream terkadang meninggalkan white cast di kulit. Untuk menghindarinya, Anda dapat memilih sunscreen yang teksturnya tidak terlalu kental dan yang mudah meresap.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock bertekstur krim cocok digunakan untuk wajah dengan tipe kulit kering. Sunblock tipe ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sebaliknya, sunblock berbahan lotion bersifat sedikit lebih cair dibandingkan krim. Saat diaplikasikan, tipe ini terasa lebih ringan dan lebih cepat menyerap. Sunblock tipe lotion cocok untuk jenis kulit normal cenderung berminyak.

Gel: Cepat meresap dan tidak lengket

Gel: Cepat meresap dan tidak lengket

Selain lotion dan cream, sunscreen dalam bentuk gel juga banyak ditemui di pasaran. Sunscreen gel umumnya berbahan dasar air sehingga mudah meresap dan tidak lengket. Jenis ini juga minim kandungan mineral oil sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Karena formulanya ringan, sunscreen gel jarang sekali meninggalkan residu berupa white cast di kulit. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock berbahan gel bersifat lebih cair sehingga lebih cepat menyerap saat diaplikasikan di permukaan kulit. Sunblock berbahan gel cocok untuk tipe kulit yang berminyak ataupun area kulit yang berambut. Tipe ini bisa Anda gunakan untuk area lengan dan tungkai dengan bulu rambut yang lebat.

Spray: Mudah untuk diaplikasikan

Spray: Mudah untuk diaplikasikan

Banyak pria yang menyukai hal-hal yang simpel dan efisien. Sunscreen spray dapat diaplikasikan dengan cepat dan mudah sehingga sangat cocok untuk Anda yang sering terburu-buru. Cukup semprotkan ke bagian tubuh yang terekspos, lalu Anda siap menjalani aktivitas.


Jenis ini juga kerap digunakan untuk melakukan reapply sunscreen. Setelah beberapa jam digunakan, sunscreen perlu diaplikasikan kembali agar perlindungannya tetap optimal. Dengan sunscreen spray, reapply menjadi lebih mudah dan praktis. Hal yang perlu Anda perhatikan, semprotan suncreen spray yang mengenai pakaian biasanya akan membekas. Jadi, berhati-hatilah saat menyemprotkannya. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Saat menggunakan sunblock spray, pastikan seluruh bagian tubuh yang terbuka mendapatkan jumlah sunblock spray yang cukup. Selalu ratakan sunblock spray dengan tangan setelah menyemprotkannya supaya fungsi proteksinya bisa maksimal.

Stick: Praktis untuk dibawa bepergian

Sunscreen stick akhir-akhir ini cukup digemari karena sangat praktis untuk dibawa-bawa. Selain itu, sunscreen jenis ini juga sangat mudah diaplikasikan, sama seperti memakai deodoran. 


Para pria akan menyukai sunscreen stick karena formulanya tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast. Bentuknya pun compact dan cocok untuk dibawa bepergian. Dengan demikian, Anda bisa melakukan reapply dengan mudah.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Keuntungan sunblock stick adalah sifatnya yang padat sehingga tidak tumpah saat dibawa-bawa. Selain itu, sunblock stick lebih praktis saat diaplikasikan karena tidak mengotori telapak tangan. Namun, pastikan seluruh area tubuh yang terbuka memperoleh sunblock secara merata dengan jumlah yang cukup. Pengolesan yang tidak rata akan menyebabkan fungsi proteksi yang tidak maksimal.

Pertimbangkan sunscreen / sunblock dengan clear finish

Pertimbangkan sunscreen / sunblock dengan clear finish

Di Indonesia, pria terbilang jarang menggunakan produk untuk complexion seperti BB cream. Oleh karena itu, para pria dapat memilih sunblock dengan invisible atau clear finish. Sunscreen terbagi menjadi dua tipe yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen


  • Physical sunscreen bekerja seperti tameng dengan membuat lapisan pelindung pada kulit. Lapisan ini akan membelokkan sinar UV sehingga tidak diserap kulit. Tipe ini lebih aman untuk kulit, tetapi biasanya meninggalkan white cast yang mungkin kurang disukai pria. Bahan aktif pada physical sunblock umumnya adalah zinc oxide dan titanium dioxide

  • Chemical sunscreen sifatnya lebih ringan dan mudah meresap pada kulit. Bahan aktifnya antara lain octylcrylene, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate, helioplex, 4-MBC, mexoryl SX dan XL, tinosorb S dan M, vvinul T 150, dan uvinul A plus

Chemical sunscreen mampu menyerap sinar UV sehingga tidak menembus ke dalam lapisan kulit. Istimewanya, sunscreen ini tidak meninggalkan white cast. Hanya saja, chemical sunscreen membutuhkan reapply lebih sering daripada physical sunblock agar perlindungannya tetap optimal.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock berbahan dasar fisik memiliki kandungan antara lain titanium dioksida dan zinc oxide. Tipe ini bekerja melindungi kulit dengan cara memantulkan sinar UV. Sunblock jenis ini biasanya terasa lebih sulit diaplikasikan pada kulit karena bersifat lebih thick dan meninggalkan lapisan berwarna putih di kulit.


Sunblock berbahan dasar kimia dengan kandungan bahan aktif oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate bekerja melindungi kulit dengan menyerap sinar UV. Sunblock ini lebih mudah diserap kulit dan terkesan lebih ringan. Jenis sunblock ini lebih cocok untuk kaum pria karena tidak meninggalkan warna putih di kulit. 

Sesuaikan nilai SPF/PA dengan aktivitas Anda

Sesuaikan nilai SPF/PA dengan aktivitas Anda

Nilai pada SPF/PA menentukan durasi perlindungan yang diberikan oleh sunscreen. Makin besar nilainya, makin lama pula perlindungan yang diberikan. Agar Anda lebih mudah dalam menentukan nilai SPF/PA yang dibutuhkan, silakan ikuti panduan berikut ini.


  • SPF 15/PA + : sesuai untuk aktivitas sehari-hari di dalam ruangan.
  • SPF 15–30/PA ++: mampu melindungi Anda saat melakukan kegiatan outdoor seperti olahraga atau rekreasi ringan.
  • SPF 30–50+/PA +++ : memberi perlindungan saat Anda ke pantai, berenang, dan melakukan kegiatan lain di bawah terik matahari dalam waktu yang lama.

Meskipun Anda sudah memilih sunscreen dengan SPF/PA tinggi, jangan lupa untuk tetap melakukan reapply. Untuk aktivitas outdoor di bawah terik matahari, sebaiknya reapply dilakukan setidaknya setiap delapan puluh menit sekali.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock dengan SPF minimal 30 cocok untuk kegiatan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Sebaiknya, pilihlah sunblock yang memiliki efek proteksi terhadap UVA dan UVB atau yang bersifat broad spectrum.


Untuk kegiatan di bawah matahari dalam waktu yang relatif lama, pilihlah produk yang bersifat broad spectrum dengan SPF minimal 50 dan PA++. Saat berolahraga outdoor ataupun berkegiatan yang banyak kontak dengan air, pilihlah sunblock yang bersifat water resistant. Aplikasikan ulang sunblock setelah dua jam atau sesuai dengan informasi pada label kemasan produk.

Sunscreen sweatproof dan waterproof untuk dipakai saat berolahraga dan liburan

Sunscreen sweatproof dan waterproof untuk dipakai saat berolahraga dan liburan

Olahraga outdoor bisa menjadi salah satu sarana untuk rekreasi singkat. Jogging, bersepeda sambil menikmati pemandangan, berenang di pantai, atau surfing pastinya sangat menyenangkan untuk dilakukan. Sebagai perlindungan kulit, pilihlah sunscreen yang tahan keringat dan tahan air agar kesenangan Anda makin sempurna.


Akan tetapi, sunscreen waterproof biasanya agak sulit dibersihkan hanya dengan sabun saja. Sebaiknya, Anda mencari informasi detail mengenai cara untuk membersihkan sunscreen pilihan Anda hingga benar-benar bersih.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock dengan formula water resistant memiliki kemampuan mempertahankan faktor perlindungannya dalam keadaan basah ataupun berkeringat. Terdapat dua kategori kapasitas waktu sunblock yang water resistant, yaitu 40 menit dan 80 menit. Setelah melampaui waktu tersebut, terdapat penurunan perlindungan sehingga diperlukan aplikasi ulang sunblock.

Pilih sunscreen/sunblock yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Pilih sunscreen/sunblock yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Karena sunscreen akan langsung diaplikasikan ke kulit wajah dan badan, pilihlah sunscreen yang cocok dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai niat Anda untuk melindungi kulit malah berujung menyebabkan jerawat atau iritasi.


  • Untuk pemilik kulit kering, Anda bisa menggunakan sunscreen bertekstur lotion atau cream karena mampu melembapkan. Kandungan pelembap yang ada di dalam sunscreen biasanya berupa Aloe vera, shea butter, dan mineral oil. 

  • Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa memilih sunscreen yang berbentuk gel. Water based gel sangat mudah meresap, ringan, dan tidak lengket. Perhatikan juga apakah sunscreen yang Anda pilih sudah mengandung oil control dan antisebum, serta telah berlabel non-comedogenic

  • Jika kulit Anda cenderung sensitif, berhati-hatilah pada produk sunscreen yang mengandung pewarna dan pewangi sintetis. Pilihlah sunscreen khusus untuk kulit sensitif agar terhindar dari risiko iritasi dan peradangan.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda memilih sunblock yang berbahan dasar fisik karena sifatnya yang tidak mengiritasi kulit. Sebaliknya, Anda yang kulitnya cenderung berjerawat, pilihlah sunblock yang bersifat antikomedogenik.

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Semua produk di bawah merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. 

10

NiveaSun Protect & Bronze Spray SPF 20

483320007800

Mulai dari Rp 50.000,00

Jenis sunscreenSpray
UV protectionSPF 20
Kandungan aktifEkstrak tumbuhan pro melanin
Isi200 ml
Waterproof
Invisible/clear finishTidak disebutkan
9
Jenis sunscreenStick
UV protectionSPF50+/PA++++
Kandungan aktifXylitol, rosehip oil, selective oil balancing powder™
Isi26 g
WaterproofX
Invisible/clear finishX
8

First LabProbiotic Sun Cream SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 302.500,00

Jenis sunscreenCream
UV protectionSPF50+/PA++++
Kandungan aktifZinc oxide, titanium dioxide, lactobacillus ferment lysate
Isi50 ml
WaterproofX
Invisible/clear finishX
7
Jenis sunscreenLotion
UV protectionSPF 50 PA +++
Kandungan aktifEthylhexyl methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate
Isi30 ml
WaterproofX
Invisible/clear finish✔︎
6
Jenis sunscreenLotion
UV protectionSPF50+ UVA PA++++
Kandungan aktifDiisopropyl sebacate, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, butyl methoxydibenzoylmethane
Isi50 ml
Waterproof✔︎
Invisible/clear finish✔︎
5

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp 115.800,00

Jenis sunscreenCream
UV protectionSPF 50+/PA++++
Kandungan aktifHyaluronic acid, royal jelly extract, water capsule
Isi50 g
Waterproof
Invisible/clear finish
4

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis sunscreenCream
UV protectionSPF 50/PA++++
Kandungan aktifNiacinamide, centella asiatica extract
Isi45 ml, 7 ml
WaterproofX
Invisible/clear finish
3
Jenis sunscreenSpray
UV protectionSPF 45++
Kandungan aktifEthylhexyl methoxycinnamate
Isi50 ml
WaterproofX
Invisible/clear finish✔︎
2

Erha21Perfect Shield For Normal & Dry Skin SPF30/PA++

Mulai dari Rp 77.500,00

Jenis sunscreenGel
UV protectionSPF30/PA++
Kandungan aktifVitamin E, D-panthenol, Aloe vera extract
Isi30 g
WaterproofX
Invisible/clear finish
1

KahfTriple Protection Sunscreen Moisturizer

Mulai dari Rp 49.000,00

Jenis sunscreenCream
UV protectionSPF 30 PA+++
Kandungan aktifDiethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl methoxycinnamate
Isi30 ml
WaterproofX
Invisible/clear finish✔︎

Tabel perbandingan produk sunscreen terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer 1

Kahf

2
Erha21 Perfect Shield For Normal & Dry Skin SPF30/PA++ 1

Erha21

3
MS Glow MS Glow For Men Sunscreen 1

MS Glow

4
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

5
Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++ 1

Kao

6
La Roche-Posay Anthelios Invisible Fluid 1

La Roche-Posay

7
Elvicto Sunscreen Expert 1

Elvicto

8
First Lab Probiotic Sun Cream SPF50+ PA++++ 1

First Lab

9
Laneige Air Light Sun Stick 1

Laneige

10
Nivea Sun Protect & Bronze Spray SPF 20 1

Nivea

Nama produk

Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Perfect Shield For Normal & Dry Skin SPF30/PA++

MS Glow For Men Sunscreen

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Anthelios Invisible Fluid

Sunscreen Expert

Probiotic Sun Cream SPF50+ PA++++

Air Light Sun Stick

Sun Protect & Bronze Spray SPF 20

Keunggulan

2 in 1, sunscreen sekaligus moisturizer dalam satu wadah

Makin nyaman dengan formula antilengket dan tanpa white cast

Diperkaya dengan antioksidan yang melindungi kulit dari polusi

Kandungannya ramah untuk kulit sensitif

Mudah dibersihkan hanya dengan sabun

Tidak pedih di mata, aman untuk Anda yang menggunakan soft lens

Chemical sunscreen yang bisa dipakai oleh semua jenis kulit

Seimbangkan pH kulit dengan kandungan probiotik

Mudah diaplikasikan, bahkan untuk area sempit di wajah

Tampil eksotis dengan warna kulit tan yang sehat

Harga mulai dariRp 49.000,00Rp 77.500,00Rp 100.000,00Rp 190.000,00Rp 115.800,00Rp 350.000,00Rp 150.000,00Rp 302.500,00Rp 370.000,00Rp 50.000,00
Jenis sunscreenCreamGelSprayCreamCreamLotionLotionCreamStickSpray
UV protectionSPF 30 PA+++SPF30/PA++SPF 45++SPF 50/PA++++SPF 50+/PA++++SPF50+ UVA PA++++SPF 50 PA +++SPF50+/PA++++SPF50+/PA++++ SPF 20
Kandungan aktifDiethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl methoxycinnamateVitamin E, D-panthenol, Aloe vera extract Ethylhexyl methoxycinnamateNiacinamide, centella asiatica extractHyaluronic acid, royal jelly extract, water capsuleDiisopropyl sebacate, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, butyl methoxydibenzoylmethaneEthylhexyl methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoateZinc oxide, titanium dioxide, lactobacillus ferment lysateXylitol, rosehip oil, selective oil balancing powder™Ekstrak tumbuhan pro melanin
Isi30 ml30 g50 ml45 ml, 7 ml50 g50 ml30 ml50 ml26 g200 ml
WaterproofXXXX✔︎XXX
Invisible/clear finish✔︎✔︎✔︎✔︎XXTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk perawatan kulit pria di sini

Pria yang peduli akan penampilan dan kesehatan kulitnya pasti tak ragu untuk menggunakan beberapa produk perawatan kulit. Kami memiliki berbagai artikel lainnya tentang produk perawatan kulit bagi pria. Silakan klik link di bawah ini untuk mengetahui produk apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menunjang penampilan Anda.

Kesimpulan

Sunscreen/sunblock wajib digunakan baik oleh pria maupun wanita. Untuk para pria, pilihlah sunscreen yang praktis dan tidak meninggalkan white cast di kulit. Namun, jangan lupa untuk disesuaikan dengan jenis kulit Anda, ya. 


Supaya perlindungannya maksimal, gunakanlah sesuai petunjuk yang tertulis. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan reapply secara berkala. Sekian artikel kali ini. Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan sunscreen/sunblock terbaik untuk melindungi kulit Anda. Selamat beraktivitas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen secara rutin. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Merek produk luar, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun merek produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai SPF 50, akan kami bahas. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang ingin tampil dengan kulit yang lebih cerah dan bebas kusam. Apakah Anda termasuk di antaranya? Salah satu cara praktis untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah adalah dengan menggunakan sabun pemutih badan. Tidak hanya itu, produknya juga dapat meratakan kulit yang kusam. Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih sabun pemutih badan terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi sabun pemutih badan yang bagus dari berbagai merek dan mengulasnya. Anda bisa menemukan produk Kojie San, Scarlett Whitening, dan lainnya. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body butter pertama kali dibuat oleh The Body Shop pada tahun 1992. Body butter merupakan produk perawatan kulit yang dibuat dari shea butter dan digunakan untuk melindungi kulit di Afrika. Body butter mudah meresap ke kulit dengan tingkat kelembapan tinggi serta memiliki beragam aroma yang bisa mengharumkan kulit.Sekarang ini, banyak macam body butter yang beredar keluaran berbagai merek, seperti The Body Shop, Bali Ratih, Mustika Ratu, Bath & Body Works, dan lain-lain. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih body butter dan merekomendasikan produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasan dari kami, ya!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori