• 10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alat Pemotong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pemotong kertas merupakan salah satu alat yang memiliki beragam ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Tak hanya dapat memotong kertas ukuran A4, alat pemotong kertas ukuran A3 pun mulai bermunculan. Di antara banyak tipe, ada pula tipe compact yang harganya lebih terjangkau dengan daya tarik kemudahan pemakaiannya.


Kali ini, kami akan menjabarkan tips cara memilih pemotong kertas sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda. Di bawah ini, kami akan menerangkan produk tersebut, mulai dari merek Kenko, Joyko, CARL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih alat pemotong kertas

Pertama, kami akan menjabarkan cara memilih alat pemotong kertas yang cocok digunakan di kantor maupun di rumah. Jangan lupa gunakan tips-tips berikut sebagai referensi Anda.

Bandingkan ukuran kertas dengan ukuran alatnya

Bandingkan ukuran kertas dengan ukuran alatnya

Pemotong kertas yang dapat memotong kertas berukuran A3 lebih praktis dibanding ukuran lainnya. Hal ini dikarenakan alat tersebut dapat memotong hampir semua ukuran kertas.


Akan tetapi, jika Anda membeli alat ukuran besar meski tidak terlalu memerlukannya, alat ini akan merepotkan. Sebabnya, Anda akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengeluarkan dan menyimpannya kembali. Untuk menghindari hal ini, pastikan alat pemotong kertas sesuai dengan ukuran kertasnya.

Untuk hasil lebih rapi, potonglah kertas kurang dari jumlah maksimal kapasitas alat

Kertas memiliki ketebalan yang berbeda meski pada dasarnya memiliki tebal standar. Hal ini tentu akan memengaruhi jumlah halaman kertas yang dapat dipotong oleh suatu alat. Jika Anda tidak tahu pasti kertas yang digunakan memiliki tebal standar atau tidak, cobalah periksa kapasitas alatnya terlebih dahulu.


Apabila ingin mendapatkan hasil potongan sempurna, potonglah kertas berjumlah kurang dari maksimal kertas yang dapat dipotong. Sebagai contoh, potonglah sekitar tiga puluh kertas untuk alat berkapasitas maksimal empat puluh lembar. Nah, jika memakai alat berkapasitas maksimal dua puluh lembar, potonglah lima belas lembar. Dengan demikian, kertas akan terpotong dengan rapi.


Sebagai info, alat pemotong kertas merupakan alat yang praktis dan hemat waktu dibandingkan cutter dan gunting. Sebab, kertas yang cukup banyak dapat dipotong dalam sekejap. Harga alat ini pun beragam, makin banyak lembar kertas yang bisa dipotong, makin mahal pula harganya. Namun, jika ingin meningkatkan efisiensi kerja, pilihlah produk yang kapasitasnya 20-30% lebih banyak dari jumlah kertas yang ingin dipotong.

Pilihlah berdasarkan lokasi pemakaiannya

Cara memilih alat pemotong kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda juga bergantung dari lokasi pemakaiannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan tips memilih alat pemotong kertas berdasarkan lokasi pemakaiannya.

Pemakaian di kantor, sebagai alat pemotong utama atau cadangan?

Tidak seperti di rumah, alat pemotong kertas lebih sering dipakai di kantor untuk membantu pekerjaan agar lebih efisien. Karena itu, hal paling penting dalam memilih produk ini adalah dari cara pakainya.


Jika sudah memiliki produk berukuran besar di kantor, ada baiknya Anda membeli ukuran yang lebih kecil sebagai cadangan. Pilihlah produk berukuran compact yang mudah digunakan. Kertas yang dapat dipotong pun bisa Anda tambah sedikit demi sedikit agar hasil potongan tetap rapi.


Akan tetapi, jika Anda belum memiliki alat berukuran besar dan ingin membeli alat pemotong utama, pilihlah produk yang performanya bagus. Anda tidak perlu terlalu fokus memilih besar ukurannya karena yang terpenting adalah kinerja alat tersebut. 

Pemakaian di rumah, pilih berdasarkan frekuensi pemakaian dan tempat penyimpanannya

Pemakaian di rumah, pilih berdasarkan frekuensi pemakaian dan tempat penyimpanannya

Jika Anda ingin memotong sekitar seratus lembar kertas di rumah, kami sarankan untuk memilih alat berkapasitas dua puluh lembar. Alasannya, alat tersebut lebih terjangkau dan berukuran kecil. Tak hanya itu, pemakaian di rumah relatif lebih fleksibel sehingga Anda dapat memotong kertas dalam beberapa kali potong.


Meski begitu, perlu diingat kondisi ini berbeda dengan Anda yang perlu memotong seratus kertas tiap minggunya. Untuk pemotongan berjumlah banyak dengan frekuensi lebih sering, alat pemotong berkapasitas besar mungkin lebih cocok.


Selain memilih produk berdasarkan bujet dan kapasitas pemakaian, kami sarankan pula menilai alat ini dari tempat penyimpanannya. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan alat ini, kami sarankan agar memilih produk yang compact. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan serta menggunakannya dengan mudah. 


Dewasa ini, ada pula alat pemotong tipe folding yang papannya dapat dilipat, lho! Apabila Anda memerlukan alat pemotong berukuran besar, ada baiknya untuk memilih produk yang dapat dilipat.

Pilihlah produk dengan garis panduan yang pas untuk ukuran kertasnya

Pada alat pemotong kertas, terdapat garis-garis yang berguna untuk memandu Anda agar hasil potongan kertas tidak miring. Akan tetapi, panduan ini berbeda tergantung pada tiap produsennya. Sebagai contoh, alat dengan panduan ukuran A5 dan B5 mungkin akan lebih mudah dimengerti. 


Di sisi lain, ada pula produk yang menampilkan garis panduan dengan interval 5 mm yang tentunya lebih detail. Dengan adanya ukuran-ukuran ini, Anda akan terbantu dalam memotong kertas secara presisi.


Lalu, sebenarnya panduan jenis apakah yang lebih baik dipilih? Pada dasarnya, pilihan ini kembali lagi kepada kebutuhan Anda. Jika ukuran kertas yang ingin dipotong sudah fixed, kami rekomendasikan produk dengan garis panduan A5 atau B5. Namun, bagi Anda yang kerap memotong kertas lebih presisi, pilihlah produk dengan panduan garis interval 5 mm.

Pilihlah berdasarkan varian pisau cadangannya

Pada alat pemotong kertas jenis slide, pisau yang tersedia memiliki lebih banyak varian. Sebagai contoh, terdapat pisau perforating yang dapat menghasilkan garis putus-putus pada kertas. Selain itu, ada pula pisau short wave yang dapat memberi hasil potongan kertas bergelombang.


Jenis pisau yang tersedia memang beragam tergantung dari produsennya. Namun, hanya dengan satu alat, Anda dapat berganti pisau untuk hasil potongan kertas yang berbeda. Jenis ini praktis sekali, bukan? Karena itu, ada baiknya Anda memilih alat pemotong kertas dengan ketersediaan pisau yang beragam.

10 Rekomendasi alat pemotong kertas terbaik

Dari sini, kami akan memberikan rekomendasi alat pemotong kertas bagi Anda. Mari temukan produk yang sesuai dengan ukuran kertas dan pemakaiannya.

10
Kapasitas kertas3 lembar
Ukuran kertasHingga A4
Ukuran produkTidak diketahui
Bobot4,3 kg
MaterialBesi
9

Kenko Paper Trimmer 10" X 15" (Metal Folio)

Mulai dari Rp 185.000,00

Kapasitas kertas10 lembar
Ukuran kertasHingga F4
Ukuran produk38 x 25,4 cm
Bobot3,1 kg
MaterialLogam
8
Kapasitas kertas15 lembar
Ukuran kertasHingga B5
Ukuran produk38 x 20 cm
Bobot2,1 kg
MaterialLogam dan baja
7
Kapasitas kertas8 lembar
Ukuran kertasHingga A4
Ukuran produk44 x 21 cm
Bobot1 kg
MaterialMetal dengan non-slip rubber
6
Kapasitas kertasPisau straight: 20 lembar, pisau perforating: 3 lembar
Ukuran kertasHingga A3
Ukuran produk52 x 40 x 8 cm
Bobot1,7 kg
MaterialLogam
5

FOYUPaper Cutter Sliding Rotary Trimmer

CU002

Mulai dari Rp 909.000,00

Kapasitas kertasTidak diketahui
Ukuran kertasHingga A1
Ukuran produk78 x 31 x 2 cm
Bobot14,8 kg
MaterialTidak diketahui
4
Kapasitas kertasTidak diketahui
Ukuran kertasHingga F4
Ukuran produkTidak diketahui
Bobot4 kg
MaterialTidak diketahui
3

CARL10-sheet Rotary Trimmer

DC-2A3N

Mulai dari Rp 895.000,00

Kapasitas kertasPisau straight: 10 lembar, pisau short wave: 3 lembar
Ukuran kertasHingga A3
Ukuran produk54 x 26,5 x 7 cm
Bobot1,6 kg
MaterialBaja
2

OriginPaper Cutter A4 Dark Grey

PCC-A4R

Mulai dari Rp 120.000,00

Kapasitas kertas12 lembar
Ukuran kertasHingga A4
Ukuran produk30,5 x 25,4 cm
Bobot2 kg
MaterialBesi
1
Kapasitas kertas6 lembar
Ukuran kertasHingga A3
Ukuran produk39 x 20 x 8 cm
Bobot0,6 kg
MaterialLogam dan baja

Tabel perbandingan produk alat pemotong kertas terbaik

Gambar produk
1
HSM  Creative Trimmer 1

HSM

2
Origin Paper Cutter A4 Dark Grey  1

Origin

3
CARL 10-sheet Rotary Trimmer  1

CARL

4
V-TEC Paper Trimmer 1

V-TEC

5
FOYU Paper Cutter Sliding Rotary Trimmer 1

FOYU

6
CARL Alat Pemotong Kertas 1

CARL

7
Dahle Rotary Trimmer 1

Dahle

8
JOYKO Paper Cutter 1

JOYKO

9
Kenko  Paper Trimmer 10" X 15" (Metal Folio) 1

Kenko

10
Alat Pemotong Kertas A4 Rotary 1

Nama produk

Creative Trimmer

Paper Cutter A4 Dark Grey

10-sheet Rotary Trimmer

Paper Trimmer

Paper Cutter Sliding Rotary Trimmer

Alat Pemotong Kertas

Rotary Trimmer

Paper Cutter

Paper Trimmer 10" X 15" (Metal Folio)

Alat Pemotong Kertas A4 Rotary

Keunggulan

Beragam hasil potong dapat dilakukan dengan satu alat ini!

Nyaman dipakai dalam waktu lebih lama

Dilengkapi pisau shortwave untuk hasil potongan berliku

Berkilau indah dengan lapisan base plate!

Memotong kertas ukuran besar? Tak perlu khawatir!

Beragam variasi untuk potongan lurus kertas Anda

Bobot ringan, slide pun aman

Tahan lama dengan beberapa sistem pelengkapnya

Tak hanya kertas, plastik cukup tebal pun bisa dipotong

Kukuh untuk pemakaian rutin

Harga mulai dariRp 723.000,00Rp 120.000,00Rp 895.000,00Rp 228.000,00Rp 909.000,00Rp 1.530.000,00Rp 779.000,00Rp 157.300,00Rp 185.000,00Rp 451.000,00
Kapasitas kertas6 lembar12 lembarPisau straight: 10 lembar, pisau short wave: 3 lembarTidak diketahuiTidak diketahuiPisau straight: 20 lembar, pisau perforating: 3 lembar8 lembar15 lembar10 lembar3 lembar
Ukuran kertasHingga A3Hingga A4Hingga A3Hingga F4Hingga A1Hingga A3Hingga A4Hingga B5Hingga F4Hingga A4
Ukuran produk39 x 20 x 8 cm30,5 x 25,4 cm54 x 26,5 x 7 cmTidak diketahui78 x 31 x 2 cm52 x 40 x 8 cm44 x 21 cm38 x 20 cm38 x 25,4 cmTidak diketahui
Bobot0,6 kg2 kg1,6 kg4 kg14,8 kg1,7 kg1 kg2,1 kg3,1 kg4,3 kg
MaterialLogam dan bajaBesiBajaTidak diketahuiTidak diketahuiLogamMetal dengan non-slip rubberLogam dan bajaLogamBesi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat pemotong kertas lainnya di sini

Melalui artikel di atas, Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai alat pemotong kertas terbaik. Akan tetapi, selain alat pemotong kertas ini, masih ada banyak produk pemotong kertas lain berdasarkan pemakaiannya. Kami juga memiliki rekomendasi alat penghancur kertas untuk dokumen Anda yang sudah tidak terpakai. Silakan Anda baca pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi ini? Kami sudah memperkenalkan alat pemotong kertas yang dapat digunakan di kantor dan di rumah. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai? 


Sebagai saran, Anda dapat menggunakan produk compact untuk dijadikan alat cadangan di kantor. Namun, pastikan Anda memilihnya berdasarkan frekuensi pemakaian juga, ya. Semoga Anda dapat menemukan alat pemotong kertas yang cocok dengan kebutuhan, baik di kantor maupun di rumah.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas pada vape tergabung dalam rangkaian atomizer atau alat untuk mengubah liquid menjadi uap. Pada prosesnya, kapas yang sudah menyerap liquid akan dipanaskan oleh coil hingga menghasilkan uap. Uap inilah yang memberikan rasa bagi pemakainya. Namun, kapas yang digunakan tidak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi rasa liquid.Di sini kami akan mengulas cara memilih kapas vape. Selanjutnya, kami juga merekomendasikan merek kapas vape yang bagus seperti Atomix, Cotton Bacon, dan Holy Fiber. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Penasaran seperti apa? Mari simak artikel ini sampai habis!
    Hand tools
  • 10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti tak asing dengan kunci ring pas. Selain untuk kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki benda apa pun yang memiliki baut. Bagi orang awam, Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu kunci ring pas dan bagaimana cara kerjanya?Kami akan menjelaskan cara memilih serta rekomendasi merek kunci ring pas yang bagus, seperti Tekiro, Wipro, Stanley, dan Deli. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Penasaran dengan detail lebih lanjutnya? Yuk, baca artikel ini secara saksama!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks. Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, memang lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun, sebenarnya hand tools tersebut juga bermanfaat dalam kebutuhan sehari-hari, di antaranya untuk memperbaiki mobil, motor, dan sebagainya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi tool kit terbaik dari berbagai brand. Produk dari merek tool kit terbaik, seperti Krisbow, Tekiro, dan lainnya, ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini untuk menemukan tool kit lengkap sesuai kebutuhan Anda!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua orang familier dengan solder listrik. Mungkin hanya Anda yang biasa mengutak-atik alat elektronik sendiri yang cukup akrab dengan alat ini. Nah, dalam artikel ini kami akan memaparkan berbagai informasi, mulai dari spesifikasi, harga solder listrik, hingga gambarnya.Kami juga menyiapkan tips memilih produk solder listrik yang bagus agar Anda bisa menemukan yang sesuai kebutuhan. Kenmaster, Nankai, dan Goot Solder merupakan beberapa merek solder listrik yang patut Anda pertimbangkan. Mari langsung simak artikel berikut ini sampai selesai dan temukan produk solder yang Anda butuhkan!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Obeng adalah salah satu perkakas pertukangan yang mungkin sudah sering Anda temukan. Alat ini digunakan untuk mengencangkan dan melepaskan sekrup atau baut. Untuk menggunakannya, Anda harus memastikan tipe dan ukurannya sesuai dengan sekrup. Obeng kecil untuk HP tentu tidak dapat Anda gunakan untuk sekrup berukuran besar.Selain itu, ada beberapa tipe mata obeng, seperti obeng plus dan obeng minus. Lalu, bagaimana cara memilih obeng yang tepat? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti TEKIRO, NANKAI, dan STANLEY. Simak selengkapnya berikut ini!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. Alat pH meter dengan berbagai jenis, fungsi, dan harga sudah banyak dijual di pasaran. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara itu, dari penggunaannya ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.Anda kesulitan mencari pH meter yang bagus? Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih pH meter terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan pH meter merek Mediatech, Hanna Instrument, dan Takemura. Selamat membaca!
    Hand tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori