• 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari berintensitas tinggi membuat kulit Anda membutuhkan perlindungan ekstra. Salah satu caranya dengan menggunakan sunscreen secara teratur. Merek sunscreen lokal ternama seperti ERHA, Azarine, dan Emina tersedia di pasaran. Selain harganya lebih terjangkau, komposisinya telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia.


Kali ini, kami akan mengajak Anda mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen, serta memberi tips memilih sunscreen lokal yang bagus. Simak juga rekomendasi produk sunscreen lokal terbaik pilihan kami. Ada komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria Agustina, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Fitria Agustina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkiprah di bidangnya dan aktif dalam dunia keprofesian serta organisasi.


dr. Fitria adalah owner dan founder FitSkinClinic dan Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 dalam bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan di media sosial Instagram-nya.

Pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari

Pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari

Dengan menggunakan sunscreen, Anda akan memperoleh berbagai manfaat. Berikut pembahasannya!


  • Mencegah sunburn

Sunburn muncul akibat radiasi sinar UVB. Sunburn ringan biasanya ditandai dengan kulit kemerahan. Sementara itu, sunburn yang parah bisa membuat kulit melepuh, mengelupas, dan perih. Sinar UVB juga dapat menimbulkan bintik hitam dan flek. Karena itu, penting menggunakan sunscreen sebelum Anda beraktivitas.


  • Mencegah penuaan dini

Paparan sinar UVA bisa merusak jaringan ikat di bawah kulit tempat kolagen diproduksi. Akibatnya, kulit kehilangan kelenturannya sehingga menjadi kering, kendur, berkerut, dan tampak lebih tua. Dengan perlindungan tabir surya, radiasi sinar UVA dapat dibelokkan sehingga tidak langsung menyentuh kulit. 


  • Mengurangi risiko kanker kulit

Terpapar sinar UV secara terus-menerus dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen secara tepat dan teratur dapat meminimalkan risiko tersebut.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Radiasi UV yang sampai pada permukaan bumi terdiri dari UVB (290–320 nanometer), UVA2 (320–340 nanometer), dan UVA1 (340–400 nanometer). Radiasi UV terdiri dari 5% UVB yang sebagian besar diserap oleh epidermis dan 95% UVA yang dapat menembus sampai dermis.


UVB memiliki energi yang lebih tinggi dan menyebabkan kulit terbakar (sunburn) serta kerusakan secara langsung pada DNA. Radiasi UVA dengan energi yang lebih rendah dapat menyebabkan kerusakan DNA secara tidak langsung. Kerusakan tersebut tidak langsung melalui pembentukan radikal bebas, photoaging, penekanan imunitas pada kulit, dan photocarcinogenesis.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen lokal

Supaya bisa mendapat manfaat optimal dari sunscreen, sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Utamakan produk dengan proteksi broad spectrum

Utamakan produk dengan proteksi broad spectrum

Anda pasti sering menjumpai istilah SPF dan PA baik di produk kosmetik maupun tabir surya. SPF adalah agen yang berperan menangkal sinar UVB. Sementara itu, PA berfungsi memblokir sinar UVA agar tidak menyentuh kulit. Karena UVA dan UVB memiliki efek buruk bagi kulit, pilihlah sunscreen yang mengandung SPF sekaligus PA. Sunscreen yang mengandung keduanya diberi label "Broad Spectrum".


Beberapa produk sunscreen mungkin tidak menyertakan informasi mengenai PA. Namun, selama terdapat kandungan zinc oxidetitanium dioxide, avobenzone, octisalate, ecamsule, atau PABA (para-aminobenzoic acid) di produk tersebut, Anda tak perlu khawatir. Kandungan-kandungan tersebut mampu menangkal UVA dan UVB. Meski demikian, Anda disarankan memilih produk dengan informasi PA yang jelas.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Fotoprotektif tabir surya ditentukan melalui sun protection factor (SPF) untuk UVB dan nilai the protection grade of UVA (PA) untuk UVA. Bahan aktif sunscreen organik broad spectrum melindungi terhadap UVA dan UVB, contohnya ecamsule, silatriazole, bemotrizinole, dan bisoctrizole


Bahan aktif sunscreen inorganik broad spectrum melindungi terhadap UVA dan UVB. Beberapa contoh bahan aktifnya adalah sebagai berikut: 

  • Zinc oxide
  • Titanium dioxide
  • CeO2
  • Iron oxide
  • Red veterinary petrolatum
  • Kaolin
  • Calamine
  • Ichthammol
  • Talc

Tentukan berdasarkan tipe sunscreen

Tipe sunscreen lokal yang paling banyak dijual di pasaran adalah cream, lotion, gel, dan spray. Setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Cream dan lotion: Terasa lembap di kulit

Cream dan lotion: Terasa lembap di kulit

Cream dan lotion menjadi tipe sunscreen lokal yang paling mudah ditemui. Sunscreen ini memiliki tekstur yang cukup pekat sehingga terasa lembap di kulit. Anda juga dapat dengan mudah mengoleskannya ke permukaan kulit. Sunscreen dengan tipe cream sering dijadikan sebagai salah satu komponen makeup untuk wanita.

Gel: Cepat meresap dan tidak lengket

Gel: Cepat meresap dan tidak lengket

Sunscreen berbentuk gel memiliki tekstur yang ringan dan sangat mudah meresap. Biasanya, Anda akan mendapatkan sensasi sejuk saat mengaplikasikannya. Tipe ini cocok digunakan pada kulit berminyak karena bahan kandungannya bebas minyak serta tidak lengket di kulit.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai sunscreen gel dengan membaca artikel kami di bawah ini.

Spray: Praktis dan mudah diaplikasikan

Spray: Praktis dan mudah diaplikasikan

Agar kulit terlindungi sepanjang hari, Anda perlu reapply sunscreen. Untuk reapply sunscreen, Anda dapat memilih tipe spray. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menyemprotkan sunscreen ke bagian tubuh yang diinginkan. Sayangnya, sisa semprotan sunscreen spray dapat menempel di pakaian atau benda lain. Karena itu, berhati-hatilah saat menggunakannya.

Jika Anda tertarik secara khusus dengan sunscreen spray, Anda bisa menyimak artikel berikut. Anda akan mendapatkan rekomendasi sunscreen spray yang dibutuhkan.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis aktivitas Anda

Memakai sunscreen sebaiknya juga disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Untuk mendapatkan perlindungan yang tepat, simaklah penjelasan berikut ini.

Untuk kegiatan outdoor, sunscreen dengan nilai SPF/PA tinggi lebih baik

Untuk kegiatan outdoor, sunscreen dengan nilai SPF/PA tinggi lebih baik

Nilai SPF/PA menunjukkan durasi dan kekuatan perlindungan yang diberikan suatu produk sunscreen. Makin tinggi nilai SPF/PA, makin lama dan kuat perlindungannya. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan ukuran berikut sebagai acuan dalam memilih sunscreen.


  • SPF 15 PA+: Sesuai untuk aktivitas sehari-hari
  • SPF 15-30/PA++: Pas untuk kegiatan outdoor seperti olahraga atau rekreasi ringan
  • SPF 30-50/PA+++: Cocok dipakai saat ke pantai, berenang, dan kegiatan lain di bawah terik matahari dalam jangka waktu lama

Saat berkegiatan di air, disarankan memilih sunscreen waterproof

Saat berkegiatan di air, disarankan memilih sunscreen waterproof

Saat liburan ke pantai atau berenang di area outdoor, Anda disarankan untuk memilih sunscreen waterproof. Formulanya tidak akan membuat sunscreen luntur meski terkena air dan keringat. Anda juga tidak perlu sering-sering reapply saat menggunakannya.


Namun, sunscreen waterproof biasanya tidak mudah dibersihkan hanya dengan air dan sabun. Beberapa produk menyediakan pembersih khusus untuk membersihkan sisa sunscreen yang menempel di kulit. Anda sebaiknya turut memperhatikan hal tersebut saat ingin membelinya.

 

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Jika bermain dalam air, tetap dilakukan reapply setiap 2 jam meskipun jenis sunscreen-nya waterproof. Hal ini dilakukan untuk memastikan perlindungan terhadap UV dengan baik. Dalam hal ini, tidak ada sunscreen waterproof sekalipun yang bisa bertahan seharian.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Saat memilih sunscreen, Anda harus memperhatikan kecocokannya dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai kulit Anda malah jadi bermasalah karena memakai sunscreen yang keliru.


  • Pemilik kulit kering, pilih sunscreen lokal yang mengandung banyak pelembap

Sengatan matahari dapat membuat kulit makin kering sehingga memerlukan kelembapan ekstra. Beberapa kandungan pelembap dalam sunscreen antara lain Aloe vera, lanolin, dan mineral oil.


  • Untuk kulit berminyak dan berjerawat, sunscreen tipe gel lebih cocok digunakan

Gel biasanya berbahan dasar air sehingga tidak membuat kulit makin berminyak. Pilih juga sunscreen dengan kandungan oil control, antisebum, dan non-comedogenic. Selain itu, pastikan produk mudah dibersihkan. Jangan sampai ada sisa produk yang menempel di kulit karena dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.


  • Kulit sensitif pilih sunscreen yang hypoallergenic, bebas alkohol, pewangi, dan pengawet

Kulit sensitif mudah terkena iritasi atau alergi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan komposisi bahan penangkal UVA-nya. Bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide relatif aman untuk kulit sensitif. Sebaliknya, hindari produk dengan kandungan para-aminobenzoic acid (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Untuk kulit kering, Anda dapat memilih sunscreen tipe krim (water in oil). Untuk jenis kulit normal, Anda dapat memilih jenis sunscreen tipe krim (oil in water) dan jenis lotion. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, Anda dapat memilih bentuk sediaan sunscreen lotion atau gel karena berbahan dasar air.

10 Rekomendasi sunscreen lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Disclaimer: Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Fitria Agustina.

10

Sensatia BotanicalsSurf Naked Sunscreen Lotion

Mulai dari Rp 150.000,00

Tipe sunscreenLotion
Bahan aktifNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswax
UV protectionTidak disebutkan
Isi100 ml
Waterproof
9

Jarte BeautySunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Mulai dari Rp 55.000,00

Tipe sunscreenSpray
Bahan aktifLicorice extract, Centella asiatica, Aloe vera
UV protectionSPF 30/PA+++
Isi30 ml, 100 ml
Waterproofx
8

Elshe Estetika NusantaraElsheSkin Daily Protection Gel

Mulai dari Rp 93.000,00

Tipe sunscreenGel
Bahan aktifBenzophenone-3, allantoin, panthenol
UV protectionSPF 30 broad spectrum
Isi15 g
Waterproofx
7

CarasunSolar Smart UV Protector

Mulai dari Rp 17.500,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifRice extract, CityStem™️
UV protectionSPF 45/PA++++
Isi8 ml, 30 ml, 70 ml
Waterproofx
6

SomethincHolyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 69.000,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifNatural alpha-bisabolol, horse chestnut seed extracts
UV protectionSPF 50+/PA++++
Isi15 ml, 50 ml
Waterproofx
5

ERHAPerfect Shield Helios SPF 50 PA+++

Mulai dari Rp 126.500,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifBrightening peptide, Water Lily flower extract, CoQ10, vitamin E
UV protectionSPF50/PA+++
Isi30 g
WaterproofX
Jumlah terjual10 ribu terjual
4

WardahUV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA ++++

Mulai dari Rp 75.000,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifBisabolol
UV protectionSPF 50+/PA++++
Isi35 ml
Waterproof
3

WhitelabUV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

Mulai dari Rp 75.000,00

Tipe sunscreenGel
Bahan aktifNiacinamide, hyaluronic acid, mugwort, Raykami ™
UV protectionSPF 50++/PA++++
Isi30 g
Waterproofx
2

Emina Cosmetics Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Mulai dari Rp 29.000,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifAloe vera
UV protectionSPF 30/PA+++
Isi60 ml
Waterproofx
1

AzarineHydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++

Mulai dari Rp 65.000,00

Tipe sunscreenGel
Bahan aktifRoyal jelly, Aloe vera, green tea, resveratrol
UV protectionSPF45/PA++++
Isi50 ml
Waterproofx

Tabel perbandingan produk sunscreen lokal terbaik

Gambar produk
1
Azarine Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++ 1

Azarine

2
Emina Cosmetics  Emina Sun Battle SPF 30 PA+++  1

Emina Cosmetics

3
Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++ 1

Whitelab

4
Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA ++++ 1

Wardah

5
ERHA Perfect Shield Helios SPF 50 PA+++  1

ERHA

6
Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ 1

Somethinc

7
Carasun Solar Smart UV Protector 1

Carasun

8
Elshe Estetika Nusantara ElsheSkin Daily Protection Gel 1

Elshe Estetika Nusantara

9
Jarte Beauty Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy 1

Jarte Beauty

10
Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion 1

Sensatia Botanicals

Nama produk

Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++

Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA ++++

Perfect Shield Helios SPF 50 PA+++

Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Solar Smart UV Protector

ElsheSkin Daily Protection Gel

Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Surf Naked Sunscreen Lotion

Keunggulan

Cocok untuk pemilik masalah fungal acne

Formulanya ringan untuk kulit remaja

Sunscreen lokal yang mengandung niacinamide

Waterproof dan sweatproof, cocok untuk aktivitas outdoor

Sunscreen pertama dengan kandungan Pollustop™

Berfungsi sebagai color corrector, kulit tampak cerah merata

Teksturnya unik seperti awan, diformulasi untuk kulit tropis

Direkomendasikan khusus untuk kulit berminyak

Produk 2 in 1, sunscreen spray sekaligus face mist yang praktis

Local sunscreen yang aman untuk ibu hamil, 100% alami!

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 29.000,00Rp 75.000,00Rp 75.000,00Rp 126.500,00Rp 69.000,00Rp 17.500,00Rp 93.000,00Rp 55.000,00Rp 150.000,00
Tipe sunscreenGelCreamGelCreamCreamCreamCreamGelSprayLotion
Bahan aktifRoyal jelly, Aloe vera, green tea, resveratrolAloe veraNiacinamide, hyaluronic acid, mugwort, Raykami ™BisabololBrightening peptide, Water Lily flower extract, CoQ10, vitamin E Natural alpha-bisabolol, horse chestnut seed extractsRice extract, CityStem™️Benzophenone-3, allantoin, panthenolLicorice extract, Centella asiatica, Aloe veraNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswax
UV protectionSPF45/PA++++SPF 30/PA+++SPF 50++/PA++++SPF 50+/PA++++SPF50/PA+++SPF 50+/PA++++SPF 45/PA++++SPF 30 broad spectrumSPF 30/PA+++Tidak disebutkan
Isi50 ml60 ml30 g35 ml30 g15 ml, 50 ml8 ml, 30 ml, 70 ml15 g30 ml, 100 ml100 ml
WaterproofxxxXxxxx
Tautan produk

Tips menggunakan sunscreen secara tepat

Tips menggunakan sunscreen secara tepat

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, sunscreen perlu diaplikasikan dengan cara yang benar. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti demi mengoptimalkan perlindungan sunscreen.


  • Untuk tipe lotion dan krim, keluarkan produk selebar koin seribu rupiah ke telapak tangan Anda. Lalu, aplikasikan secara merata ke bagian tubuh yang terekspos. Anda juga dapat mengaplikasikannya di ujung telinga dan bagian belakang kaki.
  • Untuk tipe spray, semprotkan secukupnya ke bagian tubuh yang terekspos.
  • Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  • Reapply sunscreen setiap 2 jam sekali jika Anda beraktivitas di dalam ruangan. Apabila Anda berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama, lakukan reapply setiap 80 menit sekali.
  • Jika digunakan di wajah, aplikasikan sunscreen setelah Anda memakai pelembap.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kandungan di dalam sunscreen dapat bekerja lebih efektif. Hasilnya, kulit Anda akan terlindungi sepanjang hari.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Sunscreen harus dioleskan dengan benar dalam konsentrasi 2 mg/cm² ke semua area yang terpapar sinar matahari. Kemudian, biarkan sunscreen kering sepenuhnya sebelum terpapar sinar matahari. 


Untuk perlindungan terbaik selama kegiatan di luar ruangan, aplikasikan sunscreen bersama dengan perlindungan matahari lainnya. Perlindungan matahari lainnya dapat berupa pakaian untuk menutupi kulit, topi, kacamata hitam, dan tempat berteduh.


Sunscreen harus dioleskan kembali setiap 2 jam saat beraktivitas di luar ruangan, misalnya berenang, berkeringat, terhapus lap/handuk, atau aktivitas lainnya.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Ketika indeks UV mencapai 3 atau lebih, tabir surya harus diterapkan pada wajah, telinga, kulit kepala jika tidak tertutup, leher, dan seluruh bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Tak hanya dari produk lokal, kami juga memiliki beberapa artikel tentang rekomendasi sunscreen lainnya. Untuk mendapat informasi yang lebih mendalam, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Untuk mencegah sunburn, penuaan dini, dan mengurangi risiko kanker kulit, gunakanlah sunscreen setiap hari. Sunscreen produksi lokal dapat menjadi pilihan tepat. Selain kualitasnya tepercaya, harganya pun tidak menguras isi dompet. Namun, pilihlah sunscreen lokal yang formulanya sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas Anda.


Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda menemukan sunscreen lokal yang cocok. Jadikan artikel ini sebagai acuan, ya! Selamat memilih dan merawat kesehatan kulit wajah Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ampoule merupakan salah satu jenis skincare yang dapat bekerja secara cepat pada wajah Anda. Dengan menggunakannya, permasalahan yang terjadi pada kulit wajah Anda dapat cepat diselesaikan. Beberapa merek ampoule yang banyak beredar di Indonesia adalah Laneige, Missha, atau Nature Republic.Karena terdapat berbagai merek dan fungsi bagi masing-masing jenis kulit, Anda mungkin akan bingung untuk menentukan pilihan. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih ampoule terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi merek dan jenis yang dapat Anda pilih.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori