1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Gym & fitness
  6. >
  7. 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Memilih pakaian olahraga atau sportswear yang tepat membuat Anda makin nyaman berolahraga. Legging menjadi salah satu pakaian olahraga yang wajib dimiliki oleh wanita. Anda perlu memilih bahan legging yang bagus untuk berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih legging sport.


Kami akan berbagi tips untuk memilih legging sport yang nyaman dan modis untuk wanita. Kami juga memberikan rekomendasi merek legging olahraga terbaik, seperti Puma, Nike, dan adidas. Ada juga merek sportswear lokal yang bagus dari Miniletics dan legging hijab dari HIA Everywear. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat menggunakan legging saat berolahraga

Pakaian olahraga tentu berbeda dengan pakaian biasa. Mengapa demikian? Pakaian olahraga atau sportswear didesain menggunakan bahan yang khusus. Anda bisa menemukan pakaian olahraga dengan bahan yang ringan dan lebih cepat kering.


Kebanyakan pakaian olahraga pun didesain dengan tampilan yang ketat, seperti celana leggings olahraga. Tentu saja hal ini bukan sembarangan didesain. Pakaian yang ketat memberikan kompresi untuk otot Anda dan mengurangi cedera saat berolahragaProses pemulihan otot sehabis berolahraga pun akan lebih cepat.


Selain itu, memilih sportswear yang menarik, termasuk leggings olahraga, akan membuat Anda makin bersemangat berolahraga. Agar Anda menemukan leggings olahraga yang bagus sekaligus stylish untuk berolahraga, simaklah tips dari kami.

Cara memilih legging sport untuk wanita

Bahan celana leggings olahraga yang nyaman serta ukuran yang pas akan membantu Anda dalam berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan juga. Berikut ini kami akan memberikan tips mudah dalam memilih celana leggings wanita untuk berolahraga.

① Kenali bahan legging yang bagus untuk olahraga

Kenali terlebih dahulu bahan leggings olahraga yang biasa digunakan. Anda bisa memilihnya berdasarkan aktivitas olahraga yang Anda lakukan.

Spandex dan polyester, bahan paling umum untuk legging olahraga

Sebagian besar celana leggings untuk olahraga menggunakan bahan spandex ataupun polyesterSpandex dan polyester adalah yang bahan yang bagus untuk leggings olahraga karena lebih cepat kering. Leggings dengan kedua bahan ini sangat cocok dikenakan untuk olahraga dengan intensitas tinggi. Keringat pun lebih cepat kering dan Anda tetap merasa nyaman melakukan gerakan olahraga.


  • Spandex digunakan karena merupakan bahan yang elastis dan mengikuti lekuk tubuh. Beberapa jenis spandex yang sering Anda temukan di pasaran adalah lycra dan elastane. Ciri khas leggings olahraga dari bahan ini adalah permukaannya yang licin.

  • Penelitian dari BMC Dermatology juga menyatakan bahwa kain polyester dapat melindungi Anda dari paparan sinar UV. Anda tentu sangat membutuhkannya saat berolahraga di luar ruangan, ya.

Cotton, lebih tebal dan menghangatkan

Cotton, lebih tebal dan menghangatkan
Sumber: adidas.co.id

Anda juga bisa menemukan leggings untuk olahraga dengan bahan cotton atau katun. Namun, produknya memang tidak sebanyak leggings berbahan spandex ataupun polyester.


Leggings berbahan cotton memang tergolong lebih tebal dibandingkan spandex. Jika Anda sering berolahraga saat pagi hari ataupun di dalam ruangan yang terasa dingin, gunakanlah leggings olahraga berbahan cotton. Bahan cotton dapat menghangatkan kaki Anda.


Berbeda dengan polyester dan spandexsport leggings berbahan katun lebih lama kering. Jadi, sport leggings berbahan katun lebih cocok untuk olahraga dengan intensitas rendah, seperti yoga.

② Periksa tingkat compression legging sport

Periksa tingkat compression legging sport
Sumber: 2xu.com

Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah tingkat compression atau tingkat ketatnya suatu produk leggings. High compression leggings membantu memperlancar peredaran darah serta mempercepat pemulihan setelah berolahraga.


Namun, tak banyak produk leggings yang menuliskan tingkat kompresinya. Salah satu merek leggings ternama yang benar-benar mencantumkan tingkat kompresinya adalah 2XU. Anda bisa memilih leggings ini untuk olahraga yang sangat intens sehingga dapat mengurangi risiko cedera.


Sementara itu, merek leggings lainnya tidak mencantumkan tingkat compression. Leggings olahraga tersebut biasanya cukup ketat. Meski demikian, Anda bisa mengenakannya untuk berbagai jenis olahraga, seperti training, berlari, yoga, pilates, dan zumba.

③ Pilih model high rise dan mid rise untuk kenyamanan

Pilih model high rise dan mid rise untuk kenyamanan
Sumber: uniqlo.com

Rise merupakan istilah untuk tinggi celana. Ada tiga model ketinggian legging olahraga, yaitu di atas pusar, sedikit di bawah pusar, atau sepinggul. 


  • High rise merupakan celana leggings olahraga yang dipakai di atas pusar. Leggings ini akan tetap berada pada posisinya sehingga Anda tidak perlu kerepotan saat melakukan gerakan olahraga. Selain itu, leggings high rise dapat menahan perut Anda.

  • Jika Anda menggunakan leggings olahraga untuk berlari, sebaiknya pilih model mid rise. Leggings mid rise tidak membuat perut Anda tertahan saat berlari. Jadi, Anda bisa berlari dengan lebih nyaman.

  • Hindari memilih leggings olahraga yang hanya masuk sampai pinggul atau low rise. Tentu ukuran ini tidak enak untuk digunakan saat berolahraga. Leggings akan mudah melorot sehingga mengganggu pergerakan Anda.

④ Pastikan warna dan motifnya cukup stylish untuk digunakan

Selain menjaga otot selama berolahraga, leggings juga menjadi bagian fashion saat Anda berolahraga. Warna dan corak yang sesuai dengan lekuk tubuh akan membuat Anda makin percaya diri ketika melakukan gerakan-gerakan olahraga.


  • Pilih leggings olahraga dengan warna gelap polos, seperti hitam atau navy, untuk memberikan siluet kaki yang ramping. Pilihan warna hitam merupakan pilihan warna paling aman untuk berbagai bentuk tubuh. Anda mudah memadankannya dengan warna atasan apa saja.

  • Leggings berwarna putih dan pastel membuat tampilan Anda lebih stylish. Selain koleksi leggings berwarna gelap, cobalah mengenakan leggings warna putih ataupun pastel yang kekinian.

  • Leggings olahraga dengan motif full print menampilkan kesan yang energik. Motif full print memang sangat eye-catching. Leggings dengan motif full print sangat cocok Anda kenakan untuk aerobik, dance, sampai zumba.

10 Rekomendasi legging sport terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk legging sport terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Fitwear

Chelsia Core Series

Fitwear Chelsia Core Series 1枚目

Area bokong tertutupi, Anda tetap bisa bergerak bebas

2

HIA Everywear

Callin Skirt Legging

HIA Everywear Callin Skirt Legging 1枚目

Modelnya modis, legging sport untuk hijabers

3

Aum Apparel

Legging Batik Vintage Classical

Aum Apparel Legging Batik Vintage Classical 1枚目

Legging olahraga wanita full print dengan motif etnik

4

Miniletics

Motion Legging Capri 3/4 19"

Miniletics Motion Legging Capri 3/4 19" 1枚目

Sport legging 3/4 dengan pilihan warna yang cantik

5

adidas

Essentials Cotton Leggings (Maternity)

adidas Essentials Cotton Leggings (Maternity) 1枚目

Maternity sport legging dengan bahan yang lembut

6

Puma

Team Ribbed Women's Leggings

Puma  Team Ribbed Women's Leggings 1枚目

Legging olahraga wanita kekinian dengan gaya retro chic

7

LP Support

EmbioZ Women's Leg Compression Capri Black

LP Support EmbioZ Women's Leg Compression Capri Black 1枚目

Membentuk kontur tubuh bagian bawah dengan sempurna

8

2XU

Core Compression Tights

2XU Core Compression Tights 1枚目

Bahan PWX-nya memberikan kompresi yang mantap!

9

Nike

Nike Pro 365 Women's Shorts

Nike Nike Pro 365 Women's Shorts 1枚目

Terbuat dari poliester daur ulang sekaligus teknologi Dri-FIT

10

UNIQLO

Women Celana Legging Lembut UV Protection

UNIQLO Women Celana Legging Lembut UV Protection 1枚目

Bahan AIRism yang lembut dan melindungi kulit dari sinar UV

Perincian produk
Close
No.1

FitwearChelsia Core Series

Mulai dari Rp175.000,00

Area bokong tertutupi, Anda tetap bisa bergerak bebas

Kelebihan:

  • Terdapat saku di bagian leggings
  • Terdapat celana tambahan yang menyatu dengan leggings

Kekurangan:

  • Ukuran pinggangnya lebih besar daripada leggings Fitwear lainnya
  • Beberapa produk memiliki jahitan yang kurang rapi

Mengenakan celana lari yang pendek membuat beberapa wanita kurang nyaman. Oleh karena itu, Fitwear memiliki produk celana pendek yang menyatu dengan leggings. Di bagian leggings-nya pun sudah tersedia saku. 


Tambahan celana pendek membantu menutupi lekuk di area bokong Anda. Leggings ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menutupi area bokong, tetapi tetap bisa bergerak bebas.

No.2

HIA EverywearCallin Skirt Legging

Mulai dari Rp307.000,00

Modelnya modis, legging sport untuk hijabers

Kelebihan:

  • Teknologi Air Hi-Tech yang cepat kering
  • Modelnya sopan sehingga cocok digunakan oleh Anda yang berhijab

Kekurangan:

  • Bahannya cukup tebal

Untuk para hijabers yang ingin mengenakan leggings tanpa menonjolkan lekuk tubuh, Anda dapat memilih produk dari HIA Everywear ini. Tambahan roknya dapat menutupi paha dan bokong Anda. Garis putih di bagian samping rok pun membuatnya lebih energik.


Callin Skirt Legging menggunakan bahan scuba premium yang tebal agar tidak menerawang. Meski terbuat dari scuba, bahannya berteknologi Air Hi-Tech sehingga lebih cepat kering. Karet pinggang yang lebih tebal membuat celana tidak mudah bergeser saat Anda beraktivitas.

No.3

Aum ApparelLegging Batik Vintage ClassicalY013

Mulai dari Rp255.000,00

Legging olahraga wanita full print dengan motif etnik

Kelebihan:

  • Motif etniknya sangat unik

Kekurangan:

  • Jika ukurannya kekecilan, motifnya tampak pecah

Anda ingin tampilan leggings sport yang berbeda? Anda bisa memilih leggings dengan corak batik dari Aum Apparel. Corak batik ini sangat pas digunakan oleh Anda yang menyukai motif etnik nan unik. Selain itu, leggings olahraga ini tersedia sampai ukuran XXXL. Jadi, Anda yang memiliki tubuh berukuran besar juga bisa mengenakannya.

No.4

MinileticsMotion Legging Capri 3/4 19"

Mulai dari Rp489.000,00

Sport legging 3/4 dengan pilihan warna yang cantik

Kelebihan:

  • Pocket di bagian waistband
  • Pilihan warna beragam dan trendi

Kekurangan:

  • Waistband pocket dirasa terlalu kecil

Motion Legging dari Miniletics memiliki banyak koleksi warna. Anda bisa memilih mulai dari warna hitam yang netral sampai warna-warni pastel yang cantik. Kami jamin Anda akan tergoda untuk membeli lebih dari satu warna!


Celana leggings olahraga ini didesain untuk berolahraga, bersantai, sampai travelling. Kami merekomendasikan celana leggings ini bagi Anda yang mencari activewear untuk berbagai aktivitas. Bahannya sangat lembut dan ringan seperti Anda tidak mengenakan apa-apa. 

No.5

adidasEssentials Cotton Leggings (Maternity)

Mulai dari Rp550.000,00

Maternity sport legging dengan bahan yang lembut

Kelebihan:

  • Waistband yang tinggi menutupi perut ibu hamil
  • Nyaman digunakan sampai hamil besar

Kekurangan:

  • Kurang nyaman digunakan setelah kehamilan

Para ibu hamil tetap harus aktif pada masa kehamilan untuk menjaga kesehatan. Kini juga ada maternity yoga agar posisi bayi lebih baik menjelang proses persalinan. Untuk membuat Anda lebih nyaman berolahraga, Anda bisa memilih full length sport leggings adidas ini.


Kain yang digunakan sangat lembut dan elastis agar dapat beradaptasi dengan aktivitas Anda. Bagian pinggangnya dapat dilipat ke bawah sesuai dengan kenyamanan Anda. Jadi, leggings olahraga ini akan menjaga Anda dengan lebih baik semasa kehamilan.

No.6

Puma Team Ribbed Women's Leggings

Mulai dari Rp699.000,00

Legging olahraga wanita kekinian dengan gaya retro chic

Kelebihan:

  • Bahan ribbed memberikan kesan yang unik

Kekurangan:

  • Bahan ribbed tergolong cukup tebal dan lama keringnya

Jangan lupa juga untuk bergaya stylish saat berolahraga. Puma mengeluarkan leggings dengan bahan polyblend yang menciptakan tekstur ribbed unik. Alhasil, sport leggings Puma ini memiliki gaya retro chic yang cukup kental. 


Modelnya sleek dan simpel serta memiliki model slim fit. Sport leggings ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan gaya retro. Model sport leggings ini merupakan model kekinian yang sedang banyak diminati para wanita.

No.7

LP SupportEmbioZ Women's Leg Compression Capri BlackLP-280Z

Mulai dari Rp899.000,00

Membentuk kontur tubuh bagian bawah dengan sempurna

Kelebihan:

  • Lebih cepat kering dan breathable dengan Comfort System
  • Memberikan kompresi yang baik
  • Teknologi Power System membentuk perut bagian bawah dengan sempurna

  • Kekurangan:
  • Hanya tersedia satu warna

LP Support menawarkan leggings olahraga dengan kompresi yang baik. Leggings ini memiliki teknologi Power System untuk membentuk kontur perut bagian bawah sampai betis dengan sempurna. Anda bisa melakukan lompatan, berlari, squat, dan menendang dengan baik.


Leggings ini memiliki model seamless yang melekat sangat pas di pinggang Anda. Melakukan gerakan olahraga yang dinamis pun tetap nyaman. Selain itu, teknologi Comfort System membuatnya lebih cepat kering dan breathable. 

No.8

2XUCore Compression Tights

Mulai dari Rp1.599.000,00

Bahan PWX-nya memberikan kompresi yang mantap!

Kelebihan:

  • Memberikan kompresi maksimal
  • Waistband dengan drawstring

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya kurang beragam

Bagi Anda yang serius menekuni olahraga, Anda bisa berinvestasi dengan membeli Core Compression Tights dari 2XU. Celana leggings olahraga ini dilengkapi dengan graduated compression yang meningkatkan peredaran darah ke otot. Pemulihan otot pun bisa terjadi lebih cepat.


Menariknya lagi, 2XU menggunakan bahan PWX yang ringan. Bahan ini tak hanya ringan, tetapi juga mendukung fleksibilitas dan mengurangi cedera otot pada sesi olahraga intens. Di samping itu, drawstring waistband membuat leggings ini lebih pas digunakan.

No.9

NikeNike Pro 365 Women's ShortsCZ9832-010

Mulai dari Rp349.000,00

Terbuat dari poliester daur ulang sekaligus teknologi Dri-FIT

Kelebihan:

  • Bahan dengan teknologi Dri-FIT yang cepat kering
  • Waistband lebih tipis sehingga bisa dijadikan inner layer

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu warna

Nike Pro menawarkan leggings olahraga dengan serat poliester daur ulang sehingga ramah lingkungan. Meski demikian, bahannya lembut dan sejuk di kulit Anda. Apabila Anda sedang mencari shorts leggings, Anda bisa mempertimbangkan produk Nike Pro 365 ini.


Bahan yang digunakan juga memiliki teknologi Dri-FIT yang lebih cepat kering. Jadi, Anda dapat berolahraga intens tanpa merasa terganggu. Short leggings ini juga cocok Anda gunakan untuk bersepeda.

No.10

UNIQLOWomen Celana Legging Lembut UV Protection

Mulai dari Rp299.000,00

Bahan AIRism yang lembut dan melindungi kulit dari sinar UV

Kelebihan:

  • Bahan AIRism yang lembut
  • Bahannya memiliki nilai UPF 50+

Kekurangan:

  • Ada produk yang dirasa kurang tight fit

UNIQLO juga memiliki koleksi activewear yang dapat Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari dan berolahraga. Leggings Sport Utility Wear UNIQLO menggunakan bahan AIRism yang halus dan lembut di kulit Anda.


Bahannya juga melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV dengan nilai UPF 50+. Basic leggings ini sangat cocok untuk Anda yang sering berolahraga di luar ruangan. Kulit cantik Anda akan terlindungi dari efek buruk sinar UV.

Tips mencuci celana sport legging agar kualitasnya tetap terjaga

Anda tentunya harus rajin mencuci celana leggings yang telah digunakan untuk berolahraga. Mencuci leggings setelah dipakai akan membuat celana Anda tetap bersih dan tidak bau. Namun, apakah Anda sudah mencuci celana leggings secara tepat?


Kebiasaan yang salah dalam mencuci leggings dapat membuat celana Anda cepat melar dan pudar warnanya. Anda pasti tidak ingin leggings sport kesayangan Anda menjadi demikian. Ikuti tips berikut ini agar celana leggings Anda tetap terjaga.


  • Satukan leggings dengan pakaian olahraga atau kain sintetis lainnya. Jangan campurkan leggings dengan pakaian berbahan katun, handuk, dan jeans. Serat-serat katun akan membuat gumpalan pada permukaan leggings.


  • Cucilah menggunakan air dingin. Mencuci dengan air panas bisa membuat leggings cepat melar. Jadi, hindari pula menjemur leggings di bawah panas matahari langsung dan menyetrika leggings.

  • Cuci dengan tangan ataupun mesin cuci dengan siklus lembut. Gesekan yang berlebihan dapat membuat serat kain cepat rusak serta membuat leggings mudah melar. Oleh karena itu, hindari pula menggunakan sikat pakaian, ya.

  • Jangan gunakan pelembut pakaian. Pelembut dapat menyebabkan kain leggings sport kehilangan kemampuannya untuk cepat menyerap keringat dan menguapkannya ke udara.

Baca juga rekomendasi celana olahraga lainnya untuk wanita di sini

Selain leggings sport, Anda juga dapat menggunakan jenis celana lainnya untuk berolahraga. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi celana lainnya untuk berolahraga. Temukan produk yang paling pas untuk Anda gunakan, ya!

Kesimpulan

Leggings untuk olahraga memiliki bahan yang berbeda dengan leggings biasanya. Bahannya membuat aktivitas olahraga menjadi lebih nyaman. Jangan lupa memilih corak dan warna yang paling Anda sukai agar aktivitas olahraga makin menyenangkan.


Sekian artikel kami kali ini dan semoga Anda merasa terbantu. Jadikan pembahasan kami sebagai referensi Anda dalam memilih leggings sport yang pas untuk berolahraga. Selamat berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer