1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Laptop Terbaik untuk Editing Video - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Laptop dengan spesifikasi tinggi kini makin dibutuhkan, terlebih jika Anda bekerja di bidang industri kreatif, misalnya editor video. Software untuk mengedit video hanya dapat dijalankan produk berspesifikasi tinggi. Namun, ragam spesifikasinya mungkin membingungkan Anda saat menentukan laptop yang bagus untuk editing video.


Karena itu, di artikel ini kami akan berbagi tips memilih laptop terbaik untuk editing video. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek, seperti Acer, ASUS, Lenovo, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Yuk, temukan produk dengan harga dan spesifikasi yang cocok!

Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kelebihan editing video menggunakan laptop dibanding PC

Anda yang biasa mengedit video menggunakan PC mungkin akan membandingkannya dengan kinerja laptop. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui lebih dahulu kelebihan mengedit video menggunakan laptop.

Memungkinkan Anda bekerja di mana saja

Memungkinkan Anda bekerja di mana saja

Kelebihan utama mengedit video menggunakan laptop pastinya soal mobilitas. Berbeda dengan PC yang diam di atas meja, laptop memungkinkan Anda membawa pekerjaan ke mana saja. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang suka mengedit video sambil mencari inspirasi. Selain itu, jika pekerjaan Anda tidak selesai di kantor, Anda bisa melanjutkannya di rumah ataupun di kedai kopi. 

Membuat pekerjaan Anda lebih efisien

Membuat pekerjaan Anda lebih efisien

Selain portabel, laptop juga memudahkan Anda membawa data ke mana saja. Data editing video cenderung besar dan membutuhkan banyak memori. Menyimpan data editing video di laptop lebih aman dan efisien daripada menggunakan cloud atau hard disk drive (HDD) eksternal. Dengan laptop, Anda dapat langsung menggunakan data editing video kapan pun dibutuhkan


Menggunakan laptop untuk editing video juga akan memudahkan Anda saat harus presentasi ke klien. Anda dapat membawanya ke meeting agar hasil pengeditan dapat langsung didiskusikan. Selain itu, proses revisi editing video menjadi lebih efisien dan bisa dilakukan saat itu juga.

Performa yang tidak kalah dengan PC

Performa yang tidak kalah dengan PC

Anda yang masih meragukan performa laptop sebaiknya berpikir ulang. Performa laptop kini sudah makin canggih dan setara dengan performa PC. Banyak laptop yang perangkat kerasnya bisa dikustomisasi untuk menyesuaikan kebutuhan Anda. Dengan demikian, sensasi mengedit video pada laptop bisa menyaingi pengalaman menggunakan PC.

Kebutuhan listrik yang lebih hemat

Kebutuhan listrik yang lebih hemat

Lebih hemat daya dari PC, laptop membutuhkan listrik saat pengisian daya saja. Selebihnya, jika baterai laptop sudah penuh, Anda tidak perlu mengecasnya lagi. Hal ini dapat menghemat biaya listrik Anda. Namun, berhati-hatilah ketika Anda mengecas laptop. Pengecasan yang berlebihan dapat membuat baterai laptop bocor.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop untuk editing video

Kini Anda tidak perlu ragu lagi memilih laptop untuk editing video. Namun, Anda tetap perlu memahami cara memilihnya agar mendapat produk yang sesuai kebutuhan. Kami sudah meringkasnya untuk Anda pada poin-poin di bawah ini. Disimak baik-baik, ya!

① Pastikan prosesornya memiliki minimal 6 core dan 12 thread

Pastikan prosesornya memiliki minimal 6 core dan 12 thread

Jika Anda awam mengenai prosesor, cara memilih yang terbaik adalah dengan melihat jumlah core. Makin tinggi core laptop, maka makin bagus performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jumlah thread. Untuk editing video, kami menyarankan Anda untuk memilih prosesor dengan spesifikasi minimal 6 core dan 12 thread


Cara paling sederhana untuk melihat jumlah core dan thread adalah melalui stiker yang tertera di laptop. Jika Anda tidak menemukannya, Anda masih bisa mengecek prosesor melalui task manager ataupun command prompt. Anda juga dapat memeriksanya secara online lewat situs resmi prosesor tersebut.


Kemampuan prosesor yang tinggi sangat dibutuhkan untuk editing video. Jika Anda ingin mengukur kemampuan suatu prosesor, gunakanlah software Cinebench. Pilihlah prosesor dengan skor di atas 700 untuk kinerja editing video yang maksimal. 

② Pilih GPU seri RTX atau RX

Pilih GPU seri RTX atau RX


Proses rendering yang kencang dan lancar membutuhkan kerja sama antara kinerja prosesor dan graphics processing unit (GPU). GPU berfungsi untuk memproses grafik dari video yang diedit. Jika Anda mengedit video dengan resolusi yang tinggi, pilihlah GPU yang high-end.


Kelas GPU juga memengaruhi kecepatan proses rendering. Bila Anda ingin proses rendering video lebih optimal, terdapat beberapa seri GPU yang patut dipertimbangkan. Seri RTX dari NVIDIA atau Intel Graphics bisa dipilih jika Anda sering mengedit video animasi 3D. Untuk belajar editing video dan yang lebih ramah di kantong, seri RX atau Radeon dari AMD adalah solusinya. 

③ Cari laptop dengan RAM 16 GB ke atas

Cari laptop dengan RAM 16 GB ke atas

Random access memory (RAM) adalah tempat menyimpan data sementara untuk menjalankan berbagai instruksi program. Kapasitas RAM yang besar sangat dibutuhkan untuk menjalankan software yang berat, khususnya editing video.


Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, kami menyarankan Anda untuk memilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 16 GB. Kapasitas RAM yang besar memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih lancar pada video editing software.

④ Pertimbangkan penyimpanan internal tipe SSD

Pertimbangkan penyimpanan internal tipe SSD

Memori yang besar dibutuhkan untuk menyimpan data mentah dan hasil editing video. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan kapasitas penyimpanan dari laptop. Selain kapasitas, kecepatan transfer data juga sangat penting. Kecepatan yang mumpuni akan membantu Anda saat ekspor footage video dan lebih lancar mengoperasikan software.


Terkait pemilihan tipe penyimpanan internal laptop, Anda sebaiknya memilih solid-state drive (SSD) ketimbang hard disk drive (HDD). Dengan SSD, proses boot, resume, dan membuka software untuk editing video berjalan lebih cepat. SSD juga dirancang agar tahan guncangan sehingga cocok untuk digunakan di dalam laptop. 

⑤ Perhatikan fitur layar yang dimiliki laptop

Perhatikan fitur layar yang dimiliki laptop

Selain hal-hal yang telah dijelaskan di atas, fitur layar juga perlu dipertimbangan ketika memilih laptop untuk editing video. Agar Anda makin mudah menentukan pilihan, berikut ini kami jelaskan beberapa fitur layar yang harus diperhatikan.


  • Resolusi layar 

Editing video utamanya berhubungan dengan visual. Karena itu, pertimbangkanlah laptop dengan resolusi layar yang tinggi. Produknya akan menampilkan piksel yang lebih besar. Gambar yang dihasilkan juga tajam dan lebih detail. Untuk editing video, pilihlah resolusi layar minimal Full HD (FHD)


  • Ukuran layar

Makin besar ukuran layar, makin akurat warna yang dihasilkan oleh laptop. Anda dapat memilih ukuran layar sesuai kebutuhan. Untuk mengedit video pendek, ukuran layar laptop 15 inci ke bawah dapat Anda pilih. Sebaliknya, ukuran layar laptop minimal 17 inci pas untuk Anda yang sering mengedit video panjang.


  • Jumlah layar 

Beberapa laptop terbaru saat ini dilengkapi layar tambahan yang dapat membantu Anda bekerja. Anda dapat menggunakan layar tersebut untuk multitasking. Dengan demikian, proses editing video dapat dikerjakan secara lebih efisien. 


  • Jenis layar

Untuk mempermudah editing video, gunakanlah layar IPS. Layar ini biasanya lebih kuat dan tahan lama ketika digunakan. Selain itu, sudut pandang layar tipe IPS lebih luas sehingga sangat cocok untuk pekerjaan editing video landscape 16:9.

⑥ Ketahui rentang harga laptop untuk editing video

Ketahui rentang harga laptop untuk editing video

Tentunya laptop yang bisa digunakan untuk editing video memiliki harga dalam rentang tertentu. Produk dengan spesifikasi minimum untuk editing video berada di rentang harga 10–40 juta. Harganya tergolong tinggi karena spesifikasi laptop untuk editing video umumnya setara dengan laptop gaming. 


Namun, jika Anda masih menginginkan laptop editing di bawah 10 juta, carilah produk dengan opsi RAM dan kapasitas penyimpanan. Tipe produk dengan RAM dan kapasitas penyimpanan yang paling rendah pastinya lebih terjangkau. Perlu diingat, performanya tidak sebagus laptop dengan spesifikasi minimum untuk editing video.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk editing video

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop terbaik untuk editing video yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lenovo

IdeaPad Slim 3

Lenovo IdeaPad Slim 3 1枚目

Teknologi Eye Care yang ciamik dapat mengurangi cahaya biru layar

2

HP

Victus 16

HP Victus 16 1枚目

Baterainya tahan lama, solusi bagi editor video dengan mobilitas tinggi

3

MSI

Creator M16

MSI Creator M16 1枚目

Layarnya dapat direntangkan untuk menampilkan karya

4

Lenovo

Legion 5 Pro

Lenovo Legion 5 Pro 1枚目

Visualnya lebih luas berkat bezel yang ramping

5

ASUS

ROG Strix SCAR 17

ASUS ROG Strix SCAR 17 1枚目

Laptop gaming yang mumpuni untuk editing video

6

Razer

Blade 14

Razer Blade 14 1枚目

Audionya ultra-immersive untuk suara video yang lebih nyata

7

Acer

Nitro 5

Acer Nitro 5  1枚目

Berbekal kipas ganda, editing video makin lancar

8

DELL

XPS 15

DELL XPS 15  1枚目

Dilengkapi slot SD card, memindahkan data lebih simpel

9

ASUS

ZenBook Pro Duo 15

ASUS ZenBook Pro Duo 15 1枚目

Multitasking makin mudah berkat Screen Pad Plus

10

Huawei

MateBook D 14

Huawei MateBook D 14 1枚目

Ringan dan ramping dengan performa yang hebat

Perincian produk
Close
No.1

LenovoIdeaPad Slim 314ALC6 - ALID

Mulai dari Rp10.089.000,00

Teknologi Eye Care yang ciamik dapat mengurangi cahaya biru layar

Layar laptop apa pun pastinya memancarkan cahaya biru yang dapat merusak mata jika terpapar dalam waktu yang lama. Dengan laptop ini, Anda tidak perlu khawatir mata Anda rusak. Lenovo IdeaPad Slim 3 dilengkapi fitur Eye Care yang dapat mengurangi sinar biru layar. Hal ini mampu mengurangi ketegangan mata, terutama bagi Anda yang memiliki mata yang sensitif. 

No.2

HPVictus 16e0084AX

Mulai dari Rp21.199.000,00

Baterainya tahan lama, solusi bagi editor video dengan mobilitas tinggi

Inspirasi saat mengedit video tentunya bisa datang dari berbagai tempat. Jika Anda suka berpergian demi mencari inspirasi untuk mengedit video, laptop ini adalah jawabannya. 


HP Victus 16 dibekali baterai dengan daya tahan yang lama, yakni hingga 8 jam. Bagi Anda yang sering bepergian, tidak perlu khawatir baterai laptop ini habis di tengah jalan. Dengan produk ini, Anda dapat leluasa mengedit video di mana saja.

No.3

MSICreator M16A11UD-687ID

Mulai dari Rp24.999.000,00

Layarnya dapat direntangkan untuk menampilkan karya

Apakah Anda adalah seorang editor video lepas? Jika iya, pertimbangkanlah produk ini. Hadir dengan layar yang dapat direntangkan hingga 180°, MSI Creator M16 memudahkan Anda untuk menampilkan karya ke klien. 


Produk ini juga dibekali layar dengan rasio 16:10 yang memberikan ruang ekstra untuk editing video. Oleh karena itu, laptop ini sangat cocok untuk Anda yang menggunakan software Adobe untuk editing video. 

No.4

LenovoLegion 5 Pro16ACH6-35ID

Mulai dari Rp20.799.000,00

Visualnya lebih luas berkat bezel yang ramping

Lenovo Legion 5 Pro menawarkan performa kelas profesional bagi Anda yang sering mengedit film. Dengan layar WQXGA dan bezel laptop ini yang ramping, video Anda akan terlihat lebih detail dan akurat. 


Produk ini juga memiliki densitas piksel 34% lebih padat daripada laptop biasa. Tentunya semua fitur produk ini pas untuk Anda yang mencari rekomendasi laptop editing untuk video dengan resolusi 4K.

No.5

ASUSROG Strix SCAR 17G733QR-R937G7T-O

Mulai dari Rp36.999.000,00

Laptop gaming yang mumpuni untuk editing video

ASUS ROG Strix Scar 17 memang dikhususkan untuk gaming. Namun, spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop ini membuatnya sanggup digunakan untuk editing video. Prosesor, GPU, RAM, storage, hingga layar produk ini akan memanjakan editor video.


Produk ini dibekali empat heatsink yang dilapisi tembaga ringan. Hal ini tentunya dapat memperlancar aliran panas dalam laptop untuk performa gaming dan editing yang maksimal. Jika bermain game dan mengedit video menjadi agenda sehari-hari Anda, produk ini adalah pilihannya.

No.6

RazerBlade 14

Mulai dari Rp30.499.000,00

Audionya ultra-immersive untuk suara video yang lebih nyata

Bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan kualitas audio yang optimal untuk editing video, pilihlah produk ini. Teknologi THX Spatial Audio pada Razer Blade 14 dapat menghadirkan suara yang akurat dan stereo.


Dilengkapi GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070, rendering video Anda akan makin lancar dan cepat dengan produk ini. Berbagai fitur yang ada di laptop untuk video editing ini tentu akan sangat membantu bagi content creator. 

No.7

AcerNitro 5 AN515-57-79SC

Mulai dari Rp17.499.000,00

Berbekal kipas ganda, editing video makin lancar

Mengedit video umumnya membutuhkan waktu yang lama. Hal itu dapat meningkatkan risiko overheating pada laptop. Namun, produk ini dapat mengurangi risiko tersebut secara signifikan. Acer Nitro 5 memiliki kipas ganda yang dapat mendinginkan laptop lebih cepat. Produk ini dilengkapi Quad Exhaust yang dapat menyalurkan udara panas di dalam laptop ke luar.


Laptop yang bagus untuk editing ini juga dilengkapi dengan software Nitro Sense untuk mengatur kinerja kipasnya. Selain itu, Anda jadi dapat memonitor performa laptop untuk rendering video yang lebih lancar. Dengan fiturnya tersebut, produk ini cocok untuk Anda yang sering mengedit video dalam jangka waktu yang lama. 

No.8

DELLXPS 15 9510

Mulai dari Rp27.499.000,00

Dilengkapi slot SD card, memindahkan data lebih simpel

Video berkualitas prima tentu direkam dengan kamera yang canggih. Agar data bisa makin mudah dipindah dari kamera ke laptop, DELL XPS 15 dilengkapi slot SD card. Dengan begitu, rekaman Anda akan sampai di laptop secara lebih aman dan efisien.


Produk ini cocok untuk Anda yang gemar mengambil gambar sendiri karena kemudahan pemindahan datanya. Sebagai informasi, port Multiple Thunderbolt 4 produk ini dapat menghubungkannya dengan perangkat videografi seperti mikrofon dan mixing board.

No.9

ASUSZenBook Pro Duo 15UX582LR

Mulai dari Rp41.363.000,00

Multitasking makin mudah berkat Screen Pad Plus

Apabila Anda sering mengedit video sambil membuka banyak tab bersamaan, ASUS ZenBook Pro Duo 15 layak dipertimbangkan. Hadir dengan fitur layar sekunder, laptop ini dapat memperlancar kegiatan editing video Anda. 


Layar tambahan tersebut dikenal dengan ScreenPad™ Plus yang berukuran 14,09 inci. Resolusinya sendiri adalah UHD. Dengan teknologi Active Aerodynamic System Plus, ScreenPad™ Plus dapat dimiringkan untuk meningkatkan sirkulasi udara laptop. 

No.10

HuaweiMateBook D 14Nbl-WAP9R

Mulai dari Rp9.878.000,00

Ringan dan ramping dengan performa yang hebat

Huawei Matebook D14 memiliki berat 1,38 kg dengan ketebalan 15,9 mm sehingga sangat ringan dan ramping. Produk ini cocok bagi mahasiswa jurusan film yang membutuhkan laptop untuk editing


Walaupun kapasitas RAM-nya hanya 8 GB, laptop ini masih cocok untuk mengedit video. Penyebabnya adalah produk ini dibekali GPU Radeon RX Vega 10 yang kuat performanya untuk rendering video. 

Pertanyaan umum seputar laptop untuk editing video

Pertanyaan umum seputar laptop untuk editing video

Setelah mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar laptop untuk editing video. Simaklah jawabannya di bawah ini.

Berapa RAM minimal untuk mengedit video di laptop?

Untuk minimum RAM dalam keperluan video editing, Anda dapat mengacu ke specs requirement dari Adobe Premier Pro. Setidaknya, dibutuhkan RAM 8 GB. Untuk editing video 1080p HD, dibutuhkan RAM 16 GB. Sementara itu, untuk video 4K, dibutuhkan 32 GB RAM.

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Harga laptop untuk editing video memang tinggi. Untuk keperluan yang berbeda, Anda bisa mempertimbangkan produk lain. Kami punya rekomendasi laptop seharga 3 jutaan, 4 jutaan, dan di bawah 5 juta untuk Anda. Silakan baca ulasan selengkapnya dari kami di artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Memilih laptop untuk editing video memang harus mempertimbangkan banyak hal. Tak ada salahnya jika Anda mengutamakan spesifikasi lebih tinggi sebagai investasi. Dengan begitu, Anda tidak mesti berganti laptop dalam waktu dekat seiring perkembangan software dan kualitas video.


Kami berharap Anda bisa menemukan laptop terbaik untuk editing video berdasarkan tips dan rekomendasi produk di atas. Dengan demikian, Anda dapat bekerja dengan nyaman dan menghasilkan karya video yang mengesankan. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer