1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Bantal Sofa yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)

Rasanya kurang lengkap bila sofa di tempat tinggal Anda tidak dilengkapi dengan bantal sofa yang empuk dan nyaman, bukan? Mempercantik tampilan ruangan sekaligus meningkatkan kenyamanan momen relaksasi membuat bantal sofa makin diminati. Bantal sofa dengan isi dan bahan yang bagus akan Anda temukan dalam artikel ini.


Tidak lupa juga kami sertakan cara memilih dan daftar rekomendasi bantal sofa terbaik. Dengan begitu, menentukan bantal sofa yang paling pas menjadi makin mudah dan menyenangkan. Beragam jenis, mulai bantal sofa besar, bulat, hingga minimalis dari merek IKEA, Dekoruma, dan Informa, ada dalam artikel ini. Pilihlah yang paling Anda suka!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bantal sofa

Ada beberapa aspek yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli bantal sofa. Di bawah ini akan kami jelaskan secara mendetail.

① Pilih berdasarkan ukuran bantal sofa

Pilih berdasarkan ukuran bantal sofa

Bantal sofa tentu akan diletakkan di sofa. Mempertimbangkan hal tersebut, sangat baik bila Anda membeli bantal sofa sesuai dengan ukuran sofa yang dimiliki. Bila bantal sofanya terlalu besar, tentu akan memakan banyak tempat sehingga sofa malah menjadi kurang nyaman ditempati. Namun, untuk Anda yang memiliki sofa besar, tentu bantal sofa besar adalah partner tepat.


Sebaliknya, untuk sofa berukuran kecil, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan memilih bantal sofa berukuran kecil. Dimensi yang compact tidak akan membuat bantal membutuhkan banyak tempat untuk ditaruh. Selain itu, ukuran yang kecil juga membuat bantal sofa nampak match dengan sofa. Secara estetika hal itu akan lebih enak dipandang.


Namun, perbandingan antara ukuran bantal dan sofa bukan menjadi satu-satunya acuan. Bila Anda senang memeluk atau melipat bantal menjadi lebih tebal, bantal berukuran besar pantas dipertimbangkan. Di sisi lain, bantal kecil bisa dipilih bila Anda lebih suka menyangga bagian tubuh tertentu dengan bantal.

② Ketahui material lapisan luar

Ketahui material lapisan luar

Bantal sofa tentu memiliki lapisan luar untuk membungkus isiannya. Bahan lapisan luar tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasan singkatnya!


  • Bahan kulit

Baik yang sintetis maupun asli, bahan kulit umumnya memberikan kesan dewasa sekaligus eksklusif. Karena itu, bahan ini cocok dipilih bila Anda menyukai nuansa berkelas sekaligus minimalis.


  • Bahan beludru

Bahan dari fiber sintetis atau alami ini memiliki sentuhan kelembutan yang khas di kulit. Beludru atau velvet tergolong unik karena dapat menimbulkan kesan sederhana dengan sentuhan glamor.


  • Bahan corduroy

Corduroy memiliki tekstur permukaan yang lembut, mirip dengan beludru. Bahan yang terbuat dari serat cotton maupun sintetis ini dikenal dengan pola garis-garis timbul paralel pada permukaannya


  • Bahan katun

Bila Anda mengutamakan kenyaman sentuhan pada kulit, bahan katun adalah pilihannya. Selain lembut di kulit, sirkulasi udaranya pun baik sehingga tidak membuat Anda gerah.


  • Bahan kanvas

Kanvas memiliki aksen unfinished dengan serat kain yang terlihat jelas di permukaannya. Meski bahan ini, terasa sedikit kaku atau kasar di kulit, bahan ini dikenal tebal, awet, dan kuat.


  • Bahan polister

Bagi Anda yang menginginkan ketangguhan bahan, polister atau polyester jawabannya. Bahan ini dikenal tahan akan jamur dan bakteri. Selain itu, polister tidak mudah kusut atau melar sehingga mudah dirawat.


Selain yang diterangkan di atas, ada pula bahan yelvo dan microtex. Yelvo merupakan bahan lembut dengan tekstur bulu-bulu pendek pada permukaannya. Sementara itu, microtex merupakan bahan polister yang dibuat dengan teknologi terbaru. Dibandingkan polister biasa, microtex memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Nah, bahan mana yang menjadi favorit Anda?

③ Periksa bahan isian bantal

Periksa bahan isian bantal

Untuk dijadikan isian bantal, ada dua bahan yang umum dijadikan pilihan oleh para produsen bantal. Kedua bantal tersebut adalah dakron dan silikon. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Karena itu, ketahuilah tentang bahan tersebut dalam uraian singkat di bawah ini.


  • Bahan isian silikon

Bantal berisi silikon memiliki keempukan dan fleksibilitas yang bagus. Tentu saja, silikon yang digunakan sebagai isian bantal berupa serat-serat lembut. Belakangan ini, pembuatannya pun makin inovatif. Misalnya saja, serat silikon dibuat dengan hollow sehingga lebih ringan, membal, dan bersirkulasi udara baik.


  • Bahan isian dakron

Pada dasarnya, nama dakron berasal dari nama merek dagang produk serat tekstil asal Inggris yaitu Dacron. Secara umum, dakron merujuk pada serat halus yang terbuat dari fiber polister. Karakter dakron lebih mudah kering dan tidak mudah kisut. Selain itu, dibandingkan dengan silikon, bahan isian dakron lebih tahan lama.


Baik isian bantal dakron maupun silikon umumnya sama-sama dapat dicuci. Meski begitu, tetaplah perhatikan cara perawatan yang dianjurkan produsen bantal.

④ Perhatikan kemudahan membersihkannya

Perhatikan kemudahan membersihkannya

Bantal sofa akan terus bersinggungan dengan pakaian, baik yang Anda pakai di rumah maupun pakaian yang dipakai sehabis bepergian. Tidak hanya itu, bantal sofa juga bisa menjadi tempat menumpuknya debu dan kotoran. Bisa jadi juga bantal sofa kotor akibat terkena tumpahan makanan atau minuman. 


Dengan berbagai kemungkinan tersebut, kemudahan membersihkan bantal sofa juga sebaiknya Anda cek. Bantal sofa yang mudah dibersihkan akan lebih higienis, kesehatan Anda dan keluarga pun akan lebih terjaga. Bantal sofa yang bersih juga akan membuat tampilannya tetap bagus


Di artikel ini, Anda akan menemukan bantal sofa yang bisa dicuci seluruhnya. Ada pula bantal sofa yang bahan lapisan atau sarungnya dapat dilepas agar proses perawatannya lebih mudah. Produk seperti ini pantas dipertimbangkan oleh Anda yang mengutamakan kehigienisan.

⑤ Pastikan isi per setnya sesuai kebutuhan Anda

Pastikan isi per setnya sesuai kebutuhan Anda

Ada produk yang dijual secara satuan, ada juga produk yang satu setnya berisi lebih dari satu bantal. Jika space sofa Anda terbatas, sebaiknya Anda membeli produk satuan. Dengan membelinya secara satuan, Anda juga makin bebas mengoleksi bantal berdesain variatif sesuka Anda tanpa keluar terlalu banyak dana.


Meski begitu, ada juga orang yang ingin memiliki bantal berdesain selaras atau tidak mau repot membeli bantal sofa berulang kali. Untuk kebutuhan tersebut, bantal yang isi setnya lebih dari satu adalah solusi cerdas. Bantal sofa yang termasuk dalam set tertentu umumnya memiliki desain senada. Tampilan area sofa pun akan makin cantik saat dihiasi banyak bantal berdesain selaras.


Bila Anda membeli bantal sofa secara online, Anda mungkin akan lebih banyak menemukan produk yang dijual satuan. Namun, berkat varganya yang variatif, Anda tentu akan menemukan produk yang sesuai dengan bujet Anda. Terlebih lagi, bila Anda berencana membeli lebih dari satu buah bantal sofa.

⑥ Tentukan bantal sofa berdasarkan desainnya

Tentukan bantal sofa berdasarkan desainnya

Bantal sofa yang beredar di pasaran memiliki desain berbeda satu sama lain. Mulai dari produk bertema karakter kartun, berdesain elegan, dan memiliki tampilan artistik akan Anda temukan. Anda bisa memilih produk dengan desain sesuai selera pribadi.


Anda bisa membeli bantal sofa yang serasi dengan sofa atau tema interior ruangan. Sebagai contoh, Anda bisa membeli bantal sofa berwarna pastel untuk ruangan kekinian. Anda juga bisa membeli produk yang warnanya selaras dengan warna dominan dalam ruangan. Sementara itu, produk yang warnanya kontras dengan warna cat dan furnitur dalam ruangan bisa memberikan aksen pada interior Anda.


Ada juga produk yang desainnya polos atau tanpa sarung bantal. Produk ini tetap sangat menarik Anda miliki. Toh, Anda bisa membeli sarung bantalnya secara terpisah untuk menampilkan desain yang diinginkan, bukan?

10 Rekomendasi bantal sofa terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal sofa terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Restking

Bantal Kursi

Restking Bantal Kursi 1枚目

Ukurannya jumbo, antibakteri pula!

2

KENDRA

Bantal Sofa Cat Lover

KENDRA Bantal Sofa Cat Lover 1枚目

Bergambar kucing lucu, jadikan bantal ini super imut

3

J&J

Bantal Donut Aneka Rasa

J&J Bantal Donut Aneka Rasa 1枚目

Lebih playful dengan bantal donat yang terlihat yummy!

4

Up Space

Kira Mini Pillow

Up Space Kira Mini Pillow 1枚目

Pilihan ekonomis untuk ruangan bergaya minimalis

5

Informa

Isian Bantal Sofa Non Woven

Informa Isian Bantal Sofa Non Woven 1枚目

Lembut dan empuk, tidak panas meski lama digunakan

6

Krafti Project & Living

Bolster Cushion

Krafti Project & Living Bolster Cushion 1枚目

Bentuk memanjang, bisa berfungsi sebagai bantal pinggang

7

Ebonia

Bantal Bulat Velvet

Ebonia Bantal Bulat Velvet 1枚目

Tampilannya akan memberikan kesan mewah pada ruangan Anda

8

Dekoruma

Glerry Home Decor Eye Cushion

Dekoruma Glerry Home Decor Eye Cushion 1枚目

Tonjolkan sisi artistik di ruangan Anda

9

IKEA

KRANSBORRE Bantal Kursi

IKEA KRANSBORRE Bantal Kursi 1枚目

Tonjolkan sisi lembut dan feminin di ruang tamu Anda

10

Bantal Sofa Kulit Sintetis

 Bantal Sofa Kulit Sintetis 1枚目

Makin elegan berkat penggunaan kulit sintetis

Perincian produk
Close
No.1

Ukurannya jumbo, antibakteri pula!

Bantal sofa ekstra besar sekaligus sangat mudah dijaga kebersihannya bisa Anda dapatkan sekaligus dengan membeli produk ini! Memiliki ukuran 70 cm x 70 cm, produk ini sangat besar dan nyaman dipeluk atau dijadikan sandaran kepala.


Selain itu, produk ini juga dirancang antibakteri sehingga tidak akan menjadi sarang kuman meski digunakan bertahun-tahun. Produk ini bisa dicuci bila kotor, odourless, anti-dust mites, dan hypoallergenic. Karena itu, menjaga kebersihan produk ini terasa begitu mudah!

No.2

KENDRABantal Sofa Cat Lover

Mulai dari Rp79.000,00

Bergambar kucing lucu, jadikan bantal ini super imut

Anda yang menyukai benda-benda dengan tampilan super imut sebaiknya segera memilih produk ini. Hadir dengan tema karakter kucing yang sedang meminum susu, produk ini terlihat sangat atraktif dan cute. Selain visualnya yang lucu, lapisan luarnya berbahan katun yang lembut di kulit. Dengan tekstur bantal yang empuk dan lembut, bantal ini pun makin nyaman dipeluk berlama-lama.

No.3

J&JBantal Donut Aneka Rasa

Mulai dari Rp45.000,00

Lebih playful dengan bantal donat yang terlihat yummy!

Agar sofa yang berdesain plain tidak terkesan garing, hiasilah dengan bantal donat yang satu ini. Bantal ini terlihat realistis dengan topping aneka warna yang tampak lezat. Ada yang berhias topping strawberry, cokelat, kacang, dan sebagainya. Adanya hiasan tersebut menjadikan produk ini terlihat makin menarik sekaligus playful. Bantal donat colorful ini tentu akan membuat ruangan Anda lebih berwarna!

No.4

Up SpaceKira Mini Pillow

Mulai dari Rp29.000,00

Pilihan ekonomis untuk ruangan bergaya minimalis

Tinggal di apartemen studio atau indekos paviliun adalah hal yang biasa bagi milenial masa kini. Mereka pun harus memanfaatkan dengan baik area tinggal yang tentu tidak terlalu luas. Namun, bila Anda ingin meningkatkan nuansa estetis di dalamnya, hiasilah dengan mini pillow yang satu ini.


Dengan harga yang ekonomis, bantal ini memang dibuat berukuran kecil. Keberadaannya akan mempercantik ruangan Anda tanpa membuatnya sesak. Terlebih lagi, bila Anda mengusung konsep lesehan di ruangan Anda, produk ini sangat ideal untuk dipilih!

No.5

InformaIsian Bantal Sofa Non Woven

Mulai dari Rp59.000,00

Lembut dan empuk, tidak panas meski lama digunakan

Informa menghadirkan bantal sofa yang mengutamakan kenyamanan penggunanya. Bantal ini memanjakan penggunanya dengan tekstur yang lembut dan empuk. Tekstur tersebut akan membuat Anda betal berlama-lama memeluknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bantal ini diklaim tidak akan terasa panas meski lama digunakan. Berikutnya, Anda tinggal memilih sarung bantal yang sesuai selera!

No.6

Krafti Project & LivingBolster Cushion

Mulai dari Rp178.000,00

Bentuk memanjang, bisa berfungsi sebagai bantal pinggang

Selain diletakkan di ruang tamu untuk menerima tamu, sofa juga menjadi tempat bersantai. Agar agenda bersantai di sofa makin nyaman, milikilah bantal panjang yang satu ini. Selain empuk dipeluk, bantal ini bisa digunakan sebagai bantal pinggang. Anda dapat duduk dengan lebih relaks sambil menikmati secangkir minuman hangat sepulang bekerja. Bagi Anda yang menginginkan bantal sofa yang serbaguna, pilih produk ini.

No.7

EboniaBantal Bulat Velvet

Mulai dari Rp242.000,00

Tampilannya akan memberikan kesan mewah pada ruangan Anda

Bahan beludru atau velvet dikenal memberikan sentuhan nuansa mewah. Bila kemewahan adalah konsep interior Anda, pertimbangkanlah produk ini. Berbalut kain beludru halus dengan aksen kerutan di permukaannya, bantal ini menampilkan kesan klasik. Tidak hanya lembut disentuh, teksturnya pun nyaman dipeluk. Selain itu, produk ini hadir dalam pilihan warna-warna yang glamorous!

No.8

DekorumaGlerry Home Decor Eye Cushion

Mulai dari Rp165.000,00

Tonjolkan sisi artistik di ruangan Anda

Dengan motif mozaik beragam binatang, bantal sofa ini terlihat artistik. Bagian depannya berbahan kanvas yang kuat, sementara bagian belakangnya merupakan kain katun yang lembut. Uniknya, secara keseluruhan bantal ini mengusung konsep Scandinavian. Anda yang ingin memperkuat sisi artistik interior sebaiknya menghias sofa dengan bantal sofa yang layaknya karya seni ini.

No.9

IKEAKRANSBORRE Bantal KursiMerah muda terang

Mulai dari Rp149.000,00

Tonjolkan sisi lembut dan feminin di ruang tamu Anda

Bila tema ruang tamu Anda adalah shabby chic, produk ini tepat untuk dipilih. Dengan bentuk lingkaran bak bunga yang sedang mekar, bantal cantik ini akan memberikan kesan feminin pada ruang tamu Anda. Hal itu didukung dengan warna merah mudanya yang lembut. Dibuat dari polister daur ulang dan mudah dirawat, tentu menjadi nilai plus tersendiri dari bantal kursi IKEA ini.

No.10

Bantal Sofa Kulit Sintetis

Mulai dari Rp94.000,00

Makin elegan berkat penggunaan kulit sintetis

Adanya hiasan ruangan berbahan kulit akan membuat ruangan terlihat makin berkelas. Untuk mewujudkan hal tersebut, bantal sofa ini bisa Anda jadikan pilihan. Dibuat menggunakan kulit sintetis, produk ini terkesan elegan saat ditempatkan di sofa, terlebih sofa berbahan kulit.


Tidak hanya itu, material kulit sintetis tersebut juga menjadikan produk ini sangat tahan noda sekaligus antiair. Membersihkannya sangat mudah, Anda bahkan tidak perlu repot mencucinya berulang kali saat terkena cairan atau tumpahan.

Baca juga rekomendasi jenis bantal lainnya di sini

Meskipun terkesan sebagai barang yang sepele, nyatanya bantal tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Karena itu, sebaiknya temukanlah produk bantal terbaik untuk menemani kegiatan Anda sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini!

Kesimpulan

Bantal sofa dapat mempercantik ruangan sekaligus meningkatkan kenyamanan Anda saat bersantai di sofa. Anda bisa memilih bantal sofa dengan ukuran dan desain sesuai preferensi pribadi.


Sebelum memutuskan untuk membeli, mengecek material sarung dan isian bantal adalah langkah yang tepat. Pastikan juga isi per setnya cocok dengan jumlah yang Anda butuhkan. Periksa juga kemudahan membersihkan bantal sofa dan nikmati setiap momen bersantai di sofa!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer