mybest
Salep & obat oles

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

Jerawat atau acne merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Selain mengganggu penampilan, acne terkadang menimbulkan rasa sakit, bahkan bekas jerawat. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan obat totol jerawat yang ampuh.

Pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas tentang salep jerawat, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produknya. Kami akan memilihkan sepuluh produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Acnes, Sebamed, Bioderma, dan Everwhite. Selain itu, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK. Mari simak sampai selesai!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Putu Ayu Elvina
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia. Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Profil dr. Putu Ayu Elvina
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih salep jerawat

Ada banyak salep jerawat yang dijual di pasaran. Tidak perlu bingung, berikut kami bagikan tips untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat. Simak baik-baik, ya!

1

Pilih yang mengandung senyawa anti-acne

Pilih yang mengandung senyawa anti-acne

Kandungan anti-acne dapat dikatakan merupakan elemen terpenting yang harus ada pada salep jerawat. Berperan sebagai antibakteri, tugas dari senyawa anti-acne adalah membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat pada kulit. Beberapa kandungan yang memiliki sifat antibakteri tinggi adalah salicylic acid, tea tree oil, dan sulfur.


Di pasaran tersedia juga salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Namun, setelah menggunakannya Anda harus berhati-hati. Gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan karena benzoil peroksida dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Selain itu, jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan. 


Ada juga kandungan anti-acne yang kaya antioksidan, seperti sunflower seed oil, ginkgo biloba, dan Centela asiatica (cica). Antioksidan memiliki manfaat dalam membantu membersihkan pori-pori dari kotoran serta mengontrol produksi minyak pada kulit wajah Anda. Dengan begitu, kulit Anda terhindar dari masalah jerawat. 


Tidak hanya itu saja, salep jerawat dengan kandungan retinoid juga mengandung vitamin A yang bisa mengatasi komedo hitam dan putih. Kandungan lain yang berguna pada salep jerawat adalah alpha-hydroxy acids (AHA). AHA dan retinoid berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Setelah itu, AHA dapat mengecilkan pori-pori agar kulit Anda tidak mudah berjerawat ke depannya. 

2

Cari yang memiliki kandungan tambahan

Jerawat dapat menimbulkan efek buruk, seperti iritasi kulit, pengelupasan kulit, dan pembengkakan. Jadi, penting untuk memilih produk yang juga bisa mengatasi berbagai efek lainnya dari jerawat.

Anti-inflamasi: Meredakan peradangan pada jerawat

Anti-inflamasi: Meredakan peradangan pada jerawat

Kuman penyebab jerawat sering menyebabkan jerawat membengkak dan memerah. Hal ini karena mekanisme alami tubuh mengirim respons berupa inflamasi di area yang berjerawat. Inflamasi atau radang adalah salah satu tanda bahwa kulit mengalami iritasi. Dalam kondisi tersebut, jerawat akan terasa sakit, terutama jika tersentuh.


Jika Anda mengalami inflamasi akibat jerawat hingga kulit berwarna merah dan perih, pilih produk yang mengandung bahan anti-inflamasi. Kandungan tersebut mampu meredakan peradangan di area jerawat. Efeknya, bengkak dan kemerahan di area jerawat dapat dikurangi. Beberapa contoh kandungan anti-inflamasi dalam salep jerawat adalah licorice extract, allantoin, niacinamide, dan witch hazel.

Whitening agent: Bantu memudarkan bekas jerawat

Whitening agent: Bantu memudarkan bekas jerawat

Jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dapat memicu pembentukan melanin yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat. Beberapa bekas jerawat terkadang sulit hilang meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara. Apabila Anda sedang berjuang untuk melawan bekas jerawat, pilihlah salep jerawat yang mengandung whitening agent.


Whitening agent, seperti licorice extractcitric acid, arbutin dan azelaic acid mampu membantu regenerasi kulit dan menghambat pembentukan melanin. Produk dengan collagen atau Centella asiatica juga dapat mengatasi noda jerawat sekaligus mencegah luka berlubang atau bopeng di kulit.

Moisturizer: Menjaga kelembapan alami kulit

Moisturizer: Menjaga kelembapan alami kulit

Kelembapan alami kulit berperan penting dalam mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya, kulit yang terlalu kering dapat menimbulkan jerawat, lho. Jerawat itu sendiri juga akan mengganggu kelembapan alami kulit sehingga menyebabkan masalah kulit lainnya. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung moisturizer.


Kandungan moisturizer, seperti Aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid efektif mengembalikan kelembapan alami kulit. Selain melembapkan, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menyejukkan dan menenangkan kulit. Efeknya, iritasi dan sensitivitas kulit pun dapat diredakan. Risiko munculnya pengelupasan kulit yang berlebihan juga dapat ditekan.

3

Pertimbangkan juga teksturnya

Ada dua jenis tekstur salep jerawat yang populer, yaitu gel dan krim. Kedua tekstur ini memiliki keunggulannya masing-masing. Mari simak lebih lanjut!

Gel: Mudah meresap dan ringan di kulit

Gel: Mudah meresap dan ringan di kulit

Salep jerawat dengan tekstur gel mudah meresap ke pori-pori dan tidak menimbulkan rasa lengket. Karakter tersebut membuat salep jerawat jenis ini tidak menyumbat pori. Tekstur gelnya yang ringan juga tidak memicu munculnya minyak berlebih.


Dengan demikian, salep jerawat jenis ini dapat bekerja dengan baik pada kulit berminyak. Selain itu, warnanya yang bening tidak akan mengganggu penampilan atau riasan wajah Anda. Jadi, Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu dengan bebas dan tidak perlu merias ulang wajah Anda.

Krim: Memberikan kelembapan ekstra di kulit

Krim: Memberikan kelembapan ekstra di kulit

Salep jerawat jenis krim kami rekomendasikan untuk Anda pemilik jenis kulit kering. Salep jerawat dengan tekstur krim biasanya kaya akan moisturizer. Alhasil, kulit di sekitar jerawat akan terjaga kelembapannya. Iritasi dan pengelupasan di kulit juga dapat berkurang jika Anda menggunakan salep jenis krim.


Berwarna putih susu, salep jenis ini memang terkadang terlihat mencolok dan mengganggu penampilan saat dipakai. Untuk Anda yang merasa kurang nyaman, sebaiknya oleskan krim secara tipis saja di area jerawat. Anda juga dapat menggunakannya pada malam hari untuk mengobati jerawat ketika sedang tidur.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi salep jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk salep jerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Bioderma

Sebium Global

Bioderma  Sebium Global  1

Rp300.000

Lebih Mahal

Pulihkan kulit dari beruntusan yang mengganggu penampilan Anda

Vitapharm

Acne Cream

Vitapharm Acne Cream 1

Rp12.800

Agak Murah

Kembalikan kelembapan alami di area kulit yang berjerawat

Sebamed

Clear Face Anti Pimple Gel

Sebamed  Clear Face Anti Pimple Gel  1

Rp110.000

Agak Mahal

Atasi jerawat tanpa merusak kulit

Benzolac

AC Collection Ultimate Spot Cream

Benzolac AC Collection Ultimate Spot Cream 1

Rp17.300

Agak Murah

Mengandung 2,5% benzoil peroksida, ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat

Verileskin

Acne Gel

Verileskin  Acne Gel 1

Rp15.100

Agak Murah

Ampuh redakan jerawat dengan tekstur gel yang cepat meresap

Everwhite

Acnepair Cream

Everwhite  Acnepair Cream  1

Rp76.000

Agak Mahal

Bisa untuk wajah dan punggung!

Skintific

Papulex Gel

Skintific Papulex Gel  1

Rp105.000

Agak Mahal

Hanya dalam waktu 12 jam, jerawat hilang secara instan

Vitapharm

Acne Gel Triple Action

Vitapharm Acne Gel Triple Action 1

Rp10.000

Agak Murah

Sejuk di kulit dan ampuh kurangi iritasi

Rohto

Mentholatum Acnes Spot Care

Rohto  Mentholatum Acnes Spot Care  1

Rp37.000

Menengah

Mempercepat pemulihan luka bekas jerawat

Emina

Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Emina  Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel  1

Rp34.500

Menengah

Mengontrol produksi minyak berlebih di area jerawat

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Bioderma Sebium Global

Sebium Global  1
Sumber: bioderma.co.id
Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal

Pulihkan kulit dari beruntusan yang mengganggu penampilan Anda

Kelebihan: 

  • Mampu menghilangkan beruntusan dan menghaluskan kulit
  • Dapat meratakan warna kulit

Kekurangan:

  • Pemakaiannya perlu dibarengi rangkaian produk skincare agar berfungsi optimal


Beruntusan di kulit pastinya mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bagi Anda yang mengalaminya, kami sarankan untuk memilih produk ini. Tekstur krimnya yang lembut mudah diratakan ke area kulit berjerawat. Ekstrak rumput lautnya dapat membersihkan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk.


Selain itu, ekstrak Ginkgo biloba dan salicylic acid-nya dapat meredakan peradangan di area wajah yang beruntusan. Warna kulit tidak merata akibat penumpukan jerawat juga dapat teratasi. Berkat ekstrak rumput lautnya, produk ini juga dapat menunjang regenerasi sel kulit. Kulit yang tadinya kasar pun dapat menjadi lebih halus. 

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

VitapharmAcne Cream

Harga referensi
Rp12.800
Agak Murah

Kembalikan kelembapan alami di area kulit yang berjerawat

Kelebihan:

  • Dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker kulit


Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan isi


Dengan ekstrak alga merah, produk ini dapat memberikan berbagai nutrisi penting untuk kulit. Ekstrak alga merah yang menjadi primadona dari merek ini berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan menangkal radikal bebas. Alga merah sendiri mengandung astaxanthin yang kaya akan antioksidan untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran dan jerawat.


Didukung kandungan tea tree oil, jerawat akan cepat mengering dengan pemakaian krim ini. Peradangan jerawat juga dapat diredakan olehnya. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Dengan daya melembapkan yang tinggi, risiko pengelupasan kulit pun dapat berkurang.

Sebamed Clear Face Anti Pimple Gel

Harga referensi
Rp110.000
Agak Mahal

Atasi jerawat tanpa merusak kulit

Kelebihan:

  • Dapat mengatasi jerawat tanpa merusak jaringan kulit

Kekurangan:

  • Hanya untuk wajah

Peradangan parah pada jerawat dapat merusak kulit. Jika salah pengobatan, jerawat akan meninggalkan noda bekas jerawat bahkan cekungan di kulit. Apabila Anda tidak menginginkan hal tersebut, produk dari Sebamed ini merupakan solusi yang tepat. Kaya akan ekstrak mentimun, produk ini mampu melembapkan dan menenangkan kulit sampai peradangan berhenti.


Formulanya yang memiliki kadar pH seimbang mampu mengatasi jerawat tanpa merusak jaringan kulit. Dengan begitu, bekas jerawat akan mudah hilang dan Anda pun tidak perlu khawatir kulit menjadi bopeng. Produk ini juga dilengkapi bahan-bahan seperti chloroxylenol yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

BenzolacAC Collection Ultimate Spot Cream

Harga referensi
Rp17.300
Agak Murah

Mengandung 2,5% benzoil peroksida, ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat

Kelebihan:

  • Mengandung benzoil peroksida yang terbukti ampuh membunuh semua bakteri penyebab jerawat

Kekurangan:

  • Dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV

Benzoil peroksida adalah salah satu antibakteri yang kuat. Jika Anda membutuhkan salep jerawat dengan benzoil peroksida, produk Benzolac bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan kandungan benzoil peroksida sebanyak 2,5%, bakteri penyebab jerawat bisa langsung terbasmi.


Tidak ketinggalan, Benzolac juga bisa meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Namun, totolkan obat ini pada bagian yang berjerawat saja dan hindari menggunakannya secara berlebihan. 

Verileskin Acne Gel

Harga referensi
Rp15.100
Agak Murah

Ampuh redakan jerawat dengan tekstur gel yang cepat meresap

Kelebihan:

  • Bentuk gel transparan sehingga tidak meninggalkan bekas ataupun lengket

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan isi lain

Produk ini terbuat dari bahan-bahan yang ramah di kulit, tetapi ampuh mengatasi peradangan pada jerawat. Contoh dari bahan-bahan tersebut adalah allantoin dan niacinamide yang mampu meredakan kemerahan di kulit sekaligus menyejukkannya.


Keampuhan produk ini dalam membunuh bakteri penyebab jerawat diperkuat lagi dengan adanya salicylic acid yang mengandung antibakteri. Produk ini makin disukai masyarakat berkat tekstur gelnya yang cepat meresap di kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket.

Everwhite Acnepair Cream

Harga referensi
Rp76.000
Agak Mahal

Bisa untuk wajah dan punggung!

Kelebihan:

  • Noda jerawat bisa dipulihkan lebih cepat 

Kekurangan:

  • Mengandung parfum, pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati

Produk dengan kombinasi bahan AHA, BHA, dan cica ini sangat baik dalam merawat kulit yang berjerawat. Kandungan AHA mampu merangsang pembentukan kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Dengan begitu, noda bekas jerawat dan kulit yang rusak akibat jerawat bisa dipulihkan dengan lebih cepat. Kulit jadi lebih sehat dan terbebas dari jerawat!


Sementara itu, BHA dan cica dapat mengangkat sel kulit mati serta berperan sebagai antioksidan yang dapat meredakan inflamasi akibat jerawat. Menariknya lagi, produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di punggung, lho! Krim antijerawat ini cocok untuk Anda yang ingin membeli produk serbaguna.

SkintificPapulex Gel

Harga referensi
Rp105.000
Agak Mahal

Hanya dalam waktu 12 jam, jerawat hilang secara instan

Kelebihan:

  • Cocok untuk semua jenis kulit
  • Bebas zat berbahaya dan cruelty-free

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam ukuran kecil


Jerawat dan bekasnya menjadi hal yang paling mengganggu penampilan, terutama jika jerawat sudah menyebabkan inflamasi pada kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Produk dari Skintific ini mampu meredakan peradangan akibat jerawat dalam waktu 10 detik saja. Bahkan, berbagai jenis jerawat dapat hilang dalam waktu 12 jam dan kulit Anda akan kembali cerah seperti sebelumnya.

VitapharmAcne Gel Triple Action

Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah

Sejuk di kulit dan ampuh kurangi iritasi

Kelebihan:

  • Ada tiga kandungan anti-acne yang kuat

Kekurangan:

  • Tidak memiliki kandungan whitening untuk mencerahkan kulit

Jerawat di wajah terasa perih dan gatal sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman? Obati segera dengan produk dari Viva ini! Mengandung allantoin, produk ini mampu meredakan iritasi di kulit. Berkat kandungan tersebut, salep gel ini akan memberi rasa sejuk di kulit. Rasa gatal dan perih pada area jerawat pun dapat diredakan.


Iritasi akibat jerawat dapat membuat kulit kering dan mengelupas. Hal tersebut dapat dicegah berkat kandungan provitamin B5 pada produk ini. Gel transparan ini juga dilengkapi dengan tiga kandungan anti-acne yang kuat, yaitu salicylic acid, tea tree oil, dan sulfur. Kombinasi ketiganya ampuh melawan jerawat membandel.

Rohto Mentholatum Acnes Spot Care

Harga referensi
Rp37.000
Menengah

Mempercepat pemulihan luka bekas jerawat

Kelebihan:

  • Bisa menghilangkan noda bekas jerawat secara berangsur


Kekurangan:

  • Isi kemasan yang relatif sedikit

Bekas jerawat mengganggu penampilan Anda? Ini saatnya Anda mencoba produk ini! Kaya akan whitening agent seperti arbutin, produk ini mampu melawan pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi gelap. Hasilnya, noda bekas jerawat dapat berangsur-angsur memudar.


Meskipun manfaat utamanya adalah menghilangkan noda bekas jerawat, produk ini tetap ampuh melawan jerawat yang meradang. Allantoin dan salicylic acid di dalamnya bekerja sebagai antibakteri alami yang mampu meredakan jerawat. Diperkaya ekstrak wortel, gel ini efektif membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Harga referensi
Rp34.500
Menengah

Mengontrol produksi minyak berlebih di area jerawat

Kelebihan: 
  • Efektif menghilangkan jerawat membandel


Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran kecil


Keseimbangan produksi minyak di wajah dapat terganggu karena jerawat. Akibatnya, produksi minyak di area sekitar jerawat bisa meningkat dan memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Untuk itu, Anda membutuhkan produk yang mengandung oil control seperti produk yang satu ini. 


Berkat rosemary leaf extract dan chamomile extract di dalamnya, produk ini mampu menyeimbangkan kembali produksi minyak di area jerawat. Kemampuannya tersebut membuat produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Tidak hanya itu, Camelia sinensis extract dan salicylic acid-nya efektif menghilangkan jerawat yang sedang aktif, lho!

Tips menggunakan salep jerawat

Tips menggunakan salep jerawat

Salep jerawat memang dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah jerawat. Agar efeknya lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan salep jerawat. 


  • Sebelum mengoleskan salep, bersihkan wajah terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakan sabun atau pembersih khusus untuk jerawat.

  • Jika Anda menggunakan toner, biarkan toner meresap terlebih dahulu sebelum mengoleskan salep jerawat. Anda juga harus ingat bahwa salep jerawat digunakan sebelum rangkaian skincare lainnya.

  • Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum mengoleskan salep ke area jerawat. Hal ini perlu dilakukan agar kuman di tangan tidak menempel pada area jerawat dan memicu peradangan. 

  • Oleskan salep secukupnya pada area yang berjerawat. Tidak perlu berlebihan sebab sisa salep yang tidak terserap berisiko menyumbat pori-pori.

  • Hindari mengoleskan salep dengan kuat atau menggosoknya karena hal ini justru dapat memicu iritasi di area jerawat.

  • Perhatikan kehigienisan salep jerawat agar tidak terkontaminasi dengan kotoran.

  • Jauhkan salep jerawat dari paparan sinar matahari agar kandungan di dalamnya tidak rusak. Jadi, sebaiknya gunakan salep jerawat saat malam hari. Pada umumnya, manusia tidak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan saat hari sudah malam.

Baca juga rekomendasi perawatan lainnya untuk mengatasi jerawat di sini

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah jerawat. Bahkan, saat ini juga telah hadir bermacam rangkaian produk yang menawarkan solusi untuk masalah jerawat. Beberapa di antaranya terbukti ampuh mengatasi jerawat yang membandel. Apabila Anda tertarik, segera baca tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dari artikel ini, apakah Anda sudah menemukan salep jerawat yang sesuai? Semoga cara memilih yang kami sampaikan memudahkan Anda dalam memilih produk yang paling tepat. 


Apabila setelah penggunaan salep jerawat yang dijual bebas pun jerawat belum membaik atau makin berat, berkonsultasilah dengan dermatologist. Jadi, masalah jerawat Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.