• 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat menyebutkan satu skincare lokal populer di Indonesia, Wardah mungkin menjadi brand yang top of mind. Wardah telah menjadi merek beauty care yang banyak diminati karena kualitasnya yang bagus, mudah didapatkan, dan harganya terjangkau. Salah satu produk Wardah yang patut dicoba adalah serum wajahnya. Wardah memiliki berbagai serum, baik untuk kulit kering, berminyak, hingga antiaging.


Silakan simak penjelasan kami tentang tips memilih serum Wardah yang bagus berikut ini. Kami juga akan me-review beberapa serum Wardah untuk Anda, seperti Wardah Renew You, Crystallure, dan Nature Daily. Pastikan Anda membacanya sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keunggulan serum Wardah

Tahukah Anda, ternyata Wardah telah berdiri sejak tahun 1995, lho. Merek yang didirikan oleh Nurhayati Subakat ini menjadi pionir brand lokal yang mengusung kosmetik dan skincare berlabel halal. Selain halal, mutu produk yang bagus dan harga terjangkau, membuat Wardah mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumennya. 


Wardah juga tak henti-hentinya mengembangkan formulanya, termasuk formula dalam produk serum. Berbagai serum yang dimiliki Wardah diformulasikan untuk menjawab berbagai kebutuhan kulit agar tetap sehat dan terawat. Produk serum Wardah dikemas dalam kemasan kecil yang praktis dibawa travelling. Bacalah terus artikel ini hingga tuntas untuk mengenal lebih dalam tentang serum Wardah.

Cara memilih serum Wardah

Wardah memiliki berbagai jenis serum yang bisa Anda pilih. Kami akan menjelaskan cara memilih serum Wardah dalam beberapa poin berikut ini. Simak penjelasan kami dengan saksama agar Anda tidak salah pilih.

Ketahui varian serum wajah Wardah

Wardah termasuk brand beauty care yang memiliki banyak lini produk. Untuk produk face serum-nya saja, Wardah membaginya dalam beberapa lini yang disesuaikan dengan kondisi kulit dan segmen harga. Mari simak varian lengkap serum wajah Wardah berikut ini!

Nature Daily, ekonomis dan cocok untuk pemula

Wardah Nature Daily merupakan varian skincare Wardah yang terbilang paling basic. Untuk Anda yang pemula dalam dunia skincare atau baru akan mencoba serum wajah, Anda dapat mempertimbangkan Nature Daily serum. 


Pasalnya, serum wajah ini memiliki harga yang terjangkau dan dikemas dalam ampul kecil. Satu paknya berisi lima ampul dan setiap ampul berisi 5 ml cairan serum. Karena packaging dan harganya yang ekonomis, tentu Anda tak akan rugi jika ingin mencobanya. 


Serum wajah ini terdiri dari dua varian, yaitu Aloe Hydramild Serum dan Witch Hazel Purifying Serum. Apa bedanya? Aloe Hydramild Serum diperuntukkan bagi kulit kering, sedangkan Witch Hazel Purifying Serum cocok untuk kulit berminyak. 

C-Defense, serum vitamin C untuk menangkal radikal bebas

Debu, polusi, dan paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kulit Anda. Kulit kusam, hiperpigmentasi, dan skin barrier menurun, bisa terjadi jika Anda tak melindungi kulit dengan skincare yang tepat. 


Untuk menjawab permasalah tersebut, Wardah menciptakan C-Defense Serum yang kaya akan antioksidan. Formula vitamin C dalam produk ini memakai hi-grade vitamin C yang bekerja lebih optimal tanpa membuat kulit iritasi. Serum ini kami rekomendasikan untuk Anda yang kerap terpapar radikal bebas.

Lightening, mencegah efek negatif paparan blue light

Selama 24 jam, berapa lama Anda menatap layar laptop, komputer, atau smartphone? Layar gadget memancarkan sinar biru (blue light) dan hal itu dapat berdampak pada kondisi kulit Anda. Tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kusam dan munculnya flek hitam, bisa diakibatkan oleh efek blue light


Anda dapat menanggulanginya dengan serum yang mencerahkan, seperti pada Lightening Serum Ampoule ini. Tak hanya kulit kusam, noda bekas jerawat juga bisa diatasi serum ini. Hal itu berkat kandungan advanced niacinamide-nya yang diklaim sepuluh kali lebih kuat. Jika Anda sedang stres dengan bekas jerawat dan noda hitam di wajah, pertimbangkan serum ini, ya. 

Hydra Rose, menghidrasi kulit selama 72 jam

Apa yang ada di pikiran Anda ketika melihat kemasan serum Wardah yang satu ini? Cantik, mungkin itu yang Anda pikirkan, ya. Tak seperti serum Wardah lainnya, Hydra Rose tampil memikat dengan warna soft pink yang cantik. Jika Anda perhatikan, cairan serum di dalamnya terdiri dari butiran HydraMoist Micro Gel. Butiran gel lembut inilah yang akan menjaga kelembapan kulit Anda hingga 72 jam!


Kulit yang lembap dan terhidrasi adalah salah satu kunci kulit yang sehat. Tak hanya kulit kering yang membutuhkan hidrasi, kulit berminyak juga tetap perlu dihidrasi. Serum yang baik untuk semua jenis kulit ini bisa Anda pilih jika Anda mencari serum untuk mengunci kelembapan kulit. 

Crystal Secret, kulit flawless sebening kristal

Mirip Lightening Serum, Crystal Secret juga berfungsi sebagai serum pencerah yang bisa menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Bedanya, Lightening Serum hadir dalam kemasan ampul, sedangkan Crystal Secret hadir dalam botol pipet. 


Kandungan bahan pencerahnya pun lebih beragam. Pada Crystal Secret, selain niacinamide, terdapat bahan pencerah lainnya, seperti alpha arbutin dan ekstrak bunga edelweiss. Serum Crystal Secret teruji klinis dapat mencerahkan, menyamarkan flek hitam, dan memudarkan bekas jerawat.

Renew You, formula antiaging untuk menyamarkan tanda penuaan

Renew You merupakan lini skincare Wardah yang mengunggulkan formula antiaging sebagai benefit utamanya. Oleh karena itu, serum wajah ini cocok untuk Anda yang ingin menyamarkan tanda-tanda penuaan dan merawat elastisitas kulit


Selain serum, Renew You juga memiliki eye cream, essence, dan rangkaian lainnya yang bagus untuk merawat kulit mature. Untuk hasil terbaik, silakan gunakan serum antiaging ini bersama rangkaian skincare Renew You lainnya, ya.

Pilih berdasarkan masalah kulit Anda

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhannya sendiri, terutama kulit wajah. Memilih serum yang salah berisiko membuat kondisi kulit Anda makin tidak karuan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih serum untuk kulit kering, berminyak, hingga kulit berjerawat dan beruntusan.

Kulit kering: Pilih serum yang melembapkan

Kulit kering: Pilih serum yang melembapkan

Jika Anda memiliki kulit kering, pilihah serum yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap untuk kulit kering, antara lain Aloe vera, rose oilhyaluronic acid, vitamin E, dan seaweed


Pada dasarnya, semua varian serum Wardah memiliki kandungan yang melembapkan kulit. Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum yang diformulasi untuk kulit berminyak sekalipun juga mengandung agent moisturizing. Namun, untuk efek moisturizing yang lebih tahan lama, serum Hydra Rose bisa Anda pilih. 

Kulit berminyak: Gunakan serum yang mampu mengontrol sebum

Kulit berminyak: Gunakan serum yang mampu mengontrol sebum

Bagi pemilik kulit berminyak, Anda membutuhkan kandungan bahan yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih. Kandungan serum Wardah yang bisa membantu mengendalikan produksi minyak di wajah adalah ekstrak witch hazel. Kandungan ini bisa Anda dapatkan pada varian Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum.


Masalah lain yang kerap dialami pemilik kulit berminyak adalah tersumbatnya pori-pori kulit. Debu dan kotoran akan lebih mudah menempel pada kulit yang berminyak. Kotoran tersebut nantinya bisa menyumbat pori-pori kulit Anda. Ekstrak witch hazel juga berfungsi sebagai astrigent yang membantu meringkas pori-pori.

Kulit kusam: Temukan serum dengan kandungan pencerah

Kulit kusam: Temukan serum dengan kandungan pencerah

Sinar matahari dan polusi dapat membuat kulit tampak kusam serta kehilangan cahaya alaminya. Selain itu, noda bekas jerawat juga turut andil dalam membuat kulit tampak kusam. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu memilih serum yang dapat mencerahkan kulit.


Brightening agent yang sering kali digunakan untuk mencerahkan kulit adalah vitamin C, niacinamide, ekstrak edelweiss, dan alpha arbutin. Kandungan tersebut dapat Anda temukan dalam Lightening Serum, C-Defense, dan Crystal Secret. 

Kulit beruntusan dan berjerawat: Pilih serum yang menenangkan kulit

Kulit beruntusan dan berjerawat: Pilih serum yang menenangkan kulit

Kulit breakout, seperti munculnya beruntusan dan jerawat, bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satu sebabnya adalah kondisi kulit yang stres atau sensitif terhadap kandungan makeup atau skincare tertentu. 


Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, gunakanlah serum dengan ingredients yang calming atau menenangkan kulit. Serum dengan kandungan bisabolol yang bersifat anti-inflamasi bisa Anda pilih karena dapat membantu menenangkan kulit

8 Rekomendasi serum Wardah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum Wardah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

8

WardahNature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Mulai dari Rp 45.000,00

VarianNature Daily
Kandungan utamaWitch hazel extract, hyaluronic acid, vitamin E
Isi5 x 5 ml
Cocok untukKulit berminyak
7
VarianNature Daily
Kandungan utamaAloe vera, hyaluronic acid, vitamin E
Isi5 x 5 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, terutama kulit kering
6

WardahCrystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Mulai dari Rp 250.000,00

VarianCrystallure
Kandungan utamaGold peptide crystals, youth glow active, 7 botanical oils
Isi30 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat, kulit kering, dan aging
5

WardahHydra Rose Micro Gel Serum

Mulai dari Rp 155.000,00

VarianHydra Rose
Kandungan utamaRose oil, hyaluronic acid
Isi30 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, terutama kulit kering, kusam, dan kasar
4
VarianC-Defense
Kandungan utamaHi-grade vitamin C, Aloe vera, biosaccharide
Isi17 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, terutama kulit beruntusan dan kulit kusam
3

WardahRenew You Anti Aging Intensive Serum

Mulai dari Rp 81.000,00

VarianRenew You
Kandungan utamaMalus domestica cell culture extract, 5 botanical extracts. peptide, vitamin E
Isi17 ml
Cocok untukKulit kering dan aging
2

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Mulai dari Rp 83.000,00

VarianCrystal Secret
Kandungan utamaNiacinamide, AHA (glycolic Acid), alpha arbutin, edelweiss extract, tranexamic acid
Isi20 ml
Cocok untukKulit kusam, berjerawat, aging, dan warna kulit tak merata
1
VarianLightening
Kandungan utama10 x advanced nacinamide & bisabolol
Isi5 x 5 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, terutama kulit kusam dan warna kulit tak merata

Tabel perbandingan produk serum Wardah terbaik

Gambar produk
1
Wardah Lightening Serum Ampoule 1

Wardah

2
Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Wardah

3
Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 1

Wardah

4
Wardah C-Defense Serum 1

Wardah

5
Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum 1

Wardah

6
Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum 1

Wardah

7
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Serum 1

Wardah

8
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum 1

Wardah

Nama produk

Lightening Serum Ampoule

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Renew You Anti Aging Intensive Serum

C-Defense Serum

Hydra Rose Micro Gel Serum

Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Nature Daily Aloe Hydramild Serum

Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Keunggulan

Dengan 10 kali advanced niacinamide, lebih efektif mencerahkan dan meratakan warna kulit

Serum untuk memudarkan flek hitam dan meratakan warna kulit

Mengatasi tanda-tanda penuaan dengan maksimal

Kulit lebih cerah, bebas beruntusan!

Mengandung butiran halus yang mengunci kelembapan kulit hingga 72 jam!

Lebih dari sekadar membasmi kerutan

Mengembalikan kelembapan dan elastisitas alami kulit

Serum untuk kulit berminyak! Selamat tinggal, wajah kilang minyak

Harga mulai dariRp 18.000,00Rp 83.000,00Rp 81.000,00Rp 82.500,00Rp 155.000,00Rp 250.000,00Rp 47.500,00Rp 45.000,00
VarianLighteningCrystal SecretRenew YouC-DefenseHydra RoseCrystallureNature DailyNature Daily
Kandungan utama10 x advanced nacinamide & bisabololNiacinamide, AHA (glycolic Acid), alpha arbutin, edelweiss extract, tranexamic acidMalus domestica cell culture extract, 5 botanical extracts. peptide, vitamin EHi-grade vitamin C, Aloe vera, biosaccharideRose oil, hyaluronic acidGold peptide crystals, youth glow active, 7 botanical oilsAloe vera, hyaluronic acid, vitamin EWitch hazel extract, hyaluronic acid, vitamin E
Isi5 x 5 ml20 ml17 ml17 ml30 ml30 ml5 x 5 ml5 x 5 ml
Cocok untukSemua jenis kulit, terutama kulit kusam dan warna kulit tak merataKulit kusam, berjerawat, aging, dan warna kulit tak merataKulit kering dan agingSemua jenis kulit, terutama kulit beruntusan dan kulit kusamSemua jenis kulit, terutama kulit kering, kusam, dan kasar Semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat, kulit kering, dan agingSemua jenis kulit, terutama kulit keringKulit berminyak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk Wardah lainnya di sini

Kualitas dari produk Wardah memang tidak perlu diragukan lagi. Selain serum, kami memiliki artikel produk kecantikan lainnya dari Wardah. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk terbaiknya!

Kesimpulan

Wardah merupakan brand beauty care lokal yang sangat banyak peminatnya. Hal ini karena harganya yang ekonomis, produknya yang berkualitas, serta range penggunanya yang luas. Anda dapat menemukan produk Wardah, baik untuk kulit remaja, dewasa muda, hingga mature


Dalam memilih serum Wardah, silakan sesuaikan kembali dengan kondisi kulit Anda. Perhatikanlah kandungan nutrisinya, lalu tentukan produk yang dapat menjawab kebutuhan Anda. Selamat memilih serum Wardah untuk kulit sehat dan senantiasa glowing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Grapeseed Oil yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grapeseed Oil yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak biji anggur atau grapeseed oil adalah minyak yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak sekali produk grapeseed oil dari berbagai merek, seperti Purivera, dan Kleveru. Kira-kira, manakah produk grapeseed oil yang paling bagus?Nah, supaya Anda bisa mendapatkan grapeseed oil terbaik, simak dahulu tips yang akan kami bagikan di artikel ini. Anda juga bisa membaca review produk-produk grapeseed oil terbaik yang bisa Anda beli secara online. Langsung saja simak pembahasannya.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori