• 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Meskipun tidak berbahaya, adanya panu di badan pastinya membuat Anda kurang percaya diri. Lebih parah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah atau leher. Stigma sebagai orang yang jorok dan tidak memedulikan kebersihan bisa saja melekat pada Anda.


Kami akan membahas tentang obat yang bagus dan ampuh menghilangkan panu. Kami juga merekomendasikan produk pilihan dari berbagai merk, seperti Kalpanax, Daktarin, dan sebagainya. Kami akan membahas hal-hal yang menyebabkan panu tumbuh di kulit serta cara mencegahnya. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
  • Pembaharuan terakhir: 24 Agustus 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Apa yang menyebabkan panu muncul di tubuh atau wajah?

Apa yang menyebabkan panu muncul di tubuh atau wajah?
Dalam dunia medis, panu disebut juga tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Penyakit kulit ini disebabkan oleh perkembangan jamur Malassezia yang tumbuh tidak terkontrol di kulit.

Sebenarnya, jamur Malassezia memang secara normal tumbuh di kulit manusia dan memproteksi kulit dari kuman penyebab penyakit atau penyakit lainnya. Namun, perkembangan yang tidak terkontrol ini membuat bercak-bercak putih yang meluas ke seluruh anggota tubuh.


Panu sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan timbulnya sensasi gatal pada tubuh. Rasa gatal tersebut juga bisa muncul jika Anda sedang berkeringat secara berlebihan.


Panu mudah tumbuh pada kulit yang berkeringat, lembap, dan menghasilkan minyak berlebih. Ditambah lagi, Indonesia berada di kawasan dengan iklim subtropis dan tropis yang merupakan tempat ideal bagi jamur untuk tumbuh, termasuk panu.


Bagian-bagian tubuh yang sering terserang panu adalah wajah, leher, punggung, dan lengan. Punggung menjadi tempat panu paling mudah menyebar karena lebih sulit dijangkau oleh tangan saat mandi. Pengobatan untuk menghilangkan panu cukup mudah, tetapi harus dilakukan secara rutin selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Panu atau dalam istilah medis disebut dengan pityriasis versicolor adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan panu dapat muncul di tubuh, yaitu

  • produksi minyak dan keringat yang berlebih,
  • genetik,
  • malnutrisi atau kekurangan beberapa zat gizi,
  • daya tahan tubuh yang menurun,
  • terpapar bahan topikal yang mengandung minyak,
  • mengonsumsi obat seperti antibiotik dalam jangka waktu panjang, dan
  • suhu panas dan kelembapan tinggi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat penghilang panu

Obat penghilang panu biasanya berbentuk topikal, seperti salep, krim, atau cairan. Namun, ada juga obat panu dalam bentuk tablet. Di dalam produk tersebut terkandung beberapa bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan jamur, misalnya clotrimazole, miconazole, atau selenium sulfide. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Ketahui kandungan yang ampuh untuk menghilangkan panu di kulit

Ketahui kandungan yang ampuh untuk menghilangkan panu di kulit

Saat Anda membeli obat penghilang panu, di bagian kemasannya Anda akan menemukan beberapa bahan, seperti clotrimazole, miconazole, atau selenium sulfide. Clotrimazole umumnya berfungsi mengobati infeksi jamur pada kulit hingga liang telinga. Bahan ini hanya digunakan untuk pengobatan luar atau topikal serta sebaiknya dihindari oleh Anda yang berusia di bawah 16 tahun atau di atas 60 tahun. 


Sementara itu, miconazole terbilang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit jamur kulit, seperti panu, kurap, atau kutu air. Bahan ini berperan merusak struktur sel jamur di kulit serta menghentikan pertumbuhannya. Dengan begitu, panu perlahan-lahan akan hilang dari kulit.


Obat ini sebaiknya tidak digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun. Selain kedua bahan tersebut, ada beberapa bahan lagi yang ampuh mengobati panu seperti selenium sulfide dan terbinafine.


Anda bisa juga melihat konsentrasi bahan yang digunakan pada setiap produk. Umumnya, makin tinggi konsentrasi bahan antijamurnya, makin ampuh obat tersebut mengatasi panu. Namun, bisa saja efek samping yang diberikan pada kulit berbeda-beda. Misalnya, ada yang membuat kulit jadi kemerahan, teriritasi, atau seperti terbakar.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Menghilangkan panu di kulit bisa dilakukan dengan pemberian obat jamur oles dan atau obat jamur oral (sistemik). Hal ini didasarkan atas luas panu tersebut serta mempertimbangkan aspek individu sendiri, seperti usia. Selain itu, individu yang memiliki penyakit penyerta tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat jamur oral.


Kandungan yang ampuh dan aman untuk menghilangkan panu di kulit adalah miconazole cream. Krim tersebut dapat dioleskan dua kali sehari pada panu selama 3–4 minggu. Hal tersebut disebabkan oleh infeksi jamur yang membutuhkan waktu pengobatan yang panjang agar benar-benar sembuh.

Pilih berdasarkan tipe obatnya

Meskipun obat panu yang sering dijumpai di pasaran adalah obat topikal, bisa saja panu di tubuh Anda cukup parah. Untuk kondisi semacam itu, diperlukan obat yang lebih ampuh. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat berbentuk tablet untuk mengobati penyakit panu yang sudah meluas ke berbagai bagian tubuh.

Obat topikal, untuk mengobati panu ringan

Obat topikal, untuk mengobati panu ringan

Obat penghilang panu umumnya hanya digunakan di bagian luar kulit. Bentuknya bermacam-macam, ada yang salep, krim, atau cair. Produk topikal ini digunakan jika panu yang Anda alami masih dalam kondisi ringan atau menengah.


Panu dikatakan masih dalam kondisi ringan jika hanya ada beberapa bercak-bercak yang terpisah di bagian kulit. Namun, jika bentuknya sudah meluas dan membentuk semacam "pulau" di kulit Anda, bisa dibilang panu tersebut sudah cukup parah.


Saat memilih obat topikal, perhatikanlah kemudahan penggunaannya karena obat panu biasanya digunakan dua kali sehari, pagi dan malam hari. Produk berbentuk salep atau krim akan menempel di pakaian Anda juga. Jadi, pastikan untuk memilih produk yang mudah kering, atau kenakan pakaian yang agak longgar ketika menggunakan obat penghilang panu.


Sementara itu, obat cair bisa meninggalkan noda warna pada pakaian. Sebaiknya gunakan obat cair pada malam hari dan jangan kenakan pakaian sampai obatnya kering.


Untuk produk topikal, efek samping yang mungkin dirasakan adalah kulit sedikit panas, memerah, atau seperti terbakar. Efek samping ini tergolong ringan sehingga Anda tidak perlu khawatir.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Sebenarnya tidak ada kategori ringan atau berat untuk panu, tetapi yang ada adalah seberapa luas seseorang terinfeksi jamur atau panu tersebut. Jika panu tidak terlalu luas, obat topikal merupakan pilihan. Anda dapat memilih miconazole atau clotrimazole untuk obat panu topikal. Selain itu, Anda juga dapat memilih ketoconazole shampoo sebagai pilihan terapi.

Tablet, untuk mengobati panu yang sudah menyebar

Tablet, untuk mengobati panu yang sudah menyebar

Jika panu di badan Anda sudah menyebar luas, obat panu topikal tidak dapat bekerja efektif. Anda harus mengoleskannya satu per satu sehingga pemakaiannya lebih boros. Untuk itu, Anda membutuhkan obat yang bisa bekerja dengan efek yang lebih luas.


Namun, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat antijamur jenis ini karena adanya risiko komplikasi dengan penyakit tertentu. Sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.


Dokter kulit biasanya akan menyarankan obat-obatan berbentuk tablet. Selain mudah dikonsumsi, obat jenis ini bisa memberikan efek yang lebih luas. Bahan yang terkandung di dalamnya antara lain adalah ketoconazole atau itraconazole. Agar proses penghilangan panu di kulit bisa lebih cepat, Anda dapat mengombinasikannya dengan bahan-bahan alami untuk pengobatan topikal. 


Bawang putih, lengkuas, cuka apel, atau jeruk nipis termasuk di antara bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat antijamur. Anda bisa memblender bahan-bahan tersebut, lalu mengoleskannya di bagian panu yang ingin diobati. Namun, tentu saja efek pengobatannya tidak secepat obat-obatan yang diberikan dokter, ya!

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Pengobatan antijamur dengan tablet merupakan pilihan untuk infeksi jamur yang luas. Selain itu, obat jamur tablet dapat mempersingkat pengobatan jamur sendiri. Namun, sebagian besar obat antijamur yang diminum bersifat hepatotoxic, yaitu dapat memperberat dan berefek buruk pada organ hati atau hepar. Oleh karena itu, pilihan ini harus berdasarkan resep dan pengawasan dari spesialis kulit dan kelamin.

Perhatikan juga isi dan harganya karena Anda akan menggunakannya rutin

Perhatikan juga isi dan harganya karena Anda akan menggunakannya rutin

Dalam menghilangkan panu yang tumbuh di badan, gunakan prinsip mengobati panu selagi masih sedikit jumlahnya. Jika panu sudah menyebar atau sudah banyak, pengobatannya akan lebih lama.


Obat penghilang panu umumnya bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur, baru mengurangi lapisan demi lapisan sel jamur tersebut. Jadi, perlu waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk panu yang tergolong ringan. Sedangkan untuk panu yang sudah menyebar luas, mungkin diperlukan waktu beberapa bulan.


Dalam mengobati panu, Anda harus sabar dan mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan setiap produk. Karena membutuhkan waktu cukup lama, Anda perlu mempertimbangkan isi setiap produk dan juga harganya. Pastikan pengobatan panu Anda bisa dituntaskan dengan biaya dan waktu yang seefisien mungkin.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Obat antijamur, khususnya topikal yang generik, harganya terjangkau pada umumnya. Efek samping dari setiap antijamur topikal jarang dijumpai. Oleh karena itu, pengobatan jangka panjang dengan antijamur topikal yang direkomendasikan oleh spesialis kulit sangatlah aman.

10 Rekomendasi obat penghilang panu

Setelah memahami apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih obat penghilang panu, sekarang silakan simak produk-produk yang kami rekomendasikan. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Ida Ayu Diah. Pilih yang paling cocok dengan Anda, ya!

Irawan Djaja AgungIe Kim Tie - Obat Kurap 19

Mulai dari Rp 7.000,00

Bahan aktifAcidum salicylicum 6%, acidum benzoicum 6%, camphora 1,4%, ethanol 96% ethanol 100%
BentukCair
Pilihan isi10 ml
Bahan aktifAcidium salicylicum 1%, acidium benzoicum 1,08% , sulfur praecipitatum 1%
BentukSalep
Pilihan isi6 gram, 10 gram
Bahan aktifClotrimazole 1%
BentukKrim
Pilihan isi5 gram, 10 gram
Bahan aktifSalicylic acid 4%, benzoic acid 4%, povidone iodine 5%
BentukCair
Pilihan isi10 ml
Bahan aktifMiconazole nitrate 2%, hydrocortisone 1%
BentukKrim
Pilihan isi5 gram
Bahan aktifClotrimazole 1%
BentukKrim
Pilihan isi5 gram, 10 gram
Bahan aktifKetoconazole 200 mg
BentukTablet
Pilihan isi200 gram
Bahan aktifClotrimazole 1%
BentukKrim
Pilihan isi5 gram, 10 gram
Bahan aktifMiconazole nitrate 2%
BentukKrim
Pilihan isi5 gram, 10 gram
Bahan aktifMiconazole nitrate 2%
BentukKrim
Isi5 gram

Tabel perbandingan produk obat penghilang panu

Gambar produk
Kalbe Kalpanax Krim 1

Kalbe

Janssen-Cilag Daktarin Krim Anti Jamur 1

Janssen-Cilag

Bayer Canesten Cream Anti Jamur 1

Bayer

Kalbe Mycoral Tablet 1

Kalbe

Konimex Fungiderm 1

Konimex

Guardian Pharmatama Thecort 1

Guardian Pharmatama

Kalbe Kalpanax Cair 1

Kalbe

Henson Pharma Neo Ultrasiline Cream 1

Henson Pharma

Meccaya Pharmaceutical Salep 88 1

Meccaya Pharmaceutical

Irawan Djaja Agung Ie Kim Tie - Obat Kurap 19 1

Irawan Djaja Agung

Nama produk

Kalpanax Krim

Daktarin Krim Anti Jamur

Canesten Cream Anti Jamur

Mycoral Tablet

Fungiderm

Thecort

Kalpanax Cair

Neo Ultrasiline Cream

Salep 88

Ie Kim Tie - Obat Kurap 19

Keunggulan

Krim beraroma jasmine yang tidak lengket di kulit

Membasmi jamur penyebab panu beserta jamur pengganggu lainnya

Ampuh meredakan gatal akibat panu sejak minggu pertama!

Menghilangkan panu yang cukup parah dalam 10 hari!

Obat serbaguna untuk mengatasi berbagai macam jamur kulit

Dilengkapi hydrocortisone untuk meredakan inflamasi di area kulit terdampak panu

Panu hilang seketika dari kulit Anda!

Menghilangkan panu yang baru muncul dengan lembut

Mencegah infeksi jamur penyebab panu makin meluas

Produk lokal pembasmi jamur kulit

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 27.900,00Rp 22.000,00Rp 38.000,00Rp 29.875,00Rp 45.000,00Rp 40.000,00Rp 8.800,00Rp 8.500,00Rp 7.000,00
Bahan aktifMiconazole nitrate 2%Miconazole nitrate 2%Clotrimazole 1%Ketoconazole 200 mgClotrimazole 1%Miconazole nitrate 2%, hydrocortisone 1%Salicylic acid 4%, benzoic acid 4%, povidone iodine 5%Clotrimazole 1%Acidium salicylicum 1%, acidium benzoicum 1,08% , sulfur praecipitatum 1%Acidum salicylicum 6%, acidum benzoicum 6%, camphora 1,4%, ethanol 96% ethanol 100%
BentukKrimKrimKrimTabletKrimKrimCairKrimSalepCair
Isi5 gram5 gram, 10 gram5 gram, 10 gram200 gram5 gram, 10 gram5 gram10 ml5 gram, 10 gram6 gram, 10 gram10 ml
Tautan produk

Tips agar kulit terhindar dari panu

Tips agar kulit terhindar dari panu

Pada musim kemarau, udara di Indonesia cenderung panas dan menyebabkan orang mudah berkeringat. Jika Anda beraktivitas seharian dan jarang mengganti baju, misalnya saat bekerja di kantor, kulit badan akan cenderung lembap. Kondisi seperti itu bisa sangat ideal untuk tumbuhnya panu.


Anda harus rajin mengecek tubuh dan memastikannya kering dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih. Anda bisa melakukan ini saat jam istirahat makan siang atau di sore hari.


Saat sudah pulang ke rumah, langsung ganti baju yang Anda gunakan seharian dan bergegaslah mandi. Usahakan jangan tiduran di kasur tempat Anda tidur sebelum mandi dan membersihkan diri. Bisa saja kotoran dan debu jadi menempel di kasur Anda.


Menggunakan bedak agar badan tetap kering juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mencegah munculnya panu. Dianjurkan juga untuk selalu rutin mandi dua kali sehari, terutama saat musim kemarau. Jamur yang baru tumbuh akan mudah mati dengan kandungan antibakteri dari sabun. Lebih baik mencegah panu sebelum tumbuh dibandingkan mengobati panu yang sudah menjalar ke mana-mana.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Untuk menghindari panu, yang paling utama bisa dilakukan adalah menjaga agar area-area tubuh tidak lembap. Jika berkeringat setelah beraktivitas, sebaiknya pakaian segera diganti dan dicuci. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dengan baik dan jangan memakai pakaian yang terlalu ketat.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Infeksi jamur juga lebih mudah sembuh jika daya tahan tubuh makin baik. Untuk itu, pola hidup sehat sangat dianjurkan. Konsumsilah makanan bergizi dan kaya antioksidan untuk mempercepat penyembuhan.

Baca juga rekomendasi produk pengobatan kulit lainnya di sini

Selain panu, ada beberapa masalah kulit yang sering menjadi masalah seperti kutu air dan jerawat badan. Kami juga sudah pernah mengulas produk-produk terbaik yang bisa mengatasi kedua masalah tersebut. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah mengulas dengan cukup jelas tentang masalah panu di kulit dan memberikan beberapa rekomendasi obat untuk mengatasinya. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan masalah panu yang sedang dialami?


Dalam memilih obat penghilang panu, pertimbangkan bahan, jenis produk, dan harganya, ya! Meskipun panu tidak berbahaya, kehadirannya bisa mengusik kenyamanan dan kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, sebaiknya cegah panu muncul dengan menjaga kehigienisan tubuh Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori