• 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, brand kosmetik lokal memiliki berbagai produk perawatan kulit berkualitas, termasuk serum anti-aging. Sesuai namanya, serum ini digunakan untuk memperlambat penuaan kulit. Serum anti-aging lokal juga memiliki manfaat lain, seperti mencerahkan kulit, serta mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.


Pada artikel ini, terdapat rekomendasi merek serum anti-aging lokal yang bagus, seperti Inez, Wardah, Y.O.U, dan Organic Basic. Kami juga menyediakan tips memilih serta review produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan AndaArtikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Mengenal manfaat serum anti-aging

Mengenal manfaat serum anti-aging

Serum merupakan produk perawatan kulit yang kaya akan bahan aktif. Tidak heran bila serum diminati untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah masalah penuaan. Serum anti-aging bermanfaat mengatasi tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan, bintik hitam, dan kulit kendur.


Kandungan bahan aktif dengan efek anti-aging pada serum ini tentunya lebih tinggi dibandingkan produk perawatan kulit biasa. Penggunaan serum anti-aging dapat menjaga kekencangan dan keremajaan kulit, membuat wajah Anda tampak awet muda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum anti-aging lokal

Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips mudah dalam memilih produk serum anti-aging lokal. Simaklah pembahasan kami berikut ini.

Ketahui merek serum lokal dan karakteristiknya

Anda dapat menemukan berbagai merek lokal yang memiliki produk serum anti-aging. Kami akan memperkenalkan beberapa merek lokal dengan karakteristiknya masing-masing. Selain merek-merek yang kami ulas di bawah ini, tentu masih ada banyak merek lokal lainnya yang juga berkualitas.

Wardah: Produk perawatan kulit dengan tema halal

Siapa tidak kenal merek Wardah? Wardah merupakan merek lokal yang mengusung tema perawatan kulit halal. Dalam membuat produk-produknya, Wardah hanya menggunakan bahan-bahan yang sudah pasti halal. Hal tersebut tentu membuat umat Muslim merasa lebih tenang dalam menggunakan produk-produknya.

Erha: Atasi segala permasalahan kulit

Terkenal dengan klinik perawatan kulitnya, Erha kini juga mengeluarkan produk yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Erha menyediakan berbagai produk perawatan kulit yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Produk-produk dari Erha dikenal sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Avoskin: Terbuat dari bahan-bahan alami

Avoskin adalah salah satu brand skincare lokal yang tengah naik daun akhir-akhir ini. Brand ini berfokus memproduksi produk perawatan kulit dengan bahan-bahan alami yang berasal dari wilayah Jawa dan Bali. Karena itu, produk dari Avoskin tidak akan menyebabkan iritasi dan aman dipakai oleh pemilik kulit sensitif. Tidak hanya ramah untuk kulit, produk skincare Avoskin juga ramah untuk lingkungan.

SOMETHINC: Terinspirasi dari skincare Korea

Jika Anda mencari skincare lokal yang terinspirasi dari perawatan kulit di Korea, pakai saja produk dari SOMETHINC. Merek lokal ini juga mengusung brand ambassador dari Negeri Ginseng, seperti Han So Hee dan NCT. SOMETHINC memiliki berbagai skincare dengan kombinasi bahan-bahan yang unik dalam kemasan cantik. Tiap-tiap produknya juga difokuskan untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Pilih kandungan bahan aktif yang sesuai kebutuhan kulit

Ada berbagai tanda penuaan pada kulit wajah, seperti bintik hitam, kulit kering, garis halus, dan kerutan. Di bawah ini, kami akan jelaskan beberapa bahan yang dapat mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit Anda.

Bakuchiol: Menjaga kekencangan kulit

Bakuchiol: Menjaga kekencangan kulit

Bakuchiol adalah salah satu bahan aktif yang populer pada produk anti-aging lokal. Kandungan ini mampu menjaga kekencangan kulit dan membuat wajah Anda tampak awet muda. Serum yang mengandung bakuchiol juga ideal dipakai untuk merawat kulit berjerawat. Bahan ini bersifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Retinoid: Membantu regenerasi kulit wajah

Retinoid: Membantu regenerasi kulit wajah

Salah satu penyebab penuaan pada kulit adalah sel-sel kulit kehilangan kemampuan regenerasinya. Hal itu membuat kerutan lebih cepat muncul di wajah Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih serum yang mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan vitamin A yang dapat membantu regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.


Kandungan ini efektif mengatasi kerutan dan garis halus. Derivat vitamin A (retinoid) yang terkandung dalam serum dapat dijumpai di daftar ingredient sebagai retinyl palmitate, retinaldehyde, dan retinol. Sebagai catatan, retinoid sebaiknya dihindari oleh wanita hamil.

Vitamin E: Melindungi kulit dari radikal bebas

Vitamin E: Melindungi kulit dari radikal bebas

Rusaknya kolagen akibat radikal bebas dapat membuat kulit lebih cepat mengalami kerutan. Agar kulit Anda selalu terlindungi dari radikal bebas, Anda dapat memilih kandungan antioksidan, seperti vitamin E. Dengan perlindungan yang diberikan, kerutan di wajah Anda tak akan mudah muncul. Anda yang masih berusia 30 tahunan dapat memilih serum anti-aging lokal yang memiliki kandungan ini.

Hyaluronic acid dan ceramide: Mengembalikan kelembapan kulit

Hyaluronic acid dan ceramide: Mengembalikan kelembapan kulit

Kulit yang terasa sangat kering bisa menjadi pertanda terjadinya penuaan dini. Akibat menurunnya kelembapan, kulit Anda menjadi kering dan lebih mudah keriput. Gunakanlah serum dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramide untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih serum dengan kandungan kolagen agar kulit lebih lembap dan kenyal.

Alpha hydroxy acid (AHA): Bantu menyamarkan bintik hitam

Alpha hydroxy acid (AHA): Bantu menyamarkan bintik hitam

Bintik hitam dan warna kulit tidak merata juga menjadi salah satu tanda penuaan pada kulit. Bahan alpha hydroxy acid (AHA) dapat membantu menyamarkan bintik hitam dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Di samping itu, serum yang mengandung retinoid juga bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi flek hitam.

Periksa jenis kemasannya

Periksa jenis kemasannya

Selanjutnya, kemasan atau botol serum anti-aging juga bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Umumnya, serum ini dikemas dalam dua jenis botol, yaitu botol pipet dan pump. Berikut adalah keunggulan dan kelemahan dari masing-masing produk.


  • Botol pipet: Penggunaan botol pipet memudahkan Anda dalam menentukan takaran serum yang dibutuhkan oleh kulit. Saat isinya sudah hampir habis, Anda tetap bisa mengambilnya dengan mengarahkan pipet pada serum yang tersisa. Kelemahannya, serum dalam kemasan pipet lebih rawan mengalami oksidasi dan terpapar bakteri.
  • Botol pump: Serum dalam kemasan botol pump lebih praktis saat digunakan. Kehigienisan serum juga dapat terjaga dengan baik karena Anda tak perlu membuka tutup botolnya. Sayangnya, tiap pump mungkin akan mengeluarkan kuantitas serum yang berbeda sehingga Anda sulit mengatur takarannya.

Pastikan keamanan produknya

Pastikan keamanan produknya

Beberapa produk serum anti-aging yang ada di pasaran belum tentu terjamin keamanannya. Karena itu, pilihlah serum lokal yang telah tersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk perawatan kulit yang tersertifikasi BPOM tentu sudah terjamin keamanan bahannya. Anda dapat memeriksa situs BPOM untuk memastikan bahwa produk pilihan Anda telah terdaftar.

10 Rekomendasi serum anti-aging lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum anti-aging lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

Sensatia BotanicalsAnti-Wrinkle Serum for 50+ Years

Mulai dari Rp 360.000,00

Kandungan utamaSchisandra berries, minyak daun violet, minyak neroli, vitamin E
BPOMNA18172000183
KemasanPipet
Isi20 ml
9
Kandungan utamaPeptide, bakuchiol, blueberry extract, ceramide
BPOMNA18212000121
KemasanPipet
Isi20 ml
8

Royal PesonaSOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2%

Mulai dari Rp 169.000,00

Kandungan utamaGranactive retinoid, snow mushroom, natural alpha bisabolol, vitamin E (tocopherol)
BPOMNA18212000379
KemasanPump
Isi20 ml
7

Kosmetikatama Super IndahInez 900 Anti Aging Serum

Mulai dari Rp 95.000,00

Kandungan utamaPalmitoyl oligopeptide & palmitoyl tetrapeptide-7, apple stem cell, hyaluronic acid, AHA, witch hazel extract, allantoine, salicylic acid
BPOMNA18132000287
KemasanPump
Isi20 ml
6

Triniti Tunggal AbadiTrue to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum

Mulai dari Rp 119.000,00

Kandungan utamaBakuchiol, lactobionic acid (PHA), probiotics, 7 seed beans complex
BPOMNA18202000262
KemasanPipet
Isi20 ml
5
Kandungan utamaSnail mucin, bio sodium hyaluronate, D-panthenol, carnosine, prodizia, soybean phytoplacenta extract, peptide complex, juventide, matrigenics, beta white
BPOMNA18162000173
KemasanPump
Isi20 ml
4

Hebe Beauty StyleY.O.U Golden Age Refining Serum

Mulai dari Rp 129.000,00

Kandungan utamaHyaluronic acid, jojoba seed oil, Achillea millefolium extract, Punica granatum extract, Agave tequilana leaf extract
BPOMNA11190105241
KemasanPipet
Isi20 ml
3

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Revitalizing Anti Aging Serum

Mulai dari Rp 75.000,00

Kandungan utamaBakuchiol, multi-peptide, ginseng, apple stem cell, hyaluronic acid
BPOMNA18202000241
KemasanPipet
Isi20 ml
2

Paragon Technology and InnovationWardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Mulai dari Rp 82.500,00

Kandungan utamaMalus domestica stem cell extract, 5 botanical extract, vitamin E
BPOMNA18152000008
KemasanPipet
Isi17 ml
1

AVO Innovation TechnologyAvoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan utamaMarine collagen, ginseng root
BPOMNA18202000281
KemasanPipet
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk anti-aging lokal terbaik

Gambar produk
1
AVO Innovation Technology Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root 1

AVO Innovation Technology

2
Paragon Technology and Innovation Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 1

Paragon Technology and Innovation

3
Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Revitalizing Anti Aging Serum 1

Wahana Kosmetika Indonesia

4
Hebe Beauty Style Y.O.U Golden Age Refining Serum 1

Hebe Beauty Style

5
ERHA Age Corrector Serum 1

ERHA

6
Triniti Tunggal Abadi True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum 1

Triniti Tunggal Abadi

7
Kosmetikatama Super Indah Inez 900 Anti Aging Serum 1

Kosmetikatama Super Indah

8
Royal Pesona SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2% 1

Royal Pesona

9
Organic Basic Anti Aging Serum 1

Organic Basic

10
Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years 1

Sensatia Botanicals

Nama produk

Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Azarine Revitalizing Anti Aging Serum

Y.O.U Golden Age Refining Serum

Age Corrector Serum

True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum

Inez 900 Anti Aging Serum

SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2%

Anti Aging Serum

Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years

Keunggulan

Melembapkan, menjaga kekencangan kulit, serta menyamarkan bekas jerawat

Sepuluh bahan aktif melawan sepuluh tanda penuaan

Ekstrak bakuchiol Korea yang aman untuk ibu hamil, menyusui, dan kulit sensitif

Anti-wrinkle serum yang memiliki varian kemasan ekonomis

Jadikan kulit lebih kencang dalam empat minggu

Rawat kulit berjerawat dengan serum yang mengandung natural retinol

Mengandung salicylic acid untuk kulit cerah dan tampak awet muda

Cegah penuaan dini dengan serum yang mengandung granactive retinoid

Kaya antioksidan untuk bantu atasi efek paparan radikal bebas

Formula lembut yang ramah di kulit sensitif

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 82.500,00Rp 75.000,00Rp 129.000,00Rp 213.920,00Rp 119.000,00Rp 95.000,00Rp 169.000,00Rp 115.000,00Rp 360.000,00
Kandungan utamaMarine collagen, ginseng rootMalus domestica stem cell extract, 5 botanical extract, vitamin EBakuchiol, multi-peptide, ginseng, apple stem cell, hyaluronic acidHyaluronic acid, jojoba seed oil, Achillea millefolium extract, Punica granatum extract, Agave tequilana leaf extractSnail mucin, bio sodium hyaluronate, D-panthenol, carnosine, prodizia, soybean phytoplacenta extract, peptide complex, juventide, matrigenics, beta whiteBakuchiol, lactobionic acid (PHA), probiotics, 7 seed beans complexPalmitoyl oligopeptide & palmitoyl tetrapeptide-7, apple stem cell, hyaluronic acid, AHA, witch hazel extract, allantoine, salicylic acidGranactive retinoid, snow mushroom, natural alpha bisabolol, vitamin E (tocopherol)Peptide, bakuchiol, blueberry extract, ceramideSchisandra berries, minyak daun violet, minyak neroli, vitamin E
BPOMNA18202000281NA18152000008NA18202000241NA11190105241NA18162000173NA18202000262NA18132000287NA18212000379NA18212000121NA18172000183
KemasanPipetPipetPipetPipetPumpPipetPumpPumpPipetPipet
Isi30 ml17 ml20 ml20 ml20 ml20 ml20 ml20 ml20 ml20 ml
Tautan produk

Perawatan anti-aging tidak cukup hanya dengan serum saja

Perawatan anti-aging tidak cukup hanya dengan serum saja

Serum memang mengandung lebih banyak nutrisi dan lebih cepat diserap kulit. Namun, bukan berarti Anda hanya memerlukan serum untuk merawat kulit wajah. Anda tetap harus menggunakan produk perawatan kulit lainnya, seperti essence dan pelembap. Jangan lupa juga untuk memakai produk pembersih wajah seperti sabun wajah dan toner.


Anda tidak harus menggunakan rangkaian produk perawatan kulit yang berasal dari merek yang sama. Anda bisa memilih merek lain yang memang cocok untuk kondisi kulit Anda Dengan perawatan yang baik, kulit wajah Anda akan tampak muda dan sehat.

Pertanyaan umum seputar serum anti-aging lokal terbaik

Pertanyaan umum seputar serum anti-aging lokal terbaik

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar serum anti-aging lokal. Jika Anda masih penasaran dengan serum anti-aging lokal, simak jawabannya di bawah ini!

Sebaiknya perawatan anti-aging dimulai dari umur berapa?

Perawatan anti-aging dapat dimulai di pertengahan usia 20 tahun atau di awal 30 tahun. Regimen ini dapat dimulai lebih awal apabila tanda penuaan sudah mulai muncul sebelum usia tersebut. Sebaiknya jangan tunggu sampai tanda penuaan muncul, melainkan cegahlah sebelum masalah tersebut terjadi.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Gunakanlah tabir surya berkualitas baik dengan cara aplikasi yang tepat sebagai skincare wajib sedini mungkin. 

Baca juga rekomendasi produk anti-aging lainnya di sini

Selain serum, Anda juga membutuhkan essence anti-aging agar kulit Anda makin terlindungi. Bila Anda ingin mendapat lebih banyak informasi mengenai essence anti-aging, bukalah tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Semua serum anti-aging mungkin terlihat memiliki fungsi yang sama. Namun, ada beberapa kandungan serum yang perlu diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah mendapatkan produk yang tepat, jangan lupa untuk menggunakannya bersama produk perawatan wajah yang lainnya, ya!


Sekian artikel kami kali ini dan semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih. Raihlah kulit sehat dan awet muda dengan serum produksi negeri sendiri. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat. Padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum adalah salah satu skincare wajah yang mengandung bahan aktif, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tak hanya wanita, serum wajah juga diperlukan oleh laki-laki. Fungsi serum wajah pria adalah melembapkan wajah, membantu mencerahkan, merawat kulit berjerawat, hingga anti-aging.Banyaknya pilihan produk mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih serum wajah pria terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan merek serum wajah pria yang bagus, seperti Garnier, NIVEA, dan Elvicto. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori