• 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Epson adalah salah satu merek printer yang bagus untuk Anda pertimbangkan. Harga printer Epson sangat bervariasi. Karena itu, pilihlah tipe printer Epson yang sesuai dengan keperluan Anda. Anda bisa menemukan printer enam warna untuk cetak foto dan juga all-in-one printer yang multifungsi untuk kebutuhan kantor.


Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih printer Epson terbaik. Kami juga akan membagikan rekomendasi printer Epson yang bagus untuk Anda. Ada printer Epson L3210 yang merupakan update seri L3110 dengan teknologi terbaru, L121, L1800, dan lainnya. Baca ulasannya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Cara memilih printer Epson

Memilih printer Epson tentu harus disesuaikan dengan pemakaian Anda. Agar tidak ada hal penting yang Anda lewatkan, kami akan memberi tips mudah dalam memilih printer Epson. Simaklah dengan saksama agar Anda menemukan produk yang pas.

Pilih printer Epson dengan skala yang sesuai

Pertama-tama, marilah lihat jenis printer Epson berdasarkan skalanya. Ada seri for home untuk kebutuhan cetak yang kecil, ada juga seri for work yang mampu mencetak dalam jumlah besar. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

For Home, skala kecil untuk kebutuhan beberapa orang

Seri for home ditujukan untuk kebutuhan mencetak dokumen skala kecil. Jika Anda tidak mencetak banyak dokumen atau hanya sesekali saja, seri ini yang cocok untuk dipilih. Tipe printer Epson yang populer adalah seri EcoTank, salah satu jenis ink tank printer. Jenis printer ini memiliki biaya pengisian tinta yang jauh lebih ekonomis dibandingkan jenis tinta dengan cartridge.

For Work, didesain untuk kebutuhan usaha dan skala besar

Bagi Anda yang memiliki aktivitas kerja yang tinggi dan mencetak dokumen dalam skala besar, Epson menyediakan seri for work. Seri for work juga biasanya digunakan untuk usaha percetakan dan fotokopi.


Salah satu tipe yang populer adalah WorkForce. Beberapa printer WorkForce merupakan printer multifungsi yang mampu mencetak dan fotokopi. Karena skala cetak yang besar dan fungsinya yang beragam, harga printer ini cukup mahal.

Sesuaikan jenis printer berdasarkan fungsinya dengan kebutuhan

Sesuaikan jenis printer berdasarkan fungsinya dengan kebutuhan
Untuk memenuhi kebutuhan cetakan yang bervariasi, Epson menyediakan beberapa jenis printer dengan tipe cetakan yang berbeda-beda. Pilihlah printer dengan hasil cetak yang Anda butuhkan. Berikut penjelasan tiap tipenya.


  • Monochrome ink tank printer
Monochrome ink-tank printer adalah tipe printer cetak hitam-putih sehingga tidak menggunakan tangki/cartridge warna. Jenis printer Epson ini cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan tinta warna. Biasanya printer ini digunakan untuk mencetak soal-soal pelajaran atau materi kuliah. 

  • Colour ink tank printer

Sesuai dengan namanya, colour ink tank printer bisa mencetak warna hitam-putih dan full color. Biasanya dokumen legal, kop surat, dan sejenisnya membutuhkan printer cetak warna. Jika Anda sering mencetak dokumen hitam-putih dan berwarna, pilih jenis printer Epson ini.


  • Mobile printer
Mobile printer memiliki bentuk yang compact dan sengaja didesain agar printer mudah dibawa. Tipe printer Epson ini juga tidak memakan banyak tempat, lho. Mobile printer biasanya digunakan untuk kebutuhan event atau untuk Anda yang sering berpindah-pindah kota. 

  • Photo printer

Jika Anda bekerja di industri desain atau cetak foto, Anda tentu membutuhkan hasil cetakan yang lebih tajam. Maka dari itu, pertimbangkanlah tipe printer Epson ini. Photo printer memang didesain agar mampu mencetak gambar dan foto dengan kualitas warna yang akurat sesuai dengan file-nya.

Cek juga kualitas dan sistem penggantian tinta pada printer

Printer Epson punya dua sistem jika dilihat dari kualitas cetakan dan cara mengganti tinta, yaitu ink tank dan inkjet. Dua sistem ini memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Mari simak perbedaannya!

Ink tank: Harga tinta lebih murah, pengisiannya pun mudah

Sistem ink tank merupakan printer dengan tangki tinta yang tidak perlu Anda lepaskan. Pengisian tinta jenis printer ini terbilang lebih mudah, cukup dengan menuangkan tinta ke dalam tangki tintanya. Anda juga hanya perlu membeli tintanya yang memiliki harga lebih murah dari cartridge

Inkjet, hasil cetakan dari printer lebih tajam

Inkjet printer menggunakan tinta cair yang disemprotkan pada kertas sesuai dengan dokumen yang akan dicetak. Penggunaan tintanya memang lebih banyak, tetapi Anda akan mendapat hasil cetakan yang tajam.


Jenis printer ini menggunakan sistem tinta cartridge. Cartridge harus diganti ketika tintanya sudah habis. Namun, harga cartridge cukup mahal. Saat tidak digunakan atau disimpan terlalu lama, tinta di dalam cartridge juga bisa mengering.

Periksalah fitur lain yang dimiliki printer Epson

Saat membeli printer Epson, jangan lupa juga untuk memeriksa fitur yang dimiliki produknya. Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan Epson. Simak penjelasan kami agar Anda tidak salah memilih fiturnya, ya.

Koneksi Wi-Fi, memudahkan Anda mencetak dari mana saja

Koneksi Wi-Fi, memudahkan Anda mencetak dari mana saja

Umumnya printer menggunakan kabel USB sebagai penghubung antara printer dan device Anda. Kabel ini memiliki ukuran yang cenderung pendek sehingga Anda perlu meletakkan device di dekat printer. Hal ini terkadang membuat Anda merasa kurang nyaman ketika ingin mencetak dokumen.


Karena itu, beberapa printer dilengkapi koneksi Wi-Fi yang memungkinkan Anda mencetak tanpa perlu terhubung dengan kabel. Adanya koneksi jenis ini memudahkan penggunaan printer untuk beberapa orang. Bahkan Anda dapat mencetak dokumen melalui smartphone atau tablet.

Fungsi scan dan fotokopi, memenuhi semua kebutuhan dalam satu produk

Di samping untuk mencetak dokumen atau gambar, beberapa printer Epson juga dilengkapi fungsi scan dan fotokopi. Bahkan ada juga printer yang memiliki fungsi faks. Printer multifungsi disebut juga sebagai all-in-one printer.


Karena memiliki fungsi yang lebih banyak, harga jenis printer Epson ini umumnya lebih mahal dibandingkan printer fungsi tunggal. Namun, Anda akan mendapatkan fungsi tambahan yang sebanding dengan harga yang Anda bayarkan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

10 Rekomendasi printer Epson terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk printer Epson terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 20 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Epson EcoTank L3210 A4 All-in-One Ink Tank Printer memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Epson  EcoTank L3210 A4 All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

2
Epson  EcoTank L121 A4 Ink Tank Printer 1

Epson

3
Epson  EcoTank L4260 A4 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

4
Epson  L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer 1

Epson

5
Epson  L1800 A3 Photo Ink Tank Printer 1

Epson

6
Epson  EcoTank Monochrome M1100 Ink Tank Printer 1

Epson

7
Epson  WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer 1

Epson

8
Epson  EcoTank Monochrome M15140 A3 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

9
Epson  WorkForce Pro WF-C5290 Wi-Fi Duplex Inkjet Printer 1

Epson

10
Epson  EcoTank L6580 A4 Colour Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

Nama produk

EcoTank L3210 A4 All-in-One Ink Tank Printer

EcoTank L121 A4 Ink Tank Printer

EcoTank L4260 A4 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer

L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

EcoTank Monochrome M1100 Ink Tank Printer

WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

EcoTank Monochrome M15140 A3 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

WorkForce Pro WF-C5290 Wi-Fi Duplex Inkjet Printer

EcoTank L6580 A4 Colour Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

Keunggulan

Bekerja dari rumah lebih nyaman dengan all-in-one printer

Hemat waktu dengan sistem printing cepat

Fiturnya lengkap untuk kebutuhan kantor Anda

Cetak foto Anda sendiri dengan hasil yang memuaskan

Printer enam warna yang mampu cetak foto A3+

Harganya terjangkau, bujet membeli printer jadi hemat

Praktis dibawa berkat desain compact yang ringan

Ink tank printer dengan hasil cetak berkualitas laser

Koneksi lengkap, print lewat apa saja makin cepat

Paket lengkap untuk memulai usaha percetakan

Harga mulai dariRp 2.891.000,00Rp 1.585.000,00Rp 4.505.000,00Rp 4.185.000,00Rp 8.245.000,00Rp 1.893.000,00Rp 3.540.000,00Rp 9.646.000,00Rp 5.356.000,00Rp 15.290.000,00
SeriFor homeFor homeFor homeFor homeFor workFor homeFor homeFor workFor workFor work
JenisColour ink tank printerColour ink tank printerColour ink tank printerPhoto printerPhoto printerMonochrome ink tank printerMobile printerMonochrome ink tank printerBusiness inkjet printerColour ink tank printer
FiturPrint, scan, copyPrintPrint, scan, copyPrintPrintPrintPrintPrint, scan, copy with ADFPrintPrint, scan, copy, fax with ADF
TintaInk tankInk tankInk tankInk tank Ink tankInk tankInkjet Ink tankInkjet Ink tank
KoneksiUSB 2.0USB 2.0USB 2,0, Wi-Fi, Wi-Fi DirectUSB 2.0, Wi-Fi, Epson iPrintUSB 2.0USB 2.0USB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi DirectWi-Fi, Wi-Fi Direct, ethernetUSB, ethernet, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, NFCWi-Fi, Wi-Fi Direct, ethernet
Berat3,9 kg2,4 kg5,4 kg6 kg12,5 kgTidak ada keterangan1,6 kg20,2 kg15,3 kg17,8 kg
Dimensi375 mm x 347 mm x 179 mm461 mm x 215 mm x 130 mm375 mm x 347 mm x 187 mm547 mm x 289 mm x 187 mm705 mm x 322 mm x 215 mmTidak ada keterangan309 mm x 154 mm x 61 mm515 mm x 500 mm x 350 mm425 mm x 535 mm x 357 mm425 mm x 500 mm x 350 mm
Tautan produk
10

Epson EcoTank L6580 A4 Colour Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 15.290.000,00

SeriFor work
JenisColour ink tank printer
FiturPrint, scan, copy, fax with ADF
TintaInk tank
KoneksiWi-Fi, Wi-Fi Direct, ethernet
Berat17,8 kg
Dimensi425 mm x 500 mm x 350 mm
9

Epson WorkForce Pro WF-C5290 Wi-Fi Duplex Inkjet Printer

Mulai dari Rp 5.356.000,00

SeriFor work
JenisBusiness inkjet printer
FiturPrint
TintaInkjet
KoneksiUSB, ethernet, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, NFC
Berat15,3 kg
Dimensi425 mm x 535 mm x 357 mm
8

Epson EcoTank Monochrome M15140 A3 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 9.646.000,00

SeriFor work
JenisMonochrome ink tank printer
FiturPrint, scan, copy with ADF
TintaInk tank
KoneksiWi-Fi, Wi-Fi Direct, ethernet
Berat20,2 kg
Dimensi515 mm x 500 mm x 350 mm
7

Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

Mulai dari Rp 3.540.000,00

SeriFor home
JenisMobile printer
FiturPrint
TintaInkjet
KoneksiUSB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct
Berat1,6 kg
Dimensi309 mm x 154 mm x 61 mm
6

Epson EcoTank Monochrome M1100 Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 1.893.000,00

SeriFor home
JenisMonochrome ink tank printer
FiturPrint
TintaInk tank
KoneksiUSB 2.0
BeratTidak ada keterangan
DimensiTidak ada keterangan
5

Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 8.245.000,00

SeriFor work
JenisPhoto printer
FiturPrint
TintaInk tank
KoneksiUSB 2.0
Berat12,5 kg
Dimensi705 mm x 322 mm x 215 mm
4

Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 4.185.000,00

SeriFor home
JenisPhoto printer
FiturPrint
TintaInk tank
KoneksiUSB 2.0, Wi-Fi, Epson iPrint
Berat6 kg
Dimensi547 mm x 289 mm x 187 mm
3

Epson EcoTank L4260 A4 Wi-Fi Duplex All-in-One Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 4.505.000,00

SeriFor home
JenisColour ink tank printer
FiturPrint, scan, copy
TintaInk tank
KoneksiUSB 2,0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct
Berat5,4 kg
Dimensi375 mm x 347 mm x 187 mm
2

Epson EcoTank L121 A4 Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 1.585.000,00

SeriFor home
JenisColour ink tank printer
FiturPrint
TintaInk tank
KoneksiUSB 2.0
Berat2,4 kg
Dimensi461 mm x 215 mm x 130 mm
1

Epson EcoTank L3210 A4 All-in-One Ink Tank Printer

Mulai dari Rp 2.891.000,00

SeriFor home
JenisColour ink tank printer
FiturPrint, scan, copy
TintaInk tank
KoneksiUSB 2.0
Berat3,9 kg
Dimensi375 mm x 347 mm x 179 mm

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Bagi Anda yang sedang mencari jenis printer lainnya, kami memiliki beragam artikel yang membahas tentang hal tersebut. Kami juga telah mengulas mobile printer, printer thermal, serta inkjet printer. Klik tautan-tautan berikut untuk mengetahui informasinya!

Kesimpulan

Tentunya Epson selalu berusaha memberikan kualitas terbaik dalam produk printer-nya. Meski demikian, Anda masih perlu menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya ada beragam produk dengan fitur berbeda yang ditawarkan Epson.


Selain itu, sesuaikan harga printer Epson dengan bujet yang Anda siapkan. Semoga Anda terbantu dengan ulasan kami ini dan menemukan produk yang menunjang pekerjaan Anda. Selamat memilih printer Epson dan dapatkan hasil cetak yang terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer thermal saat ini sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Apabila Anda berencana membeli printer thermal, simak artikel ini dengan baik. Kami akan memberikan tips dan rekomendasi printer thermal dari berbagai merek yang bagus! Printer thermal dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Semua produk tersedia di marketplace atau online shop, lho!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggandakan dokumen dalam jumlah banyak dengan cepat. Selain untuk kegiatan bisnis, mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas administrasi perkantoran. Nah, tentu Anda penasaran dengan harga mesin fotocopy terbaru, seperti merek Canon, Xerox, Kyocera, dan Brother, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih dan membeli mesin fotocopy yang bagus secara online. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin fotocopy terbaik dari merek ternama. Jika Anda penasaran, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Kasir Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Kasir Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang akan memulai bisnis, pastikan Anda berinvestasi membeli mesin kasir agar pengelolaan transaksi lebih mudah. Harga mesin kasir yang tersedia di pasaran cukup beragam sesuai dari jenis dan kelengkapan mesin. Mesin kasir Android tentu dijual dengan harga berbeda dengan mesin kasir portable.Di antara aneka produk, terdapat beberapa merek yang bagus, seperti Casio, Samsung, dan Sharp. Manakah yang sebaiknya Anda pilih? Untuk membantu Anda menentukan mesin kasir yang sesuai kebutuhan, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Simak sampai selesai, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer HP merupakan salah satu produk pencetak terbaik saat ini. Hewlett-Packard atau HP merupakan salah satu produsen elektronik kantor yang memiliki reputasi sangat baik. Ada berbagai jenis printer HP yang bagus, seperti seri DeskJet, LaserJet, hingga Smart Ink Tank.Nah, di artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih printer merek HP terbaik untuk Anda. Kami juga akan menguraikan beberapa printer HP dengan spesifikasi dan harga yang mungkin sesuai untuk Anda. Jadi, apabila Anda kebingungan untuk menentukan pilihan, bacalah artikel ini sebagai pedoman Anda!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa dicetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, Anda juga akan menemukan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Amano dan Solution. Hal ini bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar Anda memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori