• 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anda mungkin sudah tidak awam lagi dengan istilah frozen food. Makanan yang sengaja dibekukan ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sibuk dan tidak punya waktu memasak. Biasanya, banyak orang membeli frozen food untuk dijadikan stok cadangan makanan di rumah. 


Sebenarnya, apa itu frozen food? Bagaimana cara memilih frozen food yang baik? Di artikel ini, kami akan membahas semuanya secara lengkap. Temukan juga sepuluh produk frozen food terbaik yang kami rekomendasikan seperti FIESTA Nugget atau Kanzler Sosis. Keep reading! 

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Irrasistible
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 16.874 Views
Daftar isi

Apa itu frozen food?

Apa itu frozen food?

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Pembekuan ini bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan enzim sehingga daya simpan produk menjadi lebih panjang. Teknik pembekuan yang dilakukan adalah dengan mengubah hampir seluruh kandungan air dalam produk menjadi es.

Frozen food sebenarnya sudah ada sejak tiga ribu tahun sebelum Masehi. Saat itu, masyarakat Cina kuno menemukan bahwa makanan yang dibekukan dengan es dapat bertahan lebih lama dan tetap layak untuk dimakan. Di Indonesia, frozen food sendiri mulai dikenal sejak bangsa Cina dan Jepang memperkenalkannya di tanah air.

Cara memilih frozen food

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli frozen food. Untuk lebih lengkapnya, cek poin-poin berikut ini. 

Pilih berdasarkan jenisnya

Ada beberapa jenis frozen food yang dijual di pasaran. Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan ketahui berapa lama waktu penyimpanan yang disarankan supaya masih layak konsumsi. 

Makanan siap masak, cepat dan praktis

Makanan siap masak, cepat dan praktis

Makanan siap masak adalah makanan yang penyajiannya praktis dan simpel. Jika ingin menyantapnya, Anda hanya perlu menggoreng, rebus, atau kukus saja. Selain disantap langsung, makanan ini juga bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan Anda yang lain supaya lebih nikmat. Makanan yang masuk kategori ini antara lain nugget, sosis, dimsum, bakso, dan sejenisnya. 


Produk-produk ini memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Ada produk yang mampu bertahan hingga satu tahun, ada juga yang hanya bertahan satu bulan. Sebagai contoh, chicken nugget dalam kemasan mampu bertahan hingga satu tahun jika kemasannya belum pernah dibuka. Namun, jika sudah dibuka, produk sejenis ini hanya baik disimpan sekitar satu sampai dua bulan.

Makanan siap santap, solusi bagi Anda yang selalu terburu-buru

 Makanan siap santap, solusi bagi Anda yang selalu terburu-buru

Makanan siap santap jauh lebih praktis lagi dibandingkan makanan siap saji. Anda tidak perlu repot memasaknya. Cukup dihangatkan dalam microwave atau rice cooker, makanan ini bisa langsung disantap. Jenis ini sangat cocok untuk Anda yang selalu terburu-buru pada pagi hari. Daripada menghadapi hari dengan perut lapar, frozen food siap santap adalah solusi yang paling tepat!


Makanan jenis ini sangat beragam mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Anda bisa memilih nasi dengan lauk sapi lada hitam, lauk ayam rica-rica untuk sekeluarga, atau camilan mengenyangkan seperti kebab. Rata-rata waktu penyimpanan yang disarankan untuk makanan siap santap adalah satu bulan. Namun, ada juga produk yang bertahan hingga enam bulan jika disimpan dalam freezer. 

Makanan siap olah, higienis dan terjamin kesegarannya

Makanan siap olah, higienis dan terjamin kesegarannya

Ada beberapa orang yang sering merasa jijik jika harus membersihkan daging mentah, seperti seafood, sapi, atau ayam. Ada juga yang tidak mengerti cara membersihkannya hingga sering kali masakannya terasa tidak enak. Jika Anda salah satunya, makanan siap olah beku dapat menjadi jalan keluarnya. Jenis ini terdiri dari bahan fresh yang dibekukan seperti daging dan ikan. Bahan-bahan ini biasanya langsung dibekukan setelah dibersihkan sehingga lebih aman dan higienis. Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan dan kesegarannya.


Namun, karena jenis makanan ini adalah bahan mentah, Anda perlu tahu cara menyimpan yang benar supaya daging tetap fresh sampai Anda memasaknya. Anda juga perlu memperhatikan umur simpan masing-masing daging karena tentunya berbeda-beda. Ikan tanpa lemak seperti ikan cod dan kerapu dapat disimpan selama maksimal dua bulan. Di sisi lain, jenis ikan mackerel, salmon, tuna, sarden, dan sebagainya dapat disimpan selama maksimal satu bulan. Lalu, daging merah, seperti daging sapi, kambing, atau babi memiliki masa simpan maksimal tiga bulan.

Sayur dan buah beku, lengkapi gizi harian Anda

Sayur dan buah beku, lengkapi gizi harian Anda

Nah, untuk menyeimbangkan gizi harian Anda, saat ini sudah banyak produsen yang menjual sayuran dan buah beku untuk dikonsumsi. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri nilai gizi yang ada pada sayur dan buah memang akan berkurang jika dibekukan. Namun, sebenarnya ada beberapa keuntungan mengonsumsi sayur atau buah beku.


Salah satu penelitian yang dilakukan di Jepang menyatakan kandungan vitamin C di dalam sayur dan buah beku jauh lebih tinggi dibandingkan sayuran segar. Fakta lainnya, pembekuan juga dapat membuat sayuran bertahan lebih lama tanpa tambahan bahan kimia apa pun. Sayuran atau buah yang dibekukan biasanya dapat bertahan 1-2 bulan di freezer


Sebaliknya, produk sayuran segar malah banyak ditemukan mengandung bahan kimia berbahaya. Hal ini disebabkan karena produsen ingin menjaga sayurannya tetap terlihat segar dan lebih tahan lama untuk dijual di pasar atau swalayan. Jadi, sayur dan buah beku tak selalu buruk untuk dikonsumsi, bukan?

Pilih produsen yang tepercaya

 Pilih produsen yang tepercaya

Dalam memilih frozen food, penting juga untuk mengenal produsen yang membuat produk tersebut. Brand yang produknya sudah terkenal biasanya lebih aman dikonsumsi dibandingkan produk rumahan yang belum jelas kualitas dan kehigienisannya. Brand yang telah dikenal biasanya sudah melewati tahapan pengawasan dan pemeriksaan yang ketat lewat BPOM. 


Ada juga yang memiliki sertifikasi khusus makanan dan produk pangan seperti HACCP dan GMP. Karena sudah makin banyak orang yang menjual frozen food, Anda perlu berhati-hati memilih produsen beserta produknya. Jangan sampai mau makan enak malah sakit perut karena tidak higienis, ya!

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk

Sebelum membeli frozen food yang Anda inginkan, selalu pastikan tanggal kedaluwarsa produk tersebut. Jika Anda membeli di supermarket, tentu ada pengecekan secara berkala untuk batas waktu barang-barang yang dijual. Namun, jika Anda membeli dari online store, tanyakan pada penjual untuk tanggal kedaluwarsa produk tersebut. Carilah produk yang memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih panjang supaya produk dapat bertahan lama. 

Cek kemasan dan tekstur produk

Cek kemasan dan tekstur produk

Saat berbelanja di supermarket, Anda tentu akan menemukan berbagai produk frozen food. Anda bisa menemukan produk dalam bentuk kemasan dan dalam bentuk curah. Meski produk curah biasanya lebih murah, sebaiknya Anda memilih frozen food yang dikemas. Frozen food curah kurang baik dikonsumsi karena sudah mengalami proses oksidasi terlalu lama. Selain itu, produk curah juga lebih mudah terpapar bakteri dari udara karena tidak dilindungi pembungkus. 


Lalu, apakah frozen food dalam kemasan sudah pasti lebih aman? Untuk memastikannya, Anda bisa memperhatikan bungkusnya sebelum membeli. Hindarilah kemasan yang memiliki lubang, celah, atau sobekan karena besar kemungkinan produk tersebut sudah terpapar bakteri. Udara yang masuk lewat celah tersebut dapat membuat produk menjadi rusak atau busuk.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi frozen food terbaik

Di atas, Anda sudah mengetahui cara memilih frozen food yang baik. Selanjutnya, periksalah rekomendasi produk terbaik dari kami, yuk! Ada pilihan makanan beku yang bisa dijadikan lauk harian, camilan, hingga bekal anak sekolah. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

10
JenisMakanan siap santap
BeratTidak diketahui
VarianKebab original, black kebab, kebab keju parut, kebab mozzarella, kebab pedas, kebab tomat
Cara penyajianDihangatkan dalam microwave atau wajan
Lama simpan6 bulan
BPOMX
9
JenisMakanan siap olah
Berat200 gr, 1 kg
VarianUdang vanamei kupas
Cara penyajianDiolah dengan bumbu
Lama simpan12 bulan
BPOMHACCP & GMP
8
JenisMakanan siap masak
Berat125 gr
VarianMie ayam original dan mie ayam yamin
Cara penyajianMasak mi dalam air panas selama tiga menit, kemudian campurkan semua bumbu dan ayam ke dalam mi. Aduk rata, lalu sajikan
Lama simpan1 bulan
BPOMX
7
JenisMakanan siap olah
Berat450 gr, 1 kg
VarianAyam potong paha & dada, ayam utuh potong 10, ayam potong daging sup ayam, ayam potong paha dada bumbu kuning, ayam potong paha dada pedas manis
Cara penyajianGoreng dalam minyak panas atau dibumbui
Lama simpan9 bulan
BPOM✔︎
6
JenisMakanan siap masak
Berat450 gr, 900 gr
VarianKentang goreng beku potongan bergerigi, kentang goreng beku berbumbu, kentang goreng beku potongan lurus, kentang goreng beku potongan besar
Cara penyajianGoreng dalam minyak panas
Lama simpan12 bulan
BPOM✔︎
5
JenisSayuran beku
Berat500 gr, 1 kg
VarianMixed vegetables
Cara penyajianRebus dalam air
Lama simpan12 bulan
BPOM✔︎
4
JenisMakanan siap masak
Berat260 gr, 400 gr
VarianSiomay ayam, siomay ayam jamur, siomay ayam sayur, siomay seafood
Cara penyajianDigoreng atau kukus
Lama simpan12 bulan
BPOMX
3
JenisMakanan siap santap
Berat175 gr, 200 gr, 225 gr, 250 gr
VarianRendang paru, cumi tinta hitam, dendeng daging, ayam kecombrang, bistik lidah, lidah cabe ijo, daging balado, cumi cabe ijo, ayam betutu bali, daging balado limau, ayam rica kemangi, oseng mercon, cakalang mercon, daging balado limau
Cara penyajianDikukus atau dipanaskan dalam microwave atau wajan
Lama simpan6 bulan
BPOM✔︎
2
JenisMakanan siap masak
Berat300 gr, 360 gr, 500 gr, 1 kg
VarianAssorted bratwurst, cheese bratwurst, garlic frankfurter, blackpepper frankfurter, bockwurst, beef wiener, beef cocktail, dan lainnya
Cara penyajianGoreng dalam minyak panas atau direbus dalam air
Lama simpan12 bulan
BPOM✔︎
1
JenisMakanan siap masak
Berat250 gr, 500 gr
VarianChicken nugget, cheesy chicken with broccoli, stikie, nugget dino, nugget happy star, nugget cheese 123, nugget pizzABC, nugget zoo, mixed vegetables nugget
Cara penyajianGoreng dalam minyak panas
Lama simpan12 bulan
BPOM✔︎

Tabel perbandingan produk frozen food terbaik

Gambar produk
1
CP Food FIESTA Nugget 1

CP Food

2
Cimory Kanzler Sosis 1

Cimory

3
Laukita Bersama Indonesia Laukita 1

Laukita Bersama Indonesia

4
Elson Bernardi Wei Wang Siomay 1

Elson Bernardi

5
Sukanda Djaya Golden Farm Mixed Vegetables  1

Sukanda Djaya

6
Diamond Fair Just Fry Kentang Goreng Beku 1

Diamond Fair

7
So Good Ayam Potong 1

So Good

8
The Mie Rakyat Mie Ayam Enak Demi Rakyat 1

The Mie Rakyat

9
Java Sea Indonesia Udang Vanamei Kupas Beku PD V 1

Java Sea Indonesia

10
Tasaji Kebab Frozen Mini 1

Tasaji

Nama produk

FIESTA Nugget

Kanzler Sosis

Laukita

Wei Wang Siomay

Golden Farm Mixed Vegetables

Just Fry Kentang Goreng Beku

Ayam Potong

Mie Ayam Enak Demi Rakyat

Udang Vanamei Kupas Beku PD V

Kebab Frozen Mini

Keunggulan

Punya banyak varian nugget yang unik dan menarik!

Kreasikan masakan Anda dengan sosis Kanzler!

Cara mudah dan cepat nikmati masakan Indonesia

Harga kaki lima, rasa bintang lima!

Lengkapi gizi Anda tanpa perlu repot

Jadi makanan pelengkap bisa, untuk camilan juga oke!

Masak makin simpel dengan ayam frozen

Inovasi terbaru untuk dicoba, mi beku siap masak!

Seafood segar tanpa bahan kimia yang dijamin higienis

Praktis untuk bekal anak ke sekolah!

HargaRp 24.500,00Rp 44.000,00Rp 60.000,00Rp 26.950,00Rp 19.500,00Rp 18.400,00Rp 27.000,00Rp 15.000,00Rp 51.000,00Rp 31.360,00
JenisMakanan siap masakMakanan siap masakMakanan siap santapMakanan siap masakSayuran bekuMakanan siap masakMakanan siap olahMakanan siap masakMakanan siap olahMakanan siap santap
Berat250 gr, 500 gr300 gr, 360 gr, 500 gr, 1 kg175 gr, 200 gr, 225 gr, 250 gr 260 gr, 400 gr500 gr, 1 kg450 gr, 900 gr450 gr, 1 kg125 gr200 gr, 1 kgTidak diketahui
VarianChicken nugget, cheesy chicken with broccoli, stikie, nugget dino, nugget happy star, nugget cheese 123, nugget pizzABC, nugget zoo, mixed vegetables nuggetAssorted bratwurst, cheese bratwurst, garlic frankfurter, blackpepper frankfurter, bockwurst, beef wiener, beef cocktail, dan lainnyaRendang paru, cumi tinta hitam, dendeng daging, ayam kecombrang, bistik lidah, lidah cabe ijo, daging balado, cumi cabe ijo, ayam betutu bali, daging balado limau, ayam rica kemangi, oseng mercon, cakalang mercon, daging balado limauSiomay ayam, siomay ayam jamur, siomay ayam sayur, siomay seafoodMixed vegetablesKentang goreng beku potongan bergerigi, kentang goreng beku berbumbu, kentang goreng beku potongan lurus, kentang goreng beku potongan besarAyam potong paha & dada, ayam utuh potong 10, ayam potong daging sup ayam, ayam potong paha dada bumbu kuning, ayam potong paha dada pedas manisMie ayam original dan mie ayam yaminUdang vanamei kupas Kebab original, black kebab, kebab keju parut, kebab mozzarella, kebab pedas, kebab tomat
Cara penyajianGoreng dalam minyak panas Goreng dalam minyak panas atau direbus dalam airDikukus atau dipanaskan dalam microwave atau wajanDigoreng atau kukusRebus dalam airGoreng dalam minyak panasGoreng dalam minyak panas atau dibumbuiMasak mi dalam air panas selama tiga menit, kemudian campurkan semua bumbu dan ayam ke dalam mi. Aduk rata, lalu sajikanDiolah dengan bumbuDihangatkan dalam microwave atau wajan
Lama simpan12 bulan12 bulan6 bulan12 bulan12 bulan12 bulan9 bulan1 bulan12 bulan6 bulan
BPOM✔︎✔︎✔︎X✔︎✔︎✔︎XHACCP & GMPX
Tautan produk

Tips menyimpan frozen food yang benar

Banyak orang yang masih tidak tahu bagaimana cara menyimpan frozen food yang baik dan benar. Frozen food yang disimpan dengan benar dapat memiliki waktu simpan yang lebih lama. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi risiko makanan terkontaminasi bakteri tidak baik. Jadi, perhatikan tips dari kami berikut ini, ya!

Langsung masukkan ke dalam freezer setelah dibeli

Langsung masukkan ke dalam freezer setelah dibeli

Untuk menjaga kualitasnya, pastikan Anda sesegera mungkin menaruh frozen food di dalam freezer setelah dibeli. Apabila perjalanan yang Anda tempuh dari tempat berbelanja ke rumah menghabiskan waktu lebih dari sejam, pastikan frozen food yang Anda bawa tetap dalam keadaan dingin. Anda bisa meminta es batu pada pegawai supermarket atau membawa ice box untuk menjaga frozen food tetap dingin. 

Pastikan suhu freezer berada di bawah -18°C

Pastikan suhu freezer berada di bawah -18°C

Setiap freezer memiliki variasi suhu yang berbeda-beda. Suhu yang paling ideal untuk menyimpan frozen food adalah -18°C. Jika Anda menyimpan dalam suhu di atas -18°C, makanan beku akan berkurang umur simpannya. Produk tersebut akan cepat rusak dan harus segera dikonsumsi supaya tidak mengalami pembusukan.

Tutup rapat jika tidak habis dalam sekali makan

Tutup rapat jika tidak habis dalam sekali makan

Frozen food sebaiknya langsung dihabiskan setelah dibuka. Jika kemasan yang Anda beli berukuran besar, lebih baik Anda pisahkan tiap-tiap porsi dalam plastik klip makanan. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat menakar porsi yang ingin dimakan. Selain itu, Anda dapat mencegah penurunan kualitas produk akibat terlalu sering terpapar udara. Jika ingin lebih mudah, beli saja frozen food ukuran kecil sesuai kebutuhan.

Baca juga rekomendasi produk makanan cepat saji lainnya di sini

Selain frozen food, ada juga beberapa makanan cepat saji lainnya yang bisa Anda coba. Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan pelengkap masakan atau sebagai lauk. Tentunya, semua produk ini mudah dimasak, praktis, dan juga enak. Mau tahu apa saja produk cepat saji yang kami rekomendasikan? Cek link-link berikut ini, ya!

Kesimpulan

Frozen food memang solusi makanan yang cepat dan praktis untuk dihidangkan. Selain itu, rasanya pun enak sehingga akan disukai oleh seluruh keluarga mulai dari anak kecil hingga orang tua. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, seperti tanggal kedaluwarsa, umur simpan, serta kemasan produk sebelum membelinya. Jangan lewatkan juga tips menyimpan frozen food dari kami agar makanan yang Anda beli tetap terjaga kualitasnya.  

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sosis atau sausage merupakan salah satu produk olahan daging yang populer dan digemari oleh orang dewasa hingga anak-anak. Produsen makanan olahan, seperti Bernardi, Kanzler, Champ, Kimbo, dan sebagainya, banyak memproduksi sosis dari daging ayam, sapi, bahkan daging ikan.Nah, produk mana yang menjadi pilihan Anda? Kali ini, kami akan membahas mengenai poin-poin untuk memilih sosis yang sesuai dengan selera Anda, diikuti dengan ulasan produk rekomendasi pilihan kami. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips memasak sosis.
    Makanan beku
    54.893 Views
  • 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, chicken nugget merupakan hidangan cepat saji yang populer dinikmati sebagai lauk maupun camilan. Sekarang ini, beragam merek, seperti SO GOOD, FIESTA, dan sebagainya, hadir di pasaran menawarkan chicken nugget dalam berbagai varian.Dengan banyaknya ragam tersebut, manakah chicken nugget yang sebaiknya Anda beli? Simaklah cara memilih dan ulasan produk-produk chicken nugget pilihan di akhir artikel ini, sebelum Anda membeli chicken nugget.
    Makanan beku
    21.824 Views
  • 10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan olahan daging ini bisa ditemukan di mana saja, baik di restoran berbintang maupun di gerobak pinggir jalan. Anda juga bisa memasak bakso di rumah sebab kini sudah terdapat banyak produk bakso kemasan di pasaran.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips memilih bakso kemasan untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi bakso kemasan terbaik, seperti Belfoods, Fiesta, dan SO GOOD. Jadi, Anda para pencinta kuliner bakso, silakan disimak dan bersiaplah menelan ludah dibuatnya!
    Makanan beku
    1.180 Views
  • 10 Rekomendasi Sosis Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sosis adalah salah satu daging olahan yang banyak disukai masyarakat karena lezat dan praktis disajikan. Di samping sosis sapi, ada juga sosis ayam yang cocok dijadikan campuran berbagai masakan atau dimakan langsung. Banyak produsen sosis ayam yang mungkin sudah sering Anda dengar, seperti Kanzler, So Good, atau Fiesta. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Apakah aman dikonsumsi? Jangan lewatkan artikel kami berikut ini karena kami akan membahas cara memilih sosis ayam yang baik. Selain itu, kami juga akan menyertakan beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda coba. Simak baik-baik, ya! 
    Makanan beku
    148 Views
  • 10 Rekomendasi Pempek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pempek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pempek merupakan penganan khas Kota Palembang yang sangat populer. Saking terkenalnya, kuliner berbahan dasar ikan ini tidak hanya ada di Palembang, tetapi juga mudah ditemukan di berbagai daerah. Akan tetapi, kurang puas rasanya jika Anda belum pernah mencicipi pempek langsung dari kota asalnya.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi pempek terbaik yang rasanya masih autentik. Pempek Beringin, Pempek Nony 168, dan Pempek Candy adalah beberapa di antaranya. Namun, sebelumnya kami akan jelaskan beberapa tips cara memilih pempek. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Makanan beku
    162 Views
  • 10 Rekomendasi Sosis Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daging giling olahan berbentuk lonjong yang biasa disebut sosis. Makanan yang biasa hadir dalam bentuk frozen ini merupakan pilihan banyak orang saat sibuk dan tidak punya waktu memasak. Salah satu varian sosis yang populer adalah sosis sapi. Di antara banyaknya pilihan, sosis sapi mana yang sebaiknya dipilih?Agar tidak salah pilih, simaklah dahulu cara memilih sosis sapi melalui artikel ini. Jangan lewatkan pula sepuluh rekomendasi produk sosis sapi terbaik dari sejumlah merek, seperti Kanzler, Kibif, dan Bernardi. Simak sampai selesai, ya!
    Makanan beku
    254 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori