mybest
Sampo

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Memilih sampo yang tepat menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan rambut. Terlebih bila Anda memiliki masalah rambut berminyak. Bila salah memilih sampo, bisa jadi rambut berminyak Anda akan makin lepek dan disusul masalah rambut lainnya. Banyaknya merek sampo yang populer di pasaran, mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih sampo yang tepat. 


Untuk itu, simak tips memilih sampo untuk rambut berminyak yang disusun bersama dermatovenereologist, dr. Dia Febrina dalam artikel ini. Kandungan sampo sampai cara yang tepat untuk mencuci rambut bagi rambut berminyak akan kami bahas. Sepuluh rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek terkenal, seperti Sensatia Botanicals, Miss Daisy, dan Palmolive Naturals juga ada dalam rekomendasi. Selamat membaca!

Diperbaharui 28/02/2024
dr. Dia Febrina
Pakar
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan estetik, baik melalui ruang publik maupun media sosial.

Profil dr. Dia Febrina
Lanjut membaca
Laila
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Laila

Laila lulusan dari Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya pada tahun 2013. Tugas akhir Laila saat menyelesaikan jenjang sarjananya berkaitan dengan dunia wanita. Oleh sebab itu, saat menyelesaikan magisternya dari Universitas Airlangga pada tahun 2017, ia juga melakukan penelitian mengenai wanita. Ketertarikannya untuk melakukan riset tentang hobi dan dunia wanita makin diperdalam sejak bergabung dengan mybest Indonesia. Untuk itu, wanita yang juga hobi memasak ini banyak membahas topik seputar perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Laila
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa penyebab rambut berminyak?

Pakar
Pakar

Rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih pada kulit kepala. Awalnya minyak tersebut ada pada kulit kepala dan akhirnya turun ke tiap helai rambut.

Apa penyebab rambut berminyak?

Seperti halnya kulit di area tubuh lainnya, kulit kepala juga memiliki kelenjar sebacea yang menghasilkan sebum atau minyak. Fungsi sebum adalah untuk melumasi rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala. Namun, jika produksi sebum berlebihan, minyak yang semula hanya ada di kulit kepala dapat membuat rambut menjadi berminyak. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecenderungan kulit kepala Anda menjadi lebih berminyak, antara lain:


  • Faktor genetik
  • Perubahan hormon
  • Tingkat higienitas atau kebersihan setiap orang
  • Pola perawatan rambut
  • Aktivitas fisik atau melakukan kegiatan outdoor yang intens
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Kulit kepala yang berminyak biasanya berbarengan dengan kulit wajah yang berminyak karena kelenjar sebum dikontrol oleh hal yang sama. Jika kulit wajah Anda berminyak, ada kemungkinan kulit kepala Anda juga berminyak

Untuk memeriksanya, Anda bisa mengecek kondisi kulit kepala setelah keramas. Jika sebum muncul satu jam setelah keramas, kulit kepala Anda mungkin tergolong berminyak. Hal itu berbeda dengan kulit yang tergolong normal karena sebum bisa muncul setelah tiga jam pasca keramas.

Berapa kali perlu menggunakan shampoo untuk kulit berminyak?

Pakar
Pakar

Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, frekuensi keramas bisa lebih sering. Misalnya tiap hari atau 2 hari sekali keramas untuk membersihkan kelebihan minyak.

Berapa kali perlu menggunakan shampoo untuk kulit berminyak?
Keramas yang terlalu sering atau lebih dari dua kali sehari tentunya juga tidak disarankan. Ketika Anda terlalu sering keramas, kulit kepala malah akan lebih banyak memproduksi minyak. Produksi minyak yang lebih banyak ini terjadi untuk menggantikan minyak alami yang hilang. Akibatnya, rambut Anda dapat terlihat lebih berminyak. 


Selain itu, bahan kimia yang mungkin ada dalam sampo dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala. Dampaknya, kulit kepala menjadi lebih kering sehingga meningkatkan risiko masalah kulit kepala lainnya, seperti ketombe atau dermatitis seboroik.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Selain sampo, jangan salah menggunakan conditioner. Jangan menggunakan conditioner di kulit kepala, tetapi gunakan pada batang rambut sampai ujung rambut saja. Mengoleskan conditioner pada kulit kepala malah membuat kulit kepala jadi berminyak dan menutupi pori-pori.

Cara memilih Shampo untuk Rambut Berminyak

Anda perlu memilih sampo yang paling ampuh untuk mengakali kondisi rambut Anda. Berikut ini kami berikan cara-cara memilih sampo yang dapat mengatasi rambut berminyak. Simak sampai selesai, ya!

1

Jika rambut berminyak disertai ketombe, pilihlah shampo anti ketombe untuk mengatasinya

Pakar
Pakar

Ketombe pada rambut berminyak disebabkan oleh jamur Malassezia yang populasinya berlebih. Sampo antiketombe mengandung bahan yang dapat mengurangi pertumbuhan jamur tersebut.

Jika rambut berminyak disertai ketombe, pilihlah shampo anti ketombe untuk mengatasinya

Permasalahan ketombe kerap kali dialami pemilik rambut berminyak. Hal ini disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang menjadi makanan dari jamur Malassezia yang merupakan penyebab ketombe. Alhasil, populasi jamur Malassezia pun meningkat.

Jika Anda memiliki rambut berminyak dan ketombe, sampo antiketombe bisa menjadi solusi yang tepat. Ada beberapa kandungan sampo antiketombe yang efektif menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Bahan berikut ini pas dipilih rambut berminyak karena juga berperan sebagai oil control.

 

  • Tea tree oil
  • Zinc pyrithione 
  • Salicylic acid
  • Selenium sulfide
  • Sulfur

Sebagai tambahan, untuk mengatasi rasa gatal akibat ketombe, Anda dapat memilih sampo antiketombe yang mengandung menthol. Menthol dapat membantu mengurangi rasa gatal dan memberikan sensasi kesegaran pada kulit kepala.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Faktor tingginya kelembapan pada kulit kepala bisa menjadi penyebab ketombe. Hal yang bisa menyebabkan peningkatan kelembapan misalnya sering menggunakan topi, helm, dan hijab. Menjaga higienitas kulit kepala dengan rutin keramas bisa membantu mengurangi risiko ketombe pada kulit kepala.

2

Bila rambut berminyak disertai dengan kerontokan, cari shampo antihairfall

Selanjutnya, jika Anda mengalami rambut berminyak dan kerontokan, memilih sampo antihairfall bisa menjadi langkah tepat. Selain itu, simak juga alasan Anda harus menghindari sampo yang mengandung silikon. Untuk pembahasan yang lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Cari shampo antihairfall untuk menguatkan akar rambut

Pakar
Pakar

Kandungan pada sampo antihairfall bisa saja memberikan efek positif bagi beberapa orang. Namun, efek utamanya adalah membersihkan kulit kepala agar folikel rambut lebih sehat.

Cari shampo antihairfall untuk menguatkan akar rambut

Rambut yang berminyak dapat mengakibatkan kerontokan karena kondisi minyak yang berlebih di kulit kepala. Bila Anda mengalami hal ini, sampo berlabel antihairfall bisa menjadi pilihan. Sampo antihairfall umumnya mengandung bahan-bahan, seperti ginseng yang diklaim efektif dalam menguatkan akar rambut


Meskipun demikian, belum ada bukti klinis yang benar-benar menyokong efektivitas bahan-bahan herbal dalam mengatasi kerontokan. Namun, penggunaan sampo bisa membersihkan kulit kepala sehingga folikel rambut lebih sehat. Folikel rambut yang sehat membuat akar-akar rambut jadi lebih kuat.

Hindari juga shampo dengan kandungan silicone

Pakar
Pakar

Sampo dengan kandungan silicone membuat pemilik rambut rontok mengalami kerontokan lebih akibat silicone yang memberatkan rambut tersebut.

Hindari juga shampo dengan kandungan silicone

Silicone adalah bahan yang sebetulnya melapisi rambut sehingga rambut tampak lebih berkilau dan mudah diatur. Namun, kelemahan silikon adalah dapat membuat rambut terasa lebih berat atau weighing down. Rambut yang mengalami kerontokan umumnya memiliki akar yang kurang kuat. Penggunaan sampo yang mengandung silikon dapat membuat akar rambut lebih mudah lepas dan memperparah kerontokan. 


Terlebih lagi, silikon juga berpotensi membuat rambut berminyak menjadi lebih mudah lepek. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih sampo micellar yang tidak mengandung silikon. Untuk itu, perhatikan formulanya sebelum membeli sampo. Beberapa contoh kandungan silikon yang biasa digunakan dalam produk sampo dan perlu Anda hindari, antara lain:


  • Dimethicone
  • Cyclomethicone
  • Amodimethicone.
3

Bila kulit kepala juga sensitif, utamakan kandungan yang ringan

Kali ini, kami akan membahas pentingnya sampo dengan mild oil control untuk mengontrol minyak tanpa iritasi. Selain itu, sampo bebas surfaktan merupakan pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan sampo yang sesuai, simak juga ulasan kami berikut ini, ya.

Pilih shampo yang mengandung mild oil control, seperti niacinamide

Pakar
Pakar

Niacinamide punya efek oil control dan aman untuk kulit kepala sensitif.

Pilih shampo yang mengandung mild oil control, seperti niacinamide
Rambut yang berminyak bisa disertai dengan kulit kepala yang sensitif. Kulit kepala sensitif ditandai dengan sering merasa gatal dan mudah teriritasi. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih sampo. Hal ini karena, beberapa bahan di dalam sampo dapat menyebabkan reaksi iritasi pada kulit kepala Anda.

Niacinamide adalah bahan aktif oil control yang aman untuk kulit kepala sensitif. Bahan aktif ini mengontrol minyak tanpa menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang sensitif. Selain itu, niacinamide juga dapat membantu meredakan iritasi pada kulit kepala.

Hindari juga shampo yang mengandung parfum atau surfaktan kuat seperti sulfat

Pakar
Pakar

Kandungan surfaktan yang kuat, seperti SLS dan SLES, serta parfum berpotensi mencetus reaksi iritasi pada kulit kepala sensitif.

Hindari juga shampo yang mengandung parfum atau surfaktan kuat seperti sulfat
Sebisa mungkin, pilihlah sampo dengan komposisi minim surfaktan atau menggunakanamino based surfactant dibandingkan surfaktan yang mengandung sulfat. Alasannya, surfaktan seperti SLS dan SLES yang mengandung sulfat dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala sensitif.

Sementara itu, amino based surfactant cenderung lebih lembut. Jika Anda tidak yakin tentang kandungan amino acid based surfactant, perhatikan komposisinya. Surfaktan ini biasanya ditandai dengan nama-nama asam amino, seperti N-Acyl arginine methyl ester hydrochloride.


Selain itu, sebaiknya hindari sampo yang mengandung parfum atau fragrance. Bila hal ini dirasa sulit, pilihlah sampo dengan kandungan parfum yang terletak di akhir komposisi. Anda juga bisa memilih sampo dengan aroma yang tidak terlalu kuat. Kandungan fragrance dapat menyebabkan reaksi iritasi pada kulit kepala sensitif sehingga penggunaannya perlu diperhatikan.
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Sampo yang mengandung fragrance sebetulnya boleh saja dipakai oleh pemilik kulit kepala sensitif. Namun, usahakan aromanya tidak terlalu kuat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis rambut
Masalah rambut
Tipe shampoo
Kandungan pembersih
Kandungan oil control
Bahan antiketombe
Kandungan pelembap
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhan
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran
Varian
Kemasan
BPOM
1

Sensatia Botanicals

Balancing Shampoo

Sensatia Botanicals  Balancing Shampoo 1

Rp300.000

Agak Mahal

Kandungan mint-nya menyegarkan kulit kepala sekaligus kontrol minyak berlebih

Berminyak cenderung berketombe

Berminyak, berketombe

Anti-dandruff

Sodium myristoyl sarcosinate, cocamidopropyl betaine, sodium methyl cocoyl taurate

Tea tree oil

Tea tree oil

Vegetable glycerin, betaine, panthenol (provitamin B5), ginseng root extract, Centella asiatica extract, Aloe barbadensis leaf extract

Lemon oil, geranium oil, tea tree leaf oil, ginseng root extract, roselle flower extract, Centella asiatica extract, Aloe barbadensis leaf extract, peppermint leaf oil

Tidak diketahui

500 ml

Tidak diketahui

Botol pump

NA18211000133

2

Miss Daisy

Perfume Shampoo

Miss Daisy Perfume Shampoo  1

Rp429.000

Lebih Mahal

Wangi hingga 12 jam, bebas lepek hingga 3 hari!

Berminyak

Rambut berketombe, rontok, lepek

Anti-dandruff

Sodium lauroyl methylaminopropionate, sodium methyl cocoyl taurate, cocamidopropyl betaine, lauryl hydroxysultaine, PPG-2 hydroxyethyl coco/isostearamide

Tidak diketahui

O-cymen-5-ol

Dipropylene glycol, hydrolyzed wheat protein, silk amino acids, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, cholesterol

Helichrysum italicum extract, hydrolyzed rhodophyceae extract

Tidak diketahui

500 ml

Peony & Amber, Rose & Oud, Blackcurrant & Vanilla Sugar

Botol pump

NA47211000014 (Blackcurrant & Vanilla Sugar), NA47211000012 (Rose & Oud), NA47211000010 (Peony & Amber)

3

Colgate-Palmolive

Palmolive Naturals Anti-Dandruff + Scalp Health Shampoo

Colgate-Palmolive Palmolive Naturals Anti-Dandruff + Scalp Health Shampoo 1

Rp22.800

Lebih Murah

Satu produk tawarkan dua fungsi sekaligus!

Tidak diketahui

Ketombe

Anti-dandruff, scalp

Ammonium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, cocamide MEA, cocamidopropyl betaine

Tea tree leaf oil

Climbazole, tea tree leaf oil

Glycerin, sorbitol

Tidak diketahui

Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil

Tidak diketahui

180 ml

Tidak diketahui

Botol

NA49191005115

4

Good Virtues Co.

Clarifying Hair & Scalp Shampoo for Oily Hair

Good Virtues Co. Clarifying Hair & Scalp Shampoo for Oily Hair 1

Rp81.900

Agak Murah

Kendalikan produksi minyak berlebih secara efektif

Berminyak

Rambut lepek, rontok

Scalp

Ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, palm kernelamide DEA, coco-glucoside, sage leaf extract

Zinc PCA

Zinc PCA

Propylene glycol, glucose, Equisetum arvense extract, coltsfoot leaf extract, Nigella sativa seed oil, propanediol

Tidak diketahui

Horse chestnut seed extract, sage leaf extract, Equisetum arvense extract, coltsfoot leaf extract, rosemary leaf extract, nettle extract, matricaria flower extract, Melissa officinalis leaf extract, Nigella sativa seed oil, maca root extract

Tidak diketahui

300 ml, 700 ml

Tidak diketahui

Botol

NA32181000692

5

Moist Diane

Perfect Beauty Extra Fresh & Hydrate Shampoo

Moist Diane Perfect Beauty Extra Fresh & Hydrate Shampoo 1

Rp136.000

Menengah

Say goodbye untuk rambut berminyak dan berketombe!

Berminyak

Rambut dan kulit kepala yang berminyak

Treatment

Sodium laureth sulfate, cocamide methyl MEA, cocamidopropyl betaine, lauryl betaine

Salicylic acid, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil

Salicylic acid, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil

Glycerin, butylene glycol, Argania spinosa kernel oil, jojoba seed oil

Tidak diketahui

Prunus domestica seed extract, peppermint leaf extract, Leontopodium alpinum extract, Althaea officinalis root extract, Sanguisorba officinalis root extract, Gentiana lutea root extract, Rosa canina fruit extract, rosemary leaf extract, Symphytum officinale leaf extract, Ziziphus jujuba fruit extract, witch hazel leaf extract, hops flower extract, fennel fruit extract, dan lainnya

Tidak diketahui

450 ml

Tidak diketahui

Botol

NA22181003204

6

Daeng Gi Meo Ri

Shampoo For Oily Scalp

Daeng Gi Meo Ri  Shampoo For Oily Scalp 1

Rp289.000

Agak Mahal

Kontrol minyak berlebih sekaligus membersihkan kulit kepala yang gatal dan berketombe

Berminyak

Rambut berminyak dan lepek

Treatment

Ammonium laureth sulfate, ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Biota orientalis leaf extract, panthenol, Panax ginseng root extract

Tidak diketahui

Chrysanthemum zawadskii extract, Biota orientalis leaf extract, Morus alba bark extract, Houttuynia cordata extract, Polygonum multiflorum root extract, Rehmannia glutinosa root extract, Artemisia vulgaris extract, Panax ginseng root extract

Tidak diketahui

500 ml

Tidak diketahui

Botol pump

NA26161001393

7

Procter & Gamble

Herbal Essences Tea Tree Oil Scalp Soothing Shampoo

Procter & Gamble Herbal Essences Tea Tree Oil Scalp Soothing Shampoo 1

Rp109.000

Agak Murah

Kandungan minyak tea tree oil-nya mampu menenangkan kulit kepala

Berminyak

Kulit kepala gatal

Treatment, scalp

Sodium laureth sulfate, glycol distearate, cocamide MEA, cocamidopropyl betaine

Tea tree leaf oil

Climbazole, tea tree leaf oil

Aloe barbadensis leaf juice, histidine

Tea tree leaf oil, Aloe barbadensis leaf juice

Tidak diketahui

400 ml

Tidak diketahui

Botol

NA49221000030

8

Dancoly

Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo

Dancoly Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo  1

Rp151.000

Menengah

Tampil percaya diri dengan rambut bersih berkilau tanpa lepek dan ketombe

Berminyak

Rambut berketombe, rambut lepek

Anti-dandruff

Coco-glucoside, sodium cocoyl glycinate, coco-betaine, PEG-7 glyceryl cocoate

Camellia sinensis extract

Tidak diketahui

Vitis vinifera (grape) seed oil

Tidak diketahui

Camellia sinensis extract, Rosmarinus officinalis (rosemary) leaf oil, Mentha arvensis oil, Vitis vinifera (grape) seed oil

Tidak diketahui

250 ml, 400 ml

Tidak diketahui

Botol

NA11131001447

9

COLAB

Dry Shampoo+ Overnight Renew

COLAB Dry Shampoo+ Overnight Renew 1

Rp151.000

Menengah

Dry shampoo antilepek yang formulanya aman untuk ibu hamil

Semua jenis rambut

Rambut berminyak, lepek

Dry shampoo

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Panthenol, propylene glycol

Oryza sativa (rice) starch

Tidak diketahui

117 g

Tidak diketahui

Botol spray

NC52211000051

10

KUNDAL

Scalp Refreshing Cool Shampoo - Aqua Mint

KUNDAL Scalp Refreshing Cool Shampoo - Aqua Mint 1

Rp189.000

Menengah

Berikan sensasi dingin langsung setelah keramas

Berminyak

Rambut berminyak, rambut berketombe, rambut dengan masalah di kulit kepala

Scalp

Coco-glucoside, sodium cocoyl isethionate, sodium cocoyl glutamate, decyl glucoside, potassium cocoyl glycinate

Tea tree leaf extract, tea tree leaf oil, niacinamide

Tea tree leaf extract, tea tree leaf oil

Glycerin, honey extract, Macadamia ternifolia seed extract, Glycine soja (soybean) seed extract, Avena sativa (oat) kernel extract, Argania spinosa kernel oil, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, panthenol

Eucalyptus globulus leaf extract, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf extract, Macadamia ternifolia seed extract, Centella asiatica extract, dan lainnya

Tidak diketahui

500 ml

Tidak diketahui

Botol pump

NA26221000092

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sensatia Botanicals Balancing Shampoo

Balancing Shampoo 1
Sumber: sensatia.com
Balancing Shampoo 2
Sumber: shopee.co.id
Balancing Shampoo 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp300.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp300.000
Agak Mahal
Kandungan oil controlTea tree oil
Bahan antiketombeTea tree oil
Kandungan asam amino
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak cenderung berketombe
Masalah rambut
Berminyak, berketombe

Kandungan mint-nya menyegarkan kulit kepala sekaligus kontrol minyak berlebih

Bila Anda bermasalah dengan ketombe dan rambut berminyak, atasi dengan sampo organik dari Sensatia Botanicals ini. Dengan kandungan tea tree, peppermint, dan ekstrak ginseng sampo ini bisa membersihkan sekaligus mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala. 


Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa mengurangi kerontokan dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Sampo ini cukup aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena pH-nya rendah, yakni 4,5-6.

Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihSodium myristoyl sarcosinate, cocamidopropyl betaine, sodium methyl cocoyl taurate
Kandungan pelembapVegetable glycerin, betaine, panthenol (provitamin B5), ginseng root extract, Centella asiatica extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanLemon oil, geranium oil, tea tree leaf oil, ginseng root extract, roselle flower extract, Centella asiatica extract, Aloe barbadensis leaf extract, peppermint leaf oil
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran500 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol pump
BPOMNA18211000133
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Miss DaisyPerfume Shampoo

Harga referensi
Rp429.000
Lebih Mahal
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeO-cymen-5-ol
Kandungan asam amino
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut berketombe, rontok, lepek

Wangi hingga 12 jam, bebas lepek hingga 3 hari!

Seperti namanya, sampo dari Miss Daisy ini pas untuk Anda yang ingin rambut wangi seharian. Produk dari ini berasal dari Taiwan, tetapi dinamakan perfume shampoo karena aromanya unik seperti parfum mewah dari Prancis.


Dari enam varian aroma, Anda bisa memilih salah satu best seller-nya, yaitu Blackcurrant & Vanilla Sugar. Selain wangi, Miss Daisy juga mengeklaim bahwa produknya dapat membuat rambut Anda bebas lepek hingga 3 hari! Tertarik untuk mencoba?

Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihSodium lauroyl methylaminopropionate, sodium methyl cocoyl taurate, cocamidopropyl betaine, lauryl hydroxysultaine, PPG-2 hydroxyethyl coco/isostearamide
Kandungan pelembapDipropylene glycol, hydrolyzed wheat protein, silk amino acids, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, cholesterol
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanHelichrysum italicum extract, hydrolyzed rhodophyceae extract
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran500 ml
VarianPeony & Amber, Rose & Oud, Blackcurrant & Vanilla Sugar
KemasanBotol pump
BPOMNA47211000014 (Blackcurrant & Vanilla Sugar), NA47211000012 (Rose & Oud), NA47211000010 (Peony & Amber)
View all
No.3

Colgate-PalmolivePalmolive Naturals Anti-Dandruff + Scalp Health Shampoo

Harga referensi
Rp22.800
Lebih Murah
Kandungan oil controlTea tree leaf oil
Bahan antiketombeClimbazole, tea tree leaf oil
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan silikon
Jenis rambut
Tidak diketahui
Masalah rambut
Ketombe

Satu produk tawarkan dua fungsi sekaligus!

Jika Anda mengutamakan kepraktisan agar rambut tidak berminyak, coba lirik sampo yang satu inI! Palmolive Naturals menghadirkan produk yang dapat Anda pakai sebagai sampo sekaligus kondisioner. Menarik, bukan? Anda pun tidak perlu membeli kondisioner secara terpisah. Harga yang ditawarkan produk ini juga tergolong terjangkau sehingga tidak membuat dompet jadi kering.

Tipe shampooAnti-dandruff, scalp
Kandungan pembersihAmmonium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, cocamide MEA, cocamidopropyl betaine
Kandungan pelembapGlycerin, sorbitol
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran180 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol
BPOMNA49191005115
View all
No.4

Good Virtues Co.Clarifying Hair & Scalp Shampoo for Oily Hair

Harga referensi
Rp81.900
Agak Murah
Kandungan oil controlZinc PCA
Bahan antiketombeZinc PCA
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut lepek, rontok

Kendalikan produksi minyak berlebih secara efektif

Sampo ini mengandung minyak organik habatusauda, ekstrak chamomile, rosemary, dan sage yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih. Alhasil, rambut dan kulit kepala terasa jadi lebih ringan dan segar. Selain itu, sampo dari Good Virtues Co. ini juga dapat membantu memperkuat akar rambut.


Produk ini aman digunakan dan ramah lingkungan karena hanya diformulasikan dari bahan-bahan alami. Anda yang mencari sampo berbahan alami bisa mempertimbangkan produk ini.

Tipe shampooScalp
Kandungan pembersihAmmonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, palm kernelamide DEA, coco-glucoside, sage leaf extract
Kandungan pelembapPropylene glycol, glucose, Equisetum arvense extract, coltsfoot leaf extract, Nigella sativa seed oil, propanediol
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanHorse chestnut seed extract, sage leaf extract, Equisetum arvense extract, coltsfoot leaf extract, rosemary leaf extract, nettle extract, matricaria flower extract, Melissa officinalis leaf extract, Nigella sativa seed oil, maca root extract
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran300 ml, 700 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol
BPOMNA32181000692
View all
No.5

Moist DianePerfect Beauty Extra Fresh & Hydrate Shampoo

Harga referensi
Rp136.000
Menengah
Kandungan oil controlSalicylic acid, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil
Bahan antiketombeSalicylic acid, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut dan kulit kepala yang berminyak

Say goodbye untuk rambut berminyak dan berketombe!

Baru keramas kemarin, tetapi hari ini rambut sudah tampak lepek lagi? Kalau begitu, Anda membutuhkan sampo yang bisa mengatasi rambut lepek seperti produk berikut ini. Varian Extra Fresh & Hydrate mengandung peppermint, rosemary, dan tea tree yang berperan untuk menyegarkan kulit kepala. Tea tree juga memiliki sifat antiseptik yang baik bagi kulit kepala berketombe.


Produk ini juga diperkaya dengan salicylic acid yang berguna untuk membantu mengatasi minyak berlebih, gatal, dan ketombe. Jadi, dengan memakai sampo Moist Diane ini, diharapkan ketombe dan permasalahan kulit kepala lainnya di kepala akan minggat!

Tipe shampooTreatment
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, cocamide methyl MEA, cocamidopropyl betaine, lauryl betaine
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, Argania spinosa kernel oil, jojoba seed oil
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanPrunus domestica seed extract, peppermint leaf extract, Leontopodium alpinum extract, Althaea officinalis root extract, Sanguisorba officinalis root extract, Gentiana lutea root extract, Rosa canina fruit extract, rosemary leaf extract, Symphytum officinale leaf extract, Ziziphus jujuba fruit extract, witch hazel leaf extract, hops flower extract, fennel fruit extract, dan lainnya
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran450 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol
BPOMNA22181003204
View all
No.6

Daeng Gi Meo Ri Shampoo For Oily Scalp

Harga referensi
Rp289.000
Agak Mahal
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeTidak diketahui
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut berminyak dan lepek

Kontrol minyak berlebih sekaligus membersihkan kulit kepala yang gatal dan berketombe

Dengan formulanya yang unik, sampo ini mampu membersihkan secara mendalam, menghilangkan kelebihan minyak, dan menjaga keseimbangan kulit kepala. Produk ini dapat menjadi pilihan untuk Anda pemilik kulit kepala berminyak yang sering kali merasa gatal dan berketombe.


Tidak hanya membersihkan dan mengatasi ketombe, Daeng Gi Meo RI juga merawat rambut Anda dengan nutrisi yang diperlukan. Alhasil, rambut tetap sehat, berkilau, dan tidak mudah lepek. Dapatkan kulit kepala segar dan rambut yang bersih bersama Daeng Gi Meo RI!

Tipe shampooTreatment
Kandungan pembersihAmmonium laureth sulfate, ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA
Kandungan pelembapBiota orientalis leaf extract, panthenol, Panax ginseng root extract
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanChrysanthemum zawadskii extract, Biota orientalis leaf extract, Morus alba bark extract, Houttuynia cordata extract, Polygonum multiflorum root extract, Rehmannia glutinosa root extract, Artemisia vulgaris extract, Panax ginseng root extract
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran500 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol pump
BPOMNA26161001393
View all
No.7

Procter & GambleHerbal Essences Tea Tree Oil Scalp Soothing Shampoo

Harga referensi
Rp109.000
Agak Murah
Kandungan oil controlTea tree leaf oil
Bahan antiketombeClimbazole, tea tree leaf oil
Kandungan asam amino
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Kulit kepala gatal

Kandungan minyak tea tree oil-nya mampu menenangkan kulit kepala

Sampo yang satu ini dapat dipertimbangkan oleh Anda yang memprioritaskan produk cruelty free. Tea Tree Oil Shampoo merek Herbal Essences ini memiliki 90% bahan alami yang dibuat tanpa melibatkan hewan. Jadi, para animal lovers pun bisa menjadikannya sebagai pilihan. Hadir dengan kandungan minyak tea tree asli, sampo ini juga mampu menenangkan kulit kepala Anda. Formulanya pun diklaim efektif membersihkan tumpukan dan endapan sebum.

Tipe shampooTreatment, scalp
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, glycol distearate, cocamide MEA, cocamidopropyl betaine
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf juice, histidine
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanTea tree leaf oil, Aloe barbadensis leaf juice
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran400 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol
BPOMNA49221000030
View all
No.8

DancolyAngel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo

Harga referensi
Rp151.000
Menengah
Kandungan oil controlCamellia sinensis extract
Bahan antiketombeTidak diketahui
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut berketombe, rambut lepek

Tampil percaya diri dengan rambut bersih berkilau tanpa lepek dan ketombe

Jangan biarkan rambut berketombe menghalangi penampilan Anda. Tidak hanya sekadar membersihkan, produk ini juga mampu menghilangkan minyak berlebih dan membunuh bakteri di kulit kepala. Rambut Anda akan terasa bersih, segar, dan terlihat berkilau tanpa ketombe. 


Green Tea Anti Dandruff Shampoo diformulasikan dari bahan-bahan natural seperti ekstrak daun hijau steril dan mint. Sampo Dancoly ini tidak mengandung paraben, sulfat, mineral oil, propylene glycol, dan tidak diuji cobakan kepada hewan.

Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihCoco-glucoside, sodium cocoyl glycinate, coco-betaine, PEG-7 glyceryl cocoate
Kandungan pelembapVitis vinifera (grape) seed oil
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanCamellia sinensis extract, Rosmarinus officinalis (rosemary) leaf oil, Mentha arvensis oil, Vitis vinifera (grape) seed oil
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran250 ml, 400 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol
BPOMNA11131001447
View all
No.9

COLABDry Shampoo+ Overnight Renew

Harga referensi
Rp151.000
Menengah
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeTidak diketahui
Kandungan asam amino
Kandungan silikon
Jenis rambut
Semua jenis rambut
Masalah rambut
Rambut berminyak, lepek

Dry shampoo antilepek yang formulanya aman untuk ibu hamil

Pemilik rambut yang mudah lepek biasanya akan keramas setiap hari supaya rambut tampak segar. Padahal hal itu justru akan membuat rambut rusak. Karena itu, cobalah gunakan dry shampoo COLAB ini. Keunikan dry shampoo untuk rambut lepek ini terletak pada saran penggunaannya yang sebaiknya dipakai malam hari menjelang tidur. 


Formulanya bekerja dengan menyerap minyak sekaligus mendetoks kulit kepala. Anda pun bisa merasakan rambut bebas lepek serta terasa segar saat bangun keesokan harinya. Dry shampoo yang bagus untuk rambut lepek ini juga aman untuk ibu hamil, lo! Jadi, Anda bisa menghadiahkan shampoo kering ini untuk ibu yang habis melahirkan.

Tipe shampooDry shampoo
Kandungan pembersihTidak diketahui
Kandungan pelembapPanthenol, propylene glycol
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanOryza sativa (rice) starch
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran117 g
VarianTidak diketahui
KemasanBotol spray
BPOMNC52211000051
View all
No.10

KUNDALScalp Refreshing Cool Shampoo - Aqua Mint

Harga referensi
Rp189.000
Menengah
Kandungan oil controlTea tree leaf extract, tea tree leaf oil, niacinamide
Bahan antiketombeTea tree leaf extract, tea tree leaf oil
Kandungan asam amino
Kandungan silikon
Jenis rambut
Berminyak
Masalah rambut
Rambut berminyak, rambut berketombe, rambut dengan masalah di kulit kepala

Berikan sensasi dingin langsung setelah keramas

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentu panasnya sinar matahari membuat rambut Anda terasa gerah. Agar rambut dan kepala Anda tetap segar, gunakanlah sampo dari KUNDAL. Scalp Refreshing Cool Shampoo - Aqua Mint ini memberikan sensasi dingin dan menyegarkan setelah Anda memakainya. Rambut dan kepala fresh, aktivitas pun jadi makin happy!

Tipe shampooScalp
Kandungan pembersihCoco-glucoside, sodium cocoyl isethionate, sodium cocoyl glutamate, decyl glucoside, potassium cocoyl glycinate
Kandungan pelembapGlycerin, honey extract, Macadamia ternifolia seed extract, Glycine soja (soybean) seed extract, Avena sativa (oat) kernel extract, Argania spinosa kernel oil, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, panthenol
Kandungan alkohol
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanEucalyptus globulus leaf extract, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf extract, Macadamia ternifolia seed extract, Centella asiatica extract, dan lainnya
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran500 ml
VarianTidak diketahui
KemasanBotol pump
BPOMNA26221000092
View all

5 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak terbaik

No. 1: Sensatia Botanicals Balancing Shampoo

No. 2: Miss DaisyPerfume Shampoo

No. 3: Colgate-PalmolivePalmolive Naturals Anti-Dandruff + Scalp Health Shampoo

No. 4: Good Virtues Co.Clarifying Hair & Scalp Shampoo for Oily Hair

No. 5: Moist DianePerfect Beauty Extra Fresh & Hydrate Shampoo

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Berminyak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.