1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lemari arsip atau biasa disebut filling cabinet biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan file atau dokumen penting yang perlu dijaga. Berupa lemari besi dan berukuran besar adalah image dari lemari arsip. Padahal, kini banyak juga lemari arsip berbahan kayu, dengan berbagai ukuran, desain, dan model.


Bukan hanya kantor, bahkan rumah pribadi pun sebenarnya penting untuk memiliki lemari ini. Agar Anda tidak bingung memilih produk, kami akan membagikan berbagai tips memilih lemari arsip yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek terkenal seperti IKEA, Brother, Olympic, dan Informa. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu lemari arsip?

Apa itu lemari arsip?

Lemari arsip adalah perabot yang digunakan untuk menyimpan atau mengorganisasi barang dengan rapi. Barang yang disimpan di dalam lemari arsip umumnya berupa dokumen atau file-file penting. Contoh dokumen yang sering disimpan dalam lemari arsip adalah laporan keuangan dari tahun-tahun pada sebuah kantor.


Meski begitu, tidak hanya kantor, perusahaan, atau perpusatakaan yang membutuhkan lemari arsip. Lemari penyimpanan yang aman seperti ini pun sebenarnya diperlukan di rumah tinggal pribadi. Untuk pemakaian pribadi, Anda bisa menyimpan berbagai surat penting, ijazah, atau sertifikat di dalamnya.


Fungsi lemari arsip tidak hanya sampai di sana. Lemari arsip juga mampu menjaga dokumen penting dari rayap, kobaran api, dan hal lain yang tak terduga. Menggunakan lemari arsip akan mengurangi risiko dokumen hilang dan rusak. Lemari arsip dengan desain menarik juga mampu menambah nilai estetika ruangan Anda. Bila belum memilikinya, tak ada salahnya Anda mencoba membeli lemari arsip.

Cara memilih lemari arsip

Sebelum memilih lemari arsip, Anda perlu mengetahui poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini kami jelaskan satu per satu poin-poin tersebut.

① Periksa bahan demi pemakaian jangka panjang

Bahan lemari sangat memengaruhi keamanan produk dari kerusakan. Ada beberapa bahan yang biasanya dipakai untuk lemari arsip, yaitu besi, kayu, dan particle board. Berikut akan kami bahas mengenai bahan lemari arsip satu per satu.

Besi, aman dari kobaran api

Besi, aman dari kobaran api

Lemari yang terbuat dari bahan besi atau metal dikenal lebih kuat dan stabil. Karena itu, lemari ini cocok dipakai untuk menyimpan benda berat. Selain itu, lemari besi dikenal lebih tahan dari api dibandingkan bahan lainnya. Jadi, Anda bisa lebih tenang menyimpan arsip di dalam lemari. 


Akan tetapi, tampilan lemari besi kebanyakan polos dan tidak menarik. Hal tersebut membuat tampilan ruang Anda tampak membosankan. Namun, bagi Anda yang tak terlalu memikirkan penampilan dan mementingkan fungsi, lemari besi bisa jadi pilihan.

Kayu, kuat dan tahan lama

Kayu, kuat dan tahan lama

Sama halnya dengan besi, kayu juga cukup kuat dan tahan lama. Selain itu, serat-serat motif pada kayu menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai interior bergaya alami. Selain membantu mengorganisasi arsip, lemari kayu juga mampu membuat ruangan Anda terasa mewah dan hangat


Akan tetapi, lemari dari kayu biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Kemudian, harganya pun relatif mahal tergantung pada jenis kayunya. Jadi, pastikan anggaran belanja Anda cukup sebelum memilih produk ini. 

Particle board, mudah didapat dan harganya ekonomis

Particle board, mudah didapat dan harganya ekonomis

Di antara bahan lemari sebelumnya, particle board adalah bahan lemari yang memiliki harga cukup ekonomis. MDF (medium density fiber board) adalah salah satu jenis particle board yang kerap digunakan sebagai bahan furnitur. Selain bobotnya ringan, ragam desainnya pun berlimpah. Anda juga bisa dengan mudah menemui lemari berbahan particle board.


Variasi desain dan harga yang beragam membuat Anda lebih leluasa dalam memilih produk. Pilihlah lemari dengan desain favorit untuk menyempurnakan ruangan Anda. Dengan lemari arsip yang stylish, suasana kantor pun akan terasa lebih menyenangkan.

② Pilih sesuai tipe lemari

Setelah mengetahui bahan dan besar ruangan, Anda juga perlu mengetahui tipe lemari. Ada tipe lemari dan rak, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari simak penjelasannya berikut.

Rak, lebih mudah mengambil dan meletakkan barang

Rak, lebih mudah mengambil dan meletakkan barang

Lemari rak umumnya memiliki papan-papan yang diletakkan secara horizontal. Papan tersebut berguna untuk meletakkan benda yang akan disimpan. Map-map dokumen kantor biasanya akan diletakkan secara vertikal saat menyusunnya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil map tersebut dengan cepat dan mudah.


Akan tetapi, periksalah ukuran rak terlebih dahulu agar pas dengan ukuran dokumen yang hendak disimpan. Meski begitu, ada pula produk dengan ukuran rak yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Kemudian, ada juga lemari rak yang memiliki pintu kaca sliding. Dengan pintu kaca, Anda dapat mencari arsip tanpa membuka lemari terlebih dahulu. Lebih praktis, bukan?

Laci, lebih stabil dalam menyimpan barang

Laci, lebih stabil dalam menyimpan barang

Berbeda dengan tipe rak, dokumen umumnya disimpan di dalam laci dalam posisi rebah. Dengan begitu, dokumen tidak akan roboh dan berantakan meskipun lemari digeser atau dipindahkan. Mengambil dokumen di dalam laci akan membutuhkan effort lebih daripada dokumen di dalam rak. Namun, justru itulah yang membuat laci terkesan lebih aman.


Ada kalanya Anda akan membutuhkan ketelitian lebih saat mencari sesuatu di tumpukan dokumen. Agar lebih mudah, ada baiknya Anda membawa tumpukan dokumen ke tempat yang nyaman. Umumnya laci dapat dicopot dari tempatnya sehingga Anda bisa membawanya ke tempat lain dengan mudah.

③ Pertimbangkan ukuran lemari dari berbagai aspek

Pertimbangkan ukuran lemari dari berbagai aspek

Untuk apa Anda membeli lemari arsip? Lalu, di mana Anda hendak meletakkan lemari tersebut? Hal ini tentu perlu dipertimbangkan sebelum membeli lemari arsip. Untuk penggunaan di kantor, tentu Anda akan membutuhkan ukuran yang cukup besar supaya lemari tidak lekas penuh. Sementara untuk pemakaian pribadi, pemilihan ukuran dapat lebih fleksibel sesuai kebutuhan.


Selanjutnya, tentukanlah lokasi penempatan lemari tersebut. Pastikan terdapat space yang cukup dengan mempertimbangkan dimensi lemari saat lemari tertutup dan terbuka. Lemari arsip dengan pintu geser (sliding door) atau tanpa pintu tentu lebih hemat ruangan.


Lemari arsip dikenal kuat dalam hal menahan beban. Karena itu, Anda masih dapat meletakkan berbagai benda di atasnya. Untuk dapat melakukan hal tersebut, periksalah selisih antara langit-langit ruangan dan bagian atas lemari. Lebih baik bila ada jarak minimal 50 cm dari atap lemari hingga ke langit-langit ruangan.

④ Pastikan sistem keamanan lemari

Pastikan sistem keamanan lemari

Anda perlu memerhatikan keamanan lemari saat ingin menyimpan dokumen berharga di dalamnya. Pastikan lemari dilengkapi kunci untuk mengamankan dokumen. Selain itu, pilihlah lemari tahan api atau air untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pasti akan lebih lega menyimpan dokumen berharga di dalam lemari dengan keamanan tinggi, bukan?

10 Rekomendasi lemari arsip terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lemari arsip terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

iFurnholic

Edwin Bookcase

iFurnholic Edwin Bookcase 1枚目

Lebih fleksibel, bisa diletakkan vertikal atau horizontal!

2

Olympic

Rak Serbaguna Eira

Olympic Rak Serbaguna Eira 1枚目

Space penyimpanan terbuka untuk menyimpan lebih banyak

3

IKEA

GALANT Unit Laci Beroda

IKEA GALANT Unit Laci Beroda 1枚目

Dilengkapi roda, bisa dipindahkan dengan mudah!

4

Krisbow

Lemari Arsip 5 Laci

Krisbow Lemari Arsip 5 Laci 1枚目

Suasana kerja jadi lebih ceria dengan lemari berwarna

5

Pro Design

Gunter Kabinet Kantor Pintu Geser

Pro Design Gunter Kabinet Kantor Pintu Geser 1枚目

Praktis! Tinggi rak bisa diatur sesuka hati

6

Brother

Filing Cabinet

Brother Filing Cabinet 1枚目

Menampung dokumen dengan optimal, hemat space dengan pintu geser

7

Officescale

Lemari Kabinet Tinggi Pintu Kaca

Officescale  Lemari Kabinet Tinggi Pintu Kaca 1枚目

Kaca transparannya memudahkan Anda mencari arsip

8

Informa

Laci Kantor 3 Tingkat - Cokelat

Informa Laci Kantor 3 Tingkat - Cokelat 1枚目

Lengkapi gaya minimalis kantor Anda dengan produk ini

9

SAN Safes

Lemari Serbaguna Denali

SAN Safes Lemari Serbaguna Denali 1枚目

Kekuatan lemari yang tak perlu diragukan

10

Modera

Lemari Arsip Kantor

Modera  Lemari Arsip Kantor 1枚目

Muat menyimpan banyak arsip perusahaan Anda

Perincian produk
Close
No.1

iFurnholicEdwin Bookcase2x5

Mulai dari Rp1.000.000,00

Lebih fleksibel, bisa diletakkan vertikal atau horizontal!

Baik di kantor maupun di rumah, apakah Anda kerap mengubah tatanan ruangan untuk mendapatkan suasana baru? Bila iya, lemari arsip ini sepertinya pas untuk Anda. Dengan bentuk simetris, produk ini bisa diletakkan secara rebah atau berdiri. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan kondisi tata letak perabot di ruangan. Selain itu, desainnya ramping dan minimalis sehingga tidak terasa membikin sesak ruangan.

No.2

OlympicRak Serbaguna Eira

Mulai dari Rp975.000,00

Space penyimpanan terbuka untuk menyimpan lebih banyak

Dokumen atau arsip yang sudah jarang digunakan, tentu saja dibuang sayang. Anda mungkin akan menyimpannya di dalam dus lalu meletakkannya di gudang. Namun, kerepotan akan terjadi ketika suatu hari Anda membutuhkannya lagi. Karena itu, milikilah produk ini sebagai lemari arsip untuk gudang Anda.


Rak-rak lemari ini terbuka sehingga Anda bisa meletakkan arsip yang telah dikemas dalam dus begitu saja. Jangan lupa untuk melabeli masing-masing raknya supaya lebih terorganisasi. Produk ini dibuat dari rangka besi dan MDF sehingga tak perlu diragukan lagi kekukuhannya.

No.3

IKEAGALANT Unit Laci Beroda

Mulai dari Rp2.999.000,00

Dilengkapi roda, bisa dipindahkan dengan mudah!

Lemari arsip dari IKEA satu ini dilengkapi roda yang membuat produk ini bisa dipindahkan dengan mudah. Anda yang sering mencoba mengubah tatanan ruang kerja bisa memilih produk ini. Ukurannya pun cukup kecil sehingga tak akan membuat ruangan Anda tampak sempit. Dengan tinggi hanya 55 cm, Anda bahkan dapat menyimpannya di bawah meja untuk menghemat ruang.

No.4

KrisbowLemari Arsip 5 Laci

Mulai dari Rp779.000,00

Suasana kerja jadi lebih ceria dengan lemari berwarna

Tak bisa dipungkiri, furnitur yang ada di sekitar ruang kerja memengaruhi suasana hati. Bila bosan dan menginginkan lemari arsip yang mampu membuat suasana hati Anda lebih ceria, produk ini jawabannya. 


Produk ini menawarkan empat varian warna yang bisa Anda pilih. Pilihlah warna hijau atau merah untuk suasana kerja yang ceria. Ukuran produk ini pun cukup mungil sehingga pas diletakkan di ruang kerja pribadi Anda.

No.5

Pro DesignGunter Kabinet Kantor Pintu Geser

Mulai dari Rp899.000,00

Praktis! Tinggi rak bisa diatur sesuka hati

Salah satu kekurangan lemari rak adalah tinggi rak yang terbatas sehingga sulit menyimpan dokumen berukuran besar. Namun, Pro Design menjawab masalah tersebut dengan produk satu ini. Tinggi setiap rak dari lemari arsip ini bisa diatur sesuai keinginan Anda. 


Selain desain yang praktis, produsen menjamin kekukuhan produk ini dengan membuat dinding bagian atas dan samping lemari lebih tebal. Lemari pun lebih tangguh meski Anda menumpangkan benda lain di atasnya.

No.6

BrotherFiling CabinetB-304

Mulai dari Rp2.565.000,00

Menampung dokumen dengan optimal, hemat space dengan pintu geser

Brand legendaris yang satu ini tentu tidak asing di dunia perabot kantor berkat produk-produknya yang berkualitas. Seri B-304 ini diperuntukkan Anda yang ingin menyimpan banyak dokumen di dalam lemari arsip. Selain menampung dengan optimal, pintu gesernya tidak akan membutuhkan space lebih untuk dibuka.


Bila lemari arsip berbahan besi terkesan plain, produk dari Brother ini justru terkesan elegan dengan pintu kaca transparan. Kaca transparan pada produk ini juga akan memudahkan Anda saat ingin mengambil dokumen.

No.7

Officescale Lemari Kabinet Tinggi Pintu Kaca

Mulai dari Rp5.168.000,00

Kaca transparannya memudahkan Anda mencari arsip

Kelebihan produk satu ini adalah pada pintu kaca transparan yang dimilikinya. Selain membuat lemari tampak stylish, kaca transparan memudahkan Anda mencari arsip tanpa membukanya terlebih dahulu. 


Anda bisa dengan leluasa melihat judul-judul arsip yang tersimpan dalam lemari. Saat sudah menemukannya, Anda bisa langsung membuka lemari dan mengambilnya. Selain itu, produk ini dilengkapi oleh kunci flip yang tak akan membuat kantong celana Anda berlubang saat disimpan di dalamnya. Unik, ya!

No.8

InformaLaci Kantor 3 Tingkat - CokelatSKU 10168740

Mulai dari Rp1.799.000,00

Lengkapi gaya minimalis kantor Anda dengan produk ini

Lemari arsip satu ini wajib dimiliki oleh Anda yang menggemari ruangan bergaya minimalis. Meski terlihat seperti lemari kayu, nyatanya produk Informa ini terbuat dari metal dengan printed surface. Kemudian, desainnya tampak simpel tanpa knop pada permukaan sehingga sempurna untuk melengkapi ruangan bergaya minimalis. Tambahkan vas berisi bunga di atas meja untuk mempercantik tampilan lemari.

No.9

SAN SafesLemari Serbaguna DenaliD3Y

Mulai dari Rp3.335.000,00

Kekuatan lemari yang tak perlu diragukan

Produk ini terbuat dari plat steel berukuran 0,8 mm sehingga lemari ini kuat dan tahan lama. Bahan metal pun juga dikenal tidak mudah terbakar sehingga dokumen tetap aman. Selain itu, produk ini dilengkapi oleh central lock yang menjamin keamanan dokumen dari pencurian. Lemari arsip ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menyimpan dokumen berharga milik perusahaan.

No.10

Modera Lemari Arsip Kantor MH 488

Mulai dari Rp3.168.000,00

Muat menyimpan banyak arsip perusahaan Anda

Seiring tahun yang berganti, arsip perusahaan juga bertambah. Namun, apakah lemari arsip Anda mampu menampung semuanya? Karena itu, Anda lebih baik memilih lemari arsip berukuran besar seperti produk satu ini. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan semua arsip penting perusahaan dalam satu lemari. Karena disimpan dalam satu tempat, Anda pun jadi lebih mudah mencari dokumen saat membutuhkannya.

Baca juga rekomendasi lemari lainnya di sini

Selain lemari arsip, masih ada berbagai macam lemari yang dapat membantu Anda mengorganisasi barang. Lemari-lemari dengan desain estetis bahkan dapat sekaligus menghias ruangan Anda. Bila sedang mencari lemari untuk kebutuhan rumah tangga, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan ini, kami telah selesai membagikan poin-poin memilih lemari arsip sekaligus merekomendasikan produk terbaik. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai kebutuhan? 


Lemari arsip merupakan salah satu furnitur penting untuk menunjang produktivitas pekerjaan Anda. Arsip dan dokumen yang tertata rapi membuat Anda lebih mudah mencari dokumen pada saat diperlukan. Setelah selesai membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan produk terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer