• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020)

Di era digital seperti sekarang, kebutuhan perangkat laptop dengan spesifikasi tinggi makin meningkat. Hal itu diperlukan oleh Anda yang berprofesi di bidang industri kreatif seperti editor video untuk menunjang pekerjaan. Dengan spesifikasi laptop yang mumpuni, pekerjaan editing video bisa lebih mudah, cepat, dan efisien. 


Berbagai merek seperti HP, Lenovo, dan Acer berusaha memenuhi spesifikasi tinggi tersebut dengan beragam tipe laptop. Untuk itu, kami akan memberikan Anda tips memilih laptop untuk editing video. Agar mendapatkan yang terbaik, kami juga akan merekomendasikan produk laptop dari berbagai merek. Selamat menyimak!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juli 2020
  • 9.326 Views
Daftar isi

Kelebihan editing video menggunakan laptop dibanding PC desktop

Anda yang biasa bekerja dengan PC desktop mungkin akan membandingkannya dengan kinerja laptop. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu mengetahui kelebihan mengedit video pada laptop dibandingkan PC desktop.

Memungkinkan Anda bekerja di mana saja

Memungkinkan Anda bekerja di mana saja

Kelebihan utama mengedit video menggunakan laptop tentu saja soal mobilitas. Berbeda dengan PC desktop yang hanya diam di satu tempat, laptop memungkinkan Anda membawa pekerjaan ke mana saja. Saat pekerjaan tidak selesai di kantor, Anda bisa melanjutkannya di rumah. Bahkan, Anda bisa bekerja sambil menikmati secangkir kopi di kedai kopi atau saat dalam perjalanan.

Membuat pekerjaan Anda lebih efisien

Membuat pekerjaan Anda lebih efisien

Bukan hanya memungkinkan Anda bekerja di mana saja, laptop juga memudahkan Anda membawa data ke mana pun. Sebagian dari Anda mungkin terbiasa menyimpan data pada cloud. Namun, cara ini kurang efisien untuk data video yang memiliki ukuran yang besar. Sementara itu, penggunaan hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD) eksternal akan menambah biaya. Jika Anda menyimpan data di laptop, Anda bisa langsung menggunakannya kapan pun dibutuhkan. 


Selain itu, menggunakan laptop juga akan memudahkan Anda saat harus presentasi. Anda yang bekerja dengan perangkat PC desktop, mungkin masih akan membutuhkan laptop untuk presentasi. Menggunakan dua perangkat seperti ini kurang efisien dan biayanya juga lebih mahal.

Performa yang mendekati performa PC desktop

Performa yang mendekati performa PC desktop

Anda yang masih meragukan performa laptop sebaiknya berpikir ulang. Performa laptop kini sudah dirancang makin canggih, bahkan makin mendekati performa PC desktop. Itu artinya, jika Anda memilih laptop dengan spesifikasi terbaik, sama halnya Anda sedang mengunakan PC desktop.

Kebutuhan listrik yang lebih hemat

Kebutuhan listrik yang lebih hemat

Laptop membutuhkan listrik yang lebih hemat dibandingkan PC desktop. Hal itu karena laptop menggunakan baterai (arus DC) sehingga hanya membutuhkan listrik saat pengisian daya saja. Sementara itu, PC desktop menggunakan arus AC yang terhubung langsung ke power supply selama menyala. Jika tidak dilengkapi dengan uninterruptible power supply (UPS), PC secara otomatis ikut mati saat listrik padam. Penggunaan arus listrik yang tidak stabil juga akan membuat usia komponen pada PC menjadi pendek. Hal ini akan membuat biaya perawatan membengkak dan boros.

Cara memilih laptop untuk editing video

Setelah mengetahui kelebihan laptop dibanding PC desktop, apakah Anda makin mantap untuk membelinya? Jika iya, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar Anda dapat menemukan laptop yang terbaik!

Pastikan prosesornya memiliki minimal 4 core dan 8 thread

Pastikan prosesornya memiliki minimal 4 core dan 8 thread

Cara paling mudah untuk memilih prosesor adalah melihat jumlah core-nya. Makin tinggi core-nya, akan makin bagus performanya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jumlah thread. Biasanya, jumlah thread sendiri dua kali lebih besar dari jumlah core. Kami menyarankan Anda untuk memilih prosesor dengan minimal 4 core/8 thread.


Cara paling sederhana untuk melihat jumlah core dan thread adalah melalui stiker yang biasanya tertera pada laptop. Jika Anda tidak menemukannya, Anda masih bisa cek melalui task manager maupun command prompt. Anda juga dapat memeriksanya secara online melalui situs resmi dari prosesor tersebut.


Sementara itu, jika Anda ingin menilai kemampuan suatu prosesor, Anda bisa menggunakan software Cinebench. Anda dapat melihat skor kemampuan prosesor perangkat Anda di sana. Pilihlah prosesor dengan skor di atas 700 untuk mendapatkan kinerja yang maksimal.

Pilih GPU seri GTX, RTX, atau RX

Pilih GPU seri GTX, RTX, atau RX

Proses rendering yang kencang tidak hanya membutuhkan kinerja prosesor, tetapi juga graphic processing unit (GPU). Makin tinggi kelas GPU, makin cepat pula proses rendering. Sebaiknya, pilih seri GTX atau RTX dari NVIDIA atau seri RX dari AMD untuk proses render video yang optimal.

Cari laptop dengan RAM 16 GB ke atas

Cari laptop dengan RAM 16 GB ke atas

Seperti yang sudah diketahui, random access memory (RAM) adalah tempat menyimpan data sementara dan menjalankan berbagai instruksi program. Hardware ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop saat menjalankan sebuah software. Terlebih lagi, software untuk editing video rata-rata cukup berat untuk dijalankan sehingga membutuhkan RAM yang besar. 


Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, kami menyarankan Anda memilih laptop dengan RAM minimal 16 GB. Dengan RAM yang besar, Anda dapat bekerja pada editing software dengan lebih lancar dan bisa multitasking.

Pertimbangkan penyimpanan internal tipe SSD

Pertimbangkan penyimpanan internal tipe SSD

Untuk menyimpan data mentah ataupun data hasil editing, Anda membutuhkan penyimpanan (storage). Oleh karena itu, makin besar kapasitasnya, makin besar pula data yang bisa Anda simpan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kecepatan transfer datanya. Kecepatan yang mumpuni akan membantu Anda mengekspor footage video dan mengoperasikan software lebih lancar.


Anda sebaiknya memilih storage tipe solid-state drive (SSD) dibandingkan tipe hard disk drive (HDD). Meski memiliki selisih harga, performa SSD jauh lebih bagus dibanding HDD. Anda bisa menikmati proses boot, resume, dan membuka software untuk editing video dengan lebih cepat. SSD juga dirancang lebih aman dari guncangan sehingga risiko rusak saat dibawa-bawa lebih rendah.

Perhatikan resolusi, ukuran, dan jenis layar

Perhatikan resolusi, ukuran, dan jenis layar

Karena editing video berhubungan dengan visual, sebaiknya Anda mempertimbangkan tampilan yang nyaman dan tajam. Salah satunya dengan memperhatikan resolusi layar. Makin besar resolusinya, makin tajam pula gambar yang ditampilkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab layar laptop saat ini sudah lazim memiliki resolusi Full HD 1080p.


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran serta tipe layar. Layar dengan ukuran 15 inci atau 17 inci adalah yang terbaik untuk editing video. Namun, jika Anda ingin laptop yang mudah dibawa-bawa, pertimbangkan ukuran layar 13-14 inci saja.


Beberapa laptop terbaru saat ini bahkan dilengkapi dengan dua layar yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya. Misalnya, dengan menggunakan satu layar sebagai layar utama editing, satu layar lainnya membuka jendela tutorial. Sebaiknya, pertimbangkan juga hal itu.


Sementara itu, untuk tipe layar kami menyarankan Anda memilih layar tipe IPS. Layar ini memiliki sudut pandang yang luas sehingga cocok untuk pekerjan editing video Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk editing video

Setelah menjelaskan cara memilihnya, saatnya kami memberikan rekomendasi produk laptop terbaik untuk editing video. Produk-produk berikut ini berasal dari berbagai merek. Silakan pertimbangkan laptop mana yang sesuai untuk Anda!

10
ProsesorIntel Core i7-9750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti
RAM16 GB
Storage512 GB SSD PCIe
Layar15,6" FHD (1920 x 1080) , IPS
9
ProsesorIntel Core i7-8705G
Core/thread4/8
GPU AMD Radeon RX Vega M GL
RAM16 GB DDR4
Storage512 GB SSD
Layar15.6" Ultra HD (3840 x 2160), IPS
8
ProsesorIntel Core i7-9750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 (6 GB GDDR6 dedicated)
RAM16 GB DDR4
Storage512 GB PCIe NVMe M.2 SSD / 1 TB 7200 rpm SATA
Layar15.6" FHD (1920 x 1080), IPS
7
ProsesorIntel Core i7-8750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060
RAM16 GB DDR4
StorageUp to 512 GB PCIe NVMe, Up to 1 TB HDD 7200RPM
Layar15.6" FHD (1920 x 1080)
6
ProsesorIntel Core i7-1065G7
Core/thread4/8
GPU Intel Iris Plus Graphics
RAM16 GB LPDDR4x
Storage512 GB, M.2, Gen 3 PCIe x4, SSD
Layar13.3" 4K UHD (3840 x 2160), IPS
5
ProsesorIntel Core i7-9750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2070
RAM32 GB DDR4
Storage1 TB SSD
Layar15.6" Full HD (1920 x 1080), IPS
4
ProsesorAMD Ryzen 9 4900HS
Core/thread8/16
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB
RAM32 GB DDR4
Storage1 TB SSD
Layar14" Full HD (1920 x 1080), IPS-level
3
ProsesorIntel Core i7-9750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2080
RAM16 GB DDR4
Storage512 GB SSD RAID
Layar15.6" Ultra HD (3840 x 2160), IPS
2
ProsesorIntel Core i7-9750H
Core/thread6/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060
RAM32 GB DDR4
Storage1 TB PCIe x4
Layar15.6" OLED 4K (3840 x 2160)
1
ProsesorIntel Core i9-9880H
Core/thread8/16
GPU NVIDIA GeForce RTX 2080
RAM32 GB DDR4
Storage2 TB PCIe NVMe M.2 SSD
Layar15.6" FHD (1920 x 1080) IPS

Tabel perbandingan produk laptop terbaik untuk editing video

Gambar produk
1
HP OMEN X by HP 15 1

HP

2
ASUS  ZenBook Pro Duo UX581GV 1

ASUS

3
Acer ConceptD 7 1

Acer

4
ASUS ROG Zephyrus G14 1

ASUS

5
MSI  GE65 Raider 9SF 1

MSI

6
DELL  XPS 13 2-in-1 7390 1

DELL

7
Lenovo  Legion Y740 (15") 1

Lenovo

8
HP OMEN by HP 15 1

HP

9
Acer ConceptD 5 1

Acer

10
Lenovo  Legion Y545 1

Lenovo

Nama produk

OMEN X by HP 15

ZenBook Pro Duo UX581GV

ConceptD 7

ROG Zephyrus G14

GE65 Raider 9SF

XPS 13 2-in-1 7390

Legion Y740 (15")

OMEN by HP 15

ConceptD 5

Legion Y545

Keunggulan

Kinerja terkencang dengan dual screen yang inovatif

Laptop premium dengan layar screenpad plus

Baterai tahan lama, cocok untuk pekerja kreatif dengan mobilitas tinggi

Pilihan terbaik untuk desain ringkas dan performa powerful

Visual gaming dan editing ciamik dengan kartu grafis terbaru

Dimensi ringkas dan ringan dengan performa tak masuk akal

Tampilan profesional yang cocok untuk siapa saja

Double storage untuk Anda yang ingin menyimpan banyak data

Harga terjangkau, cocok untuk content creator

Laptop gamers yang andal untuk editing video

HargaRp 64.999.000,00Rp 47.999.000,00Rp 39.999.000,00Rp 34.999.000,00Rp 33.999.000,00Rp 32.999.000,00Rp 28.249.000,00Rp 24.499.000,00Rp 19.999.000,00Rp 19.999.000,00
ProsesorIntel Core i9-9880H Intel Core i7-9750HIntel Core i7-9750H AMD Ryzen 9 4900HSIntel Core i7-9750H Intel Core i7-1065G7Intel Core i7-8750HIntel Core i7-9750HIntel Core i7-8705GIntel Core i7-9750H
Core/thread8/166/126/128/166/124/86/126/124/86/12
GPU NVIDIA GeForce RTX 2080NVIDIA GeForce RTX 2060NVIDIA GeForce RTX 2080NVIDIA GeForce RTX 2060 6GBNVIDIA GeForce RTX 2070Intel Iris Plus GraphicsNVIDIA GeForce RTX 2060NVIDIA GeForce RTX 2060 (6 GB GDDR6 dedicated)AMD Radeon RX Vega M GLNVIDIA GeForce GTX 1660 Ti
RAM32 GB DDR432 GB DDR416 GB DDR432 GB DDR432 GB DDR416 GB LPDDR4x16 GB DDR416 GB DDR416 GB DDR416 GB
Storage2 TB PCIe NVMe M.2 SSD1 TB PCIe x4512 GB SSD RAID1 TB SSD 1 TB SSD512 GB, M.2, Gen 3 PCIe x4, SSDUp to 512 GB PCIe NVMe, Up to 1 TB HDD 7200RPM 512 GB PCIe NVMe M.2 SSD / 1 TB 7200 rpm SATA512 GB SSD512 GB SSD PCIe
Layar15.6" FHD (1920 x 1080) IPS 15.6" OLED 4K (3840 x 2160) 15.6" Ultra HD (3840 x 2160), IPS14" Full HD (1920 x 1080), IPS-level15.6" Full HD (1920 x 1080), IPS13.3" 4K UHD (3840 x 2160), IPS15.6" FHD (1920 x 1080)15.6" FHD (1920 x 1080), IPS15.6" Ultra HD (3840 x 2160), IPS15,6" FHD (1920 x 1080) , IPS
Tautan produk

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Memilih laptop memang harus sesuai dengan kebutuhan agar penggunaannya dapat optimal. Nah, jika Anda membutuhkan rekomendasi laptop untuk kebutuhan lain, silakan cek artikel berikut. Siapa tahu laptop yang Anda butuhkan ada di sana!

Kesimpulan

Memilih laptop untuk editing video memang harus mempertimbangkan banyak hal. Tak ada salahnya jika Anda mengutamakan spesifikasi lebih tinggi sebagai investasi. Dengan begitu, Anda tidak harus mengganti perangkat dalam waktu dekat seiring perkembangan software & kualitas video.


Kami berharap Anda bisa menemukan laptop terbaik dari tips dan rekomendasi produk di atas. Dengan demikian, Anda dapat bekerja dengan nyaman dan menghasilkan karya video yang mengesankan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    198.365 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    122.206 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    141.820 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    118.551 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    95.119 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    89.243 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    16.357 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori