• Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 10 Rekomendasi Sunscreen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sunscreen gel merupakan tabir surya dengan tekstur yang lembap dan menyegarkan. Sekarang ini, berbagai produk yang bagus dengan variasi harga dan karakteristik telah banyak beredar di pasaran. Sunscreen merk ANESSA dari Shiseido, ALLIE dari Kanebo, Sekkisei dari Kose, sampai Aqua Rich dari Bioré memiliki fiturnya masing-masing. Di antara banyaknya pilihan yang tersedia, manakah yang betul-betul bisa direkomendasikan?


Kali ini, mybest original review memverifikasi berbagai sunscreen gel yang populer. Review ini dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan pertimbangan sebagai berikut.

1. Perlindungan terhadap sinar matahari

2. Resistansi terhadap gesekan

3. Resistansi terhadap air

4. Kemudahan pembersihan


Di artikel ini, kami juga menjelaskan poin-poin penting saat memilih sunscreen gel. Silakan jadikan informasi ini sebagai referensi saat Anda memilih sunscreen terbaik!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Icha Amalia
  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
Daftar isi

Sunscreen gel, segar dan tidak lengket!

Sunscreen gel, segar dan tidak lengket!

Kelebihan utama dari sunscreen gel adalah teksturnya yang seperti air dan terasa menyegarkan. Sunscreen tipe ini halus dan tidak lengket di kulit sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari. Berkat kandungan airnya yang tinggi, sunscreen gel juga tidak menimbulkan white cast atau bercak putih di wajah.


Sunscreen tipe gel juga mudah menyebar rata saat diaplikasikan ke kulit serta mudah dibersihkan dengan sabun. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu saat membersihkannya! Kami merekomendasikan tipe ini apabila Anda mengutamakan sensasi yang dirasakan saat menggunakan sunscreen.

Cara memilih sunscreen gel

Kali ini, tim mybest akan memperkenalkan lima poin penting yang wajib diperhatikan saat memilih sunscreen tipe gel.

① Cocokkan waktu penggunaan dengan kandungan SPF dan PA

① Cocokkan waktu penggunaan dengan kandungan SPF dan PA

Meskipun teksturnya ringan, standar untuk kemampuan sunscreen gel dalam melindungi dari sinar ultraviolet sama dengan jenis lainnya. Karena itu, mari cocokkan kadar SPF dan PA dalam suatu produk dengan aktivitas Anda. Untuk kegiatan outdoor santai, kami merekomendasikan sunscreen gel dengan SPF 50–50+ dan PA++++.


Untuk pemakaian sehari-hari, seperti pergi berbelanja atau ke kantor dan ke sekolah, sunscreen yang memiliki SPF 30 dan PA+++ sudah cukup. Jika Anda keluar rumah untuk waktu sebentar, seperti menjemur pakaian, sunscreen dengan SPF 10–20 dan PA+ hingga PA++ pun sudah cukup.

② Perhatikan fitur waterproof dan friction proof untuk memastikan sunscreen tidak mudah luntur

Dibandingkan tipe losion, sunscreen gel cenderung lebih mudah luntur. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengaplikasikannya ulang setiap 2–3 jam. Namun, hal ini tentu tidak selalu mudah dilakukan, bukan?


Solusi praktisnya adalah memilih sunscreen gel dengan fungsi waterproof atau friction proof (antigesekan). Sunscreen terbaik sekalipun akan luntur apabila terkena keringat, sebum, air, ataupun bergesekan dengan baju. Jadi, meskipun sudah memilih sunscreen gel yang bagus, mari lakukan strategi-strategi lain untuk memperpanjang efektivitasnya.

③ Pilihlah yang mudah dibersihkan

Salah satu kelebihan sunscreen gel adalah lebih mudah dibersihkan dibandingkan sunscreen tipe lainnya. Meskipun begitu, demi mengurangi beban gesekan di wajah, pilihlah sunscreen gel yang mudah dibersihkan. Untuk mengetahui kemudahan pembersihannya, perhatikan keterangan "mudah dibersihkan dengan sabun", "tidak perlu pembersih khusus", dan sejenisnya pada kemasan.

④ Chemical atau physical sunscreen? Sesuaikan dengan kondisi kulit Anda!

④ Chemical atau physical sunscreen? Sesuaikan dengan kondisi kulit Anda!

Umumnya, produk sunscreen terbagi menjadi dua tipe, yaitu chemical sunscreen dan physical suncreen. Selain itu, ada juga produk yang memiliki dua fungsi tersebut sekaligus. Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap tipe sunscreen. Jadi, pahamilah karakteristiknya masing-masing agar bisa dicocokkan dengan kondisi kulit Anda.


Chemical sunscreen, atau sunscreen tipe kimia, menghalangi sinar UV dengan cara menyerap sinar ke dalam kulit, lalu mengubahnya menjadi panas. Tipe ini memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi terhadap sinar UV, nyaman di kulit, serta bisa didapat dengan harga terjangkau. Chemical sunscreen umum digunakan sehari-hari. Namun, Anda yang berkulit sensitif mungkin akan merasakan beban saat panas dilepaskan dari kulit. Jika Anda khawatir tidak cocok dengan tipe ini, kami rekomendasikan untuk melakukan patch test sebelum membeli.


Sebaliknya, physical sunscreen, atau yang juga dikenal sebagai mineral sunscreen, bekerja dengan memantulkan sinar ultraviolet dari kulit. Tipe ini menggunakan bahan-bahan, seperti titanium dioxide, zinc oxide, iron oxide, dan alumunium untuk memantulkan sinar ultraviolet. Physical sunscreen lebih berisiko menimbulkan white cast dan harganya lebih tinggi dibandingkan chemical sunscreen. Namun, sunscreen tipe ini tidak menimbulkan panas di kulit sehingga cocok dipakai oleh Anda yang berkulit sensitif.

⑤ Cek juga tren sunscreen terkini! Warna lavender atau keunguan akan membuat kulit terlihat bening

⑤ Cek juga tren sunscreen terkini! Warna lavender atau keunguan akan membuat kulit terlihat bening

Baru-baru ini, sunscreen gel berwarna yang membuat kulit terlihat cantik sedang populer. Sunscreen berwarna keunguan khususnya mengundang banyak perhatian di media sosial karena mampu membuat kulit terlihat bening. Anda yang tertarik dengan tren sunscreen terkini juga bisa mempertimbangkan fungsi tambahan sebelum membeli.

Review sunscreen gel terpopuler

Review sunscreen gel terpopuler

Kali ini, kami me-review berbagai sunscreen gel yang sedang populer di pasaran. Proses verifikasi akan dilihat berdasarkan empat poin di bawah ini:

Verifikasi ①:Perlindungan terhadap sinar matahari

Verifikasi ②:Resistansi terhadap gesekan

Verifikasi ③:Resistansi terhadap air

Verifikasi ④:Kemudahan pembersihan


Dari berbagai sunscreen gel yang beredar, manakah yang benar-benar layak dipertimbangkan? Mari simak mybest original review berikut!

Verifikasi ①:Perlindungan terhadap sinar matahari

Verifikasi ①:Perlindungan terhadap sinar matahari

Poin pertama yang kami verifikasi adalah kemampuan produk dalam memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Ini merupakan hal yang sangat penting saat memilih sunscreen.


Kami mengoleskan sunscreen gel di atas clear file, lalu meletakkannya di atas selotip UV yang berubah warna saat terpapar sinar ultraviolet. Setelah itu, kami meletakkan sampel tersebut di luar ruangan agar terpapar sinar matahari. Kami ingin memverifikasi seberapa besar perubahan warna UV label setelah terpapar sinar matahari.


Selain pada clear file, mybest juga mengujicobakan sunscreen pada kulit manusia. Kami mengoleskan sunscreen gel di bagian perut staf laki-laki yang bersedia membantu proses original review ini.


Pertama-tama, kami membagi permukaan kulit menjadi beberapa kompartemen menggunakan selotip medis. Selanjutnya, kami mengoleskan sunscreen gel pada setiap kompartemen. Kemudian, kami meminta staf tersebut untuk berjemur di atap bangunan selama 30 menit. Karena kulit akan menjadi kemerahan setelah terpapar sinar matahari, kami mengecek kondisinya setelah kulit sedikit tenang.

[Highlight] Sunscreen gel yang beredar saat ini memiliki performa yang sangat baik

[Highlight] Sunscreen gel yang beredar saat ini memiliki performa yang sangat baik

Mungkin Anda membayangkan bahwa kemampuan perlindungan sunscreen gel tidak sebaik sunscreen milky ataupun losion. Namun, hasil verifikasi kami menunjukkan bahwa hal tersebut tidak benar. Selotip UV, yang seharusnya berubah menjadi warna pink jika terpapar sinar matahari, hampir seluruhnya tetap berwarna putih.


Hal yang sama teramati pada kondisi area kulit percobaan. Hampir seluruh area perut terlindungi dari sinar UV dengan baik. Para staf yang berpartisipasi dalam kegiatan review ini pun mengakui bahwa sunscreen gel yang banyak beredar saat ini memiliki performa luar biasa! Jadi, bisa disimpulkan bahwa sunscreen gel mampu memberikan perlindungan yang baik jika diaplikasikan dengan benar secara merata.

Verifikasi ②:Resistansi terhadap gesekan

Verifikasi ②:Resistansi terhadap gesekan

Verifikasi selanjutnya adalah resistansi terhadap gesekan. Kami mengelap bagian kulit yang diolesi sunscreen gel dengan handuk sebanyak dua kali. Setelah itu, kami memeriksa seberapa banyak sunscreen gel yang tersisa. 

[Highlight] Sunscreen gel ALLIE dengan formula anti-friction memiliki performa yang tangguh

[Highlight] Sunscreen gel ALLIE dengan formula anti-friction memiliki performa yang tangguh

Sama seperti hasil verifikasi ①, kami tidak mengamati perbedaan yang terlalu mencolok di antara produk yang dicek pada verifikasi ②. Sunscreen gel mana pun, cenderung terhapus apabila digosok dengan handuk. Namun, di antara produk-produk yang diujicobakan, kami menemukan keunggulan dari produk ALLIE. Sunscreen gel ALLIE tetap menyisakan lapisan tipis di kulit setelah digosok dengan handuk.


Bukan hanya resistansi air, ketahanan terhadap gesekan (friction proof) juga menjadi poin penting saat memilih sunscreen! Jika Anda tidak bisa mengoleskan sunscreen secara berkala, pilihlah produk ALLIE dengan perlindungan yang sepertinya lebih tahan lama!

Verifikasi ③:Resistansi terhadap air

Verifikasi ③:Resistansi terhadap air

Selanjutnya adalah verifikasi resistansi air. Kami menyemprotkan keringat buatan (campuran minyak kuda dan air hangat) ke bagian lengan yang telah diolesi sunscreen gel. Setelah itu, kami mengecek tingkat ketahanannya.

[Highlight] Hanya produk ANESSA yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air

[Highlight] Hanya produk ANESSA yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air

Sunscreen gel memiliki komposisi air yang tinggi. Jadi, tidak mengherankan apabila hampir semua sunscreen yang kami verifikasi luntur saat disemprot dengan keringat buatan. Namun, terdapat satu produk yang memiliki ketahanan tinggi, yakni sunscreen gel ANESSA dari Shiseido.


Performa antiair yang diperlihatkan sunscreen gel ANESSA bahkan bisa teramati dari jauh. Hal ini mungkin karena ANESSA mengadopsi teknologi khas Aqua Booster miliknya sebagai tambahan teknologi waterproof pada umumnya. Hasil ini juga disetujui oleh seluruh staf yang berpartisipasi dalam original review kali ini.

Verifikasi ④:Kemudahan pembersihan

Verifikasi ④:Kemudahan pembersihan

Verifikasi terakhir yang kami lakukan adalah kemudahan pembersihan. Kami memakaikan pembersih wajah tipe foam pada bagian lengan yang telah dioleskan sunscreen gel. Setelah mengusapnya sekitar 2–3 kali, kami membilas lengan dengan air. Terakhir, kami melakukan pengecekan pada kebersihan lengan.

[Highlight] Semua produk bisa dibersihkan dengan baik. Kuncinya adalah mengusap dengan teliti!

[Highlight] Semua produk bisa dibersihkan dengan baik. Kuncinya adalah mengusap dengan teliti!

Sama seperti hasil verifikasi lain, di verifikasi terakhir pun semua produk cenderung memiliki hasil yang mirip. Karena terbuat dari bahan dasar air, sunscreen gel umumnya mudah dibersihkan menggunakan sabun. Hal ini tampaknya juga berhubungan dengan ketahanan sunscreen gel terhadap air.


Namun, kami menemukan bahwa sisa sunscreen gel tidak sepenuhnya bersih jika hanya diusap lembut. Melalui verifikasi ini, kami menyadari pentingnya membersihkan sisa sunscreen gel dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Etude House Sunprise Mild Watery Light SPF 50+/PA+++

Mulai dari Rp 93.900,00

Tabel perbandingan produk sunscreen gel terbaik mybest original review

Gambar produk
1
Kanebo ALLIE Extra UV Highlight Gel 1

Kanebo

2
Shiseido ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel 1

Shiseido

3
KAO Bioré UV Aqua Rich Watery Gel 1

KAO

4
Beiersdorf Nivea Sun Super Water Gel 1

Beiersdorf

5
Shiseido Senka Mineral Water UV Gel 1

Shiseido

6
Kose Cosmeport Suncut UV Perfect Gel 1

Kose Cosmeport

7
Kose Cosmeport Sekkisei White UV Gel 1

Kose Cosmeport

8
Shiseido  ANESSA Whitening UV Gel 1

Shiseido

9
Ryohin Keikaku Muji Sunscreen Gel 1

Ryohin Keikaku

10
Rohto Skin Aqua UV Super Moisture Gel 1

Rohto

Nama produk

ALLIE Extra UV Highlight Gel

ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel

Bioré UV Aqua Rich Watery Gel

Nivea Sun Super Water Gel

Senka Mineral Water UV Gel

Suncut UV Perfect Gel

Sekkisei White UV Gel

ANESSA Whitening UV Gel

Muji Sunscreen Gel

Skin Aqua UV Super Moisture Gel

Keunggulan

Melindungi kulit dari sinar matahari dan tahan terhadap gesekan

Resistansi yang kuat terhadap air maupun keringat!

Mudah dibersihkan dan terbukti mampu melindungi kulit dari sengatan matahari!

Pas untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dan tinggal di perkotaan

Berbahan dasar air sehingga efektif melembapkan kulit

Kemudahan pembersihan yang maksimal!

Tekstur yang lembut menyegarkan, sangat nyaman di kulit!

Dengan fungsi skincare untuk kulit putih berseri!

Simpel dan melindungi kulit dari sinar matahari dengan baik

Tekstur gel yang menyerupai air, mempermudah proses pembersihan

Harga mulai dariRp 230.000,00Rp 399.000,00Rp 144.000,00Rp 220.000,00Rp 149.000,00Rp 175.000,00Rp 499.000,00Rp 399.000,00Rp 426.000,00Rp 225.000,00
SPFSPF 50+SPF 50+SPF 50+SPF 50+SPF 50SPF 50+SPF 50+SPF 50+SPF 50+SPF 50+
PAPA++++PA++++PA++++PA++++PA+++PA++++PA++++PA++++PA++++PA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.05.05.04.25.04.55.05.04.93.2
Resistansi gesekan 4.03.53.04.03.02.02.02.02.03.5
Resistansi air3.55.03.03.03.03.02.12.02.01.0
Kemudahan pembersihan5.03.05.04.03.55.04.04.04.05.0
Total penilaian4.44.24.03.83.73.63.33.33.33.1
Tautan produk

10 Rekomendasi sunscreen gel terbaik mybest original review

Tim mybest telah mengupas tuntas poin-poin penting saat memilih sunscreen gel. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen gel terbaik yang bisa Anda dapatkan secara daring. Mari temukan produk terbaik untuk Anda gunakan.

1

KaneboALLIE Extra UV Highlight Gel

Mulai dari Rp 230.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 4.0
Resistansi air3.5
Kemudahan pembersihan5.0
Total penilaian4.4
2

ShiseidoANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel

Mulai dari Rp 399.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 3.5
Resistansi air5.0
Kemudahan pembersihan3.0
Total penilaian4.2
3

KAOBioré UV Aqua Rich Watery Gel

Mulai dari Rp 144.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 3.0
Resistansi air3.0
Kemudahan pembersihan5.0
Total penilaian4.0
4

BeiersdorfNivea Sun Super Water Gel

Mulai dari Rp 220.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari4.2
Resistansi gesekan 4.0
Resistansi air3.0
Kemudahan pembersihan4.0
Total penilaian3.8
5

ShiseidoSenka Mineral Water UV Gel

Mulai dari Rp 149.000,00

SPFSPF 50
PAPA+++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 3.0
Resistansi air3.0
Kemudahan pembersihan3.5
Total penilaian3.7
6

Kose CosmeportSuncut UV Perfect Gel

Mulai dari Rp 175.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari4.5
Resistansi gesekan 2.0
Resistansi air3.0
Kemudahan pembersihan5.0
Total penilaian3.6
7

Kose CosmeportSekkisei White UV Gel

Mulai dari Rp 499.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 2.0
Resistansi air2.1
Kemudahan pembersihan4.0
Total penilaian3.3
8

Shiseido ANESSA Whitening UV Gel

Mulai dari Rp 399.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari5.0
Resistansi gesekan 2.0
Resistansi air2.0
Kemudahan pembersihan4.0
Total penilaian3.3
9

Ryohin KeikakuMuji Sunscreen Gel

Mulai dari Rp 426.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari4.9
Resistansi gesekan 2.0
Resistansi air2.0
Kemudahan pembersihan4.0
Total penilaian3.3
10

RohtoSkin Aqua UV Super Moisture Gel

Mulai dari Rp 225.000,00

SPFSPF 50+
PAPA++++
Tidak perlu dibersihkan dengan cleanser
TipeChemical sunscreen
Perlindungan dari sinar matahari3.2
Resistansi gesekan 3.5
Resistansi air1.0
Kemudahan pembersihan5.0
Total penilaian3.1

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Sunscreen tidak hanya tersedia dalam bentuk gel saja, tetapi ada juga bentuk krim dan losion. Kami memiliki artikel tentang berbagai produk sunscreen lainnya, termasuk sunscreen asal Korea. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan produk sunscreen yang paling pas untuk Anda gunakan!

Kesimpulan

Agar kulit tetap terlindungi, jangan lupa menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari. Untuk menghindari rasa lengket akibat penggunaan sunscreen, Anda bisa memilih produk dalam bentuk gel. Saat membeli sunscreen gel, perhatikanlah empat poin yang telah kami bahas, lalu pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.


Sekian mybest original review mengenai sunscreen gel. Semoga Anda merasa terbantu. Selamat memilih produknya, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pria yang kesehariannya aktif bergerak dan berkeringat, masalah bau badan bisa saja muncul. Menggunakan deodorant yang wangi dan mengandung anti-perspirant adalah satu cara mengatasi bau badan serta ketiak basah. Bahkan, deodorant juga digunakan untuk memutihkan ketiak. Anda bisa memilih jenis deodorant, baik itu deodorant spray, roll on, maupun stick. Berbagai merk deodorant yang bagus, seperti Rexona, Nivea, dan Axe menawarkan produk dengan kualitas yang baik. Di artikel ini kami akan mengulas cara memilihnya dan membagikan rekomendasi deodorant terbaik untuk Anda. Simak artikel ini baik-baik, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Face oil kerap dilewatkan dalam rangkaian perawatan wajah. Banyak orang belum memahami manfaat face oil, sebagian lagi khawatir face oil akan memperparah kondisi kulit berminyak. Nyatanya, face oil justru dapat menjadi pelengkap skincare untuk kulit berminyak, lho.Face oil perlu dipilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih face oil yang bagus. Berbagai rekomendasi merek face oil terbaik, seperti Haple, SOMETHINC, Purivera, dan AUBREE SKIN ada di sini. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Dian Pratiwi. Penasaran dengan face oil? Yuk, simak ulasannya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Paparan sinar UV berlebihan dapat memberikan efek buruk terhadap kulit. Karena itu, Anda perlu melindungi kulit dengan sunscreen/sunblock. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, sunscreen/sunblock SPF 50 cocok untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi rekomendasi produk yang bagus. Berbagai produk dari merek ternama, seperti Nivea, Sebamed, Purito, dan Nature Republic ada dalam rekomendasi kami. Agar makin lengkap, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Hanasui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Hanasui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbagai merek produk perawatan wajah dan tubuh asal Indonesia mulai marak di pasaran, salah satunya adalah Hanasui. Bermacam-macam produk Hanasui dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket, minimarket, maupun e-commerce. Produk Hanasui juga cukup beragam, ada body care, makeup, maupun skincare, seperti masker dan serum. Hadir dengan harga terjangkau, Hanasui merupakan produk yang menarik untuk dicoba. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Hanasui yang bagus untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk terlarisnya, seperti Mattedorable Lip Cream dan Hanasui Anti Acne Serum. Simak artikelnya sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Cream The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Cream The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Body cream dipercaya memiliki kemampuan melembapkan yang sangat tinggi. Tidak heran jika banyak orang mulai beralih ke body cream untuk digunakan sehari-hari. Salah satu merek perawatan kulit yang terkenal, The Body Shop, juga memproduksi body cream andalan.Bila ini pertama kalinya Anda mencoba body cream The Body Shop, mungkin Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body cream The Body Shop. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda, mulai dari Japanese Cherry Blossom, White Musk, dan lain-lain. Silakan baca secara saksama, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Cetaphil Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Cetaphil Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa orang memiliki kulit yang mudah bereaksi terhadap faktor eksternal atau sensitif. Kulit sensitif tidak dapat dirawat dengan produk perawatan kulit biasa. Kabar baiknya, Cetaphil memiliki rangkaian produk khusus untuk merawat kulit sensitif.Di satu sisi, rangkaian perawatan yang lengkap memberikan banyak pilihan untuk Anda. Namun, banyaknya produk tersebut juga kadang menyulitkan Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan memberikan rekomendasi produk Cetaphil untuk kulit sensitif. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Oriflame Terbaik untuk Merawat Tubuh (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Oriflame Terbaik untuk Merawat Tubuh (Terbaru Tahun 2021)
    Oriflame adalah perusahaan kecantikan yang berdiri sejak tahun 1967. Saat ini, Oriflame telah hadir di lebih dari enam puluh negara, termasuk di Indonesia. Ada berbagai produk yang ditawarkan oleh brand ini, salah satunya adalah produk perawatan tubuh. Ada banyak sekali variasi produk perawatan tubuh yang ditawarkan Oriflame, mulai dari seri Divine, Silk Beauty, dan yang lainnya. Agar tidak bingung memilih produk Oriflame yang tepat untuk Anda, silakan simak artikel kami berikut ini. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk perawatan tubuh Oriflame sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Masker Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tangan yang lembut, sehat, dan cerah berseri merupakan impian setiap wanita. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melakukan perawatan rutin menggunakan masker tangan atau hand mask. Produk ini memiliki banyak manfaat, mulai dari melembapkan, menghaluskan, menutrisi, hingga mencerahkan atau memutihkan kulit tangan Anda.Bagi Anda yang masih bingung, kami akan membagikan tips memilih masker tangan terbaik. Beberapa merk masker tangan yang bagus, seperti Innisfree, Efero, BIOAQUA, dan Holika Holika juga akan kami rekomendasikan. Bacalah artikel ini sampai akhir dan temukan produk yang tepat untuk Anda!
    Perawatan badan
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah kulit yang sering membuat insecure adalah hiperpigmentasi di daerah lipatan leher yang tampak menghitam. Apakah Anda juga mengalaminya? Gesekan pakaian, iritasi, dan paparan sinar matahari adalah beberapa penyebab leher menghitam.Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan menjabarkan cara untuk mencerahkan leher hitam. Kami juga akan membahas produk-produk untuk memutihkan leher, seperti eksfoliator dan neck cream. Merek skincare yang bagus, seperti Looloo, Roceo, Whitelab, dan ERHA akan diulas tuntas di sini. Jangan lewatkan juga opini dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2021)
    Keringat dan bau badan kerap menjadi problem bagi remaja yang sedang aktif-aktifnya berkegiatan. Untuk mengatasinya, diperlukan deodorant sebagai bodycare wajib remaja. Di pasaran, ada banyak produk deodorant dari berbagai merek, seperti Dove, Nivea, dan Rexona. Setiap produk deodorant yang dijual memiliki kandungan dan khasiat mengatasi masalah ketiak yang berbeda-beda. Lalu, produk manakah yang bagus dan ampuh melindungi ketiak Anda? Menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan mengupas tuntas produk deodorant untuk remaja. Mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk deodorant yang bagus untuk remaja akan kami bahas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat punggung tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan produk penghilang bekas jerawat punggung. Tersedia banyak skincare ataupun obat untuk jerawat punggung di pasaran. Produk tersebut juga hadir dalam berbagai merk, seperti Acnes, Erha21, hingga The Body Shop. Kali ini kami akan membagikan tips memilih produk untuk mengobati hingga menghilangkan bekas jerawat di punggung. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk melawan jerawat di punggung. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Yuk, disimak!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori