mybest
Sereal

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan olahan kering
  4. 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

Sereal jagung atau yang dikenal juga dengan corn flakes dapat menjadi pilihan untuk menu sarapan. Sereal jagung cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan, bahkan bagi Anda yang sedang diet. Ibu hamil pun bisa mengonsumsi sereal jagung. Hal ini karena sereal jagung memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.


Ikuti cara memilih sereal jagung yang kami bahas pada artikel ini untuk mendapatkan produk yang bagus. Kami juga akan merekomendasi produk sereal jagung yang enak dari berbagai merek, seperti Nestlé dan Kellogg's. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, S.P., sehingga terjamin.

Diperbaharui 14/07/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu sereal jagung?

Apa itu sereal jagung?

Saat pertama kali mendengar istilah sereal jagung, apakah yang terlintas di pikiran Anda? Seperti halnya sereal gandum, sereal jagung adalah emping atau serpihan jagung panggang yang dinikmati seperti sereal. Selain bisa dinikmati langsung sebagai camilan, Anda bisa menyantapnya bersama dengan kuah dan topping. Anda dapat mencampurkannya dengan susu, jus, smoothie ataupun yoghurt.


Lalu, bagaimana dengan topping-nya? Anda bisa memakai berbagai jenis topping, seperti potongan roti hingga buah-buahan. Jika Anda menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu murni agar rasanya jauh lebih nikmat. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sereal jagung

Meskipun terkesan sepele, memilih sereal jagung juga ada triknya. Awalnya semua produk memang terlihat sama saja. Namun, jika Anda memperhatikan secara detail bagian kemasannya, pasti akan tahu perbedaan dan keunggulan tiap-tiap produk. Untuk lebih detailnya, silakan cek ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1

Pilih berdasarkan varian rasanya

Dewasa ini sereal jagung tersedia dalam banyak varian rasa. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak pilihan dan bisa gonta-ganti sajian setiap harinya. Mulai dari sereal jagung rasa original hingga rasa manis madu, semuanya bisa Anda beli di marketplace

Original: Rasa autentik jagung yang lebih netral

Original: Rasa autentik jagung yang lebih netral

Boleh saja sereal jagung dengan varian rasa baru bermunculan, tetapi sereal jagung rasa original tetaplah cinta pertama bagi banyak orang. Hal ini khususnya untuk Anda yang sangat menyukai rasa dan aroma alami jagung yang sangat khas. Karena alasan ini, varian rasa original bisa dinikmati oleh semua kalangan. 


Selain lebih banyak jenisnya di pasaran, varian rasa original juga lebih mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Jika Anda ingin mempertahankan rasa alaminya, nikmatilah bersama air mineral atau susu. Namun, Anda juga bisa menikmatinya bersama-sama dengan bahan makanan lain sesuai selera. 

Buah-buahan: Lebih fresh dan kaya akan vitamin

Buah-buahan: Lebih fresh dan kaya akan vitamin

Jika Anda menyukai cita rasa yang lebih fresh, silakan memilih sereal jagung dengan rasa buah-buahan. Saat ini sudah banyak merek sereal jagung yang menambahkan buah-buahan, seperti stroberi dan pisang sebagai bahan baku. Alhasil, Anda bisa menikmati kombinasi rasa jagung dan buah-buahan yang segar.


Fakta menarik lainnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat baik dari buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Dengan sarapan sereal jagung rasa buah-buahan, Anda tak hanya kenyang, tetapi juga lebih sehat. Anda pun tak perlu lagi repot-repot memotong buah-buahan segar untuk topping sereal jagung. 

Manis: Disukai anak-anak yang mudah bosan

Manis: Disukai anak-anak yang mudah bosan

Satu lagi varian rasa yang tak boleh dilewatkan adalah rasa manis. Jika Anda lebih menyukai rasa manis daripada gurih dan asin, pilihlah varian rasa ini. Pada saat proses pemanggangan, gula ataupun madu ditambahkan di atas kepingan jagung. Maka dari itu, sereal jagung yang dibalut gula (disebut juga frosted) dan madu akan lebih crunchy daripada sereal jagung original


Jika si kecil suka malas-malasan saat akan sarapan, Anda bisa mempertimbangkan varian rasa ini. Selain itu, varian rasa manis juga sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan. Hal ini karena rasanya sudah enak tanpa ditambahkan dengan bahan makanan lainnya. 

2

Cek kandungan nutrisinya

Cek kandungan nutrisinya

Pada dasarnya, sereal jagung kaya akan kandungan vitamin, zat besi, dan kalsium. Dengan demikian, sereal jagung dapat dikategorikan sebagai makanan sehat yang ramah untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara tepat, sereal jagung pun baik untuk mencegah masalah pencernaan dan jantung. 


Sereal jagung ada juga yang kaya akan kandungan vitamin C. Jika mencari sereal jagung yang kaya akan vitamin C, pilihlah produk dengan campuran buah-buahan murni. Selain rasanya nikmat, produk ini bagus untuk mencegah penyakit yang mengintai kesehatan Anda. 


Meskipun memiliki banyak khasiat, Anda harus tetap mengimbangi konsumsi sereal jagung dengan makanan sehat lainnya. Pasalnya, sereal jagung hanya cocok untuk makanan selingan karena nutrisinya belum memenuhi seluruh kebutuhan tubuh. 


Terlebih lagi, sereal jagung memiliki indeks glikemiks cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk penderita diabetes. Yang terpenting, silakan mengonsumsi sereal jagung sewajarnya dan imbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya

3

Pilih produk organik yang cocok untuk diet sehat

Pilih produk organik yang cocok untuk diet sehat

Program diet Anda tak lagi menyiksa dengan adanya sereal jagung berbahan organik. Sereal jagung organik pun menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki alergi pada bahan makanan tertentu. Pasalnya, produk organik umumnya tidak mengandung zat aditif yang bisa memicu alergi. Dengan memilih produk organik, Anda akan jauh lebih sehat dan tidak perlu khawatir alergi akan kambuh.   


Tak hanya itu, ada juga produk organik yang rendah lemak sehingga cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda pun bisa menyantap sajian lezat meski sedang dalam program menurunkan berat badan. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sereal jagung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sereal jagung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, S.P.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Kellogg's

Corn Flakes

Kellogg's Corn Flakes 1

Rp20.200

Agak Murah

Rendah lemak dan bebas kolesterol, cocok untuk diet

2

Poppins

Corn Flakes

Poppins Corn Flakes 1

Rp25.000

Menengah

Toasted corn flakes yang bebas bahan pewarna

3

Chocomory

Choco Bag Cornflakes

Chocomory Choco Bag Cornflakes 1

Rp45.000

Menengah

Kemasan dilengkapi resealable zipper, penyimpanan mudah

4

Nestlé

Gold Honey Flakes

Nestlé Gold Honey Flakes 1

Rp10.800

Lebih Murah

Kepingan jagung chruncy yang berbalut manisnya madu

5

Energen

Sereal dan Susu Bergizi Rasa Jagung

Energen Sereal dan Susu Bergizi Rasa Jagung 1

Rp17.690

Agak Murah

Sarapan praktis tanpa menghabiskan waktu

6

Schär

Corn Flakes

Schär Corn Flakes 1

Rp72.000

Agak Mahal

Pilihan jitu untuk penderita lactose intolerant

7

Nestlé

Corn Flakes

Nestlé Corn Flakes 1

Rp32.390

Menengah

Penuhi nutrisi pagi hari dengan kandungan biji jagung utuh

8

Nature's Path

Fruit Juice Corn Flakes10.6 OZ

Nature's Path Fruit Juice Corn Flakes 1

Rp99.000

Lebih Mahal

Dibuat dari bahan nontransgenik dan bersertifikat bebas gluten

9

Sinar Mas Bintang

Polococoa Corn Flakes

Sinar Mas Bintang Polococoa Corn Flakes 1

Rp35.000

Menengah

Terbuat dari 71% jagung asal Polandia Non-GMO

10

Ssial Food

Pororo Corn Pleasure

Ssial Food Pororo Corn Pleasure 1

Rp61.600

Agak Mahal

Sereal jagung Korea yang berikan nutrisi seimbang bagi pertumbuhan anak

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kellogg'sCorn Flakes

Corn Flakes 1
Sumber: kelloggs.com
Corn Flakes 2
Sumber: kelloggs.com
Corn Flakes 3
Sumber: kelloggs.com
Corn Flakes 4
Sumber: kelloggs.com
Harga referensi
Rp20.200
Agak Murah
Harga referensi
Rp20.200
Agak Murah

Rendah lemak dan bebas kolesterol, cocok untuk diet

Anda sering melewatkan sarapan dengan alasan sedang diet? Sekarang Anda tetap bisa sarapan dengan enak meskipun sedang menjalani diet. Siapkan produk corn flakes dari Kellogg's untuk menemani sarapan Anda. Corn flakes ini rendah lemak dan bebas kolesterol sehingga cocok dimakan saat diet.


Kellogg's juga menyediakan berbagai varian rasa corn flakes yang bisa Anda pilih. Anda bisa mengonsumsi secara bergantian agar tidak bosan. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dengan menambahkan susu.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PoppinsCorn Flakes

Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Toasted corn flakes yang bebas bahan pewarna

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk menjalani diet sehat, corn flakes dari Poppins ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan makanan. Corn flakes ini diproduksi dengan cara dipanggang sehingga bebas minyak. Selain itu, produk ini tanpa tambahan pewarna makanan sehingga aman bagi kesehatan tubuh. Produk ini juga diklaim rendah lemak dan bebas dari trans fat.

No.3

ChocomoryChoco Bag Cornflakes

Harga referensi
Rp45.000
Menengah

Kemasan dilengkapi resealable zipper, penyimpanan mudah

Ketika membeli sereal, banyak yang mengeluhkan terkait penyimpannya. Jika penyimpanan tidak benar, tentunya sereal jagung melempem. Bagi Anda yang merasa khawatir dengan masalah tersebut, kami rekomendasikan produk corn flakes dari Chocomory.


Sereal jagung rasa cokelat ini dimasukkan dalam kemasan yang dilengkapi resealable zipper. Hal ini menjadikan penyimpanannya lebih mudah. Sereal pun tidak akan mudah melempem.

No.4

NestléGold Honey Flakes

Harga referensi
Rp10.800
Lebih Murah

Kepingan jagung chruncy yang berbalut manisnya madu

Honey Gold Flakes terbuat dari jagung utuh yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan kepingan yang chruncy. Setiap kepingan jagung disaluti dengan madu. Lidah Anda akan dimanjakan dengan rasa manis setiap kali memakannya. 


Corn flakes ini dapat menjadi pilihan Anda yang gemar snack manis yang mengeyangkan. Pasalnya, selain untuk sarapan, sereal ini juga cocok dijadikan camilan saat perut keroncongan. Jika untuk sarapan, Anda bisa menambahkan susu dan buah untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

No.5

EnergenSereal dan Susu Bergizi Rasa Jagung

Harga referensi
Rp17.690
Agak Murah

Sarapan praktis tanpa menghabiskan waktu

Anda pasti sudah tidak asing, bukan, dengan merek Energen? Energen adalah brand dari susu yang dipadukan dengan sereal. Salah satu varian rasa Energen yang bisa Anda cicipi adalah jagung. Anda akan mendapati susu yang dipadukan dengan butiran jagung asli.


Minumlah Energen rasa jagung untuk Anda yang tidak mau repot saat sarapan. Anda bisa menikmati nikmatnya rasa jagung yang dipadukan dengan sereal dan susu. Anda bisa kenyang tanpa menghabiskan waktu.

No.6

SchärCorn Flakes

Corn Flakes 1
Sumber: schaer.com
Harga referensi
Rp72.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp72.000
Agak Mahal

Pilihan jitu untuk penderita lactose intolerant

Schär merilis sereal jagung khusus untuk Anda yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Selain bebas laktosa, produk corn flakes ini juga bebas gluten dan gandum. Pengawet dan MSG juga tidak digunakan dalam pembuatan produk sereal yang satu ini. Tidak mengherankan jika sereal ini dijadikan salah satu pilihan menu di hotel atau restoran. Hal ini karena produk aman untuk semua kalangan.

No.7

NestléCorn Flakes

Harga referensi
Rp32.390
Menengah

Penuhi nutrisi pagi hari dengan kandungan biji jagung utuh

Biji jagung utuh terdiri dari tiga bagian, yaitu lapisan luar, tengah, dan inti. Ketiga bagian tersebut tetap ada dalam corn flakes dari Nestlé karena tidak hilang saat proses penggilingan. Alhasil, corn flakes ini masih memiliki kandungan nutrisi lengkap berupa delapan macam vitamin dan tiga macam mineral. Sereal jagung ini tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan nutrisi lengkap saat sarapan.

No.8

Nature's PathFruit Juice Corn Flakes10.6 OZ

Harga referensi
Rp99.000
Lebih Mahal

Dibuat dari bahan nontransgenik dan bersertifikat bebas gluten

Fruit Juice Corn Flakes dibuat dari biji jagung yang diberi rasa manis dari jus pir asli. Karena itulah, corn flakes ini mendapat sertifikat bebas gluten. Jika Anda memiliki kondisi medis tidak diperbolehkan mengonsumsi gluten, produk ini sangat kami rekomendasikan.


Selain bebas gluten, produk sereal jagung ini juga dibuat dari bahan-bahan nontransgenik. Bahan nontransgenik adalah bahan yang dihasilkan tanpa adanya rekayasa genetika. Dengan kata lain, produk ini dibuat dari bahan organik yang bebas dari zat kimia berbahaya.

No.9

Sinar Mas BintangPolococoa Corn Flakes

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Terbuat dari 71% jagung asal Polandia Non-GMO

Saat mengonsumsi Polococoa, Anda tak perlu khawatir lagi dengan kualitas bahannya. Produk ini memakai 71% jagung asal Polandia yang sudah terjamin kualitasnya. Selain berkualitas, produk ini juga bebas GMO yang bisa memicu kanker. 


Dengan demikian, produk ini jauh lebih aman untuk dikonsumsi semua anggota keluarga, khususnya anak-anak. Terlebih lagi, Polococoa mengandung delapan jenis vitamin dan tiga jenis mineral. Produk ini juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan sebagainya. 

No.10

Ssial FoodPororo Corn Pleasure

Harga referensi
Rp61.600
Agak Mahal

Sereal jagung Korea yang berikan nutrisi seimbang bagi pertumbuhan anak

Pororo Corn Pleasure dibuat dari tanaman lokal Korea. Karena itulah, sereal ini mengandung nutrisi seimbang yang baik untuk pertumbuhan anak. Anak juga akan lebih tertarik dengan kemasan produk karena bergambar Pororo, tokoh kartun idola anak-anak. Jadi, Anda sebaiknya siapkan Pororo Corn Pleasure untuk persediaan sarapan si kecil.

Perhatikan cara penyajian sereal jagung yang tepat

Perhatikan cara penyajian sereal jagung yang tepat

Tahukah Anda bagaimana cara menyajikan sereal jagung yang tepat? Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan tiap individu. Untuk orang dewasa, Anda bisa mengonsumsi sebanyak 30–40 gram untuk sekali makan. Lalu, bagaimana dengan anak-anak? Untuk anak-anak bisa mengonsumsi 25 gram hingga 30 gram sereal jagung. 


Untuk 30 gram sereal jagung bisa dikonsumsi bersama dengan setengah gelas susu ataupun air putih. Jika tidak, Anda juga bisa memperhatikan saran penyajian yang tercantum di kemasan. Hal ini karena setiap produk memiliki nilai gizi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah menyesuaikan dengan saran penyajian dari produsen. 

Baca juga rekomendasi produk sereal lainnya di sini

Selain sereal jagung, Anda juga bisa bisa sarapan sehat dengan sereal gandum dan granola rekomendasi dari kami berikut ini. Anda tak hanya kenyang, tetapi juga akan mendapatkan manfaat baik dari gandum dan granola. Meski sibuk seharian, Anda akan punya banyak stok tenaga untuk beraktivitas. 

Kesimpulan

Setelah melihat sepuluh rekomendasi sereal jagung yang membuat ngiler di atas, pasti Anda tertarik untuk mencicipinya, bukan? Meski sudah membudaya di Eropa dan Amerika, sarapan dengan sereal jagung masih belum umum di Indonesia.


Mungkin inilah momen yang tepat untuk mencoba sarapan dengan sereal jagung. Tak hanya lebih ringan di perut, Anda pun bisa mencoba aneka resep sereal jagung yang sesuai dengan selera lidah Anda. 

5 Rekomendasi Sereal Jagung terbaik

No. 1: Kellogg'sCorn Flakes

No. 2: PoppinsCorn Flakes

No. 3: ChocomoryChoco Bag Cornflakes

No. 4: NestléGold Honey Flakes

No. 5: EnergenSereal dan Susu Bergizi Rasa Jagung

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan olahan kering
  4. 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.