• 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer terbaik yang ada di pasaran adalah Epson. Seiko Epson, atau dikenal dengan Epson, merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto.


Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa seri. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaik, seperti WorkForce, SureColor, EcoTank, dan lainnya. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 13.753 Views
Daftar isi

Cara memilih printer Epson

Memilih printer Epson tentu harus disesuaikan dengan pemakaian Anda. Agar tidak ada hal penting yang Anda lewatkan, kami akan memberi tips mudah dalam memilih printer Epson. 

Pilihan seri printer dari Epson

Epson memiliki berbagai seri printer. Setiap serinya memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa seri printer Epson yang dapat Anda pilih. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan menemukan seri printer Epson lainnya di samping seri yang kami jelaskan.

EcoTank : solusi printer yang ramah di kantong

EcoTank merupakan jenis printer ink tank. Biaya pengisian tintanya jauh lebih ekonomis dibandingkan jenis tinta dengan cartridge. Selain itu, tintanya juga dapat mencetak lebih banyak dokumen. EcoTank hadir dalam dua seri yaitu L dan M. Seri L untuk mencetak dokumen berwarna, sedangkan seri M untuk mencetak dokumen monokrom. 

WorkForce : lengkapi produktivitas kerja yang tinggi

Bagi Anda yang memiliki aktivitas kerja yang tinggi, Epson menyediakan seri WorkForce. Beberapa printer WorkForce merupakan printer multifungsi yang dapat membantu Anda menjalankan pekerjaan. Di samping itu, ada juga jenis printer WorkForce yang dapat dibawa ke mana saja tanpa perlu memikirkan sumber listrik.

PictureMate : langsung mencetak gambar dari kamera

Seri printer Epson ini sangat pas digunakan oleh para fotografer. PictureMate dapat digunakan untuk mencetak foto langsung, baik dari kamera andalan Anda maupun dari smartphone. Printer ini mampu mencetak berbagai ukuran foto tanpa border. Istimewanya lagi, PictureMate sangat ringan dan ukurannya kecil sehingga mudah dibawa ke mana pun. 

SureColor : memberikan hasil cetakan profesional

Jika Anda bekerja dalam industri desain, Anda tentu membutuhkan hasil cetakan yang lebih tajam. Selain itu, Anda juga harus mencetak gambar dengan menggunakan berbagai ukuran kertas, termasuk ukuran kertas yang besar.


Anda dapat memilih Epson SureColor untuk memenuhi kebutuhan Anda. SureColor sanggup mencetak gambar Anda dengan lebih cepat, serta memiliki hasil warna yang lebih tajam. Seri ini hadir dalam berbagai ukuran mesin printer. Beberapa produknya memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan pribadi. Sebaliknya, ada juga yang ukurannya lebih besar sehingga dapat dipakai untuk percetakan.

Pilih jenis printer sesuai kebutuhan

Seperti merek printer lainnya, Epson memiliki berbagai jenis printer untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan Anda. Berikut ini beberapa jenis printer Epson yang dapat Anda pilih.

Printer inkjet untuk hasil cetakan yang tajam

Printer inkjet merupakan jenis yang paling banyak digunakan sebagai printer di rumah. Bentuknya yang slim dan kompak memudahkan Anda dalam menyimpan printer ini.


Tinta pada printer inkjet merupakan tinta cair yang disemprotkan pada kertas sesuai dengan dokumen yang akan dicetak. Penggunaan tintanya memang lebih banyak dibandingkan printer laser, tetapi Anda akan mendapat hasil cetakan yang tajam.


Printer inkjet menggunakan sistem tinta cartridge. Cartridge ini harus Anda ganti ketika tintanya sudah habis. Namun, harga cartridge tidak dapat dibilang murah. Selain itu, terkadang tinta di dalamnya juga dapat mengering jika disimpan dalam jangka waktu lama.

Printer ink tank memiliki harga tinta yang lebih murah

Printer ink tank memiliki jenis tinta cair seperti printer inkjet. Hanya saja, sistem pengisian tintanya cukup berbeda dengan printer inkjet. Sistem ink tank memiliki tangki tinta yang tidak perlu Anda lepaskan. Pengisian tintanya cukup dengan menuangkan tinta ke dalam tangki tinta saja. Dengan kata lain, Anda tak perlu mengganti cartridge 


Harga printer dengan sistem pengisian ink tank memang sedikit lebih mahal dibandingkan inkjet, tetapi harga tintanya lebih ekonomis.

Printer laser dapat mencetak lebih banyak dan lebih cepat

Berbeda dengan printer inkjet dan ink tank yang menggunakan jenis tinta cair, printer laser menggunakan jenis tinta bubuk atau toner. Jenis tinta ini lebih cepat mengering pada hasil cetakan sehingga lebih pas digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak.


Printer laser juga memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat. Akan tetapi, kualitas gambarnya tidak setajam hasil printer inkjet.

Jenis printer lainnya dapat memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan

Selain jenis printer yang telah kami jelaskan, Epson memiliki berbagai printer lainnya yang dapat Anda pilih untuk kebutuhan lainnya. Salah satunya adalah Dot Matrix Printer. Dot Matrix Printer merupakan printer khusus untuk mencetak dokumen seperti invoice atau membuat carbon copy. Printer ini menggunakan ink ribbon yang lebih ekonomis.


Epson juga menyediakan printer khusus untuk mencetak bon yaitu POS Receipt Printers. Selain itu, ada juga printer untuk mencetak label dengan lebih praktis. Ukuran printer untuk kedua kebutuhan ini tentunya lebih kecil jika dibandingkan jenis printer lainnya 

Perhatikan fitur printer yang ditawarkan

Saat membeli printer, termasuk printer Epson, jangan lupa juga untuk memeriksa fitur yang diberikan. Berikut ini adalah fitur-fitur yang ditawarkan Epson. Simak penjelasan kami agar Anda tidak salah memilih fiturnya, ya.

Konektivitas wireless memudahkan Anda mencetak dari mana saja

Kabel penghubung printer dan device cenderung pendek sehingga Anda perlu meletakkan device di dekat printer. Hal ini terkadang membuat Anda merasa kurang nyaman ketika ingin mencetak dokumen. 


Karena itu, beberapa printer mulai beralih menggunakan konektivitas wireless dengan sistem WiFi. Konektivitas wireless memudahkan Anda mencetak tanpa perlu terhubung dengan kabel.


Adanya konektivitas jenis ini juga memudahkan penggunaan printer oleh lebih dari satu orang. Bahkan, Anda dapat mencetak dokumen melalui smartphone atau tablet.

Printer multifungsi untuk berbagai kebutuhan lainnya

Di samping untuk mencetak dokumen atau gambar, printer Epson juga dilengkapi dengan fitur lainnya. Untuk kebutuhan yang lebih banyak, Anda dapat memilih printer yang dapat digunakan untuk scan dan copy. Jika Anda membutuhkan printer untuk kebutuhan pekerjaan, ada juga printer yang memiliki fungsi fax. Printer multifungsi disebut juga sebagai printer all in one.


Harga printer multifungsi umumnya lebih mahal dibandingkan printer fungsi tunggal. Namun, Anda akan mendapatkan fungsi tambahan lainnya yang sebanding dengan yang Anda bayarkan.

10 Rekomendasi printer Epson terbaik

Berikutnya, kami akan lanjutkan dengan memberi rekomendasi printer terbaik dari Epson. Simaklah penjelasan produknya dengan saksama agar Anda tidak salah dalam memilih produk yang pas.

10
JenisDot matrix
KoneksiUSB 2.0
Dimensi36,2 cm x 27,5 cm x 15,4 cm
FiturX
9
JenisLabel printer
KoneksiX
Dimensi14,5 cm x 15 cm x 5,5 cm
FiturX
8
JenisInk tank
KoneksiHi-Speed USB 2.0
Dimensi70,5 cm x 32,2 cm x 21,5 cm
FiturX
7

EpsonEcoTank Monochrome M3170 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer

Rp 4.899.000,00

JenisInk tank
KoneksiUSB 2.0, WiFi, WiFi direct, ethernet
Dimensi37,5‎ cm x 34,7 cm x 34,6 cm
FiturCopy ・ scan ・ fax ・ LCD panel
6
JenisInkjet
KoneksiHi-Speed USB, WiFi
Dimensi68,4 x 37,6 x 25 cm
FiturLCD panel
5
JenisInkjet
KoneksiUSB 2.0, WiFi, WiFi direct
Dimensi26,5 cm x 19,6 cm x 13,7 cm
FiturBattery ・ LCD panel
4

EpsonWorkForce Pro WF-C5790 Wi-Fi Duplex All-in-One Inkjet Printer

Rp 4.250.000,00

JenisInkjet
KoneksiUSB, ethernet, WiFi, WiFi Direct, NFC
Dimensi42,5 cm x 53,5 cm x 35,7 cm
FiturCopy ・ scan ・fax ・ LCD panel
3

EpsonL5190 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer with ADF

Rp 3.800.000,00

JenisInk tank
KoneksiUSB 2.0, WiFi, WiFi direct, ethernet
Dimensi37,5 cm x 34,7 cm x 23,7 cm
FiturScan ・ copy ・ fax ・ LCD panel
2
JenisInk tank
KoneksiUSB 2.0
Dimensi46,1 cm x 21,5 cm x 13 cm
FiturX
1

EpsonWorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

Rp 3.350.000,00

JenisInkjet
KoneksiHi-Speed USB 2.0, WiFi, WiFi direct
Ukuran30,9 cm x 15,4 cm x 6,1 cm
FiturBattery ・ LCD panel

Tabel perbandingan produk printer Epson terbaik

Gambar produk
1
Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer 1

Epson

2
Epson L120 Ink Tank Printer 1

Epson

3
Epson L5190 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer with ADF 1

Epson

4
Epson WorkForce Pro WF-C5790 Wi-Fi Duplex All-in-One Inkjet Printer 1

Epson

5
Epson PictureMate PM-520 Photo Printer 1

Epson

6
Epson SureColor SC-P807 Photo Printer 1

Epson

7
Epson EcoTank Monochrome M3170 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

8
Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer 1

Epson

9
Epson LabelWorks LW-K200 Label Printer 1

Epson

10
Epson LX-310 Dot Matrix Printer 1

Epson

Nama produk

WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

L120 Ink Tank Printer

L5190 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer with ADF

WorkForce Pro WF-C5790 Wi-Fi Duplex All-in-One Inkjet Printer

PictureMate PM-520 Photo Printer

SureColor SC-P807 Photo Printer

EcoTank Monochrome M3170 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer

L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

LabelWorks LW-K200 Label Printer

LX-310 Dot Matrix Printer

Keunggulan

Printer dengan baterai yang praktis dibawa ke mana saja

Printer dan tinta yang tidak membuat kantong jebol

Bekerja dari rumah menjadi lebih nyaman

Kapasitas lebih besar, lebih hemat daya

Cetak foto langsung dari kamera bikin bisnis makin lancar

Investasi terbaik untuk hasil gambar optimal

Printer ink tank rasa printer laser

Dari rumah juga bisa mencetak dengan ukuran gambar lebih besar

Membuat label langsung jadi, lebih praktis

Mampu mencetak empat lembar carbon copy dalam sekali proses

HargaRp 3.350.000,00Rp 1.573.500,00Rp 3.800.000,00Rp 4.250.000,00Rp 3.350.000,00Rp 19.500.000,00Rp 4.899.000,00Rp 6.999.000,00Rp 545.000,00Rp 2.656.500,00
JenisInkjetInk tankInk tankInkjetInkjetInkjetInk tankInk tankLabel printerDot matrix
KoneksiHi-Speed USB 2.0, WiFi, WiFi directUSB 2.0USB 2.0, WiFi, WiFi direct, ethernetUSB, ethernet, WiFi, WiFi Direct, NFCUSB 2.0, WiFi, WiFi directHi-Speed USB, WiFiUSB 2.0, WiFi, WiFi direct, ethernetHi-Speed USB 2.0XUSB 2.0
Ukuran30,9 cm x 15,4 cm x 6,1 cm46,1 cm x 21,5 cm x 13 cm37,5 cm x 34,7 cm x 23,7 cm42,5 cm x 53,5 cm x 35,7 cm26,5 cm x 19,6 cm x 13,7 cm68,4 x 37,6 x 25 cm37,5‎ cm x 34,7 cm x 34,6 cm70,5 cm x 32,2 cm x 21,5 cm14,5 cm x 15 cm x 5,5 cm36,2 cm x 27,5 cm x 15,4 cm
FiturBattery ・ LCD panelXScan ・ copy ・ fax ・ LCD panelCopy ・ scan ・fax ・ LCD panelBattery ・ LCD panelLCD panelCopy ・ scan ・ fax ・ LCD panelXXX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Bagi Anda yang sedang mencari printer, kami memiliki artikel lainnya yang membahas tentang printer. Anda akan menemukan berbagai merek printer terbaik di artikel-artikel ini. Ada juga mobile printer yang mudah dibawa ke mana saja. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi lainnya, ya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kami tentang printer Epson. Soal kualitas, tentunya Epson memberikan kualitas terbaik dalam produk printer yang dimilikinya. Namun, Anda tetap harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk turut mempertimbangkan sistem pengisian tintanya, ya. 


Agar tidak dirasa memberatkan, pilihlah printer yang tidak melebihi budget Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan ulasan kami dalam artikel kali ini. Selamat memilih printer yang dapat mencetak kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Notepad Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Notepad Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Seiring dengan semakin berkembangnya perangkat elektronik, semakin banyak orang yang memilih peralatan yang praktis dan canggih, misalnya notepad digital mampu menggantikan fungsi kertas dan pulpen dalam mencatat. Dengan menggunakan notepad digital, Anda juga bisa menyimpan catatan Anda dalam bentuk file yang bisa dikirim ke smartphone atau komputer Anda.Produk notepad digital ini hadir dengan berbagai fitur yang mungkin membuat Anda bingung harus membeli yang mana. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih notepad digital yang tepat disertai dengan rekomendasi produk berdasarkan merek, kualitas, dan juga pertimbangan cost and performance.
    Elektronik kantor
    13.617 Views
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Laser pointer adalah salah satu item penting yang digunakan ketika melakukan presentasi. Dengan menggunakan laser pointer, Anda dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi, laser pointer adalah benda yang wajib dimiliki.Saat ini sudah tersedia berbagai merek laser pointer di pasaran, seperti Logitech, Lenovo, Doosl, dan lainnya. Hal ini sering kali membuat Anda bingung memilih laser pointer mana yang sesuai dengan gaya presentasi Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih laser pointer terbaik beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan disimak!
    Elektronik kantor
    8.630 Views
  • 10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih laser printer bukanlah perkara mudah karena banyaknya model yang ditawarkan. Seperti diketahui, laser printer sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak sehingga sering digunakan untuk keperluan kantor. Karena harganya tidak murah, sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan kualitas yang terbaik.Di artikel ini kami akan membahas cara memilih laser printer untuk memudahkan Anda saat membelinya. Selain itu, kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Canon, Brother, dan HP. Jadikan artikel ini referensi saat Anda ingin mencari laser printer, ya!
    Elektronik kantor
    512 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda pasti memiliki beberapa dokumen penting yang tidak boleh sampai hilang ataupun rusak, seperti ijazah, akta kelahiran, atau piagam penghargaan. Untuk menjaga dokumen penting Anda tetap dalam kondisi terbaik, ada baiknya Anda laminasi dokumen-dokumen tersebut menggunakan mesin laminating. Mesin laminating dapat membuat dokumen Anda lebih awet, mengkilap, tahan gores serta terhindar dari kebasahan.Memang sekilas semua mesin laminating terlihat sama. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mesin laminating yang banyak dijual di pasaran memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Simak ulasan mengenai mesin laminating dalam artikel ini untuk mengetahui cara memilih yang baik serta produk terbaik yang kami rekomendasikan!
    Elektronik kantor
    10.893 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa dicetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, Anda juga akan menemukan produk dengan variasi dan merek yang beragam, seperti Amano dan Solution. Hal ini bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar Anda memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. Kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Elektronik kantor
    8.886 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang suka membaca dan mengoleksi buku, apakah Anda merasa sudah tidak mempunyai tempat untuk menyimpan buku lagi karena jumlah buku yang terus bertambah? Bila buku tersebut Anda pindai ke bentuk data dengan format PDF (Portable Document Format), pasti hal tersebut tidak lagi jadi soal.Lalu, bagaimana cara memindai buku menjadi data dengan format PDF? Untuk hasil terbaik, gunakanlah scanner buku. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi scanner buku terbaik lengkap dengan cara memilihnya, agar Anda bisa memilih produk yang paling tepat, sesuai kebutuhan Anda.
    Elektronik kantor
    2.445 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori