• 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Biji wijen merupakan jenis biji-bijian yang memiliki segudang manfaat. Meski kecil, biji wijen kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan biji wijen sebagai taburan di atas nasi. Lebih dari itu, biji wijen bisa dimanfaatkan sebagai bumbu, saus, dan berbagai olahan lainnya.


Banyak produk olahan wijen yang beredar di pasaran. Ada wijen sangrai dari Jay's Kitchen, saus wijen dari Kewpie dan Maestro, serta masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk wijen berikut ini. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Maret 2021
Daftar isi

Cara memilih biji wijen

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli produk biji wijen. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca uraian berikut. 

Pilih berdasarkan warna, rasa, dan aromanya

Berdasarkan warnanya, biji wijen terdiri dari tiga macam, yaitu wijen putih, wijen hitam, dan wijen emas. Perbedaan warna ini tidak memengaruhi kadar nutrisi ketiga biji wijen ini. Akan tetapi, setiap biji wijen memiliki profil rasa dan aroma yang berbeda-beda. Mari simak penjelasan detailnya berikut ini!

Wijen hitam, biji wijen dengan rasa dan aroma paling kuat

Wijen hitam, biji wijen dengan rasa dan aroma paling kuat

Kandungan minyak pada wijen hitam tidak sebanyak wijen putih. Meski begitu, wijen hitam memiliki rasa dan aroma yang paling kuat dibandingkan dengan yang lainnya. Warna hitam pada biji wijen ini berasal dari zat antosianin yang terkandung di dalamnya. 


Wijen hitam biasa dimanfaatkan sebagai topping makanan, selai/olesan roti, isian berbagai macam roti, kue, dan masakan. Wijen hitam mungkin memang tidak banyak digunakan pada masakan Indonesia. Akan tetapi, wijen hitam kerap dipakai pada beberapa jenis kudapan dan masakan Tiongkok.

Wijen putih, biji wijen serbaguna untuk berbagai masakan

Wijen putih, biji wijen serbaguna untuk berbagai masakan

Dibandingkan wijen hitam, wijen putih memiliki aroma yang lebih ringan. Biji wijen ini memiliki cita rasa gurih dengan sedikit rasa manis. Itulah mengapa wijen putih banyak dipakai pada aneka hidangan. 


Wijen putih juga cocok dijadikan pelengkap hidangan. Anda bisa menggunakannya baik sebagai taburan maupun sebagai penambah rasa seperti saus, bumbu, dan salad dressing. Beberapa kudapan khas Indonesia juga banyak yang memakai wijen putih.

Wijen emas, biji wijen dengan rasa dan penampilan mewah

Wijen emas, biji wijen dengan rasa dan penampilan mewah

Wijen emas merupakan varian biji wijen dengan warna kuning keemasan. Ini adalah jenis biji wijen yang langka jika dibandingkan dengan varian lainnya. Harganya pun terbilang lebih premium. 


Wijen emas memiliki rasa yang kaya dan sering dimanfaatkan sebagai saus atau dressing seperti halnya wijen putih. Wijen kuning keemasan ini biasa ditemukan pada produk saus wijen Jepang atau sebagai taburan masakan Jepang.

Tentukan berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya

Berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya, biji wijen dibagi menjadi beberapa jenis. Ada biji wijen utuh, wijen bubuk, wijen dalam bentuk pasta, dan lain sebagainya. Setiap bentuk biji wijen tersebut memiliki peruntukan dan cara penyajian yang berbeda. Simak penjelasannya berikut ini dan temukan biji wijen sesuai peruntukan yang Anda inginkan!

Wijen pasta, paling pas untuk olesan dan saus

Wijen pasta, paling pas untuk olesan dan saus

Wijen pasta merupakan biji wijen yang digiling lembut sampai mendapatkan tekstur menyerupai pasta atau lebih encer lagi. Wijen pasta bisa digunakan sebagai selai atau olesan roti dan biskuit. Pada hidangan shabu-shabu khas Jepang, wijen ini biasa dijadikan saus celup.


Anda bisa membeli produk wijen pasta di pasaran. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, giling biji wijen dengan food processor hingga halus dan mendapatkan tekstur pasta yang diinginkan. Anda juga bisa menambahkan berbagai kondimen sesuai kebutuhan, seperti garam, gula, minyak, dan lain sebagainya.

Wijen bubuk, cocok dicampur menjadi bubur dan aneka kue

Wijen bubuk, cocok dicampur menjadi bubur dan aneka kue

Jika Anda ingin menikmati aroma wijen yang lebih harum, cobalah wijen bubuk. Wijen bubuk mengeluarkan aroma yang intens dan kaya rasa. Wijen bubuk sangat praktis digunakan sebagai campuran makanan dan minuman rasa wijen. 


Anda dapat mencampurkan bubuk wijen dalam aneka resep seperti bubur, moci, krim, isian kue, es krim, dan lain lain. Untuk campuran resep, biasanya jenis wijen hitam lebih sering digunakan karena warnanya yang intens.

Wijen utuh, topping untuk berbagai masakan

Wijen utuh, topping untuk berbagai masakan

Biji wijen utuh adalah kondimen paling simpel untuk memberi sentuhan akhir pada sebuah hidangan. Anda tinggal menaburkan biji wijen ke atas nasi, tumisan, lauk pauk, dan hidangan lain yang hendak disajikan. 


Selain sebagai taburan masakan, beberapa kue khas Indonesia juga banyak yang menggunakan biji wijen sebagai ciri khasnya. Kue tersebut misalnya adalah onde-onde, mari wijen, kue keciput, dan masih banyak lagi. Kue seperti contoh di atas biasanya lebih banyak menggunakan biji wijen putih sebagai topping. Namun, ada juga yang menggunakan biji wijen hitam.

Wijen berbumbu, taburan penambah rasa di atas nasi

Wijen berbumbu, taburan penambah rasa di atas nasi

Sama halnya seperti biji wijen utuh, wijen yang satu ini juga berfungsi sebagai taburan di atas hidangan. Bedanya adalah wijen jenis ini lebih "berbumbu" dan rasanya lebih gurih. Wijen berbumbu memiliki tambahan kondimen pada komposisinya seperti garam, nori, MSG, dan lain sebagainya. 


Anda dapat memanfaatkan wijen berbumbu ini untuk menaikkan rasa gurih pada masakan Anda. Cara paling sederhana untuk mengonsumsinya misalnya dengan menaburkannya langsung di atas nasi layaknya abon. 

Seleksi berdasarkan kandungan nutrisinya

Seleksi berdasarkan kandungan nutrisinya

Nutrisi utama wijen terdiri dari protein, lemak, mineral, dan sesamin. Kandungan nutrisi pada biji wijen berbeda-beda tergantung bentuk dan jenis olahannya. Jika menginginkan penyerapan paling baik untuk asupan nutrisi harian Anda, pilihlah wijen bubuk atau wijen pasta. 


Sebenarnya, nutrisi terbaik wijen tersimpan dalam kulit luarnya yang keras. Anda akan mendapatkan nutrisi yang lebih banyak jika mengonsumsi biji wijen beserta kulitnya yang telah digiling bersama. 

Pertimbangkan berdasarkan kualitasnya

Pertimbangkan berdasarkan kualitasnya

Pertimbangan memilih produk wijen bukan hanya soal rasa tetapi juga kualitas. Biji wijen bersertifikat organik bisa menjadi pilihan jika Anda menginginkan produk yang aman, berkualitas, dan bebas pestisida. 


Produk-produk organik biasanya memiliki label bertanda organik pada kemasan maupun deskripsi produknya. Meski harganya lebih tinggi, mengonsumsi produk organik akan lebih menguntungkan bagi kesehatan karena bebas bahan kimia dan lebih bernutrisi.

Pilih berdasarkan kemasannya

Produk wijen banyak sekali macamnya, begitu juga dengan varian kemasannya. Pilihlah kemasan yang aman, praktis, serta dapat menjaga produk agar tetap higienis. Mari simak beberapa tipe kemasan berikut ini dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kemasan ziplock, praktis dan menjaga produk tetap prima

Kemasan ziplock, praktis dan menjaga produk tetap prima

Agar produk tetap prima, biji wijen utuh dan bubuk biasanya menggunakan kemasan plastik. Pilihlah kemasan plastik yang dilengkapi seal atau ziplock sehingga lebih mudah dibuka tutup. Ada juga kemasan stand-up pouch, yaitu kemasan dengan alas yang bisa diberdirikan. Kemasan seperti ini akan lebih aman dan praktis disimpan. 


Jika produk pilihan Anda tidak memiliki kemasan seperti kriteria di atas, tidak perlu cemas. Anda bisa mengakalinya dengan memindahkan isi produk ke dalam wadah kedap udara dan tertutup rapat.

Kemasan botol, paling aman dan ideal untuk jenis wijen pasta

Kemasan botol, paling aman dan ideal untuk jenis wijen pasta

Untuk produk wijen berbentuk pasta atau cair, lebih aman jika kemasannya berbentuk botol, jar, atau kemasan bertutup rapat. Hal itu akan memudahkan Anda ketika hendak mengambil dan menyimpan produk. 


Untuk produk selai wijen, karena teksturnya lebih kental dan padat maka kemasan yang ideal adalah jar. Dengan botol jar, Anda dapat dengan mudah menyendok produk sesuai takaran yang Anda inginkan. Untuk produk saus wijen yang teksturnya lebih encer, pilih kemasan botol atau kemasan dengan tutup corong (spout). Dengan tipe kemasan ini, Anda dapat mengeluarkan produk dengan cara dituang atau ditekan.

10 Rekomendasi biji wijen terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas sepuluh produk biji wijen terbaik beserta keunggulannya. Silakan simak penjelasan berikut dan temukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
JenisWijen hitam
Tipe produkBiji wijen utuh
Sertifikasi-
KemasanStand-up pouch
9
JenisWijen hitam
Tipe produkWijen bubuk
SertifikasiNASAA Organic
KemasanKaleng
8
JenisWijen putih
Tipe produkWijen bubuk, wijen berbumbu, penambah rasa
Sertifikasi-
KemasanBotol plastik
7
JenisWijen hitam
Tipe produkWijen pasta, olesan
SertifikasiBCS, QAI
KemasanBotol kaca
6

MizkanSesame Sauce Roasted Coarse Type

Mulai dari Rp 89.000,00

JenisWijen emas
Tipe produkWijen pasta, saus siram
SertifikasiBPOM RI ML
KemasanBotol plastik
5
JenisWijen putih
Tipe produkWijen pasta, olesan
Sertifikasi-
KemasanBotol kaca
4

LasallefoodMaestro Roasted Sesame Mayonnaise Saus

Mulai dari Rp 5.500,00

JenisWijen putih
Tipe produkWijen pasta, wijen sangrai, saus siram
SertifikasiBPOM, Halal MUI
KemasanSaset
3

Hoka Jaya InternasionalJay's Kitchen Sesame Seed Toasted

Mulai dari Rp 14.500,00

JenisWijen putih
Tipe produkBiji wijen utuh
SertifikasiHalal MUI
KemasanBotol plastik
2
JenisWijen putih, wijen hitam
Tipe produkWijen berbumbu, penambah rasa
SertifikasiHalal MUI
KemasanZiplock, stand-up pouch (40 g), kardus (100 g)
1

KewpieSalad Dressing dengan Wijen Sangrai

Mulai dari Rp 37.500,00

JenisWijen putih
Tipe produkWijen pasta, wijen sangrai, saus siram
SertifikasiBPOM, Halal MUI
KemasanBotol plastik (500 ml dan 200 ml), stand-up pouch (100 ml), saset (25 ml)

Tabel perbandingan produk biji wijen terbaik

Gambar produk
1
Kewpie Salad Dressing dengan Wijen Sangrai 1

Kewpie

2
Sunkrisps Gomashio Kale Flakes 1

Sunkrisps

3
Hoka Jaya Internasional Jay's Kitchen Sesame Seed Toasted 1

Hoka Jaya Internasional

4
Lasallefood Maestro Roasted Sesame Mayonnaise Saus 1

Lasallefood

5
Bali Asli Tahini 1

Bali Asli

6
Mizkan Sesame Sauce Roasted Coarse Type 1

Mizkan

7
LOHAS Organic Black Sesame Spread 1

LOHAS

8
Bali Asli Sesame Salt 1

Bali Asli

9
Earth Living Black Sesame Powder 1

Earth Living

10
Genki Plant Black Sesame Seed 1

Genki Plant

Nama produk

Salad Dressing dengan Wijen Sangrai

Gomashio Kale Flakes

Jay's Kitchen Sesame Seed Toasted

Maestro Roasted Sesame Mayonnaise Saus

Tahini

Sesame Sauce Roasted Coarse Type

Organic Black Sesame Spread

Sesame Salt

Black Sesame Powder

Black Sesame Seed

Keunggulan

Saus wijen serbaguna untuk salad dressing, dipping sauce, hingga bumbu tumis

Abon tabur wijen penambah nafsu makan

Pelengkap bumbu marinasi bulgogi dan teriyaki

Mayones dengan cita rasa wijen sangrai

Saus tahini berbahan natural buatan lokal

Terbuat dari biji wijen emas, sempurna untuk aneka hidangan khas Jepang

Selai organik, bebas zat aditif, dan nol kolesterol

"Micin sehat" yang diproses secara alami

Super food organik, praktis, dan kaya manfaat

Kandungan nutrisi lebih tinggi, ukuran kemasan lebih variatif

Harga mulai dariRp 37.500,00Rp 32.000,00Rp 14.500,00Rp 5.500,00Rp 64.000,00Rp 89.000,00Rp 90.000,00Rp 39.000,00Rp 190.000,00Rp 14.000,00
JenisWijen putihWijen putih, wijen hitamWijen putihWijen putihWijen putihWijen emasWijen hitamWijen putihWijen hitamWijen hitam
Tipe produkWijen pasta, wijen sangrai, saus siramWijen berbumbu, penambah rasaBiji wijen utuhWijen pasta, wijen sangrai, saus siramWijen pasta, olesanWijen pasta, saus siramWijen pasta, olesanWijen bubuk, wijen berbumbu, penambah rasaWijen bubukBiji wijen utuh
SertifikasiBPOM, Halal MUIHalal MUIHalal MUIBPOM, Halal MUI-BPOM RI MLBCS, QAI -NASAA Organic-
KemasanBotol plastik (500 ml dan 200 ml), stand-up pouch (100 ml), saset (25 ml)Ziplock, stand-up pouch (40 g), kardus (100 g)Botol plastikSasetBotol kacaBotol plastikBotol kacaBotol plastikKalengStand-up pouch
Tautan produk

Tips penyajian biji wijen

Tips penyajian biji wijen

Tahukah Anda, wijen yang disangrai atau dipanggang akan mengeluarkan aroma yang lebih harum? Rasa wijen yang disangrai atau dipanggang pun akan terasa lebih intens. Jika wijen yang Anda beli dalam keadaan mentah, sebaiknya Anda menyangrai atau memanggangnya dahulu sebelum dikonsumsi. Nah, bagaimana cara menyangrai atau memanggang wijen? 


Untuk metode sangrai, siapkan teflon atau penggorengan, kemudian sangrai wijen tanpa minyak dengan api kecil. Aduk rata agar wijen matang merata dan tidak gosong. Jika wijen telah berubah kuning kecokelatan, tandanya wijen siap diangkat. 


Untuk metode panggang, panaskan oven selama lebih kurang lima menit dengan suhu 150 hingga 175 derajat celsius. Lalu, ratakan wijen di atas loyang dan panggang hingga berubah warna. Jangan lupa untuk mengecek dan mengaduknya dengan spatula agar wijen matang merata. Biji wijen yang telah matang siap dikonsumsi langsung atau diproses menjadi wijen bubuk, wijen pasta, maupun olahan lainnya.

Baca juga rekomendasi salad dressing lainnya di sini

Produk wijen memang cocok dijadikan dressing untuk menu salad. Akan tetapi, masih banyak produk lain yang tidak kalah nikmat dijadikan salad dressing. Simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi dressing yang bisa diaplikasikan pada menu salad favorit Anda!

Kesimpulan

Ada berbagai varian biji wijen beserta produk turunannya yang dapat Anda pilih di pasaran. Dengan beragam profil rasa dan aroma, setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.


Semoga produk biji wijen yang disebutkan di atas sesuai dengan preferensi yang Anda cari. Silakan gunakan poin-poin dan penjabaran di atas untuk membantu menemukan produk biji wijen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

  • 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang disukai oleh banyak orang. Rasa pedas yang autentik dan menggigit adalah salah satu alasannya. Tidak heran bila saat ini ada banyak produk sambal bawang kemasan yang dijual di pasaran. Anda mau sambal bawang putih atau sambal bawang merah? Semuanya ada!Sambal bawang Bu Rudy, Finna, dan Sambal Naknan adalah contoh beberapa merek sambal bawang terenak. Selain itu, masih ada banyak produk sambal bawang populer lainnya. Silakan simak artikel kami ini sebab kami punya tips memilih dan rekomendasi sambal enak lainnya untuk Anda.
    Bumbu & bahan masakan
  • 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)
    7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak alpukat adalah salah satu jenis minyak nabati yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak ini memiliki rasa yang ringan sehingga nikmat saat digunakan untuk memasak atau dikonsumsi secara langsung. Tidak heran, banyak masyarakat yang mulai tertarik mengonsumsi minyak alpukat.Saat ini telah terdapat banyak merek minyak alpukat di pasaran, seperti Olitalia, Green Tosca, La Tourangelle, dan lainnya. Namun, merek manakah yang terbaik? Tak perlu bingung karena kali ini kami akan menjelaskan cara memilih minyak alpukat. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik yang bisa dijadikan referensi. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Tambahan pewarna pada makanan akan membuat tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Namun, pewarna alami terkadang dapat mengubah rasa makanan sehingga akhirnya pewarna sintetis lebih banyak dipakai. Dalam memilih pewarna makanan sintetis, Anda perlu berhati-hati. Pilihlah produk yang aman dikonsumsi.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips dalam memilih pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi, juga memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Koepoe Koepoe, AmeriColor, Colatta, dan Chefmaster ada dalam rekomendasi kami. Silakan lanjutkan membaca untuk menemukan berbagai info menarik!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda, ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat butuh cepat, bumbu sate instan bisa diandalkan. Banyak bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Munik dan Enak Eco. Selain kedua merek tersebut, ada beberapa merek lainnya yang akan kami ulas. Kami juga akan berbagi tips memilih bumbu sate terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Sambal Geprek Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sambal Geprek Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah mencicipi ayam geprek? Sambal gepreknya yang lezat pasti membuat Anda ketagihan. Kini, sambal geprek banyak dijual di pasaran. Jika Anda merasa repot harus mencari resep dan membuat sendiri sambal geprek, Anda bisa dengan mudah membelinya secara online. Agar lebih mudah menemukan produk terbaik, kami akan membahas bagaimana cara memilih sambal geprek yang tepat. Rekomendasi sambal geprek terbaik juga akan kami ulas. Anda bisa memilih produk dari Eatsambel, By Chef Ivan, dan Cap Ibu. Baca sampai habis artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 5 Tepung Bumbu Merk Sajiku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    5 Tepung Bumbu Merk Sajiku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam goreng dan tempe goreng merupakan menu makanan sehari-hari yang banyak disukai. Kini membuat ayam dan tempe yang lezat sudah tidak repot lagi berkat adanya tepung bumbu. Salah satu merk tepung bumbu yang terkenal adalah Sajiku. Tidak hanya untuk ayam dan tempe goreng, Sajiku juga memiliki varian tepung bumbu lain yang tak kalah enak.Agar Anda mudah menemukan tepung bumbu yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan memberikan tips-tips memilihnya. Rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami ulas. Jadi, jika Anda berencana membeli tepung bumbu Sajiku, simak artikel ini sampai habis, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)
    Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ada sunflower oil yang bisa dipakai sebagai serum kulit dan ada pula sunflower oil khusus untuk memasak. Di artikel ini kami akan membahas tentang sunflower oil untuk memasak.Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Itulah sebabnya sunflower oil sering dijadikan pilihan untuk diet. Jika Anda bingung memilihnya, berikut ini beberapa merk sunflower oil yang bagus untuk memasak. Temukan berbagai merk, mulai dari Tropicana Slim, Golden Bridge, sampai Borges!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung MOCAF Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tepung MOCAF Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Tepung MOCAF atau modified cassava flour adalah tepung singkong yang sudah dimodifikasi. Disebut modifikasi karena dalam prosesnya dilakukan fermentasi mikroba. Dari proses tersebut, tekstur tepung menjadi lebih lembut. Daya rekat serta kemampuan melarutnya pun lebih baik. Karena itu, tepung MOCAF banyak dipakai sebagai pengganti tepung terigu untuk campuran olahan makanan.Kali ini kami akan mengulas tepung MOCAF yang bagus dari berbagai merek, seperti Ladang Lima, Mocafine, dan Lingkar Organik. Sebelumnya, ketahui dahulu manfaat tepung MOCAF, serta panduan cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Stevia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Gula Stevia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal, bahaya diabetes mengintai setiap saat. Gula rendah kalori yang mulai marak digunakan juga terkadang rasanya kurang gereget di lidah. Bagaimana jika ada gula nol kalori yang rasa manisnya tetap enak di lidah? Anda bisa menemukannya pada gula stevia yang belakangan ini mulai populer.Kami akan membahas apa saja manfaat gula stevia, tips memilihnya, hingga merekomendasikan beberapa merek yang bagus. Tropicana Slim, Stevia, dan Diasweet ada dalam rekomenasi kami. Ayo cari tahu selengkapnya tentang gula stevia di artikel ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Pala Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Pala Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam memasak, pala adalah rempah-rempah yang jarang terlewatkan. Pala berfungsi sebagai penyedap masakan yang memberi aroma harum dan rasa yang hangat. Selain untuk bumbu masakan, pala juga bisa dipakai untuk minuman dan kue. Sebelum digunakan, biasanya pala dihaluskan terlebih dahulu.Namun, kini Anda tidak perlu repot-repot menghaluskan pala. Cukup gunakan pala bubuk, maka aromanya akan menguar dan membuat masakan Anda begitu menggoda. Kami akan mengulas beberapa merek pala bubuk yang bagus, seperti Koepoe Koepoe, Cap Pohon Mangga, dan Rasa. Semoga Anda mendapatkan pala bubuk yang sesuai selera dari ulasan ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian masyarakat Indonesia, makan nasi tanpa sambal terasa seperti sayur tanpa garam alias hambar. Tak heran Indonesia terkenal dengan berbagai sambalnya yang sedap. Di artikel ini kami akan membahas kenikmatan sambal matah yang dalam bahasa Bali artinya mentah.Sambal ini tidak digoreng atau ditumis, tetapi bumbu-bumbunya hanya disiram minyak panas. Jika Anda pencinta sambal matah garis keras, artikel rekomendasi kali ini akan sangat pas untuk Anda. Ada beberapa varian sambal matah kemasan, seperti sambal matah cumi, teri, atau kecombrang yang kami pilihkan dari berbagai merk. Simak artikelnya sampai habis!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori