1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat memilih HP gaming, ada beberapa tips memilih yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kecocokan HP untuk gaming. Mulai dari RAM/ROM, chipset, cooling system, dan spesifikasi lain dari HP harus Anda periksa. Makin tinggi specs HP, maka makin mahal juga harganya.


Anda bisa menemukan merek HP gaming terbaik yang bagus, seperti ASUS ROG, Black Shark, Infinix, dan lainnya. Harga HP gaming pun dapat bervariasi. Ada HP gaming murah dengan harga 2 jutaan, 5 jutaan, atau yang lebih mahal lagi. Apabila Anda ingin permainan gim Anda makin seru, ikuti artikel kami!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa perbedaan HP gaming dengan HP biasa?

Apa perbedaan HP gaming dengan HP biasa?
Sumber: rog.asus.com

Ada beberapa perbedaan mencolok antara HP gaming dengan HP biasa. HP gaming biasanya memiliki RAM, ROM, chipset, dan spesifikasi lain yang tinggi. Dengan begitu, Anda dapat memainkan beragam game berat dengan minim lagging. Kemudian, ada mode khusus untuk gaming yang disematkan pada HP gaming. Mode ini berfungsi meningkatkan performa HP dan meminimalkan terjadinya distraksi saat gaming.


Beberapa HP gaming dilengkapi piranti tambahan, seperti gamepad, kipas, headset, dan lainnya. Perangkat tambahan ini menawarkan sensasi bermain game yang lebih immerssive. Kapasitas baterai HP gaming juga besar dan lengkap dengan fitur fast charging. Dari sisi tampilan, HP gaming didesain lebih futuristik dengan LED light yang memberikan kesan gahar. Untuk informasi lebih lanjut, simaklah artikel ini.

Cara memilih HP gaming

Berikut ini adalah beberapa tips memilih HP gaming yang dapat Anda pertimbangkan saat mencari ponsel khusus gim. Simaklah baik-baik agar Anda menemukan produk yang cocok.

① Periksa spesifikasi yang memengaruhi performa gaming

Ada beberapa hal yang memengaruhi performa HP untuk gaming. Beberapa hal ini, seperti chipset yang digunakan, kapasitas RAM, dan kapasitas penyimpanan internal HP. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Chipset, otak HP yang memengaruhi performa keseluruhan HP

Chipset, otak HP yang memengaruhi performa keseluruhan HP

Bisa dibilang, chipset memiliki pengaruh penting untuk HP gaming. Chipset sendiri terdiri dari dua prosesor yaitu CPU (central processing unit) dan GPU (graphics processing unit). CPU merupakan otak dari sebuah ponsel dan GPU adalah penyedia data dalam bentuk grafik pada layar.


Untuk HP gaming, ada dua merek chipset yang mendominasi yakni Qualcomm dengan produk Snapdragon dan MediaTek. Chipset Snapdragon biasanya ada pada HP yang dirancang khusus untuk gaming. Jenis HP high-end juga banyak yang menggunakan chipset Snapdragon. Untuk HP gaming, kami menyarankan ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon seri 8


Sementara itu, untuk kelas menengah, banyak HP menggunakan chipset MediaTek, salah satu yang populer adalah MediaTek Helio G. Meski begitu, setidaknya ada empat keunggulan MediaTek dibanding Snapdragon. MediaTek unggul pada efisiensi daya, sistem co-pilot, multimedia, dan AI. MediaTek juga mengeklaim lebih mengunggulkan kekuatan AI (artificial intelligence) dalam chip buatannya.

RAM, menjalankan game berat menjadi lebih ringan

RAM (random access memory) merupakan tempat untuk menyimpan data aplikasi yang sedang berjalan. Besarnya RAM sangat berpengaruh pada kinerja ponsel Anda. Makin besar RAM yang dimiliki oleh ponsel Anda, maka makin cepat pula Anda bisa berganti-ganti aplikasi. 


Saat bermain gim, aplikasi gim memerlukan banyak sekali ruang untuk membuka seluruh data. Karena itu, HP khusus gim biasanya memiliki RAM yang besar hingga 12 GB. Jika Anda mencari HP gaming, ada baiknya Anda memilih ponsel dengan RAM sebesar 4 GB atau lebih.


Selain kapasitas, Anda juga harus memperhatikan jenis RAM yang dimiliki. Jenis RAM yang terbaru dan terbaik adalah LPDDR5 yang dinilai lebih cepat dan lebih hemat baterai. LPDDR5 juga sudah disesuaikan dengan 5G yang sayangnya belum berlaku di Indonesia.

Penyimpanan internal, menyimpan data-data pada game Anda

Penyimpanan internal, menyimpan data-data pada game Anda

Anda juga harus memeriksa besar penyimpanan internal atau ROM (read-only memory) HP. Makin detail permainan yang ingin Anda mainkan, maka makin besar pula memory yang dibutuhkan untuk menyimpan datanya. Karena setiap aplikasi disimpan pada ROM, Anda memerlukan kapasitas ROM yang besar agar dapat bermain dengan leluasa. 


Untuk kebutuhan gaming, ROM yang disarankan adalah 64 GB ke atas. Selain kapasitas yang besar, kecepatan transfer data juga sangat penting. Dengan kecepatan transfer tinggi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menyimpan data gim Anda. Embedded UFS 3.0 merupakan teknologi penyimpanan flash terbaik saat ini karena dapat membaca data hingga kecepatan 2 GB per detik.

② Pilihlah HP dengan layar minimal 5,5 inci dan resolusi minimal Full HD

Pilihlah HP dengan layar minimal 5,5 inci dan resolusi minimal Full HD
Sumber: realme.com

Ketika bermain gim, ukuran dan resolusi layar menjadi hal yang sangat penting untuk para gamer. Makin lebar ukuran layar, pandangan Anda makin nyaman ketika bermain. Kami menyarankan ukuran layar HP sebesar 5,5 inci atau lebih agar pandangan tidak terhalang oleh jari Anda saat bermain.


Kemudian, agar mendapatkan tampilan yang jernih, pilih resolusi layar Full HD atau bahkan Quad HD. Perbedaan kedua resolusi ini terletak pada jumlah piksel yang diberikan. Jumlah piksel ini memengaruhi tingkat kejernihan gambar yang dihasilkan. Layar Full HD memiliki resolusi 1080 piksel, sedangkan Quad HD memiliki resolusi 1440 piksel. 


Hal lainnya yang tak kalah penting adalah jenis layar yang digunakan oleh produsen. Ada dua layar yang digunakan untuk ponsel yaitu AMOLED dan IPS LCD. Untuk layar grafik yang sempurna, banyak produsen yang menggunakan layar AMOLED. Selain tampilan yang lebih jernih, penggunaan AMOLED pada layar ponsel juga menghemat baterai, lho!

③ Periksa fitur lain yang mendukung gaming Anda

Berikut ini adalah fitur-fitur lain yang juga terdapat pada HP gaming. Selain menambah keseruan, fitur-fitur ini akan membuat permainan Anda tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Sistem pendingin, HP tidak overheated saat dipakai bermain

Saat bermain gim di ponsel, sering kali ponsel mengalami overheated hingga akhirnya keluar dari aplikasi secara otomatis. Untuk menghindari hal tersebut, produsen ponsel khusus gim biasanya menyertakan sistem pendingin. Sistem pendingin ini juga akan membuat ponsel lebih awet karena chipset yang sering overheated akan mudah rusak. 


Ada sistem pendingin yang langsung terpasang pada HP, ada juga pendingin portabel yang dijual terpisah. Jadi, tidak perlu khawatir bila HP pilihan Anda tidak memiliki pendingin yang built-in. Di sisi lain, cooling system yang terpasang pada HP beragam jenisnya. Ada yang menggunakan liquid cooling system, kipas, hingga jenis material bodi.

Gamepad, menambah keasyikan saat bermain game

Gamepad, menambah keasyikan saat bermain game

Gamepad merupakan peralatan tambahan untuk bermain gim. Kehadiran gamepad akan membuat layar ponsel terasa lebih lebar karena tidak lagi tertutup oleh jari saat bermain. Gamepad biasanya dijual terpisah sehingga Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkannya.


Penggunaan gamepad dapat Anda pertimbangkan apabila Anda memang ingin permainan gim terasa lebih seru. Di sisi lain, beberapa HP gaming memiliki tombol tambahan di bagian samping bodinya. Tombol tambahan ini seperti tombol L1 dan R1 pada stick PS (PlayStation). Dengan tombol tambahan ini, Anda dapat bermain seperti menggunakan gamepad tanpa harus membeli gamepad portabel.

Audio, membuat Anda makin menyatu dengan dunia gim

Audio, membuat Anda makin menyatu dengan dunia gim

Apakah Anda termasuk golongan yang tidak suka menggunakan headphone? Kalau begitu, periksalah kualitas audio HP yang Anda pilih. Kualitas audio HP bisa dilihat dari jenis speaker dan teknologi yang digunakan. Kami merekomendasikan Anda memilih HP dengan speaker dual stereo sehingga suara dapat keluar dari dua arah. 


Kemudian, pastikan ponsel yang Anda inginkan sudah dilengkapi teknologi surround sound sehingga mampu memberikan sensasi audio yang lebih hidup. Teknologi surround sound ini dimiliki oleh Dolby Atmos dan DTS Sound. Jika Anda memerhatikan kualitas audio dari HP, jangan lupa memeriksa dua hal ini juga, ya.

IP rating, menunjukkan tingkat kekukuhan dari HP

IP rating, menunjukkan tingkat kekukuhan dari HP
Sumber: samsung.com

Jika Anda memperhatikan daya tahan dan kekukuhan dari HP, periksalah ketersediaan sertifikasi dari IP rating. IP (ingress protection) dapat menunjukkan kekukuhan barang terhadap lingkungan di sekitarnya, seperti terhadap debu dan air.

Untuk Anda yang memedulikan hal ini, disarankan memilih HP dengan IP67 ke atas. HP dengan IP67 diketahui sudah antiair dan antidebu. Tidak semua ponsel khusus gim mencantumkan tentang status sertifikasi ini. Namun, Anda perlu memeriksa hal ini terutama jika Anda suka bermain di berbagai tempat dan kesempatan.

④ Lihat juga juga ketahanan baterai dari HP gaming

Lihat juga juga ketahanan baterai dari HP gaming
Sumber: realme.com

Perpaduan spesifikasi tinggi dan durasi permainan yang lama membuat konsumsi daya baterai juga tinggi. Supaya tidak perlu terlalu sering mengisi ulang daya, ada baiknya Anda memilih ponsel dengan baterai berkapasitas besar. Kapasitas baterai minimal 4.000 mAh sangat kami sarankan untuk HP gaming.


Selain kapasitas baterai yang besar, kecepatan pengisian daya juga berpengaruh pada kenyamanan Anda bermain. Beberapa HP gaming sudah menerapkan teknologi fast charging yang akan menyingkat waktu pengisian daya baterai. Dengan teknologi fast charging, Anda tidak perlu menunggu lama untuk kembali bermain.

10 Rekomendasi HP gaming terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP gaming terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Infinix

HOT 11

Infinix HOT 11 1枚目

Miliki HP gaming canggih dengan harga miring!

2

realme

GT Neo 2

realme  GT Neo 2 1枚目

Performa HP lebih stabil untuk bermain gim lama

3

Xiaomi

11T

Xiaomi  11T 1枚目

Kinerja gaming pro, kamera juga pro!

4

vivo

X70 Pro

vivo  X70 Pro  1枚目

Bodi tipis dan ringan yang nyaman dalam genggaman

5

Samsung

Galaxy A52s 5G

Samsung Galaxy A52s 5G   1枚目

Performa menawan untuk beragam jenis kebutuhan

6

Advan

GX

Advan  GX 1枚目

Produk lokal dengan performa gaming yang bersaing

7

Black Shark

Black Shark 4

Black Shark Black Shark 4 1枚目

Redam mesin panas dengan liquid cooling system

8

ASUS

ROG Phone 5

ASUS ROG Phone 5 1枚目

Kapasitas baterai besar! Gaming seharian tidak perlu charging

9

ZTE Nubia

RedMagic 6 Pro

ZTE Nubia RedMagic 6 Pro 1枚目

Main banyak game lebih nyaman dengan RAM besar

10

Lenovo

Legion 2 Pro

Lenovo  Legion 2 Pro  1枚目

Gaming makin puas dengan layar HP yang besar

Perincian produk
Close
No.1

Miliki HP gaming canggih dengan harga miring!

Untuk Anda yang mencari HP gaming dengan harga terjangkau, Infinix HOT 11 bisa menjadi pilihan yang pas. Anda bisa mendapatkan HP ini tanpa harus mengeluarkan bujet yang besar. Meski demikian, performa HP ini untuk gaming tidak perlu Anda khawatirkan. Ada beragam fitur yang akan memanjakan Anda.


Infinix Hot 11 ditenagai prosesor gaming Helio G70 yang memberikan pengalaman gaming yang memuaskan. Kemudian, ada mode Ultimate Game Booster sehingga performa HP saat gaming bisa ditingkatkan. Fitur Game Zone-nya juga membuat Anda lebih mudah mengorganisir aplikasi-aplikasi game yang Anda mainkan.

No.2

Performa HP lebih stabil untuk bermain gim lama

Apakah Anda khawatir performa HP akan naik dan turun saat gaming? Jika iya, kami menyarankan realme GT Neo 2. Pasalnya, HP ini memiliki fitur-fitur yang membuat kinerjanya konsisten. Untuk performanya sendiri, sudah ada chipset Snapdragon 870 5G sehingga HP dapat digunakan untuk memainkan game berat.


Untuk mendukung kinerjanya, HP ini memiliki cooling system yang lebar sehingga sistem penyebaran termal HP sangatlah baik. Ada juga layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan stereo speaker yang membuat gaming lebih asyik. Jangan lupakan fitur SuperDart Charge 65W yang dapat dengan cepat mengisi daya GT Neo 2 hanya dalam 36 menit.

No.3

Kinerja gaming pro, kamera juga pro!

Jika Anda mencari HP untuk gaming dan phone photography, kami merekomendasikan HP ini. Xiaomi 11T hadir dengan performa gaming dan kamera yang pro. Hal ini berkat chipset MediaTek 5G yang disematkan pada HP ini. Chipset tersebut membuat kinerja HP saat gaming menjadi stabil sehingga mesin HP tidak cepat panas.


Sementara itu, HP ini juga dilengkapi dengan kemampuan fotografi dan videografi yang mumpuni. Anda akan dimanjakan dengan kamera beresolusi 108 MP, kamera ultra-wide 120° dengan night mode, dan kamera telemacro. Ada juga One click AI cinema dengan lima efek videografi yang membuat hasil video lebih sinematik.

No.4

Bodi tipis dan ringan yang nyaman dalam genggaman

Bagi Anda yang tidak merasa nyaman menggunakan HP gaming yang berat dan suka bermain game dalam waktu lama, ini produk yang cocok. Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar, vivo X70 Pro memiliki bodi yang slim dengan bobot yang ringan. Maka dari itu, HP ini akan terasa nyaman saat berada dalam genggaman. Kemudian, baterai HP ini juga tidak boros berkat adanya optimalisasi dari vivo.

No.5

SamsungGalaxy A52s 5G

Mulai dari Rp6.499.000,00

Performa menawan untuk beragam jenis kebutuhan

Bisa dibilang Samsung Galaxy A52s 5G merupakan salah satu smartphone mid-range terbaik. Untuk Anda yang mencari HP gaming sekaligus HP utama, ini produk yang bisa Anda pertimbangkan. HP ini tidak hanya nyaman digunakan untuk gaming, tetapi juga kebutuhan lainnya.


Ada fitur Game Booster yang mengoptimalkan baterai, suhu, dan memori saat bermain game. Fitur kameranya juga sangat menawan. HP ini memiliki kamera yang mampu menghasilkan gambar yang bersih dan tajam. Selain itu, HP ini telah tersertifikasi IP67 yang antiair dan antidebu sehingga aman saat ada di luar ruangan.

No.6

Produk lokal dengan performa gaming yang bersaing

Bagi Anda yang ingin mencoba performa HP buatan Indonesia, Advan GX menjadi pilihan yang ideal. HP ini menggunakan chipset Unisoc Tiger T618 yang cocok untuk gaming. Sistem operasi HP ini juga minim fitur sehingga membantu performa HP saat gaming. Keunggulan lainnya, untuk HP berkapasitas RAM 6 GB, HP ini memiliki harga yang lebih terjangkau.

No.7

Black SharkBlack Shark 4

Mulai dari Rp10.999.000,00

Redam mesin panas dengan liquid cooling system

Sebagai HP gaming, Black Shark 4 memiliki liquid cooling system. Sistem pendingin ini diklaim mampu meredam panas berlebih hingga 30 persen. Anda pun dapat memainkan game berat tanpa takut mesin HP akan panas. 


HP ini juga mempunyai banyak fitur yang menunjang performa gaming. Salah satunya adalah Magnetic Pop-up Triggers yaitu tombol tambahan yang memungkinkan gaming seperti menggunakan gamepad. Ada juga fitur hyper charging yang mampu mengisi daya baterai hingga penuh kurang dari 17 menit. Cepat, bukan?

No.8

Kapasitas baterai besar! Gaming seharian tidak perlu charging

Jika Anda tidak ingin terganggu baterai HP akan habis saat gaming, HP ROG Phone 5 menjadi pilihan yang pas. HP ini memiliki kapasitas baterai yang besar yakni 6.000 mAh sehingga dapat digunakan seharian penuh tanpa harus charging. Penggunaan daya baterainya juga terbilang awet karena memiliki fitur bypass charging.


Dari sisi performa gaming-nya, HP ini tidak perlu Anda ragukan. HP ini memiliki refresh rate 144 Hz sehingga grafis yang dihadirkan saat gaming menjadi lebih smooth. Peletakan port USB-nya juga unik, diletakkan di samping HP. Anda pun dapat bermain game sambil charging.

No.9

ZTE NubiaRedMagic 6 Pro

Mulai dari Rp11.999.000,00

Main banyak game lebih nyaman dengan RAM besar

Dibekali dengan RAM 16 GB dan ROM 256 GB, RedMagic 6 Pro tergolong sebagai HP gaming yang berkapasitas memori besar. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa membuka game berat dengan mudah, tetapi juga menyimpan file game yang besar. 


Maka dari itu, HP ini cocok untuk Anda yang memainkan banyak jenis game. Adanya fitur Gamespace juga membantu Anda mengorganisasi game berserta setup favorit Anda.

No.10

Gaming makin puas dengan layar HP yang besar

Lenovo Legion 2 Pro memiliki ukuran layar yang besar sehingga tampilan gambar saat gaming menjadi lebih memuaskan. HP ini juga sudah dilengkapi dengan kipas pendingin ganda yang langsung dipasang pada bodinya. Anda pun tidak perlu membeli kipas portabel lagi.


Pada bagian atasnya, terdapat tombol R1 dan L1 sehingga menawarkan sensasi gaming seperti menggunakan gamepad. Untuk charging-nya, HP ini memiliki dua port USB-C. Anda dapat melakukan dua charging agar daya baterai terisi lebih cepat. 

Baca juga rekomendasi produk periferal gaming lainnya di sini

Untuk menambah keseruan Anda saat gaming, Anda bisa menambahkan periferal gaming lainnya. Beberapa produk yang bisa Anda miliki, seperti gamepad, game controller, dan in-ear headphone gaming. Anda dapat menggunakan produk-produk khusus gaming seperti yang kami rekomendasikan di sini. 

Kesimpulan

Anda sudah membaca beberapa tips memilih HP gaming yang kami berikan. Kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi produk HP gaming yang ada di pasaran. Sudahkah Anda menemukan produk yang diinginkan?


Selain HP gaming, Anda juga dapat mempertimbangkan membeli peralatan tambahan seperti gamepad, powerbank, headset, dan lain sebagainya. Keberadaan peralatan tambahan ini juga akan menambah keasyikan Anda saat bermain, lho! Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan produk yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer