• 10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memakai lensa kontak menjadi pilihan sebagian orang. Anda jadi tidak akan merasa lelah atau kerepotan karena harus memakai kacamata. Bahkan, lensa kontak warna juga bisa memberi penampilan yang berbeda. Waktu pemakaian lensa kontak beragam, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih lensa kontak yang bagus dan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merek. Anda akan menemukan produk dari Acuvue, FreshKon, dan Exoticon. Selain itu, ada pula tips memakai lensa kontak dengan benar untuk menghindari mata iritasi. Jadi, bacalah sampai selesai, ya!  

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Elly Minarni
  • Pembaharuan terakhir: 27 Oktober 2021
  • 2.093 Views
Daftar isi

Mengenal dua jenis lensa kontak, hardlens dan softlens

Mengenal dua jenis lensa kontak, hardlens dan softlens

Sebelum istilah softlens menjadi booming, orang lebih mengenal lensa kontak jenis hardlens dan semi-hardlens. Dalam sejarahnya, hardlens terbuat dari bahan kaca. Akan tetapi, lensa ini tidak nyaman digunakan karena menutupi seluruh bagian mata dan terasa berat.


Lalu, diciptakanlah modifikasi lensa kontak berjenis rigid gas permeable (RGP) yang disebut sebagai semi-hardlens. Seperti namanya, rigid artinya kaku. Lensa ini sudah lebih lunak dari lensa kaca, tetapi masih tergolong kurang nyaman, keras, dan kaku saat digunakan. Meski begitu, lensa ini memiliki daya tembus oksigen yang sangat tinggi dan memberikan bantuan lebih baik untuk mata minus dan silindris.


Akhirnya, demi kenyamanan pengguna, diciptakanlah bahan lensa kontak berbasis air yang lebih lembut. Bahan yang digunakan adalah hydroxyethylmethacrylate (HEMA) atau yang lebih sering disebut hydrogel konvensional. 


Bahan ini adalah bahan yang paling umum ditemukan pada softlens masa kini. Lalu, bahan tersebut dikombinasikan dengan silikon sehingga selain lembut, softlens makin lentur dan nyaman digunakan.

Cara memilih lensa kontak

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih lensa kontak yang tepat. Jangan sampai salah memilih karena risikonya besar. Yuk, cari tahu hal-hal yang perlu diperhatikan!

Pilih lensa kontak sesuai tujuan penggunaan Anda

Setiap orang memiliki tujuan penggunaan lensa kontaknya. Ada yang menggunakannya untuk membantu penglihatan mata minus dan silindris. Ada pula yang menggunakan lensa kontak berwarna untuk menunjang penampilan.

Untuk mata minus, lensa kontak dengan minus lebih kecil bisa dipilih

Untuk mata minus, lensa kontak dengan minus lebih kecil bisa dipilih

Jika Anda menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu melihat karena mata minus, perhatikan baik-baik ukuran minus mata. Untuk Anda yang memiliki minus mata di atas empat, dokter biasanya meresepkan lensa kontak dengan ukuran lebih rendah 0,25. Misalnya, minus mata Anda -5,5, lensa kontak yang digunakan adalah -5,25.

 
Sementara itu, untuk Anda yang memiliki minus mata di bawah empat, Anda bisa menggunakan lensa kontak sesuai kondisi mata sebenarnya. Hal ini karena tidak ada jarak antara lensa dengan kornea saat menggunakan lensa kontak.

Untuk mata silindris, lensa kontak RGP ideal dipakai

Untuk mata silindris, lensa kontak RGP ideal dipakai

Bila Anda memiliki mata silindris, menggunakan lensa kontak bisa membantu penglihatan. Lensa kontak yang bisa digunakan oleh mata silindris salah satunya adalah lensa kontak RGP. Lensa ini sering digunakan untuk mata silindris -1,00 hingga +1,00.


Selain lensa RGP, pemilik mata silindris bisa juga menggunakan lensa kontak toric. Lensa ini dapat membelokkan cahaya sehingga penglihatan mata silindris bisa lebih baik. Akan tetapi, kedua jenis lensa untuk mata silindris ini harus menggunakan resep dokter

Untuk penampilan, lensa kontak warna akan memberi kesan berbeda

Untuk penampilan, lensa kontak warna akan memberi kesan berbeda

Apabila Anda menggunakan lensa kontak untuk penampilan, Anda bisa memilih lensa kontak dengan beragam warna. Beberapa merek lensa kontak memiliki pilihan warna terang, seperti biru, cokelat terang, abu-abu terang, atau hijau.

 
Bahkan, untuk keperluan khusus seperti cosplay, ada merek lensa kontak yang menyediakan warna, seperti putih, merah, ungu, dan sebagainya. Lensa kontak warna ini akan membuat penampilan Anda tampak berbeda dan Anda akan tampil percaya diri saat mengenakannya.

Untuk melindungi kornea, lensa kontak antiradiasi bisa melindungi dari paparan sinar ulraviolet

Untuk melindungi kornea, lensa kontak antiradiasi bisa melindungi dari paparan sinar ulraviolet

Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan matahari. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mempertimbangkan lensa kontak yang memiliki UV protection. Paparan sinar UV bisa menyebabkan mata mengalami photokeratitis atau mata merah, mengganjal, dan lebih sensitif terhadap cahaya.


Bahkan, terpapar sinar matahari secara langsung juga dapat meningkatkan risiko terkena katarak pada kemudian hari. Sayangnya, tidak semua lensa kontak memiliki perlindungan dari sinar UV. Jadi, perhatikanlah keterangan produk dan gunakan lensa kontak dengan UV protection, terutama Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Perhatikan jangka waktu pemakaian dan tanggal kedaluwarsa

Perhatikan jangka waktu pemakaian dan tanggal kedaluwarsa

Lensa kontak adalah benda asing yang digunakan menempel langsung dengan kornea mata. Oleh karena itu, penting untuk Anda memperhatikan jangka waktu pemakaian lensa kontak dan juga tanggal kedaluwarsanya. Lensa kontak memiliki masa pemakaian yang berbeda-beda. 


Masa pemakaian lensa kontak adalah 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, 2 minggu, dan harian. Beberapa dari Anda mungkin ada yang merasa lensa kontak masih dapat digunakan. Meskipun begitu, lebih baik ikuti aturan produk untuk menghindari dampak buruk yang dapat terjadi. Selain itu, pastikan bahwa produk belum melampaui tanggal kedaluwarsa


Bagaimanapun, mata adalah salah satu organ penting dari tubuh manusia. Menggunakan lensa kontak yang sudah mendekati atau bahkan melewati tanggal kedaluwarsa memiliki risiko tinggi menyebabkan iritasi. Iritasi terus-menerus dapat menyebabkan gangguan mata seperti konjungtivitis atau bahkan kerusakan kornea mata. 

Sesuaikan kandungan air dengan kondisi mata

Sesuaikan kandungan air dengan kondisi mata

Kandungan air pada kemasan lensa kontak sering menimbulkan pertanyaan. Ada yang menganggap bahwa makin tinggi kadar air, makin nyaman lensa kontak digunakan. Lensa kontak dengan kadar air yang tinggi memang dapat lebih banyak meneruskan oksigen pada mata. 


Akan tetapi, ada baiknya Anda mengenali kondisi mata Anda terlebih dahulu. Hal ini karena tidak semua orang cocok menggunakan lensa kontak dengan kadar air yang tinggi. Kadar air pada kemasan lensa kontak menunjukkan kebutuhan lensa akan air. Makin tinggi angkanya, makin banyak lensa kontak menyerap air dari mata. 


Untuk itu, apabila mata Anda hanya memproduksi sedikit air mata, sebaiknya pilih yang kadar airnya rendah. Lensa kontak dengan persentase kadar air rendah akan membantu menjaga kelembapan mata Anda karena lebih sedikit menyerap air. 

Ketahui bahan lensa kontak yang Anda gunakan

Lensa kontak yang tergolong sebagai softlens memiliki dua jenis bahan utama. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan HEMA, paling banyak digunakan saat ini

Bahan HEMA, paling banyak digunakan saat ini

Dalam sejarahnya, lensa kontak pertama yang disebut sebagai softlens terbuat dari bahan hydroxyethylmethacrylate (HEMA). Lensa kontak dengan bahan ini lentur dan memiliki tekstur yang lembut sehingga cukup nyaman digunakan. Softlens dengan bahan ini memiliki kadar air yang berbeda-beda. Makin besar kadar airnya, makin banyak oksigen yang diteruskan ke mata. 


Softlens HEMA banyak juga disebut sebagai hydrogel konvensional. Bahan ini punya sifat water loving (hydrophilic) yang artinya mudah menyerap air mata. Hal inilah yang membuat softlens sering membuat mata terasa kering. Hal ini terutama jika Anda memiliki mata yang tergolong kering dan sering berada di ruangan ber-AC.

Bahan silicone hydrogel, memberi kenyamanan maksimal pada mata

Bahan silicone hydrogel, memberi kenyamanan maksimal pada mata

Silicone hydrogel adalah bahan yang paling baru digunakan untuk membuat softlens. Dengan bahan ini, softlens menjadi memiliki keunggulan dari semi-hardlens berbahan rigid gas permeable (RGP) dan softlens bahan HEMA. Tingkat kelenturan dan daya tembus oksigennya sangat baik meski kadar airnya termasuk rendah


Dengan bahan ini, softlens bisa digunakan selama 12 jam sehari. Tentunya hal ini memberikan kenyamanan bagi Anda yang menggunakan softlens setiap hari dalam waktu yang lama. Anda pun bisa menggunakannya seharian meskipun di ruangan ber-AC tanpa gangguan pada mata. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lensa kontak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lensa kontak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
JenisSoftlense normal dan minus
WarnaMajestic brown, winsome brown, mystical black, magnetic grey
BahanEtafilcon A (HEMA)
Kadar air58%
Antiradiasi ✔︎
Waktu penggunaanHarian
9
JenisSoftlens minus
WarnaGreen, blue, brown, grey
BahanTidak diketahui
Kadar air43%
Antiradiasi Tidak diketahui
Waktu penggunaan6 bulan
8
JenisSoftlens minus
WarnaBening
BahanHioxifilicon A (HEMA)
Kadar air57%
Antiradiasi Tidak ada keterangan
Waktu penggunaanHarian
7
JenisSoftlens minus
WarnaBening
BahanOmafilcon B (HEMA)
Kadar air62%
Antiradiasi Tidak ada keterangan
Waktu penggunaan1 bulan
6

PrincessSoftlens Silinder (Toric Lens)

Mulai dari Rp 110.000,00

JenisSoftlens silindris dan minus
WarnaBlack, brown, grey
BahanSilicone hydrogel
Kadar air45%
Antiradiasi ✔︎
Waktu penggunaan1 tahun
5
JenisSoftlens minus
WarnaBening
BahanSenofilcon A (silicone hydrogel)
Kadar air38%
Antiradiasi ✔︎
Waktu penggunaan2 minggu
4
JenisSoftlens minus
WarnaBening
BahanHilafilcon B (HEMA)
Kadar air59%
Antiradiasi Tidak ada keterangan
Waktu penggunaan1 bulan
3
JenisSoftlens minus
WarnaBening
BahanMethafilcon A (HEMA)
Kadar air55%
Antiradiasi Tidak ada keterangan
Waktu penggunaan1 tahun
2
JenisSoftlens normal dan minus
WarnaPearl, cappuccino, onyx, radiance, shadow
BahanSilicone hydrogel
Kadar air55%
Antiradiasi Tidak ada keterangan
Waktu penggunaan3 bulan
1
JenisSoftlens normal dan minus
WarnaGray, brown
BahanTidak ada keterangan
Kadar air42%
Antiradiasi ✔︎
Waktu penggunaan6 bulan

Tabel perbandingan produk lensa kontak terbaik

Gambar produk
1
Dream Color DC1 Matake 1

Dream Color

2
Exoticon X2 Sanso Color  1

Exoticon

3
Gelflex O2 Comfy Clear 1

Gelflex

4
Bausch & Lomb SofLens 59 1

Bausch & Lomb

5
Johnson & Johnson ACUVUE OASYS 2-Week 1

Johnson & Johnson

6
Princess Softlens Silinder (Toric Lens) 1

Princess

7
CooperVision Softvue UC+ Ultra Comfort 1

CooperVision

8
Optik Melawai Illustro One Day 1

Optik Melawai

9
SCHONLENS Schon 2 Tone 1

SCHONLENS

10
FreshKon Alluring Eyes Daily 1

FreshKon

Nama produk

DC1 Matake

X2 Sanso Color

O2 Comfy Clear

SofLens 59

ACUVUE OASYS 2-Week

Softlens Silinder (Toric Lens)

Softvue UC+ Ultra Comfort

Illustro One Day

Schon 2 Tone

Alluring Eyes Daily

Keunggulan

Siap mencuri perhatian dengan warna mata bak princess

Warna dan motifnya memberi kesan natural pada penampilan Anda

Cerahkan pandangan Anda meskipun memiliki minus mata tinggi

Formulasi sempurna yang menyesuaikan biologi mata manusia

Dilengkapi teknologi Hydraclear untuk menjaga kelembapan mata

Pancarkan keindahan mata ala wanita Korea

Mata tetap nyaman dan penglihatan tetap jelas meski dipakai 12 jam

Lensa dengan kemasan paling tipis di dunia

Mata terlihat lebih besar dengan lingkaran hitam yang pekat

Produk dengan ragam warna yang natural

Harga mulai dariRp 92.600,00Rp 90.000,00Rp 36.800,00Rp 108.000,00Rp 325.000,00Rp 110.000,00Rp 279.500,00Rp 395.000,00Rp 85.000,00Rp 160.000,00
JenisSoftlens normal dan minus Softlens normal dan minusSoftlens minusSoftlens minusSoftlens minusSoftlens silindris dan minusSoftlens minusSoftlens minusSoftlens minus Softlense normal dan minus
WarnaGray, brownPearl, cappuccino, onyx, radiance, shadowBeningBeningBeningBlack, brown, greyBeningBeningGreen, blue, brown, greyMajestic brown, winsome brown, mystical black, magnetic grey
BahanTidak ada keteranganSilicone hydrogelMethafilcon A (HEMA) Hilafilcon B (HEMA) Senofilcon A (silicone hydrogel)Silicone hydrogelOmafilcon B (HEMA)Hioxifilicon A (HEMA) Tidak diketahuiEtafilcon A (HEMA)
Kadar air42%55%55%59%38%45%62%57% 43%58%
Antiradiasi ✔︎Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan✔︎✔︎Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak diketahui✔︎
Waktu penggunaan6 bulan3 bulan1 tahun1 bulan2 minggu1 tahun1 bulanHarian6 bulanHarian
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar lensa kontak

Pertanyaan umum seputar lensa kontak

Selain penjelasan di atas, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan lain seputar lensa kontak. Oleh karena itu, kami akan merangkumnya pada penjelasan berikut ini.

Bagaimana cara memakai lensa kontak?

  • Cuci tangan hingga bersih dan keringkan.
  • Buka lensa kontak dari wadah dan bersihkan menggunakan cairan pembersih khusus.
  • Ambil dan letakkan lensa kontak di jari telunjuk. Untuk mata kanan, gunakan telunjuk tangan kiri, sedangkan untuk mata kiri, gunakan telunjuk tangan kanan.
  • Sambil menghadap cermin, tahan kelopak mata atas dan bawah dengan jari tangan lainnya.
  • Perlahan, letakkan lensa kontak pada bagian hitam bola mata. 
  • Tutup mata dan kedipkan mata beberapa detik untuk menempatkan lensa dengan nyaman di bola mata.

Jika masih merasa tidak nyaman, lepaskan lensa kontak, lalu lakukan kembali dari awal langkah di atas. Anda juga bisa mencuci kembali lensa kontak dengan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran yang membuat mata tidak nyaman. Periksa pula lensa kontak, bila didapati lensa robek, jangan pernah menggunakannya lagi.

Apa efek samping memakai lensa kontak yang tidak benar?

  • Infeksi karena abrasi kornea 

Hal ini terjadi bila lensa kontak terpasang tidak benar di bola mata dan mata terus dibiarkan kering saat memakainya. Untuk menghindarinya, Anda bisa memejamkan mata beberapa saat dan meneteskan cairan tetes mata supaya kornea tetap terlumasi.


  • Ptosis

Kelopak mata mengeluarkan cairan seperti air liur. Cairan ini ada di dalam jaringan dan menarik kelopak mata, terutama saat lensa kontak akan dilepas.


  • Berkurangnya refleks kornea

Mata normal memiliki refleks yang baik yaitu kelopak mata otomatis menutup saat ada bahaya masuk. Nah, memakai lensa kontak terlalu lama bisa membuat refleks ini menurun. Kelopak mata tidak refleks menutup dengan cepat saat akan ada bahaya. Akibatnya, mata lebih mudah terkena debu dan kotoran dari luar.


  • Ulkus kornea

Pastikan lensa kontak Anda sudah dicuci bersih sebelum digunakan. Pasalnya, bakteri, virus, dan jamur bisa muncul bila lensa kontak tidak bersih. Jika didiamkan, hal ini bisa berkembang menjadi tukak kornea, bahkan kebutaan permanen.

Apakah softlens boleh dipakai seharian dan setiap hari?

Softlens tidak bisa digunakan seharian. Kadar air pada lensa kontak memang dapat memengaruhi kenyamanan dalam penggunaan lensa kontak. Akan tetapi, Anda tetap tidak bisa mengenakan lensa kontak seharian. 


Waktu yang direkomendasikan untuk memakai softlens adalah 10–12 jam. Jika memakainya melebihi batas waktu yang direkomendasikan maka akan timbul masalah pada mata Anda. Mata akan tidak nyaman, merah, kering, dan mudah terkena infeksi. 

Baca juga rekomendasi softlens lainnya di sini

Untuk menunjang penampilan dan kenyamanan mata, Anda mungkin membutuhkan softlens lainnya. Berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi produk softlens yang bagus juga untuk digunakan. Bacalah dan dapatkan produk terbaik untuk mata Anda.

Kesimpulan

Menggunakan lensa kontak bisa menjadi pilihan tepat saat mata terasa pegal atau lelah menggunakan kacamata terlalu lama. Terlebih lagi, Anda memiliki gangguan rabun jauh, rabun dekat, atau mata silindris yang cukup tinggi.

Perhatikan waktu penggunaan lensa kontak dan jangan gunakan bila jangka waktunya sudah berakhir. Kami harap, Anda terbantu dalam memilih lensa kontak setelah membaca keseluruhan artikel ini. Selamat menentukan lensa kontak terbaik Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    Menginjak usia 30-an, kerutan di sekitar mata biasanya mulai bermunculan. Untuk itu, Anda perlu merawat mata dengan eye cream agar tetap cantik dan bebas dari kerutan. Merek-merek ternama, seperti SK-II, Laneige, dan L’Oreal menghadirkan beragam produk eye cream yang dapat Anda pilih.Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh eye cream terbaik untuk Anda yang berusia 30-an. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan tips memilih eye cream agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Mari simak informasinya dan tentukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Perawatan mata
    36.777 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin mengubah kesan pada mata secara instan, Anda bisa menggunakan softlens warna. Anda pasti sudah pernah mendengar merek Exoticon dan beberapa serinya seperti X2 dan Ice. Ada pula FreshKon, EOS, dan sebagainya. Dengan banyaknya jenis dan merek softlens warna, wajar saja jika Anda bingung dibuatnya, bukan?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih softlens warna serta sepuluh rekomendasi softlens warna terbaik. Softlens yang kami rekomendasikan telah kami pilih berdasarkan harga, kualitas, dan jangka waktu pemakaian. Jadi, Anda dapat menggunakan softlens warna yang cantik tanpa merusak kesehatan mata Anda.
    Perawatan mata
    162.091 Views
  • 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih softlens merupakan salah satu produk esensial untuk para pengguna softlens. Ada banyak merek yang terkenal dengan kelebihannya masing-masing, seperti Complete, Renu Fresh, dan ICE. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menyesuaikannya dengan softlens yang biasa digunakan.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih beserta cara memilihnya. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!
    Perawatan mata
    81.565 Views
  • 10 Eye Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit pada area sekitar mata memang lebih tipis dibandingkan area lainnya. Karena itu, Anda perlu produk perawatan khusus untuk menjaga kelembapan kulit di area mata. Salah satu skincare yang dapat Anda gunakan adalah eye gel. Eye gel lebih mudah meresap di kulit, serta tidak meninggalkan efek lengket.Di artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih eye gel. Selain itu, Anda juga akan mendapat rekomendasi produk eye gel terbaik, seperti For Skin's Sake, Illuminare, Innisfree, dan Laneige. Simak juga informasi tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV!
    Perawatan mata
    3.774 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    Memakai softlens sering jadi pilihan bagi Anda yang memiliki mata rabun jauh. Anda dapat memperbaiki penampilan tanpa harus memakai kacamata. Namun, softlens juga dapat digunakan untuk mata normal saat Anda ingin mengubah warna mata demi menunjang penampilan. Apa pun tujuannya, akan lebih baik jika Anda memilih softlens dengan kadar air tinggi untuk kenyamanan mata.Anda mungkin akan menemukan beberapa merek softlens dengan kadar air tinggi, seperti Acuvue, X2, atau Exoticon. Sebelum menjabarkan review masing-masing produk, kami akan menjelaskan beberapa tips memilih softlens dengan kadar air tinggi. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    43.212 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin sering melewati tahap menggunakan eye cream. Padahal, eye cream sangat penting untuk mencegah penuaan dini pada kulit di sekitar mata. Di Korea, eye cream adalah bagian penting dari skin care. Karena itu, Korea memiliki banyak produk eye-cream yang berkualitas, seperti Laneige, Innisfree, Mizon, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih eye cream Korea terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa referensi produk yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Yuk, cari tahu produk eye cream yang paling cocok untuk Anda!
    Perawatan mata
    7.355 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mata panda memang mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat lebih tua. Tidak cukup hanya menggunakan pelembap wajah, bagian bawah mata juga memerlukan nutrisi khusus, lho. Karena kulit bagian bawah mata lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya, penggunaan eye patch menjadi penting dalam rutinitas skin care Anda.Cara kerja eye patch mirip dengan masker wajah. Kandungan senyawa aktif dari eye patch akan menghidrasi dan membantu mengurangi lingkaran mata panda. Kami akan membahas cara memilih eye patch dan menampilkan beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Laneige, SNP, dan Benton. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    20.506 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengguna softlens pasti mengenal merk X2 dan setidaknya pernah mencoba salah satu koleksinya. X2 sendiri memiliki beragam seri produk softlens seperti Bio, Baby Eyes, Sanso, dan masih banyak lagi. Meskipun tergolong cosmetic lens, softlens X2 juga dapat menjadi alat bantu bagi Anda yang memiliki mata minus. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih softlens X2 yang bagus dan cocok untuk kebutuhan Anda. Kami juga akan memperkenalkan produk terbaiknya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca dan menemukan softlens yang paling tepat untuk Anda!
    Perawatan mata
    9.958 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit di area sekitar mata cenderung lebih tipis dan rentan sehingga memerlukan perhatian lebih. Salah satu produk yang bisa digunakan untuk mengurangi permasalahan kulit di area sekitar mata adalah eye cream. Kini, sudah banyak bermunculan eye cream lokal yang bagus yang menawarkan perawatan intensif untuk permasalahan kulit di sekitar mata.Melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih eye cream terbaik dari merk lokal agar sesuai dengan kebutuhan. Anda juga akan menemukan sepuluh produk terbaik, antara lain dari merk Somethinc, Avoskin, dan Nature-E. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan mata
    2.702 Views
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di Indonesia, henna juga dikenal sebagai pacar, yaitu bahan pewarna alami dari daun tanaman pacar. Dalam beberapa tradisi budaya daerah di Indonesia, pemakaian henna adalah bagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan. Tidak hanya itu, henna pun digunakan sebagai pewarna rambut, kuku, hingga riasan alis. Ada begitu banyak pilihan henna. Untuk itu, kami akan membagikan tips untuk mendapatkan henna yang tepat bagi Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek henna terbaik yang bagus, seperti Rani Kone, Eagle's, dan LavBrow. Simak pembahasannya sampai habis, ya!
    Perawatan tubuh & kecantikan
    168 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    Memakai softlens sering jadi pilihan bagi Anda yang memiliki mata rabun jauh. Anda dapat memperbaiki penampilan tanpa harus memakai kacamata. Namun, softlens juga dapat digunakan untuk mata normal saat Anda ingin mengubah warna mata demi menunjang penampilan. Apa pun tujuannya, akan lebih baik jika Anda memilih softlens dengan kadar air tinggi untuk kenyamanan mata.Anda mungkin akan menemukan beberapa merek softlens dengan kadar air tinggi, seperti Acuvue, X2, atau Exoticon. Sebelum menjabarkan review masing-masing produk, kami akan menjelaskan beberapa tips memilih softlens dengan kadar air tinggi. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    43.212 Views
  • 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih softlens merupakan salah satu produk esensial untuk para pengguna softlens. Ada banyak merek yang terkenal dengan kelebihannya masing-masing, seperti Complete, Renu Fresh, dan ICE. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menyesuaikannya dengan softlens yang biasa digunakan.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih beserta cara memilihnya. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!
    Perawatan mata
    81.565 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin mengubah kesan pada mata secara instan, Anda bisa menggunakan softlens warna. Anda pasti sudah pernah mendengar merek Exoticon dan beberapa serinya seperti X2 dan Ice. Ada pula FreshKon, EOS, dan sebagainya. Dengan banyaknya jenis dan merek softlens warna, wajar saja jika Anda bingung dibuatnya, bukan?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih softlens warna serta sepuluh rekomendasi softlens warna terbaik. Softlens yang kami rekomendasikan telah kami pilih berdasarkan harga, kualitas, dan jangka waktu pemakaian. Jadi, Anda dapat menggunakan softlens warna yang cantik tanpa merusak kesehatan mata Anda.
    Perawatan mata
    162.091 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengguna softlens pasti mengenal merk X2 dan setidaknya pernah mencoba salah satu koleksinya. X2 sendiri memiliki beragam seri produk softlens seperti Bio, Baby Eyes, Sanso, dan masih banyak lagi. Meskipun tergolong cosmetic lens, softlens X2 juga dapat menjadi alat bantu bagi Anda yang memiliki mata minus. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih softlens X2 yang bagus dan cocok untuk kebutuhan Anda. Kami juga akan memperkenalkan produk terbaiknya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca dan menemukan softlens yang paling tepat untuk Anda!
    Perawatan mata
    9.958 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mata panda memang mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat lebih tua. Tidak cukup hanya menggunakan pelembap wajah, bagian bawah mata juga memerlukan nutrisi khusus, lho. Karena kulit bagian bawah mata lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya, penggunaan eye patch menjadi penting dalam rutinitas skin care Anda.Cara kerja eye patch mirip dengan masker wajah. Kandungan senyawa aktif dari eye patch akan menghidrasi dan membantu mengurangi lingkaran mata panda. Kami akan membahas cara memilih eye patch dan menampilkan beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Laneige, SNP, dan Benton. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    20.506 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit di area sekitar mata cenderung lebih tipis dan rentan sehingga memerlukan perhatian lebih. Salah satu produk yang bisa digunakan untuk mengurangi permasalahan kulit di area sekitar mata adalah eye cream. Kini, sudah banyak bermunculan eye cream lokal yang bagus yang menawarkan perawatan intensif untuk permasalahan kulit di sekitar mata.Melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih eye cream terbaik dari merk lokal agar sesuai dengan kebutuhan. Anda juga akan menemukan sepuluh produk terbaik, antara lain dari merk Somethinc, Avoskin, dan Nature-E. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan mata
    2.702 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    Menginjak usia 30-an, kerutan di sekitar mata biasanya mulai bermunculan. Untuk itu, Anda perlu merawat mata dengan eye cream agar tetap cantik dan bebas dari kerutan. Merek-merek ternama, seperti SK-II, Laneige, dan L’Oreal menghadirkan beragam produk eye cream yang dapat Anda pilih.Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh eye cream terbaik untuk Anda yang berusia 30-an. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan tips memilih eye cream agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Mari simak informasinya dan tentukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Perawatan mata
    36.777 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori