• 10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Toner Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Toner adalah produk skincare routine yang tak boleh di-skip. Toner berfungsi menyeimbangkan pH kulit setelah cuci muka sekaligus menjaga kelembapannya. Tak heran, beauty brand lokal, seperti Wardah, SOMETHINC, dan Avoskin, pun menciptakan toner yang bagus untuk beragam kondisi kulit. 


Di antara sekian banyak produk toner lokal yang hits dan populer, manakah yang terbaik? Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih toner merek lokal yang tepat. Kami juga akan me-review sepuluh toner lokal terbaik untuk Anda. Baca juga penjelasan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Pentingnya menggunakan toner

Pentingnya menggunakan toner

Untuk Anda yang hobi melakukan skincare routine, Anda pasti tahu, toner merupakan produk yang wajib ada. Namun, tahukah Anda, kenapa toner sangat penting dalam tahapan skincare? Mari kita simak manfaat dan fungsi toner di bawah ini!


  • Mengoptimalkan pembersihan kulit wajah

Setelah aktif berkegiatan, baik di dalam maupun di luar ruangan, kotoran akan sangat mudah menempel di wajah. Setelah membersihkan wajah dengan cleansing product, seperti milk cleanser atau sabun muka, mengaplikasikan toner dapat mengangkat sisa kotoran. 


  • Menyeimbangkan pH kulit

Setelah menggunakan sabun pembersih wajah, biasanya tingkat keasaman kulit akan terganggu sehingga kulit menjadi kering. Nah, penggunaan toner akan membantu mengembalikan keasaman kulit ke kondisi alaminya, yaitu pH 5–5,5. Alhasil, kulit pun terasa lebih lembap dan segar.


  • Melembapkan kulit wajah

Umumnya, toner mengandung berbagai bahan pelembap, seperti asam amino, mineral oil, glycerin, dan hyaluronic acic (HA) yang dapat membantu melembapkan kulit dan menjaganya. 


  • Membantu mengatasi berbagai masalah kulit

Saat ini, banyak sekali produk toner yang diperkaya dengan berbagai kandungan aktif. Ada toner yang dikhususkan untuk merawat kulit kering, mengontrol minyak, mengatasi jerawat, mencerahkan kulit kusam, bahkan toner yang aman untuk kulit sensitif. Dengan menggunakan toner secara teratur, masalah kulit akan teratasi dengan baik.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Toner adalah salah satu varian skincare berbentuk cair yang memiliki kandungan air yang tinggi. Bila diperhatikan di bagian belakang ingredients list, Anda akan menemukan kandungan air atau water yang menjadi urutan utama list tersebut. Selain memberikan efek cleansing pada kulit, toner di pasaran memiliki berbagai fungsi yang menjadi selling point brand tertentu. 


Anda bisa menemukan brand yang menawarkan toner untuk membantu meringankan jerawat. Ada juga toner yang memberikan efek eksfoliasi, efek anti-aging atau antipenuaan, dan efek mencerahkan. Penggunaan toner umumnya dilakukan setelah Anda mencuci wajah dengan sabun. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah ke pH alaminya pada pH 5–5,5. 


Terkadang, setelah mencuci wajah dengan sabun, angka pH kulit Anda cenderung menjadi basa yaitu di atas tujuh. Ketahuilah bahwa ini bukanlah pH normal kulit wajah. Karena itu, jika pH Anda di atas normal, kulit wajah bisa menjadi kering dan terasa tertarik.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih toner lokal

Kualitas yang ditawarkan oleh toner lokal sama sekali tidak kalah dengan toner produksi luar negeri. Selain itu, toner lokal biasanya memiliki harga yang affordable alias lebih ekonomis. Namun, bagaimana cara memilih toner lokal yang cocok untuk Anda? Simaklah penjelasan di bawah ini.

Pilih sesuai jenis kulit

Memilih toner, seperti halnya memilih produk kecantikan lain, harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Apabila Anda salah memilih produk, kulit Anda malah akan menjadi makin bermasalah. 

Kulit kering: Toner yang melembapkan adalah solusi

Kulit kering: Toner yang melembapkan adalah solusi

Kulit kering bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain cuaca, perubahan hormon, dan pertambahan usia. Umumnya, kulit kering akan terasa kencang, gatal, bahkan bersisik di beberapa bagian. Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah toner yang bersifat hydrating.


Beberapa agen pelembap dalam hydrating toner, antara lain:

  • Asam amino
  • Glycerin
  • Hyaluronic acid
  • Niacinamide
  • Ceramide
  • Aloe vera

Kandungan-kandungan tersebut akan membantu melembapkan sekaligus merangsang produksi kolagen. Dengan demikian, tekstur kulit Anda bakal menjadi lebih kenyal.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Untuk Anda yang sering mengeluhkan drying effect setelah menggunakan toner, bisa jadi Anda salah memilih toner. Biasanya, toner bekerja sebagai skincare yang juga mampu membersihkan wajah. Karena itu, banyak toner di pasaran yang mengandung alkohol. Alkohol memang bisa mengangkat minyak atau bahan-bahan kosmetik yang tidak larut air. 


Namun, ketahuilah bahwa alkohol dalam toner harus diformulasikan sesuai dengan aturan FDA atau BPOM. Dengan kata lain, kandungan alkohol dalam toner harus benar-benar cocok untuk digunakan di kulit. Jika Anda memiliki kulit kering, hindarilah menggunakan toner dengan kandungan alkohol.


Sebagai gantinya, pilihlah kandungan yang dapat melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin, collagen, Aloe vera, atau minyak ekstrak tumbuhan. Dengan begitu, toner tersebut tidak akan membuat kulit kering menjadi tambah kering.

Kulit berminyak: Bisa memakai toner dengan oil control

Kulit berminyak: Bisa memakai toner dengan oil control

Untuk merawat kulit berminyak, pilihlah toner dengan kandungan oil control dan antisebum. Beberapa kandungan yang memiliki manfaat sebagai oil control dan antisebum, antara lain witch hazel dan zinc


Witch hazel berperan sebagai deep cleanser yang dapat membersihkan hingga pori-pori terdalam. Kandungan ini juga dapat membersihkan wajah dari debu dan polusi. Zinc banyak digunakan sebagai antisebum dan pelembap. Sebaiknya, pemilik kulit berminyak menghindari kandungan essential oil dan mineral oil karena akan membuat kulit makin berminyak.

Untuk membaca lebih dalam mengenai toner untuk kulit berminyak, Anda bisa mengeklik link di bawah ini!

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Pemilik kulit berminyak pasti menginginkan tampilan matte finish setelah menggunakan skincare dan kosmetik. Produksi minyak berlebih di wajah memang tidak bisa dihentikan secara permanen. Namun, Anda bisa mengontrolnya dengan menggunakan toner. 


Toner yang mengandung witch hazel bagus untuk mengontrol minyak berlebih. Selain itu, sekarang ini sudah ada toner untuk kulit berminyak yang mengandung glycollic acid dan retinol. Hyaluronic acid terkenal sebagai hydrating agent yang mampu melembapkan wajah. Karena itu, banyak orang dengan tipe kulit berminyak yang menghindari kandungan ini. 


Meski begitu, terkadang kulit yang tadinya berminyak dapat menjadi kering setelah Anda mencuci muka. Kondisi ini akan memberikan sinyal kepada kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak. Karena hal ini, kulit yang memang pada dasarnya sudah berminyak dapat menjadi lebih berminyak lagi. 


Oleh sebab itu, penggunaan toner yang mengandung hyaluronic acid juga disarankan untuk tipe kulit berminyak. Kandungan niacinamide atau vitamin B3 juga dikenal sebagai kandungan yang dapat mencerahkan wajah. 


Namun, sebenarnya niacinamide juga dapat memberikan efek soothing. Pada penelitian oleh Draelos (n.a.), terbukti bahwa 2% dari niacinamide dapat mengurangi produksi sebum di wajah

Kulit berjerawat: Toner yang mengandung antibakterial bisa dipilih

Kulit berjerawat: Toner yang mengandung antibakterial bisa dipilih

Apabila Anda memiliki banyak jerawat, Anda harus lebih hati-hati dalam memilih toner. Pastikan toner yang Anda pilih memang diformulasi khusus untuk kulit berjerawat. Bahan aktif yang biasanya ada dalam produk untuk kulit berjerawat adalah salycilic acid dan tea tree oil


  • Salycilic acid (BHA)

Kandungan asam ini sangat penting untuk membersihkan pori-pori, mengeringkan jerawat, dan mencegah jerawat muncul kembali. 


  • Tea tree oil

Kandungan ini berfungsi sebagai antiseptik dan anti-inflamasi. Jika digunakan untuk kulit berjerawat, tea tree oil dapat mengempiskan dan menenangkan jerawat meradang. Bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping seperti kulit kering, memerah, atau mengelupas. 

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Tipe kulit berminyak yang sensitif juga sering bermasalah dengan jerawat. Jerawat adalah salah satu manifestasi klinis dari adanya infeksi kronis di wajah oleh bakteri P. acnes. Karena risiko infeksi tersebut, Anda tentunya harus memilih toner dengan kandungan natural antibakteri. Kandungan natural antibakteri bisa didapatkan dari ekstrak tumbuhan, seperti tea tree, peppermint, dan Centella asiatica


Toner dengan kandungan BHA yaitu salicylic acid bisa menjadi pilihan terbaik untuk jerawat. Hal ini karena BHA bersifat komedolitik sehingga mampu membuat komedo menjadi lunak atau hancur. Beberapa brand menawarkan toner dengan formulasi kombinasi sehingga memberikan efek sinergis antara AHA, BHA, dan PHA. Ketiga kandungan ini sangat efektif untuk kulit berjerawat. 


Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan kandungan-kandungan tersebut. Meski digunakan dalam konsentrasi kecil, kandungan AHA dan BHA dapat menghasilkan efek purging. Saat penggunaan awal, toner seperti ini lebih baik hanya digunakan maksimal tiga kali seminggu untuk melihat reaksi kulit.

Kulit sensitif: Produk dengan gentle ingredients lebih baik

Kulit sensitif: Produk dengan gentle ingredients lebih baik

Kulit sensitif sangat mudah terkena iritasi jika bersentuhan dengan zat-zat yang cukup keras dalam kosmetik. Di bawah ini adalah beberapa ingredients yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif. 


  • Pewangi dan pewarna buatan

Pewangi dan pewarna buatan kerap menimbulkan reaksi alergi seperti rasa gatal. Selain itu, jika Anda memiliki alergi terhadap kandungan pengawet seperti paraben, sebaiknya pertimbangkan kembali produk yang mengandung bahan ini. 


  • Mineral oil dan surfaktan 

Bagi pemilik kulit hypersensitive, kedua kandungan tersebut bisa saja memicu alergi. Supaya lebih aman, Anda sebaiknya mencari produk toner yang memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. 

Kami pernah menghimpun artikel mengenai toner terbaik untuk kulit sensitif. Jika Anda ingin membacanya lebih lanjut, klik link di bawah ini!

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kulit sensitif merupakan suatu kondisi kulit dan bukan tipe kulit. Biasanya, orang dengan kondisi kulit sensitif memiliki kulit yang gampang merah. Hal ini bisa terjadi ketika kulit terkena beberapa kandungan skincare atau kondisi lingkungan di luar kulit.


Pilihlah toner yang tidak memiliki kandungan zat aditif yang terlalu banyak, seperti alkohol, pewarna, dan pewangi. Dengan mengurangi kandungan-kandungan tersebut, kulit tidak akan menjadi sensitif. Namun, ketahuilah bahwa produk yang tidak memiliki alkohol akan membuat masa pakainya menjadi lebih cepat. Usahakanlah untuk menghabiskan toner tersebut kurang dari enam bulan


Hal ini terjadi karena produk tanpa alkohol tidak memiliki efek preservatif atau pengawet yang diberikan oleh alkohol. Kandungan yang sangat baik digunakan untuk kulit sensitif antara lain adalah Centella asiatica, rose extract, Aloe vera, cucumber extract, dan lainnya.

Kenali jenis alkohol di dalam toner

Kenali jenis alkohol di dalam toner

Selama ini, alkohol selalu dihindari oleh para pemburu skincare karena diyakini sebagai kandungan yang berbahaya. Akan tetapi, tidak semua jenis alkohol dapat merusak kulit Anda. Banyak toner dan produk kecantikan lainnya yang menggunakan alkohol sebagai pelarut. Agar Anda tidak terjebak dalam informasi yang kurang lengkap, kenali jenis alkohol yang ada di dalam toner Anda.


Simple alcohol:

  • Isopropyl alcohol
  • Ethanol
  • Methanol
  • Benzyl alcohol
  • Denatured alcohol
  • SD alcohol (40)

Fatty alcohol:

  • Cetearyl alcohol
  • Glycol
  • Cetyl alcohol
  • C12-16
  • Stearyl alcohol
  • Myristyl alcohol
  • Lauryl alcohol

Fatty alkohol biasanya diambil dari bahan alami, seperti minyak kelapa. Fungsinya adalah sebagai pelembap, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu mengoptimalkan penyerapan kandungan lain dalam skincare


Namun, ada juga produk toner yang tidak mengandung alkohol. Bila Anda mencari toner yang lebih aman, khususnya untuk kulit sensitif, Anda bisa memilih produk yang tanpa alkohol. 

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Seperti paraben, alkohol juga sering menjadi kambing hitam di bidang skincare dan kosmetik. Bila digunakan dengan tepat, alkohol sebenarnya memiliki banyak fungsi yang membuat kualitas skincare atau kosmetik terjaga. Berikut ini jenis-jenis alkohol dalam formula skincare atau kosmetik:


  1. Simple alcohol/alkohol sederhana: alkohol sederhana termasuk zat, seperti metanol, etanol, propanol, dan alkohol yang diubah sifatnya. Kandungan ini terutama digunakan dalam perawatan kulit karena sifat antibakterinya. Kandungan ini juga dapat ditambahkan karena berfungsi sebagai pelarut untuk bahan lain di dalam formula. Alkohol jenis ini dapat mengeringkan kulit jika dioleskan sendiri atau dalam konsentrasi yang cukup besar. Namun, jika dikombinasikan dengan bahan yang tepat dalam rasio yang tepat, alkohol ini tidak berdampak negatif pada kulit. Di satu sisi, kandungan ini malah dapat membantu pengiriman suatu kandungan skincare ke dalam kulit.
  2. Fatty alcohol/alkohol berlemak: beberapa contoh alkohol lemak yang paling umum digunakan dalam produk perawatan kulit adalah cetearyl alcohol, setil alkohol, dan isostearyl alcohol. Tidak seperti alkohol sederhana, alkohol berlemak memiliki karakteristik emolien dan oklusif. Bahan-bahan ini sebenarnya dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga bermanfaat dalam berbagai jenis produk topikal.
  3. Aromatic alcohol/alkohol aromatik: produk perawatan kulit yang mengandung pewangi dapat menggunakan alkohol aromatik, seperti benzil alkohol atau komponen konsentrasi minyak esensial. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi atau kekeringan pada kulit, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Untuk menghindari jenis alkohol ini, pilihlah produk bebas pewangi.


Karena itu, baca kembali ingredients list di bagian belakang produk yang ingin Anda pakai. Pastikanlah bahwa kandungan alkoholnya akan cocok dengan tipe kulit yang dimiliki.

Pilih produk lokal yang memiliki sertifikasi

Pilih produk lokal yang memiliki sertifikasi

Agar Anda tak waswas saat menggunakan toner, pilihlah produk yang telah tersertifikasi. Di Indonesia, produk kecantikan dikatakan aman jika telah lulus uji BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Apabila produk yang Anda pilih telah mengantongi sertifikat BPOM, berarti produk tersebut bebas dari bahan-bahan berbahaya. Anda dapat mengecek sertifikasi produk pilihan Anda di website BPOM.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan media sosial menjadi peluang baru bagi para pengusaha lokal di bidang skincare dan kosmetik. Fenomena ini berbeda dengan lima tahun lalu ketika masih sedikit edukasi yang beredar di media sosial mengenai skincare. Karena hal ini, dahulu banyak masyarakat yang tak sengaja memakai produk abal-abal tanpa izin BPOM. 


Banyak risiko yang dapat ditimbulkan dari produk yang tidak memiliki izin BPOM. Hal ini karena produk tersebut tidak terjamin kualitas, efektivitas, dan keamanannya. Oleh sebab itu, pilihlah produk lokal yang tersertifikasi sehingga Anda juga terhindar dari efek samping penggunaan produk abal-abal.

10 Rekomendasi toner lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk toner lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10
Kandungan utamaNatural pea extract, glycerin, allontoin, raykami, vitamin B3
Klaim Hypoallergenic, dermatologically tested, non-comedogenic, non-acnegenic, non-alcohol, tanpa pewarna tambahan
BPOM
Isi100 ml
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
9

HALE.Stay Toned. Balancing Essence Toner

Mulai dari Rp 129.000,00

Kandungan utamaGlycerin, butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, Portulaca oleracea (purslane) extract, panthenol, mulberry extract, sodium hyaluronate, mulberry extract, licorice extract, raspberry extract, Centella asiatica extract
Klaim No simple alcohol, fungal acne safe, fragrance free, irritating oil free, essential oils free
BPOM
Isi100 ml
Untuk jenis kulitKulit kering, kulit sensitif, kulit berjerawat
8

WardahHydra Rose Petal Infused Toner

Mulai dari Rp 127.500,00

Kandungan utamaKelopak bunga mawar asli, allontoin
Klaim Alcohol-free, fragrance-free
BPOM
Isi100 ml
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
7

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial Toner

Mulai dari Rp 160.000,00

Kandungan utamaKulit lemon, tea tree, Aloe barbadensis leaf extract, papaya, Centella asiatica, gotu kola
Klaim Cruelty-free, bisa digunakan bumil/busui, tanpa bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang
BPOM
Isi120 ml
Untuk jenis kulitKulit berminyak cenderung berjerawat
6

Studio TropikProbiome Skin Tonic

Mulai dari Rp 59.000,00

Kandungan utamaBifidaLacto probiotics (bifida ferment lysate + lactobacillus), PGA (polyglutamic acid), quadruple HA (hyaluronic acid), crystal iceplant collagen
Klaim Tanpa pewangi, tanpa minyak, tanpa paraben, tanpa alkohol, dermatology tested
BPOM
Isi30 ml, 100 ml, 270 ml
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit kering
5
Kandungan utamaZinc, green tea water, tea tree water, phyto aqualene, mugwort, vitamin C, ginkgo extract, succinic acid, gluconolactone
Klaim Dermatology tested, cruelty-free, non-iritant
BPOM
Isi100 ml
Untuk jenis kulitBerjerawat/acne prone
4

Avoskin Miraculous Refining Toner

Mulai dari Rp 99.000,00

Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, niacinamide, tea tree, raspberry, witch hazel, Aloe vera
Klaim Fungal acne safe, alcohol-free, perfume-free
BPOM
Isi20 ml, 100 ml
Untuk jenis kulitBerjerawat/acne prone
3

SOMETHINCGlow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 59.000,00

Kandungan utamaAHA (glycolic acid) 3%, PHA (lactobionic acid) 0,1%, BHA (salicylic acid) 0,01%, butylene glycol, arginine, betaine, allantoin Anthemis nobilis flower extract, caffeine
Klaim Non-comedogenic, fungal acne safe, alcohol-free, telah teruji secara dermatologi
BPOM
Isi40 ml, 100 ml
Untuk jenis kulitSensitif dan acne-prone
2

N'Pure Face Toner Centella Asiatica

Mulai dari Rp 100.000,00

Kandungan utamaReal centella leaves, green tea, mix fruit extract, vitamin B3 / niacinamide, dan tranexamic acid
Klaim Bebas alkohol, bebas paraben, bebas mineral oil, bebas SLS, bumil dan busui friendly
BPOM
Isi150 ml
Untuk jenis kulit
1
Kandungan utamaNiacinamide dan kolagen
Klaim Dermatologically tested, acne prone & sensitive skin safe, dapat dipakai dari umur 12 tahun ke atas
BPOM
Isi100 ml
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat

Tabel perbandingan produk toner lokal terbaik

Gambar produk
1
Whitelab Brightening Face Toner 1

Whitelab

2
N'Pure  Face Toner Centella Asiatica 1

N'Pure

3
SOMETHINC Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner 1

SOMETHINC

4
Avoskin  Miraculous Refining Toner 1

Avoskin

5
Scarlett  Essence Toner – Acne 1

Scarlett

6
Studio Tropik Probiome Skin Tonic 1

Studio Tropik

7
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner 1

Sensatia Botanicals

8
Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner 1

Wardah

9
HALE. Stay Toned. Balancing Essence Toner 1

HALE.

10
Emina Natura Pal Toner Essence 1

Emina

Nama produk

Brightening Face Toner

Face Toner Centella Asiatica

Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Miraculous Refining Toner

Essence Toner – Acne

Probiome Skin Tonic

Tea Tree & Lemon Facial Toner

Hydra Rose Petal Infused Toner

Stay Toned. Balancing Essence Toner

Natura Pal Toner Essence

Keunggulan

Mengembalikan elastisitas kulit dan memperlambat penuaan dini

Toner hits yang banyak di-review beauty enthusiast

Toner AHA, BHA, PHA yang aman dipakai pemilik kulit sensitif

Menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat

Mengontrol sebum dan meminimalkan kemerahan akibat jerawat

2-in-1 Toner yang bagus untuk menghidrasi dan memperbaiki skin barrier

Dengan bahan alami yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat

Toner kelopak mawar asli, mengunci kelembapan kulit

Diperkaya licorice, raspberry, dan mulberry extract, bye-bye kulit kusam!

Formula ringan bak air, toner ternyaman untuk remaja

Harga mulai dariRp 43.000,00Rp 100.000,00Rp 59.000,00Rp 99.000,00Rp 75.000,00Rp 59.000,00Rp 160.000,00Rp 127.500,00Rp 129.000,00Rp 45.500,00
Kandungan utamaNiacinamide dan kolagenReal centella leaves, green tea, mix fruit extract, vitamin B3 / niacinamide, dan tranexamic acidAHA (glycolic acid) 3%, PHA (lactobionic acid) 0,1%, BHA (salicylic acid) 0,01%, butylene glycol, arginine, betaine, allantoin Anthemis nobilis flower extract, caffeineAHA, BHA, PHA, niacinamide, tea tree, raspberry, witch hazel, Aloe veraZinc, green tea water, tea tree water, phyto aqualene, mugwort, vitamin C, ginkgo extract, succinic acid, gluconolactone BifidaLacto probiotics (bifida ferment lysate + lactobacillus), PGA (polyglutamic acid), quadruple HA (hyaluronic acid), crystal iceplant collagenKulit lemon, tea tree, Aloe barbadensis leaf extract, papaya, Centella asiatica, gotu kolaKelopak bunga mawar asli, allontoinGlycerin, butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, Portulaca oleracea (purslane) extract, panthenol, mulberry extract, sodium hyaluronate, mulberry extract, licorice extract, raspberry extract, Centella asiatica extractNatural pea extract, glycerin, allontoin, raykami, vitamin B3
Klaim Dermatologically tested, acne prone & sensitive skin safe, dapat dipakai dari umur 12 tahun ke atasBebas alkohol, bebas paraben, bebas mineral oil, bebas SLS, bumil dan busui friendlyNon-comedogenic, fungal acne safe, alcohol-free, telah teruji secara dermatologiFungal acne safe, alcohol-free, perfume-freeDermatology tested, cruelty-free, non-iritantTanpa pewangi, tanpa minyak, tanpa paraben, tanpa alkohol, dermatology testedCruelty-free, bisa digunakan bumil/busui, tanpa bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karangAlcohol-free, fragrance-freeNo simple alcohol, fungal acne safe, fragrance free, irritating oil free, essential oils freeHypoallergenic, dermatologically tested, non-comedogenic, non-acnegenic, non-alcohol, tanpa pewarna tambahan
BPOM
Isi100 ml150 ml40 ml, 100 ml20 ml, 100 ml100 ml30 ml, 100 ml, 270 ml120 ml100 ml100 ml100 ml
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawatSensitif dan acne-proneBerjerawat/acne proneBerjerawat/acne proneSemua jenis kulit, terutama kulit keringKulit berminyak cenderung berjerawatSemua jenis kulitKulit kering, kulit sensitif, kulit berjerawatSemua jenis kulit
Tautan produk

Tips menggunakan toner dengan benar

Tips menggunakan toner dengan benar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti saat mengaplikasikan toner. Namun, sebelumnya, perhatikan poin-poin berikut ini.


  • Jika Anda menggunakan makeup, pastikan makeup telah dibersihkan dengan milk cleanser atau cleansing oil. 
  • Selanjutnya, cucilah wajah Anda dengan menggunakan sabun wajah. Ritual ini biasa disebut sebagai double cleansing. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bekas makeup dan kotoran lain secara maksimal. Setelah wajah bersih, saatnya mengaplikasikan toner.

Ada beberapa cara mengaplikasikan toner. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:


  1. Pertama, Anda bisa menggunakan kapas. Teteskan 23 tetes toner di kapas, kemudian tepuk-tepuk lembut ke seluruh permukaan wajah. Namun, Anda disarankan untuk menghindari area mata. 
  2. Setelah itu, tunggu hingga toner meresap. Selain menggunakan kapas, Anda juga dapat mengaplikasikan toner langsung dengan jari. Cara ini lebih praktis, tetapi Anda harus memastikan tangan Anda benar-benar bersih. 
  3. Cara ketiga adalah dengan menyemprotkan toner langsung ke wajah. Cara ini cukup efektif untuk menjaga toner tetap bersih dan higienis. Hanya saja, Anda perlu memindahkan toner ke botol spray terlebih dahulu.
  4. Saat toner sudah meresap, aplikasikan pelembap dan tabir surya jika Anda hendak beraktivitas pada pagi hari. Sementara itu, jika Anda memakainya pada malam hari, lanjutkan dengan mengaplikasikan krim malam. Dengan menggunakan toner, penyerapan kandungan skincare lainnya akan lebih optimal.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Cara menggunakan toner ditentukan sesuai dengan fungsi toner-nya. Berbagai toner yang beredar di pasaran umumnya berfungsi untuk hydrating, brightening, dan sebagai exfoliating toner


Untuk toner yang memiliki fungsi hydrating dan brightening, Anda bisa menggunakannya dengan kapas lalu mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Anda bisa mengaplikasikannya juga dengan cara menepukkannya langsung ke wajah. 


Toner biasanya digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun. Hal ini berbeda ketika menggunakan exfoliating toner yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Anda direkomendasikan untuk mengaplikasikannya menggunakan kapas sehingga sel kulit mati langsung terangkat saat pengaplikasian toner.

Baca juga rekomendasi produk toner lainnya di sini

Sebagai salah satu step dalam rangkaian skincare, toner memiliki fungsi yang cukup penting bagi kulit. Selain produk toner lokal, kami memiliki artikel lainnya tentang toner. Apabila Anda tertarik untuk mencari informasi tentang toner lainnya, silakan klik tautan-tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk toner yang cocok untuk Anda? Yang pasti, pilihlah produk yang sesuai dengan masalah dan kondisi kulit Anda. Selalu usahakan untuk membaca dengan teliti mengenai kandungan dan bahan-bahan di dalam toner. Hal itu dapat membantu Anda menghindari iritasi dan risiko lainnya. 


Setelah mendapat produk yang pas, ikutilah langkah-langkah yang benar dalam mengaplikasikan toner. Dengan demikian, efeknya akan lebih optimal. Selamat berbelanja toner berkualitas produksi dalam negeri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak dulu, lidah buaya atau Aloe vera dikenal bermanfaat untuk kulit. Banyak produk skincare yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan utamanya, termasuk masker wajah. Ada berbagai bentuk masker lidah buaya, seperti clay mask, sheet mask, sleeping mask, dan peel-off mask.Guna membantu Anda, kami akan membagikan tips memilih masker lidah buaya yang bagus beserta rekomendasi produknya. Anda juga bisa menemukan informasi tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan juga masker dari berbagai merek, seperti Wardah, Nature Republic, dan Innisfree!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori