• 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat atau acne merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Selain mengganggu penampilan, acne terkadang menimbulkan rasa sakit, bahkan bekas jerawat. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan obat totol jerawat yang ampuh.

Pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas tentang salep jerawat, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produknya. Kami akan memilihkan sepuluh produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Acnes, Sebamed, Bioderma, dan Everwhite. Selain itu, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK. Mari simak sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.

Saat ini dr. Elvina berpraktik di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih salep jerawat

Ada banyak salep jerawat yang dijual di pasaran. Tidak perlu bingung, berikut kami bagikan tips untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat. Simak baik-baik, ya!

Pilih yang mengandung senyawa anti-acne

Pilih yang mengandung senyawa anti-acne

Kandungan anti-acne dapat dikatakan merupakan elemen terpenting yang harus ada pada salep jerawat. Berperan sebagai antibakteri, tugas dari senyawa anti-acne adalah membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat pada kulit. Beberapa kandungan yang memiliki sifat antibakteri tinggi adalah salicylic acid, tea tree oil, dan sulfur.


Di pasaran tersedia juga salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Namun, setelah menggunakannya Anda harus berhati-hati. Gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan karena benzoil peroksida dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Selain itu, jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan. 


Ada juga kandungan anti-acne yang kaya antioksidan, seperti sunflower seed oil, ginkgo biloba, dan Centela asiatica (cica). Antioksidan memiliki manfaat dalam membantu membersihkan pori-pori dari kotoran serta mengontrol produksi minyak pada kulit wajah Anda. Dengan begitu, kulit Anda terhindar dari masalah jerawat. 


Tidak hanya itu saja, salep jerawat dengan kandungan retinoid juga mengandung vitamin A yang bisa mengatasi komedo hitam dan putih. Kandungan lain yang berguna pada salep jerawat adalah alpha-hydroxy acids (AHA). AHA dan retinoid berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Setelah itu, AHA dapat mengecilkan pori-pori agar kulit Anda tidak mudah berjerawat ke depannya. 

Cari yang memiliki kandungan tambahan

Jerawat dapat menimbulkan efek buruk, seperti iritasi kulit, pengelupasan kulit, dan pembengkakan. Jadi, penting untuk memilih produk yang juga bisa mengatasi berbagai efek lainnya dari jerawat.

Anti-inflamasi: Meredakan peradangan pada jerawat

Anti-inflamasi: Meredakan peradangan pada jerawat

Kuman penyebab jerawat sering menyebabkan jerawat membengkak dan memerah. Hal ini karena mekanisme alami tubuh mengirim respons berupa inflamasi di area yang berjerawat. Inflamasi atau radang adalah salah satu tanda bahwa kulit mengalami iritasi. Dalam kondisi tersebut, jerawat akan terasa sakit, terutama jika tersentuh.


Jika Anda mengalami inflamasi akibat jerawat hingga kulit berwarna merah dan perih, pilih produk yang mengandung bahan anti-inflamasi. Kandungan tersebut mampu meredakan peradangan di area jerawat. Efeknya, bengkak dan kemerahan di area jerawat dapat dikurangi. Beberapa contoh kandungan anti-inflamasi dalam salep jerawat adalah licorice extract, allantoin, niacinamide, dan witch hazel.

Whitening agent: Bantu memudarkan bekas jerawat

Whitening agent: Bantu memudarkan bekas jerawat

Jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dapat memicu pembentukan melanin yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat. Beberapa bekas jerawat terkadang sulit hilang meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara. Apabila Anda sedang berjuang untuk melawan bekas jerawat, pilihlah salep jerawat yang mengandung whitening agent.


Whitening agent, seperti licorice extractcitric acid, arbutin dan azelaic acid mampu membantu regenerasi kulit dan menghambat pembentukan melanin. Produk dengan collagen atau Centella asiatica juga dapat mengatasi noda jerawat sekaligus mencegah luka berlubang atau bopeng di kulit.

Moisturizer: Menjaga kelembapan alami kulit

Moisturizer: Menjaga kelembapan alami kulit

Kelembapan alami kulit berperan penting dalam mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya, kulit yang terlalu kering dapat menimbulkan jerawat, lho. Jerawat itu sendiri juga akan mengganggu kelembapan alami kulit sehingga menyebabkan masalah kulit lainnya. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung moisturizer.


Kandungan moisturizer, seperti Aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid efektif mengembalikan kelembapan alami kulit. Selain melembapkan, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menyejukkan dan menenangkan kulit. Efeknya, iritasi dan sensitivitas kulit pun dapat diredakan. Risiko munculnya pengelupasan kulit yang berlebihan juga dapat ditekan.

Pertimbangkan juga teksturnya

Ada dua jenis tekstur salep jerawat yang populer, yaitu gel dan krim. Kedua tekstur ini memiliki keunggulannya masing-masing. Mari simak lebih lanjut!

Gel: Mudah meresap dan ringan di kulit

Gel: Mudah meresap dan ringan di kulit

Salep jerawat dengan tekstur gel mudah meresap ke pori-pori dan tidak menimbulkan rasa lengket. Karakter tersebut membuat salep jerawat jenis ini tidak menyumbat pori. Tekstur gelnya yang ringan juga tidak memicu munculnya minyak berlebih.


Dengan demikian, salep jerawat jenis ini dapat bekerja dengan baik pada kulit berminyak. Selain itu, warnanya yang bening tidak akan mengganggu penampilan atau riasan wajah Anda. Jadi, Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu dengan bebas dan tidak perlu merias ulang wajah Anda.

Krim: Memberikan kelembapan ekstra di kulit

Krim: Memberikan kelembapan ekstra di kulit

Salep jerawat jenis krim kami rekomendasikan untuk Anda pemilik jenis kulit kering. Salep jerawat dengan tekstur krim biasanya kaya akan moisturizer. Alhasil, kulit di sekitar jerawat akan terjaga kelembapannya. Iritasi dan pengelupasan di kulit juga dapat berkurang jika Anda menggunakan salep jenis krim.


Berwarna putih susu, salep jenis ini memang terkadang terlihat mencolok dan mengganggu penampilan saat dipakai. Untuk Anda yang merasa kurang nyaman, sebaiknya oleskan krim secara tipis saja di area jerawat. Anda juga dapat menggunakannya pada malam hari untuk mengobati jerawat ketika sedang tidur.

10 Rekomendasi salep jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk salep jerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

Isi 30 ml
TeksturKrim
Anti-acne Salicylic acid, Ginkgo biloba leaf extract, zinc gluconate
Anti-inflamasi Laminaria ochroleuca extract, bakuchiol
Whitening Citric acid, squalane
Moisturizer Glycerin, xylitol, propylene glycol, squalane
Isi 15 gr
TeksturKrim
Anti-acne Tea tree oil, niacinamide
Anti-inflamasi Palmaria palmata extract, allantoin, niacinamide
Whitening Citric acid
Moisturizer Palmaria palmata extract

Sebamed Clear Face Anti Pimple Gel

Mulai dari Rp 110.000,00

Isi 10 ml
TeksturGel
Anti-acne Chloroxylenol
Anti-inflamasi Cucumber extract, allantoin, bisabolol, Hamamelis virginiana extract
Whitening Citric acid
Moisturizer Glycerin, panthenol, cucumber extract, bisabolol
Isi 20 gr
TeksturGel
Anti-acne Benzoil peroksida
Anti-inflamasi Benzoil peroksida
Whitening ×
Moisturizer ×
Isi 10 gr
TeksturGel
Anti-acne Salicylic acid, triclosan, niacinamide
Anti-inflamasi Niacinamide, allantoin
Whitening Licorice root extract, niacinamide
Moisturizer Vitamin B3, allantoin
Isi 15 gr
TeksturKrim
Anti-acne Niacinamide, salicylic acid, tea tree oil
Anti-inflamasi Centella asiatica extract, tea tree oil, calamine, niacinamide
Whitening Glutathione
Moisturizer Glycerin

SkintificSalicylic Acid Acne Spot Treatment Gel

Mulai dari Rp 105.000,00

Isi 10 gr
TeksturGel
Anti-acne Centella asiatica, salicylic acid, pionin
Anti-inflamasi Centella asiatica, Spiraea ulmaria extract, salicylic acid, niacinamide
Whitening Centella asiatica, niacinamide
Moisturizer Butylene glycol, Centella asiatica, glycerin, ceramides, panthenol, sodium hyaluronate
Isi 15 gr
TeksturGel
Anti-acne Salicylic acid, sulfur, tea tree oil
Anti-inflamasi Allantoin, panthenol
Whitening X
Moisturizer Panthenol, glycerin
Isi 12 gr
TeksturGel
Anti-acne Salicylic acid
Anti-inflamasi Allantoin, Daucus carota sativa extract
Whitening Arbutin, ascorbyl glucoside
Moisturizer Castor oil, allantoin, Daucus carota sativa extract
Isi 15 ml
TeksturGel
Anti-acne Camellia sinensis leaf, salicylic acid
Anti-inflamasi Licorice extract, Centella asiatica extract
Whitening Licorice extract
Moisturizer Centella asiatica extract, Cinnamomum zeylanicum bark extract

Tabel perbandingan produk salep jerawat

Gambar produk
Verileskin  Verile Acne Gel 1

Verileskin

Rohto  Acnes Spot Care  1

Rohto

Skintific Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel 1

Skintific

Vitapharm Acne Gel Triple Action 1

Vitapharm

Emina  Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel  1

Emina

Everwhite  Acnepair Cream  1

Everwhite

Sebamed  Clear Face Anti Pimple Gel  1

Sebamed

Vitapharm RED-A Acne Cream 1

Vitapharm

Benzolac Benzoyl Peroxide 2,5% 1

Benzolac

Bioderma  Sebium Global  1

Bioderma

Nama produk

Verile Acne Gel

Acnes Spot Care

Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel

Acne Gel Triple Action

Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Acnepair Cream

Clear Face Anti Pimple Gel

RED-A Acne Cream

Benzoyl Peroxide 2,5%

Sebium Global

Keunggulan

Ampuh redakan jerawat dengan tekstur gel yang cepat meresap

Mempercepat pemulihan luka bekas jerawat

Hanya dalam waktu 12 jam, jerawat hilang secara instan

Sejuk di kulit dan ampuh kurangi iritasi

Mengontrol produksi minyak berlebih di area jerawat

Bisa untuk wajah dan punggung!

Atasi jerawat tanpa merusak kulit

Kembalikan kelembapan alami di area kulit yang berjerawat

Mengandung 2,5% benzoil peroksida, ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat

Pulihkan kulit dari beruntusan yang mengganggu penampilan Anda

Harga mulai dariRp 15.100,00Rp 37.000,00Rp 105.000,00Rp 10.000,00Rp 34.500,00Rp 76.000,00Rp 110.000,00Rp 12.800,00Rp 17.300,00Rp 300.000,00
Isi 10 gr 12 gr 10 gr15 gr 15 ml 15 gr 10 ml 15 gr20 gr 30 ml
TeksturGel Gel Gel Gel Gel Krim Gel Krim Gel Krim
Anti-acne Salicylic acid, triclosan, niacinamide Salicylic acidCentella asiatica, salicylic acid, pioninSalicylic acid, sulfur, tea tree oilCamellia sinensis leaf, salicylic acidNiacinamide, salicylic acid, tea tree oilChloroxylenol Tea tree oil, niacinamide Benzoil peroksidaSalicylic acid, Ginkgo biloba leaf extract, zinc gluconate
Anti-inflamasi Niacinamide, allantoinAllantoin, Daucus carota sativa extract Centella asiatica, Spiraea ulmaria extract, salicylic acid, niacinamideAllantoin, panthenol Licorice extract, Centella asiatica extractCentella asiatica extract, tea tree oil, calamine, niacinamide Cucumber extract, allantoin, bisabolol, Hamamelis virginiana extractPalmaria palmata extract, allantoin, niacinamide Benzoil peroksidaLaminaria ochroleuca extract, bakuchiol
Whitening Licorice root extract, niacinamideArbutin, ascorbyl glucosideCentella asiatica, niacinamideXLicorice extractGlutathioneCitric acidCitric acid×Citric acid, squalane
Moisturizer Vitamin B3, allantoinCastor oil, allantoin, Daucus carota sativa extractButylene glycol, Centella asiatica, glycerin, ceramides, panthenol, sodium hyaluronatePanthenol, glycerin Centella asiatica extract, Cinnamomum zeylanicum bark extractGlycerin Glycerin, panthenol, cucumber extract, bisabolol Palmaria palmata extract ×Glycerin, xylitol, propylene glycol, squalane
Tautan produk

Tips menggunakan salep jerawat

Tips menggunakan salep jerawat

Salep jerawat memang dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah jerawat. Agar efeknya lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan salep jerawat. 


  • Sebelum mengoleskan salep, bersihkan wajah terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakan sabun atau pembersih khusus untuk jerawat.

  • Jika Anda menggunakan toner, biarkan toner meresap terlebih dahulu sebelum mengoleskan salep jerawat. Anda juga harus ingat bahwa salep jerawat digunakan sebelum rangkaian skincare lainnya.

  • Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum mengoleskan salep ke area jerawat. Hal ini perlu dilakukan agar kuman di tangan tidak menempel pada area jerawat dan memicu peradangan. 

  • Oleskan salep secukupnya pada area yang berjerawat. Tidak perlu berlebihan sebab sisa salep yang tidak terserap berisiko menyumbat pori-pori.

  • Hindari mengoleskan salep dengan kuat atau menggosoknya karena hal ini justru dapat memicu iritasi di area jerawat.

  • Perhatikan kehigienisan salep jerawat agar tidak terkontaminasi dengan kotoran.

  • Jauhkan salep jerawat dari paparan sinar matahari agar kandungan di dalamnya tidak rusak. Jadi, sebaiknya gunakan salep jerawat saat malam hari. Pada umumnya, manusia tidak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan saat hari sudah malam.

Baca juga rekomendasi perawatan lainnya untuk mengatasi jerawat di sini

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah jerawat. Bahkan, saat ini juga telah hadir bermacam rangkaian produk yang menawarkan solusi untuk masalah jerawat. Beberapa di antaranya terbukti ampuh mengatasi jerawat yang membandel. Apabila Anda tertarik, segera baca tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dari artikel ini, apakah Anda sudah menemukan salep jerawat yang sesuai? Semoga cara memilih yang kami sampaikan memudahkan Anda dalam memilih produk yang paling tepat. 


Apabila setelah penggunaan salep jerawat yang dijual bebas pun jerawat belum membaik atau makin berat, berkonsultasilah dengan dermatologist. Jadi, masalah jerawat Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Tidak hanya orang dewasa, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak. Anda bisa membeli obat sakit perut tersebut di apotek atau secara online. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Karena itu. kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih obat sakit perut. Kami juga akan mengulas berbagai merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Annisa. Mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu pasti membuat Anda kurang percaya diri. Ditambah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah atau leher. Stigma orang yang tidak memedulikan kebersihan bisa melekat pada Anda. Anda perlu obat panu yang bagus agar cepat sembuh dari panu.Kami akan membahas cara memilih dan review obat panu paling ampuh untuk menghilangkan panu. Merek obat panu terbaik yang dijamin membuat panu cepat hilang, yakni Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
  • 7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion anti nyamuk adalah salah satu cara paling ampuh dan aman untuk mengusir nyamuk di sekitar Anda. Seperti diketahui, denging suara nyamuk bisa sangat mengganggu tidur. Gigitannya pun dapat menyebabkan bentol dan gatal. Nyamuk bahkan bisa menjadi sumber penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Mengerikan, bukan?Karena itu, kali ini kami akan memberi tips memilih lotion anti nyamuk untuk anak dan orang dewasa. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Caladine, Autan, Soffell, dan Cussons. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori