mybest
Alat fitness

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Gym & fitness
  4. 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024)

Jika ingin rutin berolahraga otot di rumah, Anda bisa membeli sit-up bench. Dengan alat sit-up gym ini, Anda dapat melatih dan membentuk otot perut. Ada banyak sit-up bench yang beredar di pasaran saat ini. Manakah yang paling tepat untuk Anda?

Kami akan memberikan rekomendasi sit-up bench yang bagus dari merek JACO, Speeds, BG Sport, Total Health Gym, X2FIT, serta Kettler. Kami juga akan mengulas cara memilih alat sit-up terbaik untuk membentuk perut six pack Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tedi Hermawan
Pakar
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Profil Tedi Hermawan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu sit-up bench (papan sit-up)?

Apa itu sit-up bench (papan sit-up)?

Ketika melakukan latihan otot perut atau abdomen, Anda mungkin sulit berkonsentrasi karena tidak dapat mengaitkan kaki. Terkadang kaki jadi melayang-layang tak tentu arah tanpa adanya pemberat. Sit-up di lantai pun terasa menyakitkan bagi tubuh, terutama bagian punggung.


Jika berolahraga pada kondisi yang tidak nyaman, hasil olahraga Anda menjadi kurang maksimal. Karena itu, ada baiknya Anda memiliki sit-up bench untuk latihan abs di rumah. Sit-up bench adalah alat yang digunakan untuk membantu gerakan sit-up agar Anda lebih mudah dan seimbang dalam melakukan gerakan sit-up.


Berikut ini beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan sit-up bench.

  • Dengan menggunakan sit-up bench, kaki akan tertahan dengan baik sehingga tubuh lebih seimbang dan hasil pun maksimal.
  • Beberapa sit-up bench juga dilengkapi dengan sudut seat yang dapat diatur untuk memudahkan Anda melatih area abdomen. Dengan seat yang berbahan lembut, punggung tidak akan terasa sakit saat melakukan sit-up.
  • Sit-up bench juga dapat memperbaiki postur tubuh Anda, lho! Dengan begitu, proporsi tubuh yang sempurna akan menjadi milik Anda.
  • Selain area perut, sit-up bench dapat pula membantu Anda untuk melatih bagian tubuh lainnya. Latihan otot punggung (back extension), external abdominal oblique (side crunches), rectus abdominis (leg raises), dan pectoralis major (push ups) dapat dilakukan dengan alat ini.

Dengan harga sama seperti biaya keanggotaan gym selama sebulan atau dua bulan, Anda dapat memiliki sit-up bench. Olahraga bisa jadi lebih maksimal karena Anda sudah memiliki alatnya di rumah, bukan?

Cara memilih sit-up bench (papan sit-up)

Meski sit-up bench adalah alat yang cukup sederhana, ada beberapa tips memilih yang perlu Anda ketahui. Misalnya, Anda perlu mengecek terlebih dahulu bentuk seat-nya serta bobot yang dapat ditopang. Simak cara memilih berikut ini untuk memaksimalkan olahraga Anda.

1

Kenali tipe sit-up bench berdasarkan bentuknya

Sit-up bench umumnya memiliki dua tipe seat, yakni curved dan flat. Namun, ada juga roman sit-up bench yang tidak memiliki seat atau sandaran. Sebelum membeli, pastikan Anda periksa terlebih dahulu tipe seat-nya agar punggung dapat ditopang dengan baik.

Curved sit-up bench: Mengikuti lengkungan punggung, menopang tubuh lebih nyaman

Curved sit-up bench: Mengikuti lengkungan punggung, menopang tubuh lebih nyaman
Sumber: jaco.co.id

Tipe curved merupakan sit-up bench yang memiliki seat berlekuk sehingga lebih pas dengan tulang punggung Anda. Dengan lekuk tersebut, sit-up bench ini memudahkan Anda saat melakukan gerakan sit-up sekaligus mengurangi ketegangan pada area punggung. Selain itu, seat ini juga dapat merentangkan otot abdomen sehingga dapat memaksimalkan hasil latihan Anda.


Namun, karena lengkung seat-nya, tipe ini memang sulit digunakan untuk olahraga lainnya. Jadi, sit-up bench tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin fokus membentuk otot perut. Kekurangan jenis sit-up bench ini adalah tidak ada pengatur kemiringan sehingga tidak cocok untuk pemula.


Meski demikian, ada pula sit-up bench tipe ini yang dapat digunakan untuk olahraga lain. Karena itu, pastikan terlebih dahulu fitur-fitur yang dapat diperoleh saat menggunakan alat ini, ya.

Flat sit-up bench: Dapat dipakai untuk latihan otot lainnya, sudut kemiringan bisa diatur

Flat sit-up bench: Dapat dipakai untuk latihan otot lainnya, sudut kemiringan bisa diatur
Sumber: ob-fit.com

Sit-up bench dengan permukaan seat datar merupakan tipe standar untuk alat olahraga ini. Jika Anda masih bingung dalam memilih sit-up bench, kami sarankan Anda untuk memilih tipe ini.


Selain itu, beberapa tipe ini juga memiliki sudut atau kemiringan yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Hal ini berdampak baik karena otot perut akan lebih membentuk daripada Anda melakukan sit-up di lantai.


Dengan sit-up bench yang permukaannya datar, Anda juga dapat berbaring dan melakukan olahraga barbel atau dumbbell di atas alat ini. Karena itu, alat ini disarankan bagi Anda yang ingin melakukan berbagai macam olahraga sehingga otot perut makin terbentuk.

Roman sit-up bench: Untuk fitness mania yang sudah expert, berbagai variasi latihan dapat dilakukan

Roman sit-up bench: Untuk fitness mania yang sudah expert, berbagai variasi latihan dapat dilakukan

Tipe ini juga sering disebut sebagai hyperextension bench atau roman chair. Jika pada sit-up bench biasa Anda melakukan sit-up sembari berbaring, pada tipe ini Anda mengaitkan kaki pada bantalan yang ada. Setelahnya, Anda menekuk perut sebagaimana melakukan gerakan sit-up atau crunch di udara.


Untuk dapat melakukan gerakan tersebut, tentu Anda membutuhkan kekuatan core yang sangat kuat. Jadi, tipe ini tidak direkomendasikan untuk pemula. Roman sit-up bench juga dapat digunakan untuk berbagai variasi latihan yang menggunakan otot kaki, otot perut bawah, dan core secara menyeluruh. Sayangnya, tipe ini belum banyak ditemukan di e-commerce Indonesia.

2

Cek beban maksimal yang dapat ditopang oleh alat sit-up

Cek beban maksimal yang dapat ditopang oleh alat sit-up

Karena sit-up bench menopang seluruh beban tubuh Anda, alat yang digunakan haruslah kokoh. Sit-up bench pada dasarnya dapat menopang bobot hingga 100 kg. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda memastikan bobot yang dapat ditopang sebelum membelinya.


Jika Anda menggunakan dumbbell atau barbel di atas papan sit-up bench, bobot yang ditahan oleh alat ini akan bertambah pula. Saat menggunakan beban tambahan, carilah adjustable bench yang memiliki struktur lebih kuat dan dapat menampung beban yang lebih berat. Dengan begitu, sit-up bench akan lebih aman.

3

Pertimbangkan yang sudutnya bisa disesuaikan agar lebih praktis

Pertimbangkan yang sudutnya bisa disesuaikan agar lebih praktis

Struktur sit-up bench umumnya memiliki sisi yang tinggi di bagian kaki dan sisi yang rendah untuk bagian kepala. Sebenarnya, tidak masalah jika Anda tetap memakai sit-up bench dengan permukaan yang rata. Namun, makin curam sudut kemiringannya, makin berat pula bebannya sehingga lebih efektif untuk mengencangkan perut Anda.


Agar dapat mengontrol beban latihan, alat sit-up yang dapat diatur sudutnya tentu lebih praktis. Biasanya sudut pada sit-up bench dapat diatur hingga tiga tahap. Untuk memperoleh hasil sempurna, pilihlah bench yang dapat diubah sudutnya demi kenyamanan berolahraga.


Saat memilih sit-up bench yang dapat diatur sudutnya, carilah bahan yang tidak licin di bagian punggung dan busa bagian kaki yang lebih tebal. Sit-up bench seperti ini akan membantu Anda menahan rasa sakit dalam menahan berat badan.

4

Pilih yang dapat dilipat atau foldable untuk kemudahan penyimpanan

Pilih yang dapat dilipat atau foldable untuk kemudahan penyimpanan

Mayoritas alat olahraga berukuran besar dan membutuhkan ruang lebih luas. Hal ini berlaku pula untuk sit-up bench yang ukurannya cukup besar mengingat alat ini dapat menopang tubuh. Jika digeletakkan begitu saja, sit-up bench tentu membuat ruangan Anda terasa sempit.


Beberapa sit-up bench untungnya didesain agar bisa dilipat (foldable), disandarkan, dan disimpan di antara perabot di rumah. Idealnya, sit-up bench bisa disimpan di sudut ruangan jika tidak digunakan dan dipasang kembali jika Anda membutuhkannya. Namun, foldable sit-up bench biasanya tidak dapat menahan beban yang terlalu berat.


Namun, perlu diingat bahwa beberapa produk yang sudutnya dapat diatur mungkin tidak dapat dilipat. Karena itu, kami sarankan sit-up bench yang dapat dilipat jika Anda tidak memerlukannya untuk latihan menggunakan barbel.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sit-up bench (papan sit-up) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sit-up bench (papan sit-up) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Speeds

Sit Up BenchLX 042-8

Speeds Sit Up Bench 1

Rp600.000

Lebih Murah

Dapat dilipat ganda dan tidak memakan tempat!

2

BG Sport

Sit Up BenchSU-222

BG Sport Sit Up Bench 1

Rp1.699.000

Menengah

Dilengkapi penahan tubuh bagian atas untuk memaksimalkan pemakaian beban

3

Gymex

Roman ChairF101

Gymex Roman Chair 1

Rp1.980.000

Menengah

Satu alat untuk beberapa bagian tubuh, tingkatkan latihan Anda ke tahap advance!

4

Kettler

Axos Universal Training Bench

Kettler Axos Universal Training Bench 1

Rp4.250.000

Lebih Mahal

Dapat dilipat ke berbagai angle secara fleksibel

5

Bowflex

Selecttech 5.1 Series Bench

Bowflex Selecttech 5.1 Series Bench 1

Rp2.300.000

Agak Mahal

Punya masalah postur tubuh yang kurang baik? Atasi dengan produk ini!

6

X2FIT

Sparta Multi Bench

X2FIT  Sparta Multi Bench 1

Rp1.760.000

Menengah

Olahraga intens pun dapat dilakukan dengan alat ini

7

Total Health Gym

Sixpack Bench

Total Health Gym Sixpack Bench 1

Rp1.180.000

Agak Murah

Sit-up tanpa sakit leher dengan roller massager yang empuk dan melindungi

8

Total Health Gym

New Sit Up Bench

Total Health Gym New Sit Up Bench 1

Rp1.180.000

Agak Murah

Pilihan warna cerah buat latihan di rumah lebih semangat

9

OB FIT

Papan Sit Up BenchGMO-430

OB FIT Papan Sit Up Bench 1

Rp2.000.000

Menengah

Tak perlu membeli dumbel terpisah

10

JACO

Sit Up BenchWT-B18C

JACO Sit Up Bench 1

Rp2.680.000

Agak Mahal

Dilengkapi dengan rope tube resistance untuk variasi latihan otot

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SpeedsSit Up BenchLX 042-8

Sit Up Bench 1
Sumber: shopee.co.id
Sit Up Bench 2
Sumber: shopee.co.id
Sit Up Bench 3
Sumber: shopee.co.id
Sit Up Bench 4
Sumber: shopee.co.id
Sit Up Bench 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp600.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp600.000
Lebih Murah

Dapat dilipat ganda dan tidak memakan tempat!

Bagaimana jika Anda merasa tidak puas dengan alat yang hanya membentuk otot area abdomen? Anda akan menyukai sit-up bench ini. Tak hanya abdomen, alat ini juga dapat memperkuat otot bagian atas tubuh, seperti lengan, punggung, hingga pinggul. Dengan pegangan di bagian bawah alat, Anda dapat menggunakannya pula untuk push up.


Alat ini dilengkapi dengan resistance band. Selain melatih lengan, punggung, dan pinggul, alat ini juga dapat melatih otot bahu. Dengan begitu, seluruh upper body Anda akan terlatih. Alat ini juga bisa dilipat ganda dalam ukuran yang compact. Harganya pun termasuk yang paling murah dibandingkan merek lainnya di pasaran, lho!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BG SportSit Up BenchSU-222

Harga referensi
Rp1.699.000
Menengah

Dilengkapi penahan tubuh bagian atas untuk memaksimalkan pemakaian beban

Sit-up bench BG Sport mempunyai dua seat dengan level berbeda. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan bantalan di depan dada. Bantalan tersebut berfungsi untuk menahan tubuh bagian atas jika Anda ingin berlatih menggunakan dumbbell di atasnya. Bagi yang biasa menggunakan dumbel dengan intensitas gesekan yang tinggi, kami menyarankan produk ini untuk Anda.


Seat-nya sendiri memakai bahan kulit PU yang nyaman dengan tingkat ventilasi udara yang tinggi. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa pengap saat terjadi gesekan antara kulit dan seat. Keringat pun tidak banyak menempel pada seat sehingga mengurangi kemungkinan Anda tergelincir.

No.3

GymexRoman ChairF101

Harga referensi
Rp1.980.000
Menengah

Satu alat untuk beberapa bagian tubuh, tingkatkan latihan Anda ke tahap advance!

Untuk Anda yang membutuhkan tantangan lebih dan variasi latihan abs lebih advance, roman bench tentu pilihannya. Berbagai variasi gerakan crunch, seperti oblique crunch untuk membentuk abs samping, dapat dilakukan dengan alat ini.


Anda juga bisa melakukan push up dan dip press untuk mengencangkan lengan. Selain itu, roman bench ini juga bisa digunakan untuk melakukan gerakan back extension yang dapat meringankan sakit punggung. Alat ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena tidak ada sandaran punggung sehingga tidak ada penyangga untuk bobot tubuh bagian atas. Karena itu, gerakan sit-up menjadi lebih berat.

No.4

KettlerAxos Universal Training Bench

Harga referensi
Rp4.250.000
Lebih Mahal

Dapat dilipat ke berbagai angle secara fleksibel

Jika Anda mencari sit-up bench dengan merek yang sudah dikenal akan ketahanannya, pilihlah produk ini. Kettler merupakan salah satu brand alat olahraga yang dikenal memiliki kualitas baik. Kali ini Kettler pun memproduksi sit-up bench tipe flat dengan simpel yang bisa menunjang berbagai aktivitas latihan Anda.


Axos Universal Training Bench, sesuai namanya, dapat diatur lipatan bangkunya secara fleksibel menjadi datar, miring, atau negatif. Produk ini juga bisa dilipat menjadi ukuran ramping yang mudah disimpan di bawah tempat tidur atau samping lemari.

No.5

BowflexSelecttech 5.1 Series Bench

Harga referensi
Rp2.300.000
Agak Mahal

Punya masalah postur tubuh yang kurang baik? Atasi dengan produk ini!

Merek yang berasal dari Washington ini sudah dikenal sebagai produsen berbagai alat fitness. Nah, kali ini Bowflex memproduksi sit-up bench yang memiliki fleksibilitas mumpuni. Selain membantu Anda berlatih penuh tenaga, alat ini pun dapat memperbaiki postur tubuh pemakainya dengan desain positioning support.


Sebagai tambahan, bagian penahan kakinya dapat dilepas untuk Anda yang ingin melandaikan seat-nya. Bagi Anda yang ingin melatih otot sekaligus memperbaiki postur tubuh, kami merekomendasikan produk ini. Alat ini juga cocok untuk latihan menggunakan dumbbell sehingga Anda bisa melatih otot tubuh, seperti chest, back dan shoulder.

No.6

X2FIT Sparta Multi Bench

Harga referensi
Rp1.760.000
Menengah

Olahraga intens pun dapat dilakukan dengan alat ini

Sparta Multi Bench merupakan produk sit-up bench yang memiliki fleksibilitas tinggi. Dengan sudut kemiringan yang terdiri dari enam level, Anda dapat melakukan berbagai posisi olahraga. Bahan kokoh dengan fondasinya yang kuat pun akan membantu Anda dalam melakukan latihan intens. Bench press dengan beban berat juga dapat dilakukan.


Produk ini memakai bahan kulit PU untuk seat-nya agar lebih tahan lama dan mudah dibersihkan jika Anda berkeringat. Karena terbuat dari bahan kulit sintetis, sebaiknya gunakan tambahan alas handuk agar keringat tidak langsung mengenai bahan kulit karena akan lebih cepat rusak jika terkena keringat.

No.7

Total Health GymSixpack Bench

Harga referensi
Rp1.180.000
Agak Murah

Sit-up tanpa sakit leher dengan roller massager yang empuk dan melindungi

Apakah leher Anda sering terasa kaku saat melakukan sit-up di atas sit-up bench? Jika ya, Anda sebaiknya memilih alat ini. Total Health Gym memproduksi sit-up bench yang dilengkapi dengan roller massager sebagai bantalan yang empuk serta fleksibel


Dengan roller massager sebagai, alat ini menawarkan kenyamanan untuk Anda. Bagian leher dan kepala akan terlindungi ketika Anda berolahraga di atasnya. Akan tetapi, roller ini terbuat dari busa yang lama kelamaan akan kempis. Busa tersebut juga akan menyerap keringat sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

No.8

Total Health GymNew Sit Up Bench

Harga referensi
Rp1.180.000
Agak Murah

Pilihan warna cerah buat latihan di rumah lebih semangat

New Sit Up Bench dari Total Health Gym merupakan sit-up bench yang tergolong lengkap. Alat ini dilengkapi dengan pembentuk otot lengan dan tummy trimmer. Grip untuk tangan pun ada berbagai jenis sehingga Anda dapat memaksimalkan olahraga dengan berbagai pose.


Dengan alat ini, Anda juga dapat melatih otot perut sekaligus lengan, deh. Selain itu, sit-up bench ini terdiri dari tiga warna cerah, yaitu merah, kuning, dan biru. Anda yang menginginkan desain alat gym rumahan yang tidak monoton bisa memilih produk ini.

No.9

OB FITPapan Sit Up BenchGMO-430

Harga referensi
Rp2.000.000
Menengah

Tak perlu membeli dumbel terpisah

Anda mungkin ingin membeli sit-up bench sederhana, tetapi sudah bisa mendukung latihan otot tangan dengan dumbbell. Untuk itu, kami menyarankan sit-up bench OB FIT. Produk ini sudah dilengkapi dengan sepasang dumbbell sehingga Anda tak perlu membeli secara terpisah.


Jika ditambah dengan beban dumbbell, intensitas olahraga pun meningkat sehingga hasil akan terlihat dalam waktu singkat. Namun, produk ini tidak dilengkapi dengan keterangan beban maksimal. Jadi, sebaiknya tidak menampung beban tubuh yang berat.

No.10

JACOSit Up BenchWT-B18C

Sit Up Bench 1
Sumber: jaco.co.id
Sit Up Bench 2
Sumber: jaco.co.id
Sit Up Bench 3
Sumber: jaco.co.id
Harga referensi
Rp2.680.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp2.680.000
Agak Mahal

Dilengkapi dengan rope tube resistance untuk variasi latihan otot

Sit Up Bench WT-B18C memiliki lengkungan ergonomis yang amat nyaman di punggung. Selain itu, papannya dibuat dari foam tebal yang makin memaksimalkan kenyamanan Anda saat bersandar. 


JACO juga melengkapi alat ini dengan rope tube resistance yang terpasang di bagian kepala bench. Selain untuk menguatkan core, Anda bisa sekalian melatih otot lengan dan dada dengan produk ini. Alat ini juga dapat digunakan untuk latihan back dengan gerakan seated row.

Cara menggunakan sit-up bench yang benar

Cara menggunakan sit-up bench yang benar
Sebelum Anda menggunakan sit-up bench di rumah, pastikan produk sudah dirakit dan dipasang dengan benar untuk menghindari cedera, ya. Setelahnya, ikuti panduan di bawah ini untuk menggunakan sit-up bench dengan benar.

  • Atur sudutnya agar sesuai dengan level kekuatan dan kebugaran Anda. Sudut 45 derajat cocok untuk pemula, sedangkan sudut kaki yang lebih tinggi cocok untuk Anda yang sudah lebih kuat.
  • Kaitkan kaki Anda pada rol penyangga kaki dan berbaring di bangku, lalu rebahkan diri Anda pada papan sit-up bench.
  • Perlahan angkat core Anda sambil menjaga punggung tetap lurus, kemudian rebahkan kembali diri Anda ke posisi awal.


Untuk pemula, sebaiknya gunakan sudut yang datar karena sudut 45 derajat terlalu miring untuk pemula. Jika Anda masih pemula dan ingin mencoba sudut 45 derajat, pastikan ada yang membantu Anda melakukan gerakan sit-up.

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Carilah sit-up bench yang lebih kompleks atau multifungsi. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli alat berulang kali untuk berolahraga di rumah.


Pilihlah sit-up bench yang dapat menahan beban lebih dari 100 kg agar Anda bisa melatih bagian otot lainnya dengan menggunakan dumbbell. Jika Anda memiliki sit-up bench yang terbuat dari bahan kulit, gunakan alas tambahan seperti handuk. Handuk mencegah keringat langsung menempel pada sit-up bench. Keringat dapat merusak bahan kulit.

Baca juga rekomendasi alat fitness lainnya untuk di rumah di sini

Setelah membaca ulasan di atas, Anda telah memahami secara detail perihal sit-up bench terbaik. Namun, alat olahraga yang dapat digunakan di dalam rumah tak hanya sit-up bench, lho. Nah, kami akan memberikan rekomendasi alat olahraga untuk di rumah lainnya melalui artikel yang sudah kami tulis sebelumnya.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai untuk workout di rumah? Kami harap Anda menemukan produk yang dapat memenuhi kebutuhan.


Sit-up bench pada dasarnya digunakan untuk membentuk abs atau otot perut. Namun, ternyata ada pula sit-up bench yang dapat digunakan untuk melatih seluruh tubuh. Agar dapat mencapai hasil yang diinginkan, jangan lupa memilih produk dengan cermat, ya!

5 Rekomendasi Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) terbaik

No. 1: SpeedsSit Up BenchLX 042-8

No. 2: BG SportSit Up BenchSU-222

No. 3: GymexRoman ChairF101

No. 4: KettlerAxos Universal Training Bench

No. 5: BowflexSelecttech 5.1 Series Bench

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Gym & fitness
  4. 10 Sit-Up Bench (Papan Sit-Up) Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.