• 10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sabun Bayi Terbaik yang Cocok Digunakan untuk Pemilik Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit sensitif memang rentan mengalami iritasi. Karena itu, pencuci wajah dengan kandungan yang ringan sangat dianjurkan. Jika Anda pemilik kulit sensitif, sabun bayi bisa dijadikan salah satu alternatif sabun pencuci wajah Anda, lho! Anda pasti penasaran apakah semua sabun bayi aman untuk digunakan.


Kami akan memaparkan tips memilih sabun bayi yang cocok untuk kulit wajah sensitif beserta rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan beberapa merek sabun bayi yang bagus, seperti Zwitsal, Johnson's Baby, atau Buds Organics. Baca juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Yasmina Diah. So, don’t miss it!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Yasmina Diah
  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

dr. Yasmina mengenyam pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia dan spesialis di Universitas Brawijaya. Sebagai anggota aktif PERDOSKI, beliau sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional demi meningkatkan kompetensi.


dr. Yasmina berpraktik di RS Bunda Margonda Depok dan Klinik Calysta Bekasi. Bidang yang ditangani selama 10 tahun berpraktik meliputi kosmetik, infeksi menular seksual, kehamilan, lansia, dan lain-lain. Beliau aktif membuat konten edukasi di Instagram-nya mengenai kesehatan kulit dan kelamin.

Kenapa sabun bayi baik untuk pemilik kulit sensitif?

Kenapa sabun bayi baik untuk pemilik kulit sensitif?

Bayi, terutama yang baru lahir, memiliki kulit yang 30% lebih tipis daripada orang dewasa. Kulit mereka pun masih sangat sensitif, terutama jika terkena bahan-bahan tertentu. Maka dari itu, sabun bayi biasanya diformulasikan khusus dengan bahan yang sangat lembut dan ringan agar tidak mengiritasi, apalagi membuat kulit bayi menjadi kering.


Karena diformulasikan aman untuk kulit bayi, tentunya sabun bayi juga aman untuk kulit orang dewasa yang sensitif. Beberapa ahli dermatologi bahkan menyarankan orang dewasa dengan kulit sensitif untuk menggunakan sabun bayi jika belum menemukan facial wash yang tepat. Meskipun begitu, ada beberapa kriteria yang perlu Anda cermati sebelum menggunakan sabun bayi. Kami akan mengulasnya di poin berikutnya.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Sabun bayi biasanya mengandung komposisi bahan pelembap yang lebih tinggi dan bahan iritan lebih rendah dibandingkan sabun dewasa. Dengan demikian, sabun bayi dapat menjaga sawar kulit dan hidrasi kulit. Sawar kulit yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam mencegah terjadinya radang dan ruam pada kulit sensitif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun bayi yang cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif

Sebelum membeli sabun bayi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Cek poin-poin berikut ini! 

Pilih sabun bayi berdasarkan jenisnya

Terdapat dua jenis sabun bayi yang dijual di pasaran, yaitu sabun berbentuk batang dan cair. Pilihlah jenis sabun bayi sesuai dengan preferensi atau kebutuhan Anda. 

Sabun batang, aman untuk kulit yang sensitif terhadap bahan pewangi

Sabun batang, aman untuk kulit yang sensitif terhadap bahan pewangi

Sebenarnya, baik sabun bayi berbentuk batang maupun cair memiliki formula yang sama dan aman untuk kulit sensitif. Namun, sabun batang biasanya memiliki lebih sedikit bahan pewarna dan bahan pewangi (fragrance) dibandingkan sabun cair. Jika kulit Anda supersensitif, terutama dengan fragrance, sabun batang jauh lebih aman untuk digunakan. 

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Untuk kulit yang sensitif, sebaiknya hindari kandungan pewangi berlebihan pada sabun yang digunakan baik pada sabun batang maupun cair. Pewangi pada produk perawatan kulit dikatakan dapat mencetuskan alergi maupun iritasi kontak. Oleh karena itu, penggunaannya lebih baik dibatasi terutama pada pemilik kulit sensitif.

Sabun cair, lebih higienis dan praktis

Sabun cair, lebih higienis dan praktis

Jika dibandingkan sabun batang, sabun cair jauh lebih higienis karena sabun tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Jadi, kemungkinan sabun terpapar bakteri jauh lebih kecil. Selain itu, kemasan cair juga jauh lebih praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Untuk alasan kebersihan, sabun cair memang lebih higienis karena tidak berisiko jatuh dan tertempel kuman seperti sabun batang. Namun, sabun cair yang beredar di pasaran saat ini kadang disertai bahan penambah busa (surfaktan dan ko-surfaktan) yang dapat membuat kulit lebih kering. Oleh karena itu, Anda sebaiknya cermat dalam menilai komposisinya.

Pilih yang memiliki pH rendah atau seimbang

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, rata-rata sabun bayi memiliki kandungan pH yang rendah. Orang dengan kulit wajah yang sensitif juga butuh sabun pencuci muka ber-pH rendah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tidak mudah mengalami iritasi.


Umumnya, sabun pencuci wajah orang dewasa memiliki kandungan yang keras dan bisa menyebabkan kulit kehilangan pH idealnya. Jika kulit kehilangan pH ideal, kulit akan rentan mengalami kekeringan, merah-merah, bahkan breakout. Maka dari itu, sabun bayi dengan pH rendah atau seimbang sangat disarankan untuk menetralkan pH kulit wajah. PH yang seimbang berkisar sekitar 4-5,5. 

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Kulit kita memiliki pH sedikit asam. Jika kulit kita dibersihkan menggunakan produk dengan pH lebih basa, fungsi sawar kulit akan menurun karena reaksi enzimatis. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan flora normal kulit dan meningkatkan flora patogen.


Gunakan produk pembersih dengan pH <5 pada kulit normal yang sehat. Sementara itu, gunakan produk yang lebih asam (pH 4) pada kondisi kulit tertentu seperti kulit bayi dan lansia, kulit sensitif, atopik, dan lain-lain.

Cari yang tidak memiliki SLS atau detergen

Cari yang tidak memiliki SLS atau detergen

Ciri-ciri sabun yang memiliki SLS atau detergen adalah sabun yang memiliki busa berlimpah. Kandungan ini juga merupakan salah satu pemicu kulit wajah menjadi lebih mudah teriritasi. Jika Anda sensitif dengan kandungan ini, menggunakan sabun bayi adalah hal yang paling tepat. 


Rata-rata sabun bayi tidak memiliki SLS atau detergen. Maka dari itu, sabun bayi biasanya tidak memiliki banyak busa. Namun, untuk memastikannya lagi, Anda tetap harus mencermati kandungan ini sebelum membeli sabun bayi. 


Selain itu, karena sabun bayi tidak mengandung detergen, kemampuannya dalam membersihkan kotoran juga menjadi kurang efektif. Jadi, pastikan Anda melakukan double cleansing supaya kotoran, debu, dan makeup yang menempel di wajah dapat terangkat sempurna. 

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES) adalah bahan yang biasa terkandung pada detergen dan sering ditemui pada produk perawatan kulit. Bahan ini fungsinya untuk mengangkat kotoran, minyak, dan dapat menghasilkan busa. Kedua bahan ini diketahui dapat mengganggu komposisi zat-zat penyusun sawar kulit terutama lipid.


Bahan tersebut dapat merusak integritas kulit dan kulit dapat mudah mengalami iritasi. Tidak semua kulit akan memberikan respon yang sama, misalnya kulit resistan masih toleran terhadap kedua bahan ini. Namun, sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki bahan tersebut untuk kulit sensitif dan kering.

Pastikan terdapat label hypoallergenic

Pastikan terdapat label hypoallergenic

Terakhir, carilah sabun bayi yang memiliki label hypoallergenic. Sabun dengan label tersebut biasanya sudah diuji coba dan aman untuk kulit sensitif. Meskipun begitu, sabun bayi yang hypoallergenic sekalipun biasanya tetap mengandung fragrance.


Bagi beberapa orang, fragrance bisa memicu iritasi pada kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena fragrance yang terkandung dalam sabun bayi rata-rata masih dalam tahap ringan. Jadi, kandungan ini masih terbilang aman dan bisa diterima untuk orang dengan kulit sensitif sekalipun. 

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Suatu produk dengan label hypoallergenic adalah produk yang diklaim oleh produsennya memiliki risiko reaksi alergi lebih kecil dibandingkan produk lain. Walaupun ada label ini, tetap tidak ada garansi sebuah produk menjadi non-allergenic atau tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Penggunaan produk hypoallergenic pada kulit sensitif akan relatif lebih aman.

10 Rekomendasi sabun bayi terbaik yang cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif

Anda pasti penasaran sabun bayi apa saja yang bisa dijadikan produk pencuci wajah untuk kulit sensitif. Kalau begitu, mari simak baik-baik rekomendasi kami berikut ini! Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Yasmina Diah Kumala. Pilihlah berdasarkan kebutuhan atau masalah kulit Anda. 

10

EcolaivOilette Baby Ultra Sensitive Wash

Mulai dari Rp 190.000,00

JenisSabun cair
PH Rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
9
Jenis Sabun batang
PH Rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
8
Jenis Sabun cair
PH Rendah✔︎
SLS/Detergen✔︎
Hypoallergenic✔︎
7

Galderma Cetaphil Baby Moisturizing Bath & Wash

Mulai dari Rp 86.000,00

JenisSabun cair
PH rendah✔︎
SLS/Detergen✔︎
Hypoallergenic✔︎
6
Jenis Sabun cair
PH RendahTidak diketahui
SLS/DetergenTidak diketahui
Hypoallergenic✔︎
5
JenisSabun batang
PH rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
4
JenisSabun batang
PH Rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
3
JenisSabun cair
PH rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
2
Jenis Sabun batang
PH RendahX
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎
1

Buds OrganicsPrecious Newborn Head To Toe Cleanser

Mulai dari Rp 279.900,00

JenisSabun cair
PH rendah✔︎
SLS/DetergenX
Hypoallergenic✔︎

Tabel perbandingan produk sabun bayi terbaik yang cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif

Gambar produk
1
Buds Organics Precious Newborn Head To Toe Cleanser 1

Buds Organics

2
Artsana Chicco Baby Moments Soap 1

Artsana

3
Pure Premium Purebb Wash 1

Pure Premium

4
Sebamed Baby Cleansing Bar 1

Sebamed

5
Johnson & Johnson Sabun Mandi Johnson's Baby 1

Johnson & Johnson

6
Mustela Stelatopia Cleansing Cream 1

Mustela

7
Galderma  Cetaphil Baby Moisturizing Bath & Wash 1

Galderma

8
Sanofi Lactacyd Baby 1

Sanofi

9
Unilever Zwitsal Baby Bar Soap Classic 1

Unilever

10
Ecolaiv Oilette Baby Ultra Sensitive Wash 1

Ecolaiv

Nama produk

Precious Newborn Head To Toe Cleanser

Chicco Baby Moments Soap

Purebb Wash

Baby Cleansing Bar

Sabun Mandi Johnson's Baby

Stelatopia Cleansing Cream

Cetaphil Baby Moisturizing Bath & Wash

Lactacyd Baby

Zwitsal Baby Bar Soap Classic

Oilette Baby Ultra Sensitive Wash

Keunggulan

Kandungan calendula-nya bisa mencegah jerawat!

Bebas fragrance sehingga aman untuk kulit supersensitif

Mengandung provitamin B5 yang menjaga kelembapan alami kulit

Mampu menyeimbangkan kadar pH wajah dan meminimalisir iritasi

Membersihkan secara lembut dengan aroma khas bayi

Mengobati kulit sensitif dengan masalah eksem atopik

Ringankan iritasi di kulit wajah berkat kandungan aloe vera

Mencegah timbulnya bakteri jahat

Terdapat antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas

Kulit kenyal dan lembap, serta antidehidrasi

Harga mulai dariRp 279.900,00Rp 20.000,00Rp 37.000,00Rp 60.000,00Rp 5.750,00Rp 306.900,00Rp 86.000,00Rp 25.000,00Rp 2.600,00Rp 190.000,00
JenisSabun cairSabun batangSabun cairSabun batangSabun batangSabun cairSabun cairSabun cairSabun batangSabun cair
PH rendah✔︎X✔︎✔︎✔︎Tidak diketahui✔︎✔︎✔︎✔︎
SLS/DetergenXXXXXTidak diketahui✔︎✔︎XX
Hypoallergenic✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah bereaksi. Reaksi yang muncul dapat berupa gatal, perih, kemerahan, kering bersisik, atau tingling. Faktor yang memengaruhi kulit menjadi sensitif adalah faktor internal, seperti genetik, usia, dan hormonal.


Selain itu, ada juga faktor eksternal, yaitu obat-obatan, kosmetik atau skincare, higiene kulit, cuaca, dan kebiasaan. Dalam menangani kulit sensitif, perlu pendekatan holistik terhadap semua faktor tersebut.

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya untuk kulit sensitif di sini

Selain sabun bayi, kami juga memiliki beberapa rekomendasi pembersih wajah untuk kulit sensitif. Jika Anda masih merasa kurang cocok dengan sabun bayi, Anda bisa memilih pencuci muka jenis lain. Untuk selengkapnya, silakan baca artikel-artikel kami berikut ini!

Kesimpulan

Sabun bayi ternyata bukan hanya lembut di kulit bayi, tetapi juga untuk Anda pemilik kulit sensitif. Kandungan yang terdapat di dalam sabun bayi terbukti aman untuk digunakan mencuci muka. Jika Anda masih ragu menggunakannya, Anda bisa mencobanya dengan terlebih dahulu melakukan tes sensitivitas pada kulit Anda. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Innisfree, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Shower Puff Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shower Puff Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Shower puff adalah jaring-jaring yang digosokkan ke tubuh saat mandi, fungsinya untuk menghilangkan daki dan mengangkat sel kulit mati. Di pasaran, shower puff memiliki beragam bentuk dan ukuran. Bisa jadi hal tersebut membuat Anda bingung dalam memilih shower puff. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara memilih shower puff yang bagus. Kami juga akan  memberikan sepuluh rekomendasi shower puff dari berbagai merek. Anda akan menemukan shower puff dari merek terkenal seperti Bath &amp; Body Works, The Body Shop, dan sebagainya.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori