• 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang beranggapan bahwa pemilik kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap wajah. Nyatanya, anggapan tersebut salah. Kulit berminyak membutuhkan pelembap agar produksi minyak pada wajah tidak berlebihan. Meski demikian, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih pelembap wajah untuk kulit berminyak.


Karena itu, kami akan memberi tips memilihnya. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Kiehl's, Cetaphil, Cosrx, dan Clinique. Segera baca artikel ini agar Anda menemukan pelembap yang bagus untuk kulit berminyak. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Apakah kulit berminyak membutuhkan pelembap?

Apakah kulit berminyak membutuhkan pelembap?

Secara alamiah, kulit memang memiliki minyak yang berfungsi untuk melembapkan. Namun pada kulit berminyak, seluruh bagian wajah Anda mengeluarkan minyak berlebih sepanjang hari. Sementara itu, jika wajah Anda berminyak hanya pada area t-zone serta terjadi secara rutin, Anda memiliki kulit kombinasi.


Kulit menjadi berminyak karena kehilangan kelembapan alaminya. Keadaan tersebut membuat kelenjar sebaceous memproduksi minyak atau sebum secara aktif. Nah, penggunaan pelembap yang tepat akan membantu melembapkan kulit sehingga kelenjar minyak tidak mengeluarkan minyak secara berlebihan


Namun, pemilihan pelembap yang kurang tepat dapat membuat wajah makin berminyak, muncul komedo, atau berjerawat. Jadi, perhatikanlah kandungan bahan aktif dalam pelembap wajah pilihan Anda. Di samping itu, pastikan Anda memilih produk yang teksturnya ringan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembap wajah untuk kulit berminyak

Dalam memilih pelembap untuk kulit wajah yang berminyak, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan. Mari kita bahas satu per satu.

Pilih jenis pelembap wajah dengan tekstur ringan

Biasanya, pelembap wajah memang memiliki tekstur krim yang cukup berat. Tidak heran jika para pemilik kulit berminyak merasa enggan untuk menggunakannya. Namun, pelembap wajah untuk kulit berminyak memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur pelembap ini lebih ringan, mudah diserap kulit, serta membuat kulit bisa bernapas. Kami akan memperkenalkan beberapa tekstur pelembap yang cocok untuk kulit berminyak.

Jenis gel, teksturnya sangat ringan di kulit

Pelembap jenis gel merupakan pelembap yang paling pas digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Bahan dasar dari pelembap ini adalah air sehingga lebih mudah terserap ke dalam kulit. Karena tidak mengandung minyak, pelembap gel tidak akan meninggalkan rasa lengket di kulit wajah. 


Selain itu, gel juga umumnya bersifat non-comedogenic. Lebih lanjut, pelembap gel bakal memberi sensasi sejuk setelah dipakai. Ada juga pelembap yang merupakan kombinasi gel dengan krim. Teksturnya sedikit lebih berat dibandingkan gel. Pelembap jenis gel cream lebih pas digunakan oleh pemilik kulit kombinasi.

Jenis lotion, lebih ringan dibandingkan dengan krim

Jenis lotion, lebih ringan dibandingkan dengan krim

Berikutnya adalah pelembap jenis lotion. Mungkin Anda sering kali mengira bahwa lotion sama dengan krim. Lotion memang memiliki kandungan minyak, tetapi tidak sebanyak krim. Formula lotion juga cepat diserap kulit. Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi yang cenderung berminyak dapat menggunakan pelembap bertekstur lotion.

Jenis krim, memberikan hasil akhir matte

Jenis krim, memberikan hasil akhir matte

Sebenarnya, pemilik kulit berminyak tidak disarankan untuk memakai pelembap bertekstur krim. Pelembap krim mengandung lebih banyak minyak sehingga berisiko menambah kilap di wajah Anda. Namun, sekarang ada beberapa produk pelembap krim yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak. 


Bila Anda menginginkan pelembap bertekstur krim, pilihlah yang bersifat mattifying atau memberi hasil akhir matte. Jenis pelembap ini lebih ringan daripada krim pada umumnya serta sanggup menyerap minyak berlebih pada kulit Anda.

Perhatikan kandungan bahan-bahannya

Meskipun suatu produk sudah diberi label "Untuk Kulit Berminyak", Anda sebaiknya tetap memeriksa kandungan bahan-bahannya. Kami akan menjelaskan beberapa bahan yang boleh dan tidak boleh ada di dalam pelembap untuk kulit berminyak.

Kandungan pelembap yang ringan, sesuai untuk kulit berminyak

Kandungan pelembap yang ringan, sesuai untuk kulit berminyak

Saat memilih pelembap bagi pemilik kulit berminyak, pastikan Anda memilih produk yang bahan-bahan kandungannya terasa ringan di kulit. Jenis pelembap yang terasa ringan biasanya dari kelompok humektan yang bisa membantu melembapkan, tanpa membuat kulit berminyak. Meskipun begitu, jenis pelembap lain pun ada yang terasa ringan. Adapun contoh bahan-bahan pelembap yang ringan, antara lain:


  • Aloe vera
  • Hyaluronic acid
  • Glycerol
  • Propylene glycol
  • Collagen

Tambahan anti-acne, untuk kulit cenderung berjerawat

Tambahan anti-acne, untuk kulit cenderung berjerawat

Kulit berminyak juga cenderung mengalami jerawat. Hal tersebut terjadi karena debu dan kotoran bercampur dengan minyak di wajah, lalu menyumbat pori-pori. Untuk mengatasinya, pilihlah pelembap yang mengandung salicylic acid. Salicylic acid berperan untuk melepaskan ikatan kotoran dari pori-pori kulit


Bahan ini juga bersifat sebagai antibakteri agar wajah terhindar dari jerawat. Selain itu, Anda dapat memilih kandungan yang mampu meredakan iritasi. Allantoin merupakan contoh bahan kandungan yang dapat meredakan iritasi pada kulit.

Bahan non-comedogenic, agar pori-pori tidak tersumbat

Bahan non-comedogenic, agar pori-pori tidak tersumbat

Selain mempertimbangkan bahan anti-acne, Anda juga sebaiknya memilih pelembap yang bersifat non-comedogenic jika memiliki masalah jerawat. Produk dengan formula non-comedogenic akan membantu mencegah sumbatan pori-pori sehingga risiko timbulnya jerawat pun berkurang.

Hindari bahan-bahan yang membuat kulit makin berminyak

Hindari bahan-bahan yang membuat kulit makin berminyak

Kami menyarankan Anda untuk menghindari produk yang berpotensi membuat kulit makin berminyak. Mineral oil dan petroleum merupakan bahan yang perlu Anda hindari. Bahan-bahan tersebut terlalu "berat" untuk kulit berminyak.


Berikutnya, sebaiknya Anda juga menghindari produk yang mengandung coconut oil. Minyak yang satu ini berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat wajah Anda makin mengilap.

10 Rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembap wajah terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

10

The Body ShopGreen Tea & Lemon Mattifying Moisturiser

SKU145600004

Mulai dari Rp 259.000,00

JenisGel
Bahan kandunganAloe vera, green tea extract, lemon juice
Isi100 ml
9

BeiersdorfNivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturizer

Mulai dari Rp 19.000,00

JenisTidak disebutkan
Bahan kandunganWhitinat formula, ginseng
Isi15 ml
8
JenisGel
Bahan kandunganVitamin B5, natural sugar
Isi20 gram
7

GaldermaCetaphil Pro DermaControl Oil Absorbing Moisturizer SPF 30

Mulai dari Rp 269.000,00

JenisLotion
Bahan kandunganAvobenzone, octisalate, octocrylene
Isi118 ml
6
JenisTidak disebutkan
Bahan kandunganBakuchiol, patent Fluidactiv, AHA esters, salicylic acid, citric acid, zinc gluconate, enoxolone
Isi30 ml
5
JenisKrim
Bahan kandunganBiotin, Aloe vera, faex extract, horse chestnut
Isi50 ml
4

CliniqueDramatically Different Moisturizing Gel

Mulai dari Rp 645.000,00

JenisGel
Bahan kandunganSunflower seed cake, barley extract, cucumber fruit extract, hyaluronic acid
Isi125 ml
3

Kiehl'sUltra Facial Oil-Free Gel-Cream

Mulai dari Rp 385.000,00

JenisGel cream
Bahan kandunganDesert plant extract, glacial glycoprotein
Isi50 ml
2

EminaMs. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Mulai dari Rp 24.500,00

JenisGel
Bahan kandunganWitch hazel, rosebay willowherb
Isi20 ml
1

COSRXOil-Free Ultra-Moisturizing Lotion with Birch Sap

Mulai dari Rp 285.000,00

JenisLotion
Bahan kandunganBirch sap, lemon peel oil, allantoin, hyaluronic acid, tea tree leaf oil
Isi100 ml

Tabel perbandingan produk pelembap wajah terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion with Birch Sap 1

COSRX

2
Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel 1

Emina

3
Kiehl's Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream 1

Kiehl's

4
Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel 1

Clinique

5
Sebamed Clear Face Mattifying Cream 1

Sebamed

6
Bioderma Sébium Global 1

Bioderma

7
Galderma Cetaphil Pro DermaControl Oil Absorbing Moisturizer SPF 30 1

Galderma

8
La Tulipe Active Hydrating Gel 1

La Tulipe

9
Beiersdorf Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturizer 1

Beiersdorf

10
The Body Shop Green Tea & Lemon Mattifying Moisturiser 1

The Body Shop

Nama produk

Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion with Birch Sap

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream

Dramatically Different Moisturizing Gel

Clear Face Mattifying Cream

Sébium Global

Cetaphil Pro DermaControl Oil Absorbing Moisturizer SPF 30

Active Hydrating Gel

Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturizer

Green Tea & Lemon Mattifying Moisturiser

Keunggulan

Atur ulang pH kulit wajah agar tetap lembap alami

Anda bebas beraktivitas tanpa perlu mengkhawatirkan jerawat dan minyak di wajah

Melembapkan seharian, kulit bebas kilap hingga 24 jam

Menghidrasi sekaligus membuat perlindungan pada kulit

Formula ringan untuk redakan iritasi, termasuk pada kulit sensitif

Wajah mulus bebas komedo bukan lagi sekadar impian

Mengandung formula 4 in 1 yang efektif melindungi kulit

Masa remaja Anda terganggu karena wajah berminyak? Tidak lagi!

Wajah bebas kusam walau sering terpapar matahari

Kulit bebas minyak, terasa segar sepanjang hari

Harga mulai dariRp 285.000,00Rp 24.500,00Rp 385.000,00Rp 645.000,00Rp 280.000,00Rp 288.000,00Rp 269.000,00Rp 25.000,00Rp 19.000,00Rp 259.000,00
JenisLotionGelGel creamGelKrimTidak disebutkanLotionGelTidak disebutkanGel
Bahan kandunganBirch sap, lemon peel oil, allantoin, hyaluronic acid, tea tree leaf oilWitch hazel, rosebay willowherbDesert plant extract, glacial glycoproteinSunflower seed cake, barley extract, cucumber fruit extract, hyaluronic acidBiotin, Aloe vera, faex extract, horse chestnutBakuchiol, patent Fluidactiv, AHA esters, salicylic acid, citric acid, zinc gluconate, enoxoloneAvobenzone, octisalate, octocryleneVitamin B5, natural sugarWhitinat formula, ginsengAloe vera, green tea extract, lemon juice
Isi100 ml20 ml50 ml125 ml50 ml30 ml118 ml20 gram15 ml100 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pelembap wajah untuk kulit berminyak

Pertanyaan umum seputar pelembap wajah untuk kulit berminyak

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar pelembap wajah untuk kulit berminyak. Jika Anda masih penasaran, simak jawabannya di bawah ini.

Kenapa setelah pakai pelembap malah berminyak?

Penyebab pertama, Anda memilih pelembap wajah dengan bahan aktif yang kurang tepat untuk jenis kulit dan aktivitas harian Anda. Sebagai contoh, pelembap yang mengandung mineral oil bukanlah produk yang cocok untuk Anda. Penyebab lainnya, Anda menggunakannya dalam waktu yang tidak sesuai, misalnya menggunakan krim malam pada siang hari.

Apakah boleh menggunakan pelembap tanpa cuci muka?

Seperti penjelasan pada setiap kemasan pelembap, Anda harus mengaplikasikan pelembap pada kulit yang bersih. Untuk hasil optimal, oleskan pelembap sesaat setelah Anda mencuci muka, sebelum kulit benar-benar kering.

Langkah skincare untuk kulit berminyak

Langkah skincare untuk kulit berminyak

Jenis kulit berminyak memiliki dua tantangan utama, yaitu kulit tampak mengilap serta cenderung mudah berjerawat. Karena itu, Anda perlu merawatnya dengan tepat. Berikut ini langkah skincare utama untuk merawat kulit Anda yang berminyak.


  • Cucilah wajah dengan sabun pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak
  • Gunakan toner yang minim alkohol dan mengandung salicylic acid, lactic acid, atau glycolic acid
  • Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan serum
  • Aplikasikan pelembap yang sesuai untuk kulit berminyak
  • Tambahkan produk untuk mengatasi masalah Anda seperti acne spot care
  • Oleskan sunscreen pada pagi atau siang hari
  • Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan krim malam

Jika rangkaian perawatan kulit di atas sudah Anda lakukan, Anda bisa melanjutkannya dengan makeup seperti bedak atau produk lainnya.

Baca juga rekomendasi perawatan kulit berminyak lainnya di sini

Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk perawatan untuk kulit berminyak. Untuk Anda yang kulitnya berminyak, kami memiliki artikel produk perawatan kulit lainnya. Temukan toner, serum, dan essence dalam tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih pelembap wajah untuk kulit berminyak memang cukup tricky. Anda perlu memilih pelembap yang mudah terserap serta tidak menyumbat pori-pori. Di samping itu, perhatikan juga kandungan bahan-bahannya. Pilihlah pelembap wajah yang bahannya ampuh melembapkan sekaligus menyerap minyak berlebih.


Sekian artikel kali ini dan semoga Anda dapat menjadikannya sebagai referensi ketika ingin membeli pelembap. Selamat memilih pelembap wajah yang paling pas untuk kulit berminyak Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 7 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    7 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    The Body Shop merupakan salah satu merek kecantikan ternama yang turut mengeluarkan beragam produk toner. Fungsi utama toner adalah untuk membersihkan wajah. Selain itu, toner juga memiliki manfaat lain untuk kulit. The Body Shop memiliki beberapa varian toner yang bagus dengan manfaat berbeda sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih toner The Body Shop kepada Anda. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti varian Tea Tree, Aloe Calming, dan serta Seaweed Oil Balancing. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori