mybest
Menstrual cup

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Produk dewasa & kewanitaan
  4. 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist]
  • 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist] 1
  • 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist] 2
  • 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist] 3
  • 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist] 4
  • 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist] 5

10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist]

Belakangan ini banyak wanita beralih ke menstrual cup dengan alasan nyaman, dapat digunakan bertahun-tahun, dan lebih ramah lingkungan. Produk menstrual cup juga sudah banyak bisa kita temukan di pasaran. Namun, banyaknya produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Bersama obstetrics and gynecology specialist, dr. Ricard, kami telah menyusun cara memilih menstrual cup. Selain itu, temukan juga beberapa rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti FILMORE, Soul, dan lainnya. Agar tidak terlewat, silakan disimak hingga tuntas!

Diperbaharui 21/03/2024
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Pakar
Obstetrician and Gynecologist Specialist
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani

dr. Candra Novi Ricardo Sibarani biasa disapa dengan nama dr. Ricard. Beliau adalah seorang dokter spesialis kandungan lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. dr. Ricard memiliki minat yang lebih dalam dari bidang kandungan, yaitu bidang kanker kandungan. Kini, fokus beliau adalah mengenai kesehatan organ reproduksi dalam pencegahan kanker ginekologi. Saat ini, dr. Ricard aktif berpraktek di beberapa rumah sakit yang terletak di kota Sukabumi. Beliau juga aktif dalam organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan perkumpulan obstetri dan ginekologi Indonesia. Selain memberikan layanan kesehatan di bidang kandungan, dr. Ricard juga aktif memberikan penyuluhan kesehatan pada beberapa organisasi kemasyarakatan, puskesmas, dan radio.

Profil dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah menstrual cup aman?

Pakar
Pakar

Rata-rata menstrual cup terbuat dari karet atau silikon yang sudah teruji sehingga aman digunakan. Menstrual cup dapat menjadi pilihan untuk pengguna yang iritasi terhadap pembalut sekali pakai.

Apakah menstrual cup aman?
Bahan karet atau silikon tersebut tentu adalah bahan yang telah lolos serangkaian uji dan bersertifikat sebagai medical grade. Bentuknya pun didesain sedemikian rupa agar mudah dipakai. Namun, penggunaannya yang dimasukkan langsung ke dalam vagina memang cukup terasa mengkhawatirkan bagi sebagian besar pengguna. Sebenarnya ada banyak kelebihan dalam menggunakan menstrual cup, di antaranya: 

  • Jarang bocor sebab tertampung di dalam lubang menstrual cup
  • Tidak terjadi paparan bakteri karena menstrual cup berada di dalam vagina
  • Darah menstruasi ditampung di dalam vagina sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap
  • Posisinya tetap stabil, bahkan saat aktif bergerak sehingga tidak akan terjadi pergeseran

Meskipun terbilang aman, beberapa orang mungkin mengalami iritasi pada vagina saat menggunakan menstrual cup. Selain itu, risiko ketidaknyamanan, gangguan saat berkemih, dan kebocoran juga mungkin terjadi.
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Obstetrician and Gynecologist Specialist
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Efek samping menstrual cup seperti gangguan berkemih atau kebocoran dapat dikurangi dengan menggunakannya secara tepat dan sesuai petunjuk produk. Pilihlah produk yang sesuai, bersihkan secara berkala, dan cuci tangan sebelum menggunakan dan melepas menstrual cup.

Apakah menstrual cup boleh dipakai oleh semua umur?

Pakar
Pakar

Menstrual cup boleh saja dipakai sejak seseorang mengalami menstruasi pertama kali. Namun, penggunaan yang tidak tepat akan berisiko merusak selaput dara. Menstrual cup akan lebih sesuai untuk wanita yang sudah menikah atau sudah pernah melahirkan.

Apakah menstrual cup boleh dipakai oleh semua umur?
Proses menentukan ukuran menstrual cup yang tepat kurang relevan di Indonesia. Terlebih bagi perempuan single atau belum pernah melahirkan karena memerlukan pengukuran dengan jari yang dimasukkan ke dalam vagina. Hal ini kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia yang menghargai "virginity". Penggunaan menstrual cup yang harus dimasukkan langsung ke dalam vagina juga dianggap kurang cocok untuk perempuan yang belum menikah.

Terlebih, ukuran hymen atau selaput dara masih relatif kecil saat menstruasi pertama kali terjadi, sekitar usia 10-12 tahun. Menstrual cup memang dapat masuk melewati selaput dara tanpa merobeknya jika digunakan dalam kondisi relaks. Akan tetapi, mencari menstrual cup dengan ukuran yang sangat kecil untuk digunakan remaja memerlukan usaha yang tidak sederhana. Bahan cup juga harus sangat elastis agar tidak menyebabkan trauma.

Cara memilih Menstrual Cup

Sebelum memutuskan untuk membeli produk menstrual cup, sudahkah Anda mengetahui cara memilihnya? Simaklah poin-poin berikut saat memilih menstrual cup agar Anda tetap bisa beraktivitas dengan nyaman di kala haid!

1

Pilih ukuran menstrual cup yang sesuai dengan mengukur jarak mulut vagina sampai mulut rahim Anda

Pakar
Pakar

Ukuran yang tepat akan meminimalkan risiko kebocoran saat haid. Pengukuran tinggi mulut rahim dilakukan agar Anda dapat menentukan menstrual cup.  

Pilih ukuran menstrual cup yang sesuai dengan mengukur jarak mulut vagina sampai mulut rahim Anda

Untuk mendapatkan menstrual cup yang cocok dengan tubuh Anda, penting untuk mengetahui tinggi serviks Anda terlebih dahulu. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter atau melakukan pemeriksaan sendiri. Caranya adalah sebagai berikut: 


  • Cuci tangan Anda terlebih dahulu.
  • Masukkan jari telunjuk atau jari tengah ke dalam vagina dengan hati-hati. Posisikan sampai menyentuh bagian mulut rahim yang terasa lembut dan kenyal.
  • Setelah mulut rahim teraba, ukur jumlah buku jari sebagai acuan jarak dari mulut rahim sampai pintu masuk vagina.


Panjang rata-rata satu buku jari adalah 1-2 cm, tetapi ada juga yang panjangnya mencapai 2,5 cm per satu buku jari. Untuk memastikan akurasi, sebaiknya Anda mengukur panjang buku jari Anda terlebih dahulu.


Misalkan panjang buku jari Anda adalah 2,5 cm. Saat Anda mengukur tinggi mulut rahim, ternyata jaraknya dari vagina adalah dua setengah buku jari atau setara 6,25 cm. Jika ingin menghindari sensasi ganjalan, pilih menstrual cup yang lebih pendek 0,5-1 cm dari perhitungan. Hal ini juga berlaku untuk menghindari menstrual cup bersentuhan langsung dengan mulut rahim. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat ilustrasi perhitungan berikut:


  1. Tinggi mulut rahim - (0,5 hingga 1 cm) = tinggi menstrual cup

  • 6,25 - 1 = 5,25 cm
  • 6,25 - 0,5 = 5,75 cm

Jadi, dalam contoh ini pengguna bisa mencari menstrual cup yang tingginya antara 5,25-5,75 cm atau 52,5-57,5 mm. 

Proses pengukuran memang merepotkan, tetapi hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kenyamanan penggunaan menstrual cup. Ukuran yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kurangnya daya tampung, kebocoran, dan masalah lainnya.

Bagi Anda yang memiliki tinggi mulut rahim rendah atau sekitar satu buku jari, utamakan bentuk crown cup

Pakar
Pakar

Bagi Anda yang memiliki tinggi mulut rahim rendah memang lebih baik memilih bentuk crown up. Tujuannya untuk memudahkan dalam memastikan penempatan posisi yang tepat.

Bagi Anda yang memiliki tinggi mulut rahim rendah atau sekitar satu buku jari, utamakan bentuk crown cup
Sumber: shopee.co.id

Bentuk menstrual cup paling umum menyerupai kuncup bunga tulip atau corong, lengkap dengan 'tangkai' atau stem di bagian bawahnya. Beberapa produsen menyebut bentuk ini sebagai basic cup. Bagian stem dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menemukan menstrual cup di dalam vagina sehingga lebih mudah mengeluarkannya


Namun, bentuk corong atau basic bukanlah satu-satunya bentuk menstrual cup yang tersedia di pasaran. Anda juga dapat menemukan crown atau ring cup. Bentuk cup ini sangat berkaitan dengan tinggi serviks. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan bentuk yang paling sesuai dengan tinggi mulut rahim.

Jika dibandingkan dengan basic atau ring cup, crown cup umumnya lebih pendek. Jadi, jika suatu merek menawarkan bentuk corong dan crown, tinggi crown cup akan lebih rendah daripada bentuk corong.


Sebagai contoh, jika bentuk corong dengan ukuran paling kecil dari merek A adalah 58 mm, tinggi crown cup-nya hanya 40 mm. Namun, perbandingan tinggi antara bentuk cup sebaiknya dibandingkan untuk satu merek yang sama. Hal itu karena standar ukuran dapat bervariasi antar produsen.

Namun, prioritaskan bentuk ring atau basic cup untuk tinggi mulut rahim Anda sekitar dua buku jari atau lebih

Pakar
Pakar

Bentuk ring dapat memudahkan pengeluaran menstrual cup saat Anda memakainya, sedangkan basic cup untuk memastikan penempatan posisi yang tepat

Namun, prioritaskan bentuk ring atau basic cup untuk tinggi mulut rahim Anda sekitar dua buku jari atau lebih
Dilihat dari sisi bentuk atau tinggi, basic dan ring cup memang serupa. Keduanya memiliki bentuk yang menyerupai kuncup tulip atau corong. Ukurannya pun cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan crown cup. Oleh karena itu, kedua jenis cup ini lebih cocok untuk jarak mulut vagina sampai mulut rahim yang relatif tinggi.

Adapun perbedaannya terletak pada bentuk stem. Basic cup memiliki stem berbentuk tangkai sederhana, sementara ring cup memiliki stem berbentuk cincin sesuai dengan namanya. Stem berbentuk cincin ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengeluarkan menstrual cup. Jadi, bentuk ini paling sesuai untuk Anda yang mulut rahimnya cukup tinggi. 


Ring cup juga cocok untuk Anda yang telah mencoba menstrual cup sebelumnya, tetapi mengalami kesulitan dalam mengeluarkannya. Dengan stem berbentuk cincin, Anda dapat mengeluarkan menstrual cup dengan lebih mudah hanya dengan menggunakan satu jari. Perlu diketahui, ukuran yang tinggi lebih direkomendasikan untuk Anda yang memiliki tinggi rahim medium atau tinggi (2 buku jari atau lebih).

dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Obstetrician and Gynecologist Specialist
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani

Tidak hanya ukuran, bentuk menstrual cup pun juga menentukan kenyamanan Anda saat Anda beraktivitas. Terlebih lagi jika Anda memiliki aktivitas yang tinggi.

2

Pilih menstrual cup ukuran kecil untuk regular flow, ukuran sedang untuk moderate flow, dan ukuran besar untuk heavy flow

Pakar
Pakar

Ukuran cup yang sesuai akan meminimalkan risiko darah luber atau bocor. Makin besar ukuran menstrual cup tentu makin besar pula volume darah yang bisa ditampung. 

Pilih menstrual cup ukuran kecil untuk regular flow, ukuran sedang untuk moderate flow, dan ukuran besar untuk heavy flow

Produk menstrual cup yang tersedia di pasaran umumnya memiliki tiga pilihan ukuran. Selain tinggi mulut rahim, pemilihan ukuran juga harus disesuaikan dengan menstruation flow yang Anda alami. Berikut ini pembagian menstruation flow yang mungkin Anda alami.


  • Regular flow (aliran menstruasi normal)
Aliran menstruasi yang dianggap normal atau reguler biasanya melibatkan aliran yang sedang. Darah keluar secara teratur selama menstruasi dan kemungkinan penggunaan menstrual cup ukuran kecil sudah mencukupi. Di pasaran, ukuran ini dapat ditemui dengan berbagai penamaan seperti XS, mini, dan sebagainya.

  • Moderate flow (aliran menstruasi sedang)
Beberapa wanita mungkin mengalami periode menstruasi sedang selama beberapa hari pertama menstruasi. Aliran menstruasi sedang melibatkan jumlah darah yang lebih besar dibandingkan dengan aliran normal. Demi kenyamanan, sebaiknya Anda memilih menstrual cup berukuran sedang. Misalanya, ukuran S atau kode lainnya sesuai dengan penamaan produsen.

  • Heavy flow (aliran menstruasi berat)
Aliran menstruasi yang berat melibatkan jumlah darah yang signifikan. Wanita yang mengalami aliran menstruasi berat mungkin memerlukan menstrual cup berukuran besar. Umumnya, menstrual cup berukuran besar diberi kode nama L oleh produsen.

Bagaimana jika tinggi mulut rahim rendah sehingga hanya bisa menggunakan menstrual cup kecil, tetapi aliran menstruasi termasuk heavy flow? Nah, Anda masih bisa menggunakan menstrual cup kecil sesuai dengan ukuran tinggi rahim Anda. Hanya saja, Anda mungkin perlu lebih sering mengosongkannya karena kemungkinan cepat penuh
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Obstetrician and Gynecologist Specialist
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani

Makin besar ukuran menstrual cup tentu volume darah yang bisa ditampung pun makin besar. Namun, risiko kurang nyaman karena menstrual cup bersentuhan dengan dinding rahim pun lebih tinggi bila ukurannya besar.

3

Utamakan menstrual cup yang terbuat dari medical grade silicone untuk menghindari risiko iritasi dan infeksi

Pakar
Pakar

Bahan tersebut artinya telah melalui serangkaian uji dan memenuhi standar medical device sehingga aman digunakan. Beberapa standarnya bahkan membuat bahan ini berisiko kecil memicu iritasi.

Utamakan menstrual cup yang terbuat dari medical grade silicone untuk menghindari risiko iritasi dan infeksi

Keamanan produk menjadi isu krusial dalam pemilihan menstrual cup. Terlebih, tak sedikit orang orang yang beralih ke menstrual cup karena mengalami iritasi dari pembalut sekali pakai. Oleh karena itu, penting untuk memilih dengan hati-hati bahan menstrual cup. Pastikan bahwa menstrual cup yang Anda pilih terbuat dari silikon medical grade.

Apa itu medical grade silicone? Medical grade silicone adalah bahan elastis sintetis yang tidak beracun dan bersifat inert. Inert artinya tidak bereaksi dengan bahan kimia apa pun. Karakteristik inert ini sangat esensial sebab pada level yang lebih dalam, tubuh manusia pun disusun atas struktur-struktur kimia tertentu. Karakter inert inilah yang membuat medical grade silicone tidak menyebabkan reaksi saat bersentuhan dengan tubuh manusia


Karakteristik lain yang harus dipenuhi oleh medical grade silicone, antara lain:

  • Tidak berpori
Medical grade silicone tidak berpori, walau ukuran mikro. Hal ini bertujuan untuk mencegah cairan atau bakteri melewati bahan tersebut yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko infeksi. Meskipun begitu, bukan berarti menstrual cup steril. Bakteri tetap bisa menempel pada permukaan menstrual cup.

  • Tahan suhu dan bahan kimia
Medical grade silicone biasanya telah diuji untuk ketahanan terhadap suhu ekstrem, yaitu -100 °C hingga 200 °C. Oleh sebab itu, menstrual cup dari bahan ini umumnya tidak akan rusak saat direbus. Di samping itu, bahan ini juga telah diuji untuk ketahanan terhadap air dan asam.

Itulah alasan menstrual cup dengan medical grade silicone diklaim tidak menyebabkan bau serta tidak berisiko menyebabkan lecet atau ruam. Untuk memastikan keamanan produk, pilihlah menstrual cup yang sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Jika produk impor dan belum resmi dipasarkan di Indonesia, pastikan adanya persetujuan dari lembaga berwenang di negara asalnya. Sebagai contoh, FDA untuk Amerika Serikat, EMA untuk Eropa, dan ARTG untuk Australia.
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani
Obstetrician and Gynecologist Specialist
dr. Candra Novi Ricardo Sibarani

Di pasaran ada menstrual cup yang perlu direbus atau tidak direbus untuk proses sterilisasi. Tidak ada indikasi yang jelas bahwa produk menstrual cup bebas dari bakteri baik direbus ataupun tidak. Bakteri apa pun dapat masuk ke tubuh ketika Anda memasukkan alat ke vagina, termasuk menstrual cup. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya merebus menstrual cup guna membunuh bakteri yang ada pada menstrual cup.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Menstrual Cup Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Menstrual Cup terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 Januari 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kapasitas
Bentuk cup
Dimensi tinggi
Dimensi lebar (diameter)
Ukuran cup
Karakteristik tinggi mulut rahim
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasi
Detail nomor izin edar
1

AllMatters

Menstrual Cup

AllMatters Menstrual Cup 1

Rp399.900

Agak Mahal

Aman, nyaman, ramah lingkungan dan antibocor!

19 ml, 25 ml, 30 ml

Basic cup

58 mm, 70 mm, 72 mm

37 mm, 41 mm, 44 mm

Size A, size B, mini

Medium, tinggi

FDA Registered, Allergy Certified, Vegan

Tidak diketahui

2

FILMORE

Girlfriend Menstrual Cup

FILMORE Girlfriend Menstrual Cup 1

Rp499.000

Lebih Mahal

Menstrual cup super fleksibel yang mudah dipakai setiap saat

13 ml, 23 ml

Basic cup

63 mm, 75 mm

35 mm, 40 mm

Mini, regular

Rendah

FDA Approved

Tidak diketahui

3

Tokaed

Menstrual Cup

Tokaed Menstrual Cup 1

Rp169.900

Menengah

Dilengkapi gel pelumas untuk memudahkan pemasangan

16 ml, 26 ml, 36 ml

Basic cup

56 mm, 65 mm, 70 mm

38 mm, 42 mm, 46 mm

S, M, L

Medium, tinggi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Perfecup

Menstrual Cup

Perfecup Menstrual Cup 1

Rp149.500

Agak Murah

Memiliki pilihan ukuran yang disesuaikan dengan pengalaman melahirkan

18 ml, 20 ml, 25 ml

Basic cup

55 mm, 75 mm, 80 mm

38 mm, 40 mm, 45 mm

XS, S, L

Medium, tinggi

FDA Certified

Tidak diketahui

5

Soul

Menstrual Cup Ring

Soul Menstrual Cup Ring 1

Rp179.000

Menengah

Pengeluaran cup jadi lebih mudah dengan desain stem cincin yang inovatif

18 ml, 26 ml, 36 ml

Ring cup

59 mm, 67 mm, 73 mm

38 mm, 43 mm, 47 mm

S, M, L

Medium, tinggi

FDA Approved, ISO 13485, CE, SGS, RoHS

Tidak diketahui

6

G Cup

Girls Menstrual Cup

G Cup Girls Menstrual Cup 1

Rp175.000

Menengah

Bahannya tidak mengandung pemutih dan bahan kimia berbahaya lainnya

Tidak diketahui

Basic cup

65 mm, 70 mm, 77 mm

38 mm, 42 mm, 47 mm

XS, S, L

Medium, tinggi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Bio

Menstrual Cup

Bio Menstrual Cup 1

Rp159.000

Menengah

Desain ergonomis, bisa dipakai oleh wanita yang menggunakan KB IUD

20 ml, 25 ml

Basic cup

63 mm, 71 mm

39 mm, 44 mm

S, L

Medium, tinggi

FDA Approved

Tidak diketahui

8

Vivi

Menstrual Cup

Vivi Menstrual Cup 1

Rp50.000

Lebih Murah

Bahannya bebas latex sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi

Tidak diketahui

Basic cup

Tidak diketahui

Tidak diketahui

S, L

Medium, tinggi

FDA Approved, ISO 13485, SGS

Tidak diketahui

9

Aisha V Care

V-Cup

Aisha V Care  V-Cup 1

Rp299.000

Agak Mahal

Menstrual cup antibau dan antinoda membandel

20 ml, 25 ml

Ring cup

75 mm, 80 mm

40 mm, 45 mm

S, L

Medium, tinggi

Badan POM, ISO 13485, ISO 10993, UKAS, RoHS

Tidak diketahui

10

Soul

Menstrual Cup Crown

Soul Menstrual Cup Crown 1

Rp235.000

Menengah

Bisa menampung darah menstruasi tiga kali lebih banyak

20 ml, 24 ml

Crown cup

Tidak diketahui

40 mm, 45 mm

M, L

Rendah

FDA Approved, ISO 13485, CE, SGS, RoHS

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AllMattersMenstrual Cup

Menstrual Cup 1
Menstrual Cup 2
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 3
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp399.900
Agak Mahal
Harga referensi
Rp399.900
Agak Mahal

Aman, nyaman, ramah lingkungan dan antibocor!

AllMatters Menstrual Cup adalah solusi inovatif untuk kesehatan wanita selama menstruasi. Terbuat dari silikon medis berkualitas tinggi, produk ini menawarkan kenyamanan, keamanan, dan keberlanjutan. Desainnya yang ergonomis memastikan penggunaan yang mudah dan bebas bocor. Cocok untuk wanita yang aktif, produk ini memberikan perlindungan maksimal tanpa risiko kesehatan yang terkait dengan pembalut tradisional.

Dengan berbagai ukuran yang tersedia, AllMatters Menstrual Cup dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Pilihan yang ramah lingkungan ini tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memberikan pengalaman menstruasi yang lebih nyaman. Bahkan, digunakan hingga 12 jam pun tak jadi masalah.

Kapasitas19 ml, 25 ml, 30 ml
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi58 mm, 70 mm, 72 mm
Dimensi lebar (diameter)37 mm, 41 mm, 44 mm
Ukuran cupSize A, size B, mini
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Registered, Allergy Certified, Vegan
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

FILMOREGirlfriend Menstrual Cup

Harga referensi
Rp499.000
Lebih Mahal

Menstrual cup super fleksibel yang mudah dipakai setiap saat

Menstrual cup yang satu ini didesain untuk pemula dan wanita Asia yang memiliki leher rahim rendah. Terbuat dari silikon Wacker German Medical-Grade, menstrual cup ini sudah hypoallergenic dan sangat  fleksibel. Alhasil, Anda dapat dengan mudah memakainya, bahkan tetap aman ketika digunakan berenang.

Menstrual cup ini juga pilihan tepat jika Anda rentan mengalami infeksi di area sensitif dan vaginitis. Alasannya, bahan silikonnya diklaim mampu menangkal bakteri sehingga tidak bisa tumbuh di area menstrual cup.

Kapasitas13 ml, 23 ml
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi63 mm, 75 mm
Dimensi lebar (diameter)35 mm, 40 mm
Ukuran cupMini, regular
Karakteristik tinggi mulut rahimRendah
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Approved
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.3

TokaedMenstrual Cup

Menstrual Cup 1
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 2
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 3
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 4
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp169.900
Menengah
Harga referensi
Rp169.900
Menengah

Dilengkapi gel pelumas untuk memudahkan pemasangan

Bagi Anda yang sering kesulitan memasang menstrual cup, produk dari Tokaed ini bisa jadi solusinya. Anda akan mendapatkan gratis gel pelumas saat membeli satu paket menstrual cup ini. Pemasangan pun jadi lebih mudah karena fleksibilitas bahan produk yang bisa dilipat dalam berbagai bentuk.


Terbuat dari silikon medis berkualitas tinggi, produk ini juga menawarkan kenyamanan dan keamanan maksimal selama menstruasi. Ditambah kemampuannya untuk menyesuaikan berbagai bentuk tubuh, produk ini adalah pilihan yang paling mendukung kebebasan dan kesehatan wanita.

Kapasitas16 ml, 26 ml, 36 ml
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi56 mm, 65 mm, 70 mm
Dimensi lebar (diameter)38 mm, 42 mm, 46 mm
Ukuran cupS, M, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiTidak diketahui
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.4

PerfecupMenstrual Cup

Harga referensi
Rp149.500
Agak Murah

Memiliki pilihan ukuran yang disesuaikan dengan pengalaman melahirkan

Anda pernah melahirkan secara caesar dan ragu untuk menggunakan menstrual cup? Buang keraguan Anda dengan memakai produk ini. Menstrual cup ini menawarkan tiga ukuran yang bisa dipilih berdasarkan pengalaman Anda saat melahirkan.

Anda dapat memilih ukuran L apabila pernah melahirkan secara caesar ataupun normal. Ukuran ini juga direkomendasikan untuk wanita berusia 30 tahun ke atas dan sudah berpengalaman menggunakan menstrual cup. Jadi, tidak ada alasan untuk ragu-ragu lagi, ya, moms!

Kapasitas18 ml, 20 ml, 25 ml
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi55 mm, 75 mm, 80 mm
Dimensi lebar (diameter)38 mm, 40 mm, 45 mm
Ukuran cupXS, S, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Certified
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.5

SoulMenstrual Cup Ring

Menstrual Cup Ring 1
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Ring 2
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Ring 3
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Ring 4
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Ring 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp179.000
Menengah
Harga referensi
Rp179.000
Menengah

Pengeluaran cup jadi lebih mudah dengan desain stem cincin yang inovatif

Soul Menstrual Cup Ring adalah solusi praktis dengan stem berbentuk cincin yang inovatif. Desain cincinnya membuat penggunaan dan pengeluaran menjadi lebih mudah, ideal bagi wanita yang mencari kepraktisan.

Cocok untuk pengguna pemula hingga berpengalaman, Soul Menstrual Cup Ring memberikan perlindungan tanpa bocor dan kenyamanan tanpa rumit. Dengan inovasinya yang unik, produk ini menghadirkan pengalaman menstruasi yang efisien dan bebas stres untuk pemakainya!

Kapasitas18 ml, 26 ml, 36 ml
Bentuk cupRing cup
Dimensi tinggi59 mm, 67 mm, 73 mm
Dimensi lebar (diameter)38 mm, 43 mm, 47 mm
Ukuran cupS, M, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Approved, ISO 13485, CE, SGS, RoHS
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.6

G CupGirls Menstrual Cup

Harga referensi
Rp175.000
Menengah

Bahannya tidak mengandung pemutih dan bahan kimia berbahaya lainnya

Khawatir dengan kandungan pemutih yang terkandung dalam pembalut atau tampon? G Cup mengeklaim produknya bebas pemutih, racun berbahaya, dan tidak menyebabkan alergi. 


GCup memiliki tiga ukuran menstrual cup yang dapat dipilih sesuai kondisi Anda. Ukuran XS ditujukan untuk remaja ataupun wanita yang membutuhkan ukuran cup lebih kecil. Ukuran S disarankan untuk yang belum pernah melahirkan, sedangkan L bagi yang sudah pernah melahirkan.  

KapasitasTidak diketahui
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi65 mm, 70 mm, 77 mm
Dimensi lebar (diameter)38 mm, 42 mm, 47 mm
Ukuran cupXS, S, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiTidak diketahui
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.7

BioMenstrual Cup

Menstrual Cup 1
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 2
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 3
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 4
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp159.000
Menengah
Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Desain ergonomis, bisa dipakai oleh wanita yang menggunakan KB IUD

Bio Menstrual Cup adalah pilihan unggul bagi wanita pengguna KB IUD. Terbuat dari bahan medis berkualitas tinggi, produk ini dirancang dengan tangkai yang lunak dan nyaman, menghindarkan gesekan dengan IUD. Dengan desain yang ergonomis, Bio Menstrual Cup memberikan perlindungan optimal tanpa mengganggu kontrasepsi.

Produk ini juga memungkinkan pengguna KB IUD dapat menikmati kenyamanan lebih maksimal selama siklus menstruasi. Meski begitu, tetap konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar pemakaian menstrual cup lebih efektif, ya!

Kapasitas20 ml, 25 ml
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggi63 mm, 71 mm
Dimensi lebar (diameter)39 mm, 44 mm
Ukuran cupS, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Approved
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.8

ViviMenstrual Cup

Harga referensi
Rp50.000
Lebih Murah

Bahannya bebas latex sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi

Vivi Menstrual Cup adalah produk premium yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Produk ini dirancang di Kanada berdasarkan standar kualitas ISO 13485 dan menjamin penggunanya terhindar dari risiko iritasi pada vagina.

Bagi Anda yang mengutamakan keamanan dalam suatu produk, menstrual cup ini tentu jadi pilihan terbaik. Bahannya pun terbuat 100% dari medical silicon grade dan diklaim bebas BPA dan latex. Alhasil, menstrual cup ini tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada penggunanya.

KapasitasTidak diketahui
Bentuk cupBasic cup
Dimensi tinggiTidak diketahui
Dimensi lebar (diameter)Tidak diketahui
Ukuran cupS, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Approved, ISO 13485, SGS
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.9

Aisha V Care V-Cup

Harga referensi
Rp299.000
Agak Mahal

Menstrual cup antibau dan antinoda membandel

Jika Anda mencari menstrual cup yang bebas bau, pilihlah Aisha V-Cup. Produk ini diklaim efektif menampung darah selama menstruasi tanpa meninggalkan bau tak sedap. Warna silikonnya pun telah disesuaikan agar tidak ada noda yang membekas sehingga aman dipakai dalam jangka panjang. Kualitas produk ini juga sangat terjamin karena dirancang dengan sertifikasi terbaik di dunia.

Kapasitas20 ml, 25 ml
Bentuk cupRing cup
Dimensi tinggi75 mm, 80 mm
Dimensi lebar (diameter)40 mm, 45 mm
Ukuran cupS, L
Karakteristik tinggi mulut rahimMedium, tinggi
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiBadan POM, ISO 13485, ISO 10993, UKAS, RoHS
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all
No.10

SoulMenstrual Cup Crown

Menstrual Cup Crown 1
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Crown 2
Sumber: shopee.co.id
Menstrual Cup Crown 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp235.000
Menengah
Harga referensi
Rp235.000
Menengah

Bisa menampung darah menstruasi tiga kali lebih banyak

Menstrual cup dari Soul ini dirancang untuk Anda yang memiliki tinggi mulut rahim pendek atau rendah. Produk berbentuk crown cup ini diklaim dapat menampung tiga kali lebih banyak dibandingkan pembalut biasa. Jadi, Anda tak perlu khawatir menghadapi hari-hari pertama haid yang biasanya mengeluarkan banyak darah menstruasi. Digunakan dalam jangka panjang pun tak masalah karena produk ini dapat dipakai berulang hingga 5-10 tahun.

Kapasitas20 ml, 24 ml
Bentuk cupCrown cup
Dimensi tinggiTidak diketahui
Dimensi lebar (diameter)40 mm, 45 mm
Ukuran cupM, L
Karakteristik tinggi mulut rahimRendah
Bahan medical silicon grade
Izin edar/sertifikasiFDA Approved, ISO 13485, CE, SGS, RoHS
Detail nomor izin edarTidak diketahui
View all

5 Rekomendasi Menstrual Cup terbaik

No. 1: AllMattersMenstrual Cup

No. 2: FILMOREGirlfriend Menstrual Cup

No. 3: TokaedMenstrual Cup

No. 4: PerfecupMenstrual Cup

No. 5: SoulMenstrual Cup Ring

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Produk dewasa & kewanitaan
  4. 10 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Obstetrics and Gynecology Specialist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.