• 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Printer HP merupakan salah satu produk pencetak terbaik saat ini. HP atau Hewlett Packard merupakan salah satu produsen elektronik kantor yang memiliki reputasi sangat baik. Ada berbagai jenis yang mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan, mulai dari DeskJet, LaserJet, ataupun Sprocket.


Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih printer HP terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan menguraikan beberapa produk printer HP yang mungkin sesuai untuk Anda. Jadi, apabila Anda bingung untuk menentukan pilihan, ikuti artikel ini sebagai pedoman Anda! 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nunik Utami
  • Pembaharuan terakhir: 26 Maret 2021
Daftar isi

Keunggulan printer HP dibandingkan printer lainnya

Dibandingkan printer dari merek lainnya, printer HP memiliki banyak keunggulan, lho! Keunggulan pertama adalah memiliki paket yang dapat dipercaya. Apabila Anda sedang mencari printer multifungsi, HP memiliki printer yang dapat digunakan untuk mencetak, mengopi, scanning, maupun mengirimkan faksimile.


Selain itu, hasil cetak printer HP juga memiliki kualitas yang tidak ada bandingannya. Harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Keunggulan yang paling penting adalah printer HP sangat mudah dikoneksikan pada perangkat Anda apa pun jenisnya. Jadi, sudah tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk memilih printer HP.

Cara memilih printer HP

Berikut ini adalah beberapa tips saat memilih printer HP. Karena ada berbagai jenis dan fungsi, Anda harus mempelajarinya untuk mendapatkan printer HP yang Anda idamkan.

Pilih berdasarkan penggunaannya

Hal yang penting ketika memilih printer adalah penggunaannya. Anda harus benar-benar memastikan untuk apa dan di mana Anda akan menggunakan printer yang Anda beli.

Printer kecil, untuk penggunaan di rumah

Untuk penggunaan di rumah, Anda tidak perlu mencari printer dengan ukuran besar. Ukuran yang kecil dan dapat diletakkan di atas meja sudah cukup untuk penggunaan di dalam rumah. Ada tiga jenis printer HP yang dapat Anda gunakan di dalam rumah, yaitu HP Ink Tank, HP DeskJet, dan HP Sprocket Photo Printer.


HP Ink Tank memiliki tempat khusus untuk tinta yang berada di luar bodi printer. Oleh karena itu, biasanya HP Ink Tank memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan printer biasa. Dengan printer ini, Anda tidak perlu membuka katrij printer apabila ingin mengisi ulang tinta. Penggunaan tintanya pun lebih hemat. Printer jenis ini sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak, seperti makalah, proposal, dan lain-lain. 


Printer untuk penggunaan di rumah yang kedua adalah HP DeskJet. HP DeskJet memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan HP Ink Tank. HP DeskJet sangat sesuai apabila diletakkan di atas meja kerja atau meja belajar karena tidak makan tempat. Selain itu, HP DeskJet juga memiliki warna dasar putih yang akan menambah kesan manis ruangan Anda. 


Jenis printer yang terakhir adalah HP Sprocket Photo Printer. Printer satu ini memiliki fungsi khusus untuk mencetak foto. Anda dapat mencetak foto dari ponsel atau kamera melalui koneksi Bluetooth yang dimilikinya.

Printer kapasitas cetak besar, cocok untuk usaha

Selain untuk penggunaan di dalam rumah, ada juga printer untuk kantor atau kegiatan usaha seperti usaha cetak. HP OfficeJet, HP LaserJet, HP PageWide, dan HP DesignJet adalah jenis printer usaha yang dapat Anda pilih.


HP OfficeJet dan HP LaserJet difungsikan untuk penggunaan kantor seperti mencetak dan mengopi dalam jumlah banyak. Ada juga beberapa tipe yang dapat digunakan untuk scanning maupun mengirimkan faksimile.


Sementara untuk Anda yang memiliki usaha percetakan, HP PageWide dan HP DesignJet merupakan pilihan yang tepat. Kedua jenis printer ini memang dikhususkan untuk penggunaan cetak media dalam jumlah besar. Ukuran kertasnya pun dapat mencapai ukuran A0. 

Pastikan kapasitas maksimum print dalam satu bulan

Hal kedua yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih printer adalah berapa banyak yang ingin Anda cetak dalam satu bulan. Mencetak melebihi kapasitas cetak dapat memperpendek umur printer Anda. Anda harus benar-benar memastikan printer yang Anda inginkan dapat mencetak sebanyak yang Anda inginkan.

Printer inkjet, hanya dapat mencetak dalam skala kecil

Printer inkjet biasanya digunakan untuk mencetak di rumah atau kantor ukuran kecil. Dalam satu bulan, rata-rata printer jenis inkjet hanya dapat mencetak maksimum 1.000 halaman kertas. Karena menggunakan tinta cair pada katrijnya, biasanya HP inkjet memiliki harga yang lebih ekonomis. 


Anda dapat menyuntikkan tinta tambahan ketika tinta pada katrij habis. Apabila Anda membeli printer dengan tangki tinta di luar bodi, Anda dapat menambahkan tintanya pada tangki. Printer HP inkjet di antaranya adalah HP DeskJet, HP Ink Tank, HP Smart Tank, dan HP OfficeJet.

Printer LaserJet, dapat mencetak banyak dalam waktu singkat

Berbeda dengan printer inkjet, printer LaserJet mencetak menggunakan tinta berbentuk serbuk atau yang biasa disebut toner. Hal ini membuat printer LaserJet dapat mencetak cepat seperti laser dalam waktu singkat. Apabila toner printer habis, Anda harus mengganti toner yang berharga lebih mahal dibandingkan tinta cair.


Karena harga toner-nya yang mahal, printer jenis LaserJet biasanya hanya mampu mencetak hitam putih saja. Akan tetapi, apabila Anda ingin mencetak dengan color print, Anda juga dapat membeli model HP Color LaserJet. Kebanyakan printer LaserJet memiliki kapasitas cetak hingga 20.000 halaman per bulan. 

Tentukan fungsi lain yang Anda inginkan

Selain untuk mencetak, terdapat fungsi lain printer yang dapat Anda pilih, seperti scanning, mengopi, dan mengirimkan faksimile. Printer yang dapat digunakan untuk mencetak, scanning, mengopi ini sering disebut sebagai printer all-in-one. Sementara untuk printer yang juga dapat mengirimkan faksimile, HP memiliki kode MFP atau multifunction printer.


Jika produsen printer lainnya biasanya memberikan harga yang mahal untuk printer all-in-one dan printer MFP, tidak demikian dengan HP. HP memasang harga yang lebih ekonomis dan sangat ramah di kantong bahkan untuk mahasiswa sekalipun.

Cek koneksi printer

Koneksi printer sangat memengaruhi bagaimana Anda akan mencetak pada printer Anda. Kebanyakan printer menggunakan koneksi USB. Akan tetapi, terdapat juga koneksi Bluetooth, Wi-Fi, ataupun Ethernet yang dapat Anda pilih.

Perhatikan ukuran kertas untuk mencetak

Perhatikan ukuran kertas untuk mencetak

Selain kapasitas mencetak dalam satu bulan, hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kertas untuk mencetak. Misalnya saja, HP Sprocket Photo Printer hanya dapat mencetak dengan kertas foto ukuran 2 x 3 inci saja. Jadi, Anda tidak dapat mencetak dalam kertas A4 dengan HP Sprocket Photo Printer.


Kebanyakan printer HP dapat mencetak hingga ukuran kertas A4 atau kertas letter saja. Akan tetapi, ada juga beberapa tipe yang dapat mencetak dalam kertas A3 atau lebih besar. Beberapa tipe printer yang dapat mencetak kertas A3 di antaranya adalah HP OfficeJet, HP LaserJet, dan juga HP DesignJet.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi printer HP terbaik

Setelah Anda mengetahui tips memilih printer HP, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk untuk Anda. Beberapa merupakan printer untuk penggunaan di rumah dan sebagian lainnya merupakan produk untuk usaha Anda.

10

HPDesignJet T125 24-in Printer

5ZY57A

Mulai dari Rp 13.750.000,00

PenggunaanUsaha
Tipe printerInkjet
Kapasitas cetakTidak dijelaskan
FungsiPrint
KoneksiEthernet, USB, Wi-Fi
Ukuran kertasA4, A3, A2, A1
Dimensi 987 mm x 530 mm x 285 mm
Berat25.000 gram
9
PenggunaanKantor
Tipe printerLaserJet
Kapasitas cetak8.000 halaman per bulan
FungsiPrint
KoneksiUSB, Wi-Fi
Ukuran kertasA4, A5, A6, DL envelope, custom
Dimensi 345,44 mm x 190,5 x 160,02 mm
Berat3.810 gram
8

HPColor LaserJet Pro MFP M281fdw Printer

T6B82A

Mulai dari Rp 10.999.000,00

PenggunaanKantor
Tipe printerLaserJet
Kapasitas cetak40.000 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan, fax
KoneksiEthernet, USB, Wi-Fi
Ukuran kertasLetter, legal, executive, oficio, A4, A5, A6, B6, 16K, postcard, DL envelope
Dimensi 420 mm x 421,7 mm x 334,1 mm
Berat18.700 gram
7

HPSprocket Photo Printer

X7N07A

Mulai dari Rp 2.176.000,00

PenggunaanPersonal
Tipe printerPortable ZINK
Kapasitas cetakTidak dijelaskan
FungsiPrint
KoneksiBluetooth
Ukuran kertasPhoto 2 x 3 inci, custom
Dimensi 74,93 mm x 116,08 mm x 24,11 mm
Berat171 gram
6

HPPageWide Pro 477dw Multifunction Printer

D3Q20D

Mulai dari Rp 14.110.000,00

PenggunaanUsaha
Tipe printerPageWide array
Kapasitas cetak50.000 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan, fax
KoneksiEthernet, USB, Wi-Fi
Ukuran kertasOficio, A4, A5, A6, B5, B6, 16K, hagaki, envelope
Dimensi 530 mm x 407 mm x 467 mm
Berat22.150 gram
5

HPSmart Tank 615 Wireless All-in-One Printer

Y0F71A

Mulai dari Rp 3.449.000,00

PenggunaanPersonal
Tipe printerInkjet
Kapasitas cetak1.000 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan, fax
KoneksiUSB, Wi-Fi, Bluetooth
Ukuran kertasA4, B5, A6, DL envelope, legal
Dimensi 449 mm x 373 mm x 198 mm
Berat6.190 gram
4

HPDeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer

7GE65B

Mulai dari Rp 729.000,00

PenggunaanPersonal
Tipe printerInkjet
Kapasitas cetak1.000 halaman per bulan
FungsiPrint, scan, copy
KoneksiUSB
Ukuran kertasA4, B5, A6, DL envelope
Dimensi 425 mm x 304 mm x 149 mm
Berat3.420 gram
3

HPNeverstop Laser MFP 1200w Printer

4RY26A

Mulai dari Rp 4.069.000,00

PenggunaanKantor
Tipe printerLaserJet
Kapasitas cetak20.000 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan
KoneksiUSB, Wi-Fi
Ukuran kertasA6, A5, A4, letter, envelope, B5
Dimensi380,5 mm x 293,4 mm x 287 mm
Berat8.730 gram
2
PenggunaanPersonal
Tipe printerInkjet
Kapasitas cetak1.000 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan
KoneksiUSB, Wi-Fi
Ukuran kertasA4, B5, A6, DL envelope
Dimensi 525 mm x 310 mm x 158 mm
Berat4.670 gram
1

HPOfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer

CZ992A

Mulai dari Rp 5.500.000,00

PenggunaanKantor
Tipe printerPortable inkjet
Kapasitas cetak500 halaman per bulan
FungsiPrint, copy, scan
KoneksiUSB, Wi-Fi, Bluetooth
Ukuran kertasA4, A5, A6, B5, envelope, photo
Dimensi 379,98 mm x 198,12 mm x 91,44 mm
Berat3.053 gram

Tabel perbandingan produk printer HP terbaik

Gambar produk
1
HP OfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer 1

HP

2
HP Ink Tank Wireless 419 Printer 1

HP

3
HP Neverstop Laser MFP 1200w Printer 1

HP

4
HP DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer 1

HP

5
HP Smart Tank 615 Wireless All-in-One Printer 1

HP

6
HP PageWide Pro 477dw Multifunction Printer 1

HP

7
HP Sprocket Photo Printer 1

HP

8
HP Color LaserJet Pro MFP M281fdw Printer 1

HP

9
HP LaserJet Pro M15w Printer 1

HP

10
HP DesignJet T125 24-in Printer 1

HP

Nama produk

OfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer

Ink Tank Wireless 419 Printer

Neverstop Laser MFP 1200w Printer

DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer

Smart Tank 615 Wireless All-in-One Printer

PageWide Pro 477dw Multifunction Printer

Sprocket Photo Printer

Color LaserJet Pro MFP M281fdw Printer

LaserJet Pro M15w Printer

DesignJet T125 24-in Printer

Keunggulan

Portable dan compact untuk segala kegiatan

Tangki tinta di luar bodi memudahkan pengisian

Tidak perlu mengganti toner!

Didesain manis untuk meja Anda

Fotokopi dan scan jadi lebih cepat!

Secepat printer laser dengan tinta cair

Mencetak foto juga stiker!

Halaman berwarna juga bisa, lho!

Mencetak akan cepat selesai dengan printer ini!

Harga terjangkau untuk usaha percetakan

Harga mulai dariRp 5.500.000,00Rp 2.549.000,00Rp 4.069.000,00Rp 729.000,00Rp 3.449.000,00Rp 14.110.000,00Rp 2.176.000,00Rp 10.999.000,00Rp 2.055.000,00Rp 13.750.000,00
PenggunaanKantorPersonalKantorPersonalPersonalUsahaPersonalKantorKantorUsaha
Tipe printerPortable inkjetInkjetLaserJetInkjetInkjetPageWide arrayPortable ZINKLaserJetLaserJetInkjet
Kapasitas cetak500 halaman per bulan1.000 halaman per bulan20.000 halaman per bulan1.000 halaman per bulan1.000 halaman per bulan50.000 halaman per bulanTidak dijelaskan40.000 halaman per bulan8.000 halaman per bulanTidak dijelaskan
FungsiPrint, copy, scanPrint, copy, scanPrint, copy, scanPrint, scan, copyPrint, copy, scan, faxPrint, copy, scan, faxPrintPrint, copy, scan, faxPrintPrint
KoneksiUSB, Wi-Fi, BluetoothUSB, Wi-FiUSB, Wi-FiUSBUSB, Wi-Fi, BluetoothEthernet, USB, Wi-FiBluetoothEthernet, USB, Wi-FiUSB, Wi-FiEthernet, USB, Wi-Fi
Ukuran kertasA4, A5, A6, B5, envelope, photoA4, B5, A6, DL envelopeA6, A5, A4, letter, envelope, B5A4, B5, A6, DL envelopeA4, B5, A6, DL envelope, legalOficio, A4, A5, A6, B5, B6, 16K, hagaki, envelopePhoto 2 x 3 inci, customLetter, legal, executive, oficio, A4, A5, A6, B6, 16K, postcard, DL envelopeA4, A5, A6, DL envelope, customA4, A3, A2, A1
Dimensi 379,98 mm x 198,12 mm x 91,44 mm525 mm x 310 mm x 158 mm380,5 mm x 293,4 mm x 287 mm425 mm x 304 mm x 149 mm449 mm x 373 mm x 198 mm530 mm x 407 mm x 467 mm74,93 mm x 116,08 mm x 24,11 mm420 mm x 421,7 mm x 334,1 mm345,44 mm x 190,5 x 160,02 mm987 mm x 530 mm x 285 mm
Berat3.053 gram4.670 gram8.730 gram3.420 gram6.190 gram22.150 gram171 gram18.700 gram3.810 gram25.000 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Selain printer HP, ada juga beberapa rekomendasi printer terbaik lainnya yang dapat Anda lihat di sini. Beberapa printer merupakan portable printer yang dapat dibawa-bawa dan mencetak secara instan. Ada juga printer dengan jenis inkjet yang dapat Anda pilih untuk mencetak skala kecil menengah.

Kesimpulan

Anda sudah membaca tips memilih printer HP dan juga beberapa rekomendasi produk yang kami berikan. Anda dapat memilih berdasarkan penggunaan, kapasitas cetak per bulan, jenis printer, maupun ukuran kertas.


Printer HP memiliki banyak model yang dapat Anda pilih. Kualitasnya pun dapat bersaing dengan printer merek lainnya. Jadi, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Jika belum, jadikanlah artikel ini sebagai pedoman mencari printer HP impian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer terbaik yang ada di pasaran adalah Epson. Seiko Epson, atau dikenal dengan Epson, merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto.Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, EcoTank, dan printer A3. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin tidak asing lagi dengan scanner dokumen. Alat ini dibutuhkan untuk menduplikasi dokumen-dokumen Anda untuk disimpan dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Ada berbagai merek scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Plustek, Canon, hingga Epson.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk scanner dokumen terbaik. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Simak artikel ini untuk menemukan produk scanner dokumen terbaik yang cocok bagi Anda.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini kebutuhan mesin cutting sticker makin meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, kini banyak juga yang mencari mesin cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merk, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer label saat ini sudah tidak asing bagi sebagian banyak orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, harga barang, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Bila Anda berencana membeli printer label, simak artikel ini dengan baik. Kami akan berikan tips dan rekomendasi printer label dari berbagai merk yang bagus! Printer label dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Jadi, simak artikelnya sampai habis, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk melindungi dokumen penting dari kotoran dan kerusakan adalan melaminasinya menggunakan mesin laminating. Meski sepintas terlihat sama, ternyata terdapat bermacam-macam mesin laminating. Di antaranya adalah mesin laminating A3, mesin laminating roll, mesin laminating untuk ukuran kertas A4, dan banyak lainnya. Spesifikasi dan kualitas yang berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, kami akan mengulas cara memilih mesin laminating terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal, seperti Dynamic, Joyko, GBC, dan lainnya. Simaklah sampai akhir!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa dicetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, Anda juga akan menemukan produk dengan variasi dan merek yang beragam, seperti Amano dan Solution. Hal ini bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar Anda memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. Kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Jilid Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jilid Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin jilid buku sangat berguna dalam membuat booklet dan material untuk suatu acara. Perusahaan percetakan biasanya menggunakan mesin jilid buku otomatis. Namun, kini banyak mesin jilid buku manual dengan harga terjangkau yang bisa Anda gunakan juga di rumah.   Tidak familier dengan mesin jilid buku? Tenang, kami akan menjelaskan cara memilihnya untuk Anda. Kami juga akan mengulas beberapa produk mesin jilid buku dari Gemet, Promaxi, atau Origin. Ada mesin jilid teknik spiral dan lem panas, lho. Yuk, scroll ke bawah dan temukan mesin jilid buku yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori