• 10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Terbaik untuk Mengatasi Jerawat Badan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat tidak hanya dapat menyerang wajah, tetapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, dan leher. Apakah Anda juga sedang mengalaminya? Ada satu solusi yang bisa Anda coba, yaitu menggunakan sabun untuk jerawat badan.


Artikel ini secara khusus akan membahas sabun untuk mengatasi jerawat badan. Tak lupa, kami akan memberikan tips untuk memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk sabun untuk jerawat badan yang bagus dari merek terkemuka, seperti Cetaphil, Sebamed, dan Asepso. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.


Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Apa penyebab jerawat tumbuh di badan?

Apa penyebab jerawat tumbuh di badan?
Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab utama jerawat tumbuh di badan. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasnnya.

  • Kulit manusia memiliki pori-pori yang menghasilkan kelenjar minyak. Kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori sehingga kelenjar minyak terperangkap di dalamnya. Hal itulah yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

  • Pori-pori yang tersumbat juga dapat memicu berkembangnya kuman dan bakteri sehingga timbul jerawat yang berwarna merah dan menyebabkan kulit meradang. Siklus tersebut dapat menjadi parah jika Anda memiliki produksi kelenjar minyak yang berlebih di kulit. Itulah mengapa tipikal kulit berminyak lebih mudah jerawatan.

  • Keringat juga mampu menimbulkan jerawat di badan. Saat Anda berkeringat, kondisi kulit menjadi lembap sehingga kuman dan bakteri penyebab jerawat mudah berkembang. Kondisi tersebut dapat makin parah jika Anda tidak mandi dengan bersih setelah berkeringat seharian.

  • Bahan baju yang tidak menyerap keringat dan dipakai terlalu ketat akan membuat kulit menjadi lembap. Akibatnya, jerawat dapat muncul dan berpotensi meradang karena adanya gesekan dengan permukaan kain.

  • Terlalu sering memegang atau menggaruk kulit tanpa mencuci tangan juga dapat memicu jerawat. Hal itu karena bakteri atau kuman yang ada di tangan tidak dibersihkan dengan sempurna sehingga menempel ke kulit.
dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Jerawat (acne vulgaris) adalah suatu penyakit inflamasi kronis dari unit pilosebaceous. Terdapat beberapa faktor penyebab jerawat, yaitu:

  • produksi kelenjar sebasea yang berlebih;
  • sumbatan pada kelenjar sebasea;
  • keradangan atau inflamasi; dan
  • infeksi bakteri P. acne.

Penelitian juga menunjukkan makanan yang mengandung glycemic index tinggi dapat memicu jerawat. Konsumsi susu berprotein tinggi juga dapat menyebabkan jerawat pada badan terutama pada remaja.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun untuk mengatasi jerawat badan

Kini, ada banyak sabun mandi untuk mengatasi jerawat di badan. Berbagai produk memiliki manfaat dan keunggulan masing-masing. Agar Anda tidak bingung memilihnya, baca dengan saksama ulasan berikut ini!

Pastikan sabun mengandung senyawa anti-acne

Pastikan sabun mengandung senyawa anti-acne

Agar lebih efektif melawan jerawat di badan, pastikan sabun mandi yang Anda pilih mengandung senyawa anti-acne. Anda dapat memilih produk dengan kandungan tea tree oil, niacinamide, dan sulfur. Senyawa anti-acne tersebut ampuh melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.


Anda juga dapat memilih sabun mandi dengan senyawa anti-acne yang dapat mempercepat penyembuhan luka, misalnya ekstrak rumput laut dan tamanu oil. Kedua senyawa tersebut mampu membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga jaringan yang rusak akibat jerawat dapat segera pulih.


Jika Anda sering dan sedang mengalami jerawat yang meradang, pilihlah senyawa anti-acne yang juga berfungsi sebagai antiperadangan. Senyawa anti-acne seperti BHA, AHA, dan PHA dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang serta mencegah munculnya jerawat baru.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 yang dapat larut dalam air. Niacinamide juga mudah diterima oleh berbagai jenis kulit. Kandungan dari tea tree oil mengandung antibakteri natural yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, tea tree oil juga mengandung anti-inflamasi yang dapat mengurangi warna kemerahan pada kulit wajah berjerawat.

Cari produk yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit

Cari produk yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit

Jenis kulit yang berminyak memang rentan terserang jerawat, apalagi jika Anda sering berkeringat dan tidak menjaga kebersihan badan dengan baik. Kuman dan bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur karenanya. Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilihlah produk dengan kandungan oil control.


Kandungan oil control ini dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit agar tidak berlebihan. Selain itu, produk dengan oil control juga dapat membantu membersihkan minyak berlebih sehingga tidak menyumbat pori-pori. Contoh bahan yang dapat mengontrol minyak di kulit adalah charcoal, tea tree extract, dan castrol oil.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Licorice atau akar manis juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat hingga kemerahan pada kulit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya juga menjadikan licorice mampu melembapkan kulit.


Castor oil memiliki sifat antiperadangan yang bermanfaat dalam penyembuhan jerawat. Adanya peradangan dapat menjadi faktor berkembang serta meningkatnya keparahan jerawat. Mengoleskan castor oil ke kulit akan membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab jerawat.

Pilih yang dapat memudarkan bekas jerawat

Pilih yang dapat memudarkan bekas jerawat

Jerawat di badan dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan pigmentasi sehingga menyebabkan munculnya noda berwarna cokelat maupun hitam pada kulit. Hal itu tentunya dapat mengganggu penampilan Anda. Apabila Anda sedang mengalami masalah tersebut, sebaiknya pilih produk yang mengandung whitening agent. 


Senyawa whitening, seperti citric acid dan lactid acid, dapat menghambat pembentukan melanin akibat kerusakan jaringan kulit. Dengan demikian, noda bekas jerawat dapat berangsur-angsur pudar. Selain itu, senyawa whitening ini juga mampu mengatasi masalah kulit kusam dan warna kulit tidak merata.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Lactic acid termasuk dalam alfa hydroxyl acid berperan dalam proses eksfoliasi sehingga menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Lactic acid  bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak alami yang berlebih yang menjadi penyebab jerawat muncul. Proses eksfoliasi ini juga dapat mencerahkan kulit. Lactic acid terdapat pada bahan alami seperti susu.


Citric acid termasuk paling rendah kadar asamnya dibandingkan asam AHA lain. Namun, citric acid tidak bisa menyerap jauh ke dalam lapisan kulit. Citric acid terdapat pada buah-buahan seperti lemon atau jeruk.

Utamakan produk yang dapat mengembalikan kelembapan alami kulit

Utamakan produk yang dapat mengembalikan kelembapan alami kulit

Beberapa sabun jerawat menggunakan bahan yang dapat mengurangi kontrol minyak di kulit sehingga kulit menjadi lebih kering. Untuk membuat kelembapan kulit tetap seimbang, sebaiknya Anda memilih produk dengan kandungan moisturizer.


Produk dengan kandungan moisturizer dapat membantu menjaga kadar air di kulit. Efeknya, kulit senantiasa lembap dan tidak mudah kering meski terkena senyawa anti-acne yang bisa membuat kulit kering. Anda dapat memilih produk dengan kandungan moisturizer, seperti Aloe vera, vitamin E, dan glycerin yang efektif melembapkan kulit.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Saat kita menggunakan produk oil control maupun eksfoliator, kulit kita rentan mengalami iritasi. Sebaiknya gunakan kombinasi secara seimbang produk yang mengeringkan atau menurunkan produksi minyak dengan moisturizer yang dapat membantu melembapkan kulit.


Pelembap seperti Aloe vera dapat dipakai semua jenis kulit. Gunakan pelembap ini bila kulit terasa kaku dan kering. Oleskan secara merata terutama setelah mandi.

Tentukan berdasarkan bentuknya, pilih yang paling nyaman digunakan

Selain melihat kandungannya, penting juga untuk memilih sabun berdasarkan bentuknya agar lebih nyaman saat memakainya. Mari membahasnya lebih lanjut!

Sabun cair, lebih higienis saat dipakai

 Sabun cair, lebih higienis saat dipakai

Untuk Anda yang mementingkan segi kebersihan sabun, sebaiknya pilihlah sabun mandi cair. Sabun berbentuk cair tersimpan dalam botol atau wadah tertutup sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh kotoran. Sabun jenis ini juga tergolong praktis karena mudah disimpan dan dibawa bepergian.

Sabun batang, pilihan yang lebih ekonomis

Sabun batang, pilihan yang lebih ekonomis

Jika dibandingkan dengan jenis cair, sabun jerawat badan berbentuk batang biasanya relatif lebih murah. Soal khasiat dalam mengatasi jerawat, sabun mandi batang sama baiknya dengan sabun cair. Namun, sabun jenis ini lebih mudah terpapar kotoran di kamar mandi Anda. Jika Anda memilih menggunakan sabun batang, usahakan jangan sampai terjatuh di kamar mandi, ya!

10 Rekomendasi sabun terbaik untuk mengatasi jerawat badan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun terbaik untuk mengatasi jerawat badan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala Mahardika.

10

ZenAntibacterial Sabun Cair Shiso & Sulphur Pump

Mulai dari Rp 45.450,00

Pilihan isi 500 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne Sulfur
Whitening agentShiso merah
Moisturizer Tidak diketahui
Oil-control Sulfur
9

Asepso Sulphur Plus Salicylic Acid for Acne Prone Skin

Mulai dari Rp 7.500,00

Pilihan isi 80 gr
Bentuk Batang
Kandungan anti-acne Sulfur, salicylic acid
Whitening agentTitanium dioxide
Moisturizer Glycerin
Oil-control Sulfur, salicylic acid
8
Pilihan isi 65 gr
Bentuk Batang
Kandungan anti-acne Sulfur, sodium citrate, niacinamide, lactic acid
Whitening agentSodium citrate, niacinamide
Moisturizer Glycerin, propylene glycol lactic acid
Oil-control Sulfur
7

Neutrogena Body Clear Acne Treatment Body Wash with Salicylic Acid

Mulai dari Rp 169.000,00

Pilihan isi 250 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne Salicylic acid
Whitening agentCitric acid, chamomile extract
Moisturizer Glycerin, Aloe barbadensis leaf extract
Oil-control Salicylic acid
6
Pilihan isi 200 ml, 1000 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne Allantoin, niacinamide
Whitening agentPentavitin, glycerin
Moisturizer Niacinamide
Oil-control X
5

Kun Anta!Acne Herbal Solution Body Wash

Mulai dari Rp 129.900,00

Pilihan isi 250 ml, 500 ml, 1000 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne Centella asiatica, tea tree oil, blackseed oil
Whitening agentBlackseed oil
Moisturizer Centella asiatica
Oil-control Activated charcoal
4

SomeByMi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser

Mulai dari Rp 485.000,00

Pilihan isi 400 gr
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne BHA, AHA, PHA, Truecica
Whitening agentHouttuynia cordata extract
Moisturizer Glycerin
Oil-control Eucalyptus
3
Pilihan isi 80 gr
Bentuk Batang
Kandungan anti-acne Isopropyl methylphenol
Whitening agentAllantoin
Moisturizer Aloe vera, vitamin E
Oil-control Dipotassium glycyrrhizate
2
Pilihan isi 300 ml, 500 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne Tea tree oil
Whitening agentGoat's milk
Moisturizer Goat's milk, olive oil, jojoba oil, coconut oil, shea butter, glycerin
Oil-control Tea tree oil
1
Pilihan isi 125 ml
Bentuk Cair
Kandungan anti-acne X
Whitening agentX
Moisturizer Glycerin, butylene glycol
Oil-control Panthenol, castrol oil

Tabel perbandingan produk sabun terbaik untuk mengatasi jerawat badan

Gambar produk
1
Cetaphil  Oily Skin Cleanser 1

Cetaphil

2
The Bath Box Goats Don't Lie Tea Tree 1

The Bath Box

3
Rohto Acnes Washing Bar 1

Rohto

4
SomeByMi  AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser 1

SomeByMi

5
Kun Anta! Acne Herbal Solution Body Wash  1

Kun Anta!

6
Sebamed  Liquid Face & Body Wash 1

Sebamed

7
Neutrogena  Body Clear Acne Treatment Body Wash with Salicylic Acid 1

Neutrogena

8
JF  Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar 1

JF

9
Asepso   Sulphur Plus Salicylic Acid for Acne Prone Skin 1

Asepso

10
Zen Antibacterial Sabun Cair Shiso & Sulphur Pump 1

Zen

Nama produk

Oily Skin Cleanser

Goats Don't Lie Tea Tree

Acnes Washing Bar

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser

Acne Herbal Solution Body Wash

Liquid Face & Body Wash

Body Clear Acne Treatment Body Wash with Salicylic Acid

Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar

Sulphur Plus Salicylic Acid for Acne Prone Skin

Antibacterial Sabun Cair Shiso & Sulphur Pump

Keunggulan

Basmi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering

Sabun mandi natural tanpa pengawet, detergen, dan pewangi buatan

Redakan kemerahan di kulit akibat jerawat

Efektif memulihkan kondisi kulit yang rusak

Kandungannya aman untuk ibu hamil dan menyusui, bahkan untuk anak-anak

Aman untuk kulit sensitif Anda

Rahasia kulit cantik dan bebas jerawat

Pudarkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan

Lawan jerawat beruntusan yang membandel

Menghilangkan jerawat sekaligus kuman dan bakteri

Harga mulai dariRp 237.000,00Rp 149.000,00Rp 8.900,00Rp 485.000,00Rp 129.900,00Rp 160.000,00Rp 169.000,00Rp 12.900,00Rp 7.500,00Rp 45.450,00
Pilihan isi 125 ml 300 ml, 500 ml80 gr 400 gr250 ml, 500 ml, 1000 ml200 ml, 1000 ml250 ml 65 gr80 gr 500 ml
Bentuk Cair Cair Batang CairCairCairCair Batang BatangCair
Kandungan anti-acne XTea tree oilIsopropyl methylphenol BHA, AHA, PHA, TruecicaCentella asiatica, tea tree oil, blackseed oilAllantoin, niacinamide Salicylic acidSulfur, sodium citrate, niacinamide, lactic acid Sulfur, salicylic acid Sulfur
Whitening agentXGoat's milkAllantoinHouttuynia cordata extractBlackseed oilPentavitin, glycerin Citric acid, chamomile extract Sodium citrate, niacinamide Titanium dioxide Shiso merah
Moisturizer Glycerin, butylene glycolGoat's milk, olive oil, jojoba oil, coconut oil, shea butter, glycerinAloe vera, vitamin E GlycerinCentella asiaticaNiacinamide Glycerin, Aloe barbadensis leaf extractGlycerin, propylene glycol lactic acidGlycerin Tidak diketahui
Oil-control Panthenol, castrol oil Tea tree oilDipotassium glycyrrhizate EucalyptusActivated charcoalXSalicylic acidSulfurSulfur, salicylic acid Sulfur
Tautan produk

Tips mencegah munculnya jerawat badan

Tips mencegah munculnya jerawat badan

Di atas, kami sudah menjelaskan mengenai penyebab munculnya jerawat badan. Agar jerawat tidak muncul kembali, kali ini kami akan membagikan beberapa tips untuk mencegahnya.


  • Kurangi konsumsi makanan tertentu 

Makanan yang mengandung gorengan dipercaya mampu menyebabkan jerawat. Namun, menurut American Academy of Dermatology makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi juga berisiko membuat jerawat di badan muncul kembali. Beberapa di antaranya adalah nasi putih, roti putih, pasta, dan kentang. Selain itu, makanan manis dan cepat saji juga perlu Anda kurangi!


  • Menjaga kebersihan badan

Menjaga kebersihan badan tak hanya mandi dengan sabun saja. Badan juga perlu dieksfoliasi secara rutin. Anda bisa memakai scrub atau peeling gel untuk mengangkat sel kulit mati. Menggosok tubuh dengan shower puff atau semacamnya keras-keras tidak termasuk karena hanya akan merusak kulit Anda. 


  • Pola hidup sehat 

Jerawat di badan juga bisa muncul karena hormon, stres, dan pola hidup yang tak sehat. Maka dari itu, bila ingin mencegah jerawat muncul kembali, Anda harus olahraga, makan bergizi, dan tidur yang cukup.

Baca juga rekomendasi produk sabun jerawat lainnya di sini

Sabun jerawat telah dikenal sejak lama efektif mengatasi jerawat. Tidak heran, kini ada berbagai jenis sabun jerawat dengan kualitas baik yang dijual di pasaran. Apabila Anda tertarik dengan rekomendasi sabun jerawat lainnya, baca juga link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai sabun terbaik untuk mengatasi jerawat badan. Semoga tips memilih dari kami dapat bermanfaat. Dari sepuluh produk rekomendasi kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang disuka?


Untuk mencegah jerawat di badan, Anda wajib menjaga kebersihan tubuh dan pakaian. Cucilah pakaian secara rutin dan hindari penggunaan secara berulang tanpa mencucinya. Biasakan juga mandi secara teratur minimal dua kali sehari, terutama setelah berolahraga dan berkeringat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka banyak beredar di pasaran. Merek impor, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.Saat memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Deodorant Dove yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deodorant Dove yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Ketiak merupakan bagian lipatan tubuh yang banyak menghasilkan keringat dan menjadi tempat menempelnya bakteri. Memakai deodorant adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan di ketiak. Dove merupakan salah satu merek kosmetik yang memproduksi deodorant yang bagus dengan harga terjangkau.Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih deodorant Dove. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Beberapa di antaranya adalah Dove Complete Care dan Dove Sensitive Antiperspirant.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori