1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tenda menjadi perlengkapan yang harus ada bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor seperti hiking, camping, dan lainnya. Apabila Anda ingin membeli tenda buatan produsen perlengkapan outdoor lokal, Consina bisa menjadi pilihan. Tenda produksi Consina merupakan salah satu produk yang sering digunakan di Indonesia.


Ada berbagai tipe tenda yang diproduksi oleh Consina, seperti Hiker, Summer Time, Tunnel, dan lainnya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda. Nah, kami akan mengulas dan memberi rekomendasi tenda Consina terbaik yang bisa dijadikan referensi. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang Anda butuhkan.

Diperbaharui 05-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan tenda Consina


Consina merupakan merek perlengkapan outdoor asli Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 1994. Semua produk dari Consina dikenal sangat berkualitas, tetapi memiliki harga yang bersahabat. Maka dari itu, tak heran jika merek ini digemari oleh remaja kuliahan hingga dewasa.


Terkenal dengan backpack/carrier-nya, Consina juga mengeluarkan berbagai produk perlengkapan outdoor lainnya, seperti jaket, sepatu, dan sebagainya. Consina juga menyediakan tenda dengan berbagai kapasitas dan jumlah layer yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli tenda dari Consina? Kami sudah merangkum cara memilihnya. Jadi, simak terus artikel ini!

Cara memilih tenda Consina

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih tenda Consina yang sesuai. Bacalah dengan saksama dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

① Pilih jenis tenda sesuai dengan tujuan penggunaan

Consina memproduksi berbagai jenis tenda. Setiap jenis tenda ini sudah disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Maka dari itu, kenali dahulu tipe-tipe tenda yang ada. Kemudian, pilihlah jenis tenda yang sesuai dengan kegiatan Anda.

Tenda dome, berukuran kecil saat dilipat dan praktis dibawa

Jika Anda memiliki hobi trekking atau mendaki gunung, pasti membutuhkan tenda yang berukuran kecil dan praktis dilipat. Tenda jenis dome didesain memiliki bobot yang ringan dan bisa dilipat dengan mudah. Salah satu ciri khas tenda ini adalah bentuknya yang melengkung setengah lingkaran dengan tiang penyangga yang saling silang. Tiang-tiang penyangga pada tenda jenis ini mudah dipasang dan dilepaskan sehingga Anda tidak akan kesulitan saat mendirikan tenda.

Tenda tunnel, hadirkan suasana hangat saat camping beramai-ramai

Bentuk tenda tunnel sangat unik karena terkesan terbuka, tetapi tetap kuat saat berada di ruang terbuka. Tenda tunnel memiliki ciri bagian tengah yang lebih tinggi daripada tepiannya. Bagian dalamnya berbentuk seperti terowongan yang memanjang sehingga memberikan ruang yang lebih luas.


Jenis tenda tunnel ini cocok digunakan jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor beramai-ramai. Namun, mendirikan tenda ini cukup sulit karena membutuhkan lebih dari satu orang. Meskipun demikian, tenda ini mampu memberikan perlindungan dari terpaan angin dan air hujan. 

Tenda keluarga, ruang lebih luas untuk bersantai bersama

Jika Anda ingin bersantai bersama keluarga di pinggir danau atau glamping, tenda keluarga menjadi pilihan tepat. Tenda jenis ini merupakan jenis tenda yang mempunyai ukuran paling besar. Selain dapat menampung banyak orang, tenda ini mempunyai beberapa ruang dengan pintu masuk. Anda bisa keluar dan masuk dengan leluasa.


Meskipun demikian, hal yang perlu diperhatikan adalah tenda ini memiliki bobot yang berat dan harganya juga mahal. Cara mendirikannya pun cukup sulit karena ada banyak tiang yang yang harus dirangkai dan ditegakkan. Jadi, pilihlah sesuai dengan aktivitas dan budget yang Anda sediakan. 

② Sesuaikan kapasitas tenda dengan jumlah orang yang ada

Sesuaikan kapasitas tenda dengan jumlah orang yang ada

Pilihlah tenda sesuai dengan jumlah orang yang bergabung dengan Anda. Jika jumlah orang yang Anda ajak sesuai dengan kapasitas tenda, ruang di dalam tenda akan sempit dan kurang nyaman. Dengan demikian, kami menyarankan untuk menyisakan ruang dalam tenda kira-kira seukuran satu orang.


Jika Anda sering pergi berdua, pilihlah tenda berkapasitas tiga atau empat orang, dan seterusnya. Perlu diperhatikan, makin besar kapasitas tenda, bobotnya juga makin berat. Hal ini tentu akan menyusahkan jika Anda melakukan trekking maupun hiking

③ Periksa jumlah layer yang tersedia pada tenda

Poin berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah layer yang terpasang. Jumlah layer menjadi salah satu hal yang memengaruhi tingkat ketahanan tenda ketika terkena angin atau hujan. Berikut ini ulasannya.

Single layer, ringan dan dapat dibawa dengan mudah

Tenda dengan single layer hanya memiliki satu lapisan saja. Baik inner maupun outer-nya hanya terdiri dari satu lapisan. Dengan demikian, tenda jenis single layer memiliki bobot yang lebih ringan. Namun, dibandingkan dengan tenda double layer, tenda ini rentan terhadap cuaca ekstrem seperti angin kencang atau hujan deras. 


Tenda jenis ini tidak cocok digunakan pada musim penghujan karena air hujan dapat merembes saat hujan deras. Jika Anda menggunakan tenda ini saat musim penghujan, jangan lupa juga untuk membawa flysheet tambahan sebagai outer. Dengan begitu, bagian dalam tenda tetap kering dan barang bawaan Anda tidak basah. Kekurangannya, bentuk flysheet kadang tidak sesuai bentuk asli tenda Anda.


Perlu diperhatikan juga, karena menggunakan satu layer, periksalah juga kadar ketahanan material tenda terhadap air. Kami akan menjelaskannya setelah poin ini. 

Double layer, tangguh digunakan di berbagai cuaca

Tenda double layer memiliki dua lapisan dengan inner dan outer yang terpisah. Dengan demikian, tenda ini cukup tangguh di cuaca ekstrem dan mampu menahan angin kencang dan hujan deras. Jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor baik pada musim penghujan maupun kemarau, tenda ini jadi pilihan pas. Layer gandanya membuat barang-barang tidak basah dan Anda dapat beristirahat dengan nyaman saat musim hujan.


Kemudian, kebanyakan tenda double layer memiliki ruang ekstra di antara lapisan dalam dan lapisan luarnya. Ruang ini cukup untuk menyimpan tas, sepatu, atau alat masak. Dengan demikian, ruang utama tenda bisa lebih luas dan Anda dapat lebih leluasa.


Namun, dibandingkan dengan tenda single layer, cara mendirikan tenda double layer cukup sulit. Anda perlu mendirikan bagian dalam tenda terlebih dahulu kemudian baru memasang layer luarnya. Kemudian, harga tenda dengan double layer juga lebih mahal.

④ Jangan lupa periksa tingkat water resistance material tenda

Jangan lupa periksa tingkat water resistance material tenda

Anda juga perlu mengecek tingkat water resistance atau kadar ketahanan air dari tenda. Hal ini agar Anda tetap aman dan nyaman di dalam tenda saat mendadak turun hujan. Periksalah jenis material dan kadar ketahanan air pada flysheet/outer dan alas tenda. Untuk hujan ringan atau gerimis, Anda bisa memakai tenda dengan tingkat water resistance sekitar 1500 mm. Pilihlah tenda dengan tingkat ketahanan air sebesar 2000 mm atau lebih jika Anda camping di musim penghujan.

⑤ Periksa fungsi tambahan yang ada pada tenda

Beberapa fungsi dan perlengkapan tambahan yang ada pada tenda bisa membuat aktivitas outdoor Anda menjadi lebih menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya juga, ya.

Tas penyimpanan, tenda mudah disusun dengan rapi

Tas penyimpanan akan membuat tenda lebih mudah disimpan dan dibawa-bawa. Selain itu, tas penyimpanan tenda juga bisa menjadi indikator apakah Anda telah melipat tenda dengan benar atau belum. Jika tasnya terlalu sempit untuk menyimpan tenda, Anda perlu membuka dan melipat tenda lagi hingga ukurannya pas.

Kantong dalam, mudah menyimpan perlengkapan di dalam tenda

Barang-barang kecil seperti senter, korek, gadget, hingga obat-obatan akan lebih aman jika tenda dilengkapi kantong dalam. Biasanya, barang-barang yang disimpan dalam kantong dalam tenda adalah yang digunakan dalam keadaan darurat. Ukuran kantong ini kecil dan terletak di salah satu sisi tenda yang berbatasan dengan dasar tenda. Jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Jendela ventilasi, sirkulasi udara dengan baik

Jendela ventilasi, sirkulasi udara dengan baik

Jendela ventilasi menjadi satu komponen penting dalam tenda. Dengan adanya jendela, sirkulasi udara akan tetap baik. Selain itu, tenda tanpa jendela memengaruhi proses kondensasi saat cuaca di luar lebih dingin. Proses kondensasi ini akan membuat bagian dalam tenda menjadi basah dan lembab. Kemudian, saat cuaca panas, tenda tanpa jendela akan terasa lebih pengap.


Kami menyarankan untuk memilih tenda dengan tenda lebih dari satu ventilasi yang memberikan suasana nyaman di dalam tenda. Di sisi lain, tenda dengan banyak ventilasi juga tidak direkomendasikan. Hal ini akan membuat hawa dingin lebih mudah masuk ke dalam tenda. Jadi, penting juga untuk mempertimbangkan kondisi cuaca dan suhu udara saat memilih tenda.

10 Rekomendasi tenda Consina terbaik

Setelah menjelaskan poin-poin dalam memilih tenda, kami akan mengulas produk rekomendasi yang bisa jadi referensi pilihan Anda. Tiap-tiap produk mempunyai karakter dan keunggulan masing-masing. Bandingkanlah keunggulan setiap tenda dan temukan produk yang pas.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Consina

Galapagos 4

Consina  Galapagos 4 1枚目

Tenda dan shelter! Multifungsi dalam satu produk

2

Consina

Safari

Consina  Safari 1枚目

Kecil dan ringan, pilihan praktis para solo hiker

3

Consina

Tunnel 4

Consina  Tunnel 4 1枚目

Ruang lebih luas, rasakan suasana persahabatan yang erat

4

Consina

Kathmandu 4

Consina  Kathmandu 4 1枚目

Tenda dua pintu, sistem keluar masuk jadi lebih mudah

5

Consina

Trailight 2P

Consina  Trailight 2P 1枚目

Desain kokoh, aman saat diterpa angin kencang

6

Consina

Family 10

Consina  Family 10 1枚目

Eratkan kebersamaan saat bersama keluarga

7

Consina

Hiker 3

Consina  Hiker 3 1枚目

Jendelanya dapat digulung! Nikmati sinar rembulan di dalam tenda

8

Consina

Eclipse 4

Consina  Eclipse 4 1枚目

Teras lebih luas, ruang utama lebih leluasa

9

Consina

Summer Time

Consina  Summer Time 1枚目

Nyaman camping di musim kemarau dengan layer tambahan

10

Consina

Superlight 2

Consina  Superlight 2 1枚目

Bobot ringan untuk berdua dengan harga terjangkau

Perincian produk
Close
No.1

Tenda dan shelter! Multifungsi dalam satu produk

Tenda Consina Galapagos 4 menjadi pilihan tepat untuk para pemandu atau ranger. Produk ini mempunyai teras yang luas sehingga bisa menjadi shelter untuk para pendaki yang hendak berteduh. Tenda ini memiliki double layer dengan outer waterproof sehingga tetap aman saat mendaki di musim apapun.


Keunggulan lainnya, terdapat jarak antara tenda dengan flysheet-nya. Dengan begitu, kondensasi embun tidak langsung mengenai bagian inner tenda. Tenda ini cukup menampung untuk banyak orang. Kapasitas idealnya hanya empat orang, tetapi dapat ditambah hingga empat orang lagi.

No.2

Kecil dan ringan, pilihan praktis para solo hiker

Apakah Anda seorang solo hiker? Kami merekomendasikan tenda Consina Safari yang dibuat untuk Anda yang suka mendaki seorang diri. Produk ini memiliki ukuran yang kecil sehingga bobotnya pun ringan. Dengan begitu, Anda pun dapat memasukkannya ke dalam tas dan membawanya dengan mudah. 


Material tenda ini terbilang tangguh sehingga air tidak merembes masuk ke dalam tenda saat hujan deras. Dipadukan dengan layer tambahan pada bagian atasnya, Anda dapat meminimalisir terjadinya kebocoran saat hujan.

No.3

Ruang lebih luas, rasakan suasana persahabatan yang erat

Consina Tunnel 4 merupakan dua tenda yang dihubungkan dengan ruang tengah. Saat pintu kedua tenda dibuka, ada tiga ruangan yang menjadi satu. Anda pun dapat bercengkerama bersama sahabat di tenda yang luas. Dengan demikian, tenda ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana hangat bersama sahabat.


Perpaduan lapisan luar dan dalam yang antiair membuat Anda tetap aman di dalam tenda saat sedang hujan. Dengan demikian, jenis tenda ini bisa digunakan saat mendaki baik di musim kemarau maupun penghujan.

No.4

Consina Kathmandu 4

Mulai dari Rp1.275.000,00

Tenda dua pintu, sistem keluar masuk jadi lebih mudah

Keunggulan utama Consina Kathmandu 4 ini adalah memiliki dua pintu. Dengan begitu, saat hendak masuk maupun keluar, Anda tidak perlu menunggu rekan Anda terlebih dahulu. Kemudian, orang yang berada di ujung dapat keluar dengan membuka pintu di dekatnya tanpa mengganggu rekan lainnya. 


Selain itu, tenda dengan dua pintu ini juga membuat keluar masuk barang bawaan menjadi lebih mudah dan cepat. Satu orang dapat memasukkan tasnya dan yang lainnya di pintu yang berbeda. Produk ini direkomendasikan jika Anda mencari tenda yang praktis.

No.5

Consina Trailight 2P

Mulai dari Rp990.000,00

Desain kokoh, aman saat diterpa angin kencang

Jika Anda suka camping di tempat-tempat ekstrem dengan cuaca yang tidak menentu, Consina Trailight 2P bisa jadi pilihan yang tepat. Jenis tenda ini memiliki desain yang sedikit melandai untuk menahan angin kencang. Kemudian, layer tenda ini terbuat dari 190T ripstop polyester yang tahan air. Dengan begitu, tenda dapat melindungi Anda saat terjadi hujan deras maupun angin kencang.

No.6

Eratkan kebersamaan saat bersama keluarga

Apakah Anda liburan bersama keluarga? Kami menyarankan untuk menggunakan tenda Consina Family 10. Tenda jenis ini menjadi pilihan jika Anda menyukai camping atau glamping di tempat yang tidak sulit dijangkau. Anda bisa mendirikan tenda jenis ini di pinggir danau atau camp area dengan lahan yang luas.


Sesuai dengan namanya, tenda ini memiliki ruang yang luas sehingga cukup untuk banyak orang. Bahkan, di dalamnya terdapat dua ruangan yang bisa diisi dengan ranjang portabel. Dilengkapi dengan dua pintu dan dua jendela, pertukaran udara dapat berjalan dengan baik. Liburan Anda pun terasa sangat mewah.

No.7

Jendelanya dapat digulung! Nikmati sinar rembulan di dalam tenda

Consina Hiker 3 didesain agar jendela pada bagian outer-nya dapat digulung sehingga tembus pandang. Dengan demikian, Anda dapat bersantai dan tidur dengan menikmati sinar rembulan yang masuk ke dalam tenda. 


Meskipun demikian, Anda tetap terlindungi dari dinginnya malam. Untuk Anda yang ingin menyatu dengan alam, tenda ini menjadi pilihan tepat. Tenda ini juga memiliki teras untuk menyimpan barang-barang tetap aman.

No.8

Teras lebih luas, ruang utama lebih leluasa

Untuk Anda yang membawa banyak barang saat camping, produk ini sepertinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Consina Eclipse 4 didesain mempunyai teras luas dan terlindungi. Anda dapat menyimpan berbagai perlengkapan di terasnya. Dengan demikian, ruang utamanya jadi lebih luas sehingga Anda lebih leluasa.


Kemudian, tenda ini diklaim kokoh dan tahan terhadap air. Outer-nya menggunakan material 190T polyester PU coated yang aman saat Anda mendaki di musim penghujan. Kemudian, inner-nya terbuat dari jaring polyester yang breathable membuat bagian dalam tenda tidak pengap.

No.9

Nyaman camping di musim kemarau dengan layer tambahan

Tenda Consina Summer Time ini bisa dipakai jika Anda sering melakukan hiking atau camping di musim kemarau. Inner tenda ini terbuat dari polyester B/R, sedangkan outer-nya terbuat 190T polyester PU 800 mm. Dengan fungsi double layer ini, Anda dapat terlindung dari sinar matahari dengan suhu lebih panas saat kemarau.

No.10

Bobot ringan untuk berdua dengan harga terjangkau

Apakah Anda sering pergi hiking berdua dan membutuhkan tenda berkapasitas dua orang? Kami merekomendasikan Consina Superlight 2 ini untuk jadi pilihan Anda. Produk ini merupakan tenda dengan bobot yang ringan sehingga tak perlu banyak tenaga untuk membawanya. Anda pun bisa bergantian membawanya dengan partner perjalanan Anda.

Baca juga rekomendasi tenda lainnya di sini

Kami juga telah mengulas jenis tenda lainnya seperti tenda untuk naik gunung hingga untuk touring. Anda dapat membandingkannya sehingga dapat memilih produk yang tepat. Jika membutuhkan ulasannya, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan tenda Consina yang sesuai dengan yang dibutuhkan? Memilih tenda bisa dibilang cukup rumit. Anda perlu menyesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan dan jumlah orang yang jadi teman petualangan Anda. 


Beragam pilihan yang tersedia dari Consina ini akan memudahkan Anda untuk memilih produk yang tepat. Dengan berbagai jenis tenda yang berkualitas, kegiatan camping atau hiking Anda akan lebih menyenangkan. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer