• 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)

Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. 


Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!

  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 564 Views
Daftar isi

Sejarah singkat kamera Canon

Sejarah singkat kamera Canon

Precision Optical Instruments Laboratory yang merupakan cikal bakal perusahaan Canon didirikan pada tahun 1933 di Tokyo dengan prototipe bernama Kwanon. Pada tahun 1935, kamera komersial pertama yang bernama “Hansa Canon” dirilis di pasar Jepang. 


Mengikuti kepopuleran Hansa Canon, perusahaan Precision Optical Industry, Co., Ltd. resmi didirikan pada tahun 1937 dan lensa Serenar menjadi produk pertamanya. Lalu, mereka berganti nama pada tahun 1947 menjadi Canon Camera Co., Inc. Pada Desember tahun 1952, kamera dengan speed-light pertama di dunia diciptakan dengan nama Canon IVSb.


Selanjutnya, Canon Flex yang merupakan kamera single lens reflex (SLR) pertama Canon diperkenalkan pada tahun 1959. Pada periode ini, kamera SLR Canon mengalami banyak sekali perkembangan. Pencapaian terbaiknya terjadi pada tahun 1961, Canonet yang merupakan kamera SLR dengan harga terjangkau dipasarkan. 


Era modern Canon diawali dengan produksi kamera autofocus SLR bernama EOS. Seri SLR EOS dari Canon masih dipertahankan hingga sekarang dengan penambahan digital pada tahun 2000. Ketika digitalisasi mulai dikembangkan oleh Canon, kamera digital compact bernama PowerShot diciptakan pada tahun 2001. 


Sejak saat itu, berbagai jenis kamera Canon silih berganti beredar di pasaran. Banyak di antaranya mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai kamera terbaik di dunia. Yang terakhir adalah penghargaan kamera compact profesional terbaik yang diperoleh PowerShot G1 X Mark III. Jadi, tidak salah apabila dikatakan bahwa kamera Canon adalah salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

Cara memilih compact camera Canon di bawah 3 juta

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih kamera compact dari Canon.

Pilih berdasarkan jenis compact camera

Canon memiliki banyak jenis kamera yang dapat Anda pilih, terutama bagi pemula. Tiap jenis kamera compact Canon memiliki keunggulan tersendiri yang bergantung pada pemakaian tertentu.

Kamera saku: Mungil dan pas di kantong Anda

Kamera saku: Mungil dan pas di kantong Anda

Untuk Anda yang tidak terlalu suka menenteng tas khusus kamera, Canon memiliki seri IXUS yang merupakan kamera saku. Dengan menggunakannya, Anda tidak perlu membawa tas khusus kamera. Anda tinggal memasukkan kamera ke dalam kantong celana atau tas jinjing ketika tidak digunakan. 


Untuk kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah, IXUS adalah seri yang paling banyak merajai pasaran. Seri IXUS juga merupakan kamera dengan tipe point-and-shoot sehingga sangat mudah digunakan oleh pemula.

Kamera prosumer: Bodi kecil, tetapi kualitas tak kalah dengan DSLR

Kamera prosumer: Bodi kecil, tetapi kualitas tak kalah dengan DSLR

Bridge camera, atau yang dikenal juga dengan nama kamera prosumer, merupakan gabungan dari kamera konsumer dan kamera profesional. Di antara kamera Canon yang masuk dalam jenis ini adalah seri PowerShot. Dalam hal ini, Canon menggabungkan bentuk kamera saku yang compact dan kamera DSLR. Dengan kamera prosumer, Anda mendapatkan kamera yang mungil dan mudah dibawa sekaligus kualitas memotret yang tak kalah dengan kamera DSLR pemula.

Kamera instan: Bisa langsung mencetak foto Anda

Seri iNSPiC di dunia kamera instan memang tidak setenar Polaroid ataupun Instax milik Fujifilm. Akan tetapi, iNSPiC sudah menerapkan teknologi ZINK Zero INK sebagaimana kamera digital Polaroid untuk mencetak foto. Dengan teknologi ini, iNSPiC tidak perlu menggunakan film dan tinta untuk mencetak foto instan. Di samping itu, hasil cetakan dari kamera iNSPiC dapat langsung menjadi stiker yang dapat Anda tempelkan di berbagai tempat.

Pastikan objek yang ingin Anda foto

Pastikan objek yang ingin Anda foto

Sebagai seorang fotografer, Anda tentunya memiliki objek yang ingin diabadikan. Sekalipun Anda bukan fotografer, ada baiknya Anda mengetahui objek yang akan terlihat baik ketika difoto dengan kamera Anda.


Kamera saku dan kamera prosumer sangat baik digunakan untuk memotret objek close-up, seperti bunga, makanan, dan benda lainnya. Untuk mengambil foto objek bergerak, seperti kegiatan olahraga, anak-anak yang berlarian, atau alam, Anda bisa memilih kamera prosumer dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Selain objek bergerak, Anda juga bisa mengabadikan momen berharga seperti pernikahan atau acara kelulusan.

Pelajari spesifikasi kamera yang Anda inginkan

Spesifikasi kamera merupakan hal penting yang dapat Anda pertimbangkan saat membeli kamera, terutama kamera low-end yang tidak sesempurna kamera high-end. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi kamera compact yang dapat Anda bandingkan kala memilih kamera.

Kecepatan shutter kamera sangat berpengaruh ketika mengambil objek bergerak

Kecepatan shutter kamera sangat berpengaruh ketika mengambil objek bergerak

Kecepatan shutter kamera berpengaruh apabila Anda ingin mengambil foto objek bergerak, seperti mobil, hewan, orang, dan lain sebagainya. Pada umumnya, kecepatan shutter kamera prosumer lebih cepat dibandingkan kamera compact lainnya. Jika Anda lebih sering mengambil foto yang bergerak cepat, perhatikan kecepatan shutter dari kamera yang ingin Anda beli.

Image stabilization dibutuhkan agar hasil foto tidak blur

Image stabilization dibutuhkan agar hasil foto tidak blur

Image stabilization (IS) merupakan fitur pengoreksi getaran yang bisa terjadi akibat gerakan tangan atau lainnya. Fungsi ini akan sangat membantu untuk membuat hasil foto Anda tidak buram atau blur. Hampir semua kamera dari Canon sudah memiliki fitur ini sehingga hasil foto Anda tidak akan blur.


Akan tetapi, jika kamera yang Anda inginkan tidak dilengkapi image stabilization, Anda masih dapat menyiasatinya dengan menggunakan tripod. Anda juga bisa meletakkan kamera pada permukaan yang lebih stabil saat mengambil foto.

Optical viewfinder atau electronic viewfinder untuk melihat objek

Optical viewfinder atau electronic viewfinder untuk melihat objek

Viewfinder atau jendela bidik merupakan lubang kecil di kamera untuk melihat objek yang Anda ingin potret. Kamera prosumer, kamera instan, dan kamera saku biasanya tidak dilengkapi dengan optical viewfinder. Fungsi viewfinder diganti dengan electronic viewfinder (EVF) yang merupakan layar LCD untuk melihat objek. Sebagai informasi tambahan, optical viewfinder umumnya hanya dimiliki oleh kamera DSLR saja.

Kualitas video atau frame rate perlu diperhatikan untuk membuat vlog

Kualitas video atau frame rate perlu diperhatikan untuk membuat vlog

Untuk Anda yang ingin menggunakan kamera untuk membuat vlog, biasanya kamera digital selain kamera instan sudah dilengkapi dengan perekam kamera. Akan tetapi, tentu saja kejernihan hasil rekam video akan berbeda-beda.


Kejernihan video dipengaruhi oleh frame rate yang menyatakan berapa banyak visualisasi yang dapat terekam dalam satu detik (satuan fps). Jadi, makin besar jumlah fps yang dimiliki saat mengambil video, makin jernih pula video tersebut.

Mencetak foto atau berbagi pada platform digital juga harus dipertimbangkan

Mencetak foto atau berbagi pada platform digital juga harus dipertimbangkan

Bagi banyak fotografer, mencetak hasil foto dan membingkainya merupakan kepuasan sendiri untuk memamerkannya kepada saudara atau kolega. Jika Anda ingin mengunggah hasil foto di sosial media atau platform digital lainnya, Anda dapat memilih kamera compact dengan spesifikasi koneksi digital. Selain itu, jika ingin menjadikan hasil foto Anda sebagai stiker, kamera instan adalah jawabannya.

Carilah ukuran yang pas untuk Anda

Carilah ukuran yang pas untuk Anda

Karena setiap kamera memiliki ukuran yang berbeda, ada baiknya Anda mencoba memegang sendiri kamera yang Anda incar. Ukuran kamera compact yang mini bisa jadi akan membuat Anda dengan tangan besar merasa tidak nyaman saat menggenggamnya.


Begitu pula dengan kamera prosumer, beberapa di antaranya mungkin memiliki ukuran yang terlalu besar untuk Anda yang memiliki tangan kecil. Jadi, pastikan Anda telah mengetahui ukuran kamera yang diinginkan sebelum membeli, ya!

Bertanya pada ahlinya juga dapat menjadi pertimbangan

Bertanya pada ahlinya juga dapat menjadi pertimbangan

Jika Anda memiliki teman dengan hobi fotografi atau bekerja sebagai fotografer, bertanyalah kepada teman Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca review yang beredar di internet atau bertanya langsung kepada penjual untuk mendapatkan kamera terbaik. Karena kamera Canon di bawah tiga juta rupiah cukup terbatas pilihannya, cobalah untuk membandingkannya terlebih dahulu sebelum membeli.

10 Rekomendasi compact camera Canon terbaik di bawah 3 juta

Dengan sejarah panjang, Canon memiliki banyak produk kamera yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah yang dapat Anda pertimbangkan.

10

CanonPowerShot N

Rp 2.900.000,00

TipeKamera saku
Shutter speed1 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate30 fps
Hasil rekaman video1920 x 1080
Koneksi digitalUSB, Wi-Fi
Dimensi & berat78,6 mm x 60,2 mm x 29,3 mm・195 gram
9

CanonIXUS 140

Rp 1.799.000,00

TipeKamera saku
Shutter speed15 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB, Wi-Fi
Dimensi & berat95,4 mm x 56 mm x 20,6 mm ・ 133 gram
8
TipeKamera saku
Shutter speed15 – 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB
Dimensi & berat97,7 mm x 56 mm x 19,8 mm ・ 135 gram
7
TipeKamera saku
Shutter speed15 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB
Dimensi & berat95,2 mm x 54,3 mm x 22,1 mm ・ 126 gram
6
TipeKamera prosumer
Shutter speed15 – 1/1600 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB
Dimensi & berat104,4 mm x 69,1 mm x 80,1 mm ・ 313 gram
5
TipeKamera instan
Shutter speedTidak dijelaskan
Image stabilizationTidak dijelaskan
ViewfinderEVF
Frame rateTidak dijelaskan
Hasil rekaman videoTidak dijelaskan
Koneksi digitalMicro USB
Dimensi & berat121 mm x 78,3 mm x 23,7 mm ・ 170 gram
4
TipeKamera saku
Shutter speed15 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB
Dimensi & berat92,9 mm x 52,4 mm x 21,6 mm ・ 133 gram
3
TipeKamera saku
Shutter speed15 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB, Wi-Fi, NFC
Dimensi & berat95,3 mm x 56,8 mm x 23,6 mm・137 gram
2
TipeKamera saku
Shutter speed15 - 1/2000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate29,97 fps
Hasil rekaman video1920 x 1080
Koneksi digitalUSB, Wi-Fi, NFC
Dimensi & berat96,9 mm x 56,9 mm x 27,9 mm・182 gram
1
TipeKamera prosumer
Shutter speed15 – 1/4000 detik
Image stabilization
ViewfinderEVF
Frame rate25 fps
Hasil rekaman video1280 x 720
Koneksi digitalUSB, Wi-FI, NFC
Dimensi & berat 104,4 mm x 69,1 mm x 85,1 mm ・323 gram

Tabel perbandingan produk compact camera Canon terbaik di bawah 3 juta

Gambar produk
1
Canon PowerShot SX430 IS 1

Canon

2
Canon PowerShot SX620 HS 1

Canon

3
Canon IXUS 190 1

Canon

4
Canon IXUS 132 1

Canon

5
Canon iNSPiC [C] 1

Canon

6
Canon PowerShot SX400 IS 1

Canon

7
Canon IXUS 175 1

Canon

8
Canon PowerShot A2600 1

Canon

9
Canon IXUS 140  1

Canon

10
Canon PowerShot N 1

Canon

Nama produk

PowerShot SX430 IS

PowerShot SX620 HS

IXUS 190

IXUS 132

iNSPiC [C]

PowerShot SX400 IS

IXUS 175

PowerShot A2600

IXUS 140

PowerShot N

Keunggulan

Bagikan hasil foto terkini ke media sosial lebih cepat

Ukuran boleh kecil, tetapi kemampuan zoom superbesar!

Memotret dari jauh dengan zoom pun masih tetap jernih

Kamera pintar yang dapat mendeteksi situasi pemotretan

Jepret! Cetak! Tempel!

Teknologi IS membuat hasil foto dan video tetap stabil

Hasil video HD akan mengabadikan cerita Anda dengan baik

Tak perlu takut tiba-tiba kehabisan baterai

Mencetak foto lebih instan dengan koneksi Wi-Fi

Desain termungil dan terunik, mudah pula tersambung ke gawai

HargaRp 2.390.000,00Rp 2.700.000,00Rp 2.485.000,00Rp 1.280.000,00Rp 1.627.000,00Rp 1.900.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.130.000,00Rp 1.799.000,00Rp 2.900.000,00
TipeKamera prosumerKamera sakuKamera sakuKamera sakuKamera instanKamera prosumerKamera sakuKamera sakuKamera sakuKamera saku
Shutter speed15 – 1/4000 detik15 - 1/2000 detik15 - 1/2000 detik15 - 1/2000 detikTidak dijelaskan15 – 1/1600 detik15 - 1/2000 detik15 – 1/2000 detik15 - 1/2000 detik1 - 1/2000 detik
Image stabilizationTidak dijelaskan
ViewfinderEVFEVFEVFEVFEVFEVFEVFEVFEVFEVF
Frame rate25 fps29,97 fps25 fps25 fpsTidak dijelaskan25 fps25 fps25 fps25 fps30 fps
Hasil rekaman video1280 x 7201920 x 10801280 x 7201280 x 720Tidak dijelaskan1280 x 7201280 x 7201280 x 7201280 x 7201920 x 1080
Koneksi digitalUSB, Wi-FI, NFCUSB, Wi-Fi, NFCUSB, Wi-Fi, NFCUSBMicro USBUSBUSBUSBUSB, Wi-FiUSB, Wi-Fi
Dimensi & berat 104,4 mm x 69,1 mm x 85,1 mm ・323 gram96,9 mm x 56,9 mm x 27,9 mm・182 gram95,3 mm x 56,8 mm x 23,6 mm・137 gram92,9 mm x 52,4 mm x 21,6 mm ・ 133 gram121 mm x 78,3 mm x 23,7 mm ・ 170 gram104,4 mm x 69,1 mm x 80,1 mm ・ 313 gram95,2 mm x 54,3 mm x 22,1 mm ・ 126 gram97,7 mm x 56 mm x 19,8 mm ・ 135 gram95,4 mm x 56 mm x 20,6 mm ・ 133 gram78,6 mm x 60,2 mm x 29,3 mm・195 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aksesori untuk kamera di sini

Kamera low-end memang memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan kamera high-end. Akan tetapi, dengan bantuan beberapa produk aksesori, kamera low-end Anda akan menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk aksesori yang dapat Anda gunakan agar kualitas foto atau video bisa jauh lebih baik. 

Kesimpulan

Anda telah mengetahui tips memilih kamera compact dari Canon dengan bujet di bawah tiga juta rupiah. Kami juga telah memberikan beberapa rekomendasi produk kamera compact dari Canon yang terbaik untuk Anda.


Apakah Anda sudah menemukan kamera yang diinginkan? Anda dapat memilih berdasarkan tipe kamera dan juga spesifikasi kamera itu sendiri. Jika Anda belum menentukan pilihan, jadikan artikel ini sebagai pedoman dalam memilih low-end compact camera dari Canon.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera digital compact atau kamera pocket merupakan kamera digital berukuran kecil dan hasil fotonya berkualitas tinggi. Meski kepopulerannya sempat menurun seiring kemunculan smartphone dengan kamera canggih, kamera pocket merek terkenal masih dicari. Bahkan, perusahaan besar seperti SONY, Canon, dan FUJIFILM sekarang mengeluarkan berbagai model kamera yang menarik.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek kamera pocket dan memberikan tips cara memilihnya. Tentunya, setiap kamera memiliki keunggulan tersendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan kamera pocket yang ideal bagi Anda!
    Kamera digital
    22.365 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
    20.093 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.048 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    8.776 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.722 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    19.931 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Lensa & aksesori
    2.546 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
    Kamera digital
    4.658 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Kamera digital
    13.134 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu produsen kamera yang sudah cukup terkenal dan digemari banyak pengguna. Misalnya saja EOS 8D, PowerShot G7 Mark III, atau EOS 90D yang sudah banyak digunakan para profesional. Namun, bagaimana bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi? Tentu saja akan merasa kesulitan dalam memilih kamera terbaik, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon bagi para pemula hingga kebutuhan profesional. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik di setiap tipe sensornya. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Kamera digital
    1.908 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Kamera digital
    13.134 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera digital compact atau kamera pocket merupakan kamera digital berukuran kecil dan hasil fotonya berkualitas tinggi. Meski kepopulerannya sempat menurun seiring kemunculan smartphone dengan kamera canggih, kamera pocket merek terkenal masih dicari. Bahkan, perusahaan besar seperti SONY, Canon, dan FUJIFILM sekarang mengeluarkan berbagai model kamera yang menarik.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek kamera pocket dan memberikan tips cara memilihnya. Tentunya, setiap kamera memiliki keunggulan tersendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan kamera pocket yang ideal bagi Anda!
    Kamera digital
    22.365 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
    20.093 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu produsen kamera yang sudah cukup terkenal dan digemari banyak pengguna. Misalnya saja EOS 8D, PowerShot G7 Mark III, atau EOS 90D yang sudah banyak digunakan para profesional. Namun, bagaimana bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi? Tentu saja akan merasa kesulitan dalam memilih kamera terbaik, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon bagi para pemula hingga kebutuhan profesional. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik di setiap tipe sensornya. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Kamera digital
    1.908 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
    Kamera digital
    4.658 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.048 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori