• 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Perona pipi atau lebih dikenal dengan blush on merupakan kosmetik yang dapat membuat wajah terlihat cerah dan segar. Kini, blush on lokal memiliki kualitas yang tidak kalah kerennya dengan produk internasional. Para produsen kosmetik dalam negeri saling berlomba menawarkan banyak pilihan blush on lokal yang mungkin membingungkan Anda. 


Di artikel ini, kami akan mengulas cara memilih blush on lokal yang bagus agar memudahkan Anda menemukan produk. Ada juga sepuluh produk rekomendasi blush on lokal terbaik dari sejumlah merek, seperti Esqa Cosmetics, Rollover Reaction, dan BLP Beauty. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Apa fungsi blush on?

Apa fungsi blush on?

Dari sekian banyak tahapan rias wajah, blush on dianggap menjadi salah satu yang terpenting. Itulah sebabnya mengapa para produsen kosmetik bersaing membuat produk blush on yang bagus. Lantas, sebenarnya apa saja fungsi blush on dalam sebuah riasan wajah? Silakan simak poin-poin berikut ini.


  • Mempertegas tulang pipi. Bagi sebagian orang, wajah yang tampak tirus merupakan sebuah impian. Dengan menggunakan blush on, aksen tulang pipi Anda akan lebih terlihat sehingga wajah terkesan lebih tegas.
  • Memberi rona yang segar dan sehat pada wajah. Sering kali, wajah akan tampak pucat atau kusam. Untuk menyamarkannya, terutama saat berada di acara penting, gunakanlah blush on. Warna yang diberikan blush on akan membuat pipi Anda merona dan terlihat lebih segar.
  • Untuk tampilan lebih awet muda. Hal ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Saat wajah Anda tampak lebih segar dan sehat, biasanya Anda juga akan tampak awet muda. Kesan ini tentu penting, terutama bagi Anda yang sering berurusan dengan banyak orang.

Cara memilih blush on lokal

Pertama-tama, kami akan membahas sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih blush on lokal. Agar tidak salah beli, pastikan Anda menyimaknya dengan teliti, ya.

Ketahui tipe blush on yang sesuai

Sama seperti produk kosmetik pada umumnya, blush on lokal juga hadir dalam berbagai tipe. Pilihlah tipe blush on yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda agar hasilnya lebih maksimal. 

Powder blush, tipe paling populer yang mudah digunakan

Powder blush, tipe paling populer yang mudah digunakan

Tipe blush on yang mungkin paling sering Anda jumpai adalah powder blush atau perona pipi berbentuk bubuk. Beberapa produk powder blush memiliki tekstur menyerupai bedak tabur, tetapi ada pula yang seperti bedak padat. Umumnya, tipe ini bersifat blendable, artinya Anda bisa menentukan sendiri intensitas warnanya di pipi.


Blush on tipe powder diaplikasikan ke wajah dengan kuas atau blush on brush. Sejumlah produsen menyertakan kuas untuk mengaplikasikan produk di dalam kemasan, tetapi Anda juga bisa menggunakan kuas lain. Tipe ini cocok untuk pemilik kulit berminyak karena tidak menambah kilap di wajah

Cushion blush, warna merata dengan lebih sempurna

Cushion blush hadir dalam kemasan compact dan dilengkapi dengan cermin di kemasannya, serta aplikator berupa sponge. Sama seperti memakai BB cushion, Anda hanya perlu menekan sponge pada cushion, lalu mengaplikasikannya ke wajah. Konsistensi cushion blush umumnya tidak terlalu kental dan mudah di-blend, cocok untuk menyamarkan harsh line. Warnanya pun cukup pigmented, membuatnya tak lekas pudar. 

Cream blush dan liquid blush, lebih menempel di kulit serta tahan lama

Cream blush dan liquid blush, lebih menempel di kulit serta tahan lama

Anda yang memiliki kulit kering sebaiknya memilih blush on berbentuk cream atau liquid. Tidak seperti powder blush yang berisiko membuat riasan terlihat cakey, blush on tipe cair akan menempel di pipi Anda. Sesuai namanya, cream blush memiliki tekstur lebih creamy dibandingkan liquid blush


Keunggulan blush on tipe ini adalah warnanya lebih membaur dengan kulit sehingga wajah terlihat merona natural. Jika Anda menggunakan bedak di wajah Anda, tunggulah beberapa saat sebelum mengaplikasikan blush on tipe cream atau liquid. Anda bisa mengoleskan blush on dengan beauty blender atau jari dan membaurkannya sampai menampilkan intensitas yang diinginkan. 

Stick blush, praktis dan berpigmentasi tinggi

Stick blush, praktis dan berpigmentasi tinggi

Tipe yang satu ini memiliki bentuk seperti lipstik konvensional, yakni sama-sama menggunakan mekanisme retractable. Cara menggunakannya dengan memutar blush on secukupnya, poleskan di pipi, lalu ratakan dengan spons atau jari. 


Selain praktis, blush on tipe stik kian digemari berkat warnanya yang cenderung lebih pigmented. Blush on dalam kemasan stik memiliki tekstur yang beragam, mulai dari creamy sampai lebih padat. Untuk hasil yang natural, sebaiknya jangan memoles produk terlalu banyak. Sedikit sapuan saja sudah cukup membuat pipi tampak merona. 

Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Selain memilih blush on berdasarkan tipe, Anda juga dapat memilih produk dari hasil akhir yang ditampilkan. Hasil akhir blush on yang berbeda ini juga mempengaruhi riasan dan penampilan Anda, lho. Berikut ini beberapa jenis hasil akhir yang dihasilkan blush on di pipi Anda. 


  • Hasil akhir matte yang bebas kilau. Jenis ini sesuai untuk riasan sehari-hari dengan tampilan natural. Selain itu, tipe kulit Anda yang berminyak juga dijamin cocok.

  • Hasil akhir velvet dan satin. Hasil akhir tersebut mirip dengan matte, yaitu nyaris tanpa kilau. Tipe cream blush, liquid blush, atau stick blush, umumnya menghasilkan kedua hasil akhir tersebut. Jika Anda menyukai riasan dewy ala Korean look, blush on dengan satin finish cocok digunakan. 

  • Hasil akhir shimmer yang berkilau. Untuk makeup yang glowing, Anda bisa memilih blush on yang memiliki partikel shimmer atau glitter yang halus. Blush on dengan hasil akhir shimmer dan glitter bisa jadi mempertegas tekstur kulit. Namun, bila Anda memiliki pori-pori besar dan bekas jerawat di area pipi, sebaiknya hindari jenis ini. 

Sesuaikan warna blush on dengan warna kulit Anda

Pemilihan warna blush on sesuai warna kulit akan membuat riasan Anda semakin stunning. Produk akan terlihat menyatu dengan kulit Anda secara lebih natural. Simak ulasan selengkapnya berikut ini! 

Kulit terang, pilih blush on berwarna soft pink, light coral, atau peach

Kulit terang, pilih blush on berwarna soft pink, light coral, atau peach

Warna-warna soft seperti soft pink, coral, atau peach sesuai bagi Anda yang memiliki kulit terang. Warna-warna tersebut akan membuat wajah Anda terlihat merona sehat dan tidak pucat. Riasan Anda juga akan terlihat manis dan lebih natural. 


Jika kulit terang Anda memiliki cool undertone, pilihlah blush on bernuansa merah muda, seperti soft pink atau soft lavender. Untuk kulit terang dengan warm undertone, warna soft orange atau peach lebih cocok di pipi Anda. 

Kulit medium, pilih blush on bernuansa mauve atau aprikot

Kulit medium, pilih blush on bernuansa mauve atau aprikot

Anda yang memiliki kulit cenderung netral, medium, serta sawo matang dapat memilih blush on dengan nuansa mauve (merah muda keunguan) atau aprikot (oranye kekuningan). Warna aprikot akan mencerahkan kulit medium dengan warm skintone. Sementara itu, mauve akan terlihat bagus pada cool undertone


Untuk tampilan yang lebih mencolok, cobalah blush on bernuansa berry. Blush on dengan nuansa berry atau merah keunguan akan memberikan kesan seksi di wajah Anda. Anda dapat mengaplikasikan warna lebih intens untuk acara tertentu, misalnya pesta di malam hari.

Kulit gelap, pilih blush on berwarna merah bata, cokelat, atau tangerine

Kulit gelap, pilih blush on berwarna merah bata, cokelat, atau tangerine

Jika Anda memiliki kulit gelap, warna-warna bernuansa warm akan merona indah di wajah Anda. Warna blush on yang direkomendasikan untuk kulit gelap antara lain merah bata, cokelat, deep fuchsia, dan tangerine. 


Blush on berwarna deep fuchsia atau merah bata sangat pas digunakan pemilik cool undertone. Sementara itu, warna cokelat serta tangerine lebih cantik untuk warm undertoneBlush on tersebut akan membuat kulit Anda terlihat dewy dan berkilau alami. Untuk mendapatkan kilau lebih, pilihlah blush on dengan unsur keemasan atau tambahkan highlighter.


Pertimbangkan produk yang multifungsi dan bersertifikasi

Pertimbangkan produk yang multifungsi dan bersertifikasi

Belakangan ini, produsen kosmetik lokal turut berinovasi dengan menambah fungsi pada blush on. Selain memberikan rona pada pipi, beberapa produk bisa Anda gunakan di kelopak mata dan bibir. Tidak hanya praktis, kosmetik multifungsi tersebut dapat membuat makeup Anda terlihat lebih serasi.


Jangan lupa perhatikan sertifikasi produk lokal yang diinginkan agar kulit Anda terlindungi. Pastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sehingga aman digunakan. Jika perlu, Anda juga bisa mengecek sertifikasi halal produk. 

10 Rekomendasi blush on lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blush on lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Make Over Multifix Matte Blusher 1

Make Over

2
Hebe Beauty Y.O.U The Simplicity Flush Blush 1

Hebe Beauty

3
Emina Cosmetics Cheeklit Cream Blush 1

Emina Cosmetics

4
Inez Cosmetics Blusher 1

Inez Cosmetics

5
Pixy Cosmetics Twin Blush 1

Pixy Cosmetics

6
BLP Beauty Face Glow 1

BLP Beauty

7
Esqa Cosmetics Radiant Cushion Blush 1

Esqa Cosmetics

8
Luxcrime Seamless Liquid Blush in Salted Caramel 1

Luxcrime

9
Rollover Reaction Haloblush Coloring Stick 1

Rollover Reaction

10
Wardah Colorfit Cream Blush 1

Wardah

Nama produk

Multifix Matte Blusher

Y.O.U The Simplicity Flush Blush

Cheeklit Cream Blush

Blusher

Twin Blush

Face Glow

Radiant Cushion Blush

Seamless Liquid Blush in Salted Caramel

Haloblush Coloring Stick

Colorfit Cream Blush

Keunggulan

Tahan lama hingga 8 jam, wajah terlihat segar sepanjang hari

Warnanya pigmented dan cocok untuk kulit sawo matang

Warna-warna natural yang tahan lama berikan tampilan awet muda

Blush on berpigmentasi tinggi yang melembapkan dan melindungi kulit

Formula 2-in-1, bisa digunakan di pipi dan bibir

Beli blush on, dapat highlighter sekaligus!

Praktis, produk 3-in-1 yang buildable dan blendable

Formula ringan untuk flawless make up sehari-hari

Tiga pilihan warna warm yang pas untuk kulit orang Indonesia

Diperkaya vitamin E, hasilkan rona segar alami pada wajah

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 49.000,00Rp 31.500,00Rp 51.000,00Rp 50.000,00Rp 189.000,00Rp 150.000,00Rp 89.000,00Rp 139.000,00Rp 50.000,00
Berat/isi9 gram3,5 g10 ml6,4 gram4 gram8 gram5 gram3 ml5,3 gramTidak disebutkan
TipeStick blushCream blushCream blushPowder blushCream blushPowder blushCushion blush (liquid)Liquid blushStick blushCream blush
Hasil akhirMatte finishSatin, shimmer finishSatin finishShimmer finishVelvet finishSatin, shimmer finishSatin finishMatte, shimmer finishVelvet matte finishSatin finish
Varian5 warna6 warna4 warna9 warna5 warna3 warna5 warna6 warna3 warna3 warna
Tautan produk
10
Berat/isiTidak disebutkan
TipeCream blush
Hasil akhirSatin finish
Varian3 warna
9

Rollover ReactionHaloblush Coloring Stick

Mulai dari Rp 139.000,00

Berat/isi5,3 gram
TipeStick blush
Hasil akhirVelvet matte finish
Varian3 warna
8

LuxcrimeSeamless Liquid Blush in Salted Caramel

Mulai dari Rp 89.000,00

Berat/isi3 ml
TipeLiquid blush
Hasil akhirMatte, shimmer finish
Varian6 warna
7

Esqa CosmeticsRadiant Cushion Blush

Mulai dari Rp 150.000,00

Berat/isi5 gram
TipeCushion blush (liquid)
Hasil akhirSatin finish
Varian5 warna
6
Berat/isi8 gram
TipePowder blush
Hasil akhirSatin, shimmer finish
Varian3 warna
5
Berat/isi4 gram
TipeCream blush
Hasil akhirVelvet finish
Varian5 warna
4
Berat/isi6,4 gram
TipePowder blush
Hasil akhirShimmer finish
Varian9 warna
3
Berat/isi10 ml
TipeCream blush
Hasil akhirSatin finish
Varian4 warna
2

Hebe BeautyY.O.U The Simplicity Flush Blush

Mulai dari Rp 49.000,00

Berat/isi3,5 g
TipeCream blush
Hasil akhirSatin, shimmer finish
Varian6 warna
1
Berat/isi9 gram
TipeStick blush
Hasil akhirMatte finish
Varian5 warna

Tips memakai blush on

Sebagai perona wajah, sebaiknya blush on diaplikasikan dengan tepat. Apabila tidak, bisa-bisa blush on menghasilkan kesan yang kurang maksimal. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut agar make up Anda makin sempurna dengan blush on.

Gunakan alat atau pemulas yang sesuai

Gunakan alat atau pemulas yang sesuai

Beda jenis blush on akan berbeda pula alat untuk memulasnya. Oleh karena itu, usahakan Anda memilih alat yang tepat supaya hasil blush on lebih maksimal, ya. Beberapa alat yang kami rekomendasikan adalah kuas make up untuk powder blush, jari tangan atau spons untuk liquid, creamy, cushion, dan stick blush.

Tentukan titik yang tepat

Tentukan titik yang tepat

Pada tahap ini, Anda harus lebih berhati-hati. Jika blush on disapukan terlalu ke bawah atau terlalu dekat dengan mulut, pipi Anda akan terkesan berat dan turun. Hal itu akan menyebabkan wajah terlihat lebih tua. Itulah mengapa Anda harus menentukan titik yang tepat. Kasus pada setiap orang dapat berbeda, tetapi biasanya, blush on disapukan sepanjang tulang pipi ke arah pelipis. Dengan begini, aksen wajah Anda akan lebih terlihat, terutama saat tersenyum. 

Aplikasikan blush on dan ratakan secara perlahan

Aplikasikan blush on dan ratakan secara perlahan

Saat mengaplikasikan blush on di wajah, pastikan Anda tidak langsung memoleskannya dengan tebal. Mulai dari lapisan tipis dan ratakan secara perlahan. Apabila dirasa kurang, Anda bisa tambahkan lapisan berikutnya. Cara ini lebih baik karena jika blush on Anda terlanjur terlalu tebal, akan lebih susah untuk menguranginya. Setelah rata, pastikan tidak ada harsh line dan seimbangkan antara pipi kanan dan kiri.

Baca juga rekomendasi produk blush on lainnya di sini

Selain blush on dari dalam negeri, kami telah mengulas sejumlah produk perona pipi lainnya yang juga direkomendasikan. Kami telah merangkum artikel blush on berdasarkan bentuk dan usia pengguna sehingga memudahkan untuk mencari produk. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut, klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan blush on lokal yang menarik hati untuk dijadikan koleksi? Pemakaian blush on dapat mempercantik riasan Anda sehingga terlihat lebih segar dan menawan. Kuncinya, pilih produk dengan tipe, hasil akhir, dan warna yang sesuai dengan Anda.


Jangan lupa untuk memperhatikan kegunaan tambahan dan keamanan produk pilihan Anda. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih blush on produksi dalam negeri. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Memakai makeup tak lengkap rasanya tanpa polesan blush on di pipi. Dengan menambahkan blush on, Anda bisa melihat perbedaan yang nyata, lho. Selain memberi efek merona, blush on juga dapat mempertegas bentuk wajah. Tidak hanya remaja, wanita dewasa usia 40-an juga perlu menggunakan blush on untuk menunjang penampilan. Artikel ini akan membantu Anda menemukan blush on yang ideal untuk mature skin. Selain tips memilih, kami juga merekomendasikan sepuluh blush on yang bagus dari sejumlah merek. Ada blush on dari ESQA, Wardah, Make Over, dan Luxcrime. Simak, yuk!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori