• 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari berintensitas tinggi membuat kulit Anda membutuhkan perlindungan ekstra. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sunscreen secara teratur. Anda dapat memilih sunscreen dari merek lokal ternama seperti Erha, ElsheSkin, dan Emina. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, komposisinya tentu telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia.


Kali ini, kami akan mengajak Anda mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen, serta memberi tips memilih sunscreen lokal yang tepat. Tak lupa, Anda dapat membaca rekomendasi produk sunscreen lokal terbaik hasil pilihan kami. Mana yang pas untuk Anda?

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Liana Eka Wulandari
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 15.219 Views
Daftar isi

Pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari

Pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari

Sinar UV terbagi menjadi dua yaitu UVA dan UVB. Sunscreen yang tepat akan melindungi kulit Anda dari kedua sinar UV tersebut. Dengan menggunakan sunscreen, Anda akan memperoleh berbagai manfaat.


Manfaat pertama dari sunscreen adalah untuk mencegah sunburn. Sunburn muncul akibat radiasi sinar UVB. Derajat sunburn berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari daya tahan kulit. Sunburn ringan biasanya ditandai dengan kulit yang berwarna kemerahan, tetapi dapat hilang dalam waktu beberapa jam atau hari. Namun, sunburn yang lebih parah bisa membuat kulit melepuh, mengelupas, dan terasa perih. Tak hanya sunburn, sinar UVB juga dapat menimbukan bintik hitam dan flek. Selain di wajah, bintik ini dapat muncul di leher, punggung tangan, lengan, bibir, bahkan telinga. Karena itu, amat penting untuk menggunakan sunscreen sebelum Anda beraktivitas.


Berikutnya, sunscreen juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Paparan sinar UVA bisa merusak jaringan ikat di bawah kulit, tempat di mana kolagen diproduksi. Akibatnya, kulit kehilangan kelenturannya sehingga menjadi kering, kendur, berkerut, dan membuat Anda tampak lebih tua. Dengan perlindungan tabir surya, radiasi sinar UVA dapat dibelokkan sehingga tidak langsung menyentuh kulit Anda. 


Dampak positif lain yang diberikan oleh sunscreen adalah mengurangi risiko kanker kulit. Terpapar sinar UV secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen secara tepat dan teratur dapat meminimalisasi risiko tersebut.


Kini, tentu Anda tak ragu lagi untuk menggunakan sunscreen, ya. Sebelum Anda membeli suatu produk sunscreen, simaklah dahulu cara memilihnya pada poin-poin di bawah ini.

Cara memilih sunscreen lokal

Supaya bisa mendapat manfaat optimal dari sunscreen, Anda sebaiknya memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Pilih produk dengan proteksi broad spectrum

Pilih produk dengan proteksi broad spectrum

Anda pasti sering menjumpai istilah SPF dan PA baik di produk-produk kosmetik maupun tabir surya. Sebenarnya, apa itu SPF dan PA? SPF adalah agen yang berperan dalam menangkal sinar UVB. Sementara itu, PA berfungsi untuk memblokir sinar UVA agar tidak menyentuh kulit. Karena UVA dan UVB sama-sama memiliki efek buruk bagi kulit, pilihlah sunscreen yang mengandung SPF sekaligus PA. Sunscreen yang mengandung keduanya biasanya diberi label "Broad Spectrum".


Beberapa produk sunscreen mungkin tidak menyertakan informasi mengenai PA. Selama terdapat kandungan zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, octisalate, ecamsule, atau PABA (para-aminobenzic acid) di dalam produk tersebut, Anda tak perlu khawatir. Kandungan-kandungan tersebut memiliki kemampuan menangkal UVA dan UVB. Meski demikian, Anda lebih disarankan memilih produk dengan informasi PA yang jelas.

Pilih berdasarkan tipe sunscreen

Tipe sunscreen lokal yang paling banyak dijual di pasaran adalah cream, lotion, gel, dan spray. Setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cream dan lotion: terasa lembap di kulit

Cream dan lotion: terasa lembap di kulit

Cream dan lotion sepertinya menjadi tipe sunscreen lokal yang paling mudah ditemui. Sunscreen ini memiliki tekstur yang cukup pekat sehingga terasa lembap di kulit. Anda juga dapat dengan mudah mengoleskannya ke permukaan kulit.


Sunscreen dengan tipe cream sering dijadikan sebagai salah satu komponen makeup untuk wanita. Hanya saja, tipe cream ini terkadang meninggalkan bekas putih atau white cast yang kurang bagus untuk tampilan makeup.

Gel: cepat meresap dan tidak lengket

Gel: cepat meresap dan tidak lengket

Sunscreen berbentuk gel memiliki tekstur yang ringan dan sangat mudah meresap. Biasanya, Anda akan mendapatkan sensasi sejuk saat mengaplikasikannya. Tipe ini cocok digunakan pada kulit berminyak karena bahan kandungannya bebas minyak, serta tidak lengket di kulit.

Spray: praktis dan mudah diaplikasikan

Spray: praktis dan mudah diaplikasikan

Agar kulit terlindungi sepanjang hari, Anda perlu untuk reapply sunscreen. Untuk reapply sunscreen, Anda dapat memilih tipe spray. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menyemprotkan sunscreen ke bagian tubuh yang diinginkan. 


Sayangnya, sisa semprotan sunscreen spray dapat menempel di pakaian atau benda lain yang ikut terkena. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati saat menggunakannya.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis aktivitas Anda

Memakai sunscreen sebaiknya juga disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Kegiatan outdoor seperti berenang tentunya membutuhkan perlindungan yang lebih dibandingkan kegiatan indoor. Untuk mendapatkan perlindungan yang tepat, simaklah penjelasan berikut ini.

Perhatikan nilai SPF/PA yang tertera di kemasan

Perhatikan nilai SPF/PA yang tertera di kemasan

Nilai SPF/PA menunjukkan durasi dan kekuatan perlindungan yang diberikan suatu produk sunscreen. Makin tinggi nilai SPF/PA, makin lama dan kuat perlindungannya. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan ukuran berikut sebagai acuan dalam memilih sunscreen.


  • SPF 15 PA+ : sesuai untuk aktivitas sehari-hari.
  • SPF 15-30/PA++: mampu melindungi Anda saat melakukan kegiatan outdoor seperti olahraga atau rekreasi ringan.
  • SPF 30-50+ / PA+++ : memberi perlindungan saat Anda ke pantai, berenang, dan melakukan kegiatan lain di bawah terik matahari dalam waktu yang lama.

Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kegiatan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk reapply sunscreen setidaknya dua jam sekali agar mendapat perlindungan maksimal.

Pilih sunscreen waterproof untuk digunakan saat berkegiatan di air

Pilih sunscreen waterproof untuk digunakan saat berkegiatan di air

Liburan ke pantai atau berenang di area outdoor sangat pas untuk melepas penat. Agar Anda bisa berlibur dengan nyaman tanpa mengabaikan kesehatan kulit, ingatlah untuk menggunakan sunscreen. Anda dapat memilih sunscreen dengan formula waterproof supaya tidak luntur saat terkena air.


Namun, sunscreen waterproof biasanya tidak mudah dibersihkan hanya dengan air dan sabun. Beberapa produk menyediakan pembersih khusus untuk membersihkan sisa sunscreen yang menempel di kulit. Anda sebaiknya turut memperhatikan hal tersebut saat ingin membelinya.

 

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Saat memilih sunscreen, Anda harus memperhatikan kecocokannya dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai kulit Anda malah menjadi bermasalah karena menggunakan sunscreen yang keliru.


Bagi pemilik kulit kering, pilihlah sunscreen lokal yang mengandung banyak pelembap. Sengatan matahari dapat membuat kulit Anda makin kering sehingga kulit memerlukan kelembapan ekstra. Beberapa kandungan pelembap dalam sunscreen antara lain Aloe vera, silicone, lanolin, dan mineral oil. Selain itu, Anda dapat memakai sunscreen tipe krim atau lotion. Karena memiliki tekstur yang pekat, kedua tipe sunscreen tersebut dapat melembapkan kulit.


Sebaliknya, untuk kulit berminyak dan berjerawat, sunscreen tipe gel lebih cocok digunakan. Gel biasanya berbahan dasar air sehingga tidak membuat kulit menjadi lebih berminyak. Pilihlah juga sunscreen dengan kandungan oil control, antisebum, dan non-comedogenic. Selain itu, perhatikanlah, apakah produk tersebut mudah dibersihkan. Jangan sampai ada sisa produk yang menempel di kulit karena dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.


Untuk kulit sensitif yang mudah terkena iritasi atau alergi, pilih produk sunscreen lokal yang hypoallergenic, serta bebas alkohol, pewangi, dan pengawet. Perhatikan juga komposisi bahan penangkal UVA di produk yang Anda pilih. Bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide relatif aman untuk kulit sensitif. Sebaliknya, hindarilah produk dengan kandungan para-aminobenzoic acid (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone karena berpotensi menimbulkan iritasi.

Pilih produk lokal dari produsen bersertifikasi

Pilih produk lokal dari produsen bersertifikasi

Hal penting lainnya adalah Anda harus memastikan bahwa sunscreen lokal pilihan Anda telah memiliki sertifikasi BPOM. Produk-produk yang telah lolos uji BPOM pasti lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek buruk. Sertifikasi BPOM ini dapat Anda cek di website BPOM. Agar lebih yakin, Anda juga dapat memilih produk dari produsen yang telah tepercaya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi produk sunscreen lokal terbaik

Di bagian ini, kami akan memberikan sepuluh produk sunscreen lokal terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, simak ulasannya dan temukan produk yang pas untuk melindungi kulit Anda.

10
Tipe sunscreenCream
Bahan aktifTidak disebutkan
UV protectionSPF 35/PA++
BPOM
Isi30 ml
WaterproofX
9
Tipe sunscreenCream
Bahan aktifAloe vera leaf extract, tea seed oil, argan kernel oil
UV protectionSPF 30/PA++
BPOM
Isi50 g
WaterproofX
8

Elshe Estetika NusantaraElsheSkin Daily Protection Gel

Rp 85.000,00

Tipe sunscreenGel
Bahan aktifBenzophenone-3, allantoin
UV protectionSPF 30
BPOM
Isi15 g
WaterproofX
7
Tipe sunscreenCream
Bahan aktifAloe vera
UV protectionSPF 30/PA+++
BPOM
Isi60 ml
WaterproofX
6
Tipe sunscreenCream
Bahan aktifZinc gluconate, niacinamide
UV protectionSPF30/PA+++
BPOM
Isi30 g
WaterproofX
5

HerboristBali Boat Sun Protection Lotion SPF 50 PA++

Rp 145.800,00

Tipe sunscreenLotion
Bahan aktifShea butter, vitamin E
UV protectionSPF 50/PA++
BPOM
Isi100 g
Waterproof
4

Jarte BeautySunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Rp 175.000,00

Tipe sunscreenSpray
Bahan aktifLicorice, Centella asiatica, aloe vera
UV protectionSPF 30
BPOM
Isi100 ml
WaterproofX
3
Tipe sunscreenLotion
Bahan aktifEdelweis extract
UV protectionSPF 50+/PA++++
BPOM
Isi50 g, 100 g
Waterproof
2

Sensatia BotanicalsSurf Naked Sunscreen Lotion

Rp 150.000,00

Tipe sunscreenLotion
Bahan aktifNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswax
UV protectionTidak disebutkan
BPOM
Isi100 ml
Waterproof
1

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Rp 190.000,00

Tipe sunscreenCream
Bahan aktifNiacinamide, Centella asiatica extract
UV protectionSPF 50/PA++++
BPOM
Isi45 ml
WaterproofX

Tabel perbandingan produk sunscreen lokal terbaik

Gambar produk
1
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

2
Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion 1

Sensatia Botanicals

3
Bali Breeze Tropical Sunscreen Sport 1

Bali Breeze

4
Jarte Beauty Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy 1

Jarte Beauty

5
Herborist Bali Boat Sun Protection Lotion SPF 50 PA++ 1

Herborist

6
Erha21 Acne Care Lab Acne Sun Friendly SPF30/PA+++ 1

Erha21

7
Emina Cosmetics  Emina Sun Protection SPF 30 1

Emina Cosmetics

8
Elshe Estetika Nusantara ElsheSkin Daily Protection Gel 1

Elshe Estetika Nusantara

9
Joylab Everyday is Sun-Day 1

Joylab

10
Zoya Sunscreen SPF 35++ 1

Zoya

Nama produk

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Surf Naked Sunscreen Lotion

Tropical Sunscreen Sport

Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Bali Boat Sun Protection Lotion SPF 50 PA++

Acne Care Lab Acne Sun Friendly SPF30/PA+++

Emina Sun Protection SPF 30

ElsheSkin Daily Protection Gel

Everyday is Sun-Day

Sunscreen SPF 35++

Keunggulan

Melindungi dan memanjakan kulit sensitif Anda

Lebih aman dengan 100% bahan alami

Bebas berolahraga tanpa khawatir sunscreen akan luntur

Sangat praktis dan bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga

Liburan bebas worry berkat sunscreen ber-SPF tinggi

Sinar UV dan jerawat tak akan lagi mengganggu penampilan Anda

Mampu melembapkan tanpa menimbulkan white cast

Efektif menangkal radiasi sinar UV dan polusi

Bye-bye, kulit kusam!

Memberi efek seperti memakai bedak

HargaRp 190.000,00Rp 150.000,00Rp 112.000,00Rp 175.000,00Rp 145.800,00Rp 87.500,00Rp 29.000,00Rp 85.000,00Rp 160.000,00Rp 55.000,00
Tipe sunscreenCreamLotionLotionSprayLotionCreamCreamGelCreamCream
Bahan aktifNiacinamide, Centella asiatica extractNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswaxEdelweis extractLicorice, Centella asiatica, aloe veraShea butter, vitamin EZinc gluconate, niacinamideAloe veraBenzophenone-3, allantoinAloe vera leaf extract, tea seed oil, argan kernel oilTidak disebutkan
UV protectionSPF 50/PA++++Tidak disebutkanSPF 50+/PA++++SPF 30 SPF 50/PA++SPF30/PA+++SPF 30/PA+++SPF 30SPF 30/PA++SPF 35/PA++
BPOM
Isi45 ml100 ml50 g, 100 g100 ml100 g30 g60 ml15 g50 g30 ml
WaterproofXXXXXXX
Tautan produk

Tips menggunakan sunscreen secara tepat

Tips menggunakan sunscreen secara tepat

Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, sunscreen perlu diaplikasikan dengan cara yang benar. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti demi mengoptimalkan perlindungan sunscreen.


  • Untuk tipe lotion dan krim, keluarkan produk selebar koin seribu rupiah ke telapak tangan Anda. Selanjutnya, aplikasikan sunscreen secara merata ke bagian tubuh yang terekspos. Anda juga dapat mengaplikasikannya di ujung telinga dan bagian belakang kaki.
  • Untuk tipe spray, semprotkan secukupnya ke bagian tubuh yang terekspos.
  • Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.
  • Reapply sunscreen setiap dua jam sekali jika Anda beraktivitas di dalam ruangan. Apabila Anda berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama, lakukan reapply setiap 80 menit sekali.
  • Jika digunakan di wajah, aplikasikan sunscreen setelah Anda memakai pelembap.

Mudah, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kandungan di dalam sunscreen akan dapat bekerja dengan lebih efektif. Hasilnya, kulit Anda akan terlindungi sepanjang hari.

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Tak hanya dari produk lokal, kami juga memiliki beberapa artikel tentang rekomendasi sunscreen lainnya. Untuk mendapat informasi yang lebih mendalam, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Untuk mencegah sunburn dan penuaan dini, serta mengurangi risiko kanker kulit, gunakanlah sunscreen setiap hari. Sunscreen produksi lokal dapat menjadi pilihan tepat karena kualitasnya tepercaya, tetapi harganya tidak menguras isi dompet. Namun, ingatlah untuk tetap memilih sunscreen lokal yang formulanya sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas Anda.


Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda menemukan sunscreen lokal yang cocok. Selamat memilih dan merawat kesehatan kulit wajah Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sinar matahari telah diketahui secara luas membawa dampak kurang baik untuk kesehatan kulit. Sinar matahari berlebihan memicu kerusakan kulit ringan hingga berpotensi menyebabkan kanker kulit. Salah satu cara untuk melindungi kulit Anda adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari.Beragam bentuk sunscreen kini telah hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda. Produk mancanegara, seperti Bioderma dan Bioré, maupun produk lokal, seperti Lacoco dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda. Kali ini, kami akan secara khusus membahas sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik untuk Anda. Bagi Anda yang sedang mencari sunscreen, mari simak ulasan kami, ya!
    Perawatan badan
    275.732 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
    165.417 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa orang ingin tampil dengan kulit yang lebih cerah dan bebas kusam. Apakah Anda termasuk di antaranya? Salah satu cara praktis untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah adalah dengan menggunakan sabun pemutih badan. Sabun pemutih badan juga dapat menjadi solusi masalah warna kulit tidak merata dan kusam. Sangat menarik, bukan? Kali ini kami akan mengulas tentang sabun pemutih badan dan memberikan tips cara memilihnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk dari merek ternama seperti Innisfree, Kojie San, dan Everwhite. Pastika Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
    31.392 Views
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Whitening body lotion tepat digunakan terutama bagi Anda yang ingin tampil lebih bercahaya di bawah sinar matahari. Kandungan pemutih seperti vitamin C dan arbutin yang diolah dengan baik bisa membantu mencegah munculnya bintik hitam dan pigmentasi. Selain itu, body lotion juga dikatakan dapat memberikan kelembapan pada kulit.Kali ini kami akan memperkenalkan whitening body lotion dari berbagai brand ternama, seperti Nivea, Vaseline, dan lainnya dengan keunggulannya masing-masing. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan kulit yang cerah dengan menggunakan whitening body lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    105.194 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit kering sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Kulit bersisik, iritasi, hingga pengelupasan kulit adalah permasalahan yang kerap menimbulkan rasa perih pada kulit. Salah satu bentuk perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan body lotion.Banyak produsen menciptakan losion khusus yang ditujukan untuk kulit kering, salah satunya adalah Vaseline. Vaseline menciptakan beberapa varian losion, seperti Intensive Care, Healthy White, dan Super Food. Dari varian tersebut mana yang tepat untuk kulit Anda? Di bawah ini, kami punya tipsnya. Jangan lewatkan, ya!
    Perawatan badan
    90.663 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, antara lain Mustika Ratu, The Body Shop, dan lainnya. Dengan banyaknya merek yang ada, mungkin Anda jadi bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih body scrub yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, kami juga merekomendasikan produk terbaik sehingga Anda dapat membandingkan harga dan kualitasnya. Silakan baca hingga tuntas!
    Perawatan badan
    140.274 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Lotion Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Minyak zaitun dipercaya berkhasiat untuk melembapkan, serta mempertahankan keremajaan kulit. Kini, minyak zaitun sering digunakan dalam pembuatan kosmetik, salah satunya adalah body lotion. Namun, body lotion umumnya mengandung bahan tambahan lain sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih.Simak tips yang akan kami bagikan supaya Anda dapat menemukan body lotion zaitun terbaik yang sesuai untuk Anda. Baca juga ulasan produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, Bali Ratih, dan sebagainya. Yuk, kita mulai pembahasannya!
    Perawatan badan
    1.029 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori