• 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sedang menata ulang kamar Anda karena terasa sesak? Jadikan kasur lantai busa sebagai pilihan tempat tidur supaya kamar Anda terasa lebih lega. Untuk kamar anak-anak, kasur lantai karakter menjadi pilihan tepat. Namun, jika ingin tidur dengan merasakan sensasi yang lembut, Anda dapat memilih kasur lantai bulu. 


Banyaknya pilihan kasur lantai mungkin membuat Anda bingung. Karena itulah, kami akan membahas cara memilih kasur lantai yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur lantai terbaik, seperti kasur lantai merek Quantum, Florence, dan Uniland. Maka dari itu, sebaiknya Anda membaca artikel kami berikut!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2022
Daftar isi

Keunggulan memiliki kasur lantai

Keunggulan memiliki kasur lantai

Jika Anda bingung dalam memilih alas untuk tidur, kasur lantai dapat menjadi solusinya. Berikut adalah beberapa keunggulan dari kasur lantai:


  • Harga kasur lantai relatif lebih murah daripada kasur dengan dipan. 

  • Kasur lantai tidak memerlukan space yang luas. Kamar Anda pun akan terasa lebih lega. Hal ini juga yang menjadikan kasur lantai cocok bagi Anda yang indekos.

  • Karena dinilai lebih aman, kasur lantai juga cocok untuk diletakkan di kamar tidur anak. Ketika tidur, kebanyakan anak bergerak dengan aktif. Jika terjatuh saat tidur, anak tidak akan cedera parah karena tidak jatuh dari tempat yang tinggi. 

  • Dilansir dari situs Sleep Foundation, kasur lantai dipercaya dapat mengatasi masalah gangguan tidur. Hal ini karena kasur lantai memberikan pengalaman tidur yang lebih sejuk. Kasur lantai juga dapat mengurangi sakit punggung karena permukaan lebih rata sehingga menjaga tulang belakang tetap pada posisinya. Artinya, tidur di kasur lantai dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Cara memilih kasur lantai

Agar tidur terasa nyaman, Anda harus memilih kasur lantai yang tepat. Memilih kasur lantai yang tepat tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat menjadikan penjelasan dari kami sebagai panduan dalam memilih kasur lantai.

Pilih berdasarkan material pengisi kasurnya

Material yang digunakan untuk mengisi kasur lantai setidaknya ada tiga macam, yaitu kapuk, busa, dan lateks. Setiap jenis material memiliki karakteristik masing-masing. Dengan mengenali karakteristiknya, Anda dapat memilih kasur lantai sesuai dengan kebutuhan.

Busa, ringan dan harganya bersahabat

Busa, ringan dan harganya bersahabat

Kasur lantai busa sangat populer di Indonesia. Hal ini karena kasur busa memiliki harga yang ekonomis daripada kasur dengan isian material lainnya. Mayoritas kasur lantai busa juga berbobot ringan sehingga mudah diangkat dan dibersihkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah saat membersihkan lantai yang ditempati kasur busa.

Namun, setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, kasur busa akan makin mengempis. Jika terkena air, kualitas busanya juga dapat menurun. Tidak hanya itu, kasur busa juga dapat membuat Anda merasa gerah saat tidur di atasnya selama berjam-jam. Oleh karena itu, Anda harus memasangi kasur busa dengan seprai yang memberikan sensasi dingin.

Kapuk, penyerapan panasnya sangat baik

Kapuk, penyerapan panasnya sangat baik

Kasur yang berisi material kapuk juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena kasur bermaterial kapuk mampu menyerap panas dengan sangat baik. Tidak mengherankan jika kasur lantai kapuk cocok untuk dipakai di Indonesia yang beriklim tropis. Anda yang tidak ingin kegerahan saat tidur bisa menjadikan kasur lantai kapuk sebagai solusinya.


Sama halnya dengan kasur busa, setelah digunakan dalam jangka waktu lama, kasur kapuk akan mengempis. Anda bisa mengatasinya dengan menjemur di bawah sinar matahari atau menambahkan kapuk. Namun, saat ini banyak masyarakat tidak memilih kasur lantai kapuk. Selain dinilai sudah ketinggalan zaman, kasur kapuk juga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Lateks, secara alami tahan terhadap jamur dan tungau

Lateks, secara alami tahan terhadap jamur dan tungau

Seiring dengan perkembangan zaman, kasur lantai ada yang berisi material lateks. Lateks merupakan material yang berasal dari getah kental tumbuhan. Keunggulan dari kasur lantai lateks adalah memiliki resistansi yang sangat baik terhadap jamur dan tungau. Oleh karena itu, kasur lantai bermaterial lateks menjadi pilihan tepat bagi Anda yang kesulitan meluangkan waktu untuk membersihkan kasur.


Kasur lantai berbahan lateks juga mampu membantu memperbaiki postur tubuh sekaligus meredakan nyeri punggung. Selain itu, kasur lantai lateks juga terbilang lebih awet. Anda akan tetap nyaman tidur di atasnya meskipun kasur lantai telah lama digunakan. Namun, Anda harus menyisihkan uang lebih karena harga kasur lantai lateks ini lebih mahal dibandingkan kasur dengan material lainnya.

Pastikan ukuran kasurnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Pastikan ukuran kasurnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Ukuran kasur lantai menjadi hal penting yang harus Anda pastikan. Sesuaikanlah ukuran kasur lantai dengan kebutuhan. Misalnya, kasur lantai berukuran kecil dapat Anda gunakan untuk tempat bersantai di ruang keluarga. Sementara itu, kasur lantai dengan ukuran besar bisa Anda tempatkan di ruang tidur. Berikut ini adalah jenis kasur lantai berdasarkan ukurannya.


  • King size: Kasur king size memiliki ukuran 180 cm x 200 cm. Kasur dengan ukuran ini sering diberi label nomor 1. Kasur dengan ukuran ini bisa digunakan oleh sepasang suami istri.

  • Queen size: Kasur berukuran 160 cm x 200 cm termasuk dalam queen size. Kasur queen size dilabeli dengan nomor 2. Kasur ini direkomendasikan bagi Anda yang tinggal di rumah mungil.

  • Double size: Meskipun namanya double, kasur ukuran ini lebih diperuntukkan untuk perorangan. Ukuran kasur ini adalah 120 cm x 200 cm. Kasur ini mendapat label nomor 3.

  • Single size: Kasur single size disebut juga kasur nomor 1. Ukurannya adalah 90 cm x 200 cm atau 100 cm x 200 cm. Kasur ini bisa dipakai satu orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Perhatikan kemudahan penyimpanannya

Perhatikan kemudahan penyimpanannya

Kemudahan penyimpanan juga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih kasur lantai. Ketika tidak digunakan, kasur lantai bisa disimpan. Penyimpanan kasur lantai setidaknya ada dua cara, yaitu dilipat atau digulung. Cara penyimpanan tersebut bergantung pada produsen pembuat kasur.


  • Dilipat: Kasur lantai yang dilipat biasanya memiliki tas tempat penyimpanan. Karena itulah, kasur lantai yang dilipat lebih praktis. Namun, Anda harus berhati-hati karena bisa memunculkan robekan pada lipatan kasur.

  • Digulung: Kasur lantai yang digulung memang tidak ada bekas lipatan. Akan tetapi, Anda kemungkinan akan kesulitan setiap kali menggulungnya karena tidak ada bekas gulungan. Maka dari itu, Anda sebaiknya mencari kasur lantai yang memiliki tali sebagai pengekangnya.

Ada juga kasur lantai yang tidak bisa disimpan dengan cara dilipat atau digulung. Jika Anda memilih kasur yang demikian, Anda harus menyiapkan ruang untuk menyimpannya. Anda juga bisa meletakkan kasur lantai di ranjang. Selain itu, kasur lantai bisa Anda sandarkan di dinding.

Pertimbangkan yang dilengkapi antiselip

Pertimbangkan yang dilengkapi antiselip

Anda hendaknya juga memilih kasur lantai yang dilengkapi antiselip. Kasur lantai dengan antiselip tidak akan mudah bergeser. Hal ini dapat mencegah Anda tergelincir ketika menginjak kasur lantai. Kasur lantai dengan antiselip juga tidak akan mudah berpindah tempat meskipun Anda banyak bergerak ketika sedang tidur. Selain itu, anak-anak juga akan lebih aman ketika bermain di atasnya.

10 Rekomendasi kasur lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kasur lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Material pengisiKapuk
Ukuran180 cm x 200 cm
Cara penyimpananDigulung
AntiselipTidak ada keterangan
9
Material pengisiBusa
Ukuran90 cm x 190 cm
Cara penyimpananDigulung
Antiselip✔︎
8

Dream CareKasur Kesehatan Healthy Spine Latex

Mulai dari Rp 6.400.000,00

Material pengisiLateks
Ukuran90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm, 180 cm x 200 cm, 200 cm x 200 cm
Cara penyimpananTidak dilipat atau digulung
AntiselipTidak ada keterangan
7

QuantumTopper Greentea Latex DNA 12cm + Q-Pilo

Mulai dari Rp 2.380.000,00

Material pengisiLateks, busa
Ukuran90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 140 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm,, 180 cm x 200 cm
Cara penyimpananDigulung
Antiselip✔︎
6

InoacFolded Mattress Foldy Star Kusabana

Mulai dari Rp 430.000,00

Material pengisiBusa
Ukuran80 cm x 180 cm
Cara penyimpananDilipat
AntiselipTidak ada keterangan
5
Material pengisiBusa
Ukuran90 cm x 190 cm
Cara penyimpananDigulung
Antiselip✔︎
4
Material pengisiBusa
Ukuran80 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm
Cara penyimpananDilipat
AntiselipTidak ada keterangan
3

EliteTopper Ultra Plush Latex New Edition

Mulai dari Rp 1.569.750,00

Material pengisiLateks
Ukuran90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm, 180 cm x 200 cm, 200 cm x 200 cm
Cara penyimpananDigulung
AntiselipTidak ada keterangan
2
Material pengisiBusa
Ukuran90 cm x 200 cm
Cara penyimpananDilipat
AntiselipTidak ada keterangan
1
Material pengisiBusa
Ukuran90 cm x 200 cm
Cara penyimpananDilipat, digulung
Antiselip

Tabel perbandingan produk kasur lantai terbaik

Gambar produk
1
Uniland Kasur Lipat 1

Uniland

2
Royal Foam Kasur Lipat Batik 1

Royal Foam

3
Elite Topper Ultra Plush Latex New Edition 1

Elite

4
Domi Kasur Trifold Eucalyptus 1

Domi

5
Florence Kasur Lipat (Travel Bed) 1

Florence

6
Inoac Folded Mattress Foldy Star Kusabana 1

Inoac

7
Quantum Topper Greentea Latex DNA 12cm + Q-Pilo 1

Quantum

8
Dream Care Kasur Kesehatan Healthy Spine Latex 1

Dream Care

9
Igoyo Travel Bed 1

Igoyo

10
Kasur Lantai Palembang 1

Nama produk

Kasur Lipat

Kasur Lipat Batik

Topper Ultra Plush Latex New Edition

Kasur Trifold Eucalyptus

Kasur Lipat (Travel Bed)

Folded Mattress Foldy Star Kusabana

Topper Greentea Latex DNA 12cm + Q-Pilo

Kasur Kesehatan Healthy Spine Latex

Travel Bed

Kasur Lantai Palembang

Keunggulan

Jadikan piknik berkesan dengan alas duduk yang lembut

Cover kasur bermotif batik menjadikan kamar bernuansa lokal

Kasur hypoallergenic yang tidak menimbulkan bakteri

Berikan tubuh Anda treatment khusus dengan aroma minyak kayu putih

Tidak perlu lagi memakai bantal untuk sandaran kepala

Cover menggunakan ritsleting sehingga bisa dicuci

Dengan tambahan headboard untuk tempat bersandar

Jadikan tulang punggung lebih sehat

Kasur Korea yang dilengkapi buckle dan tali, mudah disimpan dan dibawa bepergian

Berukuran jumbo sehingga muat dipakai beberapa orang sekaligus

Harga mulai dariRp 1.000.000,00Rp 750.000,00Rp 1.569.750,00Rp 157.000,00Rp 2.000.000,00Rp 430.000,00Rp 2.380.000,00Rp 6.400.000,00Rp 639.000,00Rp 160.000,00
Material pengisiBusaBusaLateksBusaBusaBusaLateks, busaLateksBusaKapuk
Ukuran90 cm x 200 cm90 cm x 200 cm90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm, 180 cm x 200 cm, 200 cm x 200 cm80 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm90 cm x 190 cm80 cm x 180 cm90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 140 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm,, 180 cm x 200 cm90 cm x 200 cm, 100 cm x 200 cm, 120 cm x 200 cm, 160 cm x 200 cm, 180 cm x 200 cm, 200 cm x 200 cm90 cm x 190 cm180 cm x 200 cm
Cara penyimpananDilipat, digulungDilipatDigulungDilipatDigulungDilipatDigulungTidak dilipat atau digulungDigulungDigulung
AntiselipTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan✔︎Tidak ada keterangan✔︎Tidak ada keterangan✔︎Tidak ada keterangan
Tautan produk

Tips membersihkan kasur lantai

Tips membersihkan kasur lantai

Cara membersihkan kasur lantai tergantung pada material pengisinya. Simaklah tips dari kami berikut ini!


  • Kasur kapuk: Kasur lantai dengan material kapuk dapat dibersihkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan alat pemukul saat dijemur di bawah sinar matahari. Anda juga bisa membersihkannya menggunakan alat penyedot debu. Anda harus rutin membersihkan kasur kapuk agar terhindar dari jamur dan tungau yang menyebabkan tubuh gatal.

  • Kasur busa: Alat penyedot debu dapat juga dimanfaatkan untuk membersihkan kasur lantai dengan material busa. Setelah itu, kasur busa bisa dijemur sambil ditepuk-tepuk. Jika merasa belum yakin, Anda bisa menyemprot kasur busa menggunakan campuran air dan detergen. Selain itu, Anda lap hingga kering menggunakan kain mikrofiber, kemudian dijemur di bawah paparan sinar matahari.

  • Kasur lateks: Untuk kasur lantai berbahan lateks, Anda bisa menggunakan cuka putih dan baking soda. Campurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air. Semprotkan campuran tersebut ke kasur lateks, lalu gosok perlahan dengan kain. Setelah itu, taburi dengan baking soda, lalu gosok kembali hingga berbusa. Setelah busa dihilangkan, jemur kasur di bawah sinar matahari hingga kering.

Baca juga rekomendasi kasur lainnya di sini

Selain kasur lantai, ada beragam jenis kasur lainnya yang bisa Anda temukan di pasaran. Setiap jenis kasur memiliki fungsi yang berbeda. Anda bisa mengenali lebih jauh jenis-jenis kasur lainnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sebagai alas tidur, kasur lantai memang memiliki banyak keunggulan. Anda bisa menjadikan kasur lantai sebagai cadangan ketika diperlukan secara mendadak. Oleh karena itu, Anda harus memilih kasur lantai yang bagus agar awet dan tahan lama.


Saat memilih kasur lantai, Anda bisa mempertimbangkan material, ukuran, dan cara penyimpanan. Produk yang kami rekomendasikan juga bisa menjadi pilihan Anda. Pastikan Anda memilih kasur lantai yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya tidur Anda nyaman serta terhindar dari sakit punggung, Anda bisa menggunakan kasur spring bed. Sesuai namanya, kasur spring bed adalah kasur yang menggunakan lapisan per atau spring. Kini, kasur spring bed di pasaran makin inovatif dengan harga bervariasi, mulai 1 jutaan, 2 jutaan, hingga puluhan juta.Karena itu, agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Daftar rekomendasi berisi kasur spring bed terbaik juga akan Anda temukan. Ada kasur spring bed merek Central, Bigland, In The Box, Airland, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal tidur yang nyaman akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Sekarang ini, bantal tidur memiliki beragam ukuran dan harga. Berbagai motif bantal, mulai dari yang lucu sampai polos juga banyak tersedia.Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kemudian, kami juga akan merekomendasikan merk bantal tidur yang bagus, seperti KING KOIL, PillowPeople, IKEA, dan lainnya. Simak terus artikel ini untuk menemukan bantal tidur terbaik!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda merasa pegal dan lelah ketika bangun tidur? Beralihlah menggunakan kasur yang nyaman, salah satunya kasur busa. Kasur busa bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai spring bed karena alasan berharga mahal dan berukuran besar.Masalahnya, di pasaran tersedia kasur busa lipat dan matras sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti tips memilih kasur busa yang bagus dari kami di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur busa terbaik, seperti merek Inoac, Royal Foam, Domi Bed, dan Olympic. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda mempunyai ruangan yang tidak terlalu luas? Kasur yang dapat dilipat akan sangat berguna untuk Anda. Kasur lipat memiliki bentuk yang compact karena dapat dilipat menjadi dua atau tiga lipatan. Saat tidak digunakan, Anda dapat melipat kasur sehingga menghemat ruangan.Kami akan memberikan tips cara memilih kasur lipat yang berguna untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan kasur lipat terbaik dari berbagai merek, seperti Florence, Elephant, dan Domi Bed. Semoga Anda mendapatkan kasur lipat yang bagus serta sesuai dengan keinginan Anda.
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merek, seperti Quantum, INTHEBOX, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya kasur yang digunakan. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Bahan bed cover yang bagus bisa menentukan kualitas tidur sehingga tubuh jadi lebih segar saat Anda bangun. Saat ini kami akan mengulas beberapa merek bed cover yang nyaman beserta harganya. Anda akan menemukan bed cover recommended dari merek Kintakun, My Love, Fata, dan lainnya. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi bahan maupun motif. Jadi, sebelum Anda membeli, ketahui dahulu panduan memilihnya berikut ini.
    Kamar tidur
  • 10 Tempat Tidur Single Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tempat Tidur Single Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu furnitur penting di dalam rumah adalah tempat tidur. Saat ini telah banyak produsen yang membuat tempat tidur untuk kamar berukuran terbatas. Modelnya bermacam-macam, ada yang berupa loft bed, kasur lipat, dan memiliki tempat penyimpanan. Dengan banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin bingung memilih tempat tidur sendiri yang bagus. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih ranjang bagi Anda yang tinggal sendiri. Setelahnya, Anda dapat membaca rekomendasi tempat tidur terbaik yang murah sampai berkelas dari IKEA, Livien, sampai Dekoruma. Simak juga informasi tambahan dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT.
    Kamar tidur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori